RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran Satuan pendidikan Kelas/ semester Hari/ tanggal Alokasi waktu Materi pokok Tema 1. Standar Kompetensi a. Bahasa Indonesia

: Bahasa Indonesia : SD/MI : III/ 1 : Senin, 15 November 2010 : 2 x 35 menit : Membaca nyaring teks lingkungan : Lingkungan

:

3. Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif, dan membaca dongeng (kompetensi membaca) b. Ilmu Pengetahuan Alam :

2. Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup (Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan) c. Ilmu Pengetahuan Sosial :

1. Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah

2. Kompetensi Dasar a. Bahasa Indonesia :

3.1 Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat b. Ilmu Pengetahuan Alam :

2.3 Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar c. Ilmu Pengetahuan Sosial :

1.2 Memelihara Lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah

3. Indikator : a. Bahasa Indonesia 3.1.1 Siswa menjelaskan pengertian membaca nyaring 3.1.2 Siswa mengidentifikasi cara membaca nyaring

3.1.3 Siswa membaca nyaring teks lingkungan 3.1.4 Siswa dapat mendeskripsikan kembali teks lingkungan yang telah dibacakan temannya b. Ilmu Pengetahuan Alam 2.3.1 Siswa mengidentifikasi cara menjaga lingkungan sekitar dari teks bacaan 2.3.2 Siswa menemukan tujuan dari menjaga lingkungan sekitar yang terdapat dalam teks bacaan 2.3.3 Siswa menemukan akibat dari merusak lingkungan sekitar yang terdapat dalam teks bacaan c. Ilmu Pengetahuan Sosial 1.2.1 Siswa mengidentifikasi cara memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dari teks bacaan 1.2.2 Siswa menemukam tujuan dari memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumahyang terdapat dalam teks bacaan 1.2.3 Siswa menemukan akibat dari merusak lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah yang terdapat dalam teks bacaan

4. Tujuan Pembelajaran a. Bahasa Indonesia 3.1.1 Melalui membaca sumber belajar, siswa dapat menemukan cara membaca nyaring yang benar. 3.1.2 Melalui membaca teks lingkungan yang diberikan pada tiap kelompok, siswa dapat membaca nyaring sesuai pengucapan lafal, lagu, dan tempo serta pengunaan tanda bacadengan tepat. 3.1.3 Denganmembaca teks lingkungan, siswa dapat menceritakan kembali bagian-bagian penting dari teks yang telah dibacanyadengan tepat. b. Ilmu Pengetahuan Alam 2.3.1 Melalui kegiatan membaca teks menjaga lingkungan alam sekitar, siswa dapat menemukan cara menjaga lingkungan sekitar dengan tepat. 2.3.2 Melalui kegiatan pengamatan gambar menjaga lingkungan, siswa dapat menemukan cara menjaga lingkungan sekitar dengan tepat.

siswa dapat menemukan cara memelihara lingkungan sekitar rumah dengan tepat. siswa dapat menemukan akibat dari merusak lingkungan sekitar dengan benar. Langkah-Langkah Pembelajaran: a. siswa dapat menemukan tujuan dari menjaga lingkungan sekitar dengan benar. 1.1 Melalui kegiatan membaca teks menjaga lingkungan alam sekitar. 2. 1. Guru menjelaskan sepintas tentang Tujuan Pembelajaran dan tema (2 menit) 4. Siswa mendengarkan cara membaca nyaring yang dicontohkan guru 7. 5.4 Dengan membaca teks menjaga lingkungan alam sekitar. Membuka pelajaran dengan do a dan salam (1 menit) 2. Ilmu Pengetahuan Sosial 1. siswa dapat menemukan akibat dari merusak lingkungan alam dan buatan sekitar rumah dengan benar. Guru menyuruh siswa untuk mengidentifikasi cara membaca nyaring pada buku sumber 3. Siswa mendiskusikannya dengan teman kelompoknya 5. 1. ditunjukkan gambar tentang lingkuangan yang bersih dan anak-anak yang sedang bekerja bakti membersihkan lingkungan. Presensi kehadiran siswa (1 menit) 3.3 Melalui kegiatan membaca teks menjaga lingkungan alam sekitar. siswa dapat menemukan tujuan dari memelihara lingkungan alam dan buatan sekitar rumah dengan benar. siswa dapat menemukan tujuan dari menjaga lingkungan sekitar dengan benar. c.2. Pembagian Kelompok yang terdiri dari 2 anggota kelompok 2. Kegiatan Awal (7 menit) : 1.3.2.2.2. Siswa membacakan hasil diskusinya tentang cara membaca nyaring 6. Setiap kelompok mendapat teks menjaga dan merawat lingkungan sekitar . Siswa mengidentifikasi cara membaca nyaring 4.3 Melalui kegiatan membaca teks menjaga lingkungan alam sekitar.4 Dengan membaca teks menjaga lingkungan alam sekitar. menyanyikan lagu Lihat Kebunku (3 menit) b. Kegiatan Inti (50 menit) : 1. Apersepsi.2.2 Melalui kegiatan pengamatan gambar memelihara lingkungan.3.

Kegiatan Akhir (13 menit) : 1. Model Pembelajaran : Think Pair and Share 10. Siswa membacakan hasil pengamatannya c. Guru memberikan tugas tentang cara membaca nyaring (1 menit) 6. Pendekatan Pembelajaran : Integratif. Guru menanyakan kesan dan pesan untuk pembelajaran kali ini dan pesan tentang pembelajaran (2 menit) 4. Guru memberikan gambaran tentang apa yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya (1 menit) 5. 2. Pengamatan. Siswa bergantian dalam membaca dan menilai temannya 11. konstruktivisme 7. Strategi Pembelajaran : Inkuiri. Siswa yang lain menilai pada rubrik nilai yang telah diberikan guru. Teknik:Test dan non test c. Do a dan salam penutup (1 menit) 6. Ceramah dan Pemberian tugas 9. Siswa mengidentifikasi isi teks yang dibacanya 9. Siswa menceritakan kembali isi teks yang dibacanya 12. Siswa bersama guru membuat kesimpulan tentang pembelajaran yang telah dilakukan (3 menit). Guru memberikan feed back tentang pembelajaran membaca nyaring dan menjaga serta memelihara lingkungan sekitar (5 menit) 3. Penilaian : a. Siswa mengelompokkan gambar cara merawat lingkungan sekitar dan merusak lingkungan sekitar 14. Metode Pembelajaran : Diskusi.8. proses 8. Siswa mengamati gambar cara menjaga dan memelihara lingkungan sekitar 13. 10. Prosedur: Penilaian akhir b. Jenis: Tes tulis dan Tes lisan . komunikatif.

LKS b. Sunarsono dan Kusuma. Edi dan Farika. Bahasa Indonesia Membuatku Cerdasi. 2008. 2007. Media Belajar i. Bapak Harry Poerwanto NIP. Saya Senang Berbahasa Indonesia. Lampiran-lampiran Lampiran 1 : Rangkuman Materi Lampiran 2 : Lembar Penilaian Lampiran 3 : Lembar Evaluasi Lampiran 4 : Lembar LKS Malang. Jakarta: Erlangga iii. 15 November 2010 Pembimbing 1 Pembimbing 2 Pengembang RPP Bapak A. Alat penilaian : Tabel Pengamatan. Teks cerita tentang lingkunagan ii. Soal-Soal. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/MI Kelas III. Gambar tentang menjaga kebersihan lingkungan 12. Jakarta: Erlangga iv. Haryanto. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional v. 2008. 2007. LKS 11. Anis. Nurcholis. Sains untuk Sekolah Dasar Kelas III. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional ii. Sumber Belajar : i. Warsidi. Hanif dan Mafrukhi.d. Sumber dan Media Belajar a. Wira Sinatra NIM 108151415361 . Badawi NIP.

pendengar akan sulit mengerti. Membuang sampah pada tempatnya g. Perhatikan contoh di bawah ini 3. Menyiram dan memberi pupuk tanaman d. Membersihkan rumah c. dll . 1. Kucing makan tikus //mati. Mengolah limbah dan sampah. Oleh karena itu. tanya. Lagu kalimat atau tinggi rendahnya suara juga disebut intonasi a. Jeda atau perhentiannya harus tepat. 2. Hemat air. pendengar merasa bosan. cara memenggal kata-katanya harus dengan arti yang dimaksud. Tujuan membaca nyaring agar semua orang dapat mendengarkan apa yang dibaca dan lebih mudah dalam memahami isinya. Tidak menebang Pohon secara sembarangan e. energi lainnya i. Kucing // makan tikus mati. tempo membaca harus sedang atau tergantung pada suasananya. kalimat itu memiliki arti yang berbeda-beda pula 4.LAMPIRAN 1 RAMGKUMAN MATERI Membaca nyaring adalah membaca dengan suara keras dan jelas. Kalimat-kalimat ini diberi tanda jeda yang berbeda-beda. Menanam pohon atau tanaman b. Tempo adalah cepat atau lambatnya membaca. Dengan memelihara lngkuangan. Oleh karena itu. Maksudnya huruf dan kata-kata yang diucapkan harus benar. Maksudnya. b. Tujuannya agar maksud kalimat itu jelas. atau perintah. Kucing makan // tikus mati. Menggunakan pupuk buatan secukupnya f. Jika terlalu cepat membaca. c. Cara menjaga lingkungan adalah dengan memelihara lingkungan. kita berarti telah menjaga lingkuangan tersebut. apakah itu kalimat berita. Menggunakan alat bermesin saat dibutuhkan h. Ucapan atau lafal harus jelas. Cara menjaga dan memelihara lingkuangan sekitar a. Ada beberapa syarat yang harus kamu perhatikan dalam membaca nyaring: 1. Lagu kalimat atau tinggi-rendahnya kalimat harus tepat. Jika terlalu lambat. tepat dan jelas.

Tujuan dari menjaga dan memelihara lingkungan. Merusak tanaman e. dll. antara lain: a. jika kita membutuhkan energi yang lebih dan membantu orang lain supaya juga turut merasakan energi yang ia butuhkan. Tanaman yang tidak diberi pupuk dan di siram akan layu yang akhirnya mati. Tanah yang tercemar akan menjadi tandus dan tidak bisa ditanami tanaman d. terhindar dari penyakit. sehingga kita akan sakit.2. jika diminum. Pemborosan energi c. c. bila tidak dibersihkan akan menjadi sarang kuman. dll 4. akan membuat hidup lebih sehat. kekeringan. Hutan yang gundul akan menyebabkan banjir. pemanasan global. enak untuk dilihat. karena banyak bakteri dan virus. c. Menanam dan merawat tanaman dan pohon. energi yang kita gunakan bisa bertahan lama. e. dll. Akibat jika kita lalai dalam menjaga dan memelihara lingkungan a. dll b. e. Lingkungan yang bersih. Menebang hutan secara liar b. akan mencegah banjir. nyaman untuk ditinggali. mencegah banjir. Membuang sampah merupakan cara untuk menjadikan lingkungan bersih. b. Mengabaikan dalam merawat lingkungan di manapun ia berada. mengurangi pemanasan global. Rumah dan lingkungan sekitar kita. dll 3. meningkatkan persedian air. . persedian oksigen akan meningkat dan pemanasan global akan berkurang. tanah longsor. Air yang kotor akan menyebabkan kita sakit. udara kotor. Membuang sampah sembarangan d. Hal yang dapat merusak lingkungan a. d. Hemat energi akan memudahkan kita.

C : Siswa tidak terampil dalam pembelajaran. A : Siswa berani menyampaikan pendapat tanpa disuruh guru. A : Siswa terampil dalam pembelajaran. Keaktifan B : Siswa aktif menjawab pertanyaan dari guru setelah disuruh. Penilaian proses (sikap selama proses pembelajaran berlangsung) Table 1 Penilaian proses Aspek yang dinilai Nama A Keaktifan B C Ketrampilan A B C A Keberanian B C A Kerjasama B C ket Keterangan : Aspek yang dinilai Kriteria Penilaian A : Siswa aktif menjawab pertanyaan dari guru tanpa disuruh. A : Siswa mampu bekerjasama baik dengan teman pasangannya Kerjasama B : Siswa kurang bekerjasama dengan teman pasangannya C : siswa tidak mampu bekerjasama dengan teman sebangkunya .LAMPIRAN 2 LEMBAR PENILAIAN 1. C : Siswa kurang aktif menjawab pertanyaan dari guru. Keterampilan B : Siswa kurang terampil dalam pembelajaran. C : Siswa kurang berani menyampaikan pendapatnya. Keberanian B : Siswa berani menyampaikan pendapat setelah disuruh guru.

yaitu : Penilaian Kualitatif A B C Penilaian Kuantitatif 80-100 60-79 40-59 Keterangan Baik Cukup Kurang Rumus Penilaian Proses NP = N1 + N2 + N3+ N4 4 Keterangan : NP : Nilai proses N1 : Nilai keaktifan N2 : Nilai keterampilan N3 : Nilai keberanian N4 : Nilai kerjasama Table 2 Penilaian Proses Membaca Aspek yang diamati No Nama Siswa Lafal Jeda Intonasi Tempo Keterangan .Penilaian kualitatif yang dikonversikan terhadap penilaian kualitatif dengan skala 100.

dst Intonasi LANJUTAN nilai A jika: kesalahan dalam pengucapan 0-2 nilai B jika: kesalahan dalam pengucapan 3-5 nilai C jika: kesalahan dalam pengucapan 6.dst Jeda nilai A jika: kesalahan dalam penjedaan 0-2 nilai B jika: kesalahan dalam penjedaan 3-5 nilai C jika: kesalahan dalam penjedaan 6.dst Tempo nilai A jika: tempo yang digunakan sedang nilai B jika: tempo cepat atau lambat nilai C jika: tempo terlalu cepat dan lambat Penilaian kualitatif yang dikonversikan terhadap penilaian kualitatif dengan skala 100. yaitu : Penilaian Kualitatif A B C Penilaian Kuantitatif 80-100 60-79 40-59 Keterangan Baik Cukup Kurang Rumus Penilaian Proses Membaca NP = N1 + N2 + N3+ N4 4 Keterangan : NP : Nilai proses membaca N1 : Nilai lafal N2 : Nilai jeda N3 : Nilai intonasi N4 : Nilai tempo Penilaian hasil Esay : Soal no Skor maksimal 1 2 10 10 Jika jawaban benar Jika jawaban benar Keterangan .KETERANGAN Lafal nilai A jika: kesalahan dalam pengucapan 0-2 nilai B jika: kesalahan dalam pengucapan 3-5 nilai C jika: kesalahan dalam pengucapan 6.

3 4 5 6 7 Jumlah 10 20 10 10 20 90 Jika jawaban benar dan lengkap Jika lebih dari 3 Jika jawaban benar Jika jawaban benar Jika lebih dari 3 Jika kriteria benar semua Pilihan ganda : 1 soal = skor 1 . jika benar semua = skor 10 Penilaian hasil = Skor soal esay + Skor soal pilihan ganda Penilaian Akhir = Penilaian proses + Penilaian proses membaca + Penilaian hasi 3 .

Apa yang kamu ketahui tentang membaca nyaring ? 2. Apa saja syarat dari membaca nyaring? 4. Menyiram dan memupuk tanaman c. Yang termasuk syarat membaca nyaring a. Agar semua orang dapat mendengarkan dan lebih mudah dalam memahami isi bacaan yang kita baca 3. Essay 1. Lagu kalimat atau tinggi-rendahnya kalimat sesuai kemauan pembaca d. Temponya harus cepat 2. Menyalakan lampu seharian . Sebutkanakibat dari merusak lingkungan! Pilihlah jawaban yang paling benar! 1.LAMPIRAN 3 PENILAIAN HASIL Guru menanyakan kembali materi yang telah disampaikan untuk mengukur apa yang telah siswa peroleh dalam pembelajaran ini. Bagaimana cara menjaga dan memelihara lingkungan? 6. Tujuan membaca nyaring a. Apa tujuan dari membaca nyaring? 3. Sebutkan tujuan menjaga dan memelihara lingkungan! 5. Agar dianggap hebat oleh orang lain b. Menebang pohon sembarangan b. Agar orang lain sulit mengerti bacaan yang kita baca d. Agar dikagumi orang lain c. Ucapan atau lafal harus jelas b. Apa saja tindakan yang dapat merusak lingkungan? 7. Membuang sampah di sungai d. Contoh kegiatan menjaga dan memelihara lingkungan a. Jeda atau perhentiannya tanpa melihat tanda baca c.

Gambar kegiatan menjaga lingkungan a. c. Menanam pohon c. Gambar kegiatan merusak lingkungan . Membuang sampah pada tempatnya d. a.4. b. Menyapu dan membersihkan rumah b. . . Memakai pupuk buatan berlebihan 5. . d 6. . Contoh kegiatan yang merusak lingkungan a. c.

Menanam tanaman menjadikan pemandangan jelek d. . b. akan selalu tersedia energi yang lain 9. c. Membuang sampah pada tempatnya agar lingkungan kotor b. Menebang pohon secara liar. . d. Membuang sampah di sungai. lingkungan akan nyaman ditinggali d. Gambar akibat merusak lingkungan. membuat udara terasa sejuk b. Menanam pohon dapat mencegah banjir c. 7. kecuali a. . Boros energi. Akibat dari merusak lingkungan . akan menimbulkan banjir c.b. a. Bekerja bakti membersihkan lingkungan agar lingkungan nampak kumuh 8. a. Tujuan dari menjaga dan memelihara lingkungan . Mengabaikan dalam membersihkan lingkungan. d. .

c. Tujuan dari menjaga dan memelihara lingkungan a. Membersihkan rumah c. akan mencegah banjir. Tidak menebang Pohon secara sembarangan e. Hemat energi akan memudahkan kita. Membuang sampah pada tempatnya g. terhindar dari penyakit. mencegah banjir. mengurangi pemanasan global. Merusak linkungan sekitar c. 2. Cara menjaga dan merawat lingkungan a. Menjaga dan memelihara lingkungan sekitar b. Jeda atau perhentiannya harus tepat. Tempo adalah cepat atau lambatnya membaca yang sedang saja. Yang akan mengakibatkan banjir d. Yang akan mengakibatkan tanah longsor Kunci jawaban 1. Membuang sampah merupakan cara untuk menjadikan lingkungan bersih. persedian oksigen akan meningkat dan pemanasan global akan berkurang.10. dll. 4. dll 5. Lagu kalimat atau tinggi-rendahnya kalimat harus tepat. Tujuan membaca nyaring adalah agar semua orang dapat mendengarkan apa yang dibaca dan lebih mudah dalam memahami isi bacaan 3. Menanam dan merawat tanaman dan pohon. Ucapan atau lafal harus jelas. Membaca nyaring adalah membaca dengan suara keras dan jelas. Menanam pohon atau tanaman b. akan membuat hidup lebih sehat. jika kita membutuhkan energi yang lebih dan membantu orang lain supaya juga turut merasakan energi yang ia butuhkan. Menggunakan pupuk buatan secukupnya f. meningkatkan persedian air. Lingkungan yang bersih. enak untuk dilihat. b. Membuang sampah pada tempatnya meruapakan contoh kegiatan a. Menyiram dan memberi pupuk tanaman d. Menggunakan alat bermesin saat dibutuhkan . nyaman untuk ditinggali. d. energi yang kita gunakan bisa bertahan lama.

A 6. D 10. energi lainnya i. Hutan yang gundul akan menyebabkan banjir. Mengolah limbah dan sampah. A . bila tidak dibersihkan akan menjadi sarang kuman. Rumah dan lingkungan sekitar kita. Menebang hutan secara liar b. Tanah yang tercemar akan menjadi tandus dan tidak bisa ditanami tanaman d. Mengabaikan dalam merawat lingkungan di manapun ia berada. B 8. dll 6. Membuang sampah sembarangan d. A 7. tanah longsor. dll. Merusak tanaman e. karena banyak bakteri dan virus. B 9. Akibat jika kita lalai dalam menjaga dan memelihara lingkungan a. Pemborosan energi c. dll 7. B. D 5. dll b. 4.h. jika diminum. A 2. Air yang kotor akan menyebabkan kita sakit. Hal hal yang dapat merusak lingkungan a. kekeringan. c. Hemat air. sehingga kita akan sakit. e. D 3. pemanasan global. Tanaman yang tidak diberi pupuk dan di siram akan layu yang akhirnya mati. udara kotor. Pilihan Ganda 1.

. c. 2.. Carilah Informasi syarat membaca nyaring! Jelaskan cara yang kamu temukan dengan bahasa yang mudah kamu pahami! Syarat membaca nyaring a. . d. Presensi Kelas : : : 1. e.LAMPIRAN 4 LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) Mata pelajaran Semester/ Kelas : Bahasa Indonesia : 1 / III Nama No. Bacalah hasil temuanmu mengenai syarat membaca nyaring di depan kelas . b.

. . . B. H. E. Golongkan gambar kegiatan yang menjaga dan memelihara lingkungan sekitar dan kegiatan yang merusak lingkungan sekitar! Jelaskan dan bacakan hasil kerjamu! A. D. F. C. .3. G.

Bacakan hasil pengamatanmu di depan kelas! 5. (Judul cerita) Bacaan 2 . Bacalah teks yang diberikan oleh gurumu. (Judul cerita) .Nama kegiatan No 1 2 3 4 5 6 7 8 Gambar Menjaga dan melestarikan lingkungan A B C D E F G H Merusak lingkungan 4. kemudian ceritakan kembali secara singkat! Bacaan 1 .

. . . Kegiatan yang merusak lingkungan sekitar (pada bacaan 2) 1.. Temukan! a. 5... . 8. Kegiatan memelihara dan menjaga lingkungan sekitar (pada bacaan 1) 1. 2. 3. b. Saat kamu membaca atau temanmu membaca cerita. 2. 4. . . Bacalah hasil ringkasanmu di depan kelas! 7. 3. . . 7. .6. 5. . . 6. 4.

Agus mendapatkan tugas piket. Sesampainya di sekolah ia bertemu dengan teman-temannya. Kebetulan hari senin. Di tengah perjalan menuju ke sekolah ia melihat sampah. Setiap pagi ia tidak perlu menyiapkan alat belajar yang akan di bawa sekolah. Agus adalah anak yang rajin. . Dia disayang kedua orang tuanya. ada yang merapikan meja. Setiap pagi dan sore ia siram tanaman cabe itu. Sudah bersih dan rapi semua . Ia mempunyai tanaman cabai yang masih berumur 3 minggu. Setelah bersih-bersih mereka mulai belajar pelajaran pada hari ini. Setelah makan dan mandi ia segera berpakaian seragam. ada yang membersihkan jendela. Sebelum berangkat sekolah dia berpamitan kepada kedua orang tuanya. Ia menyempatkan diri untuk merawat tanamannya juga. Apa masih ada yang belum dibersihkan? Semua teman yang piket menjawab. Agus piket bersama teman-temanya yang mendapat giliran piket. Setiap hari. Agus tidak segan-segan memungut sampah itu untuk dimasukkan ke dalam tempat sampah.Bacaan 1 Kegiatan Agus Agus adalah siswa SD Ketawang yang duduk kelas 3. Mereka belajar dengan perasaan senang dan nyaman. Mereka bekerjasama membersihkan kelas. ada yang membuang sampah ke tempat sampah. Ia membersihkan dan merapikan tempat tidurnya. Ada yang menyapu lantai. Setelah selesai. Agus menyiapkannya pada malam hari setelah ia belajar. ada yang menata buku pada raknya. agus bertanya kepada temannya.sebelum berangkat sekolah Agus membantu kedua orang tuanya.

warnanya berubah cokklat. Saat hujan turun dengan lebatnya. Satu hari berselang. penduduk desa banyak yang terkena penyakit. Airnya pun kotor. Meskipun ada yang selamat. Air sungai meluap. terserang diare. Setahun kemudian daerah ini mulai ramai didatangi penduduk baru.Bacaan 2 Desa pak Kasmir Desa pak kasmir adalah sebuah desa kumuh yang terletak di bawah bukit. Meraka juga suka membiarkan sampah berserakan di mana-mana. dan membanjiri desa. air banjir masih menggenengi desa. akibat tertimpa tanah. . Sungai mengalir dengan jernih menuju desa pak Kasmir yang ada di bawahnya. Desa ini juga merupakan daerah yang mulanya subur. Karena desa ini terletak diantara dua kota besar. Banyak penduduk desa yang meninggal. Sayang mereka membawa kebiasan buruk. Dan menimpa desa pak kasmir. Akhirnya bukit di sekitar desa menjadi gundul. sesak napas. dan lain sebaginya. terjailah hal yang tidak disangka-sangka oleh pak kasmir dan penduduk desa. tibatiba bukit yang gundul itu longsor. Desa ini merupakan desa yang setrategis. Mereka membangun bagunan dengan menebang pohon. Sungai yang dulunya bersih. kini telah berubah menjadi sungai yang penuh sampah. Di bukit nampak banyak pohon. Ada yang terkena penyakit kulit. Tidak lama kemudian musim hujan pun datang. Selain itu banyak warga yang membuang sampah ke sungai.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful