Tutorial bermain PS2 menggunakan USB External HDD

I.

Pendahuluan
Dalam tutorial ini saya akan menjelaskan cara menjalankan game PS2 yang di instal pada USB external HDD tanpa melakukan modifikasi chips atau upgrade chips dan tanpa CD booting programnya. Cukup dengan chips bawaan dari PS2 dan beberapa software tambahan yang di tanamkan di Memory Card PS2, kalian sudah bisa menjalankan game PS2 yang di instal di USB external HDD.

II.

Hardware dan Software yang di butuhkan
Hardware yang kalian butuhkan untuk bermain game PS2 menggunakan USB external HDD adalah sebagai berikut : 1. 2. 3. Console PS2 (dalam kasus ini saya menggunakan PS2 versi 770006 UnModchips). Memory Card 8MB atau lebih besar (dalam kasus ini saya menggunakan MC 8MB). USB External Harddisk (dalam kasus ini saya menggunakan USB External Harddisk 2.5” merk Axio dengan kapasitas 320GB kalau ingin menggunakan HDD Enclosure disarankan menggunakan Enclosure merk Sturdy). 4. 5. CD boot LaunchELF (cara bikinnya di ajarkan pada bab Instalasi). Komputer PC/Notebook/Netbook (terserah menggunakan komputer apa, asal jangan SO-nya DOS). Software yang kalian butuhkan untuk bermain game PS2 menggunakan USB external HDD beserta masing-masing kegunaan dari aplikasi tersebut adalah sebagai berikut : 1. Software CD booting LaunchELF gunanya untuk aplikasi browser file/direktori, serta dapat melakukan copy, paste, cut dan lain-lian. 2. Free MC Boot (FMCB) aplikasi ini berguna sebagai aplikasi booting aplikasi OPL melalui Memory Card PS2. Jadi PS2 kalian tidak memerlukan CD boot aplikasi. 3. Open PS2 Loader (OPL) adalah aplikasi yang akan menjalankan game PS2 yang berada di USB external harddisk. 4. USBExtrim adalah aplikasi yang di jalankan di komputer ini digunakan untuk memformat media penyimpanan game dalam kasus ini adalah USB external harddisk, serta bisa untuk instalasi game dari optical drive(komputer) ke USB external harddisk. 5. USBUtil adalah aplikasi yang digunakan untuk instalasi game PS2 baik dari optical drive(komputer) maupun dari file .ISO, aplikasi punya ke unggulan dalam patch DNAS/IOPRP. Aplikasi diatas bisa kalian download melalui link di blog http://trading-on.blogspot.com dan kalian juga bisa update melalui link update di sebelah link download.

Created by trading-on.blogspot.com

1

Open PS2 Loader dan LaunchELF ke Memory Card PS2 kalian membutuhkan CD booting LaunchELF yang kalian buat pada langkah pertama (a). berikut langkahlangkah yang harus kalian lakukan : • Ekstrak file gapp.com 2 . ULE.ELF dan DUMMY..ELF dalam kasus ini saya menggunakan USB Flashdisk. Open PS2 Loader dan LaunchELF(versi Memory Card booting) Untuk instlasi Free MC Boot.. BOOT.ELF. file yang kalian ekstrak berjumlah 3 file yaitu SYSTEM.blogspot.zip ke USB Flashdisk atau USB External Harddisk.zip di USB drive Created by trading-on.b. a. Perlu diingat lebih baik kalian menggunakan media USB dengan menggunakan FAT32.1 hasil ekstrak file gapp. Membuat CD booting LaunchELF Untuk membuat CD booting LaunchELF kalian memerlukan CD kosong. klik OK saja lalu tunggu sampai muncul pemberitahuan Format Complete. Instalasi Free MC Boot.III. b. Jika anda tidak bisa burn CD minta tolong sama yang mahir. langkah-langkanya ekstrak cdboot. Dibawah ini adalah langkah-langkah yang harus kalian lakukan untuk instalasinya.BIN. Semua proses diatas bisa dilihat dari gambar dibawah ini : Gambar 3. akan muncul peringatan. karen pada aplikasi LaunchELF versi agak lawas tidak bisa membaca file yang di simpan dalam format NTFS. file yang kalian ekstrak berjumlah 3 file yaitu FREE_MCBOOT. Cara memformat media USB (menggunakan komputer) dengan Klik Kanan pada drive USB kemudian pilih Format. Instalasi Pada bab instalasi ini akan di ajarkan dari awal. klik OK kemudian klik Close.ELF. kemudia burn semua file tersebut kedalam CD kosong yang telah kalian siapkan. OPNPS2LD.zip ke sebuah folder. ganti File System menjadi FAT32 kemudian klik Start. mulai dari persiapan software yang di butuhkan hingga instalasi games ke external harddisk.

com 3 .blogspot.2 Format USB Flashdisk setelah kalian meng-klik menu Format..b.3 Persiapan Hardware • Masukkan CD booting LaunchELF ke PS2 dan hidupkan PS2.b. • Tancapkan/pasang Memory card kosong dan USB Flashdisk atau USB External Harddisk ke PS2.Gambar 3. tampilannya seperti dibawah ini : Memory Card 8MB USB Flasdisk Gambar 3. maka kalian akan masuk ke aplikasi LaunchELF via CD. tampilan pada layar TV kalian akan seperti gambar dibawah ini : Created by trading-on..

b.com 4 . caranya tekan tekan R1 pada controller PS2 kemudian pilih New Dir.5 tampilan drive di aplikasi LaunchELF • Masuk ke drive mc0:/ (drive mc0:/ mewakili memory card ps2 yang berada di slot 1)buat direktori BOOT. tampilan pada layar TV kalian akan seperti gambar dibawah ini : Gambar 3.4 tampilan LaunchELF • Tekan lingkaran (O) pada controller PS2.Gambar 3. akan muncul menu baru untuk membuat nama direktori seperti gambar dibawah ini : Gunakan huruf besar untuk membuat direktori BOOT kemudian pilih OK.b. Setelah selesai maka tampilan pada drive mc0:/ seperti gambar dibawah ini : Created by trading-on.blogspot.

avi. d.ELF dengan cara menekan lingkaran (O) maka akan muncul tampilan aplikasi Free MC Boot seperti di bawah ini : Pilih menu Normal Instalation.ELF.1) dengan cara menekan segitiga (∆) 1 kali pada controller PS2. dan semua tampilan TV sama seperti gambar di atas. Restart PS2 kalian. HDD Untuk instalasi game PS2 ke USB External HDD saya menggunakan software USBUtil dan USBXtreme.blogspot.• Kembali ke halaman drive (seperti gambar 3. Untuk file FREE_MCBOOT. Instalasi Games ke Ext. jika muncul peringatan jawab semuanya dengan memilih OK semua proses Instalalisasi Free MC Boot pada Memory Card dapat kalian lihat pada gambar dibawah ini : Setelah semua proses selesai. Konfigurasi Free MC Boot Konfigurasi Free MC Boot sangat penting untuk kalian baca.ELF) tekan R1 kemudian pilih Copy dengan menekan lingkaran (O). karena konfigurasi ini berguna jika kalian melakukan instalisasi aplikasi lain misalnya Simple Media Sistem atau SMS yang berguna untuk memainkan file audio .mp3 atau video . Tekan R1 kemudian pilih Paste. kemudia tekan segitiga (∆) untuk kembali ke menu drive (seperti gambar 3.com 5 . tunggu sampai proses Paste selesai. Software USBXtreme saya pakai cuma untuk format media penyimpanan game Created by trading-on. lalu masuk ke drive mc0:/BOOT/ (masuk ke drive mc0:/ pilih direktori BOOT). berarti kalian telah berhasil Instalisasi aplikasi Free MC Boot kedalam Memory Card. baik port 1 atau port 2) copy 3 file yang sebelumnya sudah kalian ekstrak ke media USB. tampilannya seperti di bawah ini : Setelah itu kalian akan masuk ke menu ODSYS () tampilannya seperti gambar dibawah ini : Jika semua proses telah kalian jalankan. kemudian kalian masuk ke drive mass:/ (drive mass:/ mewakili port USB. Kalian akan menemukan perbedaan berupa logo FREE MC BOOT saat PS2 kalian pertama kali booting.ELF cukup kalian Paste di drive mc0:/ semua proses Copy dan Paste 3 file diatas dapat dilihat pada gambar dibawah ini : • Setelah semua proses Copy dan Paste selesai jalankan file FREE_MCBOOT. dengan cara pilih file (contoh OPNPS2LD.5). c. Lakukan hal yang sama untuk file ULE.

Untuk memlakukan format media bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan melakukan format memlalui komputer (sama seperti memformat USB Flashdisk). langkah-langkanya bisa kalian lihat dibawah ini : • Langkah pertama adalah melakukan format terhadap media instalasi game PS2 kalian.1 tampilan dari software USBXtreme Pilih tab Disk Format. karena tidak semua media berupa HDD bisa di format dengan cara tersebut. tetapi ada sebagian game yang membutuhkan patch DNAS/IOPRP yang hanya bisa dilakukan oleh USBUtil. tampilannya seperti di bawah ini : Gambar 3.blogspot. Sebelum melakukan instalasi game PS2 ke USB External HDD. aplikasi atau game tidak terdeteksi.com 6 . oleh sebab itu untuk instalasi game saya menggunakan USBUtil.sebenarnya software USBXtreme bisa untuk instalasi game.aja. serta kekurangan software USBXtreme tidak bisa instalasi game yang tersimpan dalam format file . Cara yang lebih baik dengan menggunakan software USBXtreme.d. dalam kasus ini drive dari media yang saya gunakan bernama ExtHDD(E:) seperti gambar di bawah ini : • Jalankan software USBXtreme. tapi cara ini mempunyai kekurangan.iso. tampilannya seperti di bawah ini : Created by trading-on. Jika format media NTFS biasanya file. kalian harus pastikan formatnya FAT32.

2 tampilan dari tab Disk Format Klik tombol Format.. tampilan yang akan muncul seperti dibawah ini : Gambar 3. kemudian tutup software tersebut dan proses persiapan media instalasi pun selesai. • Selanjutnya kita akan mulai instalasi game PS2 menggunakan USBUtil.3 tampilan dari submenu format.d. dan pilih drive media yang akan digunakan untuk instalasi game PS2 kalian. karena drive tersebut yang digunakan sebagai media instalasi game PS2. Dalam kasus ini saya memilih mem-format drive E. Pilih drive kemudian klik OK... jalankan software USBUtil dan akan muncul tampilan seperti dibawah ini : Created by trading-on.Gambar 3.d. jika ada peringatan klik OK dan tunggu proses format sampai selesai.blogspot.com 7 ..

Created by trading-on.com 8 .Gambar 3.ISO ke dalam media.d. • Klik File.cfg> gunanya untuk membuka daftar game yang telah di instal pada media. file .ISO tersebut bisa langsung di patch DNAS/IOPRP. kemudian software siap digunakan untuk proses instalasi game PS2.4 tampilan awal software USBUtil Klik close.d.5 tampilan submenu dari menu File Ada emapat menu penting yang harus kalian pelajari dan keterangan dari menu tersebut adalah sebagai berikut : Open game list <ul.blogspot. Create game from ISO gunanya untuk instalasi game yang tersimpan dalam format . akan terdapat banyak pilihan seperti gambar dibawah ini : Gambar 3.ISO. Open ISO to [Explore/Modify] gunanya untuk membuka dan memodifikasi file game yang disimpan dalam format .

ISO makan pilihlah ISO jika ingin langsung instalasi pada media maka opsi yang kalian pilih adalah GAME.com 9 . setelah instalasi selesai 100% akan muncul tampilan seperti dibawah ini : Created by trading-on.6 tampilan setting instalasi dan RIP dari media CD/DVD ke external HDD Langkah-langkah create game ataupun file . Untuk Directory destionation sebaikanya langsung berada di drive(dalam kasus ini darive E:\) jika kalian melakukan instalasi pada media. karena tidak semua game memerlukan Patch DNAS/IOPRP. Tunggu proses instalasi game sampai selesai. Untuk Name to GAME/ISO bisa kalian isi sesuai keinginan. Cara pertama akan saya jelaskan submenu Create [GAME/ISO] from CD/DVD jika submenu ini telah kalian pilih makan akan muncul kotak dialog. klik OK untuk kotak dialog tersebut. Untuk Extract as jika kalian ingin membuat file .d.blogspot. jika game yang kalian instal tidak jalan setelah dicoba dimainkan. Jika semua (seperti proses diatas) telah siap lanjutkan dengan meng-klik tombol Create.ISO atau langsung di instal ke dalam media. kemudian akan keluar tampilan seperti dibawah ini : Drive CD/DVD Drive untuk instalasi game PS2 Gambar 3. maka kalian coba patch dengan Patch DNAS/IOPRP.ISO seperti di bawah ini : Untuk Media type (GAME) pilih AUTO Untuk Patch to (GAME/ISO) DNAS dan IOPRP bisa di conteng bisa tidak.Create [GAME/ISO] from CD/DVD gunanya untuk instalasi dan RIP DVD game PS2 ke file berformat .

Gambar 3.d.ISO. Cara instalasi yang kedua menggunakan file game yang telah di simpan dalam format . sebaiknya jangan di patch terlebih dahulu.d. jadi jika gamenya tidak jalan kalian bisa mem-patch dengan fasilitas patch DNAS/IOPRP pada USBUtil. caranya pilih submenu Create game from ISO dan akan muncul tampilan seperti dibawah ini : Created by trading-on.com 10 .7 tampilan setelah proses instalasi berhasil 100% Jika game belum di patch dengan DNAS/IOPRP biasa setelah meng-klik tombol Close akan muncul tampilah seperti dibawah ini : Gambar 3.8 tampilan pada saat selesai instalasi/tampilan dari submenu Patch for DNAS/IOPRP dari menu Utils Kalian bisa meng-klik patch atau cancel.blogspot.

d. untuk lebih memahami software ini kalian bisa bereksperimen dengan software ini.9 tampilan dari submenu Create game from ISO Langkah-langkah create game dari file ISO adalah sebagai berikut : From adalam media tempat penyimpanan file game dalam format . contohnya seperti gambar dibawah ini : Created by trading-on.blogspot.ISO tersebut. Proses ini hampir sama dengan proses pertama. pilih saja AUTO Patch adalah fasilitas untuk mem-patch DNAS/IOPRP game dalam format . jadi jangan pilih apa2.ISO Media adalah media dari game dalam format .d.Gambar 3. kalian tidak perlu mem-patchnya.com 11 . sama seperti pada cara pertama. proses selanjutnya klik Create dan tunggu prosesnya berjalan sampai selesai.ISO yang terdapat dalam drive atau direktoi/subdirektori dari menu From. • Jika telah selesai instalasi maka dihalaman utama software ini akan muncul daftar game yang kalian instal pada media.ISO. To adalah tujuan dari instalasi file game dalam format . Name for new game bisa kalian isi semau kalian.9. Catatan sesuaikan saja setingan dengan gambar 3.ISO ISO(s) to transform adalah daftar dari game dalam format .

blogspot.11 tampilan game yang belum di patch Pilih game kemudian klik tombol PATCH. maka langkah yang harus kalian coba adalah dengan mem-patch game tersebut. caranya dengan memilih game lalu klik kanan pilih Patch for DNAS/IOPRP dan akan muncul tampilan game yang belum di patch seperti gambar dibawah ini : Gambar 3.d.10 tampilan halama utama software USBUtil setelah instalasi game.Gambar 3.d.com 12 . • Jika game kalian yang belum di patch DNAS/IOPRP tidak berjalan pada OPL. maka status Patch? Pada game akan berstatus YES seperti contoh game yang sudah di patch dibawah ini : Created by trading-on.

blogspot. Pastikan tidak ada CD atau DVD pada PS2 kalian. kalian tidak perlu mem-patch game tersebut. IV. Oleh karena itu saya memberikan saran kepada kalian untuk tidak mem-patch terlebih dahulu.12 tampilan game yang telah di patch • jika dirasa game berjalan dengan baik. karena ada game yang berjalan jika tidak di patch dengan kata lain jika di patch game tidak berjalan pada OPL.Gambar 3.d. hidupkan PS2 kalian dan lihat tampilan booting seperti gambar dibawah ini : Created by trading-on. Menjalankan Game Jika software telah di instal di Memory Card dan game telah di instal di external HDD maka langkah yang harus kalian lakukan adalam memasang USB external HDD pada slot USB PS2.com 13 .

7 seperti gambar dibawah ini : Gambar 4.1 tampilan pertama kali booting PS2 yang telah di instal Free MC Boot Dan akan langsung masuk ke aplikasi Open PS2 Loader 0.com 14 .7 Tunggu beberapa saat dan akan muncul langsung ke daftar game yang telah kalian instal pada external HDD kalian.2 tampilan loading Open PS2 Loader 0. contohnya seperti gambar dibawah ini : Created by trading-on.Gambar 4.blogspot.

com dimana tempat kalian mendownload tutorial ini. ini hal wajar. Penutup Terima kasih untuk teman-teman yang telah membaca tutorial ini sampai selesai.Gambar 4. Semoga berhasil memainkan game PS2 menggunakan external HDD. Sukses selalu untuk kalian semua ^_^ Created by trading-on. jangan kaget jika layar TV kalian berwarna-warni. jika banyak cara-cara yang belum teman mengerti bisa cari di google atau bisa ditanyakan pada comment di http://trading-on.com 15 .blogspot.3 tampilan pilih USB game pada Open PS2 Loader 0. dan jangan lupa sharing informasi ini pada teman yang membutuhkan.blogspot.7 Pilih game yang ingin kalian mainkan dengan menekan kali (X) pada controller. Tunggu beberapa saat dan game akan ditampilkan. V. tutorial ini memang tidak sempurna.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful