Menumbuhkan Sikap Mental Positif Rendah hati mungkin adalah sebuah kata yang hampir hilang dari perbendaharaan

bahasa kita. Hampir setiap hari kita mendengar atau menyaksikan betapa kita, menunjukkan arogansi kekuasaan atau kekayaan, kehebatan yang kita miliki. Lihat saja slogan-slogan para calon wakil rakyat yang terpampang hampir di setiap sudut kota, di perempatan jalan, dengan gambar yang demikian gagah dan kata-kata yang membuat kita jengah. Barangkali menjadi sesuatu yang aneh dan ‘langka’ ketika kita menjumpai teman yang selalu menyapa setiap orang tanpa melihat status sosial, mau mengulurkan tangan untuk siapa saja di sekelilingnya tanpa rasa malu atau gengsi. Kerendahan hati merupakan salah satu indikator dari tingginya kecerdasan spiritual seseorang. Seorang yang tidak bisa menunjukkan sikap atau karakter rendah hati, berarti belum mencapai kedamaian dengan dirinya. Riset menunjukkan, para pemimpin yang berhasil membawa perusahaan atau organisasinya ke puncak kesuksesan biasanya adalah orang yang memiliki integritas, mampu menerima kritik, rendah hati, dan mengenal dirinya dengan baik. Para pemimpin yang sukses ini ternyata memiliki kecerdasan spiritual yang jauh lebih tinggi dari manusia rata-rata. Mereka justru adalah manusia yang rendah hati. Sayangnya, tidak semua orang mengerti bahwa rendah hati dan low profile itu identik dengan kemajuan dan progressifitas. Karena itu, tidak jarang kita salah memahami logika realitas kehidupan. Agak aneh kalau orang sudah berpendidikan tinggi masih tidak bisa bersikap rendah hati. Selain kecerdasan dan kemampuan dalam menyelesaikan setiap pekerjaan, ternyata ada hal mendasar yang sangat berpengaruh bagi kualitas kesuksesannya. Hal mendasar tersebut adalah sikap mental positif. Sikap mental positif sangat erat kaitannya dengan kepribadian yang menarik. Kepribadian menarik yang membuat mental anda positif : 1. Fleksibel : Dapat beradaptasi dengan cepat dalam keadaan darurat sekalipun, tanpa kehilangan kendali merupakan ketrampilan yang signifikan dalam mencapaikesuksesan. Dengan bersikap fleksibel, anda mudah beradaptasi dengan lingkungan apapun dan dengan siapapun. 2. Sopan : Kesopanan merupakan kebiasaan menghargai perasaan orang lain dalam suatu kondisi. Saat ini kesopanan merupakan hal yang langka di tengah-tengah kondisiyang semakin menuntut anda bersikap individual. Padahal kebiasaan sopan akan membuat anda mudah mengontrol diri dan menguasai emosi. Dan sikap ini tentu saja sangat dibutuhkan dalam rangka menggapai kesuksesan. 3. Toleransi : Toleransi adalah bersikap fair dan menghormati setiap perbedaan apapun, baik opini, tingkah laku dan kebiasaan. Dengan toleransi anda semakin kaya keanekaragaman dunia. Sedangkan semakin tidak toleran, anda semakin tertutup terhadap setiap perbedaan. Dan ini sama saja dengan menutup potensi

4.

5.

6.

7.

pikiran anda.Karena anda dapat berkembang diantaranya jika anda siap menerima gagasan dan perbedaan baru. Humoris : Humor diyakini dapat mengatasi masalah apapun yang melilit kehidupan anda. Karena humor yang wajar akan membuat anda menjadi pribadi yang fleksibel dan mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi dan lingkungan. Humor membuat anda mudah tersenyum di tengah ketegangan hidup. Hal ini berdampak bagus bagi perkembangan mental anda yang secara tidak langsung mempengaruhi kesuksesan anda. Rendah hati : Sikap congkak, sombong, dan egois tidak akan ditemukan pada orang-orang yang berkepribadian menarik. Sikap rendah hati membuat anda ‘peduli’ dan mau mendengarkan orang lain. Orang yang rendah hati mudah menghargai orang lain dan akan dihargai orang lain. Sportif : Bersikap sportif artinya mau berkompetisi secara sehat dan fair. Biasanya orang yang sportif jika menang tidak akan besar kepala dan jika kalah tidak akan mengeluh apalagi menggerutu. Dengan demikian orang lain akan menaruh hormat dan respek kepada anda. Hangat :Bersikap hangat sebenarnya merupakan ketrampilan yang sederhana. Namun seringkali diabaikan oleh banyak orang. Padahal sikap hangat pada orang lain mencerminkan sikap antusias, percaya diri, dan kooperatif. Hal ini tentu saja merupakan bagian dari hal yang diperlukan dalam rangka mencapai sukses.

Pribadi yang rendah hati memandang bahwa orang lain sebagai ciptaan Tuhan memiliki keunikan dan keistimewaan, sehingga dia senantiasa membuat orang lain merasa penting. Karena sesungguhnya setiap pribadi adalah istimewa. Setiap orang adalah spesial, unik, dan berhak untuk dihargai. Manusia adalah pribadi yang harus diperlakukan khusus. Manusia adalah makhluk yang sangat sensitif. Jika kita meragukan hal ini, lihat diri kita sendiri dan perhatikan betapa mudahnya kita merasa disakiti atau tersinggung.

Terkadang buku yang saya baca itu juga bisa menjadi reminder yang sangat baik. Terkadang ketika membaca sebuah buku. Jika kita memiliki semangat untuk terus belajar. Manusia yang terus bertumbuh adalah manusia yang bahagia. Menurut saya itu sangat tepat! Kehidupan menyediakan begitu banyak kesempatan kepada manusia untuk terus bertumbuh. carilah buku-buku yang dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan kita. Pertumbuhan akan membuat talenta yang kita miliki terus berkembang sehingga kita tidak perlu jadi orang yang sama dari waktu ke waktu. Terus terang secara pribadi terkadang saya agak jenuh juga membaca buku-buku pengembangan diri karena sudah lebih dari 500 buku saya lahap. Keluarga yang bertumbuh adalah keluarga yang bahagia. Terus mengasah talenta kita dengan terus belajar. Diakui atau tidak rasa puas diri terkadang membuat seseorang berada di zona nyaman dan tidak mau lagi berubah. DEVELOP John C. Agar hal itu tidak terjadi pada kita. Pertumbuhan yangs sejati selalu diawali dengan komitmen untuk bertumbuh. Berikut ini ada beberapa langkah yang dapat membantu kita semua untuk mengembangkan talenta kita: 1. Perusahaan yang terus bertumbuh adalah perusahaan yang bahagia. Kitalah orang yang paling bertanggung jawab bagi pertumbuhan pribadi kita masing-masing. Rajin-rajinlah ke toko buku atau perpustakaan. biasakan diri kita untuk selalu lapar dan haus akan hal-hal baru. Pertumbuhan bukanlah sesuatu yang otomatis terjadi seiring bertambahnya usia atau pengalaman seseorang. Maxwell pernah berkata kalau kebahagiaan sama dengan pertumbuhan (happiness is growth). hampir sebagian besar isinya saya sudah tahu namun saya tidak membaca buku tersebut dengan tujuan untuk mencari apa yang sudah saya tahu melainkan saya mencari hal-hal baru yang sama sekali belum saya ketahui. Barangkali kita kurang menyadari bahwa setiap pagi ketika kita bangun pagi kita selalu mempunyai peluang menjadi orang yang lebih baik daripada hari yang telah lewat.MAXIMIZE YOUR TALENT (05) Oleh: Paulus Winarto* Sekarang mari kita bahas bagaimana cara mengembangkan talenta. Ikuti berbagai pelatihan yang kiranya dapat membantu kita .

saling memotivasi atau sekedar saling bertukar informasi. Ada saatnya kita harus menunjukkan kepedulian kepada mentor. 2. Juga perlu kita ingat bahwa tidak ada komunikasi yang lebih efektif daripada komunikasi tatap muka. Kunjungi mentor kita secara teratur atau undanglah ia makan. Misalnya mengunjunginya saat ia sakit. Hal-hal penting dari mentor juga bisa Anda catat di buku tersebut. Nah. Mentoring. Jika ia bertemu seseorang yang dianggapnya ahli. Seorang teman bahkan memiliki kebiasaan yang sangat unik dan terbilang langka. Jangan mencari satu mentor yang sempurna karena kita tidak akan pernah menemukannya. ia selalu berusaha agar belajar sesuatu. poin-poin yang dipelajarinya akan diketiknya. carilah juga mentor untuk membantu kita bertumbuh. Pertumbuhan hari ini akan menjamin hari esok yang lebih baik. Yang juga penting adalah binalah hubungan baik dengan sang mentor. Teknologi yang semakin canggih tentu akan sangat membantu karena kita dapat membentuk komunitas itu melalui dunia maya atau internet. memberikan hadiah kecil atau sekedar menelpon untuk menyapa dan mengucapkan selamat ulang tahun. Carilah beberapa mentor sekaligus. Bergaullah dengan orang-orang yang memiliki talenta yang sama dengan kita sehingga bisa saling belajar. Misalnya secara pribadi saya memiliki mentor dalam bidang rohani. Anda bisa menuliskan di sebuah buku dan jadikan buku tersebut buku mentoring Anda. Artinya jangan hanya menghubungi dia jika kita butuh. kreativitas. persiapkanlah hal-hal yang ingin Anda tanyakan dan diskusikan. pengetahuan serta yang terpenting hikmat yang telah didapatkannya dari perjalanan hidup. Ingat.bertumbuh. Komunitas tumbuh bersama. Sebelum itu. Investasikan waktu dan dana kita. Setelah menemukan talenta kita. Oleh sebab itu secara berkala bertemulah dengan orang-orang tersebut. Seorang mentor adalah seorang yang telah mencapai hal yang baru ingin kita capai atau ia telah memiliki kualitas-kualitas tertentu yang ingin kita miliki. kepemimpinan. diprint dan dijadikan bahan untuk pengembangan diri. ia telah menjadi seorang pengusaha sukses. dsb. Bergabunglah dengan mailing list yang anggotanya memiliki minat yang sama dengan minat yang kita miliki. bisnis. Kini. Turutlah bersukacita bersama mentor Anda ketika ia bersukacita dan berikan penghiburan ketika ia sedang bersusah . 3. Kita bisa belajar dari pengalaman. pemasaran. Kebiasaan itu telah dilakoninya sejak usia mahasiswa. tidak ada sukses tanpa pengorbanan.

Ada beberapa cara praktis agar kita dapat senantiasa menumbuhkan sikap mental positif dalam hidup kita. Milikilah mitra akuntabilitas. Harusnya kamu begini…” Bisa jadi itu mitra akuntabilitas dalam hidup Anda. semakin bijaksana dan semakin dihormati. Sikap adalah sebuah pilihan. Sebuah lilin tidak akan pernah kehilangan cahayanya ketika ia membagikan cahayanya kepada lilin yang lain. senantiasa bersyukur. yaitu: baca buku-buku yang positif (terutama firman Tuhan). Bersyukurlah kepada Tuhan untuk kehadiran orang tersebut karena ia ibarat alarm peringatan atau lampu merah dalam hidup Anda. luangkan waktu untuk melayani orang lain yang membutuhkan. Apakah Anda memiliki seseorang yang berani berkata. Para pemimpin tersebut dianggap sakti atau manusia yang serba sempurna. bergaullah dengan orang-orang yang positif. 5. bersikap hati-hati dan bijaksana terhadap masukan-masukan negatif (seperti kritikan tajam karena . Yesus pernah berkata. Selain mencari mentor. “Celakalah kamu. mentor juga manusia yang punya hati dan keinginan untuk senantiasa dikasihi. kita akan semakin terampil dalam bidang tersebut. jika semua orang memuji kamu (Lukas 6:26). Bagi saya melihat orang lain bertumbuh karena saya adalah sebuah sukacita besar. Kembangkan sikap mental positif. Perjalanan hidup mengajarkan saya betapa ngerinya kultus individu. saudara atau sahabatsahabat dekat kita. istri. ada baiknya juga kita menjadi mentor bagi mereka yang membutuhkan.hati. itulah sikap. Peristiwa yang sama bisa direspon secara berbeda oleh dua orang. Dengan jelas kita bisa melihat banyak pemimpin jatuh karena tidak lagi memiliki orang di sekelilingnya yang berani memberikan masukan atau kritik yang sifatnya membangun. Kalau kita membagikan apa yang kita ketahui kepada orang yang tepat. Ingat. ucapkan hal-hal positif kepada diri kita sendiri. Sikap adalah bagaimana kita berpikir atau merespon sesuatu. Mitra akuntabilitas adalah orang yang mengasihi kita dan berani menegur kita secara terbuka jika kita melakukan kesalahan. seperti suami. harusnya kamu ngga begitu. Bisa jadi mereka ini adalah orang paling dekat dengan kita. Bagaimana dengan Anda? 4.” Tanpa kita sadari terkadang pujian yang datang terus-menerus dari orang-orang di sekeliling kita akan membuat kita besar kepala dan lupa diri. “Kamu salah.

tidak semua orang mengkritik kita dengan motif untuk membantu kita bertumbuh). .

Illinios. Jadi manusia yang sadar dan rasional tidak lagi dikontrol oleh peristiwa kanak – kanak seperti yang diajukan oleh aliran freudian. Aktualisasi diri akan berubah sejalan dengan perkembangan hidup seseorang. menentukan hidup. Latar belakang: Rogers adalah putra keempat dari enam bersaudara. Rogers lebih melihat pada masa sekarang. Lapangan pengalaman ini disebut dengan fenomenal field.Carl Rogers : Psikolog Aliran Humanisme Posted on Psychology. Rogers dikenal juga sebagai seorang fenomenologis. Carl Ransom Rogers lahir pada tanggal 8 Januari 1902 di Oak Park. Rogers menerima istilah self sebagai fakta dari lapangan fenomenal tersebut. Aktualisasi diri adalah proses menjadi diri sendiri dan mengembangkan sifat-sifat dan potensi -potensi psikologis yang unik. dan menangani masalah – masalah psikisnya asalkan konselor menciptakan kondisi yang dapat mempermudah perkembangan individu untuk aktualisasi diri. Ketika mencapai usia tertentu (adolensi) seseorang akan mengalami pergeseran aktualisasi diri dari fisiologis ke psikologis. dia berpendapat bahwa masa lampau memang akan mempengaruhi cara bagaimana seseorang memandang masa sekarang yang akan mempengaruhi juga kepribadiannya. Namun ia tetap berfokus pada apa yang terjadi sekarang bukan apa yang terjadi pada waktu itu. aliran fenomenologis-eksistensial. moral dan etika. Rogers meninggal dunia pada tanggal 4 Pebruari 1987 karena serangan jantung. Rogers dibesarkan dalam keluarga yang berkecukupan dan menganut aliran protestan fundamentalis yang terkenal keras. mengenai pengalaman yang berhubungan dengan aku dan membedakan aku dari yang bukan . misalnya toilet trainning. penyapihan ataupun pengalaman seksual sebelumnya. Menurut Rogers motivasi orang yang sehat adalah aktualisasi diri. psikolog klinis dan terapis. Rogers terkenal sebagai seorang tokoh psikologi humanis. Realitas tiap orang akan berbeda – beda tergantung pada pengalaman – pengalaman perseptualnya. Ide pokok dari teori – teori Rogers yaitu individu memiliki kemampuan dalam diri sendiri untuk mengerti diri. Konsep diri menurut Rogers adalah kesadaran batin yang tetap. Aktualisasi diri akan dibantu atau dihalangi oleh pengalaman dan oleh belajar khususnya dalam masa kanak – kanak. karena ia sangat menekankan pada realitas yang berarti bagi individu. Chicago. ide – ide dan konsep teorinya banyak didapatkan dalam pengalaman -pengalaman terapeutiknya. dan kaku dalam hal agama.

integral. Kreativitas Keterbukaan diri terhadap pengalaman dan kepercayaan kepada organisme mereka . Kepercayaan terhadap organisme orang sendiri Pengalaman akan menjadi hidup ketika seseorang membuka diri terhadap pengalaman itu sendiri. dan sejati. Perasaan Bebas Orang yang sehat secara psikologis dapat membuat suatu pilihan tanpa adanya paksaan – paksaan atau rintangan – rintangan antara alternatif pikiran dan tindakan. tidak pada peristiwa di masa lampau sehingga ia dapat meilhat sangat banyak pilihan dalam kehidupannya dan merasa mampu melakukan apa saja yang ingin dilakukannya. yaitu Incongruence dan Congruence. penghargaan. 3. Kehidupan Eksistensial Kualitas dari kehidupan eksistensial dimana orang terbuka terhadap pengalamannya sehingga ia selalu menemukan sesuatu yang baru. Lima sifat khas orang yang berfungsi sepenuhnya (fully human being): 1. Untuk menunjukkan apakah kedua konsep diri tersebut sesuai atau tidak.aku. yang terbagi lagi menjadi 2 yaitu conditional positive regard (bersyarat) dan unconditional positive regard (tak bersyarat). pengagungan. dicintai karena nilai adanya diri sendiri sebagai person sehingga ia tidak bersifat defensif namun cenderung untuk menerima diri dengan penuh kepercayaan. Sedangkan Congruence berarti situasi di mana pengalaman diri diungkapkan dengan seksama dalam sebuah konsep diri yang utuh. Dengan demikian ia akan mengalami banyak emosi (emosional) baik yang positip maupun negatip. Ini berarti dia dihargai. 4. dan selalu berubah dan cenderung menyesuaikan diri sebagai respons atas pengalaman selanjutnya. dan cinta dari orang lain. Konsep diri ini terbagi menjadi 2 yaitu konsep diri real dan konsep diri ideal. Orang yang bebas memiliki suatu perasaan berkuasa secara pribadi mengenai kehidupan dan percaya bahwa masa depan tergantung pada dirinya sendiri. Setiap manusia memiliki kebutuhan dasar akan kehangatan. Incongruence adalah ketidakcocokan antara self yang dirasakan dalam pengalaman aktual disertai pertentangan dan kekacauan batin. penerimaan. Rogers menggambarkan pribadi yang berfungsi sepenuhnya adalah pribadi yang mengalami penghargaan positip tanpa syarat. Dengan begitu ia akan bertingkah laku menurut apa yang dirasanya benar (timbul seketika dan intuitif) sehingga ia dapat mempertimbangkan setiap segi dari suatu situasi dengan sangat baik. Keterbukaan pada pengalaman Orang yang berfungsi sepenuhnya adalah orang yang menerima semua pengalaman dengan fleksibel sehingga selalu timbul persepsi baru. 2. 5. Kebutuhan ini disebut need for positive regard. Rogers mengenalkan 2 konsep lagi.

Selain itu gagasan bahwa seseorang harus dapat memberikan respons secara realistis terhadap dunia sekitarnya masih sangat sulit diterima. Rogers berpandangan bahwa orang yang berfungsi sepenuhnya tampaknya merupakan pusat dari dunia. bukannya pada masa lampau yang biasanya penuh dengan pengalaman traumatik yang menyebabkan seseorang mengalami suatu penyakit psikologis. Pertanyaannya yaitu : Apakah teori ini juga akan sama efektifnya jika diaplikasikan pada masyarakat dengan budaya. Jogjakarta: Kanisius. Teori Rogers ini memang sangat populer dengan masyarakat Amerika yang memiliki karakteristik optimistik dan independen karena Rogers memandang bahwa pada dasarnya manusia itu baik. Psikologi Pertumbuhan: Model – Model Kepribadian Sehat. . dan struktur sosial serta sistem kemasyarakatan yang berbeda dengan Amerika? Sumber Referensi: Schultz. berubah. 1991. Rogers juga mengabaikan aspek – aspek tidak sadar dalam tingkah laku manusia karena ia lebih melihat pada pengalaman masa sekarang dan masa depan. bukan seorang partisipan yang berinteraksi dan bertanggung jawab di dalamnya. bertumbuh. Semua orang tidak bisa melepaskan subyektivitas dalam memandang dunia karena kita sendiri tidak tahu dunia itu secara obyektif. konstruktif dan akan selalu memiliki orientasi ke depan yang positip.sendiri akan mendorong seseorang untuk memiliki kreativitas dengan ciri – ciri bertingkah laku spontan. tidak defensif. Kelemahan atau kekurangan pandangan Rogers terletak pada perhatiannya yang semata – mata melihat kehidupan diri sendiri dan bukan pada bantuan untuk pertumbuhan serta perkembangan orang lain. Duane. dan berkembang sebagai respons atas stimulus-stimulus kehidupan yang beraneka ragam di sekitarnya.

Lalu andaikan OS (Operating System) yang anda gunakan untuk PC tadi adalah MS DOS 3. PC anda jalan tapi tidak bekerja optimal sehingga keunggulan komponen-komponen tidak dapat dirasakan. yaitu Sistem Persyarafan tubuh kita. Konsep diri memiliki 3 komponen yang sangat penting karena akan mempengaruhi hidup kita mulai saat kecil hingga sekarang. dimana terdapat kaki-kaki penyokongnya. Konsep diri adalah Operating System bagi NeckTop PC. SoundCard Yamaha. Yang kedua. diri ideal yang sering ditetapkan orangtua adalah anak harus mendapat nilai sempurna (100 atau A). Bagaimana Konsep Diri Terbentuk. Kesimpulannya dapat dimisalkan sebagai berikut : Orangtua anda menetapkan diri ideal anda harus mendapat nilai 100 untuk ulangan Matematika. & hormat pada diri anda sendiri sebagai seorang yang berharga & bermakna.Anda akan selalu bertindak atau bersikap sesuai dengan gambar yang muncul dalam cermin/citra diri anda. Kita ini merupakan sebuah komputer yang paling canggih tetapi tanyakan pada diri kita. Guru Siapa yang memasang kaki tersebut?Pertama Orangtua dan setelah itu .Dalam konteks dunia pendidikan.Semakin anda menyukai diri anda. Citra Diri. Harga Diri. itulah konsep diri. Diri Ideal.Seandainya anda memiliki sebuah DeskTop PC (Personal Computer) dengan spesifikasi PENTIUM IV 3 Ghz. “Apa kita sudah sering mengupgrade konsep diri kita?” Komponen Konsep Diri. 3. VGA GeForce. OS MS Windows XP Pro. Yang terjadi sekarang adalah diri ideal tidak sejalan dengan citra diri. DDRAM 256 MB. HardDisk 40 GB. yang pertama mungkin PC anda tidak mau jalan karena OS yang anda gunakan sudah ketinggalan jaman. Bangunan konsep diri itu seperti meja. maka semakin tinggi harga diri anda. Nah. dalam setiap ujian 2. CDRW 52x36x48. menerima diri anda. komponen tersebut antara lain : 1.Ini sudah pasti akan berpengaruh pada harga diri anda. tetapi anda hanya dapat nilai 60 (Citra diri).0 bukan Windows XP apa yang terjadi pada PC tersebut? Ada 2 kemungkinan. dan berbagai komponen yang mutakhir lainnya. Yang sangat berperan dalam “Meja” tersebut antara lain : 1.

bahagia. Mengubah dan meningkatkan konsep diri Sangat tidak pantas sekali jika kita langsung menyalahkan orangtua atau guru yang dimasa lalu telah membentuk konsep diri anda menjadi “Saya Bodoh”.bangga. “Anak bodoh. Kita akan lihat bagaimana terbentuk “meja” tadi lewat kisah berikut : Saat anda masih kecil anda tidak sengaja memecahkan gelas lalu ibu anda mengatakan. bisa jadi positif bahkan mungkin negatif.”. ibu anda mengatakan “Kamu tidak apa-apa Nak?Lain kali hati-hati ya. Dan saat ujian orangtua anda menghargai nilai anda. Seberapa intensitas emosi yang timbul saat itu? Sedih.malu. Repetisi. jadi kita harus merubahnya sendiri. Bagaimana caranya? Caranya sebagai berikut : . berarti semakin kuat kaki yang terpasang. maka meja akan berbentuk Dari kisah diatas dapat anda lihat efek yang akan terjadi apabila konsep diri yang kita miliki adalah salah satu meja diatas.dll 3.Otomatis “meja” anda berbentuk Lalu saat sekolah anda mendapat nilai jelek sehingga bentuk meja menjadi: Berbeda kisahnya seandainya saat memecahkan gelas..Semakin sering.2. masak mbawa gelas aja gak becus!”. Kita sudah dewasa.

”Saya murid yang pintar dan…. Lihatlah diri anda yang sedang menerima ucapan selamat dan pandangan hormat & kagum dari orang sekitar anda. Kisah Sukses: Berupa kejadian. tulislah kisah sukses terkini lalu mundur lagi. peristiwa.Gunakan kata “saya”Misalnya.Setelah masuk kondisi alfa. gunakan mata pikiran untuk melihat diri sendiri yang telah sukses lengkap dengan semua hal positif yang telah anda tuliskan. Simbol Sukses: Bentuknya dapat berupa Trofi. sertifikat ijazah. lencana. foto. Visualisasi Multi SensoriAgar dapat melakukan cara ini. pengalaman. e. kepribadian. Masuklah ke dalam kondisi alfa. yakni : • o o o 1. coba rasakan perasaan anda saat itu?Masuk lebih dalam dan nikmati! Saat melihat & merasakan hal tersebut. Maka dari itu tanamkan pada diri kita benih kepercayaan diri dengan ucapan-ucapan positif (Afirmasi Positif).1.” d.”Saya adalah murid yang rajin belajar. Afirmasi Positif dapat dibuat dgn benar. Kisah sukses ini harus anda tulis diatas kertas. 4.Jangan menggunakan kalimat. anda harus masuk dalam kondisi alfa(kondisi di saat anda ingin tidur sehingga terasa rileks dan agak “fly”). Saat kondisi alfa. integritas. Bersifat pribadi. atau apa saja yang pernah anda alamidalam hidup yang dirasa istimewa. Tuliskan semua hal-hal positif seperti sikap. suara apa yang muncul dalam benak anda?apa yang anda katakan mengenai diri anda sendiri? (Lakukan selama 10 menit) . atau apa sajayang anda perlu ada dalam diri anda yang sukses. 3.Jangan gunakan kalimat. “Saya cerdas dan terampil!” b. surat penghargaan. rekaman video. Kisah & simbol sukses ini dapat memperkuat kaki “meja” konsep diri anda. Dengan hasrat dan antusiasme yang besar. tanda tangan orang yg dikagumi. Afirmasi Positif: Siapakah orang yang paling anda percayai pendapatnya di dunia ini ?Tentu saja anda sendiri. 2.Setelah elihat diri anda. kaset. Ini akan membantu diri agar memberi self-talk positif dan menghentikan self-talk negatif disaat mengalami kegagalan. terus mundur sampai saat anda masih kecil. yakni : • • • • • a.” c. Menggunakan kalimat waktu sekarang.Lakukan selama 21 hari non-stop.Simbol sukses ini sebagai Reminder (pengingat) akan keberhasilan yang pernah kita raih. “Saya tidak bodoh!” tapi gunakanlah kalimat. “ Besok saya akan rajin belajar.Libatkan emosi anda saat mengucapkan kalimat afirmasi anda. Harus Positif.” tapi gunakan kalimat. sampai kisah sukses paling lama yang bisa anda ingat. lakukan langkah-langkah untuk melakukan visualisasi multi sensori. 2. karakter. 3. dll. Persisten.

7.dll). gerakkan ujung jari anda. 5. Setelah itu. mengakibatkan efek negatif yang tidak terlalu berat. Buat daftar tindakan yang harus anda lakukan untuk mencapai tujuan.D.  o A=Sangat pentingàkalau tidak dilakukan.  D=Delegasikan/out-sourceBebaskan waktu anda. mendatangkan akibat serius. Tinjaulah setiap hari. Lakukan sesuatu yang relevan setiap hari yang membawa dekat dengan tujuan 9.&E.B. Goal SettingPada saat anda mulai bisa melihat diri anda sebagai pribadi yang kompetenpada saat itulsh konsep diri mulai berubah. 2. Jangan langsung bergerak!Resapi perasaan sukses yang sedang anda rasakan. 4. Uraikan goal itu menjadi sub-goal yang terukur & terarah. 6. kapan goal harus tercapai. ngobrol.  B=Perlu dilakukan àBila tidak. • o o o o o o o o o o o o 1. 5. 3. buka mata perlahan-lahan. Tentukan & putuskan apa yang anda inginkan (tujuan) sejelasjelasnya. Atur daftar tindakan anda menjadi suatu perencanaan-tuliskan di atas kertas. 11. Tuliskan di selembar kertas (jangan hanya diingat.  E=EliminateAbaikan saja. Tetapkan prioritas dengan A. Sehingga didapatkan contoh goal setting sbb:  . Tetapkan tenggat waktunya. Rencanakan setiap tindakan yang akan dilakukan (sehari sebelumnya).o 4. Lakuakan tindakan! 8.C.  C= Baik untuk dikerjakanàTidak ada akibat negatif (Nonton. 10. Lalu bagaimana cara membuat & menggunakan goal setting untuk meningkatkan konsep diri? Caranya sebagai berikut .

.

Perspektif Eksistensial Personal meaning menurut perspektif eksistensialis didasarkan dari berbagai pemikiran filosofi. Toleransi Battista dan Almond terhadap sistem kepercayaan yang memunculkan struktur bagi perkembangan personal meaning adalah tanda penting dalam perspektif relativitas ini. berkontribusi kepada harapan dan optimisme dan menghargai terjadinya suatu masa buruk dalam siklus kehidupan. Perspektif Relativitas Battista dan Almond (dalam Visser.Psi Personal meaning dianggap menjadi salah satu hal yang penting yang menggerakkan individu mencapai prestasi. Tujuan pokok Humanisme – . Kierkegaard. Selain itu. 1995 dalam Wiebe. Personal Meaning dalam beberapa perspektif a.Personal Meaning Written by Maria Antoinette. secara positif pasti meyakini konsep-konsep tertentu. religiusitas. dan menemukan bahwa meaning bagi setiap orang itu berbeda. 1. Battista dan Almond menemukan 4 hal yang biasa ditemukan yang berhubungan dengan personal meaning. S.2001). yaitu . psikiatri dan psikolog. personal meaning diyakini dapat membantu memunculkan kebangkitan diri individu dari keadaan yang tidak diinginkan. 2. Dalam penelitiannya tersebut. Bilamana terjadi suatu kejadian atau peristiwa buruk. Dalam proses mencapai tujuan hidup yang mereka buat. Orang yang percaya bahwa hidup mereka bermakna . memunculkan kekonsistensian mereka untuk mencapai arah dan tujuan hidup mereka. 3. akan muncul perasaan signifikan pada diri mereka sendiri dan rasa bangga terhadap kehidupan mereka. sedangkan meaningless (ketidakbermaknaan) dalam hidup berasosiasi dengan ketidakpedulian atau melepaskan diri (diengagement). 2001) berkeyakinan bahwa meaningfulness (kebermaknaan) dalam hidup. pada waktu dan situasi tertentu. entah hidup mereka sudah bermakna atau mereka yang masih berusaha mencapai tujuan hidupnya. dalam diri seseorang . 2001) memandang bahwa seseorang yang memiliki personal meaning yang positif (fulfillment of personal meaning) dalam kehidupan. Frankl (dalam Wiebe. (May & Yalom. 4. dan Nietzche. 1973) melakukan penelitian terhadap berbagai teori personal meaning yang berbeda. Konsep meaning yang mereka yakini. atau idiosyncratic yang berhubungan dengan makna kehidupan. Sartre. berhubungan dengan self esteem yang tinggi dan perilaku yang murah hati terhadap orang lain. di mana semuanya penganut eksistensialis yang sangat meyakini pengalaman seseorang. seperti humanistik. Frankl (dalam Wiebe. dan pencapaian menemukan meaning itu sendiri unik bagi setiap orang. b. Orang yang percaya bahwa hidupnya bermakna .

Kebebasan sebagai arah dan tujuan hidup selaku manusia adalah kepribadian atau kedirian yang sifatnya sedemikian rupa sehingga orangnya bebas dari beraneka ragam alienasi yang menekannya. Selain itu. intensi pada setiap individu. berdikari dan kreatif. individu yang termotivasi untuk mengetahui alasan atau maksud dari keberadaan dirinya. b. 2001 ). menumbuhkan semangat keberanian manusia untuk berbuat lebih kreatif dan progresif dalam usaha meraih hidup yang lebih tinggi . bahwa kebebasan manusia menurut Sartre memberikan dan membawa jalan keluar yang fundamental untuk mentransendensi atas dunia. kemerdekaan. dan mencapai tujuan hidup dirinya. dan mengajarkan bahwa setiap kebenaran dan tindakan mengandung keterlibatan lingkungan dan subjektifitas manusia (Sartre dalam Soejadi. . tak tercela. mengatakan bahwa meaning mengandung beberapa bagian kepercayaan yang saling berhubungan antara benda. b. manusia harus dipahami sebagai subjek otonom. Sartre berpendapat bahwa manusia yang memiliki kebebasan. memberi peluang kepada setiap pribadi manusia untuk mengembangkan diri.Eksistensialis adalah keselamatan dan kesempurnaan manusia. Definisi Meaning Menurut Maslow Maslow (dalam Wiebe. Perspektif Eksistensial Sartre Pandangan Sartre mengenai Eksistensialisme sebagai Humanisme adalah ajaran yang menghargai kehidupan manusia.2. 2001) mengatakan bahwa meaning dialami dari aktualisasi diri. Kebebasan bagi Sartre adalah absolut. tidak ada batas lagi kebebasan selain batas yang ditentukan oleh kebebasan itu sendiri. dan bebas pula untuk kehidupan yang utuh. 2001) mengatakan implikasinya dalam sikap dan tindakan humanis. dan sebagai makhluk pribadi yang otonom. di mana perilaku menjadi memiliki tujuan . Perspektif Eksistensial Omoregbe Omoregbe (dalam Soejadi. Sarte juga menekankan bahwa manusia harus bertanggung jawab terhadap keputusan yang dipilihnya. Aktualisasi diri adalah pencapaian suatu potensi terbesar dalam diri. Individualitas dan personalitas manusia menjadi penting karenanya. menjadi yang terbaik yang dapat dilakukannya. b. Menurutnya.1. Ia juga mengatakan bahwa setiap individu memiliki dorongan untuk memenuhi kebutuhannya dari yang sederhana sampai kebutuhan yang kompleks. kejadian dan hubungan. Sartre menghargai dan menjunjung tinggi eksistensi pribadi serta subjektifitas dalam kehidupan bersama. Baumeister menekankan bahwa meaning pada akhirnya memberikan arahan. Definisi Meaning Menurut Baumeister Baumeister (1991). Definisi Meaning dan Personal Meaning a. memiliki keunikan dan kedudukan eksistensial. daripada hanya berperilaku berdasarkan insting atau impuls.

a sense of order and a reason for existence. 2001) mengkonsepkan meaning sebagai pengalaman dalam merespon tuntutan dalam kehidupan. Dimensi baru ini adalah hal-hal mengenai meaning. 4. Pemahaman diri ( self insight). entah melalui aktivitas. Definisi Personal Meaning Menurut Reker Menurut Reker..c. Asumsi pertama. yang tidak mengejar kekuasaan atau kesenangan. Adalah upaya-upaya yang dilakukan secara sadar dan sengaja berupa pengembangan potensi-potensi pribadi (bakat. 1990. 1992) Definisi personal meaning menurut Reker dapat melengkapi komponen-komponen yang menentukan berhasilnya perubahan dari penghayatan hidup tak bermakna menjadi lebih bermakna yang diutarakan Bastaman (1996). adalah nilai-nilai penting dan sangat berarti bagi kehidupan pribadi seseorang yang berfungsi sebagai tujuan hidup yang harus dipenuhi dan sebagai pengarah kegiatannya 3. Definisi Meaning Menurut Frankl Frankl (dalam Wiebe. pengalaman atau sikap yang bermakna. memiliki arah. Adalah suatu proses dari yang semula tidak tepat menjadi lebih tepat dalam menghadapi masalah. termasuk hal yang paling menyakitkan atau tidak ada harapan (kebebasan berkehendak).” (Reker. and a greater social consciousness. yaitu . Kedua. kondisi hidup atau musibah. tetapi untuk menemukan meaning dan tujuan hidupnya (motivation for living atau kehendak untuk hidup bermakna). kehidupan memiliki meaning yang sangat luas. identitas diri yang jelas dan kesadaran sosial yang tinggi. Reker et al. Reker & Butler. 1. Frankl mempercayai bahwa orang memiliki kebebasan untuk menemukan personal meaning dalam berbagai situasi (makna hidup). menyebutkan tiga asumsi. dan membiarkan dirinya mengalami atau yakin pada keseluruhan meaning. Kegiatan terarah (directed activity). . 1994. 1987. personal meaning adalah memiliki tujuan hidup. Makna hidup ( meaning of life). d. Frankl yakin bahwa setiap individu memiliki kapasitas untuk melawan lingkungan luar yang sulit. Pengubahan sikap ( attitude change). Keikatan diri (self commitment). bahwa orang yang dilengkapi “will to meaning” sejak lahir . a clear sense of personal identity. dan meliputi dorongan untuk menjadi signifikan dan bernilai dalam kehidupan. having a sense of direction. Meningkatnya kesadaran atas buruknya kondisi diri pada saat ini dan keinginan kuat untuk melakukan perubahan kearah kondisi yang lebih baik 2. menahan dorongan fisik maupun psikologis untuk masuk ke dalam dimensi baru dari eksistensi diri. menjelajahi dan meyakini adanya tugas unik dalam kehidupannya. rasa memiliki kewajiban dan alasan untuk ada (eksis). Frankl dalam logoterapinya. Zika & Chamberlain. Ketiga. Adalah munculnya suatu komitmen seseorang yang ditandai dengan semakin terikat dengan makna hidup yang ditemukan dan tujuan hidup yang telah ditetapkan 5. “Personal meaning is defined as having a purpose in life.

Dimensi Meaning Reker dan Wong (dalam Reker&Chamberlain. Hal ini didorong pula oleh rasa memiliki kewajiban dan alasan untuk ada (eksis) pada individu tersebut. merupakan komponen pelengkap yang berperan penting dalam pencapaian tujuan dan makna hidup atau personal meaning individu. dapat dipercaya dan selalu bersedia memberi bantuan pada saat-saat diperlukan. 6. Adalah hadirnya seseorang atau sejumlah orang yang akrab. 3) perbedaan bagaimana meaning dialami (breadth). motivasional. Empat dimensi meaning tersebut berhubungan dengan 1) bagaimana meaning dialami (structural components). 2.kemampuan. yang dapat dilakukan dalam usahanya mencapai tujuan dan makna hidup. Tujuan dan makna hidup. Sedangkan kesadaran sosial yang tinggi dapat dianggap sebagai komponen pendukung atau hasil dari pencapaian tujuan dan makna hidup individu. . Sebelum memiliki tujuan dan makna hidup. individu akan melalui tahapan pengubahan sikap. Setelahnya. 4. yaitu melakukan upaya pencapaian tujuan danmakna hidup. serta pemanfaatan relasi antar pribadi untuk menunjang tercapainya makna dan tujuan hidup. Kemudian. individu akan melalui tahap pemahaman diri . 6. dan afektif. Pada tahap ini individu telah memiliki arah yang jelas dan nyata. samasama memiliki peran sebagai arah individu tersebut dalam menjalani kehidupan selanjutnya. suatu proses penyadaran yang semula tidak tepat menjadi lebih tepat dalam menghadapi masalah. serta dan komponen personal dan sosial. yang menghasilkan 4 dimensi meaning. dapat dianggap sama dengan makna hidup yang dimaksud Bastaman (1996). Komponen dukungan sosial yang diungkapkan Bastaman (1996). Tahap pemahaman diri ini dapat diartikan sama dengan identitas yang jelas pada definisi personal meaning Reker (1997). yaitu proses pencarian dan penyadaran atas keadaan diri yang menghasilkan suatu tujuan atau makna hidup individu tersebut. Tujuan hidup yang dimaksud oleh Reker (1997). individu akan melalui tahapan keikatan diri terhadap tujuan dan makna hidupnya. yaitu . Hal-hal pokok yang saling melengkapi di antara keduanya. dan 4) kualitas pengalaman bermakna (depth). 2000) melakukan kolaborasi teori. keterampilan) yang positif. 1. 2) isi dari pengalaman (sources of meaning). 3. a. 5. Structural components Komponen struktural ini menjelaskan bagaimana meaning dialami oleh seseorang. yang terdiri dari komponen kognitif. Individu akan masuk ke tahap kegiatan terarah. Dukungan sosial (social support).

meningkatkan sense of purpose dan meaning pada satu eksistensi. dalam menghadapi atau melalui rintangan. komponen kognitif menjadi bagian dari pemberian makna pada suatu pengalaman hidup. tetapi juga mencari pengertian eksistensial melalui nilai dan tujuan dari kejadian atau pengalaman hidup. adaptif. atau pengalaman traumatis yang ekstrem. Nilai.Komponen Kognitif Diartikan sebagai sistem keyakinan individu dan pandangan menyeluruh yang telah terbangun dalam konteks budaya yang spesifik dan dipengaruhi oleh pengalaman kehidupan individu yang unik. Komponen ini paling penting untuk menjaga individu agar tetap bertahan . Walaupun. dan bertanggung jawab). atribut personal (seperti menjadi kreatif. cinta dan empati. Komponen Afektif Komponen ini terdiri dari rasa puas (satisfaction) dan pemenuhan atau perasaan terpenuhi (fulfillment) individu yang didapat dari pengalaman-pengalaman dan keberhasilan mencapai tujuan individu tersebut. yang mengarahkan apa tujuan yang harus dicapai oleh seseorang. Oleh karena itu. secara konsisten mengejar tujuannya dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan yang menurutnya berguna. kepercayaan dan masyarakat. Umumnya. Perasaan terpenuhi merupakan hasil dari cara berpikir yang positif dalam kehidupan. Reker dan Wong (dalam Reker&Chamberlain. lingkungan atau kesulitan-kesulitan yang dihadapi. Dalam penelitian yang dilakukan Ranst dan Marcoen (dalam Reker&Chamberlain. Komponen Motivasional Adalah sistem nilai yang dibangun pada setiap individu. memiliki rasa ingin tahu. 2001) ditemukan bahwa komponen motivasional dan komponen afektif mempengaruhi komponen kognitif. perjuangan untuk mencapai kebahagiaan belum tentu menghasilkan rasa makna diri yang besar. Komponen sosial terdiri dari hubungan personal. Proses untuk mencapai tujuan tertentu dan pencapaian mereka. bagaimanapun juga rasa makna diri tersebut akan memberikan rasa puas pada individu yang berjuang tersebut. sedangkan komponen motivasional tidak saling berpengaruh dengan komponen afektif. 2000) mengatakan bahwa ketiga komponen di atas tersebut saling berhubungan satu sama lain. Komponen personal terdiri dari kualitas unik pada individual. adalah pedoman kehidupan. fleksibel. Nilai ditentukan oleh kebutuhan individu. Komponen Personal dan Sosial (Preconditions of meaning ) Preconditions of meaning terdiri dari hubungan sosial dan kualifikasi personal. dan bagaimana cara mencapai tujuan tersebut. intelektual. Komponen sosial dan personal berperan sebagai . Individu tidak hanya memberi makna dari sistem kepercayaan atau pandangan masyarakat . yang mempengaruhi personal meaning. pertanyaan-pertanyaan fundamental yang dipengaruhi komponen kognitif adalah ”Apa yang saya lakukan dalam kehidupan ini bernilai?” atau ” Apa yang membuat kehidupan menjadi berarti?”. Komponen motivasional melihat personal meaning sebagai sifat dasar kognitif dan perilaku.

hubungan dengan orang 5. nilai atau idealisme Self Acceptence yang bertahan (memperlakukan diri lama. Di samping itu. lain) 6. Nilai akan terefleksikan dari jawaban individu ketika ditanyakan mengenai area dari kehidupan mereka. seburuk apapun situasi atau keadaannya. 1. et al dalam Reker dan Chamberlain. altruism Relationship (perilaku dan 3. meninggalkan nilai dalam melayani orang warisan.preconditions of meaning dengan mengidentifikasi. 2000). aktivitas bersenang- 1. aktivitas religi. 2001) Sumber meaning menurut REKER (dalam Reker & Chamberlain. Darimana meaning berasal? Nilai dan kepercayaan adalan landasan kuat dari sumber meaning. Nilai tergabung dengan modes of conduct (nilai instrumental) dan tujuan hidup (nilai terminal) dan mendorong untuk melakukan tindakan (Rokeach dalam Reker dan Chamberlain. dengan baik dan 12. hubungan personal pencapaian prestasi 2. 2001) Sumber meaning terdiri dari 3 sumber nilai. Nilai Kreatif . yaitu . kemampuan untuk 13. individu yang seperti apa yang hendak mencari meaning. 5. aktivitas rekreasi dengan Tuhan) 9. aktivitas kreatif. ditemukan bahwa meaning dapat berasal dari sumber-sumber yang luas dan spesifik. misalnya kesuksesan pribadi. Nilai didefiniskan sebagai konstruk yang melebihi situasi spesifik dan nilai lebih disukai secara personal dan sosial. dari mana meaning berasal. Self –Transcendence (fokus 10. bagaimana cara individu menghadapi situasi yang tidak dapat diubah. berdasarkan berbagai penelitian secara kuantitatif maupun kualitatif. 2000) Achievement atau 1. perkembangan diri. 4. Penerimaan terhadap situasi ini. keahlian dalam menjalin 4. Perbandingan Teori Sumber Meaning Frankl. perilaku menolong. humanistic concern kesalahan di masa lalu dan 15. keamanan finansial dan hubungan personal 8. apa yang dapat diberikan individu untuk dunia. Nilai Sikap (attitude). menemukan Religion (keyakinan pada kebutuhan dasar. Sumber meaning menurut WONG (dalam Wiebe. kekuatan yang lebih besar 7. alasan sosial/politik mengintegrasikan 14. 3. prestasi pribadi. sosial demografis dan tahap perkembangan (Devogler. Wong dan Reker Sumber meaning menurut FRANKL (dalam Wiebe. tradisi dan budaya. Sources of meaning (sumber meaning) Sumber meaning dimaksudkan dengan isi area-area yang berbeda atau tema personal dari mana meaning dialami. disebut dengan selftranscendence. . 2. b. seperti budaya dan latar belakang etnis. dan sebagainya 2. lain) 11. 2000).

Fair Treatment (bagaimana seseorang diperlakukan dan dihormati dalam lingkungan sosialnya) 8. Nilai Pengalaman . menemukan kesulitan melakukan prosedur dalam menentukan levels of depth seseorang sesuai dengan kriteria depth of meaning yang dipaparkan Reker dan Wong (dalam Reker dan Chamberlain. O’Connor dan Chamberlain (dalam Reker dan Chamberlain. 2000). d. c. Breadth of meaning Breadth of meaning adalah kecenderungan individu untuk mengalami atau memperoleh meaning dari beberapa sumber yang berbeda. Namun. Intimacy (fokus terhadap keluarga dan hubungan yang dekat/intim) 7. Depth of meaning Depth of meaning menunjukkan kualitas dari pengalaman meaning individu. keterbatasan diri dalam menjalani kehidupan saat ini dan cita-cita di masa depan) 6. pengabdian waktu dan tenaga untuk mewujudkan potensi diri (level 2). Fulfillment (perasaan terpenuhi dan rasa puas atau senang) senang 16. 2000). Reker dan Wong (dalam Reker dan Chamberlain. 2000). Menurut Reker dan Wong (dalam Reker dan Chamberlain. maka akan mengarahkan individu tersebut ke rasa pemenuhan (fulfillment) yang lebih besar. Kesulitan prosedur yang dihadapi adalah adanya hubungan yang tidak setara antara sumber kategori meaning dan levels of depth. 2000) menyatakan bahwa pada umumnya individu memperoleh meaning dari berbagai sumber . Keempat level depth ini dikategorikan menjadi . dan 2) semakin banyak sumber meaning yang dimiliki. depth merupakan dimensi yang penting untuk menggamarkan . dan hanya sedikit individu yang hanya memperoleh meaning dari satu sumber. terdapat empat (4) level depth yang menunjukkan tingkat meaning yang dialami individu. atau alasan politis (level 3). dalam. DeVogler-Ebersole dan Ebersole (dalam Reker dan Chamberlain. sumber kategori meaning yang dimiliki seseorang hanya melayani orang lain. kepemilikan benda 17. dengan demikian apakah individu ini dapat langsung dimasukkan ke dalam level tiga (3) ? Menurut O’Connor dan Chamberlain (dalam Reker dan Chamberlain. hubungan dengan alam. 2000) menyatakan bahwa individual 1) akan mengalami meaning dari beberapa sumber yang berbeda. 2000). pengalaman langsung di dunia . baik yang buruk ataupun yang baik. Apakah pengalaman meaning individu tersebut dangkal. dan tujuan akhir kehidupan (level 4). pelayanan bagi orang lain dan komitmen terhadap lingkup sosial yang lebih luas . Misalnya. atau hanya sebagian. dan nilai yang menyenangkan yang melebihi arti individu dan meliputi alam semesta.3. self-preoccupation dengan kesenangan dan kenyamanan (level 1).

Sedangkan individu yang telah menemukan personal meaning juga dibagi menjadi dua. Sedangkan individu dengan sistem nilai piramidal. Oleh karena itu. Misalnya. Misalnya. konsep keseluruhan hidupnya mudah dikacaukan (shambles). 1. 1986) juga menegaskan bahwa individu yang memiliki sistem nilai paralel. Individu yang belum menemukan personal meaning dapat dibedakan mejadi dua bagian lagi yaitu individu yang berhenti dan terperangkap (stuck) dalam pencarian mereka (people in doubt). Ada dua alasan yang mendasari pemikiran Kratochvil ini. yaitu . semua nilai yang dimilikinya sama berartinya. dalam penelitian ini depth of meaning tidak akan digali mengingat masih terjadi perdebatan konsep depth of meaning ini. masih memiliki prestasi lain di kegiatan sosial dan kesibukan dalam rumah tangganya. 1986) mengungkapkan. Proses penghayatan hidup tak bermakna menjadi lebih bermakna atau Penemuan Personal Meaning Bastaman (1996) melihat proses makna hidup seseorang dalam suatu proses yang merupakan urutan pengalaman dari penghayatan hidup tak bermakna menjadi lebih bermakna. Kratochvil (dalam Lukas. melihat ada dua bagian besar antara individu yang telah menemukan personal meaning dan individu yang masih mencari personal meaning. atau berdasarkan definisi Reker disebut proses penemuan personal meaning. individu yang hanya memegang satu nilai tertinggi. cenderung fanatik atau tidak dapat bertoleransi terhadap suatu situasi kehidupan. Sedangkan individu yang memiliki sistem nilai paralel adalah individu yang memiliki beberapa nilai yang sama-sama kuat dalam kehidupannya. seorang ibu yang berhenti berkarir. 2. untuk menghindari kesalahan atau kekeliruan dalam mengintepretasi dan menganalisis data. sulit untuk memahami perilaku ibu-ibu lain yang dapat menitipkan anaknya untuk pergi bekerja. dan individu yang masih aktif mencari personal meaning nya.personal meaning seseorang. namun O’Connor dan Chamberlain menyatakan bahwa masih diperlukan konsep depth of meaning yang lebih baik. Individu yang memiliki sistem nilai paralel lebih mudah menggantikan (replace) nilai miliknya yang hilang. DAFTAR PUSTAKA . umumnya lebih sehat dan stabil daripada individu yang memiliki sistem nilai piramidal. seorang ibu yang hidup hanya untuk anaknya. yaitu individu yang memiliki sistem nilai piramidal (people in despair) dan individu yang memiliki sistem nilai paralel. individu yang memiliki sistem nilai piramidal adalah individu yang hanya memiliki satu nilai besar dalam hidupnya di atas nilai-nilai kehidupannya yang lain. Kratochvil (dalam Lukas. Lukas (1986) . Umumnya.

(1991). Illinois: Dryden Press Frankl. V. (1996). H. Meraih Hidup Bermakna : Kisah Pribadi dengan Pengalaman Tragis. D.R. Psychology : It’s Principles & Meanings.E. F... New York : Guilford Press Bourne Jr. Jakarta : Paramadina Baumeister. R.Bastaman. Boston : Beacon Press . L. & Ekstrand.. (2006).E. B. Meanings of Life. (1973). Man’s Search for Meaning.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful