Vitalitas Mentalitas

Misi Unilever adalah peningkatan vitalitas hidup. Kami memenuhi kebutuhan akan nutrisi, kesehatan dan perawatan pribadi sehari-hari dengan produk-produk yang membuat para pemakainya merasa nyaman, berpenampilan baik dan lebih menikmati kehidupan. Jalinan yang mengakar dalam budaya dan pasar setempat di seluruh dunia telah menghasilkan hubungan yang kuat dengan para pelanggan dan merupakan dasar yang sangat berguna untuk pertumbuhan kami di masa mendatang. Kami akan membawa kekayaan ilmu pengetahuan dan keahlian internasional kami untuk dapat melayani konsumen setempat - multinasional multilokal sesungguhnya dengan sebaik-baiknya. Keberhasilan jangka panjang kami memerlukan komitmen terhadap standar pelaksanaan dan produktivitas bermutu tinggi, terhadap kerjasama yang harus dilakukan secara efektif, dan terhadap keinginan untuk menerima gagasan baru dan belajar secara terus menerus. Kami juga yakin bahwa untuk mencapai keberhasilan diperlukan standar etika usaha pada masing-masing orang yang bekerja bersama kami, masyarakat yang berinteraksi dengan kami serta lingkungan tempat kami melakukan kegiatan usaha. Inilah cara kami yang kami lakukan dalam mencapai pertumbuhan secara berkesinambungan dan menguntungkan, menciptakan nilai jangka panjang bagi para pemegang saham, karyawan dan para mitra usaha kami.

Tujuan & Asas
Tujuan perusahaan kami menyebutkan bahwa untuk berhasil diperlukan "standar tertinggi etika perusahaan terhadap setiap karyawan yang bekerja di perusahaan kami, masy arakat sekitar & lingkungan tempat kami melakukan kegiatan usaha."

Selalu bekerja atas dasar integritas
Kami melakukan kegiatan usaha atas dasar integritas dan menghormati setiap orang, perusahaan dan lingkungan tempat kami beroperasi merupakan faktor utama yang menjadi tanggung jawab perusahaan kami.
Dampak Positif

Tujuan kami adalah memberikan dampak positif dengan berbagai cara yaitu: melalui produk kami, kegiatan dan hubungan niaga kami, melalui bantuan sukarela, dan melalui beragam cara lain yang melibatkan masyarakat.
Komitmen Sinambung

Kami juga berkomitmen untuk secara terus menerus memperbaiki cara kami mengelola dampak lingkungan dan bekerja untuk mencapai tujuan jangka panjang dalam mengembangkan usaha yang berwawasan lingkungan.
Menetapkan Aspirasi Kami

Tujuan perusahaan kami adalah menetapkan aspirasi kami dalam menjalankan usaha. Hal ini didukung oleh aturan asas usaha kami yang menguraikan standar usaha yang ditaati oleh setiap karyawan Unilever, dimanapun mereka berada di seluruh dunia. Aturan tersebut juga mendukung pendekatan kami terhadap tanggung jawab pengawasan dan perusahaan.
Bekerja dengan Orang Lain

Kami bersedia bekerjasama dengan para pemasok yang memiliki nilai kerja yang sama seperti perusahan kami dan bekerja dengan standar yang sama seperti yang kami lakukan. Etika usaha mitra usaha kami, sejalan dengan asas etika usaha kami, terdiri dari sepuluh asas yang mencakup integritas dan tanggung jawab usaha yang terkait dengan para karyawan, konsumen dan lingkungan.
Link terkait

Tujuan Kami Asas Kami Nilai Kami

konsisten. berpegang teguh pada prinsip. Kita mengadopsi semangat perusahaan kecil sehingga dapat memberikan fleksibilitas. Kita percaya diri dalam mempertahankan keyakinan kita. dengan semangat untuk menang. Berbagi kegembiraan Kita harus berhasil bersama-sama. Semangat kita yang melimpah menandakan bahwa kita berbagi penghargaan atas hasil kerja keras kita. dan saling percaya. Excellence Kita bersemangat untuk melampaui harapan pelanggan. Integritas Kita bersikap jujur. Kita melaksanakan tugas dengan gembira sehingga kita mendapatkan energi dan membantu kita meraih sukses. konsumen & masyarakat Kita memusatkan perhatian untuk memenangkan hati para pelanggan (internal dan eksternal) dan membuat konsumen dan masyarakat merasa senang dengan selalu memahami dan mengantisipasi kebutuhan mereka serta memberikan jawaban secara kewirausahaan. . Lingkungan & Masyarakat Tujuan kami adalah mengelola dan meningkatkan kesuksesan usaha kami secara berkesinambungan sebagai warga perusahan yang dipercaya. Kerjasama Kita mengakui adanya ketergantungan satu sama lain dan kita bekerja bersama-sama guna mencapai tujuan yang sama. kami mempunyai nilai-nilai dan kami bangga terhadap nilai-nilai tersebut dan menjalankannya dalam kehidupan sehari-hari. Kita memiliki kebebasan untuk berkarya di dala suatu kerangka kerja. bahkan dalam situasi sulit. Kita melaksanakan apa yang kita katakan. Membuat sesuatu terjadi Kita bersikap positif dalam mengambil keputusan yang cepat berdasarkan fakta yang ada dan dalam membuat sesuatu terjadi. konsumen dan masyarakat melalui produk dan cara kerja kita. ketangkasan dan imajinasi yang ktia perlukan agar berhasil. dan terpercaya dalam semua transaksi yang kita lakukan.Nilai Kami Di Unilever Indonesia. Di sini anda akan memperoleh informasi tentang kegiatan kami. Fokus kepada pelanggan.

pertumbuhan berkelanjutan merupakan hal yang sangat penting. flesibel dan menjaga kepercayaan. . dimana dituntut memberikan kualitas barang pada level tertentu. kami mendorong para pemasok menerapkan standar tertinggi dalam berbisnis. Membangun Sinergi Kesuksesan bagi Masyarakat Kami tidak mungkin hadir tanpa dukungan mitra bisnis kami. menawarkan harga kompetitif. bahan baku hingga bahan parfum. kami senantiasa mendorong mitra agar berbisnis dengan cara yang berkelanjutan. bekerja dalam kemitraan dengan para pengambil keputusan kami. kami menciptakan dan berbagi kesejahteraan. Namun kami juga yakin bahwa melakukan kegiatan usaha dengan cara yang bertanggung jawab akan menimbulkan dampak sosial positif. Melalui Program Manajemen Kualitas Pemasok (Supplier Quality Management Programme SQMP). mengembangkan keterampilan masyarakat dan menyebarluaskan keahlian ke seluruh penjuru dunia. Misalnya. dengan memenuhi kebutuhan mendasar gizi dan kebersihan bagi masyarakat dengan mereka yang kami produksi dan jual. Kami juga memberikan informasi terbaru dan contoh-contoh program yang sedang dilaksanakan. serta pelaporan kinerja rutin dan rincian peringkat kami dan pengakuan menurut dan dari dunia luar perusahaan. menangani tantangan sosial dan lingkungan dan memberikan sumbangsih pada pembangunan yang berwawasan lingkungan. Komitmen Kami Kami berkomitmen untuk mengelola dampak sosial dan lingkungan kami secara bertanggung jawab. SQMP mencakup seluruh pemasok Unilever termasuk pemasok kemasan.Kontribusi Positif Kepada Masyarakat Fakta sederhana ini memberikan ilustrasi mengenai cara utama kami memberikan sumbangsih positif kepada masyarakat. mulai dari pemasok hingga distributor. Memaksimalkan Potensi para Pemasok Dalam bisnis perusahaan. Penerima penghargaan SQMP tertinggi diberikan "Preferred Partner Certification". pengiriman dalam jumlah dan waktu yang tepat. Hubungan saling menguntungkan dan berkelanjutan merupakan prinsip utama dalam menjaga ikatan rantai nilai. Karena itu.

peningkatan kualitas lingkungan. menyimpan. kami memilih untuk membina kerjasama yang harmonis dengan berbagai mitra distributor yang independen. Dalam kompetisi yang kian ketat.Menciptakan Kesempatan bagi Pengembangan Ekonomi Lokal Dalam melayani para pelanggan. kami mendorong petani untuk mengembangkan kepekaan dan kemampuan meningkatkan usahanya. dan pengelolaan sampah serta meningkatkan kesadaran akan kesehatan dan lingkungan. dimana secara terus menerus dilakukan pemantauan dan dukungan kepada setiap distributor. contohnya Proyek Kali Bersih di Jambangan. kami mengajak kelompok tani kedelai hitam menjadi pemasok pabrik Kecap Bango. Kami menyalurkan. Bekerja sama dengan Universitas Gajah Mada. menentukan sebuah produk menjadi pilihan pelanggan. serta mengolah sampah menjadi kompos melalui . Memenuhi Panggilan Masyarakat Kami memusatkan perhatian pada pengembangan mitra UKM. Kami berupaya mengubah cara pandang dan perilaku masyarakat di sepanjang Sungai Brantas dalam menyikapi sungai. Bahan baku diperoleh dari jenis ikan yang sangat umum di Indonesia. Dengan sistem distribusi yang kuat. pengarahan mengenai penanaman. Program UKM lainnya dalah pembudidayaan dan pengolahan ikan air tawar untuk dijadikan bahan baku penyedap rasa Royco. kami memasok sekitar 550. inovasi baru sebagai terobosan dikembangkan untuk menciptakan penyedap rasa cair tanpa tambahan MSG (mono sodium glutamat). dengan membangun fasilitas sanitasi. membagikan tempat sampah. Kami mendorong masyarakat untuk meningkatkan kondisi lingkungan mereka. dan pinjaman tanpa bunga. namun pengolahannya perlu penanganan khusus agar hasilnya sesuai dengan yang ditetapkan. kami membutuhkan network distribusi yang besar dan efisien untuk produk kami.000 outlet toko dan warung melalui lebih dari 350 distributor yang handal dan terpecaya. Bersama ahli pertanian dari Universitas Gajah Mada yang menangani aspek teknis. Kami mendampingi dan memberikan bibit kedelai hitam terbaik. distribusi produk yang efektif dan merata. Melestarikan Sumber Kehidupan Kami berkomitmen menjadi bagian dari solusi masalah lingkungan melalui kontribusi sukarela untuk meningkatkan kualitas lingkungan sekitar kami. Untuk menjaga dan memperkuat kelangsungan distribusi produk. Mutiara Hitam Pulau Jawa Di daerah pedesaan Jawa. serta menjual produk-produk dengan kualitas terbaik kepada setiap outlet dari 17 kantor depo penjualan dan dua gudang pusat kami. Surabaya.

. memperbaiki sekolah-sekolah yang sudah rusak termasuk ratusan manajer ikut mengajar baik di dalam maupun di luar sekolah. Keceriaan menuju Sadar Kesehatan Kampanye ini telah kami lakukan sejak tahun 1994 melalui Program Sekolah Pepsodent. yang bertujuan membantu masyarakat sekitar kegiatan operasi kami. Bantuan kemanusiaan dalam bentuk pengumpulan dana dan bantuan barang pun dilakukan oleh perusahaan dan karyawan untuk meringankan penderitaan saudara kita di daerah-daerah bencana seperti Nabire (papua). karena kami yakin bahwa kesuksesan sebuah usaha harus mempertimbangkan kebutuhan para konsumennya. Pepsodent juga mengadakan pemeriksaan kesehatan gigi dan gusi gratis. Sekitar 7. Para karyawan bahu membahu. Kami mendorong para karyawan untuk meluangkan waktu dan berbagi pengalaman dalam kegiatan bakti sosial melalui program Community Connection. tapi mencerminkan seluruh kegiatan perusahaan. dan mengajak anak-anak untuk mengunjungi tempat-tempat menarik sekaligus berbagi pengetahuan dengan mereka. kami memfokuskan perhatian kami untuk mengentaskan sebagian persoalan melalui upaya daur ulang sampah. dimana sekaligus menanamkan pengertian pada anak-anak mengenai pentingnya mengunjungi dokter gigi secara teratur. melibatkan 233. Selamatkan Kota-kota Besar Kami berupaya membantu kota-kota besar dalam menciptakan kualitas kehidupan yang lebih baik bagi warganya. Mereka juga terlibat dalam program Care for Area Surrounding.000 anak sekolah dasar mengikuti program belajar interaktif.000 guru. Manfaat bagi Hubungan yang Erat Kami selalu berhubungan erat dengan masyarakat.000 pelajar dan 10. Kami juga menyumbangkan composter communal skala kelurahan dan berkolaborasi dengan stakeholder dalam mengelola fasililtas pengolahan kompos.pemilahan sampah organik dan non-organik. Memperluas Cakrawala Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Kami percaya bahwa tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) tidak sebatas kontribusi sukarela. Sumatra Utara dan lain-lainnya. Untuk mencapai keberhasilan yang optimum. kami mengembangkan proses belajar-mengajar interaktif bagi 800 sekolah yang tersebar di empat kota. Melalui program lain bernama "IDE" yang telah memasuki tahun 4. Aceh.

Kami merumuskan tanggung jawab sosial perusahaan sebagai dampak atau interaksi yang ada dalam masyarakat. Kami bermitra dengan berbagai jenis distributor independen untuk meningkatkan semangat kewirausahaan. juga mengembangkan sumber daya manusia demi kepentingan perusahaan dan masyarakat. . perekonomian nasional. serta memberikan keuntungan bagi usaha-usaha lokal. badan pemerintah. seperti yatim piatu. Pendekatan kami dalam mengelola tanggung jawab sosial didasari pemikiran bahwa tanggung jawab sosial merupakan bagian dari kegiatan usaha. Kami senantiasa menyempurnakan kinerja kami.Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Pandangan kami terhadap tanggung jawab sosial perusahaan mencakup seluruh kegiatan bisnis perusahaan kami. termasuk standar Program Peringkat Kinerja Lingkungan (PROPER) dan standar operasi internasional (ISO). Membangun Sinergi Kesuksesan bagi Masyarakat (Dampak Rantai Nilai) Dampak yang lebih luas diciptakan melalui rantai nilai. dan meliputi keinginan untuk selalu belajar dari tindakan kami serta pengalaman pihak lain. anak jalanan. pelanggan. terlihat seperti "puncak gunung es" yang merupakan dampak yang lebih besar dari kegiatan perusahaan yang sesungguhnya. hingga konsumen. menciptakan lapangan kerja. Memenuhi Panggilan Masyarakat (Kontribusi Sukarela) Kontribusi sukarela terhadap masyarakat secara luas. Kontribusi tersebut mencakup program-program berkesinambungan. melalui penerapan petunjuk pelaksanaan kegiatan usaha skala nasional dan internasional. perguruan tinggi dan masyarakat. Kegiatan usaha kami lebih dari menciptakan lapangan pekerjaan. yang dilakukan melalui kemitraan dengan LSM. ke dalam tiga bagian yaitu: Meraih yang Terbaik dengan Nurani (Dampak Kegiatan Perusahaan) Dampak utama kegiatan perusahaan tercipta dari operasi perusahaan. Kami memperkenalkan standar perilaku usaha bagi pemasok. pengungsi dan lainnya. yang disebut Business Partner Code. Kami yakin perusahaan yang bertanggung jawab harus memberikan kontribusi yang bermakna bagi kesejahteraan masyarakat. yang dilaksanakan secara profesional di bawah Yayasan Unilever Indonesia Peduli. penduduk (miskin) pedesaan. Kami mendorong para karyawan untuk ikut berbagi hati. pikiran dan pengalaman melalui kegiatan bakti sosial sukarela bagi yang membutuhkan. serta dasar-dasar pendidikan sosial dan lingkungan. mulai dari pemasok. dan menerapkan "Supplier Quality Management Programme" (SQMP) untuk mendorong pemasok dalam meningkatkan kemampuan dan kinerja mereka.

Nilai dan Perilaku: Fokus kepada Pelanggan. Perilaku ini diterapkan dalam kegiatan perusahaan sehari-hari diantaranya sejak tahun 2003. yaitu: y y y y Program Pengembangan Usaha Kecil Menengah. Yayasan berpegang pada 4 strategi utama.Menyalurkan Semangat Berbagi Unilever Indonesia membentuk Yayasan Unilever Indonesia Peduli (UPF) pada tanggal 27 November 2000 sebagai langkah penting dalam perwujudan komitmen tanggung jawab sosial perusahaan.tepat waktu Peduli terhadap kondisi sosial masyarakat di sekitar kami.memberikan waktu persiapan yang cukup untuk bekerja dengan baik Memenuhi apa yang dijanjikan . Yayasan Unilever Indonesia Peduli Misi dari Yayasan Unilever Indonesia Peduli (UPF) adalah menggali dan memberdayakan potensi masyarakat. Bekerja sama dengan unsur-unsur masyarakat seperti LSM.menghasilkan tindakan yang berfokus pada peningkatan nilai Menanggapi dengan serius setiap percobaan pelanggan. Yayasan memfokuskan kegiatannya ke dalam empat program utama. pranata pendidikan perilaku bisnis dan Membuat replikasi model di daerah-daerah lain. Merumuskan model kegiatan atau program percontohan yang dapat diterapkan di daerah lain. lembaga pemerintah. Konsumen dan Masyarakat y y y y y Secara proaktif mendengarkan kebutuhan konsumen dan masyarakat. memadukan kekuatan para mitra dan menjadi katalisator bagi pembentukan kemitraan. memberikan nilai tambah bagi masyarakat. perusahaan telah memperkenalkan Program 3C (Consumer. pembeli dan masyarakat Merencanakan secara efektif . Program Daur Ulang dan Program Pendidikan Kesehatan Masyarakat Dalam mengembangkan programnya. . Program Pelestarian Sumber Air. yaitu: y y y y Mengembangkan program yang terkait usaha kami. Customer and Community) kepada karyawan.

000 outlet kami. kami tidak saja menyampaikan tentang manfaat produk itu sendiri. termasuk Penghargaan Kepuasan Pelanggan Indonesia. konsumen dan komunitas. Karyawan kami berasal dari berbagai kebangsaan. Misi Unilever Indonesia y y y Menjadi yang pertama dan terbaik di kelasnya dalam memenuhi kebutuhan dan aspirasi konsumen Menjadi rekan yang utama bagi pelanggan. Kami berkomitmen mengembangkan sumber daya manusia lebih dari menciptakan lapangan pekerjaan demi kepentingan perusahaan dan masyarakat. ISO 14000 dan BS 8800. tetapi juga mencakup beberapa keahlian dan pengetahuan yang hanya dapat dipelajari melalui pekerjaan. diantaranya adalah ruang penitipian bayi (nursery Room) dan sarana olahraga (Gym).Meraih yang Terbaik dengan Nurani Kami bekerja keras untuk memastikan kegiatan operasi kami ramah lingkungan dan bersahabat dengan masyarakat. Karyawan bagi kami merupakan ujung tombak pada seluruh kegiatan usaha kami. dan hanya material yang lolos uji analisis daur hidup (life cycle analysis) yang dapat dipakai sebagai bahan baku produk atau kemasan. Produk-produk itu selalu tersedia. Produk detergen hanya boleh menggunakan soft alkylate. sebagai komitmen kami terhadap keragaman. tetapi juga pesan-pesan pendidikan mengenai kesadaran hidup sehat. Melebihi Unsur-Unsur yang Mendasar Unilever Indonesia dinobatkan sebagai "perusahaan pilihan karyawan" oleh media nasional. Menghilangkan kegiatan yang tak bernilai tambah dari segala proses. Mempromosikan Kesadaran Hidup Sehat Kami tidak saja mengembangkan iklan dan promosi yang bertanggung jawab. dengan penghargaan tersebut kami terus memacu peningkatan kinerja. seperti "Lifebuoy Berbagi Sehat". mudah didapat. Pabrik-pabrik kami telah memperoleh sertifikan ISO 9000. Produk-produk kami telah memperoleh berbagai penghargaan. dan tetap segar setiap hari pada lebih dari 550. . Setiap tahun sejumlah karyawan dikirim untuk mengikuti pelatihan di luar negeri dan mensponsori kemajuan akademis mereka. suku bangsa dan agama. Di dalam komunikasi. Perhatian kami tidak saja pada pendidikan formal. Kami juga menyediakan berbagai fasilitas kesejahteraan karyawan. tetapi juga memadukan kampanye sosial kesehatan bersama promosi produk kami. Dorongan Untuk Berkinerja Baik Produk ramah lingkungan telah menjadi standar yang tidak dapat ditawar lagi bagi kami.

peduli kepada masyarakat dan lingkungan hidup. Bertujuan meningkatkan target pertumbuhan yang menguntungkan dan memberikan imbalan di atas rata-rata karyawan dan pemegang saham.y y y Menjadi perusahaan terpilih bagi orang-orang dengan kinerja yang tinggi. Mendapatkan kehormatan karena integritas tinggi. .

STRATEGI PEMASARAN SEMUA PRODUK PT. . kesehatan dan perawatan pribadi sehari-hari dengan produk-produk yang membuat para pemakainya merasa nyaman. tetapi Unilever tetap mempertahankan kualitas produknya. sachet. Sistem ini mampu membuat wal-mart mempertahankan biaya rendah sembari menyesuaikan persediaannya untuk memenuhi permintaan pelanggan. Komputer mengumpulkan pesanan dari semua toko wai-mart dan mengirimkannya ke pemasok. 1. Mendapatkan kehormatan karena integritas tinggi. 1.terminal titik pejualan mencatat kode barang setiap barang yang melewati kasir dan mengirimkan transaksi pembelian langsung kepada komputer pusat wal-mart. Tbk.tbk dalam memasarkan produk Di dalam menghadapi persaingan antar perusahan. Pemasok juga dapat mengakses daa penjualan dan persediaan wal-mart menggunakan teknologi web. wal-mart menjadi pemimpin bisnis eceran di amerika serikat. berpenampilan baik dan lebih menikmati kehidupan. Menjadi perusahaan terpilih bagi orang-orang dengan kinerja yang tinggi. strategi itu antara lain: 1. UNILEVER. Sistem mili wal-mart mengirimkan pesanan atas barang dagang baru secara langsung kepada pemasok ketika pelanggan membayar pembelian mereka pada kasir. konsumen dan komunitas. 2009 Related Filed Under Bab III Kumpulan Data Seperti kita ketahui. UNILEVER. DIFERENSIASI PRODUK Produk Unilever terus memperkenalkan kemasan-kemasan yang terbaru. UNILEVER INDONESIA. Baik itu kemasan yang botol kaca. v Strategi PT. PT. KEPEMIMPINAN HARGA RENDAH Dengan menjaga harga yang rendah dan rak-rak diisi dengan baik menggunakan sistim pengisian kembali persediaan yang melegenda. v Tujuan Pemasaran y y y y y y Menjadi yang pertama dan terbaik di kelasnya dalam memenuhi kebutuhan dan aspirasi konsumen Menjadi rekan yang utama bagi pelanggan. botol kecil dan masih banyak lagi kemasannya. peduli kepada masyarakat dan lingkungan hidup. Unilever adalah perusahaan multinasional yang memproduksi barang konsumen ² memenuhi kebutuhan akan nutrisi. Menghilangkan kegiatan yang tak bernilai tambah dari segala proses.tbk memiliki strategistrategi dalam menghadapi persaingan-persaingan antar perusahaan. 2. December 12th. Bertujuan meningkatkan target pertumbuhan yang menguntungkan dan memberikan imbalan di atas rata-rata karyawan dan pemegang saham.

Unilever Indonesia tidak hanya lewat media elektronik tetapi banyak juga melalui media cetak. Pepsodent. Shampo Pantene. Unilever seperti Kecap Bango. Bahkan dalam satu perusahaan terdapat berbagai macam merek yang be rbeda-beda. selain itu diskon-diskon yang diberikan juga banyak menarik perhatian pelanggan yang berasal dari kalangan masyarakat menengah kebawah. 1. promosi penjualan. Iklan ini merupakan bagian dari bauran promosi. baik dalam cakupan nasional maupun internasional. Masyarakat di Indonesia terdiri dari berbagai kalangan dan tingkatan sosial yang beragam. Jika perusahaan tidak bisa menyentuh hati masyarakat semua kalangan maka perusahaan tidak dapat berkembang pesat. BERFOKUS PADA PELUANG PASAR Produk Unilever menggunakan sistem informasi pelanggan yang beda dengan yang lain. Dengan program pemasaran ini diharapkan Unilever dapat mencakup pangsa pasar yang luas di pasar konsumen Indonesia. Namun dalam kehidupan sehari-hari promosi yang dilakukan PT. Unilever Indonesia tidak mendapatkan keuntungan yang optimal. mengadakan event-event yang memasukkan produk-produk dari PT. 3. Kupon belanja gratis produk unilever adalah salah satu cara promosi yang dilakukan oleh Unilever. Iklan itu sendiri adalah kandungan utama dari manajemen promosi yang menggunakan ruang media bayaran untuk menyampaikan pesan.1. promosi yang dilakukan paling banyak melalui media elektronik. dan penjualan personal. produk masuk kedalam pasar dengan cara mempromosikan barang-barangnya dengan cara terjun langsung ke masyarakat dengan bukti-bukti kualitas secara real. MENGUATKAN KEAKRABAN PELANGGAN DAN PEMASOK Menggunakan sistem informasi untuk memfasilitasi akses langsung dari pemasok terhadap jadwal produksi. Karena jika promosi yang dilakukan hanya melalui media elektronik maka PT. Dalam hal ini khususnya perusahaan Unilever harus bisa membuat sebuah grand design mahakarya khususnya . misalnya dengan diadakannya perlombaan-perlombaan kepada masyarakat perbandingan antara produk Unilever dengan produk-produk pesaing lainnya. diantaranya dengan berbagai program pemasaran yang dapat menarik perhatian pelanggan. dll. Selain itu Unilever juga melakukan Tanya jawab kepada para konsumen dan membuat suara konsumen tempat para konsumen mengeluh Dalam PT Unilever Indonesia. Selain melalui iklan elektronik proses pemasaran yang dilakukan Unilever juga menggunakan berbagai cara. Peranan merek produk juga sangat berperan penting.dan bahkan mengizinkan pemasok untuk memutuskan bagaimana dan kapan mengirim pasokan kepada pemasok. sementara para klien dan praktisi periklanan memandangnya hanya sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan konsumen. karena iklan adalah salah satu cara promosi yang bisa dilakukan oleh perusahaan agar dapat memperoleh keuntungan yang optimal. karena merek merupakan simbol dari sebuah produk yang dipasarkan. PR (Public Relations). sponsorship. Makna dari iklan yang ditawarkan oleh perusahaan juga harus bisa dipahami oleh berbagai kalangan. Pemasaran berskala besar seperti ini hanya satu daripada beragam program promosi yang dilakukan Unilever. eksistensi perusahaan diperlukan dalam mengembangkan ide pemikiran. Dalam pemasaran global. 4. promosi inter-personal langsung ke pelanggan juga dilakukan oleh Unilever dengan memberikan keuntungan khusus yang diberikan pada pelanggan setia pengguna produk Unilever. yang terdiri dari pemasaran langsung.

dan merchandising. Unilever. 2. Oleh karena itu pertanyaan lain dapat muncul seketika mengapa promosi perlu diadakan. Sehingga dengan cepat hal tersebut dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli dan mengkonsumsi produk-produk yang dikeluarkan oleh PT. 3. persaingan pasar semakin ketat. Tbk akan melakukan 4 hal demi tetap memiliki citra baik pada konsumennya. v Strategi Promosi yang dapat dilakukan oleh PT.untuk evaluasi kedepannya PT. Advertising Consumer Sales Promotion Trade Promotion and Co-Marketing Packaging. 4. 3. design. 6. 5. e-mail. 10. Promosi Penjualan Berbagai insentif jangka pendek untuk mendorong keingina n mencoba atau membeli suatu produk atau jasa. Point Of Purchase Personal Selling Public relations Brand Publicity Corporate Advertising The Internet Direct Marketing Experiantial contact: Event. karena dalam beberapa aspek perusahaan salah satu tujuan pengembangan mutu perusahaan ialah dapat menyentuh seluruh lapisan konsumen dalam hal ini adalah sasaran global yang diadakan dan dibuat dari grand design tersebut. Unilever juga terus mempelajari kebutuhan dan keinginan konsumen. oleh karena itu sebuah perusahaan unilever dapat fight dengan para pesaingnya baik dari dunia asing maupun pesaing-pesaing unggulan dalam negeri. dan menerima pesan 5. 8. Periklanan semua bentuk penyajian nonpersonal dan promosi ide. telepon. 4. faksimili. Hubungan Masyarakat dan Publisitas berbagai program untuk mempromosikan dan atau melindungi citra perusahaan atau produk individualnya. barang atau jasa yang dibayar oleh suatu sponsor tertentu. 11. 9. technical printing. antara lain: branding. serta terus membangun citra produk. Hal ini merupakan sebagian dari strategi perusahaan untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap brand-brand Unilever. sponsorship . 7. melakukan inovasi dan aktivasi produk. menjawab pertanyaan.pemasaran global yang menuntut sebuah keajaiban-keajaiban dalam mengembangkan karir sebuah perusahaan khususnya unilever selain memantau jalannya proses globalisasi dari para pesaing. Mutlak adanya selalu diadakan apa yang disebut dengan inovation treatment dalam setiap sesi langkah-langkah perusahaan. Penjualan Secara Pribadi interaksi langsung dengan satu calon pembeli atau lebih untuk melakukan presentasi. Unilever Indonesia. berkembangnya berbagai jenis media baru dan semakin canggihnya konsumen maka Strategi Promosi dirumuskan menjadi: 1. Pemasaran Langsung penggunaan surat. 2. Unilever yaitu: 1. Akan tetapi dengan bertambahnya zaman. dan alat penghubung non personal lain untuk berkomunikasi secara langsung dengan atau mendapatkan tanggapan langsung dari pelanggan tertentu dan calon pelanggan. jawabannya tentu saja iya. Komunikasi yang disampaikan melalui iklan di berbagai media cetak maupun elektronik sangat efektif dan langsung mengenai sasaran.

Contest and Sweeptakes Hadiah adalah tawaran kesempatan untuk memenangkan uang tunai. Untuk lebih dikenal oleh masyarakat indonesia dan bisa mendapat hati masyarakat Indonesia maka Unilever membuat produk yang sesuai dengan cita rasa Indonesia seperi kecap Bango. Brand Placement Salah satu teknik dari sales promotion untuk mencapai pasar dengan memasukkan produk pada sebuah acara televisi atau film. perjalanan. Word Of Mouth Consumer ± market sales promotion techniques : y y y y y y y y y Kupon Sertifikat yang memberi hak kepada pemegangnya untuk mendapat pengurangan harga seperti yang tercetak untuk pembelian produk tertentu. Walau kecap bango bukan produk asli buatan unilever namun nama Unilever lebih terkenal karena kecap bango sekarang ini merupakan produk yang dikembangkan oleh Unilever. Walaupun konsumen hanya coba-coba membeli merek tersebut namun setidaknya produk tersebut sangat dikenal oleh masyarakat. Unilever telah membuka cabang perusahaan di Indonesia. Frequency Program ini merupakan salah satu teknik yang mengarah kepada program program yang berkelanjutan seperti menawarkan konsumen diskon atau hadiah langsung gratis untuk mencapai terjadinya pengulangan dalam pembelian atau langganan dari merk atau perusahaan yang sama. ini akan lebih membangun image Unilever dimata konsumen di Indonesia. Customer Service 13. Dengan model-model yang berasal dari Indonesia. Konsumen akan mempunyai keinginan untuk membeli produk kecap bango karena terkesan melihat iklan yang ditampilkan tersebut. Rebates memberikan pengurangan harga setelah pembelian terjadi dan bukan pada toko pengecer. Event Sponsorship Ketika perusahaan mensponsori suatu acara. Price-Off Deals Memberikan potongan harga langsung ditempat pembelian. Unilever sudah menerapkan pola regionalisasi karena Unilever telah memiliki pabrik-pabrik atau juga cabang perusahaan di tiap-tiap negara. Hal ini dilakukan agar setiap negara dapat membeli produk yang sesuai dengan keinginan dan kebiasaan mengkonsumsi produk yang sangat erat hubungannya dengan cita rasa negaranya. Sampling and Trial Offers Penawaran gratis untuk sejumlah produk atau jasa (pemberian contoh produk). . Pendekatan penjualan dan promosi penjualan akan efektif dan efisien apabila dirancang dengan menerapkan pola regionalisasi atau diterapkan di daerah-daerah atau kawasan tertentu. Untuk itu Unilever membuat produk kecap bango untuk di konsumsi masyarakat Indonesia.12. Bisa dibilang kecap merupakan makanan yang khas dari Indonesia. Terlebih iklan yang ditampilkan di media tentang produk kecap bango sangat mencerminkan negara Indonesia. Kecap merupakan makanan yang terbuat dari kacang kedelai. atau barang-barang karena membeli sesuatu. membuat merek sangat ditonjolkan pada acara tersebut sehingga membuat kredibilitas merek meningkat bersamaan dengan para penonton di acara. Premium and Advertising Specialties Barang yang ditawarkan dengan biaya yang relatif rendah atau gratis sebagai insentif untuk membeli produk tertentu.

sore pekan lalu. dan berbagai makanan ringan. Mavibel (Maatschap voor Internationale Bellengginggen) B. Di mana bumi dipijak disitu langit dijunjung. Maurits Lalisang dalam sebuah wawancara khusus dengan SH di Graha Unilever Jakarta. PT Unilever Indonesia Tbk merupakan anak perusahaan Unilever International yang berkantor pusat di dua kota yakni di London. Taro dan masih banyak lagi. ³Unilever pada dasarnya selalu mengikuti aturan yang berlaku dimana ia beroperasi. Namun. Bango. Rinso. Axe dan Clear merupakan merek produk perawatan rumah dan tubuh (home and Personal Care) yang tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. terasa sangat akrab dengan kehidupan kita. Ponds. Kini. Dove. Itulah alasannya mengapa Unilever Indonesia memutuskan menjadi perusahaan terbuka. Sementara di Indonesia. Sariwangi. Pepsodent. Secara umum Unilever menjadi pemimpin pasar barang konsumer (consumer goods) di Indonesia. kualitas sangat penting dalam pembuatan produk. Unilever Indonesia telah berusia lebih dari 70 tahun dengan komposisi kepemilikan saham. Unilever adalah produsen merek-merek terkenal di seluruh dunia yang juga terkenal di tingkat regional dan lokal. Sari Wangi. Karena walaupun promosi yang dilakukan perusahaan sangat baik namun jika kualitas yang ditawarkan tidak diperhatikan maka promosi yang dilakukan bisa dibilang sia-sia saja v Macam-macam Produk yang dikeluarkan Unilever PT. Lifebuoy. Molto. Molto. Rexona. Royco. Unilever Indonesia. kondisinya tidak sama untuk setiap kategori produk dan wilayah pemasaran. antara lain Pepsodent. Sunsilk. Yang beroperasi di indonesia sejak tahun 1933. Lux. margarin. Langit di Junjung Maurits mengungkapkan prinsip yang selalu dikedepankan Unilever dalam berbisnis. Unilever Indonesia melalui brandbrand nya kembali membuktikan keunggulannya dengan meraih peringkat dalam ´Packaging Consumer Branding Award 2005´ yang diselenggarakan oleh Indonesia Brand Identity Summit (IBS) bekerjasama dengan majalah SWA dan MIX. Blue Band. Bango. Clear. ada blue band yang legendaries. Rpyco dan Wall¶s. Lux. Bisa jadi Anda mempunyai kenangan khusus tak terlupakan dengan salah satu atau lebih produk buatan PT Unilever Indonesia Tbk ini. Posisi Unilever yang kuat sebagai pemimpin pasar telah diakui melalui berbagai penghargaan nasional dan regional yang diterima oleh perusahaan. Berikut adalah peringkat yang diraih oleh brand-brand Unilever dalam setahun Indonesia Packaging Consumer Award 2005. Tbk. Lifebuoy. Benar. telah tumbuh menjadi perusahaan penyedia consumer product yang mempunyai peran penting di indonesia. Masih ada sederet merek produk lagi yang bila disebutkan satu persatu namanya. Sunsilk. Inggris dan Rotterdam Belanda. Unilever berkantor pusat di Jakarta dan memiliki dua pabrik besar di Cikarang dan Rungkut (Surabaya). ³Saat ini kami memiliki 33 merek dan beroperasi di 13 kategori sementara di seluruh dunia. Unilever memegang 400 brand.V 85 persen dan publik 15 persen. PT. Pabrik di Surabaya utamanya memproduksi sabun sedangkan di Cikarang memproduksi es krim.´ ujar Maurits.Oleh karena itu.´ kata Presiden Direktur PT Unilever Indonesia Tbk. merek-merek yang disebutkan di atas memang hanya sebagian kecil dari merek yang dikembangkan PT Unilever Indonesia Tbk. Sedangkan untuk produk makanan dan ice cream. .

Dalam enam tahun terakhir. tinggal dua orang asing yang menduduki jabatan direksi. ³Indonesia dilihat sebagai permata dari timur oleh Unilever pusat karena pangsa pasarnya memang sangat besar. Saat ini tenaga kerja yang diserap oleh Unilever secara langsung berjumlah 3. ³Saya merangsang anak-anak pergi ke luar negeri sehingga bisa memperkaya pengalaman dan pengetahuan. Total tenaga kerja yang terserap berjumlah 25.´ paparnya. penjualan Unilever di Indonesia bertumbuh dua digit atau diatas 10 persen. Setelah itu diberikan pelatihan selama tiga bulan. ³Tahun 2005 ini. Potensi Tak Kalah Menurut pandangan Maurits. Sampai saat ini Unilever Indonesia telah mengirimkan 18 karyawannya ke luar negeri ada yang ke London. ³Karenanya pemerintah perlu menegakkan aturan main yang jelas karena . Unilever secara rutin merekrut lulusan baru dari universitas terkemuka. pemasaran dan litbang (penelitian dan pengembangan). Unilever menggandeng partner lokal karena pemerintah Cina mengharuskan seperti itu sementara di Thailand. Mereka tidak langsung kerja tetapi ditraining di berbagai bidang seperti manufaktur. Jika diansumsikan satu orang memiliki empat anggota keluarga maka perusahaan menanggung nasib sekitar 100. Rotterdam. Unilever International menguasai saham sepenuhnya. Pesaing dari luar seperti P&G sedangkan pesaing lokal seperti Wings. Sebagai konsekuensinya. mengalahkan Cina. Memang saat ini persaingan di industri barang konsumer sangat ketat baik dari pemain lokal maupun pemain domestik. Mengapa demikian. Banyak produk palsu dan selundupan dari Cina sehingga membuat Unilever tidak kompetitif. Tahun lalu. Saat ini.000 orang. karena kepemimpinan kembali berada tangan orang Indonesia asli setelah bertahun-tahun dipimpin oleh orang asing. Shang Hai (Cina) dan Itali. masyarakat bisa ikut memiliki saham Unilever Indonesia. potensi orang lokal sebenarnya tidak kalah dengan orang asing. Omset penjualan untuk tahun 2004 mencapai US$ 1 miliar. Salah satu kendala yang dihadapi yakni banyak orang Indonesia yang enggan ke luar negeri karena merasa sudah enak berada di Indonesia. Ia mengakui kekuatan Unilever ada pada kualitas sumber daya manusia. Pangsa Terbesar Indonesia saat ini menjadi pangsa pasar kedua terbesar bagi Unilever setelah India. Jepang dan Australia. Bahkan dua orang yang menduduki CEO Unilever di kantor pusat pernah bekerja di Indonesia.000 orang.Menjadi perusahaan terbuka berarti pembayaran pajak lebih jelas dan transparan karena diaudit oleh lembaga yang berkompeten.´ ujar Maurits optimistis. saya perkirakan pertumbuhan penjualan akan meningkat signifikan dan tetap berada di atas dua digit.000 orang ini belum termasuk tenaga kerja tidak langsung. Tantangan terbesar kini dan sangat merugikan adalah maraknya pemalsuan dan penyelundupan. Di Cina. Maurits memang bukan orang lokal pertama yang menjadi presiden direktur tetapi orang ketiga setelah Yamani Hasan (1980an) dan Sri Urip (1990an).´ kata Maurits. Nihal Kaviratne dari India menyerahkan tongkat estafetnya kepada Maurits Lalisang yang sebelumnya menjabat Direktur Corporate Relations. Transisi Tahun 2004 merupakan tahun transisi bagi Unilever Indonesia. Terobosan yang dilakukan Maurits antara lain mengirim ke luar negeri untuk jangka waktu 1-2 tahun sehingga mereka bisa bekerja pada budaya dan lingkungan kerja yang berbeda. Namun Maurits menganggap positif yang namanya persaingan karena akan menimbulkan inovasi dan tidak menyebabkan monopoli di pasar. Thailand.

Sayang. Perlindungan hak cipta perlu dilakukan karena dibutuhkan biaya besar dalam riset dan pengembangan serta biaya iklan. Vitalitas terdapat di dalam produk. makanan yang memuaskan dan makanan kecil yang menyehatkan. Pertumbuhan organik lebih diharapkan. mempunyai rumah yang tetap segar dan bersih. akuisisi hanya akan dilakukan jika bisa mendukung bisnis utama Unilever yang telah ada.´ katanya. Unilever tidak akan keluar dari bisnis utamanya. Ada yang menganggapnya sebagai energi. Hal ini juga sebagai kompensasi rencana penghapusan subsidi BBM di sektor industri. Terkait dengan penghapusan subsidi BBM bagi industri. jutaan orang di seluruh dunia menggunakan produk Unilever setiap hari untuk meningkatkan vitalitas kehidupan mereka ± baik dengan merasa yakin pada diri mereka karena memiliki rambut yang berkilau dan senyum yang cemerlang. . Dalam melakukan akuisisi. ³Unilever tidak akan berniat menguasai industri dari hulu sampai hilir meskipun memiliki kemampuan dari segi pendanaan. Maurits menekankan. kecap Bango tahun 2000 dan Taro tahun 2003. Unilever telah empat kali mengakuisisi merek.´ katanya. Pemerintah harus berani menindak tegas terhadap barang-barang palsu dan selundupan dari Cina yang menggangu industri secara umum. Jepang dan Australia. Ia menekankan. yang lain menganggapnya lebih luas lagi sebagai kondisi badan dan pikiran yang sehat ± merasakan hidup yang berarti. Maurits berpendapat pemerintah perlu membuat infrastruktur yang memadai berupa jalan sehingga pemasaran produk dapat menjangkau ke seluruh wilayah dengan biaya murah. Organik Unilever saat ini memang fokus melakukan pertumbuhan oraganik seperti peningkatan omset penjualan. pasokan gas dari Pertamina tidak konsisten. Trisol. Sepanjang kiprahnya di Indonesia. Whipol) tahun 1998. Vitalitas mempunyai arti yang berbeda bagi masing-masing orang. memproduksi dan memasarkan barang-barang konsumer.dalam bisnis yang penting adalah adanya kepastian usaha dan kepastian hukum. v Menjadi Bergairah dengan Vitalitas Vitalitas adalah inti semua kegiatan Unilever. Total ekspor produk Unilever Indonesia mencapai enam persen dari omset penjualan. Di samping itu. Hal ini dibuktikan dengan pendirian kantor pemasaran Unilever Indonesia ke berbagai negara seperti Singapura. Namun tidak menutup kemungkinan melakukan pertumbuhan anorganik. Sabun Lux buatan Rungkut. tidak perlu injeksi dana kantor pusat. Jika berniat mengurangi konsumsi minyak bumi maka penyediaan gas harus dilakukan pemerintah. Akuisisi teh celup Sari Wangi dilakukan tahun 1990. karyawan dan nilai-nilai Unilever. atau dengan menikmati secangkir teh yang nikmat. laba perusahaan dan menekan struktur biaya. ³Hal ini sering membuat kita sebagai pelaku usaha frustasi karena pemerintah tidak mengambil tindakan tegas. Maurits menekankan. Unilever selalu menggunakan dana keuangan internal. Unilever kini mengganti penggunaan solar ke gas untuk pabriknya di Cikarang.´ ucap Maurits. Yoohan (dengan berbagai merek seperti Molto. Bagaimanapun juga mereka mendefinisikannya. ice cream Wall¶s dan teh Sari Wangi buatan made in Cikarang bisa ditemukan di ketiga negara ini.

Cara Unilever bekerja dan produk-produk yang Unilever kembangkan dibentuk oleh kecenderungan pelanggan. Unilever memusatkan perhatiannya pada sejumlah prioritas yang mencakup gizi anak dan keluarga. kesehatan jantung dan pengendalian berat badan. Permintaan yang terus meningkat akan lebih banyak vitalitas hidup memberi Unilever kesempatan besar untuk tumbuh. v Kesehatan & Nutrisi Misi vitalitas Unilever mengharuskan Unilever untuk menumbuhkan usahanya dengan menangani masalah-masalah kesehatan dan gizi. Vitalitas berarti apa yang harus dipertahankan: nilai-nilai Unilever.Sejak abad 19 ketika William Hesketh Level menyatakan bahwa misi perusahaan adalah ³menciptakan tempat tinggal bersama yang bersih. Rinso dsb. bersama-sama dengan kebutuhan untuk membantu meningkatkan standar kesehatan dan higiene baik di negara-negara berkembang maupun maju di seluruh dunia. Banyak perusahaan yang berhasil karena memiliki reputasi merek. Unilever sangat hati-hati sehingga tujuan perusahaan dengan mudah terpenuhi. Unilever tidak mengalami masalah karena dalam stateginya PT. Bab IV Pemecahan Masalah Dalam hal ini masalah yang dihadapi PT. sehingga dapat membuka distribusi di kota-kota lain bahkan negara-negara lain dengan menarik pelanggan sasaran melalui kekuatan-kekuatan merek yang mereka miliki. Peranan merek bukan lagi sekedar sebagai nama ataupun sebagai pembeda dengan produkproduk pesaing. masyarakat yang Unilever sentuh dan lingkungan yang terpengaruh oleh Unilever.´ vitalitas telah menjadi jantung usaha Unilever. meningkatkan kesehatan dan meningkatkan daya tarik pribadi. Ia biasanya langsung senang dan tanpa berfikir langsung menelpon nomor oknum yang ada dalam kartu undian tersebut. Unilever. apa yang membuat Unilever berbeda. mengurangi beban kerja untuk wanita. v Luar Dalam Budaya Unilever juga menggambarkan vitalitas. Vitalitas merupakan ikatan bersama yang menghubungkan produk-produk Unilever dan merupakan inti Unilever yang tidak ada duanya untuk beroperasi di seluruh dunia. Tbk adalah masalah penipuan yang mengatasnamakan PT. dan bagaimana Unilever memberi sumbangsih kepada masyarakat. Menambah vitalitas hidup memerlukan standar tertinggi perilaku terhadap setiap orang yang berhubungan dengan Unilever. Penipuan seperti ini bagi orang yang mudah tergiur akan sangat merugikan. Unilever. Yaitu dengan menyelipkan kertas undian yang diletakkan didalam produk Unilever seperti shampo. Dalam promosi PT. tetapi sudah menjadi faktor penentu untuk dapat menjadi ³trend setter´ di bidang industri. Dan ujung ujungnya minta transfer uang. hidup lebih menyenangkan dan berarti bagi mereka yang menggunakan produk -produk kami. . Sebuah merek yang telah mencapai ekuitas tinggi merupakan asset yang berharga bagi perusahaan.

Untuk itu. Ini akan mengarah kepada terciptanya kesetiaan yang lebih besar pada merek pertama dan produsen. Unilever sudah menerapkan pola regionalisasi karena Unilever telah memiliki pabrik-pabrik atau juga cabang perusahaan di tiap-tiap negara . atau dengan strategi brand identity. Seuah merek akan sering dihubungkan dengan fungsi dan citra khusus. sekalipun merek-merek yang masuk belakangan berkinerja lebih baik. maka peranan merek dapat diperluas sehingga mampu memberikan asosiasi tertentu dibenek konsumen. Konsumen akan merasa ³familiar´ dengan nama merek yang pertama masuk ke pasar. Merek perlu dipersepsikan sebagai produk yang berkualitas tinggi. mempertahankan dan meningkatkan ekuitas merek bukan pekerjaan mudah. tergantung bagaimana persepsi konsumen terhadap produk itu. yang tidak hanya sabun mandi yang berupa batangan padat tetapi juga berupa sabun mandi cair. karena yang dihadapi adalah ekspektasi pelanggan. Asosiasi merek (brand association) diupayakan dengan slogan. yang merupakan sabun kecantikan pertama yang masuk ke pasaran di Indonesia. Merek dan kwalitas berperan sebagi persepsi yang mempengaruhi keputusan membeli pelanggan. karena nilai merupakan alasan mengapa konsumen menggunakan produk dan tetap setia (loyal). fungsi. sehingga konsumen dapat memahami sebuah produk hanya melalui eksistensi. atau posisi yang diinginkan. Kualitas di mata konsumen lebih bersifat subyektiif. Hal in sangat mahal nilainya karena untuk membangunnya banyak tantangan yang harus dihadapi serta membutuhkan waktu yang sangat lama Bab V Kesimpulan Dan Saran y Kesimpulan Kesimpulan yang dapat diambil dalam makalah ini adalah: y Pendekatan penjualan dan promosi penjualan akan efektif dan efisien apabila dirancang dengan menerapkan pola regionalisasi atau diterapkan di daerah-daerah atau kawasan tertentu. Sabun kecantikan merek Lux memperluas jenis produk sabun mandinya. Contohnya seperti sabun kecantikan merek Lux. Nilai yang didasari merek sering kali didasari pada asosiasi-asosiasi spesifik yang berkaitan dengannya. Kesetiaan pelanggan terhadap merek merupakan salah satu aset merek. Nilai suatu brand yaitu menciptakan semakin banyak komsumen yang setia. konsumen yang setia (loyal) adalah tujuan setiap pemasar. Nilai haruslah menjadi landasan strategi dan taktik. Asosiasi-asosiasi merek seperti Ronald McDonald bisa menciptakan sikap atau perasaan positif yang berkaitan dengan suatu merek. Kesetiaan pelangaan menjadi kunci sukse tidak hanya dalam jangka pendek tetapi keunggulan bersaing yang berkelanjutan. Ketika kemudian jumlah merek yang dikenal konsumen semakin banyak. yaitu menciptakan atribut yang penting sebagai bahan yang dipersepsikan konsumen. citra dan mutu.

2. Unilever ini sangat baik dalam dunia usaha sehingga kendala dan masalah yang dihadapi sangat sedikit dan tidak menjadi masalah besar dalam peusahaan besar ini Strategi Promosi yang dapat dilakukan oleh PT. 4. Contohnya seperti sabun kecantikan merek Lux.y y Strategi-strategi yang ditempuh PT. sehingga konsumen dapat memahami sebuah produk hanya melalui eksistensi. yang merupakan sabun kecantikan pertama yang masuk ke pasaran di Indonesia. Merek perlu dipersepsikan sebagai produk yang berkualitas tinggi. Sabun kecantikan merek Lux memperluas jenis produk sabun mandinya. tergantung bagaimana persepsi konsumen terhadap produk itu. 3. yang tidak hanya sabun mandi yang berupa batangan padat tetapi juga berupa sabun mandi cair. Pemasaran Langsung 1. Sebaiknya diadakan penyuluhan mengenai hal tersebut kepada masyarakat sehingga konsumen tidak merasa dirugikan. citra dan mutu. 5. Kualitas di mata konsumen lebih bersifat subyektiif. Nama : Lirin . dan penanganan serius dalam tindak penipuan kupon tersebut. Unilever yaitu: Periklanan Promosi Penjualan Hubungan Masyarakat dan Publisitas Penjualan Secara Pribadi e. Unilever yaitu mengenai penipuan kupon yang diselipkan dalam produk kemasan. fungsi. Kesetiaan pelangaan menjadi kunci sukse tidak hanya dalam jangka pendek tetapi keunggulan bersaing yang berkelanjutan. Sangat baik dalam dunia usaha sehingga patut ditiru perusahaan lain disamping kualitas yang bagus v Saran Dalam masalah yang dihadapi PT.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful