You are on page 1of 10

TUGAS MKPBM III

Disusun oleh :

SRI PERTIWI HADIJA 073194004 Pendidikan Kimia Plus 2007

UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

JURUSAN KIMIA 2009

B. C. TUJUAN PEMBELAJARAN 1. . D. KOMPETENSI DASAR Melakukan pemisahan campuran dengan berbagai cara berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan : SMP Mata Pelajaran Kelas Materi Pokok Waktu : SAINS KIMIA : VII : Pemisahan campuran : 1 x 45 (menit) A. Siswa dapat menentukan susunan yang tepat dari bahan-bahan yang digunakan dalam proses penjernihan dengan metode penyaringan dengan tepat. Siswa dapat melakukan percobaan penjernihan air dengan teknik sederhana dengan tepat. STANDART KOMPETENSI Memahami berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia. 2. Melakukan percobaan penjernihan air dengan teknik sederhana. 2. Menentukan susunan yang tepat dari bahan-bahan yang digunakan dalam proses penjernihan dengan metode penyaringan. INDIKATOR 1.

Air yang melewati yang melewati kertas saring disebut filtrat sedangkan pasir yang tertahan pada kertas saring disebut residu. Dalam kehidupan sehari-hari metode pemisahan ini sering dilakukan. G. proses penjernihan air dapat dilakukan dengan teknik yang sederhana menggunakan pasir dan kerikil sebagai filter. eksperimen dan pemberian tugas F. Selain itu. menyaring santan. misalnya menjernihkan air. campuran air dan pasir dapat dipisahkan menggunakan kertas saring. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN I. Di desa-desa. MODEL PEMBELAJARAN Model Pembelajaran Metode Pembelajaran : Pembelajaran Penemuan Konsep :Ceramah. Pendahuluan (+ 5 menit) Tahap 1: Observasi untuk menemukan masalah 1. demonstrasi. kopi atau teh perusahaan air minum menggunakan pasir sebagai salah satu filter untuk menjernihkan air. Dalam hal ini. tetapi tidak dapat dilewati oleh kristal pasir. Guru mengucapkan salam pembuka.E. sering juga digunakan arang dari tempurung kelapa sebagai bahan karbon aktif yang berfungsi menyerap bahan-bahan pencemar air dan menguragi warna serta bau air kotor. Kertas saring mempunyai pori-pori (lubang kecil) yang masih dapat dilalui oleh partikel-partikel air. . MATERI AJAR Filtrasi adalah metode pemisahan yang digunakan untuk memisahkan cairan dan padatan yang tidak larut dengan menggunakan penyaring (filter) berdasarkan ukuran partikel. kertas saring berperan seperti sebuah ayakan. Sebagai contoh.

Guru membimbing siswa merumuskan masalah berdasarkan contoh yang telah disajikan pada saat memotivasi siswa. Guru bersama siswa menentukan hipotesis yang tepat sesuai dengan yang diajukan siswa. Ijuk. 2. Guru memotivasi siswa dengan menunjukkan gambar air sungai yang keruh dan gambar air hasil teknik penjernihan sederhana dengan tingkatan kejernihan yang berbeda-beda sesuai dengan susunan dari bahan-bahan yang digunakan melalui slide no. 3. Rumusan Masalah: “Bagaimana susunan yang tepat dari bahan-bahan yang digunakan dalam pencernihan air secara sederhana untuk mendapatkan air paling jernih?” Tahap 3: Mengajukan hipotesis 1. kegiatan Inti (+ 30 menit) Tahap 2: Merumuskan masalah 1. 2. Serbuk arang. 2. 3-5. Guru bersama siswa menentukan rumusan masalah yang tepat sesuai dengan yang diajukan siswa . II. Pasir Halus” . Guru mengaitkan materi pelajaran yang akan diajarkan dengan materi pelajaran yang lalu yaitu tentang teknik pemisahan campuran. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai melalui media power point slide no. Guru membimbing siswa untuk mengajukan hipotesis terhadap masalah yang dirumuskan.2. 4. Kerikil kecil. Rumusan Masalah: “Susunan bahan-bahan penjernih air sederhana yang tepat untuk mendapatkan air paling jernih adalah Kerikil besar.

H. Guru membantu siswa menganalisis data yang diperoleh dari hasil pengamatan. 3. Guru menutup pelajaran dengan salam penutup Guru membimbing siswa untuk menarik kesimpulan berdasarkan Guru memberikan tugas lanjutan kepada siswa berupa pekerjaan data hasil pengamatan. ALAT/ SUMBER/ BAHAN PEMBELAJARAN Sumber belajar : Lembar Kegiatan Siswa. 1. Guru membagikan LKS kepada siswa Tahap 5: Melakukan eksperimen 1. Guru membagi siswa kedalam dua kelompok (1 kelompok 3 siswa). Buku Ajar Kimia SMP Kelas VII . Tahap 6: Melakukan pengamatan dan pengumpulan data 1. Guru membimbing siswa untuk merencanakan pemecahan masalah. 2. 2. Guru meminta siswa untuk melakukan pengamatan dan mencatat hasil pengamatan pada kolom data pengamatan di LKS yang telah dibagikan. 4. 3. Tahap 7: Analisis data 1.Tahap 4: Merencanakan pemecahan masalah 1. Kegiatan akhir (+ 10 menit) Tahap 8: Penarikan kesimpulan. III. rumah. Guru memandu siswa dalam kelompok belajar untuk melakukan percobaan tentang penjernihan air dengan metode penyaringan dengan susunan yang berbeda-beda sesuai dengan prosedur pada Lembar kegiatan Siswa. Guru meminta pewakilan dari masing-masing kelompok untuk mengambil alat dan bahan yang dipelukan untuk melaksanakan praktikum.

Selang plastic. laptop dan OHP Alat dan Bahan Experiment: Botol aqua. PENILAIAN HASIL BELAJAR • Bentuk Instrumen Penilaian • (terlampir) Performans (kinerja dan sikap) Laporan Tertulis Rubrik Penilaian Air Kotor. 073194004 . Pasir halus. Tisu I. Kerikil Kecil. Ijuk. Surabaya. Penyumbat kayu. Serbuk Arang. Gelas aqua.Media : LCD. Kerikil Besar. Kepala Sekolah Guru Mata pelajaran Sri Pertiwi Hadija NIM. 10 Desember 2009 Mengetahui.

Aspek yang dinilai 1 Kemampuan Ketepatan pertanyaan penyelidikan. 2. 1. Kemampuan siswa dalam membuat laporan tertulis. dengan . Keterangan : 1 = kurang sekali 2 = kurang 3 = cukup 4 = baik 5 = baik sekali siswa siswa sesuai dalam melakukan menjawab hasil 2 Skor 3 4 5 percobaan sesuai prosedur kerja. 3.Lampiran 1 RUBRIK PENILAIAN KOGNITIF No.

Keterangan : 1 = kurang sekali 2 = kurang 3 = cukup 4 = baik 5 = baik sekali 2 Skor 3 4 5 . Ketrampilan siswa dalam menyusun bahan-bahan untuk penyaringan. 1. Aspek yang dinilai 1 Ketrampilan siswa dalam menggunakan alat-alat percobaan. 2.Lampiran 2 RUBRIK PENILAIAN PSIKOMOTOR No.

Lampiran 3 RUBRIK PENILAIAN AFEKTIF No. 1. 2. Tepat laporan Keterangan : 1 = kurang sekali 2 = kurang 3 = cukup 4 = baik 5 = baik sekali waktu dalam pengumpulan siswa selama berdiskusi 2 Skor 3 4 5 . Keaktifan kelompok. 3. Aspek yang dinilai 1 Keseriusan siswa dalam melakukan percobaan.