Rangkuman Diskusi Mailing List Migas Indonesia Bulan April 2007

Kompor bahan bakar air
Luhur Wibowo 93 Dear milist, ada yang bisa ngasih cara kerja kompor bahan bakar air dicanpur bahan bakar minyak dengan perbandingan 1 minyak tanah : 10 air? aku lihat di beberapa TV menayangkan hal itu di banyumas bahkan ada investor asal jerman yang menawar hak patennya 1.4 milyard rupiah. LIPI sendiri gmn? Andy Pak Luhur & rekan2 KMI, Menarik nih - dari sisi pemerintah bisa menghemat subsidi BBM, volume pemakaian & emisi - tapi apa bener tuh blend ratio-nya? Saya kebetulan punya sedikit pengalaman dengan solar(HSD)/MDO/HFO oplos air (water) sampai 20% pada mesin diesel yang bisa menurunkan NOx hingga 20% juga (80% fuel + 20% water) - alternative sebelum mikir beli SCR untuk reduce emisi gas buang. Kuncinya di kesetabilan emulsi antara fuel & air (water) dengan butiran emulsi hingga 3 micron - perlu homogenizer system. Untuk dunia perkapalan malah sudah di ACC oleh GL & LR - so gak perlu ragu. Beberapa produsen fuel sudah jual di eropa & amerika secara bebas, bahkan di support sama EPA & CARB. Bukannya cara ini lebih tepat dari pada biosolar yg hanya merangsang investor perkebunan/pabrik biodiesel ????? tp buat pasar export laris manis kok Hidup "solar oplosan" tp yg resmi lho :) –Ibnu Zainul Dear,

Parmin mengungkapkan.c Salah satu kehebatan anak negeri.--------. . Tanya kenapa. kini alat masak berupa kompor berbahan bakar air sudah ditemukan papar Sukardi kepada KR..Buat nambahin wawasan kita tentang kompor berbahan bakar air. Banyumas berhasil menemukan kompor berbahan bakar air setelah riset 3. Bayangkan hanya dengan 0. Hari ini harus lebih baik dari kemarin. Salam.--------. yang harusnya dijadikan proyek percontohan negara. Sabtu (3/3) di rumahnya kompleks Perumahan Kalibagor Indah. Setelah melalui proses percobaan berulang kali di bengkel sebelah rumah dan dibantu seorang karyawan.1 liter minyak tanah bisa memasak sampai 24 jam.5 tahun. semoga ada pengusaha Indonesia yang tertarik u memproduksi massal buat mengurangi subsidi minyak tanah yang katanya Mas Yudi sekitar 40 puluh trilyun tiap tahun. Blok A II dan III... proses menemukan kompor berbahan bakar air dimulai sejak ia tergugah untuk menemukan suatu alat memasak yang tidak atau sedikit menggunakan minyak sebagai bahan bakarnya. berapa penghematan yang bisa dicapai setiap rumah tangga dan pada akhirnya negara? Kenapa pemerintah tidak melihat ini sebagai karya hebat anak negeri... Regards.. 2007 8:20 pm (PST) Selamat buat mas parmin -----------.------TEMUAN SUPARMIN DARI BANYUMAS *Kompor Air : Nyalanya Bisa Hebat* Suparmin Sinuang Raharjo (47) pria asal Kelurahan Kalibagor. daripada harus beli kompor gas yang sebetulnya tidak murah?. sayang tidak terpublis dengan baik sehingga tetap tidak berkembang luas. Zainul From: chaeroni. Bramantya AP Kompor Air : Nyalanya Bisa Hebat Posted by: "anantö/" Wed Mar 14.

hingga kini belum ada investor dalam negeri yang berniat membuat kompor air secara massal. 4000 per liter. daya listrik yang digunakan tidak besar. sehingga hanya mencampurkan 0. Publikasi melalui sejumlah media sudah dijalankan namun belum menarik pengusaha lokal untuk mengucurkan dana guna membeli hak paten kompornya. Dengan menggunakan seliter air mampu memasak 24 jam nonstop. Selain itu. Kedua bahan diuapkan dalam sebuah tabung menggunakan pemanas listrik kemudian dibakar hingga api menyala.1 liter minyak tanah dengan 1 liter air. Salah satu alternatif untuk mengurangi subsidi itu adalah mencari sumber alternatif energi yang murah dan mudah diaplikasikan di pedesaaan untuk mengganti minyak tanah. 2000/ liter sehingga subsidinya sekitar Rp. ============ ========= ========= ====== ========= ========= Teknologi Konversi Air menjadi Api dan Aplikasinya Indonesia memiliki jumlah penduduk sekitar 220 juta orang dan sebagain besar penduduknya tinggal di pedesaan. Ir. Jumlah subsidi minyak tanah per tahun dengan demikian sekitar Rp. Biaya produksi minyak tanah saat ini sekitar Rp. Kompor air juga minim risiko meledak. Berikut ada Tulisan menarik dari Dr. Untuk memasak air menggunakan panci besar hanya membutuhkan 510 menit. jelaga dan bau. Air dengan susunan kimia H2O telah dikenal berabad-abad sebagai syarat keberadaan mahluk hidup. untuk angkatan pertama hingga air dan minyak menguap. bahkan lebih panas dibanding kompor gas.Kompor air menggunakan air tawar dan minyak tanah dengan perbandingan 1 : 10. Mereka membutuhkan bahan bakar minyak tanah untuk kompor dan penerangan dengan jumlah sekitar 10 juta kilo liter per tahun. Hasan Hambali salah seorang pendiri THFB. meski status temuannya dipatenkan. 6000 / liter sedangkan harga yang dikenakan kepada penduduk adalah hanya Rp. Nyala apinya juga besar. Makhluk hidup baik manusia. 40 trilyun. Lelaki beranak empat itu mengaku. . Jumlah subsidi ini sangat besar sehingga sangat membebani biaya operasional pemerintah. Kompor buatan Suparmin tidak menimbulkan asap. membutuhkan 100 watt selanjutnya hanya 5 watt. From: Yudi Dear Netters.

Sumber energi ini diperoleh dari energi yang tersimpan didalam air misalnya energi ketinggian untuk PLTA dan energi panas untuk PLTPB. Sumber energi ini merupakan sumber energi yang paling bersih dan ramah lingkungan. Sumber energi air non konvensional adalah energi yang tersimpan pada air apabila air tersebut dirubah menjadi fasa gas gabungan dari molekul hidrogen dan oksigen atau gas gabungan H-O dengan komposisi perbandingan yang tepat secara stokiometri. Hasan Hambali. Sumber energi pada air yang telah disebutkan diatas merupakan sumber energi air konvensional.000 BTU/lb (Michroswki. 2007 (THBF) Kompor dan Burner Berbahan Bakar Air . Air yang berada di ketinggian memiliki energi potensial yang lebih besar daripada air yang berada dibawahnya sehingga air yang di atas dapat menjadi sumber energi apabila air itu dialirkan ke bawah. Peradaban manusia juga telah memanfaatkan air sebagai sumber energi seperti digunakan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTPB). 2006).binatang ataupun tumbuh-tumbuhan sebagian besar terbentuk dari air. Biaya ini adalah biaya energi listrik untuk merubah air menjadi Gas H-O. Prinsip yang sama juga terjadi pada air pada fasa gas dalam bentuk uap air yang memiliki energi panas lebih tinggi daripada air yang berada pada fasa cair. Pemanfaatan Gas H-O dan pengembangan sumber energi angin sebagai sumber tenaga listriknya akan dapat membantu pemerintah menghilangkan beban subsidi minyak tanah sebesar Rp. Fenomena Proses ini pertama kali ditemulkan oleh Professor Yul Brown pada tahun 1970.. Dana ini dapat digunakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat untuk kejayaan bangsa Indonesia di masa depan. Biaya listrik ini akan menjadi lebih murah lagi apabila sumber listriknya berasal dari energi angin. 40 Trilyun per tahun. Biaya konversi air menjadi Gas H-O diduga relatif jauh lebih murah walaupun masih dalam penelitian lanjutan. Api dari gas gabungan H-O tidak menghasilkan jelaga karena tidak memiliki komponen karbon dan limbahnya adalah kembali menjadi air murni yang sangat ramah lingkungan. The Heritage Bogor Foundation (THBF) telah mulai melakukan pengembangan teknik pembuatan Gas H-O yang cepat dan efisien serta aplikasinya sehingga dapat digunakan untuk kompor pedesaan sebagai sumbangan pemikiran alternatif energi murah dan bersih untuk masyarakat Indonesia . Gas ini apabila dipantik akan menyala dan menghasilkan panas 66.

Pemanasan (penguapan) kompor martabak menggunakan apinya sendiri. Kalau kompor pompa. Bpk2 / Ibu2. - Saya dulu ketika berkemah tahun 1970-an sering menggunakan kompor pompa dengan minyak tanah. Istilah bahan bakar air ini malah mnurutku "MISLEADING" Merancukan kalau tidak boleh disebut menyesatkan. dan sering dicampur dengan air dengan asumsi untuk menghemat. jadi bagaimanakah relevansinya dengan bahan bakar air ini. Rovicky Dwi Putrohari Aku kok masih ragu akan terjadi pemecahan H2 dan O2 dengan proses penguapan ? Setahu saya proses pemecahan H2O menjadi oksigen dan Hydrogen hanya terjadi dengan elektrolysis. Hanya saran seorang kawan saja untuk menghemat katanya. saya cc lewat japri. Terima kasih.? Mungkin ada di antara Bapak2 / Ibu2 yang bersedia memberikan penjelasannya. Dalam kompor ini penguapan atau pengkabutan awal digunakan pemanas filament pengganti "sumbu penyalaan". Cahyono. malah ini utk bahan bakar mobil. seperti lama waktu yang diperlukan.? Kemudian setahu saya juga.? Apakah tidak malah menguras energi dari luar. saya masih bingung dengan kompor berbahan bakar minyak campur air ini. .Kompor yg digunakan ini prinsipnya hampir sama... tetapi tidak pernah meneliti lanjut. Yth. yakni apakah komposisi minyak yang sedikit ini tidak mengurangi kalor yang dihasilkan sehingga berdampak ke efektifitas memasak. dsb. mungkin masih sering dipakai di penjual Martabak (Glek !!).Asyrofi Numpang tanya. Bambang mungkin teorinya gak jauh beda dgn yg saya sertakan ini Pak. dimana pada tahap awal menggunakan minyak pada "sumbu penyalaan". reaksi-reaksi kimia yang menguraikan air seperti pemecahan H2O ke dalam molekul-molekul H2 & O2 kan bersifat endoterm yang justru membutuhkan energi bukan melepaskan energi.Muh..

Bambang agar minyak bercampur dgn air harus dibantu sabun ya Pak panji hindarto PakAsyrofi.... tapi sisi baiknya untuk pengguna api yang tak terlalu panas ini sangat berguna.Yang saya duga terjadi dengan kompor ini adalah terjadinya peningkatan efisiensi pembakaran. Tinggal dipikirkan feasible gak penghematan minyak yang dipakai dibandingkan dengan tambahan biaya untuk mendapatkan listriknya. iya siy minyaknya irit tapi panasnya juga irit jadi masaknya juga lama. terima kasih. air hanya berfungsi sebagai media pengkabutan. Mahyudanil . Namun sebelumnya salut untuk penemu kompor ini atas pemikiran dan kerja kerasnya.kompor minyak itu nyalanya redup setelah saya periksa ternyata didalam tanknya terdapat <15%air>. TIDAK ADA pemecahan H2O menjadi O2 dan H2 dalam kompor baru ini. Ya peningkatan efisiensi pemkaran akibat percampuran uap air. Pembakaran dalam kompor minyak tanah yang dibutuhkan untuk memasak akan berbeda dengan pembakaran minyak tanah dalam pembakaran sistem mesin penggerak. Dari situlah sumber energi luarnya.. Bukankah sudah dijelaskan di dalam artikel bahwa kompor ini memerlukan pemanas listrik untuk menguapkan campuran air dan minyak.kalau memang ada penghematan.... jadi masakan tidakcepat gosong. Anda Suganda heemm. secara logika mungkin saja kompor ini bisa berhasil mengingat ada tambahan energi dari luar berupa listrik. runpanya air tersebut bisa menghambat jalannya minyak dalam sumbu. Cahyono. Saya setuju pendapatnya Mas Mahyudanil Buchari. baru kemarin saya membersihkan kompor minyak. serta udara. maka teknologi ini patut dikembangkan. semoga teknologi indonesia makin berkembang.. uap minyak tanah.

akan lebih panas lagi apinya.. jumlah yg dimasak dan apa yg dimasak saya pikir sudah dilakukan trial oleh Bapak yang menemukannya. Tapi penemuan ini kan sudah efisien. paling tidak mempertajam apa yg beliau temukan. Ikhsan Pak Mahyudanil. A. Seperti CS2 dalam air yg masih menimbulkan api dipermukaan air sampai lenyap jika kandungan CS2 nya sudah habis terbakar semua. Menarik juga untuk sharing pendapat siapa tahu teknology ini bisa dipakai masyarakat yang sedang kesulitan BBM..sebenarnya tanpa minyakpun bisa. Faktor2 lain seperti media transfer panas yg dipakai. listriknya kecil untuk penguapan awal dan selanjutnya di injeksikan dan dibakar.. Dan akan lebih efisien lagi kalau bapak- . Rofiudin Pak Mahyudanil dan pak Ikhsan gak ada yang salah. science dll . Sekedar pendapat awam . unsur atomising ada. sementara penguapan water & minyak tanah disini dilakukan dgn meningkatkan temperatur sampai mencapai vapor pointnya.mari kita support beliau melalui sharing pendapat. mungkin gak partikel minyak tanah yg menguap masuk ke dalam partikel uap air yg tak jenuh melalui proses tumbukan molekul2 kedua fasa uap tersebut sehingga konsumsi minyak tanah tidak terlalu banyak akibat adanya energi panas uap air + minyak tanah yg terbakar.. Selamat buat Bapak Suparmin. air bisa membakar kok. Setahu saya untuk atomizing diperuntukkan untuk fasa liquid dimana diatur delta pressurenya sehingga diperoleh partikel2 yg lebih kecil dan mudah terbakar sempurna. Dalam hal ini efisiensi pembakaran akan naik signifikan dibandingkan dengan menggunakan kompor minyak konvensional.. dan lebih efisien lagi kalau dipakai untuk industri kecil yang butuh pemanas yang continuou. bila di elektrolisa dulu lalu terbentuk gas Hydrogen dan dibakar...Sepertinya fungsi air di sini hanya sebagai media pengkabutan (atomizing) sehingga pembakaran akan menjadi lebih sempurna. Jadi samalah halnya dengan atomizing steam yang digunakan untuk burner2 yang ada di industri baik itu boiler maupun fired heater. Air di sini akan terlebih dahulu diuapkan menjadi steam yang kemudian bersama2 minyak dialirkan ke tungku pembakaran..

.. bidang pemanas akan terisi air baru siap dipanasin lagi...5 menit (putih telur masak setengah bagian luar) 5 menit (putih telur masak semua. segera di susul tips hemat energy lainnya ya?? MEMASAK TELUR REBUS Telur rebus akan masak sempurna (putih dan kuning) artinya tepat matang. bahkan bisa di atur mau matang kulitnya saja juga oke.. :) Kita memasak air saja sekarang ini masih boros energi lho pak.. saya salut sama penemu kita ini.:) Yuyus Uskara Saya salut sama penemu ini.bapak yang pakai karena akan langsung dimodifikasi lagi tanki campurannya dibuat preheater.. on kan alat. setelah air mendidih. sehingga tambahan panas dan waktu sudah tidak mempengaruhinya lagi hanya boros energi saja. so HEMAT ENERGY. kuning telur mentah semua) 7. Coba lihat cara kerja coffee maker. coba bayangkan hanya mau membuat satu cangkir kopi saja kadang ibu-ibu memanaskan setengah panci air lalu kadang sisanya dibiarin dingin lagi (kalau tidak punya thermos).mulai dari saya ya.. kenapa ya kampus-kampus yang so-called high-tech. kenapa penemuan-penemuan tepat guna seperti ini kok muncul dari bengkel-bengkel kecil dari masyarakat yang mungkin tidak sekolah tinggi? sekali lagi... Ayo kita bagi tips hemat energi.. kita bisa menaruh 1 liter air. agar listriknya lebih kecil lagi.. juga BPPT jarang sekali membuat sebuah penemuan-penemuan yang benar-benar tepat .5 menit (putih telur matang semua. masukkan telur dan onkan stopwatch hasilnya sbb : 2. elemen pemanas kerja hanya memanasi sekian cc air saja di tempat yang luas dan datar dengan sedikit air.. waktu untuk satu cangkir singkat. air stock tetap dingin.... segera air mendidih dan bertekanan dan pindahlah air itu ke cangkir anda.... setelah satu cangkir stop !!!. kuning telur matang setengah) 10 menit (semua bagian dalam telur matang) anda tidak akan pernah kecolongan untuk memasak telur setengah matang dengan cara ini. tapi. Caranya : Didihkan air.

butuh 100 watt? a.guna? kenapa pemerintah juga tidak langsung memberikan bantuan dana untuk projek ini? daripada konversi minyak tanah ke gas. 0. Juga diberitakan apinya bisa memasak dengan panci besar hanya 5 .1 liter minyak tanah dengan 1 liter air. 0.1 liter minyak tanah + 1 liter air. mungkin jauh lebih murah dengan teknologi ini. Untuk Perbandingan air dan minyak tanah yang sebenarnya.1 liter air + 1 liter minyak tanah b. Untuk campuran yang berapa liter? b. Sayangnya penyajian oleh reporter (wartawan) kurang bernuansa scientific dan sedikit ceroboh untuk perbandingan air dan minyak tanah. Memanaskan campuran minyak dan air untuk angkatan pertama. apakah: a. Anshori Budiono Usaha dan penemuan yang patut untuk dikaji dan bisa menjadi solusi. Mohon rekonfirmasi dari kawan-kawan: 1. Panci besar yang dimaksud ukuran berapa liter? b. . Berapa lama? Tentunya agar bisa diketahui berapa konsumsi daya listrik nya (kwH) yang diperlukan untuk angkatan pertama sehingga kompor siap dinyalakan.10 menit: a. sehingga hanya mencampurkan 0. Apa yang dimasak? 3. Dengan menggunakan seliter air mampu memasak 24 jam nonstop. Diberitakan bahwa kompor air menggunakan air tawar dan minyak tanah dengan perbandingan 1 : 10.10 menit. 2. mudah-mudahan secepatnya teknologi ini bisa di aplikasikan di masyarakat banyak. Kedua bahan diuapkan dalam sebuah tabung menggunakan pemanas listrik kemudian dibakar hingga api menyala. Berita yang sangat menarik. Memasak dengan panci besar hanya 5 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful