LAPORAN ILMIAH

Judul
: Misteri Mata Kucing yang Bersinar dalam Kegelapan.

Rumusan Masalah : - Mengapa mata kucing terlihat bersinar dalam kegelapan ?
-Bagaimana bisa demikian ?

Hipotesa

: Karena mata kucing mempunyai keistimewaan yaitu organ-organ khusus yang dapat mengeluarkan sinar ditempat gelap.

Tujuan Penelitian : -Untuk mengetahui apa penyebab mata kucing bersinar di tempat yang
gelap.

Metode Penelitian
1.Alat dan Bahan : -Kucing -Ruang gelap -Senter -Alat tulis 2.Cara Kerja a. Letakkan kucing pada tempat yang gelap b. Kemudian amati mata kucing tersebut c. Lalu sinari mata kucing dengan senter d. Setelah itu amati perbedaanya 3.Variabel - Variabel bebas -Variabel terikat -Variabel kontrol : kucing : mata kucing yang bersinar : tempat gelap (malam) & tempat terang (siang)

Laporan Ilmiah | Misteri Mata Kucing yang Bersinar dalam Kegelapan 1

Mata kucing memiliki persepsi trikomatik yang lemah. TABEL PENGAMATAN Mata kucing Nama Tempat Tempat gelap Tempat terang Tempat bercahaya minim Bersinar  Tidak Bersinar   - B. Suatu organ yang disebut tapetum lucidum digunakan dalam lingkungan dengan sedikit cahaya. Seperti kebanyakan predator. Karena kucing memiliki selaput pelangi atau iris membentuk celah pada mata yang akan menyempit. Laporan Ilmiah | Misteri Mata Kucing yang Bersinar dalam Kegelapan 2 . Mata kucing ditempat yang gelap akan terlihat terang. Mata kucing ditempat yang terang akan terlihat tidak bersinar. cahaya yang dipantulkan juga lebih banyak dan sehingga terlihat lebih terang oleh mata kita seperti lampu. Pada dasarnya hewan malam memiliki pupil yang terbuka lebih besar saat keadaan gelap untuk menerima banyak cahaya yang datang. Lapisan ini disebut Tapetum lucidum. dll juga memiliki jaringan tersebut.Hasil A.karena pada dasarnya semakin banyak cahaya yang sampai ke retina. Fungsinya untuk memperbanyak jumlah cahaya yang dapat diterima retina. Membran yang cukup tebal ini tepat berada dibelakang retina. Meskipun demikian. mata kucing tesebut dapat bersinar. Selain kucing hewan nocturnal (hewan yang banyak beraktifitas di malam hari) lainnya seperti burung hantu. Dan bila berada ditempat yang bercahaya minim akan bersinar juga. penyempitan ini juga mengurangi bidang pandang kucing. pada mata kucing memiliki lapisan khusus dimana pada tempat gelap. Organ inilah yang menyebabkan warna-warni mata kucing ketika difoto dengan menggunakan blitz. menghasilkan persepsi jarak dan mengurangi besarnya bidang pandang. kus-kus. Bila ditempat terang tidak bersinar. Pembahasan Setelah kami melakukan penelitian. HASIL: Menurut hasil observasi kami apabila kucing berada ditempat gelap matanya akan bersinar. kedua mata kucing menghadap ke depan.4.

Karena memiliki Tapetu Lu idu yang fungsinya untuk memperbanyak jumlah cahaya yang diterima oleh retina. he an nocturnal ( he an yang banyak beraktifitas di malam hari ) juga memiliki kemempuan yang sama. bila kucing berada di tempat yang terang matanya tidak akan bersinar.Gambar : struktur mata kucing Kesimpulan Kuc bila dite at gelap akan be sinar. Bukan hanya kucing.        ©¨§ L po n l i h | Misteri Mata Ku ing yang Bersinar da a ¦ ¥ ¤   £ ¢  ¡   Kegelapan 3 . Namun. Karena pigmen fotosensitif akan mudah terpecah dengan cepat sehingga presepsi visual menjadi kurang efektif. Dan bila kucing berada di tempat yang bercahaya minim tetap bersinar.

Laporan Ilmiah | Misteri Mata Kucing yang Bersinar dalam Kegelapan 4 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful