FAKULTAS TEKNOBIOLOGI

1. DESKRIPSI UMUM

Fakultas Teknobiologi mempunyai visi yaitu menjadi pusat unggulan (center of excellent) dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang Biologi, khususnya melalui inovasi dan penerapan/aplikasi teknobiologi pada konsentrasi studi teknobio industri, teknobio lingkungan dan teknobio pangan, serta menghasilkan lulusan yang humanis. Adapun Misi yang diemban adalah 1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi dan penelitian yang berkualitas dalam rangka meningkatkan penguasaan, inovasi, dan penerapan/aplikasi teknobiologi (khususnya pada ketiga konsentrasi studi) di Indonesia. 2. Meningkatkan pengabdian pada masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat (khususnya melalui tiga konsentrasi tersebut). 3. Menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa humanis, mandiri, inovatif, berwawasan global dan berjiwa Pancasila a. Program Studi Fakultas Teknobiologi saat ini hanya berkonsentrasi pada satu program studi (prodi) yaitu Program Studi Biologi. Di dalam prodi ini dikembangkan konsentrasi studi yang erat kaitannya dengan perkembangan ilmu dan teknologi di bidang Biologi secara global serta hubungannya dengan kebutuhan pembangunan nasional, yakni konsentrasi studi teknobio industri, teknobio lingkungan, dan teknobio pangan. b. Gelar Kesarjanaan Lulusan prodi Biologi pada Fakultas Teknobiologi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta akan berhak menyandang gelar Sarjana Sains (S.Si.) yang disamakan dengan gelar kesarjanaan nasional dan setara dengan gelar Bachelor of Science (B.Sc.) dari kebanyakan perguruan tinggi luar negeri.

2. PROGRAM STUDI BIOLOGI
a. Tujuan Pendidikan Adapun tujuan pendidikan prodi Biologi adalah : 1. Menghasilkan Sarjana (S-1) yang ahli dan mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan teknobiologi maupun perkembangan masyarakat. 2. Menghasilkan Sarjana yang pro-aktif dalam kegiatan pembangunan masyarakat Indonesia melalui pelbagai karya (penelitian) dibidang teknobiologi (khususnya pada tiga konsentrasi studi). 3. Menghasilkan Sarjana yang humanis, terbuka, mandiri, inovatif, berwawasan global, dan berjiwa Pancasila. 4. Menghasilkan Sarjana yang dapat menjalin kerjasama dan membuka lapangan kerja.

Fakultas Teknobiologi

33

Menghargai dan menghormati pandangan serta pendapat orang lain. Kemampuan intelektual dan berkarya a. Menggunakan dan merespon informasi dalam bentuk teks. Menerapkan pengetahuan yang dimiliki untuk memecahkan masalah aktual di bidang teknobiologi yang timbul di masyarakat 2. Kemampuan komunikasi a. dan prinsip dasar Biologi. melaksanakan. Kompetensi Lulusan Kompetensi lulusan prodi Biologi diharapkan mempunyai : 1. Melakukan evaluasi terhadap individu. verbal. Mengembangkan pendekatan yang sesuai. serta teknik-teknik komputasi c. maupun grafik b. khususnya melalui inovasi dan penerapan/aplikasi teknobiologi pada teknobio industri. Mengembangkan kemampuan untuk pengembangan diri sendiri termasuk studi lanjut b. Merancang. Melakukan analisis dan merangkum informasi ilmiah secara kritis e. tim dan pencapaian prestasi orang lain f. Merancang. Menguasai teknik penggunaan data kualitatif dan kuantitatif. Mengidentifikasi dan bekerja menuju pada sasaran pribadi. atau teknobio pangan c. angka. Memahami isu moral dan etis di bidang teknobiologi yang terkait dengan industri d. baik sebidang maupun antarbidang Kompetensi Lulusan Konsentrasi Studi Teknobio Industri: Kompetensi lulusan prodi Biologi minat teknobio industri diharapkan mempunyai : 1. Bekerja dalam satu tim. Memahami isu moral dan etis di bidang teknobiologi d. akademik dan pengembangan karir c. dan melaporkan pengamatan dan penelitian di bidang Biologi terutama mengenai inovasi dan penerapan/aplikasi teknobiologi pada minat teknobio industri. 34 . Memahami dan mengaplikasi IPTEK di bidang Biologi yang terkait dengan industri c. Memahami keragaman dan kompleksitas sistem hayati b. Melakukan analisis dan merangkum informasi ilmiah secara kritis e. Memahami keragaman dan kompleksitas sistem hayati b. teknobio lingkungan. melaksanakan.b. Memahami dan menerapkan teori. Kemampuan intelektual dan berkarya a. dan efektif untuk belajar dan bekerja d. Menggunakan sarana komunikasi atau teknologi informasi untuk memecahkan masalah-masalah di bidang teknobiologi 3. Kemampuan manajerial & pengembangan profesional a. konsep. dalam bernegosiasi e. teknobio lingkungan dan teknobio pangan secara individu atau kelompok f. fleksibel. dan melaporkan pengamatan penelitian di bidang teknobio industri secara individu/kelompok Buku Pedoman UAJY c.

Kemampuan intelektual dan berkarya a. Menggunakan sarana komunikasi atau teknologi informasi untuk memecahkan masalah-masalah di bidang teknobiologi. 2. baik sebidang maupun antarbidang d. Memahami dan menerapkan teori.f. Menerapkan pengetahuan yang dimiliki untuk memecahkan masalah aktual di bidang pengelolaan sistem hayati dan Biologi Konservasi pada aras populasi. verbal. statistik. serta teknik-teknik komputasi c. khususnya pada kosentrasi teknobio lingkungan c. Menerapkan pengetahuan yang dimiliki untuk memecahkan masalah aktual di bidang teknobiologi yang terkait dengan industri yang timbul di masyarakat Kemampuan komunikasi a. akademik dan pengembangan karir c. fleksibel. khususnya yang terkait dengan masalah industri Kemampuan manajerial & pengembangan profesional a. Melakukan analisis dan merangkum informasi ilmiah secara kritis f. Mengidentifikasi dan bekerja menuju pada sasaran pribadi. dan efektif untuk belajar dan bekerja d. angka. Melakukan evaluasi terhadap individu. dan prinsip dasar Biologi. Menguasai teknik penggunaan data kualitatif dan kuantitatif. Kemampuan komunikasi a. komunitas dan ekosistem yang timbul di masyarakat. Memahami keragaman dan kompleksitas sistem hayati b. Kompetensi Lulusan Konsentrasi Studi Teknobio Lingkungan Kompetensi lulusan prodi Biologi minat teknobio lingkungan diharapkan mempunyai : 1. maupun grafik b. Menggunakan dan merespon informasi dalam bentuk teks. Merancang dan melaksanakan kegiatan konservasi hayati 2. Memahami isu moral dan etis di bidang Biologi yang terkait dengan teknobio lingkungan d. tim dan pencapaian prestasi orang lain f. angka. 3. dan kimia yang terkait dengan struktur dan proses hayati pada aras populasi. verbal. konsep. melaksanakan. fisika. serta teknik-teknik komputasi Fakultas Teknobiologi 35 . maupun grafik b. Menggunakan dan merespon informasi dalam bentuk teks. Mengembangkan pendekatan yang sesuai. Mengembangkan kemampuan untuk pengembangan diri sendiri termasuk studi lanjut di bidang teknobiologi yang terkait dengan industri b. Merancang. komunitas dan ekosistem e. h. Menghargai dan menghormati pandangan serta pendapat orang lain. Bekerja dalam satu tim. Menguasai teknik penggunaan data kualitatif dan kuantitatif. Menggunakan prinsip-prinsip dasar matematika. dan melaporkan pengamatan dan penelitian di bidang pengelolaan sistem hayati dan Biologi konservasi secara individu atau kelompok g.dan bernegosiasi e.

Kemampuan manajerial & pengembangan profesional a. baik sebidang maupun antar bidang e. Mata kuliah Keahlian Berkarya (MKB). Kemampuan manajerial & pengembangan profesional a. fleksibel. resiko dan keamanan pangan 3. Mengembangkan kemampuan untuk pengembangan diri sendiri termasuk studi lanjut b. Kemampuan intelektual dan berkarya a. Kemampuan komunikasi a. Memahami dan menerapkan teori. dan penerapan nilai-nilai profesional terhadap manfaat. Mengidentifikasi dan bekerja menuju pada sasaran pribadi. pembuat rancangan. Merancang dan menggunakan teknik atau metode sederhana untuk memperoleh produk 2. 3. dan kewirausahaan Kurikulum Kurikulum yang diselenggarakan di prodi Biologi adalah Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dengan 5 unsur kompetensi yang dikembangkan yaitu Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK). Menerapkan pengetahuan yang dimiliki untuk memecahkan masalah aktual di bidang teknobio pangan yang timbul di masyarakat g. pengembangan profesional dalam lingkup yang lebih luas. konsep. Memahami keragaman dan kompleksitas sistem hayati b. Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB) dan Mata Kuliah Berkehidupan Bersama (MBB). Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK). khususnya pada konsentrasi studi teknobio pangan c. Menggunakan sarana komunikasi atau teknologi informasi untuk memecahkan masalah-masalah di pengelolaan sistem hayati dan bidang Biologi Konservasi. dan efektif untuk belajar dan bekerja d. akademik dan pengembangan karir c.c. melaksanakan. Mengembangkan pendekatan yang sesuai. Menyampaikan informasi ilmiah secara holistik dalam penyelesaian masalah. Kompetensi Lulusan Konsentrasi Studi Teknobio Pangan: Kompetensi lulusan prodi Biologi minat teknobio pangan diharapkan mempunyai : 1. Merancang. f. tim dan pencapaian prestasi orang lain f. Bekerja dalam satu tim. dan prinsip dasar biokimia. Melakukan evaluasi terhadap individu. dan melaporkan pengamatan dan penelitian di bidang teknobio pangan secara individu atau kelompok f. 36 Buku Pedoman UAJY . Memahami isu moral dan etis di bidang teknobio pangan d. meniti karir. Melakukan analisis dan merangkum informasi ilmiah secara kritis e. Menghargai dan menghormati pandangan serta pendapat orang lain dalam bernegosiasi e.

10. 7. 3. Semua mata kuliah wajib tersebut dapat dilihat pada tabel di bawah ini dan terdistribusi dalam masing-masing unsur kompetensi Mata kuliah konsentrasi studi terdiri dari matakuliah wajib konsentrasi teknobio industri. Mata kuliah wajib terdiri dari mata kuliah inti dengan jumlah 74 SKS. Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) 1. 8. FTB 0113 FTB 0233 FTB 0343 FTB 0462 Pendidikan Agama Pendidikan Kewarganegaraan Bahasa Indonesia Bio Etika TOTAL SKS b. Untuk melengkapi SKS menjadi 144. 2. Matakuliah Wajib NO. Matakuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) 1. 6. PRASYARAT a. 3. 2. 4. sedangkan mata kuliah wajib konsentrasi studi (11 SKS) bersifat wajib ditempuh hanya untuk mahasiswa yang memilih konsentrasi studi tertentu. FTB 0512 FTB 0613 FTB 0714 FTB 0814 FTB 0924 FTB 1024 FTB 1123 FTB 1222 FTB 1322 FTB 1434 Matematika Biologi umum Fisika Dasar Kimia Dasar Kimia Organik Struktur Perkembangan Tumbuhan Struktur Hewan Biologi Sel Dasar-dasar Bioteknologi Biokimia 2 3 3+1 3+1 3+1 3+1 2+1 2 2 3+1 1 1 1 1 2 2 2 2 2 3 FTB 0814 FTB 0613 FTB 0613 FTB 0613 FTB 0613 FTB 0924 3 3 3 2 11 1 3 4 6 100 SKS Fakultas Teknobiologi 37 . mata kuliah wajib prodi dengan jumlah 50 SKS dan matakuliah wajib minat dengan jumlah 11 SKS untuk masingmasing minat. mata kuliah wajib konsentrasi teknobio lingkungan dan mata kuliah wajib konsentrasi teknobio pangan Mata kuliah inti (74 SKS) maupun matakuliah wajib prodi (50 SKS) bersifat wajib ditempuh bagi semua mahasiswa Fakultas Teknobiologi. 4. 5. mahasiswa diperbolehkan mengambil mata kuliah pilihan sesuai dengan minatnya atau mata kuliah pilihan lintas minat. 9. Mata kuliah pada masing-masing unsur kompetensi terdiri dari mata kuliah wajib dan mata kuliah pilihan dengan SKS total minimal yang wajib ditempuh adalah 144 SKS. KODE MATA KULIAH SKS SEM.

15. 6. 5. 10. 4. 11. 13. FTB 1434 38 Buku Pedoman UAJY . 12. Matakuliah Perilaku Berkarya (MPB) 1. 3. 5. 2. 11. FTB 2244 FTB 2144 127 SKS termasuk 4 MK Wajib Minat + IPK : 2. 12. 3. 12. FTB 3722 FTB 3833 FTB 3943 FTB 4043 FTB 4153 FTB 4253 FTB 4353 FTB 4463 FTB 4562 FTB 4663 FTB 4763 FTB 4872 Bahasa Inggris Kimia Analisa Instrumentasi Biostatistik Kimia Pangan ***) Biologi Konservasi Metodologi Penelitian Teknologi Pengawetan Pangan ***) Teknologi DNA Quality Control ***) Bioteknologi Tanaman *) AMDAL **) Seminar TOTAL SKS 2 2+1 3 2+1 3 3 2+1 2+1 2 2+1 3 2 33 2 3 4 4 5 5 5 6 6 6 6 7 FTB 1322. 8. 16. 9. 7.11. 14. 7. Matakuliah Keahlian Berkarya (MKB) 1. 8. 17. 10. 14. 9.30 FTB 0924 FTB 0512 FTB 1434 FTB 2144 FTB 3943 FTB 1434 FTB 1532 3+1 3+1 3+1 3+1 3 2 3 3+1 2 2+1 2+1 2 2+1 2 2 2+1 2+1 3 54 3 4 4 4 4 4 5 5 5 5 5 5 6 6 6 6 6 6 FTB 1434 FTB 2144 FTB 0613 FTB 1532 FTB 1934 FTB 2044 FTB 2144 FTB 2044 FTB 2144 FTB 0613 FTB 2044 FTB 2044 FTB 2144 FTB 1123 FTB 1434 FTB 0613 FTB 1024. 2. FTB 1532 FTB 1632 FTB 1733 FTB 1842 Biologi Molekuler Bioteknologi Kelautan Biosistematik Reproduksi dan Perkembangan Hewan TOTAL SKS 2 2 3 2 41 3 3 3 4 FTB 1222 FTB 1322 FTB 0613 FTB 1123 c. 6. FTB 1934 FTB 2044 FTB 2144 FTB 2244 FTB 2343 FTB 2442 FTB 2553 FTB 2654 FTB 2752 FTB 2853 FTB 2953 FTB 3052 FTB 3163 FTB 3262 FTB 3362 FTB 3463 FTB 3563 FTB 3663 Fisiologi Hewan Mikrobiologi Ekologi Fisiologi Tumbuhan Teknologi Pengendalian Hayati **) Biofarmasi *) Manajemen Lingkungan Genetika Bioinformatika Bioassay Mikrobiologi Industri *) Ekologi Populasi **) Bioremidiasi Teknologi Lingkungan Evolusi Mikrobiologi Pangan ***) Teknologi Bioproses *) Pengelolaan Kawasan **) TOTAL SKS d. 13. 18. 4.

25 127 SKS. Metode dialogis-reflektif untuk membahas dan mensharingkan pengalaman beriman dan beragama akan membantu mahasiswa agar semakin memahami agamanya masing-masing serta dapat memperkaya dan diperkaya teman-teman tentang agama-agama lain yang berbeda. Pendidikan Agama FTB 0113 (3) Mata kuliah Pendidikan Agama memiliki visi agar mahasiswa mempunyai wawasan yang luas tentang kemajemukan agama. IPK : 2. Melalui mata kuliah pendidikan agama diharapkan mahasiswa mampu memahami secara komprehensif agama sebagai realitas manusia. dengan demikian mahasiswa mampu bersikap inklusif dan humanis. 2. IPK 2. 4. Mata kuliah ini akan membahas fenomenologi agama dan sosiologi agama serta dimensi-dimensi agama yang akan direkflesikan dalam masing-masing agama sesuai dengan yang dianut oleh mahasiswa.30 Keterangan : * Matakuliah wajib konsentrasi studi Teknobio-Industri ** Matakuliah wajib konsentrasi studi Teknobio-Lingkungan *** Matakuliah wajib konsentrasi studi Teknobio-Pangan Jumlah SKS dari masing-masing matakuliah yang diberi tanda (+) adalah matakuliah dengan praktikum Matakuliah Pilihan NO. Deskripsi Matakuliah 1. 6. 4. 8. KODE FTB 5522 FTB 5632 FTB 5732 FTB 5842 FTB 5942 FTB 6052 FTB 6162 FTB 6272 FTB 6372 FTB 6472 MATA KULIAH Ekoturisme Malakologi Pengenalan Bahan Pangan Nutrasetika Teknobio Perikanan Entomologi Teknologi Budidaya Teknologi Pasca Panen Biospeleologi GIS TOTAL SKS SKS 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 20 SEM 2 3 3 4 4 5 6 7 7 7 UNSUR KOMPETENSI MBB MKB MKB MKB MPB MKB MPB MKB MPB MKB PRASYARAT FTB 0613 FTB 1434 FTB 0613 FTB 2244 FTB 2144 g. sehingga mampu berperilaku sebagai manusia yang beriman secara kritis. 3.30 136 SKS. 3. 7. 1. 5. Matakuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB) 1. 9. dan dapat mewujudkan nilai-nilai religiusitas yaitu 39 Fakultas Teknobiologi . 5. 10. FTB 4912 FTB 5013 FTB 5123 FTB 5262 FTB 5372 FTB 5486 Bioprospeksi dan Kewirausahaan Ilmu Alamiah Dasar Ilmu Sosial dan Budaya Dasar Kerja Praktik Bioterapan/Kuliah Kerja Nyata (KKN) Skripsi TOTAL SKS 2 3 3 2 2 6 18 1 1 2 6 7 8 100 SKS + 2 MK Wajib Minat.e. 2. sehingga tidak terjebak pada fanatisme sempit dan fundamentalisme agama. 6. IPK : 2.

presentasi. matrik. Meliputi penulisan karya ilmiah. resensi buku. serta untuk berbagai keperluan dalam bidang ilmu teknologi dan seni. kebenaran serta menjunjung harkat dan martabat manusia. Mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan dilengkapi dengan studium generale atau matakuliah umum dan kuliah lapangan. Melalui Pendidikan Kewarganegaraan ini diharapkan mahasiswa dapat menjadi ilmuwan yang professional yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. 4. integral. aljabar. wawasan Nusantara. Pendidikan agama ini dilengkapi dengan kuliah umum yang mendatangkan pakar-pakar agama yang berbeda-beda untuk mendalami topic “membangun sikap inklusif”. memiliki wawasan kebangsaan dan Ketahanan Nasional secara integral dan komprehensif serta memiliki rasa Nasionalisme dan Patriotisme yang tinggi. khususnya terhadap permasalahan kemanusiaan yang menyangkut aspek etis dan moral. rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Ketahanan Nasional dan Bela Negara. Matematika. rangkuman. makalah. FTB 0343 (3) Mata kuliah Bahasa Indonesia memiliki visi mengembangkan kepribadian mahasiswa agar menjadi ilmuwan dan professional yang memiliki pengetahuan dan sikap positif terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara dan bahasa nasional dan mampu menggunakannya secara baik dan benar untuk mengungkapkan pemahaman. membaca dan menulis secara akademik. berbicara. Mata kuliah ini membahas tentang Dimensi-dimensi kewarganegaraan. Bahasa Indonesia. demokratis yang berkeadaban. kurva. Diharapkan mahasiswa dapat memiliki sikap dan cara pandang terhadap pelbagai persoalan bioetika yang berkembang dalam masyarakat. Pendidikan Kewarganegaraan diharapkan dapat menumbuhkembangkan kesadaran pada mahasiswa untuk melakukan bela Negara secara benar. serta Politik Nasional dan Strategi Nasioanal. dalam profesinya masing-masing. berdisiplin dan berpartisipasi aktif dalam membangun kehidupan yang damai berdasarkan Pancasila. ringkasan. Pendidikan Kewarganegaraan. 3.memperjuangakan kasih. 2. deferensial. 5. FTB 0233 (3) Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan memiliki visi mengembangkan kepribadian mahasiswa selaku warga Negara yang berperan aktif dalam menegakkan demokrasi menuju masyarakat madani. Bioetika FTB 0462 (2) Matakuliah ini memberikan pemahaman mengenai keterkaitan antara praktik-praktik penerapan biologi. fungsi. menjadi warga Negara yang memiliki daya saing. Mata kuliah Bahasa Indonesia membahas mengenai ketrampilan menyimak. FTB 0512 (2) Matakuliah Matematika memberikan dasar ketelitian pada perhitungan ruang multidimensi. dan lain sebagainya. keadilan. fungsi eksponsial dan penghitungan pertumbuhan tanaman dan hewan. Buku Pedoman UAJY 40 . Kuliah pendidikan agama ini akan dilengkapi dengan studium generale (kuliah umum) yang mendatangkan pakar-pakar agama yang berbeda-beda untuk mendalami topik “membangun sikap inklusif”.

permukaan sel. keanekaragaman organisme dan klasifikasi. yang meliputi jaringan epitel dan jaringan ikat. Fisika Dasar. hitungan kimia. 10. pembelahan dan metabolisme sel. reaksi kimia. 13. Kimia Organik. badan mikro. dasar-dasar genetika dan biologi molekuler. 12. Biologi Umum. Selain itu juga membahas mengenai teknologi biologi molekuler yang umum. yaitu dengan cara memahami struktur maupun fungsi dari komponen Fakultas Teknobiologi 41 . otot dan rangka. 14. mitokondria. sistim ekskresi. lisosom. sistim reproduksi. reaksi-reaksi yang menyertai serta keberadaannya di alam. larutan beserta sifat-sifatnya dan radioaktivitas. kelenjar endokrin. Kimia Dasar. membrane plasma. FTB 0924 (3+1) Matakuliah ini membahas mengenai senyawa-senyawa hidrokarbon dan turunannya yang meliputi struktur senyawa.6. jenis-jenis ikatan. Dasar-dasar Bioteknologi. gas. FTB 0814 (3+1) Matakuliah ini membahas mengenai unsur. FTB 1222 (2) Matakuliah ini memberikan pemahaman tentang konsep sel. FTB 1322 (2) Matakuliah Dasar-dasar Bioteknologi membahas mengenai konsep-konsep dasar bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern serta prinsip-prinsip dasar kloning gen. ribosom. reticulum endoplasma. FTB 0613 (3) Matakuliah Biologi Umum membahas mengenai proses-proses kehidupan dan makhluk hidup secara utuh yang meliputi materi : teori asal-usul kehidupan. FTB 1024 (3+1) Matakuliah ini memberikan pemahaman tentang keanekaragaman struktur & fungsi luar serta dalam yang meliputi struktur sel penyusun jaringan tumbuhan. FTB 0714 (3+1) Matakuliah ini memberikan dasar atau prinsip fisika yang terkait erat dengan proses yang berlangsung pada dan di dalam makhluk hidup serta lingkungannya. kloroplas. Struktur Hewan. senyawa. sistim pencernakan. organ dan perkembangan tumbuhan tinggi serta manfaatnya dalam identifikasi tumbuhan. serta evolusi. Struktur Perkembangan Tumbuhan. FTB 1434 (3+1) Matakuliah Biokimia membahas konsep-konsep dasar mengenai logika molekuler kehidupan. 8. Biologi Sel. sistim peredaran darah dan pernafasan. 11. sistim syaraf dan alat indra. 7. sitoskeleton dan nukleus. kompleks golgi. Biokimia. sifat-sifat fisik dan kimia. integument. serta aplikasi dan prospeknya di masa yang akan datang. FTB 1123 (2+1) Matakuliah ini memberikan pemahaman tentang analisis struktur (anatomi dan histologi) dan perkembangan vertebrata. 9. yaitu protoplasma. molekul dan sel.

serta hasil rekayasa. tatanama. struktur. klasifikasi (konvesional dan modern). Biologi Molekuler. Aplikasi komputer (hardware dan software) dalam biosistematik. Fisiologi Hewan.penyusun sel serta memahami struktur dan fungsi biomolekul-biomolekul yang terdapat di dalam sel. nutrisi dan metabolisme. konsep dasar dan teknik pembuatan koleksi. baik struktur maupun fungsinya. FTB 1934 (3+1) Matakuliah ini mempelajari dan memahami konsep dasar dan prinsip fisiologi. bioteknologi lingkungan laut (bioremediasi tumpahan minyak. FTB 1733 (3) Mempelajari teori dan praktek pengorganisasian dan pengenalan aneka ragam makhluk hidup dari virus sampai binatang yang sudah dan belum dikenal. baik katabolisme maupun anabolisme. pengaruh faktor lingkungan terhadap proses fisiologi hewan. FTB 2044 (3+1) Matakuliah Mikrobiologi membahas mengenai seluk-beluk mikrobia (prokariot dan eukariot mikroskopik termasuk virus) yang meliputi struktur umum sel. FTB 1842 (2) Matakuliah ini memberikan pemahaman mengenai prinsip dan konsep dasar reproduksi hewan. 18. database. keanekaragaman prokariot maupun eukariot terutama yang umum 42 Buku Pedoman UAJY . mengklasifikasi dan mempublikasikan makhluk hidup dengan memanfaatkan teknologi dan sistim informasi. fungsi organ. yang meliputi mikrobia laut (bakteri dan jamur). invertebrata. eukariot maupun virus. Reproduksi dan Perkembangan Hewan. ekologi. mekanisme perbaikan. proses kehidupan. Mikrobiologi. 19. Materi perkuliahan meliputi konsep dasar biosistematika. fungsi. 16. Selain itu juga membahas mengenai bioenergetika sel dan enzim yang dapat menggerakkan proses-proses metabolisme sel. genetika. sistematik dan taksonomi mikrobia. serta mekanisme pengaturan ekspresi genetik dan prinsip-prinsip dari teknologi berbasis biologi molekuler yang berkembang saat ini. Biosistematik. FTB 1632 (2) Memberikan pengetahuan/pemahaman tentang perkembangan terkini di bidang bioteknologi kelautan atau penerapan teknologi hayati untuk meningkatkan nilai ekonomi melalui (proses) industri dengan memanfaatkan bahan hayati dari laut. identifikasi dan determinasi. alga. Harmful Algal Bloom (HAB) dan biofouling) 17. mikroalga. serta publikasi. Bioteknologi Kelautan. Mahasiswa diharapkan memiliki keahlian dan ketrampilan untuk mengidentifikasi. 20. akuakultur/marikultur. herbarium. sehingga sel tetap dalam keadaan imbang dinamik dengan lingkungan. serta proses-proses molekuler dari bahan genetik yang terjadi di dalam sel yang mengatur pertumbuhan jasad hidup. FTB 1532 (2) Matakuliah Biologi Molekuler membahas mengenai organisasi molekuler jasad hidup baik pada sel prokariot. aplikasi fisiologi hewan pada bidang ilmu yang terkait. perkembangan embrio hewan dan aplikasinya. 15. pertumbuhan maupun pengontrolannya. the five kingdom dan virus.

ketidakpastian dan konflik dengan pendekatan ekosistem. berangkai dan pindah silang. FTB 2752 (2) Mempelajari penerapan teknik komputasional untuk mengelola dan menganalisis informasi biologis. serta evaluasi pemantauan. 21. pengelolaan yang adaptif. rangkai kelamin. mencakup metode ekstraksi dan isolasi. populasi. analisis filogenetik dan analisis ekspresi gen. FTB 2442 (2) Membahas obat bahan hayati. konsep ekosistem. FTB 2144 (3+1) Matakuliah Ekologi memberikan dasar pengetahuan ekologi melalui pembahasan tentang sejarah dan ruang lingkup ekologi. bank data dan rekayasa DNA dengan menggunakan sekuens DNA dan asam untuk mengelola informasi biologis. Fisiologi Tumbuhan. terutama untuk klasifikasi makhluk hidup. FTB 2553 (3) Matakuliah Manajemen Lingkungan memberikan dasar pengelolaan lingkungan yang mengalami perubahan. kromosom. statistika dan informatika untuk memecahkan masalah-masalah biologis. konsep organisasi komunitas. kandungan zat berkhasiat dan penggunaan obat bahan hayati 25. gen. Manajemen Lingkungan. prediksi struktur untuk meramalkan bentuk struktur protein maupun struktur sekunder RNA. 26. suksesi. Genetika. serta membahas mengenai kultur mikrobia di laboratorium. kesalahan metabolisme. penyejajaran sekuens (sequence alignment). peramalan ke depan. serta faktor-faktor kimia. Bidang ini mencakup penerapan metode-metode matematika. memanfaatkan atau memanipulasi musuh alami untuk menurunkan atau mengendalikan populasi hama 24. aplikasi mikrobiologi dalam kehidupan manusia. Fakultas Teknobiologi 43 . faktor-faktor pembatas. pengkajian alternatif. teori kemungkinan.digunakan. siklus biogeokimiawi. FTB 2654 (3+1) Matakuliah Genetika memberikan pemahaman tentang dasar-dasar genetika yang meliputi Hukum Mendel. Teknologi Pengendalian Hayati. genetika populasi dan inbreeding. Biofarmasi. penentuan jenis kelamin. kompleksitas. alel ganda. partisipasi dan kemitraan. habitat dan pencemaran lingkungan. Ekologi. energi dalam ekosistem. 23. Bioinformatika. fisik dan biologis yang berperan dalam proses tersebut. metode identifikasi. FTB 2244 (3+1) Matakuliah ini menggambarkan proses kehidupan dalam tumbuhan yang meliputi proses fisik dan kimia dalam tingkatan sel sampai organ tumbuhan. 22. individu. FTB 2343 (3) Matakuliah ini mempelajari teknik pengelolaan hama (fisik-mekanik dan kimiawi hayati). 27.

disperse (pencemaran). Selain itu matakuliah ini juga membahas mengenai penghasilan beberapa produk metabolit. FTB 2853 (2+1) Membahas tentang prinsip-prinsip dasar dan penerapan berbagai teknik pengujian suatu ‘agen’ terhadap hewan percobaan 29. 32. jalur regulasi maupun metode untuk meniadakan jalur regulasi sehingga senyawa metabolit (produk) tersebut dapat dihasilkan mikrobia dalam jumlah yang melimpah. 31. Selain itu matakuliah ini juga membahas tentang pengelolaan limbah buangan dan teknologi sederhana pengelolaan kualitas lingkungan dan kesehatan masyarakat 33. evolusi di atas aras jenis. FTB 3362 (2) Matakuliah Evolusi memberikan dasar pengetahuan proses perubahan yang terjadi secara bertahap pada makhluk hidup dalam jangka waktu geologi. Mikrobiologi Pangan. struktur kelamin dan umur. estimasi populasi. FTB 3163 (2+1) Matakuliah ini membahas mengenai cara mengolah limbah (padat.28. Teknologi Lingkungan. cair dan gas) yang berasal dari proses industri maupun rumah tangga dan transportasi baik secara fisik. kegunaan mikrobia di bidang pangan. FTB 3463 (2+1) Matakuliah ini memberikan gambaran dan pemahaman mengenai sejarah dan perkembangan mikrobiologi pangan. Evolusi. spesiasi. faktor-faktor pertumbuhan mikrobia. yang meliputi konsep-konsep pengembangan strain. kimia dan biologi. Bioremidiasi. FTB 2953 (2+1) Matakuliah Mikrobiologi Industri membahas mengenai potensi maupun manipulasi mikrobia untuk menghasilkan senyawa metabolit dalam industri fermentasi. Pemahaman demografi juga diberikan agar dapat memahami masalah manusia sebagai sentral permasalahan lingkungan yang mencakup pencemaran dan deplesi sumberdaya. 44 Buku Pedoman UAJY . FTB 3052 (2) Matakuliah Ekologi Populasi memberikan pemahaman tentang sifat populasi. pola dasar evolusi. genetika sebagai dasar evolusi. 30. Bioassay. metode fermentasi sampai pada metode pengunduhan hasil (produk). dengan titik berat pada proses biologi. Mikrobiologi Industri. cara pengukurannya dan organisasi data. evolusi manusia dan perkembangan evolusi. jalur metabolisme. 34. terutama yang berkaitan dengan pemanfaatan organisme di dalam mengurangi B3 dan mengkonversi menjadi bahan produksi. yang meliputi sampling. Ekologi Populasi. markrecapture methods. FTB 3262 (2) Membahas tentang aplikasi ekologi dalam memahami dan memecahkan masalah lingkungan hidup. evolusi pada masa Jurassic. elemen pendorong evolusi. adaptasi dan isolasi. bukti-bukti evolusi. berbagai jenis mikrobia yang penting di bidang pangan.

uji kai kuadrat. kromatografi. FTB 3833 (2+1) Perkuliahan ini membahas tentang prinsip dasar dan aplikasi berbagai macam analisis kimia serta instrument laboratorium seperti macam titrasi. bahan kuliah meliputi konsep dasar statistika. Teknologi Bioproses. vitamin. mikrobia penyebab penyakit lewat makanan. 37.mikrobia perusak pangan. FTB 4043 (2+1) Matakuliah ini membahas tentang prinsip-prinsip pengetahuan tentang karbohidrat. Kimia Analisa Instrumentasi. distribusi teoritis. Biologi Konservasi. kolorimetri. kontrol terhadap mikrobia pada makanan serta deteksi mikrobia pada bahan pangan. FTB 3563 (2+1) Perkuliahan ini memberikan pemahaman dan ketrampilan serta penerapan teknologi yang memanfaatkan proses-proses yang terjadi dalam makhluk hidup untuk industri pengolahan dan jasa. FTB 3663 (3) Matakuliah ini mencakup konsep modern kawasan yang dilindungi di daerah tropika. pengolahan data. FTB 4153 (3) Biologi Konservasi mengajarkan kepada mahasiswa tentang permasalahan krisis keanekaragaman hayati. teori probabilitas. Fakultas Teknobiologi 45 . lemak. zat warna pada bahan pangan dan metabolisme senyawa-senyawa tersebut. 38. penyajian data. FTB 3943 (3) Mata kuliah ini memberi kemampuan kepada mahasiswa untuk dapat melakukan pengumpulan. Pengelolaan Kawasan. 41. penyajian dan analisis data penelitian serta penarikan kesimpulan dari hasil analisis data yang telah dilakukan. pengelolaan habitat dan populasi. protein. pemanfaatan kawasan yang dilindungi serta mengetahui bagaimana interaksi antara masyarakat dengan kawasan serta keterpaduan kawasan yang dilindungi dalam pembangunan regional dan nasional. spektrofotometri. faktor-faktor yang berpengaruh pada perubahan karbohidrat. pengujian hipotesis. adjective cluse. vitamin. 40. noun clause. FTB 3772 (2) Matakuliah Bahasa Inggris memberikan kemampuan untuk memahami bacaan bidang Biologi berbahasa Inggris yang meliputi noun phrase. Kategorisasi kawasan yang dilindungi beserta kebijakan pengelolaan. elektroforesis dan metode ELISA 39. pengolahan. lemak. sistematika perancangan. Bahasa Inggris. fungsi kerja non verbal (to be). fungsi V-ing. Kimia Pangan. causal effect clause. faktor-faktor penyebab dan pendekatan-pendekatan dalam konservasi keanekaragaman hayati. uji anova . pelengkap kalimat dan pola kalimat. analisis univariatif deskriptif. kalimat aktif/pasif. complex sentence. uji non parametrik. zat warna serta reaksi yang menyertai perubahan-perubahan tersebut. time clause. 35. protein. regresi dan korelasi. conditional clause. 36. Biostatistik.

manajemen studi analisis mengenai dampak lingkungan. hasil fusi protoplas. dan pedoman evaluasi terhadap dokumen analisis mengenai dampak lingkungan 48. macam-macam teknik kultur in-vitro( baik yang menggunakan protoplas. FTB 4763 (3) Matakuliah ini mempelajari teknik penyusunan dokumen pengelolaan lingkungan meliputi tata cara pelaksanaan analisis mengenai dampak lingkungan dalam pembangunan. prediksi. manfaat maupun keuntungan kultur in-vitro. Pengenalan sistim jaminan mutu dengan penekanan pada ISO dan TQM serta sistim jaminan keamanan pangan (HACCP) 46. jaringan maupun organ) yang telah dikembangkan sampai saat ini. ketrampilan. FTB 4253 (3) Metodologi Penelitian mengajarkan pemahaman dasar tentang penelitian. FTB 4663 (2+1) Matakuliah ini membahas konsep dasar kultur in-vitro tanaman. metode pengumpulan data komponen lingkungan. meliputi perlakuan panas. FTB 4872 (2) Matakuliah ini memberikan dasar pengetahuan. pengorganisasian laboratorium. dan pembentukan konsentrat gula. pengawetan dengan suhu rendah. pengeringan. teknik pembuatan dokumen amdal. Seminar. identifikasi Quantitative Trait Loci (QTL) dan aplikasi teknologi DNA 45. mikrobiologi. AMDAL. pelingkupan. 47.42. Bioteknologi Tanaman. FTB 4562 (2) Mencakup konsep-konsep dasar dan segala aspek mutu serta aplikasi teknologi dalam standarisasi. dan penguasaan dalam hal memformulasikan/merumuskan suatu permasalahan yang akan diteliti dalam bentuk 46 Buku Pedoman UAJY . Teknologi Pengawetan Pangan. Quality Control. media serta hormon yang digunakan untuk mengubah pola pertumbuhan tanaman. FTB 4463 (2+1) Mata kuliah ini bertujuan memahami DNA sebagai pusat informasi genetik. kloning DNA. metode dan teknik identifikasi. Metodologi Penelitian. jenis-jenis penelitian. DNA sequencing. prosedur pelaksanaan mengacu Peraturan Pemerintah. teknologi PCR. 43. penapisan. langkah-langkah penelitian dan cara membuat rencana dan usulan (proposal) penelitian. metode analisis dampak lingkungan. rencana pengelolaan dan pemantauan lingkungan. variasi runutan molekul DNA sebagai penciri DNA (DNA marker). Prinsip statistika pengawasan mutu. FTB 4353 (2+1) Matakuliah ini membahas tentang prinsip-prinsip dan teknik pengolahan pangan melalui penerapan pengetahuan kimia. maupun aplikasi kultur in-vitro dalam bioteknologi modern. evaluasi dan dampak interpretasi dampak lingkungan. Teknologi DNA. pengawasan mutu pangan serta jaminan mutu. dan teknologi pangan. peta genetik. pengalengan. struktur dan sifat fisik/kimia molekul DNA. 44.

natural. serta berwawasan luas. serta berwawasan luas dan etis. Konservasi dan teknologi konservasi 50. bersikap demokratis. berkeadaban serta dapat ikut berperan mencari solusi pemecahan masalah sosial dan budaya secara arif. Bioterapan/KKN. menganalisis dan memecahkan permasalahan yang dihadapai dan menyusun serta menyampaikan laporan secara ilmiah. FTB 5123 (3) Matakuliah ini memberikan dasar pengetahuan dan pemahaman agar mahasiswa dapat berpikir kritis. dan penguasaan dalam hal perencanaan. hak paten perdagangan makhluk hidup.sebuah proposal dan menyajikan secara oral. sistim dan aktivitas makhluk hidup. FTB 5372 (2) Matakuliah ini memberikan dasar pengetahuan dan ketrampilan dalam merumuskan program. Ilmu Alamiah Dasar. FTB 4912 (2) Kuliah ini mempelajari tentang manfaat dan nilai (ekonomi. manajemen. Skripsi. kreatif. 52. 49. estetika. FTB 5013 (3) Matakuliah ini memberikan dasar pengetahuan dan pemahaman agar mahasiswa dapat berpikir kritis. dll). menganalisis. Materi perkuliahan: konsep materi utama biologi dan cabang biologi. keanekaragaman. dalam rangka mencari upaya pemecahan masalah dengan menerapkan metodologi ilmiah. kreatif. hasil-hasil riset dan teknologi makhluk hidup. melaksanakan program sesuai dengan rencana yang telah disusun. perencanaan kerja. dan pelaporan penelitian ilmiah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. serta pengelolaannya menjadi suatu dan atau aneka bisnis/perusahaan. dan mengevaluasi suatu jenis penugasan/pekerjaan/kegiatan di suatu instansi/lembaga yang berkaitan dengan bidang minat. aneka agroindustri dan bioindustri. Bioprospeksi dan Kewirausahaan. etis dan estetis serta memiliki kepedulian terhadap pelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup. pelaksanaan. 54. Melalui kuliah ini diharapkan mahasiswa akan mengetahui peran biologi dalam meningkatkan kesejahteraan hidup manusia di segala bidang kehidupan dan mampu mempersiapkan diri menjadi pengusaha handal di bidang usaha berbasis makhluk hidup (bioentrepreneurship). sistematik dan ilmiah. 51. hukum. FTB 5262 (2) Matakuliah ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat menerapkan. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. 53. ketrampilan. sistematik dan ilmiah. cabang-cabang biologi. Kerja Praktik. Diharapkan juga mahasiswa dapat memiliki kepekaan dan empati sosial. serta mempunyai wawasan tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta dapat ikut berperan mencari solusi pemecahan masalah lingkungan hidup secara arif. permasalahan dan kebutuhan manusia. Fakultas Teknobiologi 47 . FTB 5486 (6) Matakuliah ini memberikan dasar pengetahuan.

kimiawi. sensori. sayuran. lipid dan ingredien pangan serta peranannya dalam membentuk karakteristik bahan pangan 58. ekonomi dan lingkungan atau dengan pembangunan. Cara budidaya serangga yang menguntungkan dan pengelolaan serangga yang merugikan dengan kultur teknis. ciri umum dan ciri khas kelas-kelas tersebut. 57. kacang-kacangan. FTB 6052 (2) Matakuliah entomologi memberikan gambaran yang lengkap tentang serangga. Ekoturisme. dan Opisthobranchia). FTB 5942 (2) Mempelajari prinsip-prinsip teknologi perikanan yang mencakup teknik reproduksi ikan. 56. pengendalian hayati dan kimiawi. dasar pengetahuan yang paling menarik dan trend perkembangan pengetahuan. budidaya perairan tawar. varietas unggul. karbohidrat. pola tanam. fitoestrogen. protein kedelai. bahan aktif dan mekanisme pertahanan. penggunaan herba sebagai makanan fungsional. FTB 5842 (2) Memberikan pengetahuan/pemahaman tentang Nutrasetika atau produk alami yang memiliki manfaat sebagai bahan obat dan makanan (makanan fungsional). Karena itu bahasan juga mencakup hubungan antara pariwisata. Entomologi. Nutrasetika. termasuk daging. ikan. klasifikasi Nutrasetika. FTB 5522 (2) Matakuliah Ekoturisme membahas tentang ekoturisme sebagai salah satu bentuk pariwisata yang berkelanjutan dan mendukung kelestarian lingkungan. maka bahasan juga mencakup bentuk kegiatan wisata di kawasan konservasi dan pengaruhnya bagi konservasi keanekaragaman hayati. perilaku. mempelajari kaitan antara Nutrasetika dan kesehatan. Bivalvia. buah-buahan. keamanan dan efektivitas produk herba sebagai obat (jamu).55. asam lemak omega-3. komponen penting budidaya perairan. Malakologi. mineral. pre- dan probiotik. budidaya. isu pemasaran produk Nutrasetika dan makanan fungsional. dan mikrobiologi) bahan pangan. serealia. Sifat fungsional air. telur. dan antioksidan). spesies yang representatif. laut serta managemen perikanan 60. dan susu. bahan-bahan suplemen (vitamin. 59. 48 Buku Pedoman UAJY . protein. payau. baik serangga yang menguntungkan dan serangga yang merugikan. FTB 5632 (2) Malakologi memberikan dasar pengetahuan mengenai keanekaragaman Gastropoda (Prosobranchia. Pengenalan Bahan Pangan. penelitian yang bisa dilakukan serta pengembangannya di masa depan. Teknobio Perikanan. FTB 5732 (2) Matakuliah ini mempelajari sifat alami (fisik. Sebagai bentuk wisata yang berbasis pada alam. dan Cephalopoda.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful