‡ Ilmu sosial adalah : Ilmu yang mempelajari tindakan / perilaku di dalam masyarakat.

Perilaku sosial itu terjadi di alam fisik nyata / dilakukan dan yang diucapkan oleh orang-orang secara nyata / kongkrit ‡ Seorang ahli ilmu sosial adalah peneliti gejala dan masalah sosial-budaya dalam masyarakat yang hidup, untuk mencapai pengertian mengenai gejala dan masalah itu secermat dan sedalam mungkin, sampai ke azas-azasnya. ‡ Koentjaraningrat Keseluruhan sistem gagasan, pengetahuan, ide ide, norma, kebiasaan dan sebagainya, perilaku dan hasil karya manusia, yang diperopleh melalui suatu proses belajar.

Abstrak --.society berasal dari bahasa Latin socius yang artinya adalah kawan. norma. nilai dll)  Perilaku/tindakan. pengetahuan.berisi tentang aturan2  Benda hasil dari gagasan dan perilaku Koentjaraningrat (1990) merumuskan definisi masyarakat -------sebagai kesatuan hidup manusia yang berinteraksi menurut suatu sistem adat istiadat tertentu yang bersifat kontinyu dan yang terikat oleh suatu rasa identitas bersama Masyarakat --------.Unsure budaya  bahasa  sistem pangetahuan  organisasi sosial  sistem peralatan hidup dan tekhnologi  sistem mata pencaharian  sistem religi  kesenian  Sistem gagasan --.Sistem Budaya (Ide-ide. Dalam bahasa Arab kata masyarakat berasal dari kata syaraka yang berarti ikut serta. tingkah laku) . gagasan. tingkah laku Sistem Sosial (Perilaku. .

Masyarakat adalah sekumpulan manusia yang saling bergaul atau dengan istilah ilmiah saling berinteraksi dan memiliki pola tingkah laku yang khas bersifat mantap.berpartisipasi -------------. . kontinyu dan telah menjadi adat istiadat yang khas.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful