SISTEM EKONOMI DALAM ISLAM

Disusun Oleh: Kelompok 2 Ani Chusnaeni Cyntia Dewi Jefri Prihastono Latifa Lutfia Isnaeni Rena Purnama Sari Sri Ambar Waty Yunus Muhadi

JURUSAN KIMIA – FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA 2010

zakat. dll. Sebenarnya harta itu adalah milik Allah yang dititipkan pada manusia dan bia hilang dalam waktu sekejap. Harta merupakan salah satu karunia yang diberikan oleh Allah. Dari semua ciptaanNya itu manusialah yang diciptakan paling sempurna jika dibandingkan dengan makhluk yang lainnya. . Janganlah kita menjadi orang yang kaya harta tetapi miskin akan iman.PENDAHULUAN 1. Latar Belakang Allah menciptakan langit dan bumi ini lengkap dengan isinya. manis dan tampan sekaligus kaya. Karena semua itu adalah nikmat dan karunia Allah SWT. Karena harta itu bersifat sementara. sombong dan serakah dengan harta yang kita miliki. shodaqoh. 2. Manusia diciptakan dengan takdir yang berbeda – beda. Sebagai muslim yang baik kita harus mensucikan harta harta yang kita miliki dengan cara infak. Manusia diturunkan kebumi inisebagai kholifah yang bertugas menjaga dan melindungi bumi. Janganlah kita menjadi manusia yang tamak. Karena didalam hak milik ada hak orang lain. tetapi ada juga manusia yang diberi wajah jelek dan miskin. Apapun keadaan kita sekarang ini kita wajib mensyukurinya. tapi membawa iman. Orang yang mati tidak akan membawa harta. Orang yang hanya kaya akan harta tapi tidak disertai dengan iman. Agar harta yang kita miliki menjadi harta yang halal dan membawa berkahdan anugrah. akan merasakan kebahagiaan didunia saja. Ada manusia yang diciptakan dengan wajah yang cantik. hanya dengan mengucap kata “ Qun fayaqun “ maka terjadilah semuannya dan dengan sekejap pula Allah bisa menghancurkan bumi beserta isinya ini jika manusia tidak menjaga kelestarian bumi. shodaqoh dan wakaf. Tujuan Mengetahui adakah keterkaitan antara Ekonomi Islam dengan zakat. infak. Selalu bersyukur atas apa yang kita miliki. tapi tanpa kita sadari harta itu merupakan cobaan yang Allah berikan kepada manusia. jika manusia itu tidak bisa memanfaatkan harta yang dimilikinya.

Sedangkan wakaf adalah menyerahkan suatu benda yang kekal zatnya dan bermanfaat bagi orang banyak. shodaqoh dan wakaf. Rumusan masalah Ekonomi Islam selalu berkesinambungan dengan adanya zakat. shodaqoh dan wakaf baerjalan dengan baik secara otomatis ekonomi islam akan berjalan lancer dan dapat mensejahterakan umat manusia khususnya umat islam di dunia. infak. Karena zakat adalah mensucikan. membersihkan dan mengeluarkan. infak. Shoaqoh adalah memberikan sesuatu kepada orang lain dengan mengharapkan rido dari Allah dan pahala semata. Sehingga jika zakat.3. . Infak adalah perpindahan benda/ jasa dari seseorang kepada orang lain.

sistem ekonomi kapitalis membawa akibat negatif dan lebih buruk. Tetapi ternyata. karena banyak negara miskin bertambah miskin dan negara kaya yang jumlahnya relatif sedikit semakin kaya. 2.PEMBAHASAN 1.Makalah ini akan membahas tentang apa sistem ekonomi Islam/syariah itu.Ijma dan Qiyas".Hadits Nabi. . Banyak kalangan masyarakat yang mendesak agar Pemerintah Indonesia segera mengimplementasikan sistem Ekonomi Islam dalam sistem Perekonomian Indonesia seiring dengan hancurnya sistem Ekonomi Kapitalisme.M Metwally "Ekonomi Islam dapat didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari per4ilaku muslim (yang beriman) dalam suatu masyarakat Islam yang mengikuti Al Quran. Pengertian Ekonomi Islam Sistem Ekonomi Islam atau syariah sekarang ini sedang banyak diperbincangkan di Indonesia. Definisi Ekonomi Islam/Syariah menurut beberapa Ekonom Islam • Muhammad Abdul Mannan "Ekonomi Islam merupakan ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari masalahmasalah ekonomi rakyat yang diilhami oleh nilai-nilai Islam". • Hasanuzzaman "Ilmu ekonomi Islam adalah pengetahuan dan aplikasi dari anjuran dan aturan syariah yang mencegah ketidakadilan dalam memperoleh sumber daya material sehingga tercipta kepuasan manusia dan memungkinkan mereka menjalankan perintah Allah dan masyarakat". • M. Sejarah Sistem Ekonomi Islam Dengan hancurnya komunisme dan sistem ekonomi sosialis pada awal tahun 90-an membuat sistem kapitalisme disanjung sebagai satu-satunya sistem ekonomi yang sahih.

seluruh umat yang ada di muka bumi. Pengembangan ekonomi Syariah dan Sistem Ekonomi Syariah bukan untuk menyaingi sistem ekonomi kapitalis atau sistem ekonomi sosialis. Ekonomi Syariah dan Sistem Ekonomi Syariah merupakan perwujudan dari paradigma Islam. Negara-negara yang penduduknya mayoritas Muslim mencoba untuk mewujudkan suatu sistem ekonomi yang didasarkan pada Al-quran dan Hadist. Stiglitz (2006) kegagalan ekonomi Amerika dekade 90-an karena keserakahan kapitalisme ini. 3. Kelemahan atau kekurangan dari masing-masing sistem ekonomi tersebut lebih menonjol ketimbang kelebihannya. Karena kelemahannya atau kekurangannya lebih menonjol daripada kebaikan itulah yang menyebabkan muncul pemikiran baru tentang sistem ekonomi terutama dikalangan negara-negara muslim atau negara-negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam yaitu sistem ekonomi syariah. tetapi juga dapat memenuhi ketentraman jiwa sebagai bekal di akhirat nanti. Ketidakberhasilan secara penuh dari sistem-sistem ekonomi yang ada disebabkan karena masing-masing sistem ekonomi mempunyai kelemahan atau kekurangan yang lebih besar dibandingkan dengan kelebihan masing-masing. Bahkan menurut Joseph E. yaitu sistem ekonomi Syariah yang telah berhasil membawa umat muslim pada zaman Rasulullah meningkatkan perekonomian di Zazirah Arab. kapitalis gagal meningkatkan harkat hidup orang banyak terutama di negara-negara berkembang. tetapi lebih ditujukan untuk mencari suatu sistem ekonomi yang mempunyai kelebihan-kelebihan untuk menutupi kekurangan-kekurangan dari sistem ekonomi yang telah ada. Jadi harus ada keseimbangan dalam pemenuhan kebutuhan hidup di dunia dengan kebutuhan untuk akhirat. saat ini sedang dikembangkan Ekonomi Syariah dan Sistem Ekonomi Syariah di banyak negara Islam termasuk di Indonesia. Ketentraman hidup tidak hanya sekedar dapat memenuhi kebutuhan hidup secara melimpah ruah di dunia. Konsep Ekonomi Islam Islam mengambil suatu kaidah terbaik antara kedua pandangan yang ekstrim (kapitalis dan komunis) dan mencoba untuk membentuk keseimbangan di antara keduanya (kebendaan . Dari pemikiran yang didasarkan pada Al-quran dan Hadist tersebut.Dengan kata lain. Islam diturunkan ke muka bumi ini dimaksudkan untuk mengatur hidup manusia guna mewujudkan ketentraman hidup dan kebahagiaan umat di dunia dan di akhirat sebagai nilai ekonomi tertinggi. Umat di sini tidak semata-mata umat Muslim tetapi.

Dasar-dasar Ekonomi Islam: Dasar-dasar ekonomi Islam adalah: 1) Bertujuan untuk mencapai masyarakat yang sejahtera baik di dunia dan di akhirat. Kemudian landasan nilai yang menjadi tumpuan tegaknya sistem ekonomi Islam adalah sebagai berikut: Nilai dasar sistem ekonomi Islam: 1) Hakikat pemilikan adalah kemanfaatan. Dan untuk itu alat pemuas dicapai secara optimal dengan pengorbanan tanpa pemborosan dan kelestarian alam tetap terjaga. 2) Hak milik relatif perorangan diakui sebagai usaha dan kerja secara halal dan dipergunakan untuk hal-hal yang halal pula. Qs.dan rohaniah). 3) Keadilan antar sesama manusia. 3) Dilarang menimbun harta benda dan menjadikannya terlentar. oleh karena itu harus dinafkahkan sehingga dicapai pembagian rizki. 7) Tiada perbedaan suku dan keturunan dalam bekerja sama dan yang menjadi ukuran perbedaan adalah prestasi kerja. 2) Keseimbangan ragam aspek dalam diri manusia. baik perorangan maupun masyarakat. 5) Pada batas tertentu. Qs. Nilai instrumental sistem ekonomi Islam: . Sumber pedoman ekonomi Islam adalah al-Qur'an dan sunnah Rasul. bukan penguasaan. hak milik relatif tersebut dikenakan zakat. 6) Perniagaan diperkenankan. 4) Dalam harta benda itu terdapat hak untuk orang miskin yang selalu meminta.al-Ahzab:72 (Manusia sebagai makhluk pengemban amanat Allah).Hud:61 (Untuk memakmurkan kehidupan di bumi). akan tetapi riba dilarang. tercapainya pemuasan optimal berbagai kebutuhan baik jasmani maupun rohani secara seimbang. Hal-hal yang tidak secara jelas diatur dalam kedua sumber ajaran Islam tersebut diperoleh ketentuannya dengan jalan ijtihad.al-Baqarah:30 (Tentang kedudukan terhormat sebagai khalifah Allah di bumi). Keberhasilan sistem ekonomi Islam tergantung kepada sejauh mana penyesuaian yang dapat dilakukan di antara keperluan kebendaan dan keperluan rohani / etika yang diperlukan manusia. yaitu dalam: - Qs.

2. 3) Landasan syari'ah. d) Jaminan sosial. dalam arti penelitian dan pengembangannya berlangsung terus-menerus. pemenuhan kebutuhan (need fullfillment). Khilafah. Konsekuensi dari prinsip Khilafah dan ‘Adalah menuntut bahwa semua sumberdaya yang merupakan amanah dari Allah harus digunakan untuk merefleksikan tujuan syariah antara lain yaitu. 5. Nilai filosofis sistem ekonomi Islam: 1. mempresentasikan bahwa manusia adalah khalifah atau wakil Allah di muka bumi ini dengan dianugerahi seperangkat potensi spiritual dan mental serta kelengkapan sumberdaya materi yang dapat digunakan untuk hidup dalam rangka menyebarkan misi hidupnya. b) Larangan riba. Nilai normatif sistem ekonomi Islam: 1) Landasan aqidah. 2) Landasan akhlaq. 4) Al-Qur'anul Karim. Prinsip ini merefleksikan bahwa penguasa dan pemilik tunggal atas jagad raya ini adalah Allah SWT. menghargai sumber pendapatan (recpectable source of earning). Ekonomi Islam dan Tantangan Kapitalisme . 3.a) Kewajiban zakat. merupakan bagian yang integral dengan tujuan syariah (maqasid al- Syariah). c) Kerjasama ekonomi. e) Peranan negara. Sistem ekonomi Islam bersifat terikat yakni nilai. Prinsip Dasar Ekonomi Islam 1. Tawhid. ‘Adalah. 5) Ijtihad (Ra'yu) 4. Sistem ekonomi Islam bersifat dinamik. distribusi pendapatan dan kesejah-teraan yang merata (equitable distribution of income and wealth) serta stabilitas dan pertumbuhan (growth and stability). 2.

dan tidak ada keuntungan bagi modal tanpa kerja dan tanpa penempatan diri pada resiko sama sekali.al-Baqarah:278). diberlakukan secara menyeluruh baik terhadap individu. usahawan maupun penguasa/pemerintah dalam memenuhi kebutuhan hidupnya baik untuk keperluan jasmaniah maupun rohaniah. tetapi riba mereka sepakati sebagai konsep yang harus dihindari dalam perekonomian. akan tetapi Islam menghalalkan mencari keuntungan lewat perniagaan (Qs. oleh para penulis Islam telah diakui. Karena itu Islam secara tegas menyatakan perang terhadap riba dan ummat Islam wajib meninggalkannya (Qs. Dalam sistem ekonomi Islam asumsi dasarnya adalah syari'ah Islam. keluarga. alat penyimpan kekayaan dan pendukung peralihan dari sistem barter ke sistem perekonomian uang. Motif ekonomi Islam adalah mencari keberuntungan di dunia dan di akhirat selaku khalifatullah dengan jalan beribadah dalam arti yang luas. • Prinsip ekonomi Islam adalah penerapan asas efisiensi dan manfaat dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan alam. Larangan riba dalam Islam bertujuan membina suatu bangunan ekonomi yang menetapkan bahwa modal itu tidak dapat bekerja dengan sendirinya. sudah teruji bukan satu-satunya cara terbaik mengatasi lemahnya ekonomi rakyat. kelompok masyarakat. Berbicara tentang sistem ekonomi Islam dan sistem ekonomi kapitalis tidak bisa • dilepaskan dari perbedaan pendapat mengenai halal-haramnya bunga yang oleh sebagian ulama dianggap sebagai riba yang diharamkan oleh al-Qur'an. Sistem bunga dalam perbankan (rente stelsel) mulai diyakini oleh sebagian ahli sebagai faktor yang mengakibatkan semakin buruknya situasi perekonomian dan sistem bunga sebagai faktor penggerak investasi dan tabungan dalam perekonomian Indonesia.83:1-6) .Perbedaan antara sistem ekonomi Islam dengan sistem ekonomi yang lain adalah: • Asumsi dasar / norma pokok maupun aturan main dalam proses ataupun interaksi kegiatan ekonomi yang diberlakukan. Manfaat uang dalam berbagai fungsi baik sebagai alat penukar.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful