Macam – macam Alat Peraga Pembelajaran Matematika a.

Alat Peraga Kekekalan Luas Luas daerah persegipanjang, luas daerah bujursangkar, luas daerah jajaran genjang, luas daerah segitiga, luas daerah trapezium, luas daerah belah ketupat, luas daerah laying – laying, luas daerah laying – laying, luas daerah segienam beraturan, luas daerah lingkaran, dalil phytagoras, luas permukaan kubus, luas permukaan balok, luas permukaan limas luas permukaan prisma, luas permukaan kerucut, luas permukaan tabung, luas permukaanbola, uraian a(b+c), uraian (x + a) (x + b), uraian (a+b)2, uraian a2 – b2, jumlah ukuran sudut dalam segitiga, jumlah ukuran sudut dalam segiempat, jumlah ukuran sudut dalam segi-n, tanggram, linggram mini, pentamino, dan kartu nilai tempat. b. Alat Peraga Kekekalan Panjang Tangga garis bilangan, pita garis bilangan, neraca bilangan, mistar hitung, dan batang Cuisenaire. c. Alat Peraga Kekekalan Volume Uraian (a+b)3, blok dienes, volume kubus, volume balok, volume prisma segitiga, volume tabung, volume limas segiempat beraturan, volume kerucut, dan volume bola. d. Alat Peraga Kekekalan Banyak Abacus biji (Romawi, Rusia dan Cina/Jepang) lidi, dan kartu nilai tempat e. Alat Peraga untuk Percobaan dalam Teori Kemungkinan Uang logam, dadu (bermata dan berwarna), bidang empat ( bermata dan berwarna) bidang delapan (bermata dan berwarna), gangsingan (segitiga, bujursangkar, segilima, segienam, dan segi – n), palu paying, kartu (domino dan bridge), bola berwarna dan distribusi Galton (sesatan Hexagon) f. Alat Peraga untuk Pengukuran dalam Matekatika Meteran, busur derajat, roda meteran, kapak tomahawk, jepit bola, sperometer, jangka sorong (segmat), hypsometer, dan klinometer. g. Bangun – bangun Geometri Macam – macam daerah segitiga, macam – macam daerah segiempat, pengubahan daerah segibanyak, daerah ellips, pengubinan daerah segitiga, pengubinan daerah segiempat, pengubinan daerah segi banyak, pengubinan daerah lingkaran, pengubinan daerah ellips, pengubinan huruf abjad latin, kerangka benda ruang, dan benda – benda ruang. h. Alat Peraga untuk Permainan dalam Matematika Mesin fungsi, saringan Eratosthenes, bujursangkar ajaib, menara Hanoi, mobiles, perkalian tulang Napier (bermacam – macam basis) nomograf, kartu domino, pita mobius, aritmetika jam, blok logic, kode rahasia, menyusun kartu, kartu penebak angka, kartu penebak bulan, kartu penebak “hati”, alat kalkulasi, pita gulung dan perkalian dengan jari (untuk fakta dasar 9, untuk perkalian dua bilangan antara 6 dan 10, dan untuk perkalian bilangan puluhan dengan angka 9). Contoh : 1. Menunjukkan kebenaran dalil Pythagoras. Pada setiap segitiga siku – siku berlaku :”kuadrat sisi miring sama dengan jumlah kuadrat sisi siku – sikunya.” Untuk menunjukkan kebenaran dalil phytagoras dapat digunakan peragaan yang menggunakan konsep luas.

Siswa dalam satu kelas dikelompokkan ke dalam kelompok – kelompok kecil terdiri atas empat orang. dan d = diameter atau panjang garis tengah Menetapkan nilai π dan menentukan panjang keliling lingkaran Untuk menetapkan nilai π siswa diminta untuk mengukur beraneka macam benda berbentuk lingkaran seperti : kaleng susu.1410 II 32. Buatlah empat daerah segitiga siku – siku§ yang sisi siku –sikunya a dan b. daerah bujursangkar yang sisinya a dan daerah bujursangkar yang sisinya b pada papan berbingkai seperti berikut : Kemudian letakkan pula empat daerah segitiga dan daerah bujursangkar yang sisinya c pada papan berbingkai seperti berikut§ Dari dua kejadian tersebut didapat kesimpulan bahwa :§ Luas daerah bujursangkar yang sisinya c = luas daerah bujusangkar yang sisinya a + luas daerah bujursankar yang sisinya b.§ Sediakan papan berbingkai berbentuk daerah bujursangkar yang sisinya (a+b).5 cm 3. mata uang. Setalah selesai setiap kelompok diminta untuk membuat laporan berbentuk seperti table berikut ini dan mendiskusikan serta menghitung nilai K/d untuk setiap benda.1429 V 17. daerah bujursangkar yang sisinya b. dimana a dan b masing – masing sisi – sisi siku – siku dari segitiga siku – siku. drum.00 cm 10. seorang mencatat hasil pengukuran tadi.00 cm 3.6 cm 3.50 cm 7. Mula – mula letakkan§ empat daerah segitiga siku – siku. dan daerah bujur sangkar yang sisinya c. dan lain – lain. Benda ke Panjang Keliling Lingkaran (K) Panjang Diameter Lingkaran (d) Perbandingan I 24. kaleng kue.8 cm 3.00 cm 28. 3.1373 III 49. dan diberi nama kelompok 1. gelas.00 cm 15.30 cm 5. roda sepeda.2 cm 3.…… Setiap kelopok ditugaskan untuk mengukur dan mecatat panjang keliling lingkaran dan panjang diameternya dengan pembagian tugas sebagai berikut : seorang mengukur panjang keliling lingkaran dan garis tengahnya.1410 IV 88. 2. Jadi c2 = a2 + b2 2. maka : K=πxd Dengan K = keliling lingkaran. Menentukan Keliling Lingkaran K=2xπxR K = keliling lingkaran. dan dua orang menyaksikan pengukuran dan pencatatannya.1455 . R = Jari – jari lingkaran Atau karena dua kali jari–jari adalah merupakan garis tengah.

Belajar Matematika menggunakan Media alat peraga di 06. dan memanipulasi obyek/alat peraga maka siswa mempunyai pengalaman-pengalaman dalam kehidupan sehari-hari tentang ati dari suatu konsep. Pengertian alat peraga Menurut Estiningsih (1994) alat peraga merupakan media pembelajaran yang mengandung atau membawakan cirri-ciri dari konsep yang dipelajari. Alat peraga a. 1. dan daun pintu yang berbentuk persegi panjang dapat berfungsi sebagai alat peraga pada saat guru menerangkan sub bab bangun geometridatar persegi panjang. 2. agar siswa mampu menangkap arti sebenarnya konsep tersebut. dengan cara membilang banyaknya anggota dari kelompok benda. buku tulis. sehingga pada akhir membilang akan ditemukan bilangan yang sesuai dengan kelompok benda tersebut. Itu dikarenakan dalam suatu pembelajaran matematika selalu berkecimpung pada sesuatu yang abstrak. kapur. meraba. Oke…! Sekarang kita lanjut pada pembahasannya. Fungsi alat peraga Fungsi utama dari alat peraga adalah untuk menurunkan keabstrakan dari konsep. 1. Papan tulis.20 Belajar matematika selalu dipandang sebagai momok dalam suatu pembelajaran. b. Dengan melihat. Pensil. Apa itu alat peraga? Disini akan dibahas satu persatu secara detail. lidi. Berikut ini diberikan beberapa contoh dari alat peraga. . biji-bijian dapat berfungsi sebagai alat peraga pada saat memperkenalkan bilangan kepada siswa.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful