ENERGI MATAHARI: ENERGI ALTERNATIF PALING POTENSIAL SEBAGAI PEMBANGKIT LISTRIK

Makalah Ilmiah Mata Kuliah Kecakapan Komunikasi 2009

Oleh: NADHILA ANDANIS ZAFHIRA (0806316070)

DEPARTEMEN TEKNIK KIMIA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS INDONESIA DEPOK , 2009

. sebagai dosen mata kuliah Kecakapan Komunikasi Departemen Teknik Kimia Universitas Indonesia. 2. yaitu teknologi pemanfaatan energi matahari. dan teknologi tepat untuk mengatasinya. yang telah membimbing penulis dalam belajar sehingga dapat memberikan yang terbaik dalam penulisan makalah ini. penulis mengucapkan terima kasih kepada: 1. Oleh karena itu. 3. Pada kesempatan ini. Depok. 4. Orang tua penulis atas doa dan dukungan moril yang selalu diberikan. Mei 2009 Penulis . Matahari Indonesia. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua.KATA PENGANTAR Alhamdulillah. penulis mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca untuk perbaikan.. Penulis menyadari bahwa makalah ini masih memiliki banyak kekurangan. Tak ada gading yang tak retak. atas inspirasi dan motivasi yang selalu diberikan. Makalah ini disusun berdasarkan materi yang telah diberikan dalam mata kuliah Kecakapan Komunikasi. Ibu Dianursanti dan Ibu Tania Surya Utami. Makalah ini membahas masalah kebutuhan energi di Indonesia. sahabat penulis. puji syukur ke hadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan makalah ilmiah singkat yang berjudul “.”. Semua pihak yang telah membantu penyusunan karya tulis ini.

Indonesia terletak di garis khatulistiwa bumi. Padahal. sehingga negeri ini mendapatkan energi sinar matahari yang berlimpah. serta biaya operasionalnya cenderung murah. Diperkirakan bahwa kebutuhan energi global dalam tiga puluh tahun ke depan akan meningkat sebanyak dua kali lipat per tahunnya. Energy Information Administration (EIA) memperkirakan bahwa ketergantungan pada bahan bakar fosil ini akan terus berlanjut hingga tahun 2025 2 . kebutuhan energi akan meningkat kembali hingga menjadi tiga kali lipat atau setara dengan energi dua puluh miliar ton minyak bumi 1 . dan batu bara. terus meningkat. Seperti yang telah kita ketahui.chem-is-try.gov/ . Hal ini membuat energi matahari memiliki potensi yang 1 Teguh Priambodo. Untuk mengatasi masalah kebutuhan energi tersebut. menurut data Departemen ESDM. mudah diperoleh. Dalam empat puluh tahun berikutnya. kehidupan manusia lah yang paling banyak mengkonsumsi energi di bumi.org/ 2 “Annual Energy Outlook 2009 with Projections to 2030” http://www.eia. Begitu pula dengan manusia. selama ini. Kebutuhan energi di dunia. kenyataannya. Sedangkan. Kita memerlukan suatu sumber energi yang dapat menghasilkan energi dalam jumlah besar. Sedangkan cadangan gas bumi masih bisa mencukupi hingga enam puluh satu tahun ke depan. gas alam. penulis mengusulkan energi matahari sebagai energi alternatif untuk pembangkit listrik.BAB I PENDAHULUAN I. Negeri beriklim tropis ini disinari matahari hampir sepanjang tahun. dan cadangan batu bara diperkirakan akan habis dalam waktu seratus empat puluh tujuh tahun ke depan. khususnya di Indonesia. dari http://www. Bahkan.doe. Dari sekian banyak sumber energi alternatif. khususnya energi listrik.1 Latar Belakang Segala bentuk kehidupan di alam semesta selalu membutuhkan energi. “Pembangkit Listrik Tenaga Surya: Memecah Kebuntuan Energi Nasional dan Dampak Pencemaran Lingkungan”. cadangan minyak bumi di Indonesia hanya cukup untuk delapan belas tahun ke depan. tentunya diperlukan suatu energi alternatif sebagai pengganti energi berbahan bakar fosil. kebutuhan pemakaian energi masih tergantung pada bahan bakar fosil seperti minyak bumi.

Bagaimana prinsip kerja PLTS? I. energi matahari sebagai bahan bakunya. penulis juga akan menjabarkan prinsip kerja Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). hubungannya dengan kebutuhan energi di Indonesia. Apa masalah yang dihadapi dunia saat ini berkaitan dengan sumber daya energi? 2. keuntungannya dibandingkan sumber energi lainnya. yang biayanya lebih murah. karena kini telah ditemukan teknologi sel surya berbahan alam. biaya operasionalnya terbilang murah daripada pemanfaatan energi gas bumi maupun batubara. Adapun anggapan bahwa teknologi pemanfaatan energi matahari memerlukan biaya tinggi perlu dipertanyakan kembali. Adapun tujuan khusus penulisan makalah ini adalah untuk melengkapi tugas makalah ilmiah singkat untuk mata kuliah Kecakapan Komunikasi Departemen Teknik Kimia Universitas Indonesia. Selain itu. penulis akan membahas lebih lanjut tentang potensi pemanfaatan energi matahari sebagai pembangkit listrik. I. tidak akan pernah habis dan dapat diperoleh dengan gratis.sangat besar untuk dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik di Indonesia.2 Rumusan Masalah 1. Apalagi. Tak lupa pula. serta teknologi-teknologi pemanfaatan energi matahari yang telah ditemukan. Dalam makalah ini.4 Manfaat Makalah ini diharapkan bermanfaat bagi sejumlah pihak untuk : . I. Apa keunggulan PLTS dibandingkan pembangkit listrik lainnya? 3.3 Tujuan Penulisan Tujuan umum penulisan karya tulis ini adalah untuk menginformasikan tentang permasalahan kebutuhan energi dan teknologi pemanfaatan energi matahari sebagai pembangkit listrik di Indonesia.

Memperkenalkan dan membuka wawasan masyarakat akan teknologi pemanfaatan energi matahari sebagai teknologi yang lebih efisien. 3. . Mendorong masyarakat untuk lebih memanfaatkan teknologi yang mendayagunakan energi matahari sebagai teknologi yang lebih efisien. Memberikan informasi mengenai teknologi pemanfaatan energi matahari sebagai pembangkit listrik.1. 2.

BAB II PEMBAHASAN II. Penggunaan batu bara untuk PLTU pada mulanya memang murah. dan lingkungan untuk pembangunan berkelanjutan. Selain itu. Adapun sistem penerangan paling murah yang mungkin dimiliki masyarakat daerah terpencil adalah lampu berbahan bakar minyak tanah.1 Peran Energi Matahari dalam Memenuhi Kebutuhan Energi di Indonesia Energi mempunyai peranan penting dalam pencapaian tujuan sosial. Sumber Energi Tak Terbatas” . Solusi tersebut mungkin dipilih karena cadangan batu bara di Indonesia cukup tinggi. [Pikiran Rakyat. maka semakin sulit untuk memenuhi kebutuhan energi yang terus meningkat. ekonomi. salah satu langkah konkret PLN adalah dengan membangun proyek PLTU 10.000 megawatt yang dihasilkan dari pembangkit listrik bertenaga batubara akan mengemisikan 3 “Sinar Matahari. serta merupakan pendukung bagi kegiatan ekonomi nasional. akan tetapi. Sedangkan. akses ke energi yang andal dan terjangkau merupakan pra-syarat utama untuk meningkatkan standar hidup masyarakat. pembangkit listrik bertenaga batu bara adalah sumber utama penghasil emisi karbondioksida secara global. setengah dari dua ratus dua puluh juta jiwa penduduk negeri ini belum menikmati penerangan listrik 3 . sebanyak 30% kebutuhan listrik negara selama ini juga disumbangkan oleh PLTU Suralaya yang berbahan baku batubara. biaya pemasangan dan pemakaian listrik yang tinggi sehingga sulit dijangkau oleh warga. Kebutuhan energi di Indonesia meningkat pesat sejalan dengan pertumbuhan ekonomi dan pertambahan penduduk. di antaranya yaitu ketidakmampuan pemerintah menyediakan jaringan listrik di daerah tertentu. ada kenyataan yang sulit dibantah. September 2005] . apalagi untuk menyalurkan listrik bagi daerah yang belum mendapatkannya. Oleh karena itu. Hal tersebut dapat terjadi karena beberapa kemungkinan sebab. Untuk itu.000 MW. serta sebab-sebab lainnya. Setiap 1. Mengingat cadangan bahan bakar minyak yang selama ini digantungkan sebagai sumber energi untuk memenuhi kebutuhan listrik sangat terbatas dan terus berkurang.

energi air. di mana karbondioksida adalah salah satu gas rumah kaca penyebab global warming4. Ada juga pemanfaatan energi panas bumi (geothermal) sebagai alternatif yang murah dan ramah lingkungan. energi-energi tersebut belum dapat dimaksimalkan sebagai pembangkit listrik. Untuk energi angin. Namun. Teknologi nuklir ini tentunya membutuhkan tingkat pengamanan yang ekstra tinggi. lama kelamaan bahan bakar ini pun akan mengalami kelangkaan. Akan tetapi. Sedangkan apabila kita menggunakan bahan bakar gas.5. namun keberadaannya sangat terbatas seperti minyak bumi. pemanfaatan energi panas bumi di Indonesia belum maksimal. Apalagi lahan yang ada sekarang semakin sempit saja. sehingga pengelolaannya membutuhkan ketelitian dan disiplin yang tinggi. walaupun cadangan batu bara di Indonesia masih cukup banyak. Selain bahan bakar dari sumber energi yang terbatas tersebut. karena sulitnya memperoleh lokasi. serta energi gelombang laut.600. Hal ini relatif sulit dilakukan di Indonesia. mungkin sosialisasi untuk teknologi ini perlu waktu yang cukup lama.000 ton karbondioksida per tahun. dan teknologi untuk mengelolanya masih relatif mahal. http://konversi. Lalu bagaimana dengan teknologi nuklir? Mungkin secara teknologi. Hanya saja. yang dianggap paling murah dan aman untuk dimanfaatkan. sehingga hanya tempat-tempat tertentu saja yang dapat menggunakannya. karena mungkin masyarakat masih belum familiar dengan teknologi ini. sehingga pembangkit listrik tenaga air tidak dapat dikembangkan atau diperbanyak sesuai kebutuhan.com . Misalnya energi air. “Pembangkit Listrik Masa Depan Indonesia”. mengingat tingkat kedisiplinan masyarakat 4 Kadek Fendy Sutrisna dan Ardha Pradikta Rahardjo. sehingga energi ini hanya dapat dimanfaatkan di daerah-daerah berangin kencang. khususnya masyarakat daerah-daerah terpencil. seperti halnya minyak bumi. Indonesia sudah bisa mampu. dibutuhkan tenaga angin yang cukup besar untuk menggerakkan turbin pembangkit listrik. Selain itu.wordpress. ada pula energienergi terbarukan yang merupakan turunan dari energi matahari. memang relatif murah dan ramah lingkungan. di antaranya yaitu energi angin. namun sangat tergantung pada curah hujan dan memerlukan lahan yang luas untuk menampung air.

Energi panas yang sangat besar ini dibutuhkan untuk mengubah fase cair air di dalam pipa menjadi uap yang bertekanan tinggi. distribusi penyinaran matahari sekitar 5. yang terdiri atas pulau-pulau yang tersebar dan daerah-daerah yang terpencil.000 kali lebih besar daripada penggunaan energi global dan 100 kali lebih besar dibandingkan dengan cadangan batubara. sehingga menyebabkan sulitnya jangkauan jaringan listrik yang bersifat terpusat.1 kWh/m2 setiap harinya. Sumber Energi Tanpa Batas”.masih kurang. radiasi surya di Indonesia dapat diklasifikasikan untuk kawasan barat dan timur Indonesia. daerah-daerah terpencil pun dapat mendapatkan suplai listrik.2 Prinsip Kerja PLTS Ada beberapa cara untuk mengkonversi energi panas matahari menjadi energi listrik. Sedangkan untuk kawasan timur Indonesia. Sinar matahari diperkuat oleh suatu kolektor pada titik fokus tertentu untuk menghasilkan energi panas yang sangat tinggi. sehingga dengan pembangkit listrik tenaga surya. Dengan demikian. Uap bertekanan tinggi yang di hasilkan ini kemudian digunakan untuk menggerakkan turbin uap yang kemudian 5 6 Gagat. Apalagi jika mengingat kondisi geografis Indonesia. dan minyak bumi 5. Pipa yang berisi air dilewatkan tepat pada titik fokus sehingga panas tersebut diserap oleh air di dalam pipa. energi matahari sangat efisien untuk dimanfaatkan sebagai tenaga pembangkit listrik di Indonesia.energiterbarukan. http://thesunpower-akira.net/ . teknologi nuklir di Indonesia belum benar-benar matang untuk digunakan. gas. Energi matahari dapat menjangkau seluruh daerah di Indonesia. http://www. II. Indonesia mempunyai potensi energi matahari yang cukup besar. Salah satu solusi dari masalah kebutuhan energi di atas yaitu energi matahari atau tenaga surya. Dengan potensi energi yang sedemikian besarnya. Matahari memancarkan energi yang sangat besar. Di antaranya menggunakan konsep pemanasan atau penguapan air. dengan variasi bulanan sekitar 9%6. Energi matahari yang dipancarkan ke planet bumi 15. Berdasarkan data penyinaran matahari yang dihimpun dari 18 lokasi di Indonesia.blogspot.5 kWh/m2 setiap harinya. “Matahari. Sebagai negara tropis. Distribusi penyinaran di kawasan barat Indonesia sekitar 4. dengan variasi bulanan sekitar 10%.com/ “Energi Surya”.

akan memutar turbo generator untuk menghasilkan listrik. dan dapat dipasang langsung di rumah-rumah. yang dihubungkan secara seri dan paralel. Prinsip kerja seperti ini cenderung membentuk jaringan listrik yang terpusat. rangkaian kontroler pengisian (charge controller). dan aki (batere) 12 volt yang maintenance free. Sel surya dapat mengubah energi panas matahari menjadi energi listrik secara langsung. www. Gambar 1. yang merupakan unit rakitan beberapa sel surya photovoltaic.org Kadek Fendy Sutrisna dan Ardha Pradikta Rahardjo. yang umumnya dikenal dengan sebutan sel surya. Komponen utama sistem surya photovoltaic adalah modul sel surya. Model Sel Surya pada Pembangkit Listrik8 7 8 “Solar Cooking”. Gambar 2. loc. cit.energiinfo. Sel surya inilah yang umumnya digunakan dalam PLTS. Prinsip Kerja PLTS dengan Konsep Pemanasan7 Selain cara pemanasan tersebut. . Sistem yang digunakan terdiri dari panel sel surya. Berbeda dengan cara sebelumnya yang cenderung bersifat terpusat. sel surya ini dapat digunakan secara individual. Modul sel surya itu menghasilkan energi listrik yang proporsional dengan luas permukaan panel yang terkena sinar matahari. ada pula teknologi photovoltaic.

sehingga dapat diketahui apakah energi tersebut dapat menjadi solusi yang tepat.3 Keunggulan Energi Matahari untuk Alternatif Pembangkit Listrik Dalam memilih energi alternatif. . Yang pertama. yang menunjang segala bentuk 9 Ibid. energi matahari adalah energi alam yang paling dasar. dan efisien. terjadi pelepasan elektron. Ketika cahaya bersentuhan dengan sel surya dan diserap oleh bahan semi-konduktor. terjadi perubahan jumlah gaya-gaya pada bahan. Berikut ini adalah kelebihankelebihan energi matahari yang membuatnya menjadi solusi energi alternatif yang efektif dan efisien untuk pembangkit listrik di Indonesia. Gambar 3. Listrik ini juga dapat disimpan dalam baterai. dan juga dengan otomatis akan mengatur seluruh sistem.Modul sel surya photovoltaic mengubah energi surya menjadi arus listrik DC. Proses Konversi Panas Matahari ke Energi Listrik Pada Sel Surya 9 II. sehingga tetap dapat mengalirkan listrik saat tidak ada sinar matahari. efektif. Apabila elektron tersebut bisa menempuh perjalanan menuju bahan semi-konduktor pada lapisan yang berbeda. Listrik AC akan didistribusikan melalui suatu panel yang akan mengalirkan listrik sesuai yang dibutuhkan peralatan listrik. tentunya perlu dipertimbangkan kelebihan dan kekurangannya. Gaya tolakan antar bahan semi-konduktor menyebabkan aliran medan listrik dan menyebabkan elektron dapat disalurkan ke saluran awal dan akhir untuk digunakan pada peralatan listrik. Cara kerja sel surya ini identik dengan piranti semi-konduktor dioda. Arus listrik DC yang dihasilkan ini akan dialirkan melalui suatu inverter (pengatur tenaga) yang merubahnya menjadi arus listrik AC.

ternyata pembuatan sel surya tidak terbatas manufaktur pada skala laboratorium yang berteknologi saja. Ternyata hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan lagi.000 kali konsumsi energi di seluruh dunia saat ini. Pada tengah hari yang cerah.1% saja dari permukaan bumi dengan device sel surya yang memiliki efisiensi 10 %. Supply energi surya dari sinar matahari yang diterima oleh permukaan bumi mencapai 3 x 1024 joule per tahun.Sc. dan lebih murah dari silikon. Pemanfaatan energi matahari dalam teknologi sel surya pun ramah lingkungan dan tidak menimbulkan polusi. Energi ini setara dengan 2 x 1017 Watt. seorang guru SMK dari Magelang yang bernama Budi Haryono. Bahkan. fleksibel. seorang staf pengajar Departemen Kimia Institut Teknologi Sepuluh November 11 . yang dibuat dari material organik yang ringan. April 2007] 12 “Guru SMK Magelang Kembangkan Energi Listrik dari Sinar Matahari”. berhasil membuat sel surya sendiri12.Dengan kata lain. “Sel Surya „Rasa‟ Temulawak”. Saat ini efisiensi modul solar sel komersial berkisar antara 5 – 15 % tergantung material penyusunnya. Energi yang dihasilkan matahari pun sangat besar. 10 11 Ibid. [Kompas. Energi matahari mudah diperoleh secara cuma-cuma. telah dapat dibuat sel surya dari bahan alami. sebanding dengan 10. sudah mampu untuk menutupi kebutuhan energi di seluruh dunia saat ini. banyak yang beranggapan bahwa untuk memproduksi panel surya cukup sulit dan membutuhkan biaya yang sangat tinggi. radiasi sinar matahari mampu mencapai 1. karena bahan-bahannya perlu mengimpor dari luar negeri. Segala kebutuhan listrik di SMK tempatnya mengajar. Di antaranya yaitu sel surya yang menggunakan sari buah sebagai salah satu komponennya. Dr. Perangkatnya pun tidak memerlukan lahan yang terlalu luas. dengan menutup 0.kehidupan. Selain itu. Kini. Maret 2008] .000 Watt/m2. Namun. Teknologi ini ditemukan oleh Prof. Hal-hal tersebut menunjukkan bahwa teknologi pemanfaatan sel surya tak lagi mahal. berkinerja tinggi.10 Akan tetapi. telah dikembangkan pula sel surya organik. Syafsir Akhlus M. dapat dipenuhi oleh sel surya hasil buatannya itu. [Media Indonesia. Jika sebuah device semikonduktor seluas 1 m2 memiliki efisiensi 10 % maka modul solar sel ini mampu memberikan tenaga listrik sebesar 100 Watt.

sehingga energi matahari menjadi solusi energi alternatif untuk pembangkit listrik yang nyaris tidak ada kekurangannya. .

energi matahari memiliki banyak keunggulan dibandingkan energi alternatif lainnya. Teknologi pemanfaatan energi matahari yang paling umum dipakai untuk pembangkit listrik adalah sel surya photovoltaic. dan tidak menimbulkan polusi. Dalam pemanfaatannya untuk pembangkit listrik. Indonesia adalah negara tropis yang intensitas penyinaran mataharinya tinggi.2 Saran 1. Energi matahari mudah diperoleh dan gratis. Pemerintah hendaknya lebih menaruh perhatian kepada pengembangan lebih lanjut untuk pemanfaatan energi matahari sebagai pembangkit listrik ini. III. agar teknologinya (sel surya) dapat diproduksi lebih luas dan lebih murah. dan efisien untuk dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik dalam usaha memenuhi kebutuhan energi di Indonesia. c. dan nyaris tidak memiliki kekurangan. 3. d. karena teknologi ini paling cocok digunakan di sana. 4. . Merupakan sumber energi utama di bumi. efektif. Keunggulan energi matahari untuk pembangkit listrik di Indonesia: a. Sosialisasi mengenai teknologi pemanfaatan energi matahari kepada masyarakat perlu ditingkatkan. Teknologinya kini mudah dan murah.BAB III PENUTUP III. khususnya masyarakat daerah terpencil. Energi yang dipancarkan matahari sangat besar. b. f. Ramah lingkungan. Energi matahari merupakan solusi energi alternatif yang paling tepat. 2.1 Kesimpulan 1. 2. aman. e.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful