PEKERJAAN PASANGAN PEMASANGAN PAVING BLOCK

I. UMUM 1. Uraian Pekerjaan ini meliputi pemasangan paving block, terdiri dari urugan sirtu, pemadatan tanah, pemasangan paving block dan beton pengunci yang digunakan sebagai pekerjaan utama untuk perbaikan dan pengurugan jalan serta dengan kemiringan melintang yang benar sebagai permukaan lapisan jalan yang baru. 2. Toleransi Ukuran a. Ketebalan paving block seperti yang ditunjukkan pada gambar standard dan tidak boleh kurang dari 5 cm, terkecuali dinyatakan lain secara tertulis. b. Permukaan masing-masing pasangan paving block pada setiap pelapisan tidak boleh berbeda dari permukaan normal. c. Tebal urugan sirtu 3 – 5 cm, dan ketebalan yang harus dipasang harus sampai tingkat ketinggian yang diatur dilapangan serta sebagaimana yang diperintahkan oleh Direksi Teknis. Tebal rata-rata yang ditetapkan pada gambar rencana adalah berdasarkan pemeriksaan visual yang diberikan sebagai perkiraan tebal rata-rata yang diperlukan. d. Bila diuji dengan satu mal punggung jalan atau batang lurus 3 m, variasi permukaan urugan pasir tidak boleh melebihi 10 mm pada setiap titik tingkat dan ketinggian yang ditetapkan. e. Ukuran beton pengunci campuran 1 : 3 : 5 adalah 15/20 cm, lebar dan tinggi yang harus dipasang harus sampai tingkat dan ketinggian yang diatur dilapangan serta sebagaimana yang diperintahkan oleh Direksi Teknis. Lebar dan tinggi rata-rata yang ditetapkan pada gambar rencana adalah berdasarkan pemeriksaan visual yang diberikan sebagai perkiraan tebal rata-rata yang diperlukan. f. Adonan beton terdiri dari Semen Portland (PC) dicampur dengan agregat halus atau pasir beton dan kerikil dalam suatu perbandingan 1 Semen : 3 pasir beton : 5 kerikil atau dalam 1 m 3 beton memerlukan 218 kg semen, 0,52 m3 pasir beton dan 0,87 m3 kerikil, terkecuali ditentukan lain oleh Direksi Teknis. 3. Penjadualan Pekerjaan Paving blok mula-mula harus dibentuk lebih kecil dari penampang melintang yang direncanakan. Pembentukan akhir untuk persiapan pembuatan lapisan serta perbaikan kerusakan yang mungkin terjadi selama pelaksanaan, baru dikerjakan sesudah tempat-tempat sambungan dan elevasinya sudah disiapkan.

Urugan sirtu dengan bahan terpilih untuk pelapisan paving blok yang digunakan sebagai bahan dasar dan perbaikan bagian dibawah pelapisan pasangan paving block dari pasir. 5. 2. disusun bata press (paving block) dengan dipasang rapat satu sama lain dengan susunan motif anyaman tikar (zig – zag) . Contoh-contoh Bahan Contoh-contoh bahan yang digunakan. PELAKSANAAN PEKERJAAN 1. BAHAN – BAHAN 1. kantong-kantong filter ataupun lubang pelepasan pada pelapisan pekerjaan batu yang disetujui harus keras. Diatas permukaan sirtu yang dipadatkan. III. Penyiapan Lapangan 2. kerikil berpasir atau bahan berbutir bergradasi baik yang disetujui lainnya dengan ukuran batu maksimum 20 mm.4. Lokasi jalan dibersihkan dari segala kotoran dan tumbuhan yang mengganggu pekerjaan 3. II. Bahan Filter Bahan-bahan untuk membuat lapisan dasar menyerap air. 5. awet. pasir dan kerikil untuk pekerjaan paving block harus diperiksa dan disetujui Direksi Teknik sebelum pekerjaan dimulai. Peninggian badan jalan dengan menggunakan bahan sirtu. sehingga mencapai peil yang ditentukan 4. Perbaikan Pekerjaan Yang Tidak Memuaskan Setiap bagian pekerjaan yang menunjukkan ketidakteraturan atau cacatcacat dikarenakan jeleknya penanganan atau gagalnya kontraktor untuk mematuhi persyaratan spesifikasi. termasuk semen. harus diperbaiki oleh kontraktor sampai memuaskan Direksi Teknik tanpa ada biaya tambahan. Beton Pengunci Adonan (mortar) terdiri dari semen Portland (PC) dicampur dengan agregat halus atau pasir beton dalam perbandingan 1 semen : 3 pasir beton : 5 kerikil terkecuali ditentukan lain oleh Direksi Teknik. Beton tepi sebagai siring paving block jalan dengan dimensi 15/20 cm dibuat dari bahan beton cor (dicor ditempat) dengan campuran 1 : 3 : 5 dipasang rata rapi pada sisi kiri kanan jalan. 3. bahan berbutir yang memenuhi persyaratan gradasi yang ditentukan.

Mata Pembayaran 1. CARA PENGUKURAN DAN PEMBAYARAN Tidak ada persyaratan yang dibuat untuk pengukuran dan pembayaran pemasangan paving block dibawah bab ini. Akan tetapi pekerjaan membuat pasangan paving block harus diukur dan dibayar dalam satuan meter persegi. 7. jarak dan bahan dipergunakan sesuai gambar terlampir dan menurut pentunjuk direksi teknik. Bagian sisi luar beton tepi diberi penahan baru tanah dan disesuaikan dengan keadaan lokasi. Uraian Memasang Paving Block Beton Cor Pengunci Paving Block Satuan Pengukuran Meter Persegi Meter Kubik . 8. IV. Semua pekerjaan diatas ukuran.6. Sebagai pengikat antara bata press (paving block) dengan beton tepi diisi dengan beton cor campuran 1 : 3 : 5 dan pada celah bata press yang tidak rapat segera diisi dengan pasir halus (urug) sambil disiram air sampai rapat. 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful