You are on page 1of 22

TUGAS

AKHIR

PERANCANGAN WEBSITE

THE PAKETROCK BAND

Disusun Oleh : Nurul Hidayat Nim : A1.0700475 Program Studi Manajemen Informatika Jenjang Diploma - 3

Abstrak
Tujuan perancangan website The Paketrock Band adalah untuk mempublikasikan band The Paketrock dengan memanfaat kan media internet kepada khalayak ramai dengan lebih mudah dan cepat (real time).

Sedangkan metode pengembangan sistem yang dipakai adalah metode waterfall. studi pustaka. serta melakukan observasi langsung ke base camp The Paketrock.Abstrak Metode penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan informasi yang dibutuhkan untuk menyusun dan membuat website adalah dengan metode wawancara dengan narasumber yaitu pihak manajemen. .

.Abstrak Hasil yang dicapai setelah melakukan penelitian adalah berupa Website The Paketrock Band. Ada dua pihak yang mendapat manfaat langsung dari dilaksanakannya sistem ini yaitu : pihak manajemen the paketrock dan pihak penggemar.

.Abstrak Simpulan yang penulis ambil adalah bahwa Website The Paketrock Band merupakan sarana yang digunakan untuk mempublikasikan band mulai dari data personil sampai dengan multimedianya dengan harapan kelak website tersebut dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi band – band yang lainnya.

. Tiap orang memiliki selera yang berbeda – beda dalam menikmati musik hasil karya sebuah grup band.Latar Belakang Promosi sebuah grup band adalah salah satu cara yang umum dilakukan oleh banyak grup band untuk dapat dikenal oleh banyak orang dan mendapat penggemar atau fans terhadap band tersebut.

. timbul lah sebuah masalah yaitu bagaimana cara yang paling bagus untuk mempromosikan sebuah band agar seluruh materi dari grup band itu bisa cepat sampai kepada masyarakat dalam waktu yang singkat.Latar Belakang Mengingat cukup ketatnya persaingan di dunia musik karena sudah banyak sekali grup band yang berdiri dengan genre baru yang berbeda – beda. Media apakah yang cocok untuk menyelesaikan masalah di atas.

dan dari segi biaya pun media internet adalah media yang sangat murah apabila dilihat dari spesipikasi dan fasilitas yang di sediakan internet. karena media ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan media sebelumnya. .Latar Belakang Media yang mampu mewujudkan hal tersebut adalah media internet.

.Latar Belakang Dengan cara tersebut sudah tentu internet akan memperkenalkan Band The Paketrock ke khalayak orang banyak. Sesuai dengan latar belakang di atas penulis tertarik mengangkat tugas akhir ini dengan judul “Perancangan Website The Paketrock Band Dengan PHP dan MySql Menggunakan Adobe Dreamweaver CS3.

.Ruang Lingkup Dari latar belakang yang ada agar hasilnya tepat pada sasaran maka permasalahan yang ada dibatasi pada pembuatan situs web mengenai The Paketrock Band secara umum. Penulis menggunakan aplikasi Adobe Dreamweaver CS3 sebagai pembangun web nya dengan bahasa PHP dan database mysql.

.Ruang Lingkup Untuk mengupdate halaman website administrator dapat menggunakan halaman phpmyadmin karena penulis tidak menyediakan halaman admin dalam web ini.

Selanjutnya untuk pemeliharaan penulis serahkan langsung kepada pengguna website yaitu manajemen The Paketrock Band.Ruang Lingkup Dalam pengembangan website ini penulis membatasi metodenya dari mulai analisis masalah sampai pengujian. .

.Tujuan Tujuan dari Penyusunan Tugas Akhir ini adalah : sebagai syarat kelulusan untuk menyelesaikan Pendidikan program Diploma III pada Sekolah Tinggi Manajemen Informatika (STMIK) Sumedang. Memperoleh suatu pengalaman tentang pembuatan situs web yang interaktif dan informatif dengan menggunakan database berbasis website.

Manfaat Manfaat yang diperoleh dari perancangan website ini adalah : Sebagai sarana pendukung promosi yang memperluas ruang gerak The Paketrock. . Dapat menjalin komunikasi melalui email ataupun informasi kontak yang berada dalam website. Dapat dijadikan ajang interaksi dengan para pengunjung website The Paketrock.

Studi Kepustakaan.Metodologi pengumpulan data Data yang diperlukan dalam pengamatan ini diperoleh dengan menggunakan teknik pengumpulan data sebagai berikut : Wawancara. . Observasi.

juga sering disebut Metode “classic life cycle”. pengujian.Metodologi pengembangan sistem Metode yang digunakan penulis dalam perancangan website ini adalah Metode WaterFall. metode ini menggunakan pendekatan yang sistematis dan sekuensial dalam membangun perangkat lunak yang dimulai pada level sistem dan pengembangan melalui tahapan analisis. perancangan. dan .

metode ini menggunakan pendekatan yang sistematis dan sekuensial dalam membangun perangkat lunak yang dimulai pada level sistem dan pengembangan melalui tahapan analisis. juga sering disebut Metode “classic life cycle”.Metodologi pengembangan sistem Metode yang digunakan penulis dalam perancangan website ini adalah Metode WaterFall. perancangan. pengujian. dan .

Sistematika Penulisan Untuk mendapatkan gambaran permasalahan secara jelas dan sistematis.yaitu: .tugas akhir ini terbagi atas beberapa bab.

metodologi dan sistematika penulisan. tujuan dan manfaat. .BAB 1 Pendahuluan Bab ini menguraikan gambaran secara umum isi tugas akhir yaitu mengenai: latar belakang masalah. ruang lingkup.

aplikasi yang dipakai oleh penulis Database yang digunakan sebagai tempat penyimpanan data. metode prancangan yang dipakai.BAB 2 Landasan Teori Pada bab ini menguraikan tentang pengertian perancangan. server .

.BAB 3 Perancangan Sistem Bab ini menguraikan tentang kerangka berpikir dalam merancang website. Menguraikan tentang evaluasi dari website yang dirancang untuk mengetahui kemampuan dan kelemahan dari website tersebut.

BAB 4 Kesimpulan dan Saran Bab ini merupakan bab penutup penulisan tugas akhir yang mengemukakan kesimpulan yang diambil dari pembahasan yang telah diuraikan pada bab III serta saran-saran yang di ajukan penulis sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan bagi pengelola website tersebut. .