RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas Semester Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator

: 6. : 6.3 : : : : SMPN 1 Tambakboyo Matematika VII (Tujuh) 2 (Dua)

Memahami konsep segiempat dan segitiga serta menentukan ukurannya. Menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah menghitung menghitung luas menghitung menghitung luas menghitung menghitung luas

: 6.3.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling bangun persegi panjang 6.3.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun persegi panjang 6.3.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling bangun persegi 6.3.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun persegi 6.3.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling bangun belah ketupat 6.3.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun belah ketupat : 2 jam pelajaran (1 pertemuan).

Alokasi Waktu A. Tujuan Pembelajaran

1.

Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan menghitung keliling

bangun persegi panjang

2. Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan menghitung luas bangun
persegi panjang

3. Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan menghitung keliling bangun
persegi

4. Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan menghitung luas bangun
persegi

5. Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan menghitung keliling bangun
belah ketupat

6. Peserta didik dapat Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan menghitung luas bangun
belah ketupat B. Materi Ajar

1. Persegi panjang 2. Persegi 3. Belah ketupat

siswa mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan menghitung keliling dan luas bangun persegi. Guru menanyakan kepada sifat-sifat persegi c. siswa mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan menghitung keliling dan luas bangun belah ketupat Guru membagi siswa dalam kelompokkelompok beranggotakan 5-6 siswa untuk berdiskusi 23 8 . Pendahuluan (20 menit) Aktivitas Guru Aktivitas Siswa Waktu (menit) 17 Guru membuka pelajaran dengan cara memotivasi siswa seperti kegunaan mempelajari bangun persegi panjang. belah ketupat Guru mengingatkan kembali dengan prasyarat misalnya: a. Guru menanyakan kepada sifat-sifat belah ketupat d. Sumber Belajar Buku paket matematika SMP dan MTs kelas VIII E.C. Guru menanyakan kepada pengertian persegi f. Guru menanyakan kepada sifat-sifat persegi panjang b. Metode Pembelajaran Reciprocal teaching D. Guru menanyakan kepada pengertian persegi panjang e. persegi. Guru menanyakan kepada pengertian belah ketupat materi siswa siswa siswa siswa siswa siswa 7 Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai yaitu siswa mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan menghitung keliling dan luas bangun persegi panjang. Langkah-langkah Kegiatan I.

Daftar Pustaka Nuharini Dewi.II. 2008. keliling dan luas belah ketupat Waktu (menit) 17 8 . guru member penguatan III.Matematika Konsep dan Aplikasinya untuk kelas VII SMP dan MTs. Jakarta:Pusat perbukuan. guru berkeliling untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan Guru meminta siswa untuk membuat rangkuman dari materi yang telah dibaca Selama siswa membuat rangkuman. Kegiatan inti (55 menit) Aktivitas Guru Guru meminta siswa membaca buku paket tentang keliling dan luas persegi panjang. keliling dan luas persegi. Aktivitas Siswa Siswa mendengarkan penjelasan guru Siswa mendengarkan penjelasan guru Waktu (menit) 3 2 Siswa membuat pertanyaan /soal yang berkaitan dengan materi. memprediksi dengan cara mengerjakan LKS 1 Guru meminta siswa untuk mengklarifikasi dengan menunjuk salah satu siswa berperan menjadi siswa-guru menjelaskan LKS1 kedepan Selama siswa-guru menjelaskan LKS 1. keliling dan luas belah ketupat Selama siswa membaca buku. Penutup (5 menit) Aktivitas Guru Guru memberikan soal-soal kemudian menyimpulkan materi Guru memberikan informasi kepada siswa untuk mempelajari materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya F. Penilaian Teknik Penilaian : tes tertulis Bentuk instrument: soal uraian G. Tri Wahyuni. keliling dan luas persegi.memprediksi dan mengklarifikasi dengan cara mengerjakan LKS 1 secara berkelompok Siswa yang ditunjuk menjelaskan LKS 1 kedepan dan siswa yang lain memperhatikan penjelasan siswa-guu 23 Siswa membuat rangkuman dari materi yang telah dibaca 7 Aktivitas Siswa Siswa membaca buku paket tentang keliling dan luas persegi panjang. guru berkeliling untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan Guru meminta siswa membuat pertanyaan /soal yang berkaitan dengan materi.Departemen Pendidikan Nasional.

Langkah-langkah Kegiatan I. Menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah :6.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas Semester Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : 6. Pendahuluan (20 menit) Aktivitas Guru Aktivitas Siswa Waktu (menit) 17 7 Guru membuka pelajaran dengan cara memotivasi siswa Guru mengingatkan kembali dengan materi prasyarat misalnya: a. trapesium C. A.3 : : : : SMPN 1 Tambakboyo Matematika VII (Tujuh) 2 (Dua) Memahami konsep segiempat dan segitiga serta menentukan ukurannya. Materi Ajar Jajar genjang. D.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan menghitung keliling dan luas segi empat Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (1 pertemuan). Guru menanyakan kepada . Sumber Belajar Buku paket matematika SMP dan MTs kelas VIII E. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan menghitung keliling dan luas segi empat B.3. layang-layang. : 6. Metode Pembelajaran Reciprocal teaching dan pemberian soal.

membuat pertanyaan /soal yang berkaitan dengan materi. Guru menanyakan kepada siswa pengertian belah ketupat Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan menjelaskan bahwa pembelajaran yang akan digunakan adalah pembelajaran terbalik (reciprocal teaching) yang bertujuan untuk menanamkan strategi pemahaman mandiri yang khusus yaitu merangkum.siswa sifat-sifat jajar genjang b. Guru menanyakan kepada siswa pengertian trapesium f. Guru menanyakan kepada siswa pengertian layang-layang e. memprediksi dengan cara mengerjakan LKS 2 Guru menunjuk salah satu siswa berperan menjadi siswa-guru untuk mengerjakan kedepan dengan mengikuti langkahlangkah: Menjelaskan materi. Guru menanyakan kepada siswa sifat-sifat layang-layang c.memprediksi dan mengklarifikasi dengan cara mengerjakan LKS 2 Siswa yang ditunjuk menjelaskan materi kedepan dan siswa yang lain memperhatikan penjelasan siswa-guru 25 Aktifitas siswa Siswa membaca buku paket tentang keliling dan luas persegi panjang. keliling dan luas layang-layang. mengklarifikasi dan memprediksi Guru membagi siswa dalam kelompokkelompok beranggotakan 5-6 siswa untuk berdiskusi 23 8 II. Kegiatan inti (55 menit) Aktifitas Guru Guru meminta siswa membaca buku paket tentang keliling dan luas jajar genjang. keliling dan luas persegi. membuat pertanyaan /soal yang berkaitan dengan materi. guru berkeliling untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan Guru meminta siswa membuat rangkuman. membuat soal yang Siswa membuat rangkuman. bertanya. keliling dan luas belah ketupat Waktu (menit) 15 15 . Guru menanyakan kepada siswa sifat-sifat jajar genjang d. keliling dan luas trapesium Selama siswa membaca buku.

Penilaian Teknik Penilaian : tes tertulis Bentuk instrument: soal uraian G.Matematika Konsep dan Aplikasinya untuk kelas VII SMP dan MTs. Penutup (5 menit) Guru memberikan informasi akan diadakannya tes berpikir kreatif Guru memberikan informasi kepada siswa untuk mempelajari materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya Siswa mendengarkan penjelasan guru Siswa mendengarkan penjelasan guru 3 2 F. guru berkeliling untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan. Jakarta:Pusat perbukuan. Siswa memperhatikan penjelasan siswaguru III. . 2008. Tri Wahyuni. Daftar Pustaka Nuharini Dewi.berkaitan dengan materi serta penyelesaian dan memprediksi Selama siswa-guru menjelaskan materi.Departemen Pendidikan Nasional.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful