BAB I PENDAHULUAN

Ilmu merupakan kata yang berasal dari bahasa Arab, masdar dari µalima ± ya¶lamu yang berarti tahu atau mengetahui. Dalam bahasa Inggeris Ilmu biasanya dipadankan dengan kata science, sedang pengetahuan dengan knowledge. Dalam bahasa Indonesia kata science umumnya diartikan Ilmu tapi sering juga diartikan dengan Ilmu Pengetahuan, meskipun secara konseptual mengacu pada makna yang sama. Untuk lebih memahami pengertian Ilmu (science) di bawah ini akan dikemukakan beberapa pengertian :
y

Ilmu adalah pengetahuan tentang sesuatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode-metode tertentu yang dapat digunakan untuk menerangkan gejalagejala tertentu dibidang (pengetahuan) itu (Kamus Besar Bahasa Indonesia) ³Science is knowledge arranged in a system, especially obtained by observation and testing of fact (And English reader¶s dictionary) ³Science is a systematized knowledge obtained by study, observation, experiment´ (Webster¶s super New School and Office Dictionary) Dari pengertian di atas nampak bahwa Ilmu memang mengandung arti pengetahuan,

y

y

tapi pengetahuan dengan ciri-ciri khusus yaitu yang tersusun secara sistematis atau menurut Moh Hatta (1954 : 5) ³Pengetahuan yang didapat dengan jalan keterangan disebut Ilmu´.

1

atau minimal menunjukkan sikap lunak dan mencari simpati agar slogan sloga kafir mereka tidak berbenturan dan melunaki perasaan umat Islam. b) Sejak Kaisar Constantine memaklumatkan perlindungan pada agama Nasrani pada tahun 324 M dan gereja pun diberi kekuasaan. Munculnya paham ini diakibatkan beberapa sebab dan kondisi yang mendorong para tokoh reformasi. pada asalnya merupakan kata bentukan dari kata al ilmu. Dengan mengangkat slogan ini. mereka seringkali menutupi hal itu dengan slogan-slogan busuk. para propagandisnya menghendaki supaya undang-undang negara. bahwa tujuan pelemparan ide. sosial. selama rentang waktu tiga abad setelah kelahiran Al-Masih. dan mereka juga tidak mau ikut campur dalam masalah politik dan pemerintahan. paham ini muncul di negara-negara Barat pada abad pertengahan. ³Berikan apa yang menjadi hak Kaisar kepada Kaisar dan apa yang menjadi hak Tuhan kepada Tuhan´. gereja pada kala itu berani mengumumkan Perang Salib dan memerangi siapa saja yang enggan tunduk dibawah gereja. lembaga-lembaga peradilan dan semua institusinya berjalan menurut prinsip ilmiah. maka mulai tahun itu gereja memiliki pengaruh kekuasaan yang demikian transparan. Catatan sejarah menyatakan. yang tercermin dalam sifat cinta kasih.BAB II PEMBAHASAN a) Sejarah kelompok sekuler Kata al-¶ilmaniyah. para penulis. media massanya. memberikan bagian kaisar untuk kaisar dan bagian Tuhan untuk Tuhan. Akibat kekuasaan yang disalahgunakan oleh gereja. para penganut agama Nasrani menyeru manusia kepada ajaran Al-Masih. dalam kitab mereka. Hal itu dapat dilihat dari lapangan politik. Injil Matta (Mathius). dan pemikiran ketika itu. pemikiran dan gagasan ini adalah untuk menolak tuduhan sekuler pada mereka dan untuk menunjukkan bahwa mereka bukan kaum atheis. Karena. Mereka berupaya memasukkan kaum paganis dan pemeluk agama Yahudi ke dalam kandang gembalaannya melalu i dakwah secara damai dan penyampaian nasehat yang baik. Pengeritan kata al-ilmaniyah ialah umat berjalan di atas jalan yang tidak ada hubungannya dengan agama atau memisahkan agama dari negara. Tak diragukan lagi. kelembutan dan kasih sayang. sedikitnya 9 juta jiwa manusia meninggal akibat mereka bunuh. dijelaskan. dasar pijakan rasio. Dengan pengaruh kekuasaan tersebut. apa sebenarnya penyebab dan kondisi yang mendorong kaum sekuler di negeri-negeri Barat mengusung slogan sekulerisme dan menuntut pemisahan antara negara dan agama? Diantara penyebab dan pendorongnya adalah sebagai berikut : a) Dalam sejarah. Akan tetapi. 2 . aturan-aturan buatan manusia dan hukum positif tanpa ada campur tangan dan pengaruh apapun dari agama tanpa keterlibatan sama sekali dari para ahli fiqh Islam. dan para penyeru ide pemikiran baru di Barat saat itu mengadopsi paham itu dan menyebarkannya serta mendesak para penguasa dan orang -orang yang berpengaruh supaya menerapkan dan mengimplementasikan paham ini semaksimal mungkin.

2. Prinsip tersebut lahir akibat pelanggaran dan penyelewengan yang telah dilakukan oleh gereja. Dalam seruan revolusi tersebut. 6. emansipasi wanita dan lainnya. Meyakinkan genarasi umat bahwa Islam berlaku diskriminatif terhadap wanita dengan mewajibkan hijab.kebangsaan. berdiamlah di tempat-tempat peribadatan kalian dan jangan melakukan hal-hal yang melebihi ajaran yang dibawa Al-Masih´. jika mau menerima pikiran-pikiran mereka dan bergabung dalam organisasi-organisasi mereka. memerintah supaya tinggal di rumah. Memikat orang yang menaruh kekaguman terhadap peradaban Barat atau prinsipprinsip dunia Timur dengan mengatakan bahwa dunia Barat atau Timur tidak mencapai puncak kejayaan dan kekuatan kecuali setelah melemparkan agama ke belakang dan mengungkungnya di antara dinding-dinding rumah peribadatan. Maka sejak saat itu. Cara dan Metode Mensekulerkan Negara Cara-cara yang digunakan oleh orang-orang sekuler dalam mensekulerkan negara berkisar pada 5 hal berikut: a) Menyusupkan fikrah-fikrah ladiniyah Tak diragukan lagi bahwa pemerintahan-pemerintahan sekuler ini mempunyai jaringan kaki tangan dan lapisan propagandis yang cerdik dan pandai membuat tipu muslihat serta dibekali dengan berbagai cara penipuan dan penyesatan yang dapat mempengaruhi keyakinan dan moral anak bangsa.Akibat kekejaman gereja. Dan mereka menjadikan temu muka antara pria dan wanita sebagai suatu perkara yang biasa dan umum. membedakan bagian warisan dengan kaum lelaki. ³Kembalilah ke posisi kalian semula. 4. Membangun opini bahwa mengekang dorongan syahwat dan nafsu birah akan menimbulkan penyakit jiwa dan syaraf pada generasi muda. Selalu menggunakan slogan palsu setiap saat. revolusi. maka solusinya adalah dengan menyalurkannya di tempat-tempat pemuas syahwat dan tempat-tempat hiburan. diumumkanlah di negeri-negeri Eropa prinsip ³Pemisahan agama dari negara´. Mendorong kaum muda ke arah pergaulan bebas dan menjalin persahabatan dengan dalih bahwa dengan cara itu dapat menurunkan dorongan syahwat. bangkitlah para pemikir dan tokoh melakukan perlawanan terhadap dogma-dogma gereja. Diantara cara-cara utama yang ditempuh oleh para propagandis sekulerisme dalam melakukan perusakan dan penyesatan adalah: 1. dan lain sebagainya. terjadilah Revolusi Prancis menuntut gereja supaya tidak ikut campur dalam urusan pemerintahan. 3. atas nama 3 . terkadang nasionalisme. Sehingga pada tahun 1789. Memberikan iming-iming jabatan. pangkat kepada para pelajar setelah lulus sekolah. 5.

Agar harakah-harakah Islam itu tidak dapat mencapai tujuannya mengembalikan kejayaan Islam dan menegakkan hukum Islam di muka bumi. Untuk merealisasikan itu semua. teroris dan lain sebagainya. Diantara cara-cara dan alasanalasan mereka yang paling populer adalah melemparkan tuduhan dan menyebarkan fitnah. untuk tujuan itu mereka berupaya menumbuhkan generasi Islam yang kosong dari aqidah dan akhlaq. dan pemerintahan-pemerintahan bonek berusaha mengarahkan negeri-negeri Islam menjadi sekuler dan menjauhkan perundang-undangan Islam dari panggung kehidupan. Agar generasi Islam mau menerima ideologi Barat atau Timur tanpa sadar. hancur kepribadian dan eksistensinya. Agar kaum muslimin tidak dapat kembali menggalang kesatuan Islam yang saling mengokohkan dan mengembalikan kepemimpinannya atas dunia dan mengembalikan eksistensi politiknya yang besar. 3. mencap sebagai gerakan radikal.b) . 4 . Akan tetapi Allah tidak menghendaki selain menyempurnakan cahaya agama-Nya. Agar arus shahwah Islam tidak menyebar di kalangan generasi Islam seperti jalannya cahaya dalam kegelapan dan agar arus kebangkitan tersebut tidak tumbuh berkembang di berbagai penjuru negeri-negeri Islam. 4. menumpas harakahharakah Islam yang mengajak berhukum kepada Islam dengan menggunakan berbagai macam cara dan dalih untuk menumpasnya dan melenyapkannya. goyah kepercayaannya terhadap sejarah dan keagungan Islam. 5. 2. Menuduh harokah-harakah Islam melakukan persekongkolan untuk merubah sistem negara. c) Memberlakukan Undang-Undang Positif Setelah dihapuskannya khilafah tahun 1924 M melalui tangan antek musuh Islam. meski orang-orang sekuler dan murtad tidak menyukainya. Kamal Ataturk. tanpa penentangan. maka pemerintah-pemerintah sekuler bertekad dan berupaya gigih memerangi para da¶i yang menyeru ke jalan Allah. Memadamkan gerakan-gerakan Islam Hal-hal yang mendorong mereka memusuhi dan memerangi harakah-harakah Islam adalah: 1. maka berakhirlah pemerintahan Islam di sebagian besar negeri negeri Islam. tanpa kritik dan tanpa jihad. d) Menentukan Sistem Pendidikan Tujuan penentuan sistem pendidikan ini supaya generasi muda yang terpelajar mempunyai persepsi ladiniyah. sehingga umat Islam pun terpecah belah. Agar kekuatan super power dunia tidak kehilangan hegemoni politik ekonomi dan militernya di negeri-negeri Islam.

5 . namun hakikatnya sama. yakni bahwa ilmu pengetahuan umum yang mereka kembangkan tidak terlepas dari ilmu agama atau tidak terlepas dari nilainilai Islam. pada diri manusia yang menformat pandangan dunianya. tetapi menambahkan ke dalam hasil-hasil penyelidikan yang mereka lakukan sendiri dalam lapangan ilmu pengetahuan dan hasil pikiran mereka dalam ilmu filsafat. Ketiga. Karena itu teologi pada ujungnya akan mempunyai implikasi yang sangat sosiologis. ilmu pengetahuan harus dikembangkan dalam kerangka yang integral. yakni sama-sama sebagai tanda kekuasaan Allah swt. Hal ini sesuai dengan apa yang terjadi dalam sejarah di abad klasik di mana para . Dengan pandangan yang demikian itu. karena dorongan al Qur¶an untuk mempelajari fenomena alam dan sosial tampak kurang diperhatikan. Hal ini mesti diimbangi dengan perintah mengabdi kepada Allah swt dalam arti yang luas. baik dalam bidang ilmu pengetahuan agama maupun pengetahuan umum. Lebih tegasnya adalah teologi yang memunculkan kesadaran. Keempat. mengucapkannya dengan lisan dan mengamalkannya dengan tingkah laku. ilmu pengetahuan dalam Islam hendaknya dikembangkan dalam rangka bertakwa dan beribadah kepada Allah swt. sebagai akibat dan dakwah Islam yang semula lebih tertuju untuk memperoleh keselamatan di akhirat. maka tidak ada lagi perasaan yang lebih unggul antara satu dan lainnya. yakni bahwa antara ilmu agama dan ilmu umum walaupun bentuk formalnya berbeda-beda. menurut Syamsul Arifin (1996:21) didasarkan pada beberapa prinsip sebagai berikut: Pertama. termasuk mengembangkan iptek. yang kemudian menurunkan pola sikap dan tindakan yang selaras dengan pandangan dunia itu. dunia Islam telah memainkan peran penting. melainkan teologi yang menyangkut aktivitas mental berupa kesadaran manusia yang paling dalam menyangkut hubungan manusia dengan Tuhan. ilmuwan yang mengembangkan ilmu pengetahuan adalah pribadi-pribadi yang senantiasa taat beribadah kepada Allah swt. Konsep ajaran Islam tentang pengembangan ilmu pengetahuan yang demikian itu. maka akan dapat diperoleh keuntungan yang berguna untuk mengatasi problem kehidupan masyarakat modern sebagaimana tersebut di atas. ilmu pengetahuan harus dikembangkan oleh orang-orang Islam yang memiliki keseimbangan antara kecerdasan akal. Para ilmuwan tersebut memiliki pengetahuan yang bersifat integrated. yakni sejak zaman Nabi Muhammad saw sampai dengan akhir masa Daulah Abbasiyah di Baghdad. ilmu pengetahuan dalam Islam dikembangkan dalam kerangka tauhid atau teologi. Hal ini penting ditegaskan. Dalam hubungan ini Harun Nasution (1979:71) mengatakan bahwa cendekiawan-cendekiawan muslim bukan hanya ilmu pengetahuan dan filsafat yang mereka pelajari dari buku-buku Yunani. Yakni teologi yang bukan semata-mata meyakini adanya Tuhan dalam hati. Kedua. yakni suatu matra yang paling dalam. Pada masa ini.b) ilmu pengetahuan dalam pandangan islam Ilmu pengetahuan mengalami kemajuan yang pesat di dunia Islam pada zaman klasik (670-1300 M). lingkungan dan sesamanya. sekaligus antropologis. kecerdasan emosional dan spiritual yang dibarengi dengan kesungguhan untuk beribadah kepada Allah swt dalam arti yang seluasluasnya. Dengan menerapkan keempat macam strategi pengembangan ilmu pengetahuan tersebut.

´ Ayat ±ayat trersebut .c) Kedudukan ilmu dalam Islam Ilmu menempati kedudukan yang sangat penting dalam ajaran islam .sehingga posisi yang tinggi dihadapan ALLah akan tetap terjaga. Al quran dan Al ±sunah mengajak kaum muslim untuk mencari dan mendapatkan Ilmu dan kearifan . sebagai salah satu wahana menambah ilmu .sehingga akan tumbuh rasakepada ALLAH bila melakukan hal-hal yang dilarangnya. Yang mengajar (manusia ) dengan perantara kala .. hal inisejalan dengan firman ALLAH: ³sesungguhnya yang takut kepada allah diantara hamba ±hambanya hanyaklah ulama (orang berilmu) . hal ini terlihat dari banyaknya ayat AL qur¶an yang memandang orang berilmu dalam posisi yang tinggi dan mulya disamping hadis-hadis nabi yang banyak memberi dorongan bagi umatnya untuk terus menuntut ilmu. Keimanan yang dimiliki seseorang akan menjadi pendorong untuk menuntut ILmu . seprti tercantum dalam AL qur¶an sursat Thaha ayayt 114 yang artinya ³dan katakanlah. dengan demikian nampak bahwa keimanan yang dibarengi denga ilmu akan membuahkan amal . Didalam Al qur¶an . yang berearti juga rasa takut kepeada ALLah akan menjiwai seluruh aktivitas kehidupan manusia untuk melakukan amal shaleh .serta menempatkan orang-orang yang berpengetahuan pada derajat tinggi¶¶. µ¶Salah satu ciri yang membedakan Islam dengan yang lainnya adalah penekanannya terhadap masalah ilmu (sains).dan Ilmu yang dimiliki seseorang akan membuat dia sadar betapa kecilnya manusia dihadapan ALLah . (surat faatir:28). Dia telah menciptakan Kamu dari segummpal darah . ALLah s. sebagaimana terlihat dari firman ALLah yang pertama diturunkan yaitu surat Al Alaq ayat 1sampai dengan ayat 5 yang artuinya: ³bacalah dengan meyebut nama tuhanmu yang menciptakan. dalam hubungan inilah konsep membaca.t berfirman dalam AL qur.menjadi sangat penting.untuk terus membaca . AL qur¶an juga mendorong umat islam untuk berdo¶a agar ditambahi ilmu.¶an surat AL Mujadalah ayat 11 yang artinya: ³ALLAH meninggikan baeberapa derajat (tingkatan) orang-orang yang berirman diantara kamu dan orang-orang yang berilmu (diberi ilmupengetahuan). tuhanku . Disamping ayat ±ayat Qur¶an yang memposisikan Ilmu dan orang berilmu sangat istimewa. 39) sebagai berikut . Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahui. Bacalah.sehingga 6 . jelas merupakan sumber motivasi bagi umat islam untuk tidak pernah berhenti menuntut ilmu. kata ilmu dan kata-kata jadianya di gunakan lebih dari 780 kali .w.tambahkanlah kepadaku ilmu penggetahuan ³.dan tuhanmulah yang paling pemurah.d islam telah sejak an awal menekeankan pentingnya membaca . sehingga dapat menjadi ciri penting dariagama Islam sebagamana dikemukakan oleh Dr Mahadi Ghulsyani9(1995. ini bermakna bahwa ajaran Islam sebagaimana tercermin dari AL qur¶an sangat kental dengan nuansa nuansa yang berkaitan dengan ilmu.dan ALLAH maha mengetahui apa yang kamu kerjakan´ ayat di atas dengan jelas menunjukan bahwa orang yang beriman dan berilmu akan menjadi memperoleh kedudukan yang tinggi.

maka menuntut ilmu adalah ibadah. mengkajinya adalah jihad. t :44 ) : ³Carilah ilmu walai sampai ke negri Cina . maka kedudukannya sama dengan seseorang yang melihat barang perhiasan orang lain. Isnadnya hasan. 7 . Ibnu Majah dari Abu Hurairah). Rasulullah saw bersabda: ³Barangsiapa yang mendatangi masjidku ini. banyak juga hadis yang memberikan dorongan kuat untuk menuntut Ilmu antara lain hadis berikut yang dikutip dari kitab jaami¶u Ashogir (JalaludinAsuyuti. manusia akan mengenal Allah dan menyembah-Nya. Dan siapa yang datang untuk maksud selain itu. maka kedudukannya sama dengan mujahid di jalan Allah.´ (HR. Timidzi). dan disahihkan oleh Ibnu Hibban. sesungguhnya Malaikat akan meletakan sayapnya bagi penuntut ilmu karena rela atas apa yang dia tuntut ³(hadist riwayat Ibnu Abdil Bar). yang dia tidak mendatanginya kecuali untuk kebaikan yang akan dipelajarinya atau diajarkannya. memahaminya adalah wujud takut kepada Allah. karena sesungguhnya menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim . Allah meninggikan derajat segolongan manusia atas lainnya dan menjadikan mereka pelopor peradaban. Mengingat kedudukannya yang penting itu. maka dia berada di jalan Allah sampai dia kembali. Rasulullah saw juga bersabda: ³Barangsiapa yang pergi menuntut ilmu. mengajarkannya adalah sedekah dan mengingatnya adalah tasbih.´ (HR.karena sesungguhnya menuntut ilmu itu wajib bagisetuap muslim¶´(hadis riwayat Baihaqi). Dengan ilmu. Di samping ayat ±ayat AL qur´an.Nurcholis Madjd (1992: 130) meyebutkan bahwa keimanan dan amal perbuatan membentuk segi tiga pola hidup yang kukuh ini seolah menengahi antara iman dan amal . Dari hadist tersebut di atas . Dengan ilmu. semakin jelas komitmen ajaran Islam pada ilmu . Dengan ilmu. mereka akan bertauhid dan memuja-Nya. t.dimana menuntut ilmu menduduki posisi fardhu (wajib) bagi umat islam tanpa mengenal batas wilayah. ³Carilah ilmu walau sampai ke negeri cina.

Maka dengan konsep pendidikan seperti ini. Dalam Fathul Barri disebutkan bahwa: Allah meninggikan derajat orang mu'min yang 'alim dari pada orang mu'min yang tidak 'alim. Sehingga terjadi korelasi antara aktivitas pendidikan.d) Tujuan ilmu pengetahuan dalam Islam dan pengaruhnya terhadap keimanan seseorang Allah melengkapi manusia dengan pendengaran. menambah keimanan seseorang kapada sang pencipta yaitu ALLAh SWT. Keutamaan disini dimaksud bahwa orang yang beribadah dengan ilmu dengan orang yang beribadah tanpa tahu ilmunya akan berbeda nilainya dari segi pahala yang diperoleh. akal dan hati. harus ditunjukkan dan didefinisikan kewajiban tujuan seorang muslim dalam kehidupan di dunia ini. Namun ilmu saja tanpa amal adalah junun (gila) dan amal saja tanpa ilmu adalah takabbur (sombong). Allah melalui kitabNya Al-Qur'an telah menegaskan bahwa semuanya akan kembali kepada pencipta. Jadi Ilmu dapat diperoleh dengan pendengaran penglihatan kemudian diproses dalam fikiran sedangkan hati untuk menimbang apakah ilmu itu dapat mendekatkan diri pada Allah atau bahkan menjauhkan. Jadi tujuan ilmu pengetahuan dalam Islam yang sebenarnya adalah bahwa Ilmu itu untuk medekatkan diri pada Allah. keimanan harus ditanamkan dengan ilmu. Sedangkan takabbur berarti tanpa memperdulikan aturan dan kaedahnya. tetapi juga mencakup setiap ilmu yang berguna bagi manusia bagi manusia. baik pada dirinya sendiri. maka ilmu akan menjadi penghalang besar. orientasi dan tujuannya. penglihatan. Maka dalam pendidikan Islam. lingkungannya. Di dalam Al-Qur'an Allah juga berfirman bahwa derajat orang yang berilmu sangat tinggi melebihi seorang 'abid (orang ahli yang beribadah). Ta¶dib berarti proses pembentukan adab pada diri peserta didik. Junun berarti berjuang berdasarkan tujuan yang salah. gurunya maupun pada Penciptanya. 8 . jika tidak. akan menghasilkan pelajar yang beradab. Segala sesuatu yang mendekatkan kepada Tuhan dan petunjuk-petunjuk pada arah tersebut adalah terpuji. Untuk melakukan hal itu. Ilmu hanya berguna jika dijadikan alat untuk medekatkan kepada Allah. Allah berfirman dalam surat al maidah ayat 11: ( Yang artinya: Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. meskipun tujuannya benar. Inilah sejatinya konsep integritas pendidikan dalam Islam yang berbasis ta¶dib. dan amal mesti berdasarkan ilmu. Dalam pendidikan Islam dapat dibuktikan bahwa perintah Al-Qur'an dan Hadist tentang menuntut ilmu tidaklah terbatas pada ajaran-ajaran syari'ah tertentu. ilmu harus berdimensi iman. contohnya melalui ilmu tentang bumi (bagimana langit diciptakan) membuat kita semakin menambah keimanan kita pada Allah bahwa ALLAH maha kuasa yang dapat menciptakan bumi dan seisinya dengan begitu sempurna. Dengan demikian tujuan manusia adalah mendekatkan diri kepada Allah dan memperoleh ridho-Nya.

Isnadnya hasan. Singkatnya seorang hamba tidak akan dekat kepada tuhannya jika tidak memiliki ilmu pengetahuan. Dengan ilmu pengetahuan.siapa yang menciptakan bumi.´ (HR. termasuk siapa yang menciptakannya. maka kedudukannya sama dengan mujahid di jalan Allah. 9 . maka kedudukannya sama dengan seseorang yang melihat barang perhiasan orang lain. seorang hamba juga dapat menjadi seorang mujahid di jalan ALLAH sehingga di hari akhir nanti hamba dapat dekat dengan Tuhan. Rasulullah saw bersabda: ³Barangsiapa yang mendatangi masjidku ini. yang dia tidak mendatanginya kecuali untuk kebaikan yang akan dipelajarinya atau diajarkannya.e) Pentingnya ilmu pengetahuan dalam mendekatkan seorang muslim kepada ALLAH SWT Ilmu pengetahuan sangat besar andilnya untuk mendekatkan diri seorang hamba kepada Tuhannya dalam hal ini adalah ALLAH SWT. Ibnu Majah dari Abu Hurairah). Dan siapa yang datang untuk maksud selain itu. seorang hamba dapat mempelajari semua hal. Dengan ilmu pengetahuan. hal ini dapat membuat hubungan seorang hamba dan penciptanya menjadi lebih dekat. Tanpa ilmu pengetahuan seorang hamba tidakkan tahu siapa yang menciptakannya. dan disahihkan oleh Ibnu Hibban. langit beserta isinya.

KESIMPULAN Ilmu adalah suatu yang sangat menonjol dalam agam Islam. Dan islam sebagai filter (penyaring ilmu-ilmu tersebut). Bahwa orang yang berilmu dan orang yang tidak dalam islam kedudukannya sangat berbeda jauh Nabi juga bersabda "tuntutlah ilmu sampai kenegeri cina". disana banyak sekali ungkapan afalatatafakkarun. Kenapa kenegeri cina? Karena pada masa itu cina sudah berkembang dengan pesat bahkan sudah menciptakan kertas. hal ini menunjukkan bahwa manusia diwajibkan untuk mengembangkan ilmu baik ilmu agama maupun ilmu sosial. hal ini dapat dilihat dalam Hadist maupun dalam Al-Qur'an. Maka itu bagaimankah islam itu memandang ilmu sebagai sesuatu yang pokok dalam ajaran islam. Nabi menganjurkan bahwa ilmu untuk mengembangkan agama boleh diambil dari orang selain islam asalkan untuk mendekatkan diri pada Allah. 10 . dan mejadi sesuatu yang wajib dimiliki oleh setiap muslim.

Remaja Rosdakarya. Malang: Bayumedia dan UIN-Malang Press. Harun Nasution. 2004. 2004. miftakhul ulum. 1996 M. Filsafat Pendidikan Islam. 2002 11 . Al-Qur¶an: Membangun Tradisi Kesalehan Hakiki. Ponorogo : stain Po PRESS. 1996.com. Dwi Suheriyanto. Jakarta: Ciputat PRESS. Shiddiq al-Jawi. Bandung: PT. Reformasi Filsafat Pendidikan Islam. M. Spiritualitas Islam dan Peradaban Masa Depan. 2007 Samsul nizar. Chabib Thoha. Peran Islam dalam Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. (Online) www. Quraisy Shihab.majelismujahidin. Jakarta: Ciputat Press. Jakarta: SI Press. diakses 21 Januari 2007. 2007. syukur dan Priyono. Yogyakarta: Pustaka pelajar. 2005. Islam Ditinjau dari Berbagai Aspek. Tafsir Al-Misbah .DAFTAR PUSTAKA Heri Jauhari Muchtar. Memadu Sains dan Agama: Menuju Universitas Islam Masa Depan.Jakarta: Lentera Hati Basuki dan M. Said Aqil Husin al-Munawar. Jakarta: UI Press. Syamsul Arifin dkk. 1979. Pengantar Pendidikan Islam. Fiqih Pendidikan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful