2010

S-3 PPs UNS

nasrulzaman T611008005

TUGAS I Pokok Bahasan: PENGERTIAN PENYULUHAN
Pengampu: Prof. Dr. Totok Mardikanto, MS

Mata Kuliah

DASAR-DASAR PENYULUHAN

S-3 CSR Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS)

dewasa ini penyuluh telah diakui sebagai suatu sistem penyampaian informasi dan pemberian nasehat penggunaan input dalam pertanian modern.W. Kelahiran penyuluh pertanian modern disebabkan oleh beberapa kondisi yang diperlukan. Van den Ban & H. Hawkins. 1982) 1. Penyuluhan dapat dipandang sebagai suatu bentuk pendidikan orang dewasa yang pengajarnya berasal dari universitas3. Kanisius 1999 4 Mardikanto Totok. Penyuluhan Pertanian. cooperative Extension Work. yang ditandai oleh (Swanson et al.1997) 4: 1) adanya praktek baru dan temuan baru penelitian 2) kebutuhan tentang pentingnya informasi untuk diajarkan 3) tekanan terhadap organisasi penyuluhan 4) ditetapkannya kebijakan penyuluhan 5) adanya masalah yang dihadapi dilapangan.PENGERTIAN PENYULUHAN SEJARAH PENYULUHAN Kelahiran penyuluhan modern sebenarnya baru dimulai di Irlandia pada tahun 1847 yaitu ketika terjadinya krisis penyakit tanaman kentang (Jones. Penyuluh (extension work) adalah sistem pendidikan luar sekolah yang mana orang dewasa dan pemuda belajar bersama dari pengalaman masing-masing. CPA Newyork 1955 A. diikuti modernisasi penyuluhan di Jerman abad XIX dan menyebar ke Denmark. Kanisius 1999 3 A. SIsitem Penyuluhan Pertanian.S. Van den Ban & H. Selanjutnya Inggris mempergunakan istilah ³university extension´ atau ³extension of the university´ yang juga digunakan pada tahun 1840an dan pertamakali disampaikan oleh James Stuart dari Trinity College (Cambridge) pada ceramahnya di depan perkumpulan pekerja wanita dan pria di Inggris Utara2.S. Kemudian dilakukan di Amerika Serikat tahun 1862 oleh Abraham Lincoln dengan Morril Act. Penyuluhan Pertanian. Sejak awal abad ke-20 istilah ³penyuluhan´ mulai digunakan secara umum di Amerika Serikat untuk menunjukkan bahwa sasaran pengajaran di universitas tidak hanya terbatas di lingkungan kampus tetapi telepas dari semua pihak yang hidup di lingkungan manapun. sehingga pada perkebangan terakhir.W. perguruan tinggi dan masyarakat yang Lincoln DK and Cannon CH. Swiss. LPP UNS 2009 2 1 2 . Hawkins. Hungaria dan Rusia. yang dilakukandengan kerjasama antara pemerintah.

W. cooperative Extension Work. kebutuhan untuk cadangan makanan dengan biaya yang wajar. Penyuluhan Pertanian. cooperative Extension Work. LPP UNS 2009 8 A. Kanisius 1999 6 5 3 . jarak antara tempat produksi dengan pasar 3. Van den Ban & H. meningkatnya kebutuhan kredit 5. CPA Newyork 1955 7 Mardikanto Totok. jenis panen yang tertentu. juru penerangan. Hawkins. Kebutuhan terhadap ilmu penyuluhan dalam bidang pertanian tersebut pada awal abad ke-19 ditekankan karena6. Program penyuluhan memiliki tujuan dasar yang akan membangun masyarakat. dan media informasi. Indonesia (orde lama) mendorong penyuluhan kearah penguatan semangat cinta tanah air dan nasionalisme dan masa orde baru yang mendorong penyuluhan untuk masuk lebih dalam pada semangat masyarakat dunia yang modern sehingga dikenallah penyuluh pertanian. SIsitem Penyuluhan Pertanian.memberikan pelayanan dan pendidikan untuk menemukan kebutuhan penduduk dengan tujuan dasarnya membangun masyarakat5. Pelayanan penyuluhan mengelola kerjasama dan hubungan antara pemerintah. Istilah tersebut digunakan pada masa kolonial bagi negara-negara jajahan Belanda termasuk Indonesia yang terus menggunakan istilah penyuluhan hingga saat ini8. Istilah ³extension´ atau penyuluhan dalam Bahasa Belanda digunakan kata voorlichting yang berarti memberi penerangan untuk menolong seseorang menemukan jalannya. perusahaan dan organisasi lain yang memiliki tanggung jawab dan ketertarikan dalam bidang tersebut.S. PENYULUHAN DI INDONESIA Di Indonesia kelahiran penyuluhan dimulai bersamaan lahirnya Kebun Raya Bogor pada 1817 namun beberapa pihak menyatakan dimulai pada tahun 1905 ketika dibukanya Departemen Pertanian7. Lincoln DK and Cannon CH. penekanan pada filosofis pemenuhan kebutuhan dasar warga negara. 4. Pada awal kemerdekaan. tertutupnya batas lahan 2. CPA Newyork 1955 Lincoln DK and Cannon CH. 1.

16 Tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian. LPP UNS 2009 4 . namun pelembagaan ³penyuluh´ sebagai bidang imu baru dilakukan pada tahun 1960an melalui pendirian ³Sekolah Pertanian Menengah Atas´. Pada tahun 1984 penyuluhan pertanian Indonesia berhasil mendapatkan penghargaan dari FAO atas keberhasilannya mencapai swasembada beras9. Saat ini. DEFENISI PENYULUHAN 9 Mardikanto Totok. Perikanan dan Kehutanan. Di lingkungan perguruan tinggi ilmu penyuluhan baru dikembangkan sejak 1976 bersamaan dengan dibukanya Jurusan Penyuluh Pertanian di Sekolah Pascasarjan Institut Pertanian Bogor (IPB). pendapatan dan kesejahteraannya serta meningkatkan kesadaran dalam pelestarian fungsi lingkungan hidup. bahwa arti penyuluh adalah proses pembelajaran bagi pelaku utama serta pelaku usaha agar mereka mau dan mampu menolong dan mengorganisasikan dirinya dalam mengakses informasi pasar. permodalan. sedangkan informasi yang berkaitan dengan penyuluhan masih disampaikan dalam bentuk leaflet dan booklet oleh departemen pertanian. dan bahkan ada yang ditemukan juga dilakukan secara swadaya oleh kelompok mayarakat. Oleh pendidikan merupakan komponen utama dari pembangunan maka metode yang masih utama digunakan pemerintah dalam menjembatani kesenjangan yang ada di masyarakat adalah tetap menggunakan ³penyuluhan´. pasca tumbangnya orde baru sebagai rezim represif maka telah muncul cukup banyak inisiatif masyarakat dalam melakukan penyuluhan. Meski masih belum jelas target dan capaian yang telah dihasilkan oleh aktifitas penyuluhan di masyarakat. efesiensi usaha. Pihak Perusahaan. ³penyuluh´ juga memiliki peran penting setelah terbitnya Undang-undang No. Indonesia terdiri dari 500 kabupaten/kota dan 300.000an desa dengan jumlah penduduk yang mencapai 271 juta jiwa yang sebagian besar penduduknya adalah petani. seperti yang dilakukan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat. dan buku teks yang pertama sekali ditulis oleh Soejitno pada tahun 1968.Kegiatan penyuluhan di Indonesia telah berlangsung satu abad lamanya. SIsitem Penyuluhan Pertanian. dan sumber daya lainnya sebagai upaya meningkatkan produktifitas. namun pemrintah telah melembagakan penyuluh dalam bentuk BIPP (Balai Informasi Penyuluh Pertanian) di setiap kabupaten. teknologi.

Inggris menggunakan istilah development yang memiliki arti sama dengan Jerman beratung yang berarti seorang pakar dapat memberi petunjuk kepada seseorang tetapi seseorang tersebut yang berhak untuk menentukan pilihannya. sehinga Claar mendefenisiskan penyuluhan sebagai pendidikan khusus untuk pemecahan masalah (problem solving) yang berorientasi pada tindakan yang megajarkan sesuatu.W.S. 1999 mencoba mendekati kesemua defenisi tersebut dalam kalimat ³penyuluhan merupakan keterlibatan seseorang untuk melakukan komunikasi informasi secara sadar dengan tujuan membantu sesamanya memberikan pendapat sehingga bisa membuat keputusan yang benar´ 12. Claar et al. Van den Ban & H. Kanisius 1999 Zulkarimen Nasution.S. Jakarta 1998 12 A. Secara harfiah penyuluhan bersumber pada kata ³suluh´ yang berarti obor ataupun alat untuk menerangi keadaan yang gelap sehingga penyuluhan dimaksudkan untuk member penerangan ataupun penjelasan kepada mereka yang disuluhi agar tidak lagi berada dalam kegelapan mengnai masalah tertentu11.W.S. Perancis menggunakan istilah vulgarization yang menekankan pentingnya menyederhanakan pesan bagi orang awam. Hawkins. A. tindakan dan pengetahuan ke arah yang lebih baik serta tujuan jangka A. van den Ban & H. capacitacion dalam bahasa Spanyol menunjukkan adanya keinginan untuk meningkatkan kemampuan manusia yang dapat diartikan dengan pelatihan10. 1984 penyuluhan diartikan sebagai fungsi pemerintah yang memperluas (extending) berbagai pelayanan kepada para petani sekaligus melaksanakan peraturan peraturan yang berlaku dan bahkan menegakkan kebijakan yang berkaitan dengan pertanian. Dalam bahasa Austria dikenal istilah fÖrderung yang berarti menggiring seseorang kea rah yang diinginkan dan dikorea dikenal sebagai bimbingan pedesaaan. Van den Ban & H. Kanisius 1999 11 10 5 . Komunikasi Pembangunan Pengenalan Teori dan Penerapannya. Hawkins. Rajawali Pers. Penyuluhan Pertanian. mendemonstrasikan dan memotivasi tapi tidak melakukan pengaturan (regulating) dan juga tidak melakukan pendidikan yang non-edukatif.W. Penyuluhan pertanian didefenisikan sebagai pendidikan nonformal yang ditujukan kepada petani dan keluarganya dengan tujuan jangka pendek untuk merubah perilaku termasuk sikap. Penyuluhan Pertanian. Hawkins.Kalau Belanda menggunakan istilah penyuluhan sebagai voorlichting yang berarti memberi penerangan untuk menolong seseorang menemukan jalannya.

materi dan perlengkapan penyuluhan. tokoh mayarakat dan pelaku bisnis. baik lingkungan fisik. input instrument. 1976. serta program penyuluhan. 3.panjang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia sehingga diharapkan mampu menumbuhkan karakter bangsa yang sedang melakukan pembangunan13. merupakan keseluruhan dari kegiatan penyelenggaraan penyuluhan. Dasar-dasar Penyuluhan dan Modernisasi Pertanian. kelembagaan dan lingkungan sosial di tempat penyelenggaraan penyuluhan mapun lingkungan peneriman manfaat dari penyuluhan dimaksud. hasil yang berupa perubahan perilaku penerima manfaat. Bina Cipta. Menurut Mardikanto T. mulai dari yang menyangkut maslah peningkatan produksi masalah pemasaran hasil pertanian yang efesien hingga kepada masalah-masalah kehidupan petani lainnya. ALUMNI 1993 16 Mardikanto T. dalam penyuluhan ada beberapa faktor yang berkaitan. yang mencakup penyuluh dan fasilitator. bahan baku yaitu penerima manfaat (calon) yang terdiri dari semua pemangku kepentingan kegiatan seperti petani dan keluarganya. proses. 4. 1) tidak terbatsa pada ruangan tertentu 2) tidak mempunyai kurikulum tertentu 3) isi yang disampaikan berdasarkan atas kebutuhan 4) sasaran tidak terbatas pada keseragaman umur 5) tidak bersifat paksaan 6) tidak ada pemberlakuan sanksi atau ketentuan tertentu 7) pendidikan tidak dibatasi oleh waktu dan lamanya. 5. sehingga dapat diartikan sebagai usaha yang tak kenal waktu tanpa batas dan tanpa hambatan yang dilaksanakan sepanjang masa15. sarana prasarana. serta pemerintah dan penyuluhnya sendiri. ALUMNI 1993 Samsudin. Falsafah Masalah dan Strategi. Penyuluhan Pertanian. UNS Press 2009 14 13 6 . 1. 2. 15 Sastraatmaja Entang. Sebagai proses pendidikan maka penyuluhan pertanian haruslah mampu menjadi alat yang dapat menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi oleh kaum tani di pedesaan. Sistem Penyuluhan Pertanian. Falsafah Masalah dan Strategi. input lingkungan. Penyuluh pertanian14 dapat dilakukan atas dasar. Sastraatmaja Entang. 200916. Penyuluhan Pertanian.

cooperative Extension Work. membantu mereka untuk mendapatkan ilmu pengetahuan yang menginsiparasi merkea untuk bereaksi. cooperative Extension Work. Sistem Penyuluhan Pertanian. UNS Press 2009 18 17 7 . bertujuan memabangun pertanian negara yang ditandai dengan pemabngunan fisik dan kesejahteraan hidup. teknologi dan seni yang dihasilkan oleh parapihak termasuk perguruan tinggi ke dalam praktek dan kegiatan praktis lainnya. Burrit18) sehingga dapat hidup lebih baik. Pentuluh harus bersifat pro -aktif untuk meng-collect informasi baik dari dalam masyarakat maupun dari luar. general. misalnya menigkatnya keterampilan. Dalam perjalanannya. dan pengembangan individual. Sasaran Pekerjaan. demokrasi. Oleh karena itu jelaslah bahwa penyuluhan dimaksudkan sebagai proses komunikasi dari pengambil kebijakan ke masyarakatnya dan komunikasi antar masyarakat untuk mendapatakan nilai tambah dan peningkatan kualitas hidup. serta menggali dan melestarikan kearifan local yang telah lama ada dan tumbuh dimasyarakat. 2. sehingga penyuluh dapat diartikan sebagai penyebarluasan informasi berkaitan dengan ilmu pengetahuan. 1) Penyuluhan sebagai proses penyebar-luasan informasi.6.C. CPA Newyork 1955 19 Mardikanto T. tetatpi hal itu harus mejadi aksi mereka sendiri (M. stabilitas sosial. dan mendapatkan pendapatan tambahan. yaitu penyuluh yang berpatisipasi bersama dengan penduduk pedesaan yang mampu menghasilkan tujuan seperti yang dituliskan. mendapatkan hak sebagai warga negara yang sejahtera. fundamental yaitu berfungsi untuk melayani setiap penduduk agar bisa menterjemahkan secara akurat maslah-maslaah yang merekea hadapi sendiri. politk. sosial. Ada tiga tujuan17 dari penyuluhan. Lincoln DK and Cannon CH. dampak dan manfaat yaitu semua akibat dari kegiatan penyuluhan yang ditandai dengan perubahan ekonomi. terlibat dalam kegiatan sosial. kesehatan. kegiatan penyuluhan19 diartikan dengan berbagai pemahaman sebagai berikut. CPA Newyork 1955 Lincoln DK and Cannon CH. 1. Kemajuan pertanian akan membawa kemakmuran. maupun lingkungan fisik penerima manfaat. 3. seni yang tinggi. ilmu pengetahuan.

tokoh masyarakat. dan bisa terus berjalan karena sudah dianggap oeh parapihak sebagai kebutuhan mereka.Informasi ini harus mencakup keseluruhan apakh ekonomi. manajemen. 5) Penyuluhan sebagai proses perubahan sosial. Perubahan perilaku ini tidak hanya diupayakan terjadi pada beneficiaries saja tetapi juga perubahan pada semua parapihak yang terlibat (LSM. 4) Penyuluhan sebagai proses belajar. dll). mau dan mampu melaksanakan peran sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya dalam sistem sosial masing-masing. 7) Penyuluhan sebagai proses pemasaran sosial. dan informasi lainnya. yaitu upaya yang dilakukan untuk menyiapkansumber daya manusia agar merka tahu. artinya kegiatan penyebaran informasi dan penjelasan yang diberikan dapat merangsang terjadinya proses perubahan perilaku yang dilakukan melalui proses pendidikan atau belajar. yang mencakup banyak aspek perubahan sosial seperti politik dan ekonomi pada jangka panjang yang secara bertahap mampu diandalkan menciptakan pilihan-pilihan baru untuk memperbaiki kehidupan masyarakatnya. sosial budaya. proses ini dilakukan secara terusmenerus dan tidak pernah berhenti oleh penyuluh sehingga terjadi perubahan perilaku seperti yang diharapkan. 3) Penyuluhan sebagai proses perubahan perilaku. sehingga apa yang ditawarkan oleh penyuluh sangat ditentukan oleh beneficiaries bukan oleh perekayasa. Rekayasa sosial yang dimaksud jangan sampai hanya untuk mencapai kehidupan yang sejahtera dari kelompok sasaran yang mengacu pada kehendak dan keinginan perekayasa saja. sehingga kegiatan penyuluhan tidak hanya terbatas pada pemberian penerangan tetapi juga menjelaskan segala informasi yang ingin disampaikan kepada kelompok sasaran yang akan menerima manfaat dari kegiatan penyuluhan sehinga beneficiaries benar-benar memahaminya seperti yang dimaksudkan oleh penyuluhnya. Penyuluhan tidak boleh dilakukan secara ³searah´ atau dari penyuluh sendiri tetapi harus mampu melakukan secara ³dua arah´ atau timbale balik antara penyuluh dengan beneficiaries. perusahaan. regulasi. artinya dalam tahap ini konsep dan teori pemasaran masuk dalam proses perubahan sosial. Masyarakat dapat dan mampu menawar bahkan menolak segala sesuatu yang dinilai 8 . politik. 6) Penyuluhan sebagai proses rekayasa sosial. 2) Penyuluhan sebagai proses penerangan atau pemberian penjelasan.

9 . serta memberikan kesempatan yang luas bagi masyarakat untuk berpartisipasi. yaitu melakukan penguatan individu. mental. 9) Penyuluhan sebagai proses penguatan kapasitas. kelembagaan. 10) Penyuluhan sebagai proses komunikasi pembangunan. merugikan atau membawa konsekuensi keharusan berkorban atau mengorbankan sesuatu yang lebih besar dari manfaat yang diperolehnya. ekonomis dan non-ekonomis. yaitu dengan menumbuh kembangkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan seperti menyadarkan masyarakat agar mau secara suka rela bukan paksaan atau ancaman untuk aktif dalam pembangunan. kelompok organisasi sosial.tidak bermanfaat. meningkatnya kemampuan masyarakat dalam hal fisik. yaitu dengan melakukan penguatan kemampuan masyarakat sehingga dapat berpartisipasi secara aktif dalam seluruh proses pembangunan. 8) Penyuluhan sebagai proses pemberdayaan masyarakat. maupun hubungan jejaring antar individu. inteligensia. serta pihak lain diluar sistem masyarakatnya hingga batas-batas global.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful