TUGAS KELOMPOK

Sosiologi Pertanian
³Perencanaan Desa Selagunung´

Disusun Oleh : Fitra Al Ansyari Ranggy Eldikara Tedi Al Faruqi Haris Maulana 150110070056 150110070061 150110070089 150110070127

PROGAM STUDI PEMULIAAN TANAMAN JURUSAN BUDIDAYA PERTANIAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS PADJADJARAN 2010

C. pengobatan penyakit). Kesuburan tanah Kesuburan tanah rendah dengan pH rendah. E. 3. 2. mandi. dan rambutan. Jenis tanaman Tanaman yang sering ditanam pada desa ini Padi. Kurangnya pemahaman masyarakat (terutama para petani) mengenai teknik pengolahan lahan pertanian yang benar. Pengunaan lahan Luas pemukiman Luas persawahan Luas perkebunan Luas pemakaman Luas pekarangan Luas perkantoran Luas prasarana umum lain : 52 ha/m2 : 78 ha/m2 : 113 ha/m2 : 5 ha/m2 : 20 ha/m2 : 25 ha/m2 : 15 ha/m2 B. imunisasi. pepaya. Kurangnya kesadaran akan pentingnya melanjutkan pendidikan ke tingkat Universitas. D. jagung. . Tidak meratanya penyebaran pemasangan listrik.Transek A. 4. Masalah 1. Kurangnya kesadaran serta pengetahuan akan pentingnya aspek kesehatan dalam kehidupan sehari-hari (cuci tangan. mangga. Status tanah Jenis tanah di daerah ini adalah inseptisol. daerah yang lebih tinggi (perbukitan) belum mendapatkan pemasangan listrik.

5. Sumber daya manusia Jumlah masyarakat angkatan kerja 18-56 tahun : Laki-laki : 892 orang Perempuan : 783 orang Jumlah masyarakat dibawah usia angkatan kerja 0-17 tahun : Laki-laki : 346 orang Perempuan : 406 orang . perkebunan. hutan rakyat. Tingkat ekonomi persawahan. dan industri rumah tangga 2. Potensi 1. F. Cara berfikir masyarakat yang masih tertutup dengan perkembangan zaman dan pengetahuan baru.

Melihat banyaknya pengunjung warung. Akan tetapi. Bisa dikatakan daerah desa ini merupakan tempat persinggahan sebelum mencapai daerah gunung atau bukit. prajurit itupun menerima tawaran sipemilik warung. ketika dia sampai ke tempat itu yang dia lihat bukanlah sebuah warung sederhana yang berisi meja makan dan pengunjung melainkan warung yang telah rusak oleh para pencuri. sang pemilik kemudian meminta anak perempuannya untuk melayani prajurit tersebut. Begitu pula dengan anak gadisnya yang pada awal bertemu sudah jatuh hati pula pada prajurit itu. Tanpa pikir panjang. Gadis itupun kemudian menuti apa yang diperintahnkan oleh ayahnya. Semakin lama. Suatu ketika ada seorang prajurit dari kerajaan banten yang hendak menempuh perjalanan menuju sebuah kerajaan lain untuk memberikan sebuah surat perjanjian. prajurit itupun kemudian melihat gadis anak pemilik warung dan langsung terpikat hatinya. Prajurit tersebut kemudian memesan makan dan minum kepada pemilik warung. Akhirnya si pemilik warung menjodohkan anaknya dengan prajurit tersebu. prajurit itupun kemudian memberi nama tempat itu . Tanpa membuang waktu.Alur Sejarah Desa ini berdiri karena daerah desa ini merupakan jalur utama yang menghubungkan daerah perbukitan dengan daerah pegunungan. ia singgah sebentar disebuah waung kopi yang letaknya berada diantara gunung dan bukit.setelah dia menyampaikan surat yang diperintahkan raja dia kembali lagi ke tempat persinggahan dimana ia istirahat dan makan untuk menemui gadis yang membuat hatinya berdebar-debar. jumlah rumah yang ada di daerah tersebut semakin bertambah Dan prajurit itupun diangkat menjadi ketua kelompok di daerah tersebut. Sayang sungguh sayang. Ditengah perjalaanan. Kemudian iapun membela si pemilik warung dan mngalahkan para perampok tersebut. Melihat batasan tempat yang tidak jelas dan potensi tempat yang cocok untuk tempat persinggahan. prajurit itupun langung kembali pada perjalanananya. Ketika sedang menyuguhkan makanan dan minuman. Mereka pun akhirnya menikah dan membuat rumah di dekat warung tersebut.

.dengan nama selagunung yang didasari atas letak tempat yang berada diantara gunung dan bukit.

mandi. Kurangnya pemahaman masyarakat (terutama para petani) mengenai teknik pengolahan lahan pertanian yang benar. 5. Kurangnya kesadaran serta pengetahuan akan pentingnya aspek kesehatan dalam kehidupan sehari-hari (cuci tangan. Pembentukan dokter kecil bertujuan untuk membekali para generasi penerus desa tersebut agar bisa lebih memahami akan pentingnya kesehatan sejak dini sehingga desa ini ke depannya akan menjadi desa yang bersih dan sehat. 4. Solusi permasalahan (Progam) 1. B. Penyuluhan pendidikan C.Perencanaan Progam A. . Dokter kecil 2. Kurangnya kesadaran akan pentingnya melanjutkan pendidikan ke tingkat Universitas. 2. Tidak meratanya penyebaran pemasangan listrik. Pemerataan listrik dengan cara pembuatan sumber energi listrik dengan tenaga air. Pembentukkan kelompok tani bertujuan untuk mempermudah akses petani dalam perkembnagan pertanian. Pembentukan kelompok tani yang dapat digunakan untuk mempermudah akses mayarakat 3. pengobatan penyakit). Cara berfikir masyarakat yang masih tertutup dengan perkembangan zaman dan pengetahuan baru. Rumusan Masalah 1. 2. daerah yang lebih tinggi (perbukitan) belum mendapatkan pemasangan listrik. 3. Penyuluhan pertanian 5. Tujuan program 1. 4. imunisasi.

serta masyarakat desa Selagunung. siswasiswa SMA. Isi surat tersebut berkisar tentang masyarakat diajak ikut serta pada progam ini. Kelompok Sasaran Progam Yang menjadi sasaran dalam progam ini adalah siswa-siswa SD. sehingga progam ini dapat terlaksana dengan baik dan akan terus berkelanjutan. para petani. F. program ini juga akan memandirikan desa supaya tidak tergantung pada program pemerintah tentang listrik. Progam ini akan dilaksanakan selama satu tahun. 5. para petani. dimana jadwal progamnya akan dilaksanakan sebagai berikut : . Penyuluhan pertanian bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap petani agar petani bisa memanage lahan pertaniannya. orang tua dari siswa-siswa tersebut. Identifikasi SDM Action SDM yang berpartisipasi pada progam ini adalah siswa-siswa SD. siswa-siswa SMA. serta masyarakat desa Selagunung terutama yang ahli dalam bidang kelistrikan dan memiliki keterampilan dalam bidang bangunan. orang tua dari siswa-siswa tersebut. Baik dari segi pengolahan lahan. Selain itu. budidaya. 4. panen maupun pasca panen. manajemen perairan. Program penyuluhan pendidikan dapat memberikan pengaruh positif terhadap orang tua dan siswa bahwa pendidikan sangat peting. dapat membantu masyarakat dalam pemerataan listrik. D. Strategi dan Jadwal Pemberitahuan tentang progam ini akan disebarkan melalui surat pemberitahuan yang telah ditanda tangani oleh para petinggi desa Selagunung kepada seluruh masyarakat desa tersebut. E. Pembuatan sumber energi lisrik.3.

Penyuluhan pendidikan . 2. Pemerataan listrik Penyuluhan pertanian 5. Nama Kegiatan 1 2 3 4 5 Bulan ke6 7 8 9 10 11 12 1.Tabel 1 Jadwal Kegiatan Progam No. Dokter kecil Pembentukkan kelompok tani 3. 4.

Monitoring dan Evaluasi Monitoring akan dilaksanakan sebulan sekali pada minggu ketiga dan dievaluasi sebulan sekali pada minggu keempat. .G.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful