Nama NIM

:Samuel Saut T.Sirait :115080073

PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA PANAS BUMI
Apa itu PLT Panas Bumi???
Pembangkit listrik tenaga panas bumi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk memanfaatkan tenaga panas bumi menjadi tenaga listrik. Panas bumi adalah sebuah bentuk energi yang terbarukan yang dapat dipergunakan sebagai pembangkit listrik. Meskipun tergolong ramah lingkungan, namun beberapa hal perlu dipertimbangkan apabila ingin dikembangkan sebagai pembangkit tenaga dengan skala besar . Beberapa parameter yang harus dipertimbangkan adalah kandungan uap panas dan sifat fisika dari uap panas di dalam reservoir dan penurunan tekanan yang terjadi sebagai akibat digunakannya uap panas di dalam reservoir. Apabila semua aspek tersebut dapat di enuhi, p tidak tertutup kemungkinan bahwa pembangkit ini akan diterima oleh semua pihak.

Prinsip kerja PLT Panas Bumi
Untuk membangkitkan listrik dengan panas bumi dilakukan dengan mengebor tanah di daerah yang berpotensi panas bumi untuk membuat lubang gas panas yang akan dimanfaatkan untuk memanaskan ketel uap (boiler) sehingga uapnya bisa menggerakkan turbin uap yang tersambung ke Generator. Prinsip kerja pembangkit listik tenaga panas bumi secara singkat,sbb : Air panas yang berasal dari sumur akan disalurkan ke separator, oleh separator air dengan uap dipisahkan, kemudian uap akan digunakan untuk menggerakkan turbin. Ada dua sistim dalam pembangkit ini yaitu : 1. Simple flash (kilas nyala tunggal) 2. Double flash (kilas nyala ganda) Dapat dikemukakan bahwa sistim double flash adalah 15-20 % lebih produktif dengan sumur yang sama dibanding dengan simple flash.Uap yang keluar dari sumur sering mengandung berbagai unsur kimia yang terlarut dalam bahan-bahan padat sehingga uap itu tidak begitu murni. Zat-zat pengotor antara lain Fe, Cl, SiO2, CO2, H2S dan NH4. Pengotor ini akan mengurangi efisiensi PLTP serta merusak sudu-sudu turbin dan mencemari lingkungan. Besarnya potensi energi panas bumi dapat diperkirakan dengan metode Perry adalah :

E = D x Dt x P
dimana : E = arus energi (kcal per detik) D = debit air panas (liter per detik) Dt = perbedaan suhu permukaan air panas dan air dingin ( C) P = panas jenis (kcal per kg)

Teknologi PLTP Pemanfaatan energi panas bumi secara umum dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu pemanfaatan

Sisa panas yang tidak terpakai masuk kembali ke reservoir melalui injection well Contoh lapangan panas bumi yang menghasilkan fluida 2 fasa a. antara lain: 1.tidak langsung dan pemanfaatan langsung. PLTP dengan Back Pressure Turbine . Sedangkan pemanfaatan langsung yaitu memanfaatkan secara langsung panas yang terkandung pada fluida panas bumi untuk berbagai keperluan. 2. Lahendong. Uap hasil separasi ini kemudian dialirkan ke turbin yang dikopel dengan generator untuk menghasilkan listrik (Separated Steam Cycle). sedangkan uap pada PLTP berasal dari reservoir panas bumi.Contoh lapangan panas bumi yang menghasilkan uap kering adalah Kamojang dan Darajat. Panas bumi yang berupa fluida misalnya air panas alam (hot spring) di atas suhu 175o C dapat digunakan sebagai sumber pembangkit Flash Steam Power Plants. Sisa panas yang datang dari production well dialirkan kembali ke dalam reservoir melalui injection well. adalah Wayang Windu.Salak. Pada dasarnya uap ini dihasilkan dari fluida di dalam reservoir panas bumi yang mempunyai 2 karakteristik utama. Gn. hanya uap pada PLTU diproduksi di permukaan dengan menggunakan boiler. Pembangkit Listrik Tenaga Panas bumi (PLTP) secara prinsipnya sama dengan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).l. Pemanfaatan tidak langsung yaitu memanfaatkan energi panas bumi untuk pembangkit listrik. Pada tipe ini uap panas (steam) langsung diarahkan ke turbin dan mengaktifkan generator untuk bekerja menghasilkan listrik. yaitu: 1. Uap Kering /Dry Steam Power Plants Pembangkit tipe ini adalah yang pertama kali ada. Uap panas yang disebut dengan flash inilah yang menggerakkan turbin untuk mengaktifkan generator yang kemudian menghasilkan listrik. Fluida panas tersebut dialirkan kedalam tangki flash yang tekanannya lebih rendah sehingga terjadi uap panas secara cepat. Teknologi sistem pembangkitan listrik dari fluida panas bumi yang telah diterapkan di Indonesia. Dieng dan Sibayak. Fluida Dua Fasa Jika fluida yang dihasilkan di kepala sumur adalah campuran air dan uap (fluida 2 fasa). maka fluida ini harus dialirkan dulu ke dalam sebuah separator untuk memisahkan uap dan air panasnya (brine).

Ini merupakan teknologi PLTP yang paling sederhana. PLTP Binary Cycle BCPP menggunakan teknologi yang berbeda dengan kedua teknologi sebelumnya yaitu dry steam dan flash steam. dsb. PLTP dengan condensing turbine ini memerlukan banyak komponen pendukung seperti kondensor. Pada BCPP air panas atau uap panas yang berasal dari sumur produksi (production well) tidak pernah menyentuh turbin. Keunggulan dari BCPP ialah dapat dioperasikan pada suhu rendah yaitu 90-175oC . Direct Dry Steam Geothermal Power Plant with Condensing Turbine 3. Uap (baik yang berupa uap kering ataupun uap hasil separasi) yang keluar dari turbin dimasukkan ke dalam kondensor dengan tekanan vakum sehingga power output yang dihasilkan menjadi lebih tinggi dan menjadi lebih efisien. dan biasanya diterapkan pada awal pengembangan lapangan panas bumi dengan kapasitas kecil (<5MW). Working fluid kemudian menjadi panas dan menghasilkan uap berupa flash. PLTP dengan Condensing Turbine Ini merupakan teknologi PLTP yang paling banyak diterapkan di Indonesia. Binary Cycle Power Plants ini sebetulnya merupakan sistem tertutup. Separated Steam Geothermal Power Plant with Back Pressure Turbine 2. Gambar Gambar 2. pompa. Gambar 1. Uap (baik yang berupa uap kering ataupun uap hasil separasi) yang keluar dari turbin dibuang langsung ke atmosfer. PLTP dengan sistem ini tidak efisien karena mengkonsumsi uap dalam jumlah yang lebih besar. cooling tower. Uap yang dihasilkan di heat exchanger tadi lalu dialirkan untuk memutar turbin dan selanjutnya menggerakkan generator untuk menghasilkan sumber daya listrik. Jadi tidak ada yang dilepas ke atmosfer. Uap panas yang dihasilkan di heat exchanger inilah yang disebut sebagai secondary (binary) fluid. Air panas bumi digunakan untuk memanaskan apa yang disebut dengan working fluid pada heat exchanger.

dengan penyebaran di Sumatera 4900 MW. dan Sulawesi 1500 MW. Lokasi-lokasi PLT Panas Bumi di Indonesia.Uap fluida kerja ini dialirkan ke dalam turbin yang dikopel dengan generator untuk membangkitkan listrik. Berkurangnya polusi udara karena tidak menggunakan bahan bakar fosil 2. Binary Cycle Geothermal Power Plant Diperkirakan bahwa sumber daya panas bumi indonesia adalah 16000 MW. dimanfaatkan sebagai sumber panas primer untuk memanaskan fluida sekunder (atau disebut juga fluida kerja / working fluid) dengan menggunakan alat heat exchanger. seperti misalnya sumber panas bumi dengan enthalpy rendah-menengah.Binary Cycle adalah sistem pembangkitan listrik yang mana fluida panas bumi. Teknologi binary cycle dikembangkan untuk memanfaatkan sumber panas bumi yang mempunyai kondisi dan karakteristik yang tidak efisien jika diterapkan dengan sistem pembangkitan konvensional.antara lain: Keuntungan dari PLT Panas Bumi : 1. baik berupa uap maupun air panas. Jawa dan Bali 8100 MW. atau mempunyai dissolved solid atau non-condensable gas (NCG) tinggi. Gambar 3. Termasuk energi yang dapat diperbaharui . dan bekerja pada siklus tertutup.