A.Biosfer Suatu tempat tinggal dimana makhluk hidup itu melangsungkan hidupnya. CIRI MAKHLUK HIDUP 1.

Melakukan metabolisme 2. Tumbuh dan bergerak 3. Melakukan reproduksi 4. Peka terhadap rangsangan dari luar (iritabilita) 5. Memiliki kemampuan adaptasi dengan lingkungan Asal mula kehidupan: 1. Teori Cosmoza : menyatakan makhluk hidup datang di bumi dari bagian lain alam semesta ini. 2. Teori Pfluger : bumi berasal dari materi yang sangat panas sekali, kemudian bahan yang mengandung karbon(C), nitrogen(N) dan senyawa cyanogen(CN) membentuk protein pembentuk protoplasma yang akan menjadi makhluk hidup. 3. Teori Moore : hidup dapat muncul dari kondisi yang cocok dari bahan anorganik pada saat bumi mengalami pendinginan melalui suatu proses dalam larutannya yang labil. Bila fase keadaan kompleks itu muncul, terbentuklah makhluk hidup. 4. Teori Allen : Energi matahari diserap oleh zat besi yang lembab dan menimbulkan pengaturan atom dari materi-materi. Interaksi N,C,H,O, dan S dalam air membentuk protoplasma benda hidup. 5. Teori Transedental: benda hidup diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa diluar jangkauan sains. 6. Generatio Spontania (Aristoteles): berdasarkan pengamatan, benda-benda hidup dapat timbul dari benda tak hidup. Selanjutnya oleh Harold Urey(1893), AJ. Oparin(1924), Stanley Miller(1936). Jasad hidup sebagian besar tersusun atas ptotein. Protein tersusun atas asam amino, asam amino jika dipecah: CH4, H2O,H2, NH3 yang semuanya terdiriatom dasar: C,H,O,N 7. Teori Biogenesis (Louis pasteur,1822-1895): Makhluk hidup berasal dari makhluk hidup yang ada sebelumnya. 8. Teori Evolusi Kehidupan : makhluk hidup di permukaan bumi digolongkan menjadi 2 yaitu hewan dan tumbuhan. Makhluk hidup yang ada sekarang berasal dari makhluk hidup dahulu melalui proses evolusi. Lamarck : Evolusi akibat ADAPTASI thd alam dan sifat-sifat induk diwariskan kpd keturunannya Darwin: SELEKSI ALAM merupakan penyebab evolusi, siapa yang mampu bertahan dan kuat, akan tetap lestari. Weisman: seleksi alam thd faktor genetika De Vries: Evolusi disebabkan MUTASI GEN (perubahan spesies yang berbeda dengan induknya karena perubahan gen/kromosom). B. Evolusi Manusia Manusia tidak dapat luput dari faktor biologi, manusia adalah suatu hasil perkembangan evolusi yang lama sekali. Bukti-bukti memberikan petunjuk

Daratan bagi makhluk hidup penghuni lautan. suhu dan iklim. Daerah beriklim Dingin 60-80o LU/LS. Faktor sejarah. Daerah Tropis antar 23o LU dan 23o LS sepanjang katulistiwa Ciri: a. baik variasi akibat perkawinan maupun mutasi geografi tumbuhan 1. Benua awalnya menyatu. Makhluk hidup bersel satu (mitosis. Faktor lingkungan. pada pohon tsb terdapat tumbuhan epifit (menempel) c. air. Makhluk hidup bersel banyak A. PERKEMBANGAN & VARIABILITAS MAKHLUK HIDUP Sel merupakan unit kehidupan terkecil INTI SEL Fungsi mengatur kegiatan sel. SITOPLASMA Cairan sel yang didalamnya terdapat vakuola (ruangan-ruangan yang berisi makanan yang larut dan cairan) dalam tanaman terdapat kloroplas tempat kolropil (yang membuat makanan) MEMBRAN SEL Melindungi sel dan mengatur jalannya material keluar masuk sel. sebaliknya lautan dan selat bagi makhluk hidup di daratan Fator lain: Genetik. amitosis) 2. REPRODUKSI DAN PERKEMBANGBIAKAN 1. Inti mengandung kromatin yang mengatur penyebaran sifat-sifat keturunan. Daerah SubTropis antar 23o-40o LU/LS Ciri: Hutan terlalu lebat tanpa belukar. Faktor hambatan penyebaran. . SEKSUAL Variabilitas makhluk hidup Faktor geografik 1. akibat pergeseran terbentuklah benua dan samudra. pohon besar dan tinggi b. di bawah pohon besar terdapat pohon yang lebih rendah dan semak 2. berperanan dalam pembelahan/reproduksi sel. Lingkungan biotik: lingkungan antara makhluk hidup sendiri 2. banyak pohon merambat pd pohon lain d.bahwa manusia berasal dari makhluk yang bukan manusia. Makin ke arah kutup makain jarang hutan dan digantikan padang rumput (40-60o LU/LS) 3. ASEKSUAL B. epitel dan rotan. Meskupun buktibukti tersebut tidak lengkap. Lingkungan abiotik: tanah. 3.

untuk mengatasi masalah yang menyangkut hubungan antara jasad hidup dengan lingkungannya.l tapir. Sumber energi dan sistem kehidupan yang mampu mengolah sumber energi untuk kebutuhan komponen ekosistem lain 2. gajah india.Dihuni padang taiga dan Tundra. Ekologi Sebagai Dasar Ilmu Lingkungan Ekologi merupakan salah satu ilmu dasar bagi ilmu lingkungan. B. Cukup zat-zat kimia yang dibutuhkan dan mekanisme yang mengatur keseimbangan kimia a. dan siklus mineral yang disebut ekosistem. kutu air.l harimau. Dalam EKOSISTEM harus 1. 1.l gajah afrika. Individu:Suatu kesatuan struktur yang membangun suatu kehidupan dalam bentuk makhluk 2.l bison. deversifikasi biotik. tetapi juga segala macam bentuk materi yang melakukan siklus dalam sistem ini. Setiap unit yang meliputi organisme (biotik) pada suatu daerah tertentu berinteraksi thd lingkungan fisik (abiotik) sehingga terjadi aliran energi. Tundra: padang perdu dan paku rendah 4. Nearctic (Amerika Utara dan Greenland) a. rusa caribau 6. Komunitas: Kumpulan populasi makhluk hidup yang hidup bersamasama dalam suatu tempat bersamaan. Beraneka macam proses & hubungan terjadi pada biosfer yang dapat dirangkum sebagai perubahan materi dan energi. RANTAI MAKANAN . Komponen ekosistem saling mempengaruhi satu sama lain. 4. Daerah kutub 80-90o LU/LS. wombat 5. CO2.l kangguru. Ilmu Lingkungan Ilmu yang mempelajari hubungan antara jasad hidup (termasuk manusia) dengan lingkungan. Populasi: Populasi dapat dikatakan sebagai kumpulan individu sejenis/suatu spesies makhluk hidup yang sama. monyet howler A. Taiga: hutan cemara/pinus dan pakis. ikan dan lain-lain membentuk komunitas air tawar. Ekosistem: Tingkat organisasi yang lebih tinggi. Ilmu lingkungan merupakan gabungan berbagai asas dan konsep aneka ragam ilmu yang terpencar yang digabungkan secara tunjang menunjang. gorilla 3. Dalam ilmu lingkungan makhluk hidup pada dasarnya dipelajari dalam unit populasi. Tidak ada tumbuhan hanya lumut geografi hewan 1. Australian (Australia dan sekitarnya) a. Daerah Palaeartic (Eropa dan Asia Utara) bison dan rusa rein 2. tidak hanya mencakup serangkaian spesies tumbuhan saja. jerapah. Kumpulan populasi air. koala.l H2O. Neotropical (Amerika Selatan dan Tengah) a. Oriental (Asia selatan dan indonesia) a. Ethiopian (Afrika dan Semenanjung Arab) a. O2 dan zat hara. 3. kerbau 4.

herbivor 3. cendawan. Manusia sebagai makhluk perampok D. tumbuhan hijau merubah energi matahari menjadi energi kimia dalam jaringan 2. Manusia dominan secara ekologik: 1. Manusia dapat berkompetisi secara lebih baik untuk memenuhi kebutuhan hidupnya terutama dalam hal makanan. karnivor 4. jika dibandingkan dengan makhluk hidup lain dalam ekosistem 2. Tingkat tropik ketiga. Manusia sebagai makhluk pengotor MENGATASI MASALAH KEPENDUDUKAN DAN LINGKUNGAN HIDUP 1. herbivor 3. Pemakan bangkai. Konsumen kedua. Bagaimana manusia? 5. karnivor 4. Mengubah pola bertani sehingga tidak merusak struktur tanah 0 . Manusia sebagai penyebab evolusi E. Konsumen pertama. Manusia sebagai makhluk pembuat alat C. bakteri dan mikroba Pengaruh Manusia dalam Lingkungan A. Konsumen ketiga. Tingkat tropik pertama. Tingkat tropik kedua. Manusia mampu memberikan pengaruh yang besar terhadap lingkungan tempat hidupnya atau terhadap organisme lain B. pengurai JARING-JARING MAKANAN Hubungan yang saling tergantung antar rantai makanan dalam ekosistem PENGGOLONGAN POPULASI 1. karnivor pemakan karnivor. Tingkat tropik keempat. Parasit. Produsen. Mensukeskan program KB 2. organisme yang mendapat makanan yang telah dicerna organisme lain ditempat ia hidup 6. Melaksanakan Industrialisasi 4. hewan-hewan yang hidup dari kotoran atau organisme mati 7.Peristiwa makan memakan yang merupakan aliran materi dan energi dalam ekosistem 1. tumbuhan hijau menggunakan energi matahari langsung untuk pertumbuhannya 2. Mensukseskan program Transmigrasi 3. Pengurai.

A. Tanah : Kerusakan struktur tanah. 5. hewan dan ternak : teknologi modern menyebabkan hutan tidak dapat diperbaharui karena penebangan liar. telepon. f. Selain itu di bidang pangan. diesel. 4. kereta api. Energi juga dapat berubah bentuk. Hutan. televisi. satelit komunikasi dan bioskop. Dampak ilmu alam dan teknologi terhadap komunikasi . 3. gerak. B. Sumber daya zat radioaktif : Bila dalam distribusinya mengalami kebocoran maka dapat membahayakan kesehatan makhluk hidup. 1. 4. Bioteknologi Manusia memanfaatkan biologi terapan dan menggabungkannya dengan teknologi modern sehingga terciptalah bioteknologi. kimia. Minyak bumi : Hasil pembakarannya dapat menimbulkan gas beracun. energi nuklir dan sebagainya. penggalan minyak bumi dapat membawa polusi daerah disekitarnya. Dampak ilmu alam dan teknologi terhadap industri Penggunaan mesin yang menimbulkan suara bising dapat menyebabkan pendengaran berkurang dan daya tangkap otak manusia mengalami kemunduran. e. Komunikasi Berkomunikasi merupakan salah satu kebutuhan manusia yang menyumbangkan berbagai hasil diantaranya : Komputer. 2. Mesin Ada bermacam-macam mesin diantaranya mesin premium. yang dikembangkan lebih lanjut dalam berbagai bidang : Kedokteran. listrik. Peranan Ilmu Alam dan Teknologi Materi Manusia dalam hidupnya memerlukan materi. Dampak ilmu alam dan teknologi terhadap sumber daya alam a. Batubara : Penambangan batubara menghasilkan gas yang menyesakkan nafas. d. telegrafi. Energi Energi dapat berwujud dalam berbagai bentuk yakni dalam bentuk panas. pemakaian racun untuk pemberantasan hama dapat meracuni ternak. radio. pangan (bibit unggul dan produksinya dalam waktu singkat). Dampak ilmu alam dan teknologi terhadap transportasi Telah banyak memberikan sumbangan yang besar misalnya terciptanya sarana mobil. Air : Pencemaran dan pendangkalan sungai. farmasi. pesawat terbang dan sebagainya. papan (gedung-gedung pencakar langit). 3. 1. Media cetak. 2. b. cahaya. yang terdiri dari materi biotis (dari bahan hidup misalnya protein) dan non biotis (oksigen sampai benda-benda yang kita pakai sehari-hari). 5. pertanian dan peternakan. Dampak negatif dari kemajuan teknologi di bidang misalnya orang membabat hutan dan akibatnya : Erosi. kapal laut. uap dan jet. hasil panen dan manusia. c. Dampak Ilmu Alam dan Teknologi Dampak ilmu alam dan teknologi sehubungan dengan kebutuhan pokok Ilmu alam dan teknologi telah banyak memberikan sumbangannya dalam bidang sandang (mesin tekstil). kemerosotan kesuburan tanah dan banjir. kematian sumber air. pendangkalan sungai.

1. terentang dan meranti rawa). • Rawa tanpa hutan : Merupakan rawa yang didominasi oleh rumput-rumputan dan herba akustik lainnya dan mempunyai badan air yang relatif luas maka disebut danau. siamang dan lutung). semak. juga hewan primata (kera ekor panjang. Biasanya mengandung Pirit (FeS2). reptilia (buaya muara. Beberapa jenis tumbuhan dapat beradaptasi di daerah ini (ramin. makhluk hidup. ciri-cirinya : • Warna coklat gelap/hitam karena kekurangan Oksigen. A. biawak) dan ikan (lele. Pencemaran Lingkungan dan Daur Ulang Limbah Bagaimana lingkungan dikatakan seimbang? Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda. asal dan macam bahan yang diangkut. Keseimbangan lingkungan secara alami dapat berlangsung bila komponenkomponen yang terlibat dalam aksi interaksi dan berperan sesuai dengan kondisi . belut dan ikan gabus).Penggunaan telpon kini sudah banyak dilakukan dimana-mana. Keanekaragaman jenis tanah dan keberadaan genangan air mempengaruhi tipe vegetasi di daerah ini. Jenis rawa di Kalsel diantaranya : • Hutan rawa gambut : Terbentuk di pesisir sebagai lahan basah pesisir. ular sanca. Hutan ini kaya akan tumbuhan jenis epifet (pandan-pandangan dan nanas-nanasan). durian. • Tanah gambut : Merupakan sisa-sisa tumbuhan dan hewan yang belum terdekomposisi dengan sempurna dan terkumpul dalam jumlah relatif besar. • Tanah warna abu-abu terang dan bercak-bercan merah. • Berbau telur busuk atau sulfur. bahkan di negara maju sudah disertai dengan gambar. jingga atau kuning akibat pengkaratan besi karena terendam air. semarum. buaya senyulong. Tanah gambut memiliki sifat asam (pH rendah) karena asam-asam organik yang dihasilkan dalam proses dekomposisi tersebut. dan beberapa diantaranya bersifat racun bagi tanaman/hewan. Tanah di wilayah Kalsel umumnya memiliki tekstur yang khas karena dipengaruhi oleh kelembaban dan genangan air. • Hutan rawa air tawar : Terdapat di daerah peralihan antara hutan rawa gambut dengan hutan dataran rendah. maka mempunyai struktur yang berlapis-lapis. juga beberapa jenis hewan reptil (senyulong dan buaya rawa). rumput-rumputan. Substrat di daerah Kalsel dibedakan menjadi : • Tanah alluvial : Berasal dari endapan berbagai macam sedimen yang berasal dari laut atau sungai. yang memenuhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya. Sifatnya tergantung pada kekuatan banjir. didominasi oleh tanaman herba. • Seperti lempung yang lengket berwarna abu-abu. termasuk manusia di dalamnya dan perilakunya. suntai. maupun jauh didarat sebagai lahan basah daratan. daya. • Tekstur lekat.

salah satu caranya dengan daur ulang yaitu cara pengelolaan sampah padat yang terdiri atas kegiatan pemilahan. pertanian. pengumpulan. laut atau udara hingga menimbulkan dampak yang membahayakan bagi kehidupan. eceng gondok). kasus lumpur di Porong juga mengakibatkan ikanikan mati. c. pemrosesan. b. merugikan kehidupan manusia. suara dan energi (panas. Macam polusi dan bahayanya a. berkurangnya pertumbuhan dan menurunnya reproduksi makhluk hidup. tanaman juga kering dan mati. dan pembuatan produk atau material bekas pakai. 5. sidemen. Polusi udara : Mempunyai sumber yang beraneka ragam dan telah banyak menimbulkan gangguan kesehatan. Berbagai macam pengrusakan lingkungan Selain penebangan hutan. Polusi air dan tanah : Disebabkan karena pollutan tertentu dapat membinasakan mikroorganisme yang terdapat dalam tanah dan perairan sebagai peranan penting dari siklus materi pada suatu ekosistem. pertambangan dan rekreasi. limbah organik. Kesimbangan dapat terganggu bila terjadi perubahan berupa pengurangan fungsi dari komponen atau hilangnya sebagian komponen yang dapat menyebabkan putusnya mata rantai dalam ekosistem. Penerapan intensifikasi pertanian 4. 3. 4. Untuk menjaganya dilakukan pelestarian lingkungan melalui pola pendidikan (sekolah maupun penyuluhan). Penebangan hutan 2. radiasi). Daur ulang limbah Sampah dapat diolah. baik darat. Polusi suara : Kebisingan yang berlangsung sehari-hari terutama di kotakota besar dapat menimbulkan akibat hilangnya daya pendengaran secara permanen. Limbah yang biasanya menimbulkan masalah terhadap lingkungan antara lain berasal dari kegiatan pemukiman. rawa) untuk industri 5. industri. pendistribusian. Pembangunan perubahan dan industri 3. Pencemaran lingkungan (polusi) Masuknya bahan atau energi manusia secara langsung atau tidak langsung ke suatu wilayah. Perubahan lingkungan karena faktor kegiatan manusia : 1. Limbah dan permasalahannya Aktivitas manusia dalam skala kecil maupun besar sering menghasilkan limbah. Komponen polusi (pollutan) antara lain : Bahan kimia. B. Penebangan hutan bakau dan pengeringan rawa di pesisir . debu. Perubahan Lingkungan dan Etika Lingkungan Lingkungan selalu mengalami perubahan yang dapat mengganggu keseimbangan lingkungan karena adanya mata rantai yang terputus dalam rantai makanan. limbah industri (B3/bahan beracun dan berbahaya). 2. bakteri. menurunkan kualitas manusia.keseimbangan serta proses pemindahan energi dan siklus biogeokimia dapat berlangsung. Pengkonversian lahan basah (danau. makhluk hidup (virus. Perubahan lingkungan dapat disebabkan oleh faktor alam dan kegiatan manusia. Limbah tersebut dibuang ke lingkungan dan menimbulkan masalah yang ditimbulkan merata dan menyebar luas di lingkungan.

PRINSIP KETIDAKBALIKAN Faktor fisik dan biologis yang tidak berlangsung lagi dalam ekosistem. penebangan hutan tebang pilih. meskipun dalam jangka pendek sangat bermanfaat bagi kehidupan. . reboisasi. 2. atau mengalami kepunahan. 3. pestisida. mengakibatkan sumber daya lam hayati tidak dapat mempernaharui diri. pertanian dengan sistem pupuk organik dan non pestisida. PRINSIP INOPTIMUM Tidak ada sumber daya hayati yang hidup dalam satu lingkungan dengan semua parameter optimum. khususnya limbah cair industri. PRINSIP FAKTOR PENGONTROL Pencemaran. pemberantasan hama dengan teknik jantan mandul. Penambangan liar Untuk menanggulangi dan mencegah dampak tersebut. Secara teknologis : Dengan membuat unit pengolahan limbah. A. 1. pemberantasan hama dengan kontrol biologi. dilakukan sesuai dengan prinsip-prinsip etika (moral) lingkungan antara lain : 1. telah mengakibatkan ketergantungan terhadap pemeliharaan manusia. Secara administratif : Dibuatnya UU dan peraturan untuk mencegah pengrusakan dan eksploitasi lingkungan secara berlebihan. Wujud materi : Tiga macam materi yakni padat. Secara edukatif (pendidikan) : Melalui kegiatan penyuluhan masyarakat dan kampanye mengenai lingkungan bersih dan sehat. cair dan gas. PRINSIP PEMBUDIDAYAAN Pembudidayaan sumber daya alam hayati.6. Pengelolaan alam PRINSIP DAYA TOLERANSI Toleransi sumber daya alam hayati terhadap perubahan lingkungan perlu dipertimbangkan. pupuk dll menjadi faktor pengontrol terhadap dinamika populasi. pertanian (sistem tumpang sari dan tumpang bergilir). untuk mencegah penurunan produksi bahkan kepunahan. 4. Materi Materi didefinisikan sebagai sesuatu yang mempunyai massa menempati ruang. Secara aplikatif (penerapan) : Melalui gerakan (usaha) langsung. Manusia cenderung merubah kondisi ini tanpa mempertimbangkan dampak jangka panjang kelangsungan sumber daya itu. yaitu : penghijauan dan gerakan sejuta pohon.

Energi kimia : Energi yang diperoleh melalui suatu proses kimia. Energi cahaya : Terutama cahaya matahari banyak diperlukan oleh tumbuhan yang berdaun hijau. Energi magnetik : Setiap magnet mempunyai 2 kutub yaitu kutub utara dan kutub selatan. 2. 6. 3. 5. Pengembangan energi alternatif Pertimbangan pemanfaatan sumber daya alam: 1. 3. sungai atau air. Pemberian panas pada benda dapat menyebabkan kenaikan suhu. Energi Energi adalah suatu kemampuan untuk melakukan kerja atau kegiatan. Energi listrik : Dapat dibangkitkan dengan berbagai cara (menggunakan aki. nuklir. dimanfaatkan untuk : penggerak satelit buatan. Menjamin kelestarian kualitas lingkungan 2. energi potensial dan energi kinetik. 7. 4. penyulingan air. ENERGI PANAS BUMI . Atom dan molekul : Demokritos (460-370 SM) menyatakan bahwa semua materi mempunyai partikel-partikel yang amat kecil yang disebut atom. Susunan atom a. 9. Penemuan elektron dan proton : Elektron merupakan partikel atom yang pertama diketemukan Joseph John Thomson. uap). Model atom Bohr : Menurutnya di sekitar inti atom hanya mungkin terdapat lintasan-lintasan elektron yang berjumlah terbatas pada tiap-tiap lintasan itu bergerak sebuah elektron yang dalam gerakannya tidak memancarkan sinar. Energi matahari : Energi paling besar dan paling murah di alam ini. Menjamin adanya kelestarian hasil dan pemanfaatan sumber daya alam ENERGI MATAHARI Sinar matahari ditangkap menggunakan foto sel yang terbuat dari silikon yang sisisisinya dilapisi boron dan arsen. angin. proses fotosintesis.2. ribuan foto sel dihubungkan secara seri-paralel. Model atom : Model atom menurut Rutherford ialah proton merupakan suatu bagian ruangan di dalam inti atom yang mengadakan tarik menarik dengan sejumlah elektron sesuai dengan jumlah muatan inti. Energi nuklir : Didapatkan apabila suatu atom pecah menjadi atom lain. tenaga diesel. B. c. Berat menyatakan gaya gravitasi bumi terhadap benda itu dan tergantung pada letak benda dari pusat bumi. 8. Jumlah kedua energi itu dinamakan energi mekanik. Macam-macam anergi antara lain : 1. 4. Klasifikasi materi : Bersifat serba sama (homogen) atau serba aneka (heterogen). Untuk mendapatkan voltase yang besar dan arus yang kuat. Energi bunyi : Getaran. b. Energi mekanik : Dibedakan 2 yaitu. 5. Massa dan berat : Massa suatu benda tetap di segala tempat. Energi panas : Disebut kalor.

000 mg air 1L = 1000 mL = 1000 g ρ (berat jenis air) = 1g/mL . melalui proses transesterifikasi. BIOFUELS Penggunaan minyak nabati sebagai pengganti bahan bakar fosil. dapat digunakan untuk memutar turbin dan diubah oleh generator menjad ENERGI BIOGAS Mengolah sampah organik dengan bakteri pengurai. Contoh: biodisel. ENERGI ANGIN. menggerakkan kincir yang diubah oleh generator mernjadi listrik ENERGI PASANG SURUT.Air yang berasal dekat magma akan menghasilkan uap yang dapat menggerakkan turbin. Ppm = part per million Kandungan Pb dalam sungai martapura = 1 ppm 1 mg Pb tiap 1L air 1 mg Pb tiap 1000 g air atau 1000. menghasilkan gas metana.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful