PANDUAN SEDERHANA

PERAWATAN
Oleh: Roberto Kaban Roberto.kaban@yahoo.com

HARDWARE & SOFTWARE KOMPUTER KOMPUTER

Lisensi Dokumen: Copyright © 2010 by Roberto Kaban Seluruh isi dalam dokumen ini dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara bebas untuk tujuan pembelajaran, dengan syarat tidak menghapus atau merubah atribut penulis dan pernyataan copyright yang disertakan dalam setiap dokumen. Tidak diperbolehkan melakukan penulisan ulang penggubahan kecuali mendapatkan ijin secara tertulis terlebih dahulu dari Roberto Kaban.

PENDAHULUAN

Komputer menjadi suatu barang yang pasti dikenal and diketahui terutama oleh kebanyakan mahasiswa dan para profesional. Memang tidak wajib, namun jika kita mengenal dan dapat menggunakan komputer tentu saja akan membuat apa yang kita kerjakan semakin mudah,efektif dan efisien. Pertanyaan yang sering mucul adalah, bagaimana kah cara saya untuk merawat komputer karena tak jarang komputer yang kita miliki itu rusak baik itu karena terkena virus, adanya komponen dalam CPU komputer yang rusak ataupun crash nya instalasi yang kita lakukan pada komputer. Ada baiknya jika kita mengetahui bagaimana cara untuk merawat komputer sehingga sebelum komputer itu rusak, kita sudah dengan sekuat tenaga untuk merawat komputer kita, namun jika memang sudah waktu nya rusak ya mau gimana lagi :D. berikut ini penulis ingin membagikan beberapa tips untuk merawat komputer. Selamat mencoba, semoga bermanfaat dan salam berbagi…

Roberto Kaban

PANDUAN SEDERHANA PERAWATAN HARDWARE & AN SOFTWARE KOMPUTER

A. PERAWATAN HARDWARE KOMPUTER • Bersihkan Motherboard dan periferal hardware lain dari debu secara berkala. Untuk membersihkannya dapat kiga gunakan kuas halus ukuran kecil dan sedang. Setidaknya empat bulan sekali hal ini harus dilakukan. Buka casingnya terlebih dahulu kemudian bersihkan motherboard dan periferal lain eral seperti RAM, Video Card, Modem, Soun Card, Sound

CDR/CDRW/DVRW, TV Tuner, dll dengan sikat halus. Pada saat komputer tidak digunakan tutuplah komputer (monitor, CPU, keyboard/mouse) dengan cover sehingga debu tidak mudah masuk ke dalam komputer. Ingat, Jangan menggunakan cairan Contact Cleaner akan dalam membersihan soket-soket konektor peripheral karena cara tersebut salah besar. Cairan Contact Cleaner sulit sekali (sangat lama) kering dan justru membuat debu mudah menempel.

Pakailah UPS untuk mengantisipasi listrik mati secara tiba-tiba yg dapat mengakibatkan kerusakan pada harddisk. Kalau terpaksa tidak tiba ada UPS, pakailah Stabilizer untuk mengantisipasi naik turunnya tegangan listrik. ilizer

Desain Ventilasi yang cukup dan tempatkan monitor maupun CPU sedemikian ru sehingga tempatkan rupa ventilasi udara dari dan ke monitor serta CPU cukup lancar. Ventilasi yg kurang baik akan menyebabkan panas berlebihan sehingga komponen dan rangkaian elektronik di dalamnya akan menjadi cepat panas sehingga dapat memperpendek umur komponen tsb. Oleh k karena itu usahakan jarak antara monitor dan CPU dengan dinding atau tembok minimal 30 cm. Kalau perlu pasang kipas angin di dalam ruangan. Akan lebih baik lagi jika menggunakan AC AC.

ker monitor Karena medan magnet yang Jangan meletakkan Speaker Active terlalu dekat dengan moni ada pada speacker tersebut akan mempengaruhi monitor yaitu warna monitor menjadi tidak rata atau belang-belang dan bahkan rusak rusak.

Pasang kabel ground. Apabila casing nyetrum, ambil kabel dengan panjang seperlunya, ujung satu dihubungkan dengan badan CPU (pada casing) sedangkan ujung yg lain ditanam dalam gan tanah. Hal ini akan dapat menetralkan arus listrik yg “nyasar” sehingga dapat membuat komponen elektronik lebih awet.

Hindarkan komputer Anda dari goncangan, getaran dan hentakan apalagi saat komputer menyala, hal ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kerusakan fatal pada Harddi Harddisk, motherboard dan komponenya.

Tips tambahan untuk anda yang tidak mempunyai cukup waktu dan tidak mampu melakukannya, Jangan segan segan memanggil teknisi komputer untuk melakukan perawatan segan-segan pada komputer Anda.

B. PERAWATAN SOFTWARE KOMPUTER • Sesuaikan OS dan Aplikasi dengan spesifikasi komputer anda dan jangan menyimpan data terlalu besar pada Harddisk. ini akan memperberat kinerja PC • Buatlah partisi Harddisk yang proporsional. Misal Harddisk 80GB lebih baik kalau kita buat 3 partisi dengan 20GB untuk C, 3 0GB 30GB untuk D dan 30GB untuk E. Dengan demikin GB akses untuk System dan loading data pada system akan lebih cepat. • Jangan gunakan PC untuk game game-game berat kecuali kalau memang komputer Anda dirancang untuk Game. Kalau memang maniak Game, anjuran saya sebaiknya gunakan saja Playstation saja. • Gunakan Antivirus yang sesuai dan selalu Update, kalau perlu tiap hari Update saya paling suka perlu Update, pakai Avira profesional free yang penting Update paling tidak tiap minggu update. Virus yang free, terlanjur menyebar di komputer dapat membuat Anda menginstall ulang komputer. Hal ini dapat

selain membutuhkan biaya juga akan menyebabkan harddisk Anda akan lebih cepat rusak dibanding apabila tidak sering diinstall ulang. Ingat, Dengan adanya antivirus yang selalu update akan meringankan cara merawat komputer. Sebagai tambahan, ada baiknya kita menonaktifakan sistem restore yaitu dengan cara klik kanan My Komputer >> pilih System Restore >> lalu beri tanda centang pada cek box dengan keterangan Turn off System Restore on all drive. • Pada waktu-waktu tertentu lakukanlah Defragment Harddisk untuk menata ulang urutan file-file agar kinerja komputer lebih ringan. Tetapi jangan terlalu sering karena akan menyebabkan kondisi piringan hardisk cepat rusak karena seringanya proses pengikisan. frekwensi yang saya anjurkan 3-4 bulan sekali yang rata rata pemakaian sehari 7-8 jam. Fungsi defrag adalah untuk menata dan mengurutkan file-file harddisk berdasarkan jenis file/data sedemikian rupa sehingga akan mempermudah proses read/write sehingga beban kerja akan lebih ringan dan akhirnya dapat memperpanjang umur harddisk. Cara untuk defrag, klik menu Start > Programs > Accesories > System Tool > Disk Defragmenter. Saat menjalankan fungsi ini tidak boleh ada program lain yg berjalan termasuk screensaver karena akan mengacaukan fungsi defrag ini. • Lakukan penghapusan atau Remove data atau Aplikasi yang sekiranya tidak efektif atau tidak pernah digunakan. Ruang harddisk yang terlalu banyak tersita akan memperlambat proses read/write harddisk sehingga beban kerjanya akan lebih berat sehingga harddisk akan cepat rusak. Biasanya akan muncul warning juga space hardisk kita sudah penuh • Sering-seringlah membersihkan Temporary file, Prefetch file, file-file Chokies dan file-file sampah di Recycle Bin. Sebenarnya file/folder yang kita hapus tidak langsung hilang dari harddisk karena akan ditampung dahulu di Recycle Bin, namun ada beberapa jenis setingan yang bisa kita gunakan antara lain memberikan peringatan saat menghapus, hapus lalu simpan di tempat sementara atau hapus permanen. Untuk setingan yang hapus lalu disimpan ditempat penampungan ini dengan maksud agar suatu saat apabila Anda masih membutuhkannya dapat mengembalikan lagi. Recycle Bin yang sudah banyak juga akan menyita ruang harddisk yang dapat menyebabkan pembacaan harddisk jadi lambat. Caranya buka Windows Explorer >> klik Recycle Bin >> klik File >> klik Empty Recyle Bin. Atau Anda dapat menjalankan fungsi Disk Cleanup Caranya Klik Start >> Programs >> Accessories >> System Tool >> Disk Cleanup >> kemudian pilih drive yg mau dibersihkan >> setelah itu pilihlah opsi Recycle Bin kalau perlu pilih juga yg lain seperti temporary file, temporary internet file, setelah klik OK.

Selalu lakukan Backup pada data-data yang dirasa penting dengan bisa mengcopynya pada CD atau hardisk eksternal, hal ini untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu terkena serangan virus atau terjadi kerusakan fatal pada Harddisk.

Lakukan Instalasi ulang OS dan Aplikasi apabila dirasa perlu. Instalasi ulang secara menyeluruh sekali dalam 1 thn rasanya tidak berlebihan untuk penyegaran seluruh system. Apalagi kalau kita menginginkan upgrade system. (misal dari XP-SP1 ke XP-SP2 atau XP-SP3)

Aktifkan screensaver Selain bersifat estetis, screensaver mempunyai fungsi lain yg penting. Monitor CRT juga televisi menggunakan fosfor untuk menampilkan gambar. Kalau monitor menampilkan gambar yg sama untuk beberapa saat maka ada fosfor yang menyala terus menerus. Hal ini dapat mengakibatkan monitor bermasalah yaitu gambar menjadi redup/kurang jelas. Cara+ mengaktifkan screensaver dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya klik Start >> Control Panel >> Display >> klik tab screensaver, kemudian pilih sesuai selera Anda. Lain halnya jika monitor Anda adalah LCD, LED yg sudah dilengkapi dengan energy saving, maka screensaver tidak terlalu dibutuhkan lagi.

Ok deh, sekian sedikit tips dari saya mengenai cara sederhan merawat komputer dan Langkah-langkah di atas dapat dilakukan secara berkala sesuai kondisi komputer dan lingkungannya. Biasanya komputer yang segera memerlukan perawatan memiliki gejala-gejala seperti akses yang mulai melambat, sering macet dan crash. Terimakasih, semoga bermanfaat..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful