You are on page 1of 6

ANALISIS SISTEM PROTEKSI GENERATOR PADA PUSAT PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA AIR WONOGIRI

TUGAS AKHIR
Diajukan Untuk Melengkapi Salah Satu Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Teknik Jurusan Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Surakarta

Disusun Oleh:

ANDRI SETYAWAN D 400 030 015

JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA 2008

PLTA Wonogiri juga disalurkan ke sistem interkoneksi transmisi 150 KV. pohon tumbang dan sebagainya. dan bagian yang terganggu harus dipisahkan dalam waktu secepatnya guna mencegah atau memperkecil kerusakan yang diakibatkan gangguan tersebut.1 BAB I PENDAHULUAN 1. baik itu internal semisal melokalisir adanya gangguan akibat beban lebih maupun eksternal semisal gangguan surja (petir dan hubung). sehingga sebagian dari instalasi yang . mulai dari aktivitas rumah tangga sampai dengan proses produksi pada industri-industri kecil ataupun yang berskala besar. PLTA sebagai pembangkit membutuhkan peralatan proteksi dari gangguan. Dengan adanya energi listrik banyak bentuk aktifitas dan kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan lebih baik. Bilamana terjadi suatu gangguan didalam rangkaian listrik. yang didistribusikan melalui sistem tegangan menengah 22 KV ke wilayah Kabupaten Wonogiri dan sekitarnya.4 MW yang terdiri dari 2 unit generator yang masing-masing mempunyai daya output 6.1 Latar Belakang Masalah Kebutuhan energi listrik merupakan suatu kebutuhan yang harus dipenuhi seiring dengan meningkatnya pembangunan yang terus berkembang pesat.2 MW. Proses pengamanan terhadap gangguan yang terjadi dapat dilakukan secara otomatik dan selektif. PLTA Wonogiri menghasilkan daya sebesar 12. instalasi harus diamankan.

Berapa besar arus di bus saat terjadi gangguan. Bagaimana aliran arus saat adanya gangguan yang terjadi di PLTA Wonogiri.2 tidak terganggu dapat berfungsi secara normal. b. serta melalui sistem interkoneksi transmisi 150 KV. maka sistem perlu dilengkapi berbagai alat pengaman atau proteksi. . 1.2 Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang masalah diatas. serta sesuai dengan substansinya maka penulis membatasi permasalahan sebagai berikut : a.3 Batasan Masalah Agar penulisan tugas akhir ini dapat maksimal dan tidak melebar. 1. maka penulis menentukan permasalahan sebagai berikut: a. c. d. Bagaimana cara menganalisa sistem proteksi pada sistem tenaga listrik yang sudah dioperasikan saat terjadinya gangguan. Bagaimana seting dari sistem proteksi generator di PLTA Wonogiri untuk mencegah kerusakan peralatan dari berbagai gangguan yang mungkin terjadi. Untuk menunjang keperluan tersebut. Generator yang dianalisa adalah generator pada PLTA Wonogiri yang didistribusikan melalui sistem tegangan menengah 22 KV ke wilayah wonogiri.

dengan mengumpulkan dan mempelajari buku-buku atau literatur yang menjadi referensi. serta mencari sumber lain untuk memperoleh dan mendukung landasan teori agar menjadi lebih tepat dan akurat. 1.4 Tujuan Adapun tujuan dan manfaat yang diinginkan penulis dari penyusunan tugas akhir ini adalah : a. Studi kepustakaan. Pengambilan data dilakukan di PLTA Wonogiri.3 b. . Menganalisa sistem proteksi generator yang berpengaruh terhadap kehandalan kerja pada pembangkitan. konsultasi dengan pembimbing. 1. c. Untuk mengetahui analisis sistem proteksi saat terjadi gangguan pada masing-masing bus. Analisa koordinasi peralatan proteksi pada generator seperti halnya Circuit Breaker (CB) yang dipasang guna menjaga keandalan kerja serta pembebanan generator dari gangguan-gangguan yang mungkin terjadi dilakukan dengan bantuan Sofware ETAP. b.5 Metode Penelitian Adapun langkah-langkah yang ditempuh selama penyusunan tugas akhir ini adalah : a.

c. dan sistematika penulisan yang digunakan. . 1. sistem proteksi generator dengan menggunakan pengaman arus lebih. Studi peralatan. pengaman gangguan kumparan stator. tujuan penelitian. metode penelitian.6 Sistematika Penulisan BAB I : PENDAHULUAN Pada bab ini secara ringkas akan ditulis latar belakang penulisan. Menganalisa apa yang terjadi dengan disertai perbandingan hasil pengujian di lapangan dan data yang didapat penulis dari referensi. BAB III : METODE PENELITIAN Memuat proses pengamatan terhadap kerja generator pada PLTA Wonogiri. peralatan yang terpasang dan pengamatan terhadap keandalan peralatan-peralatan proteksi generator berdasarkan data-data yang didapat di lapangan. batasan masalah. BAB II : DASAR TEORI Berupa uraian teori pendukung mengenai pembahasan generator. manfaat yang diharapkan. penulis mengadakan penelitian ke pusat pembangkit yang memungkinkan penulis mendapatkan data-data yang diinginkan serta memudahkan penulis dalam perbandingan analisa secara teoritis. dan peralatan proteksi lainnya.4 b. perumusan masalah. pengaman tegangan lebih.

. BAB V : PENUTUP Dalam bab ini berisikan kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian dan pengamatan yang telah dilakukan.5 BAB IV : PEMBAHASAN DAN ANALISA Memuat analisis dan pembahasan penelitian dari hasil pengamatan yang menunjukkan kerja generator serta koordinasi peralatan proteksi terhadap gangguan sistem pada generator PLTA Wonogiri.