Contoh Silabus Nama Sekolah : SD Mata Pelajaran : Bahasa Inggris Kelas/Semester : I/1 Tujuan: Siswa dapat berinteraksi secara

lisan dengan guru dan teman dalam bahasa Inggris sangat sederhana terkait dengan lingkungan terdekat dan sesuai dengan dunia anak-anak. Standar Kompetensi/ Kompetensi Dasar Siswa dapat berinteraksi lisan dalam kegiatan: - Mengidentifikasi dan menyebutkan benda-benda yang ada di dalam kelas - Melakukan kegiatan sesuai instruksi dengan menggunakan benda-benda yang ada di dalam kelas. - Menggunakan Alokasi waktu 8 jam pelajaran (belum termasuk untuk terstrukt ur dan mandiri) Sumber/Bahan /Alat Realia yang berada di lingkunga n kelas dan yang dimiliki siswa. Gambar berbagai benda Buku bergamb ar yang relevan

Tema My School

Sub-Tema

Indikator Siswa dapat: - Mengidentifi kasi bendabenda yang ada di dalam kelas - Melakukan instruksi dengan menggunaka n bendabenda yang ada di dalam kelas. - Menggunaka n ungkapanungkapan kesantunan

Pengalaman Belajar Dalam pembelajaran bahasa Inggris siswa dan guru hanya menggunakan katakata dan ungkapanungakapan dalam bahasa Inggris sangat sederhana, yang sudah diajarkan, untuk: - menyebutkan benda-benda yang ada di dalam kelas. - memberikan perintah - bertanya jawab - ungkapanungkapan

Penilaian Penilaian otentik dengan unjuk kerja (performance)

Listening-Speaking My

Classroom

-

Tema Standar Kompetensi/ Kompetensi Dasar ungkapanungkapan kesantunan pada saat yang tepat Sub-Tema Indikator pada saat yang tepat. Penilaian Alokasi waktu Sumber/Bahan /Alat Reading - - - Siswa dapat membaca nyaring nama-nama benda dalam kelas. Writing - - Menyalin katakata yang menunjuk pada benda-benda di sekolah dengan tulisan tangan dan ejaan yang . secara bersemangat dengan pengucapan. Siswa dapat membaca nyaring teksteks bacaan pendek dengan ucapan. intonasi yang benar. Menyalin kata-kata yang menunjuk pada bendabenda di sekolah dengan Pengalaman Belajar kesantunan. dan tata bahasa yang benar. intonasi.

Tema Standar Kompetensi/ Kompetensi Dasar benar … - Sub-Tema Indikator tulisan tangan dan ejaan yang benar Pengalaman Belajar Penilaian Alokasi waktu Sumber/Bahan /Alat My School My teachers The Canteen Break time … 3 .

Melakukan instruksi dengan menggunakan benda-benda yang ada di dalam kelas. secara bersemangat dengan pengucapan. SK dan KD Listening-Speaking Siswa dapat berinteraksi lisan dalam kegiatan: .Mengidentifikasi benda-benda yang ada di dalam kelas . Menyalin kata-kata yang menunjuk pada benda-benda di sekolah dengan tulisan tangan dan ejaan yang benar Indikator Siswa dapat: .Mengidentifikasi dan menyebutkan benda-benda yang ada di dalam kelas . .Melakukan kegiatan sesuai instruksi dengan menggunakan benda-benda yang ada di dalam kelas.Model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Nama Sekolah : SMP Mata Pelajaran : Bahasa Inggris Kelas/Semester : I/1 Alokasi waktu : 8 jam Tujuan : Siswa dapat berinteraksi secara lisan dengan guru dan teman dalam bahasa Inggris sangat sederhana terkait dengan lingkungan kelas dan sesuai dengan dunia anak. Materi Ajar Tema: My School . intonasi yang benar.Menggunakan ungkapan-ungkapan kesantunan pada saat yang tepat. Menggunakan ungkapan-ungkapan kesantunan pada saat yang tepat Reading Writing - Siswa dapat membaca nyaring nama-nama benda dalam kelas.

Sub-Tema: .My Classroom Metode Pembelajaran Tatap Muka Mendapatkan model-model pengucapan dan tindakan dari guru.Menyalin kata-kata .Menyebutkan benda-benda dalam kelas .Menghafal nama-nama benda di luar yang ditugaskan guru. . Alat dan Sumber Belajar Realia yang berada di lingkungan kelas dan yang dimiliki siswa. kosa kata . Penilaian Aspek yang dinilai Mendengarkan/Berbicara: .Melakukan instruksi dengan menggunakan benda-benda yang ada di dalam kelas.Penggunaan ungkapan . Gambar berbagai benda Buku bergambar yang relevan Terstruktur Menyalin kata-kata Menghafal nama-nama benda Mandiri .Pengucapan. tata bahasa. terutama dalam: .Menggunakan ungkapan-ungkapan kesantunan pada saat yang tepat.

- sikap Membaca nyaring: . tanda baca. kosa kata . Fluency Kelas: _____ Aspek Yang Dinilai 1 2 Nilai 3 4 . tata bahasa.Sikap Menulis: .Ketepatan kata .Ejaan.Pengucapan. tulisan tangan Cara penilaian: - Tes lisan/tertulis Observasi kelas Penilaian guru Contoh Rubrik Penilaian Format Penilaian Berbicara (Menggunakan Skala Penilaian) Nama Siswa: ________ No. 1.

facial expression. . Vocabulary 3. Performance ( eye contact. Dan seterusnya sesuai dengan jumlah skor perolehan.2. Grammar c. Pronunciation and intonation b. gesture) Jumlah Skor Maksimum 20 Keterangan penilaian: 1 = tidak kompeten 2 = cukup kompeten 3 = kompeten 4 = sangat kompeten Jika seorang siswa memperoleh skor 20 dapat ditetapkan ”sangat kompeten”. Language a.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful