HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA DALAM ISLAM

BAB I
PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Hukum dan Hak Asasi Manusia atau biasa disingkat HAM merupakan sebuah hal yang menjadi keharusan dari sebuah negara untuk menjaminnya dalam konstitusinya. Melalui deklarasi universal ham 10 desember 1948 merupakan tonggak bersejarah berlakunya penjaminan hak mengenai manusia sebagai manusia. Sejarah HAM dimulai dari magna charta di inggris pada tahun 1252 yang kemudian kemudian berlanjut pada bill of rights dan kemudian berpangkal pada DUHAM PBB. Dalam konteks keIndonesiaan penegakan HAM masih bisa dibilang kurang memuaskan. Banyak faktor yang menyebabkan penegakan HAM di Indonesia terhambat seperti problem politik, dualisme peradilan dan prosedural acara (kontras, 2004;160). Islam sebagai agama bagi pengikutnya meyakini konsep Islam adalah sebagai way of life yang berarti pandangan hidup. Islam menurut para penganutnya merupakan konsep yang lengkap mengatur segala aspek kehidupan manusia. Begitu juga dalam pengaturan mengenai hak asasi manusia Islam pun mengtur mengenai hak asasi manusia. Islam adalah agama rahmatan lil alamin yang berarti agama rahmat bagi seluruh alam. Bahkan dalam ketidakadilan sosial sekalipun Islam pun mengatur mengenai konsep kaum mustadhafin yang harus dibela. Dalam Islam, konsep mengenai Hukum dan HAM sebenarnya telah mempunyai tempat tersendiri dalam pemikiran Islam. Perkembangan wacana demokrasi dengan Islam sebenarnya yang telah mendorong adanya wacana Hukum dan HAM dalam Islam. Karena dalam demokrasi, pengakuan terhadap hak asasi manusia mendapat tempat yang spesial. Berbagai macam pemikiran tentang demokrasi dapat dengan mudah kita temukan didalamnya konsep tentang penegakan HAM.
1

91). Mengetahui bentuk HAM dalam Islam 2 . Mengetahui tentang dasar-dasar dan sumber hukum islam 2 . berangkat dari itu makalah ini akan mencoba memberikan sedikit penerangan mengenai wacana HAM dalam Islam. Tujuan pembahasan makalah ini adalah: 1. Bagaimanakah HAM dalam islam? 1.3 Tujuan Pembahasan Masalah Setiap kegiatan yang dilakukan scara sistematis pasti mempunyai tujuan yang diharapkan.Bahkan HAM dalam Islam telah dibicarakan sejak empat belas tahun yang lalu (Anas Urbaningrum. Fakta ini mematahkan bahwa Islam tidak memiliki konsep tentang pengakuan HAM. 1. begitu pula makalah ini. 2004.2 Rumusan Masalah Beberapa yang menjadi topik sentral permasalahan dalam makalah ini yang akan dibahas adalah: 1. Bagaimanakah hukum dalam islam? 2.

yaitu kekuatan yang berbeda dengan apa yang dipelajari. yang jelas antara yang satu dengan yang lain saling terkait. zakat 3 .BAB II PEMBAHASAN 2. Masyarakat Indonesia disamping memakai istilah hukum Islam juga menggunakan istilah lain seperti syari¶at Islam. syarat.1. haram. metafisika tentang Tuhan dan kosmologi alam. sunnah. Contoh: masalah shalat. sunnat. Mereka membagi hukum tersebut kepada dua bagian besar yaitu hukum taklifi dan hukum wadh¶i. Pengertian Hukum dalam Islam Hukum Islam adalah hukum yang ditetapkan oleh Allah melalui wahyu-Nya yang kini terdapat dalam Al Qur¶an dan dijelaskan oleh Nabi Muhammad sebagai Rasul-Nya melalui Sunnah beliau yang kini terhimpun dengan baik dalam kitab-kitab hadits.kaum c) Mukjizat. Dan hukum wadh¶i terbagi kepada lima macam yaitu sabab. mani¶. shah dan bathal. Sedangkan ulama ushul fiqh mengatakan bahwa yang disebut hukum adalah dalil itu sendiri. Ulama fiqh berpendapat bahwa hukum adalah akibat yang ditimbulkan oleh tuntutan yaitu wajib. dan penjelasan tentang sejarah dan eksistensi manusia. b) Ringkasan sejarah manusia baik para raja. yang berupa: a) doktrin atau pengetahuan tentang struktur kenyataan dan posisi manusia di dalamnya. Penjelasan Al-Qur¶an: a) Ijmali (global): yaitu penjelasan yang masih memerlukan penjelasan lebih lanjut dalam pelaksanaannya. 2.2. makruh dan mubah. makruh dan mubah. Al-Qur¶an sebagai sumber hukum Definisi: al-Qur¶an adalah kalam Allah yang diturunkan kepada Muhammad dalam bahasa Arab yang berisi khitab Allah dan berfungsi sebagai pedoman bagi umat Islam. atau fiqh Islam. Syari¶at Islam sering dipergunakan untuk ilmu syari¶at dan fiqh Islam dipergunakan istilah hukum fiqh atau kadang-kadang hukum Islam. nabi.1. Istilah-istilah tersebut mempunyai persamaan dan perbedaan. Terdapat perbedaan pendapat antara ulama ushul fiqh dan ulama fiqh dalam memberikan pengertian hukum syar¶i karena berbedanya sisi pandang mereka. Sumber Hukum dalam Islam Ada 2 sumber hukum dalam islam yaitu : 1. haram. orang-orang suci. Hukum taklifi berbentuk tuntutan dan pilihan yang disebut dengan wajib. Fungsi: sebagai petunjuk bagi umat manusia. seperti: petunjuk moral dan hukum yang menjadi dasar syari¶at.

Memiliki beberapa jalur sanad 3. dan dapat menerima ijtihad. 2. Agama islam memberi perlindungan kepada pemeluk agam lain untuk menjalankan agama sesuai dengan keyakinannya. perbuatan. 2) Memelihara jiwa Menurut hukum islam jiwa harus dilindungi. 1. Seseorang tidak akan 4 . jika mengandung ketetapan hukum maka disebut dengan ayat hukum dan dapat menjadi dalil fiqh. Hukum islam wajib memelihara hak manusia untuk hidup dan mempertahankan kehidupannya. Kedha¶ifanya tidak terlalu lemah 2. Tujuan Hukum Islam Tujuan hukum islam secara umum adalah Dar-ul mafaasidiwajalbul mashaalihi (mencegah terjadinya kerusakan dan mendatangkan kemaslahatan).6:51.17:33) 3) Memelihara akal Islam mewajibkan seseorang untuk memlihara akalnya. Sebagian ulama membolehkan menggunakan hadis dha¶if sebagai dalil dengan syarat: 1. e) Zanny (speculative text): lafal yang mengandung pengertian lebih dari satu dan memungkinkan untuk ditakwil. Lafal ini tidak membutuhkan ijtihad dan takwil. Hadis yang dapat digunakan sebagai sumber adalah hadis yang sahih dan hasan. c) Kategori Ayat Hukum dan Ayat Non-hukum: berdasarkan kandungan ayat. Dalalah atau petunjuk al-Qur¶an dibagi dua: d) Qat¶y (definitive text): lafal yang mengandung pengertian tunggal dan tidak bisa dipahami dengan makna lainnya. Penentuan kesahihan hadis dibuat oleh ulama sehingga terjadi perbedaan pendapat.3. hanya sampai hukum sunnah atau makruh. Islam melarang pembunuhan sebagai penghilangan jiwa manusia dan melindungi berbagai sarana yang dipergunakan oleh manusia untuk mempertahankan kemaslahatannya hidupnya (Qs. Abu Ishaq As-Sathibi merumuskan lima tujuan hukum islam: 1) Memelihara agama Agama adalah sesuatu yang harus dimilki oleh setiap manusia oleh martabatnyadapat terangkat lebih tinggi dan martabat makhluk lain danmemenuhi hajat jiwanya. Tidak mengatur masalah yang pokok.b) Tafshili (rinci): yaitu keterangannya jelas dan sempurna. Hadis sebagai sumber Hukum: Definisi Hadis adalah penuturan sahabat tentang Rasulullah baik mengenai perkataan. hukum waris dan sebagainya. Hadis dha¶if tidak dapat dipakai sebagai sumber hukum. karena akal mempunyai peranan sangat penting dalam hidup dan kehidupan manusia. seperti masalah akidah. dan taqrirnya.

HAM dalam Islam Ham dalam Islam harus dirunut secara sejarah dialektika HAM dalam Islam. Pengalihan wewenang ijtihad dan individu-individu berbagai madzab kepada suatu majelis legislatif muslim yang dalam kondisi kemajemukan madzabmerupakan satu-satunya bentuk ijma¶ yang dapat diterima di zaman modern. 2004. Jadi huku slam ditetapkan oleh Allah untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia itu sendiri. 5 . bahwa tumbuhnya semangat legislatif di Negara ± Negara muslim merupakan langkah awal yang besar. Dalam pengertian politik murni. akan terjamin kontribusi dalam pembahasan hukum dari kalangan rakyat yang memliki wawasan yang tajam (Muhammad iqbal.5:90) 4) Memelihara keturunan Dalam hukum islam memlihara keturunan adalah hal yang sangat penting. baik yang bersifat primer. sekunder.1968:173) 2. dan tahsini). Deklarasi yang juga dikenal sebagai ³Deklarasi Kairo´ mengandung prinsip dan ketentuan tentang HAM berdasarkan syari¶ah (Azra).91). meneruskan keturunan harus melalui perkawinan yang sah menurut ketentuan Yang ada dalam Al-Qur¶an dan As-Sunnah dan dilarang melakukan perzinahaan. Menurut Anas Urbaningrum hak asasi manusia atau lebih dikenal manusia modern sebagai HAM. sah menurut hukum dan benar menurut aturan moral. haaji. telah lebih dahulu diwacanakan oleh Islam sejak empat belas abad silam. Hal ini memberi kepastian bahwa pandangan Islam yang khas tentang HAM sebenarnya telah hadir sebelum deklarasi universal HAM PBB pada 18 Shafar 1369 Hijriyah atau bertepatan dengan 10 Desember 1948 Masehi (Anas. (qs. maupun tersier (dloruri. Karena itu. Secara internasional umat Islam yang terlembagakan dalam Organisasi Konferensi Islam (OKI) pada 5 Agustus 1990 mengeluarkan deklarasi tentang HAM dari perspektif Islam. Muhammad iqbal dalam tulisanya menegaskan tentang hubungan anatara consensus. demokratisasi.dapat menjalankan hukum islam dengan baik dan benar tanpa mempergunakan akal sehat. dan ijtihad. Untuk itu manusia sebagai khalifah di bumi dilindungi haknya untuk memperoleh harta dengan cara-cara yang halal.(qs4:23) 5) Memlihara harta Menurut ajaran islam harta merupakan pemberian Allah kepada manusia untuk kelangsungan hidup mereka.

sesungguhnya merupakan tema yang senantiasa muncul. Dari pengakuan terhadap semua pihak untuk bekerja sama sebagai satu bangsa. Contohnya seperti hak-hak khusus bagi non-muslim. terdapat prinsip-prinsip HAM yang universal. baik umat yahudi. terutama jika dikaitkan dengan sejarah panjang penegakan agama Islam. sama dengan adanya perspektif Islam universal tentang HAM (huqul al-insan).92). kaum wanita. buruh. Islam sebagai agama universal membuka wacana signifikan bagi HAM. Tetapi juga harus diakui. Pertama. 2004.102). 2004. Secara langsung dapat kita lihat bahwa dalam piagam madinah itu HAM sudah mendapatkan pengkuan oleh Islam Memang. Menurut Syekh Syaukat Hussain yang diambil dari bukunya Anas Urbaningrum. Dalam Dokumen Madinah atau Piagam Madinah itu berisi antara lain pengakuan dan penegasan bahwa semua kelompok di kota Nabi itu. HAM yang didasarkan oleh Islam bagi seseorang sebagai manusia. terdapat upaya-upaya di kalangan sarjana Muslim dan negara Islam di Timur Tengah untuk lebih mengkontekstualisasikan DUHAM dengan interpretasi tertentu dalam Islam dan bahkan dengan lingkungan sosial dan budaya masyarakat-masyarakat Muslim tertentu pula. yang dalam banyak hal kompatibel dengan Deklarasi Universal HAM (DUHAM). 2004. didalam piagam itu terdapat pengakuan mengenai HAM bagi masing-masing pihak yang bersepakat dalam piagam itu. umat nasrani maupun umat Islam sendiri. HAM yang diserahkan kepada seseorang atau kelompok tertentu yang berbeda. Dalam hal ini hak negatif yang dimaksud adalah hak yang memberian kebebasan kepada setiap individu dalam pemenuhannya. tema-tema HAM dalam Islam. adalah merupakan satu bangsa (Idris. anak-anak dan sebagainya. HAM dikategotrikan dalam dua klasifikasi. Dan kedua. 6 .HAM dalam Islam telah dibicarakan sejak empat belas tahun yang lalu (Anas Urbaningrum. Berdasarkan temuan diatas akan kita coba mencari kesamaan atau kompatibilitas antara HAM yang terkandung dalam Islam.91). merupakan kategori yang kedua ini (Anas. Akan kita coba membagi hak asasi manusia secara klasifikasi hak negatif dan hak positif. Ini dibuktikan oleh adanya Piagam Madinah (mitsaq Al-Madinah) yang terjadi pada saat Nabi Muhammad berhijrah ke kota Madinah.

dan akan diberitakan-Nya kepadamu apa yang kamu perselisihkan´.Yang pertama adalah hak negatif yaitu memberikan kebebasan kepada menusia dalam pemenuhannya. Dan tidaklah sesorang membuat dosa melainkan kemudharatannya kembali kepada dirinya sendiri. dan seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain. atau bukan karena membuat kerusakan di muka bumi. Dan barang siapa yang memlihara kehidupan seorang manusia. kemudian banyak diantar amereka sesudah itu sungguh-sungguh melampaui batas dalam berbuat kerusakan dimuka bumi. (QS 5. Dan barangsiapa yang mensucikan dirinya. bahwa: barang siapa yang membunuh seorang manusia. Sesungguhnya yang dapat kamu beri peringatan hanya orang-orang yang takut kepada azab Tuhannya (sekalipun) mereka tidak melihat-Nya dan mereka mendirikan sembahyang. (QS 35. sesungguhnya ia mensucikan diri untuk kebaikan dirinya sendiri. Bebrapa yang dapat kita ambil sebagai contoh yaitu: Hak atas hidup. Dan kepada Allah-lah kembali(mu). Islam menegaskan bahwa pembunuhan terhadap seorang manusia ibarat membunuh seluruh umat manusia. bukan karena orang itu (membunuh) orang lain. yaitu dalam surat Al An¶am : 164 dan surat Fathir 18 yang masing masing berbunyi : Katakanlah: ³Apakah aku mencari Tuhan selain Allah. dan menghargai hidup manusia. (QS 6. Hak ini terkandung dalam surah Al-Maidah ayat 63 yang berbunyi : Oleh karena itu kami tetapkan (suatu hukum) bagi bani israil. padahal Dia adalah tuhan bagi segala sesuatu. Kemudian kepada Tuhanmulah kamu kembali. Dan jika sesorang yang berat dosanya memanggil (orang lain) untuk memikul dosanya itu tiadalah akan dipikulkan untuknya sedikit pun meskipun (yang dipanggilnya itu) kaum kerabatnya. Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka rasul-rasul Kami dengan (membawa) keternagan-keterangan yang jelas.18) 7 .63) Hak untuk mendapat perlindungan dari hukuman yang sewenarg wenang. maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. maka seolaholah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya.164) Dan orang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain.

Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.6) Hak atas kebebasan beragama memilih keyakinan berdasar hati nurani. agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaanya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu. jika datang kepadamu orang yang fasik membawa suatu berita. (QS 2. (QS 29. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat. Karena itu barangsiapa yang ingkar kepada yang thagut dan beriman kepada Allah. sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat.46) Hak atas persamaan hak didepan hukum secara tersirat terdapat dalam surat An-Nisa ayat 1 dan 135 dan Al Hujurat ayat13: 8 . dan katakanlah: ³kami telah beriman kepada (kitab-kitab) yang diturunkan kepada kami dan yang diturunkan kepadamu.Hak atas keamanan dan kemerdekaan pribadi terdapat dalam surat An Nisa ayat 58 dan surat Al-Hujurat : 6 yang berbunyi seperti ini: Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya. Yang bisa kita lihat secara tersirat dalam surat Al Baqarah ayat 256 dan surat Al Ankabut ayat 46 yang berbunyi: Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam). melainkan dengan cara yang paling baik. dan kami hanya kepada-Nya berserah diri´. maka periksalah dengan teliti.58) Hai orang-orang yang beriman. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaikbaiknya kepadamu. kecuali dengan orang-orang zhalim di antara mereka. dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum diantara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. (QS 4. (QS 49.256) Dan janganlah kamu berdebat dengan ahli kitab. Tuhan kami dan Tuhanmu adalah satu.

menjadi saksi karena Allah biarpun terhadap dirimu sendiri atau ibu bapa dan kaum kerabatmu. dan (peliharalah)hubungan silaturahim. sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjdaikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. (QS 49. Dan jika kamu memutarbalikkan (kata-kata) atau enggan menjadi saksi. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain. dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. maka Allah lebih tau kemaslahatannya. jadilah kamu orang yang benar-benar penegak keadilan. Islam memberikan hak untuk memprotes pemerintahan yang zhalim.13) Dalam hal kebebasan berserikat Islam juga memberikan dalam surat Ali Imran ayat 104105 yang berbunyi: Dan hendaklah ada diantara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan. (QS 4.104) Dan janganlah kamu menyerupai orang-orang yang bercerai berai dan berselisih sesudah datang keterangan yang jelas kepada mereka. dan dari padanya Allah menciptakan isterinya. (QS 4. maka sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui segala apa yang kamu kerjakan. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa diantara kamu. Mereka itulah orang-orang yang mendapat siksa yang berat. merekalah orang yang beruntung.135) Hai manusia.Hai sekalian manusia bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciotakan dari diri yang satu.1) Wahai orang-orang yang beriman. (QS 3.105) Dalam memberikan suatu protes terhadap pemerintahan yang zhalim dan bersifat tiran. Jika ia kaya ataupun miskin. (QS 3. menyuruh kepada yang ma¶ruf dan mencegah dari yang munkar . Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. Maka janganlah kamu mengikuti hawa nafsu karena ingin menyimpang dari kebenaran. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu. secara tersirat dapat 9 .

surat Al Jumu¶ah ayat 10.diambil dari surat An-Nisa ayat 148. (QS 4. Hak mendapatkan kebutuhan dasar hidup manusia secara tersirat terdapat dalam surat Al Baqarah ayat 29. (yang diucapkan) dengan terus terang kecuali oleh orang yang dianiaya. (QS 5. (QS 3. Sesungguhnya amat buruklah apa yang selalu mereka perbuat itu. yang menjadikan segala yang ada dimuka bumi untuk kamu dan Dia berkehendak menuju langit. Disebabkan mereka durhaka dan selalu melampaui batas. Surat Ali Imran ayat 110 yang masing masing berbunyi: Allah tidak menyukai ucapan buruk. Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu. disebabkan mereka selalu berbuat fasik. Yang demikian itu.79) Maka tatkala mereka melupakan apa yang diperingatkan kepada mereka. surat Al Maidah 78-79. (QS 5. lalu dijadikan-Nya tujuh langit. dan mencegah dari yang munkar dan beriman kepada Allah.165) Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia. Kami selamatkan orang-orang yang melarang dari perbuatan jahat dan Kami timpakan kepada orang-orang yang zalim siksaan yang keras. Sekiranya Ahli Kitab Beriman. yang berbunyi: Dia-lah Allah.110) Dalam pemenuhan kebutuhan dasarnya seperti bentuk hak positif dalam hak ekonomi sosial dan Islam pun mengandung secara tersirat mengenai hak ini. surat Al A¶raf ayat 165. (QS 2. diantara mereka yang ada yang beriman. tentulah itu lebih baik bagi mereka. Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. surat Ad-Dzariyat ayat 19. menyuruh kepada yang ma¶ruf.78) Mereka satu sama lain selalu tidak melarang tindakan yang munkar yang mereka perbuat. (QS 7.148) Telah dila¶nati orang-orang kafir dari Bani Israil dengan lisan Daud dan µIsa Putera Maryam. dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.29) 10 .

maka lapangkanlah. sedang ia takut kepada (azab) akhrat dan mengharapkan rahmat Tuhannya? Katakanlah: ³adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?´. (QS 51. 11 . maka bertebaranlah kamu di muka bumi.101) Hai orang-orang yang beriman.10) Dalam hak mendapatkan pendidikan Islam juga memiliki pengaturan secara tersirat dalam surat Yunus ayat 101. Niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. (QS 62. niscaya Allah akan meninggikan orang orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Tidaklah bermanfa¶at tanda kekuasaan Allah dan rasul-rasul yang memberi peringatan bagi orang-orang yang tidak beriman´. apabila dikatakan kepadamu: ³berlapang-lapanglah dalam majlis´. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.19) Apabila telah ditunaikan sembahyang. Dan apabila dikatakan:berdirilah kamu. maka berdirilah kamu. dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung. Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran.11) (apakah kamu hai orang yang musyrik) ataukah orang-orang yang beribadat di waktuwaktu malam dengan sujud dan berdiri. (QS 10.Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bagian. (QS 58. surat Al Mujadilah ayat 11 dan surat AzZumar ayat 9 yang masing-masing berbunyi berbunyi: Katakanlah: ³Perhatikanlah apa yang ada di langit dan di bumi. surat Al-Alaq ayat 1-5.

Hukum Islam adalah hukum yang ditetapkan oleh Allah melalui wahyu-Nya yang kini terdapat dalam Al Qur¶an dan dijelaskan oleh Nabi Muhammad sebagai Rasul-Nya melalui Sunnah beliau yang kini terhimpun dengan baik dalam kitab-kitab hadits. Fakta ini mematahkan bahwa Islam tidak memiliki konsep tentang pengakuan HAM. 2004. Dalam dokumen madinah atau piagam madinah itu berisi antara lain pengakuan dan penegasan bahwa semua kelompok di kota Nabi itu.91). Dalam Islam HAM telah dibicarakan sejak empat belas tahun yang lalu (Anas Urbaningrum.BAB III Penutup 3.1 Kesimpulan Berdasarkan paparan diatas dan pembahasan diatas dapat ditarik keimpulan sebagai berikut.102). umat nasrani maupun umat Islam sendiri. baik umat yahudi. Dalam dokumen itu dapat disimpulkan bahwa HAM sudah pernah ditegakkan oleh Islam 12 . 2004. adalah merupakan satu bangsa (Idris. Ini dibuktikan oleh adanya piagam madinah (mitsaq Al-Madinah) yang terjadi pada saat Nabi Muhammad berhijrah ke kota Madinah.

Jakarta: GagasMedia 2004 8. Rekonstruksi Pemikiran Nurcholish Madjid Membangun Visi dan Misi Baru Islam Indonesia. Idris. Inilah Islam. Jakarta: PBHI. 2004 5. Muhtarom. Cak Munir. Al-Qur¶an 2. Willy. Idrus. Demokrasi Religius: Pemikiran Politik Nurcholish Madjid dan M. 2002 6.com 13 . Nainggolan. Thaha. Pendidikan Agama Islam. Engkau Tak Pernah Pergi. Gramedia Widiasarana Indonesia. Islamo-Demokrasi Pemikiran Nurcholish Madjid. 2009. 2004 Sumber lain: Google. Engkau Tak Pernah Pergi. Dasar-Dasar Hak Asasi Manusia. Jakarta: DEA. Pramudya.Daftar Pustaka 1. Jakarta: Penerbit Teraju.. Junaidi. Amien Rais. Suryadi. Jakarta: GagasMedia 2004 4. Radjab. 3. Zainuddin S. Ilyas. Urbaningrum. Willy. Jakarta. Pramudya. 2004 7. Cak Munir. PT. Jogjakarta: LOGUNG PUSTAKA. Jakarta: Penerbit Republika. Anas. 2000 9.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful