You are on page 1of 33

Induktor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Langsung ke: navigasi, cari

Induktor

Beberapa jenis induktor harga rendah. Simbol Tipe Pembuatan pertama Pasif Michael Faraday(1831)
Kotak ini: lihat ‡ bicara

Sebuah induktor atau reaktor adalah sebuah komponen elektronika pasif (kebanyakan berbentuk torus) yang dapat menyimpan energi pada medan magnet yang ditimbulkan oleh arus listrik yang melintasinya. Kemampuan induktor untuk menyimpan energi magnet ditentukan oleh induktansinya, dalam satuan Henry. Biasanya sebuah induktor adalah sebuah kawat penghantar yang dibentuk menjadi kumparan, lilitan membantu membuat medan magnet yang kuat didalam kumparan dikarenakan hukum induksi Faraday. Induktor adalah salah satu komponen elektronik dasar yang digunakan dalam rangkaian yang arus dan tegangannya berubah-ubah dikarenakan kemampuan induktor untuk memproses arus bolak-balik. Sebuah induktor ideal memiliki induktansi, tetapi tanpa resistansi atau kapasitansi, dan tidak memboroskan daya. Sebuah induktor pada kenyataanya merupakan gabungan dari induktansi, beberapa resistansi karena resistivitas kawat, dan beberapa kapasitansi. Pada suatu frekuensi, induktor dapat menjadi sirkuit resonansi karena kapasitas parasitnya. Selain memboroskan daya pada resistansi kawat, induktor berinti magnet juga memboroskan daya didalam inti karena efek histeresis, dan pada arus tinggi mungkin mengalami nonlinearitas karena penjenuhan.

Daftar isi
[sembunyikan]

y y y y y

y y

y y y y

1 Fisika 2 Faktor Q 3 Penggunaan 4 Konstruksi induktor 5 Jenis-jenis lilitan o 5.1 Lilitan ferit sarang madu o 5.2 Lilitan inti toroid 6 Rumus induktansi 7 Dalam sirkuit elektrik o 7.1 Analisis sirkuit Laplace (s-domain) o 7.2 Jejaring induktor o 7.3 Energi yang tersimpan 8 Lihat pula 9 Sinonim 10 Catatan 11 Pranala luar

Fisika
Induktansi (L) (diukur dalam Henry) adalah efek dari medan magnet yang terbentuk disekitar konduktor pembawa arus yang bersifat menahan perubahan arus. Arus listrik yang melewati konduktor membuat medan magnet sebanding dengan besar arus. Perubahan dalam arus menyebabkan perubahan medan magnet yang mengakibatkan gaya elektromotif lawan melalui GGL induksi yang bersifat menentang perubahan arus. Induktansi diukur berdasarkan jumlah gaya elektromotif yang ditimbulkan untuk setiap perubahan arus terhadap waktu. Sebagai contoh, sebuah induktor dengan induktansi 1 Henry menimbulkan gaya elektromotif sebesar 1 volt saat arus dalam indukutor berubah dengan kecepatan 1 ampere setiap sekon. Jumlah lilitan, ukuran lilitan, dan material inti menentukan induktansi.

Faktor Q
Sebuah induktor ideal tidak menimbulkan kerugian terhadap arus yang melewati lilitan. Tetapi, induktor pada umumnya memiliki resistansi lilitan dari kawat yang digunakan untuk lilitan. Karena resistansi lilitan terlihat berderet dengan induktor, ini sering disebut resistansi deret. Resistansi deret induktor mengubah arus listrik menjad bahang, yang menyebabkan pengurangan kualitas induktif. Faktor kualitas atau "Q" dari sebuah induktor adalah perbandingan reaktansi induktif dan resistansi deret pada frekuensi tertentu, dan ini merupakan efisiensi induktor. Semakin tinggi faktor Q dari induktor, induktor tersebut semakin mendekati induktor ideal tanpa kerugian. Faktor Q dari sebuah induktor dapat diketahui dari rumus berikut, dimana R merupakan resistansi internal dan L adalah resistansi kapasitif atau induktif pada resonansi:

Dengan menggunakan inti feromagnetik, induktansi dapat ditingkatkan untuk jumlah tembaga yang sama, sehingga meningkatkan faktor Q. Inti juga memberikan kerugian pada frekuensi tinggi. Bahan inti khusus dipilih untuk hasil terbaik untuk jalur frekuensi tersebut. Pada VHF atau frekuensi yang lebih tinggi, inti udara sebaiknya digunakan. Lilitan induktor pada inti feromagnetik mungkin jenuh pada arus tinggi, menyebabkan pengurangan induktansi dan faktor Q yang sangat signifikan. Hal ini dapat dihindari dengan menggunakan induktor inti udara. Sebuah induktor inti udara yang didesain dengan baik dapat memiliki faktor Q hingga beberapa ratus. Sebuah kondensator nyaris ideal (faktor Q mendekati tak terhingga) dapat dibuat dengan membuat lilitan dari kawat superkonduktor pada helium atau nitrogen cair. Ini membuat resistansi kawat menjadi nol. Karena induktor superkonduktor hampir tanpa kerugian, ini dapat menyimpan sejumlah besar energi listrik dalam lilitannya.

Penggunaan

Induktor dengan dua lilitan 47mH, sering dijumpai pada pencatu daya. Induktor sering digunakan pada sirkuit analog dan pemroses sinyal. Induktor berpasangan dengan kondensator dan komponen lain membentuk sirkuit tertala. Penggunaan induktor bervariasi dari penggunaan induktor besar pada pencatu daya untuk menghilangkan dengung pencatu daya, hingga induktor kecil yang terpasang pada kabel untuk mencegah interferensi frekuensi radio untuk dprd melalui kabel. Kombinasi induktor-kondensator menjadi rangkaian tala dalam pemancar dan penerima radio. Dua induktor atau lebih yang terkopel secara magnetik membentuk transformator.

Induktor frekuensi rendah dibuat dengan menggunakan baja laminasi untuk menekan arus eddy. digulung pada inti magnet berupa udara atau bahan feromagnetik. . Sebuah induktor biasanya dikonstruksi sebagai sebuah lilitan dari bahan penghantar. Ferit lunak biasanya digunakan sebagai inti pada induktor frekuensi tingi. yang digunakan untuk mengikangkan paku-paku tegangan yang berasal dari petir. biasanya kawat tembaga. skala dalam sentimeter. indukutor sering disebut dengan reaktor. Beberapa jenis menutup penuh gulungan kawat didalam material inti. Dan girator dapat menjadi pilihan alternatif. sehingga meningkatkan induktansi induktor. Bahan inti yang mempunyai permeabilitas magnet yang lebih tinggi dari udara meningkatkan medan magnet dan menjaganya tetap dekat pada induktor. Tetapi bentuknya yang kecil membatasi induktansi. Induktor juga digunakan dalam sistem transmisi listrik. dinamakan induktor terselubungi. yang memungkinkan pengubahan induktansi. dan juga membatasi arus pensakelaran dan arus kesalahan. Beberapa induktor mempunyai inti yang dapat diubah letaknya. Induktor yang digunakan untuk menahan frekuensi sangat tinggi biasanya dibuat dengan melilitkan tabung atau manik-manik ferit pada kabel transmisi. Perbandingan transfer energi ini menentukan tegangan keluaran. Induktor dibuat dengan berbagai bentuk. Beberapa induktor dapat dibentuk pada rangkaian terintegrasi menhan menggunakan inti planar. Induktor kecil dapat dicetak langsung pada papan rangkaian cetak dengan membuat jalur tembaga berbentuk spiral. Sebagian besar dikonstruksi dengan menggulung kawat tembaga email disekitar bahan inti dengan kaki-kali kawat terlukts keluar. Reaktansi induktif XL ini digunakan bersama semikonduktor aktif untuk menjaga tegangan dengan akurat. Induktor yang memiliki induktansi sangat tinggi dapat disimulasikan dengan menggunakan girator Konstruksi induktor Induktor. Dalam bidang ini. Induktor dienergikan selama waktu tertentu. dikarenakan ferit tidak menyebabkan kerugian daya pada frekuensi tinggi seperti pada inti besi.Induktor digunakan sebagai penyimpan energi pada beberapa pencatu daya moda sakelar. Ini dikarenakan ferit mempunyai lengkung histeresis yang sempit dan resistivitasnya yang tinggi mencegah arus eddy. dan dikuras pada sisa siklus.

sehingga menyatukan kutub utara dan selatan. Ini menyebabkan lebih sedikit radiasi magnetik dari lilitan. Rumus induktansi Konstruksi Rumus y y y y y y y y y y y y y y y Lilitan silinder Besaran (SI. medan magnet ditahan pada lilitan. induktansi tinggi dapat dicapai dengan bentuk yang kecil. kecuali disebutkan khusus) L = induktansi 0 = permeabilitas vakum K = koefisien Nagaoka N = jumlah lilitan r = jari-jari lilitan l = panjang lilitan L = induktansi l = panjang kawat d = diameter kawat L = induktansi (µH) r = jari-jari lilitan (in) l = panjang lilitan (in) N = jumlah lilitan L = induktansi (µH) r = rerata jari-jari lilitan (in) l = panjang lilitan (in) N = jumlah lilitan d = tebal lilitan (in) Kawat lurus Lilitan silinder pendek berinti udara Lilitan berlapis-lapis berinti udara y y y . Karena konstruksinya. Pada lilitan toroid. dan kekebalan dari medan magnet eksternal. Sebuah lilitan toroid dapat dibuat dari lilitan silinder dengan menghubungkannya menjadi berbentuk donat.Jenis-jenis lilitan Lilitan ferit sarang madu Lilitan sarang madu dililit dengan cara bersilangan untuk mengurangi efek kapasitansi terdistribusi. Ini sering digunakan pada rangkaian tala pada penerima radio dalam jangkah gelombang menengah dan gelombang panjang. Lilitan inti toroid Sebuah lilitan sederhana yang dililit dengan bentuk silinder menciptakan medan magnet eksternal dengan kutub utara-selatan.

tegangan sinusoida diinduksikan. Jika sebuah induktor disambungkan ke sumber arus searah. induktansi. fasa dari gelombang arus tertinggal 90 dari fasa gelombang tegangan. hubungan antara perubahan tegangan. dan perubahan arus pada induktor ditentukan oleh rumus diferensial: Jika ada arus bolak-balik sinusoida melalui sebuah induktor. persamaan diferensial diatas menunjukkan bahwa arus yang melalui induktor akan dibuang secara eksponensial: Analisis sirkuit Laplace (s-domain) . dengan harga "I" melalui sebuah resistansi "R" dan sumber arus berimpedansi nol. tetapi hanya induktor superkonduktor yang benar-benar memiliki resistansi nol. Sebuah induktor ideal tidak menunjukkan resistansi kepada arus rata.Lilitan spiral datar berinti udara y y y y y y y L = induktansi r = rerata jari-jari spiral N = jumlah lilitan d = tebal lilitan L = induktansi 0 = permeabilitas vakum r = permeabilitas relatif bahan inti N = jumlah lilitan r = jari-jari gulungan D = diameter keseluruhan Inti toroid y y y Dalam sirkuit elektrik Sebuah induktor menolak perubahan arus. Pada situasi ini. Amplitudo tegangan sebanding dengan amplitudo arus dan frekuensi arus. Pada umumnya.

Penjumlahan dari beda potensial dari beberapa induktor seri sama dengan tegangan total. Untuk menemukan induktansi ekivalen total (Leq): Arus dalam induktor deret adalah sama.Ketika menggunakan analisis sirkuit transformasi Laplace. impedansi pemindahan dari induktor ideal tanpa arus sebelumnya ditunjukkan dalam domain s oleh: dimana L adalah induktansi s adalah frekuensi kompleks Jika induktor telah memiliki arus awal. Untuk menentukan todu total digunakan rumus: . dengan harga: dimana L adalah induktansi I0 adalah arus awal Jejaring induktor Induktor dalam konfigurasi kakap memiliki beda potensial yang sama. ini dapat ditunjukkan dengan: y menambahkan sumber tegangan berderet dengan induktor dengan harga: (Pegiatikan bahwa sumber tegangan harus berlawanan kutub dengan arus awal) y atau dengan menambahkan sumber arus berjajar dengan induktor. tetapi tegangan yang membentangi setiap induktor bisa berbeda.

dan juga medan magnet: Dimana L adalah induktansi dan I adalah arus yang melalui induktor. .Hubungan tersebut hanya benar jika tidak ada kopling magnetis antar kumparan. Energi yang tersimpan Energi yang tersimpan di induktor ekivalen dengan usaha yang dibutuhkan untuk mengalirkan arus melalui induktor.

merah. dengan cara mengumpulkan ketidakseimbangan internal dari muatan listrik. tidak mempunyai kutub positif atau negatif pada kakinya. hijau dan lainnya seperti tablet atau kancing baju. Kini kebiasaan orang tersebut hanya menyebutkan salah satu nama yang paling dominan digunakan atau lebih sering didengar. berkenaan dengan kemampuan alat untuk menyimpan suatu muatan listrik yang tinggi dibanding komponen lainnya. Pada masa kini.Kondensator Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Lambang kapasitor (tidak mempunyai kutub) pada skema elektronika. Indonesia dan Jerman Kondensator atau Spanyol Condensador. namun kata "kondensator" masih dipakai hingga saat ini. kebanyakan berbentuk bulat pipih berwarna coklat. Kebanyakan bahasa dan negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris masih mengacu pada perkataan bahasa Italia "condensatore". Kondensator juga dikenal sebagai "kapasitor". ensiklopedia bebas (Dialihkan dari Kapasitor) Langsung ke: navigasi. Pertama disebut oleh Alessandro Volta seorang ilmuwan Italia pada tahun 1782 (dari bahasa Itali condensatore). bahasa Perancis condensateur. cari Kondensator atau sering disebut sebagai kapasitor adalah suatu alat yang dapat menyimpan energi di dalam medan listrik. y Kondensator diidentikkan mempunyai dua kaki dan dua kutub yaitu positif dan negatif serta memiliki cairan elektrolit dan biasanya berbentuk tabung. . Kondensator memiliki satuan yang disebut Farad dari nama Michael Faraday. y Sedangkan jenis yang satunya lagi kebanyakan nilai kapasitasnya lebih rendah. Namun kebiasaan dan kondisi serta artikulasi bahasa setiap negara tergantung pada masyarakat yang lebih sering menyebutkannya. Lambang kondensator (mempunyai kutub) pada skema elektronika. kondensator sering disebut kapasitor (capacitor) ataupun sebaliknya yang pada ilmu elektronika disingkat dengan huruf (C).

Kapasitor dalam rangkaian elektronik Daftar isi [sembunyikan] y y y y 1 Kapasitansi 2 Wujud dan Macam kondensator 3 Jenis kondensator 4 Lihat pula Kapasitansi Satuan dari kapasitansi kondensator adalah Farad (F). sehingga digunakan: y y y Pikofarad (pF) = Nanofarad (nF) = Microfarad ( )= Kapasitansi dari kondensator dapat ditentukan dengan rumus: C : Kapasitansi 0 : permitivitas hampa : permitivitas relatif r . Namun Farad adalah satuan yang terlalu besar.

Memperluas permukaan variabel.A : luas pelat d :jarak antar pelat/tebal dielektrik Adapun cara memperbesar kapasitansi kapasitor atau kondensator dengan jalan: 1.3 Poliester 8 Polipropilen 25 Elektrolit aluminium 35 Elektrolit tantalum . Menyusunnya berlapis-lapis. Memakai bahan dengan daya tembus besar.4 Polikarbonat 3.8 Film plastik 2. 3. Permitivitas Relatif Dielektrik Dielektrik Permitivitas 7 Keramik rugi rendah 50. 2.000 Keramik k tinggi 6 Mika perak 4 Kertas 2.3 Polistiren 2.

1 ± 10% uF 50 pF ± 1% 500 nF 100 pF ± 5% 2 uF 1 nF ± 5% 100 uF 500 V 250 V 150 V 400 V 600 V 400 V 400 V 500 V 400 V 300 ppm/C 100 ppm/C 30 ppm/C -150 ppm/C 400 ppm/C 170 ppm/C 1500 ppm/C 500 ppm/C 0.000 1011 5 108 10 MHz 0.5% nF 5 pF .1 MHz 0. Kondensator tetap (nilai kapasitasnya tetap tidak dapat diubah) 2.000 1012 5 1 MHz 0.05 MHz 0.05 108 108 Polypropyl 600 V 900 V ene Terpolaris Elektrolit 1 uF . Kondensator variabel (nilai kapasitasnya dapat diubah-ubah) . Kondensator elektrolit (Electrolite Condenser = Elco) 3.1 F ± 50% 400 V asi aluminium 1 uF Terpolaris Elektrolit ± 10% 60 V asi tantalum 2000 uF 0.01 10 MHz 0.000 1010 5 0.1 MHz 0.001 1011 1 MHz 0.005 Jenis kondensator Berdasarkan kegunaannya kondensator dibagi dalam: 1.01 10 MHz 109 lumaya n Baik sekali Baik Baik sekali Cukup Cukup Cukup Baik Tipe Kertas Mika perak Keramik Polystyrene Polyester 0.Wujud dan Macam kondensator Karakteristik kondensator Frekue Sudu Resista Tegang Koefisi nsi Toleran Tegangan t rugi Jangkau an DC en suhu pancun nsi Stabilit si (%) AC lazim ( bocoran as an lazim (ppm/C g fR (V) (MHz) ) ( ) (V) ) 10 nF ± 10% 10 uF 5 pF .10 ± 0.

ensiklopedia bebas Akurasi Terperiksa Langsung ke: navigasi.Dioda Dari Wikipedia bahasa Indonesia. cari Dioda Foto dari dioda semikonduktor Simbol Tipe Kategori Penemu Komponen aktif Semikonduktor (dioda kristal) Tabung hampa (dioda termionik) Frederick Guthrie (1873) (dioda termionik) Karl Ferdinand Braun (1874) (dioda kristal) Kotak ini: lihat ‡ bicara .

Dioda mempunyai dua elektroda aktif dimana isyarat listrik dapat mengalir. bawah adalah penyearah jembatan Struktur dari dioda tabung hampa Dalam elektronika. Sifat kesearahan yang dimiliki sebagian besar jenis dioda seringkali disebut karakteristik menyearahkan. dan kebanyakan dioda digunakan karena karakteristik satu arah yang dimilikinya. dioda adalah komponen aktif bersaluran dua (dioda termionik mungkin memiliki saluran ketiga sebagai pemanas). Fungsi paling umum dari dioda adalah untuk memperbolehkan arus listrik .Berbagai dioda semikonduktor. Dioda varikap (VARIable CAPacitor/kondensator variabel) digunakan sebagai kondensator terkendali tegangan.

2 Dioda bandangan o 5.1 Dioda biasa o 5.1 Demodulasi radio o 6.2 Pengubahan daya 7 Lihat pula 8 Referensi 9 Pranala luar . Saat ini dioda yang paling umum dibuat dari bahan semikonduktor seperti silikon atau germanium.3 Dioda Cat's whisker o 5.mengalir dalam suatu arah (disebut kondisi panjar maju) dan untuk menahan arus dari arah sebaliknya (disebut kondisi panjar mundur).5 Esaki atau dioda terobosan o 5. Beberapa jenis dioda juga mempunyai fungsi yang tidak ditujukan untuk penggunaan penyearahan.1 Penerima radio 3 Dioda termionik 4 Dioda semikonduktor o 4. Dioda sebenarnya tidak menunjukkan kesearahan hidup-mati yang sempurna (benar-benar menghantar saat panjar maju dan menyumbat pada panjar mundur). Karenanya. dioda dapat dianggap sebagai versi elektronik dari katup pada transmisi cairan.4 Dioda arus tetap o 5. tetapi mempunyai karakteristik listrik tegangan-arus taklinier kompleks yang bergantung pada teknologi yang digunakan dan kondisi penggunaan. Awal mula dari dioda adalah peranti kristal Cat's Whisker dan tabung hampa (juga disebut katup termionik). Daftar isi [sembunyikan] y y y y y y y y y 1 Sejarah 2 Prinsip kerja o 2.6 Dioda Gunn 6 Penggunaan o 6.1 Karakteristik arus tegangan 5 Jenis-jenis dioda semikonduktor o 5.

Patent 307031).S. namun tidak dikembangkan lebih lanjut. dari atas kebawah adalah anoda. Patent 836531). Penerima radio Penerima radio pertama yang menggunakan dioda kristal dibuat oleh Greenleaf Whittier Pickard. dioda termionik dan dioda kristal dikembangkan secara terpisah pada waktu yang bersamaan. Dioda termionik pertama dipatenkan di Inggris oleh John Ambrose Fleming (penasihat ilmiah untuk Perusahaan Marconi dan bekas karyawan Edison[4]) pada 16 November 1904 (diikuti oleh U. Pada tahun 1919. Dioda termionik pertama bentuknya sangat mirip dengan bola lampu pijar. . Patent 803684 pada November 1905). peranti seperti ini dikenal sebagai penyearah (rectifier). Braun mematenkan penyearah kristal pada tahun 1899[3]. Pada waktu penemuan. Dioda termionik Simbol untuk dioda tabung hampa pemanasan taklangung.Sejarah Walaupun dioda kristal (semikonduktor) dipopulerkan sebelum dioda termionik. Penemuan Braun dikembangkan lebih lanjut oleh Jagdish Chandra Bose menjadi sebuah peranti berguna untuk detektor radio.S.S. Karl Ferdinand Braun[2]. Prinsip kerja Prinsip kerja dioda termionik ditemukan kembali oleh Thomas Edison pada 13 Februari 1880 dan dia diberi hak paten pada tahun 1883 (U. Pickard mendapatkan paten untuk detektor kristal silikon pada 20 November 1906 (U. Prinsip kerja dari dioda termionik ditemukan oleh Frederick Guthrie pada tahun 1873[1] Sedangkan prinsip kerja dioda kristal ditemukan pada tahun 1874 oleh peneliti Jerman. katoda dan filamen pemanas Dioda termionik adalah sebuah peranti katup termionik yang merupakan susunan elektrodaelektroda di ruang hampa dalam sampul gelas. William Henry Eccles memperkenalkan istilah dioda yang berasal dari di berarti dua. dan ode (dari ) berarti "jalur".

meninggalkan donor bermuatan positif pada sisi-N dan akseptor bermuatan negatif pada sisi-P. arus mengalir dari sisi tipe-p (anoda) menuju sisi tipe-n (katoda). Walaupun begitu. Substansi tersebut dipilih karena memiliki fungsi kerja yang kecil. elektroda internal lainnya dilapisi dengan campuran barium dan strontium oksida. Saat ini. penguat audio kualitas tinggi serta peralatan tegangan dan daya tinggi. Karenanya. dimana filamen wolfram berlaku sebagai pemanas sekaligus juga sebagai katoda). Saat penggabungan berlangsung dan lebih banyak ion ditimbulkan. Medan listrik ini menghasilkan tegangan tetap dalam pertemuan. Pada dioda p-n. sebuah medan listrik terbentuk didalam daerah pemiskinan yang memperlambat penggabungan dan akhirnya menghentikannya. Tipe lain dari dioda semikonduktor adalah dioda Schottky yang dibentuk dari pertemuan antara logam dan semikonduktor (sawar Schottky) sebagai ganti pertemuan p-n konvensional. dioda katup hanya digunakan pada penggunaan khusus seperti penguat gitar listrik. . berhubungan dengan perpindahan dari pembawa melalui yang dinamakan lapisan penipisan atau daerah pemiskinan yang terdapat pada pertemuan p-n diantara semikonduktor. Dioda semikonduktor Sebagian besar dioda saat ini berdasarkan pada teknologi pertemuan p-n semikonduktor. tetapi tidak mengalir dalam arah sebaliknya. Dalam operasi maju. Walaupun begitu.Dalam dioda katup termionik. elektroda logam disebelah yang disebut anoda diberi muatan positif jadi secara elektrostatik menarik elektron yang terpancar. Dalam sebagian besar abad ke-20. elektron pita konduksi dari daerah N menyebar ke daerah P dimana terdapat banyak lubang yang menyebabkan elektron bergabung dan mengisi lubang yang ada. Daerah disekitar pertemuan p-n menjadi dimiskinkan dari pembawa muatan dan karenanya berlaku sebagai isolator. dioda katup termionik digunakan dalam penggunaan isyarat analog. lebar dari daerah pemiskinan tidak dapat tumbuh tanpa batas. yang merupakan oksida dari logam alkali tanah. baik lubang dan elektron bebas yang ada lenyap. aliran listrik terbalik apapun yang dihasilkan dapat diabaikan. Ketika pertemuan p-n dibuat. Bahang yang dihasilkan menimbulkan pancaran termionik elektron ke ruang hampa. dan sebagai penyearah pada pemacu daya. arus listrik yang melalui filamen pemanas secara tidak langsung memanaskan katoda (Beberapa dioda menggunakan pemanasan langsung. Karakteristik arus±tegangan Karakteristik arus tegangan dari dioda. Untuk setiap pasangan elektron-lubang yang bergabung. elektron tidak dapat dipancarkan dengan mudah dari permukaan anoda yang tidak terpanasi ketika polaritas tegangan dibalik. atau kurva I V. ion pengotor bermuatan positif ditinggalkan pada daerah terkotori-n dan ion pengotor bermuatan negatif ditinggalkan pada daerah terkotori-p.

pita menunjukkan sisi katoda .Jenis-jenis dioda semikonduktor Dioda Dioda zener LED Dioda foto Dioda terobosan Dioda varaktor Dioda Schottky SCR Simbol berbagai jenis dioda Kemasan dioda sejajar dengan simbolnya.

padahal dioda ini menghantar dengan mekanisme yang berbeda yaitu efek bandangan. jenis elektroda ataupun jenis pertemuan. Perbedaan antara dioda bandangan (yang mempunyai tegangan dadal terbalik diatas 6. dan kadang-kadang salah disebut sebagai dioda Zener. menyebabkan arus besar mengalir melewatinya. dan memerlukan benaman bahang yang besar (kadang-kadang perpanjangan dari substrat logam dari dioda). jauh lebih besar dari dioda silikon untuk rating arus yang sama.7 V tiap pertemuan. . Dioda biasa Beroperasi seperti penjelasan di atas. digunakan kuprous oksida (kuprox)dan selenium. atau benarbenar peranti berbeda seperti dioda Gunn. tingkat pengotoran. Secara listrik mirip dan sulit dibedakan dengan dioda Zener. Sebelum pengembangan dioda penyearah silikon modern. Perbedaan yang mudah dilihat adalah keduanya mempunyai koefisien suhu yang berbeda.2 V) dan dioda Zener adalah panjang kanal yang melebihi rerata jalur bebas dari elektron. Dioda bandangan Dioda yang menghantar pada arah terbalik ketika tegangan panjar mundur melebihi tegangan dadal dari pertemuan P-N. jadi ada tumbukan antara mereka.Beberapa jenis dioda Ada beberapa jenis dari dioda pertemuan yang hanya menekankan perbedaan pada aspek fisik baik ukuran geometrik. pertemuan ini memberikan efisiensi yang rendah dan penurunan tegangan maju yang lebih tinggi (biasanya 1. mengingatkan pada terjadinya bandangan yang menjebol bendungan. dioda bandangan berkoefisien positif. Efek ini terjadi ketika medan listrik terbalik yang membentangi pertemuan p-n menyebabkan gelombang ionisasi pada pertemuan. Dioda bandangan didesain untuk dadal pada tegangan terbalik tertentu tanpa menjadi rusak. Biasanya dibuat dari silikon terkotori atau yang lebih langka dari germanium.4±1. dengan banyak lapisan pertemuan ditumpuk untuk mempertinggi ketahanan terhadap tegangan terbalik). sedangkan Zener berkoefisien negatif. dioda laser dan dioda MOSFET.

Penggunaan Demodulasi radio Penggunaan pertama dioda adalah demodulasi dari isyarat radio modulasi amplitudo (AM). . dioda digunakan untuk menyearahkan arus bolak-balik menjadi arus searah. dimana dioda digunakan untuk mengubah arus bolak-balik menjadi arus searah. Esaki atau dioda terobosan Dioda ini mempunyai karakteristik resistansi negatif pada daerah operasinya yang disebabkan oleh quantum tunneling. Contoh yang paling banyak ditemui adalah pada rangkaian adaptor. Sedangkan contoh yang lain adalah alternator otomotif. Dioda ini juga jenis yang paling tahan terhadap radiasi radioaktif.Dioda Cat's whisker Ini adalah salah satu jenis dioda kontak titik. Peranti ini mengizinkan arus untuk mengalir hingga harga tertentu. meninggalkan isyarat audio. dimana dioda mengubah AC menjadi DC dan memberikan performansi yang lebih baik dari cincin komutator dari dinamo DC. biasanya galena atau sepotong batu bara[5]. Dioda menyearahkan isyarat AM frekuensi radio. dan berfungsi seperti pembatas arus dua saluran (analog dengan Zener yang membatasi tegangan). domain dipol terbentuk dan bergerak melalui dioda. Dioda cat's whisker terdiri dari kawat logam tipis dan tajam yang ditekankan pada kristal semikonduktor. Pengubahan daya Penyearah dibuat dari dioda. memungkinkan osilator gelombang mikro frekuensi tinggi dibuat. Isyarat audio diambil dengan menggunakan tapis elektronik sederhana dan dikuatkan. Dioda arus tetap Ini sebenarnya adalah sebuah JFET dengan kaki gerbangnya disambungkan langsung ke kaki sumber. Pada adaptor. dan lalu menahan arus untuk tidak bertambah lebih lanjut. Dioda Gunn Dioda ini mirip dengan dioda terowongan karena dibuat dari bahan seperti GaAs atau InP yang mempunyai daerah resistansi negatif. Kawatnya membentuk anoda dan kristalnya membentuk katoda. Dengan panjar yang semestinya. karenanya memungkinkan penguatan isyarat dan sirkuit dwimantap sederhana. Dioda Cat's whisker juga disebut dioda kristal dan digunakan pada penerima radio kristal.

cari Transformator atau transformer atau trafo adalah komponen elektromagnet yang dapat mengubah taraf suatu tegangan AC ke taraf yang lain.Transformator Dari Wikipedia bahasa Indonesia. ensiklopedia bebas Langsung ke: navigasi. Transformator step-down .

4 Autotransformator variabel o 5.5 Transformator isolasi o 5.1 Step-Up o 5. . semua daya pada lilitan primer akan dilimpahkan ke lilitan sekunder.Adaptor AC-DC merupakan piranti yang menggunakan transformator step-down Daftar isi [sembunyikan] y y y y y y 1 Prinsip kerja 2 Hubungan Primer-Sekunder 3 Kerugian dalam transformator 4 Efisiensi 5 Jenis-jenis transformator o 5.7 Transformator tiga fasa 6 Lihat pula Prinsip kerja Transformator bekerja berdasarkan prinsip induksi elektromagnetik. Fluks bolak-balik ini menginduksikan GGL dalam lilitan sekunder.6 Transformator pulsa o 5.3 Autotransformator o 5. Tegangan masukan bolakbalik yang membentangi primer menimbulkan fluks magnet yang idealnya semua bersambung dengan lilitan sekunder.2 Step-Down o 5. Jika efisiensi sempurna.

maka dimana dengan menyusun ulang persamaan akan didapat sedemikian hingga . Kerugian dalam lilitan tembaga yang disebabkan oleh resistansi tembaga dan arus listrik yang mengalirinya. hubungan antara tegangan primer dengan tegangan sekunder ditentukan oleh perbandingan jumlah lilitan primer dengan lilitan sekunder. dan rumus Karena kedua kumparan dihubungkan dengan fluks yang sama. kerugian tembaga. tetapi dalam praktek terjadi beberapa kerugian yaitu: 1.Hubungan Primer-Sekunder Fluks pada transformator Rumus untuk fluks magnet yang ditimbulkan lilitan primer adalah untuk GGL induksi yang terjadi di lilitan sekunder adalah . Dengan kata lain. Kerugian dalam transformator Perhitungan diatas hanya berlaku apabila kopling primer-sekunder sempurna dan tidak ada kerugian. .

Kerugian histeresis. Untuk frekuensi radio digunakan kawat geronggong atau lembaran tipis tembaga sebagai ganti kawat biasa. Kerugian kopling. Kerugian yang disebabkan oleh GGL masukan yang menimbulkan arus dalam inti magnet yang melawan perubahan fluks magnet yang membangkitkan GGL. Kerugian ini berkurang kalau digunakan inti berlapislapisan. efisiensi bisa mencapai 98%. terjadi olakan fluks magnet pada material inti. yaitu kawat yang terdiri dari beberapa kawat kecil yang saling terisolasi. Sebagaimana konduktor lain yang dialiri arus bolak-balik. Kerugian ini dapat dikurang dengan menggunakan kawat Litz. Kerugian efek kulit. Kerugian kapasitas liar. Kerugian ini dapat dikurangi dengan menggulung lilitan primer dan sekunder secara semi-acak (bank winding) 4. Kerugian ini dapat dikurangi dengan menggunakan material inti reluktansi rendah. Kerugian arus eddy (arus olak). Kerugian ini sangat mempengaruhi efisiensi transformator untuk frekuensi tinggi. Jenis-jenis transformator Step-Up lambang transformator step-up . 5. Disebabkan karena inti transformator tidak dapat mengubah arah fluks magnetnya dengan seketika. Maka efisiensi transformator tidak dapat mencapai 100%. arus cenderung untuk mengalir pada permukaan konduktor. 3. Kerugian ini dapat dikurangi dengan menggulung lilitan secara berlapislapis antara primer dan sekunder. Kerugian yang terjadi ketika arus primer AC berbalik arah.2. Untuk transformator daya frekuensi rendah. Kerugian yang terjadi karena kopling primer-sekunder tidak sempurna. Efisiensi Efisiensi transformator dapat diketahui dengan rumus Karena adanya kerugian pada transformator. Kerugian yang disebabkan oleh kapasitas liar yang terdapat pada lilitan-lilitan transformator. Hal ini memperbesar kerugian kapasitas dan juga menambah resistansi relatif lilitan. Karena adanya fluks magnet yang berubah-ubah. 6. sehingga tidak semua fluks magnet yang diinduksikan primer memotong lilitan sekunder.

Tetapi transformator jenis ini tidak dapat memberikan isolasi secara listrik antara lilitan primer dengan lilitan sekunder. autotransformator tidak dapat digunakan sebagai penaik tegangan lebih dari beberapa kali lipat (biasanya tidak lebih dari 1. Keuntungan dari autotransformator adalah ukuran fisiknya yang kecil dan kerugian yang lebih rendah daripada jenis dua lilitan. Selain itu. sehingga untuk tarif daya yang sama lilitan sekunder bisa dibuat dengan kawat yang lebih tipis dibandingkan transformator biasa. Transformator ini biasa ditemui pada pembangkit tenaga listrik sebagai penaik tegangan yang dihasilkan generator menjadi tegangan tinggi yang digunakan dalam transmisi jarak jauh. terutama dalam adaptor AC-DC. Autotransformator skema autotransformator Transformator jenis ini hanya terdiri dari satu lilitan yang berlanjut secara listrik.Transformator step-up adalah transformator yang memiliki lilitan sekunder lebih banyak daripada lilitan primer. Autotransformator variabel . sebagian lilitan primer juga merupakan lilitan sekunder. Fasa arus dalam lilitan sekunder selalu berlawanan dengan arus primer. sehingga berfungsi sebagai penaik tegangan. Transformator jenis ini sangat mudah ditemui.5 kali). Step-Down skema transformator step-down Transformator step-down memiliki lilitan sekunder lebih sedikit daripada lilitan primer. Dalam transformator ini. dengan sadapan tengah. sehingga berfungsi sebagai penurun tegangan.

transformator hanya memberikan keluaran saat inti tidak jenuh. Transformator isolasi Transformator isolasi memiliki lilitan sekunder yang berjumlah sama dengan lilitan primer. Karena GGL induksi pada lilitan sekunder hanya terbentuk jika terjadi perubahan fluks magnet. Transformator seperti ini berfungsi sebagai isolasi antara dua kalang.skema autotransformator variabel Autotransformator variabel sebenarnya adalah autotransformator biasa yang sadapan tengahnya bisa diubah-ubah. fluks magnet berhenti berubah. transformator jenis ini telah banyak digantikan oleh kopling kapasitor. Untuk penerapan audio. Tetapi pada beberapa desain. . yaitu saat arus pada lilitan primer berbalik arah. Transformator tiga fasa Transformator tiga fasa sebenarnya adalah tiga transformator yang dihubungkan secara khusus satu sama lain. Transformator pulsa Transformator pulsa adalah transformator yang didesain khusus untuk memberikan keluaran gelombang pulsa. gulungan sekunder dibuat sedikit lebih banyak untuk mengkompensasi kerugian. Transformator jenis ini menggunakan material inti yang cepat jenuh sehingga setelah arus primer mencapai titik tertentu. memberikan perbandingan lilitan primer-sekunder yang berubah-ubah. Lilitan primer biasanya dihubungkan secara bintang (Y) dan lilitan sekunder dihubungkan secara delta ( ). sehingga tegangan sekunder sama dengan tegangan primer.

Resistor Dari Wikipedia bahasa Indonesia. EU) Simbol (US. IEC. ensiklopedia bebas Akurasi Terperiksa Langsung ke: navigasi. cari Resistor Tiga buah resistor komposisi karbon (IEE. JP) Tipe Kemasan Fungsi Komponen pasif Dua kaki Menahan arus listrik Kotak ini: lihat ‡ bicara Resistor kaki aksial .

desah listrik. bahkan kawat resistansi (kawat yang dibuat dari paduan resistivitas tinggi seperti nikel-kromium).Tiga resistor komposisi karbon para radio tabung vakum Resistor adalah komponen elektronik dua saluran yang didesain untuk menahan arus listrik dengan memproduksi penurunan tegangan diantara kedua salurannya sesuai dengan arus yang mengalirinya. Karakteristik utama dari resistor adalah resistansinya dan daya listrik yang dapat diboroskan. dan merupakan salah satu komponen yang paling sering digunakan.2 Film karbon o 2. Daftar isi [sembunyikan] y y y y 1 Satuan 2 Konstruksi o 2. bahkan sirkuit terpadu. Ukuran dan letak kaki bergantung pada desain sirkuit. Karakteristik lain termasuk koefisien suhu.2 Identifikasi lima pita o 3. Resistor dapat dibuat dari bermacam-macam kompon dan film. resistor harus cukup besar secara fisik agar tidak menjadi terlalu panas saat memboroskan daya.1 Identifikasi empat pita o 3. berdasarkan hukum Ohm: Resistor digunakan sebagai bagian dari jejaring elektronik dan sirkuit elektronik.4 Penandaan tipe industri 4 Lihat pula .3 Film logam 3 Penandaan resistor o 3.3 Resistor pasang-permukaan o 3.1 Komposisi karbon o 2. Resistor dapat diintegrasikan kedalam sirkuit hibrida dan papan sirkuit cetak. dan induktansi.

resistor ini sangat reliabel jika tidak pernah diberikan tegangan lebih ataupun panas lebih. kawat penghubung dililitkan disekitar ujung unsur resistif dan kemudian disolder. jika resistor menjadi lembab. kemandirian terhadap tegangan (resistor komposisi karbon berubah resistansinya jika dikenai tegangan lebih). tetapi sekarang tidak terlalu populer karena resistor jenis lain mempunyai karakteristik yang lebih baik. Ini mempunyai tegangan kerja maksimum 200 hingga 600 volt[2]. Resistor yang sudah jadi dicat dengan kode warna dari harganya. Badan resistor dilindungi dengan cat atau plastik. Walaupun begitu. Selain itu. dan potongan memilin dibuat untuk membentuk jalur resistif panjang dan sempit. dan kemandirian terhadap tekanan/regangan. ditambah dengan resistivitas karbon (antara 9 hingga 40 µ -cm) dapat memberikan resistansi yang lebar[1]. tetapi relatif cukup mahal. Resistor ini masih diproduksi. Dengan mengubah lebar potongan jalur. Konstruksi Komposisi karbon Resistor komposisi karbon terdiri dari sebuah unsur resistif berbentuk tabung dengan kawat atau tutup logam pada kedua ujungnya. Unsur resistif dibuat dari campuran serbuk karbon dan bahan isolator (biasanya keramik). Resistor komposisi karbon lawas mempunyai badan yang tidak terisolasi.y y 5 Referensi 6 Pranala luar Satuan Ohm (simbol: ) adalah satuan SI untuk resistansi listrik. diambil dari nama George Simon Ohm. kiloohm dan megaohm. Resin digunakan untuk melekatkan campuran. Resistansinya ditentukan oleh perbandingan dari serbuk karbon dengan bahan isolator. Resistor film karbon dapat bekerja pada suhu diantara -55 °C hingga 155 °C. bahang dari solder dapat mengakibatkan perubahan resistansi yang tak dapat dikembalikan. Resistor film karbon memberikan rating daya antara 1/6 W hingga 5 W pada 70 °C. Resistansinya berkisar antara beberapa miliohm hingga 22 MOhm. Biasanya digunakan prefix miliohm. seperti toleransi. Resistor komposisi karbon sering digunakan sebelum tahun 1970an. . Film karbon Selapis film karbon diendapkan pada selapis substrat isolator. Resistansi tersedia antara 1 ohm hingga 10 MOhm.

Kemasan biasanya cokelat muda. mempunyai harga 6. Toleransi dasarnya adalah ±20%.03%/2000 jam. Dua pita pertama merupakan informasi dua digit harga resistansi. hijau-biru-kuning-merah adalah 56 x 104 = 560 k ± 2%. biru.005%. pita ketiga merupakan pengali (jumlah nol yang ditambahkan setelah dua digit resistansi) dan pita keempat merupakan toleransi harga resistansi. TCR dari resistor foil sangat rendah. Resistor awal abad ke-20 biasanya tidak diisolasi. koefisien tegangan 0. tetapi ini harus dibedakan dengan sistem lima warna sejati yang menggunakan tiga digit resistansi. Resistor foil merupakan resistor dengan presisi dan stabilitas terbaik. induktansi 0.5pF[3]. stabilitas jangka panjang 25ppm/tahun.Film logam Unsur resistif utama dari resistor foil adalah sebuah foil logam paduan khusus setebal beberapa mikrometer. kapasitansi 0. Warna kedua diberikan pada salah satu ujung. dan keduanya dihitung sebagai 56.1 volt/°C. toleransi ±0. yang menambahkan empat nol di belakang 56.000 pada keakuratan ± 2%. walaupun begitu warna lain juga mungkin. sedangkan pita keempat.kuning. biru. titik" memberikan urutan dua digit resistansi dan pengali desimal. Deskripsi yang lebih mudah adalah: pita pertama. Sebagai contoh. dan sebuah titik (atau pita) warna di tengah memberikan digit ketiga. mempunyai harga 104. 50ppm/3 tahun. Salah satu parameter penting yang mempengaruhi stabilitas adalah koefisien temperatur dari resistansi (TCR). mempunyai harga 5 dan pita kedua. memberikan nilai 560. hijau. cokelat. Aturannya adalah "badan. merupakan kode untuk toleransi ± 2%. Ini terdiri dari empat pita warna yang dicetak mengelilingi badan resistor. Identifikasi empat pita Identifikasi empat pita adalah skema kode warna yang paling sering digunakan.14ppm/°C. Resistor foil ultra presisi mempunyai TCR sebesar 0. merah. Kadang-kadang pita kelima menunjukkan koefisien suhu. . Penandaan resistor Resistor aksial biasanya menggunakan pola pita warna untuk menunjukkan resistansi. Pita ketiga. atau hijau.1ppm/V. desah -42dB. stabilitas beban 0. seperti merah tua atau abu-abu. Resistor pasang-permukaan ditandas secara numerik jika cukup besar untuk dapat ditandai. Resistor dengan toleransi yang lebih rapat menggunakan warna perak (±10%) atau emas (±5%) pada ujung lainnya. dan dicelupkan ke cat untuk menutupi seluruh badan untuk pengkodean warna. ujung. biasanya resistor ukuran kecil yang sekarang digunakan terlalu kecil untuk dapat ditandai.08 H. EMF kalor 0.

Resistor pasang-permukaan dicetak dengan harga numerik dengan kode yang mirip dengan kondensator kecil. untuk memberikan harga resistansi ketiga. 0. Resistor toleransi standar ditandai dengan kode tiga digit.25% (C) 7 × 10 ± 0. Resistor pasang-permukaan Gambar ini menunjukan empat resistor pasang permukaan (komponen pada kiri atas adalah kondensator) termasuk dua resistor nol ohm.1% (B) 8 × 10 ± 0. 0.25%.05% (A) 9 × 10 × 10-1 ± 5% (J) -2 × 10 ± 10% (K) ± 20% (M) Identifikasi lima pita Identifikasi lima pita digunakan pada resistor presisi (toleransi 1%. biasanya pada resistor lawas atau penggunaan khusus.Warna Pita pertama Pita kedua Hitam 0 Cokelat 1 Merah 2 Oranye 3 Kuning 4 Hijau 5 Biru 6 Ungu 7 Abu-abu 8 Putih 9 Emas Perak Kosong 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 Pita ketiga Pita keempat Pita kelima (pengali) (toleransi) (koefisien suhu) × 100 ×101 ± 1% (F) 100 ppm 2 × 10 ± 2% (G) 50 ppm 3 × 10 15 ppm 4 × 10 25 ppm 5 × 10 ± 0.5%. dua pertama .5% (D) 6 × 10 ± 0. dan yang kelima adalah toleransi. Resistor nol ohm sering digunakan daripada lompatan kawat sehingga dapat dipasang dengan mesin pemasang resistor. Pita keempat adalah toleransi dan yang kelima adalah koefisien suhu. pita keempat adalah pengali. Resistor lima pita dengan pita keempat berwarna emas atau perak kadang-kadang diabaikan. Tiga pita pertama menunjukkan harga resistansi. 0.1%).

2 KOhm "473" = 47 × 1.menunjukkan dua angka pertama resistansi dan angka ketiga menunjukkan pengali (jumlah nol). Contoh: "4R7" = 4. Dimana tiga digit pertama menunjukkan harga resistansi dan digit keempat adalah pengali.9 kohm "1000" = 100 × 1 ohm = 100 ohm "000" dan "0000" kadang-kadang muncul bebagai harga untuk resistor nol ohm Resistor pasang-permukaan saat ini biasanya terlalu kecil untuk ditandai. Resistansi kurang dari 10 ohm menggunakan 'R' untuk menunjukkan letak titik desimal. 220.22 ohm "0R01" = 0. Contoh: "1001" = 100 × 10 ohm = 1 kohm "4992" = 499 × 100 ohm = 49.000 ohm = 330 KOhm "222" = 22 × 100 ohm = 2. Contoh: "334" = 33 × 10.000 ohm = 1 MOhm Resistansi kurang dari 100 ohm ditulis: 100. 470.01 ohm Resistor presisi ditandai dengan kode empat digit. ] Penandaan tipe industri Format: XX YYYZ [4] y y y X: kode tipe Y: nilai resistansi Z: toleransi .7 ohm "0R22" = 0. Contoh: "100" = 10 × 1 ohm = 10 ohm "220" = 22 × 1 ohm = 22 ohm Kadang-kadang harga-harga tersebut ditulis "10" atau "22" untuk mencegah kebingungan.000 ohm = 47 KOhm "105" = 10 × 100.

Kode Tipe BB CB EB GB HB GM HM Rating Daya pada 70 °C Rating Daya (Watt) Teknik MIL-R-11 RC05 ¼ RC07 ½ RC20 1 RC32 2 RC42 3 4 - Teknik MIL-R-39008 RCR05 RCR07 RCR20 RCR32 RCR42 - Kode Toleransi Te Te kn Tol kn ik era ik In nsi M du IL str i 5 5 J % 2 2 M 0% 1 1 K 0% 2 . kelas industri dan kelas militer. .C % 0. .B 1% Rentang suhu operasional membedakan komponen kelas komersil. 25 . y y y y Kelas komersil: 0 °C hingga 70 °C Kelas industri: í40 °C hingga 85 °C (seringkali í25 °C hingga 85 °C) Kelas militer: í55 °C hingga 125 °C (seringkali -65 °C hingga 275 °C) Kelas standar: -5 °C hingga 60 °C .D 5% 0.F % 0.G % 1 .