TITIK BERAT

Kegiatan 1

A. Tujuan

Menentukan bahwa titik berat pusat massa benda luasan terletak pada garis berat.

B. Dasar Teori

Semua benda di bumi mempunyai berat. Berat suatu benda dapat dianggap terkonsentrasi pada satu titik yang disebut pusat gravitasi atau titik berat. Pada titik berat ini gaya-gaya yang bekerja menghasilkan momen resultan sama dengan nol. Karena itulah benda yang di tumpu pada titik beratnya akan berada dalam keseimbangan statik. Dengan kata lain titik berat adalah titik tangkap dari semua gaya yang bekerja.

C. Alat dan Bahan

• • • • • •

Karton tebal Paku Benang Beban Klem + statif Penggaris

D. Cara Kerja 1. Siapkan benda yang bentuknya sembarang berikut benang dan statif sebagai tempat untuk menggantung benda dalam berbagai posisi bebas. 2. Dengan menggunakan tali/benang , benda kita gantungkan pada sebuah titik A pada bagian tepinya. Jika benda dalam

Jadi. • Pusat gravitasi dan titik berat benda terletak pada garis Cc karena jarak benda dari pusat bumi tidak dipindahkan dari keadaan semula sehingga pusat gravitasi bumi tetap sama. Buatlah garis Cc dengan langkah seperti pada nomor 2. dan Cc merupakan garis berat benda. E. • Titik berat benda terletak pada garis Aa. pusat gravitasi harus terletak lurus ke bawah titik gantung A. Gantungkan benda itu lagi pada titik lain di B pada tepinya. • Pusat gravitasi dan titik berat benda terletak pada garis Bb karena pusat gravitasi benda akan sama jika jaraknya dengan pusat bumi tidak dipindahkan. 4. 3. Kesimpulan Pusat massa adalah titik perpotongan antara garis yang telah dihubungkan oleh tiap-tiap sisi yang merupakan pusat gravitasi. . Buatlah garis Bb dengan langkah seperti pada nomor 2. Dan garis Aa . titik berat terletak pada Aa (garis Aa adalah garis perpanjangan tali penggantung benda. Analisis Data • Aa. Bb. dan Cc akan berpotongan di satu titik yakni titik O. Bb. hal ini membuktikan titik O adalah pusat massa. F. yang berada di tengah . Gantungkan benda itu pada sembarang titik lain di C.keadaan diam.

w3 .Benda dapat dibagi sejumlah besar paritikel – partikel kecil. ( x3 .Tapi Bagaimana dengan yang berbentuk tidak beraturan.Kegiatan 2 A. pertimbangkan bahwa benda terletak pada sumbu XY. Ada 2 cara yaitu. B.. y 3 ).. Tujuan Membuktikan bahwa garis berat membagi benda menjadi dua bagian dimana jumlah partikel sebelah menyebelah garis berat sama beratnya. Dasar Teori Kita dapat dengan mudah menemukan titik berat benda homogen yang berbentuk beraturan.. y1 ). Memiliki koordinat ( x1 . ( x 2 . y 2 ). w2 . dengan berat masing – masing partikel adalah w1 .. percobaan dan secara kuantitatif Secara kuantitatif. Tiap Partikel .

E. C. 3. ∑ wi xi = w1 + w2 + w3 . Alat dan Bahan • Potongan karton pada kegiatan 1 • Neraca Ohaus D. w2 x 2 .Misalnya terhapap titik pusat koordinat O sebagai w1 x1 . xG = w1 x1 + w2 x 2 + w3 x3 . ∑ wi y i = ∑ wi w1 + w2 + w3 . 3 dan 4 untuk tiap potongan dari bangun pertama dan catat hasilnya pada tabel 2 dan 3.. Ulangi langkah 2. Carilah garis berat bangun homogen itu dengan prosedur yang ditunjukkan pada kegiatan 1.. 4. Hasil Percobaan Tabel 1 Massa Bagian 1 1. 2... . Timbanglah masing-masing bagian dengan neraca Ohaus dan catat hasil penimbangan pada tabel 1.37 gram .. Cara Kerja 1..Dengan poros yaitu... ∑ wi yG = w1 y1 + w2 y 2 + w3 y 3 .37 gram Masa Bagian 2 1.. hasil kali antara gaya grafitasi dengan lengan demikian titik berat benda juga dapat diuraikan dam koordianat xG dan yG. Potonglah bangun tersebut menjadi dua bagian melalui garis berat tersebut..menyumbang torsi torsinya.

Tabel 2 Massa Bagian 1a 0.67 gram Massa Bagian 2b 0.61 gram Massa Bagian 1b 0.m/s2 .566 gram.67 gram Tabel 3 Massa Bagian 2a 0.61 gram x 9. Analisis Data Berat bagian 1a w =mxg = 0.566 gram.65 gram F.m/s2 Berat bagian 2a w =mxg = 0.978 gram.m/s2 Berat bagian 2b w =mxg = 0.8 m/s2 = 6.65 gram x 9.8 m/s2 = 6.67 gram x 9.8 m/s2 = 5.m/s2 Berat bagian 1b w =mxg = 0.8 m/s2 = 6.67 gram x 9.370 gram.

H. Kesimpulan Garis berat akan membagi bidang menjadi 2 dengan berat yang sama besar. Referensi .G.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful