Alat Gerak Sel Flagel Flagel adalah alat gerak pada sel yang menyerupai ekor di mana bagian

ini terbungkus oleh membran sel sehingga bagian dalam flagel dapat diakses oleh organ-organ yang ada di dalam sitoplasma sel. Jenis sel manusia yang memilki alat gerak berupa flagel adalah sel sperma.

Struktur flagel pada sel eukariotik : 1-axoneme, 2-cell membrane, 3-IFT (IntraFlagellar Transport), 4-Basal body, 5-Cross section of flagella, 6-Triplets of microtubules of basal body Cillia Cillia adalah alat gerak pada sel yang menyerupai rambut getar atau bulu-bulu halus, dan memiliki struktur yang hampir sama dengan struktur flagel. Biasanya sel-sel yang memiliki alat gerak berupa cillia adalah sel-sel yang terdapat pada sistem pernafasan kita.

Gambar micrograph cillia darirespiratory epithelium di dalam paru-paru Pseudopodia Pseudopodia (kaki semu) adalah alat gerak pada sel, di mana seolah-olah sel tersebut terlihat bergerak dengan membran selnya. Biasanya sel yang menggunakan alat gerak ini biasanya bersifat amoeboid (memiliki bentuk yang tidak tetap). Contoh sel ini pada manusia adalah sel leukosit (sel darah putih)

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful