GENERAL Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah salah satu bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia.

Pada awalnya Bank Rakyat Indonesia (BRI) didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja dengan nama Hulp-en Spaarbank der Inlandsche Bestuurs Ambtenaren atau Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi yang berkebangsaan Indonesia (pribumi). Berdiri tanggal 16 Desember, yang kemudian dijadikan sebagai hari kelahiran BRI. Pada periode setelah kemerdekaan RI, berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 1 tahun 1946 Pasal 1 disebutkan bahwa BRI adalah sebagai Bank Pemerintah pertama di Republik Indonesia. Dalam masa perang mempertahankan kemerdekaan pada tahun 1948, kegiatan BRI sempat terhenti untuk sementara waktu dan baru mulai aktif kembali setelah perjanjian Renville pada tahun 1949 dengan berubah nama menjadi Bank Rakyat Indonesia Serikat. Pada waktu itu melalui PERPU No. 41 tahun 1960 dibentuklah Bank Koperasi Tani dan Nelayan (BKTN) yang merupakan peleburan dari BRI, Bank Tani Nelayan dan Nederlandsche Maatschappij (NHM). Kemudian berdasarkan Penetapan Presiden (Penpres) No. 9 tahun 1965, BKTN diintegrasikan ke dalam Bank Indonesia dengan nama Bank Indonesia Urusan Koperasi Tani dan Nelayan. Setelah berjalan selama satu bulan, keluar Penpres No. 17 tahun 1965 tentang pembentukan bank tunggal dengan nama Bank Negara Indonesia. Dalam ketentuan baru itu, Bank Indonesia Urusan Koperasi, Tani dan Nelayan (eks BKTN) diintegrasikan dengan nama Bank Negara Indonesia unit II bidang Rural, sedangkan NHM menjadi Bank Negara Indonesia unit II bidang Ekspor Impor (Exim). Berdasarkan Undang-Undang No. 14 tahun 1967 tentang Undang-undang Pokok Perbankan dan Undang-undang No. 13 tahun 1968 tentang Undang-undang Bank Sentral, yang intinya mengembalikan fungsi Bank Indonesia sebagai Bank Sentral dan Bank Negara Indonesia Unit II Bidang Rular dan Ekspor Impor dipisahkan masing-masing menjadi dua Bank yaitu Bank Rakyat Indonesia dan Bank Ekspor Impor Indonesia. Selanjutnya berdasarkan Undang-undang No. 21 tahun 1968 menetapkan kembali tugastugas pokok BRI sebagai bank umum. Sejak 1 Agustus 1992 berdasarkan Undang-Undang Perbankan No. 7 tahun 1992 dan Peraturan Pemerintah RI No. 21 tahun 1992 status BRI berubah menjadi perseroan terbatas. Sampai sekarang PT. BRI (Persero) yang didirikan sejak tahun 1895 tetak konsisten memfokuskan pada pelayanan kepada masyarakat kecil, diantaranya dengan memberikan fasilitas kredit kepada golongan pengusaha kecil. Hal ini antara lain tercermin pada perkembangan penyaluran KUK (Kredit Usaha Kecil) pada tahun 1994 sebesar Rp. 6.419,8 milyar yang meningkat menjadi Rp. 8.231,1 milyar pada tahun 1995 dan pada tahun 1999 sampai dengan bulan September sebesar Rp. 20.466 milyar.

6 Kantor Mobil Bank. 40 Kantor Kas Bayar.POINT. 12 Kantor Wilayah. 145 Kantor Cabang Pembantu.447 buah.705 BRI UNIT dan 357 Pos Pelayanan Desa.3. 1 Caymand Island Agency. 1 New York Agency. Struktur organisasi Kantor pusat Bank Rakyat Indonesia terdiri dari : . yang terdiri dari 1 Kantor Pusat BRI. 1 Kantor Perwakilan Hongkong. 170 Kantor Cabang (dalam negeri). 12 Kantor Inspeksi /SPI. 1 Kantor Cabang Khusus. 193 P.Seiring dengan perkembangan dunia perbankan yang semakin pesat maka sampai saat ini Bank Rakyat Indonesia mempunyai unit kerja yang berjumlah 4. Kepemilikannya Bank Rakyat Indonesia (Persero) masih 100% ditangan Pemerintah Republik Indonesia.

.

dan administrasi peminjaman ataupun pembayaran hutang. dan keterangan pekerjaan. 2. Mantri Petugas ini menangani analisis kredit bagi peminjaman uang di bank PROBLEM BACKGROUND: 1> Proses menabung Dalam menabung atau menyetor uang ke rekening. nasabah mengantri sesuai dengan nomor antrian yang telah diambil sebelumnya untuk dipanggil oleh teller. mulai dari parkir. kenyamanan pelanggan dan keamanan gedung bank 6. teller akan menangani transaksi dan. Tim Survey Petugas ini mensurvey nasabah yang ingin meminjam uang. Petugas ini harus memiliki hati yang kuat untuk menahan amarah. Teknisi mesin Petugas ini bertanggung jawab atas kelancaran alat-alat yang digunakan oleh bank 5. Transaksi selesai. Setelah dipanggil. 3. Satpam Satpam bertanggung jawab atas keamanan di sekitar kantor bank. dan lain-lain.STAFF 1. 4. pembukaan dan penutupan rekening. Petugas ini menangani pelayanan langsung kepada nasabah seperti penyetoran dan pengambilan uang dari rekening. Deskman Petugas ini menangani komplain ataupun masukan dari nasabah. Kemudian. Survey meliputi keadaan rumah. dan bersedia mendahulukan senyum dibandingkan perasaan dan emosinya. 2> Pengambilan uang . Teller(Receptionist bank). nasabah dapat mengisi formulir penyetoran uang yang berisi informasi mengenai uang yang akan ditabung. mengupdate dan menyerahkan buku tabungan nasabah. Kemudian. nasabah menyerahkan uang beserta buku tabungan.

a. atau surat tanah. Dan bila tidak disetujui. maka dalam masa tertentu uang akan dicairkan. dan sisa tabungan mencukupi. juga nominal uang yang disetujui. nasabah menunggu untuk dipangggil oleh teller. Setelah itu. yaitu pengambilan uang. bank menyediakan dua layanan. misalnya BPKB motor. b. Kemudian masukkan nominal uang yang ingin diambil dari tabungan.tama nasabah mengajukan surat permohonan peminjaman uang dengan jaminan tertentu.surat tersebut. teller memeriksa kebenaran identitas dengan cara mencocokkan dengan KTP atau tanda bukti identitas lain dari nasabah. 5> Bagaimana cara calon pelanggan membuka rekening Pertama-tama pelanggan datang ke kantor bank BRI. Untuk mengambil lewat ATM. atau bisa juga dengan langsung memotong gaji dari nasabah yang bersangkutan. pekerjaan. teller akan menangani transaksi dan.Untuk mengambil uang dari rekening. pertama-tama masukkan kartu ATM ke mesin ATM. 6> Bagaimana cara pelanggan menutup rekening Ada beberapa cara. Setelah itu masukkan nomor PIN nasabah. dia menyerahkan formulir pendaftaran di meja teller bagian pendafataran. keadaan rumah. yaitu dengan melakukan survey mengenai kebenaran surat . Nasabah dapat mengambil uang melalui Automatic Teller Machine atau langsung ke petugas teller bank. maka transaksi gagal. atau bisa . Setelah itu. 4> Bagaimana cara nasabah membayar hutang Cara nasabah membayar hutang bisa dengan cara datang langsung ke bank. Setelah dipanggil. Kemudian. Nasabah bisa mengambil uang secara langsung ke kantor bank BRI. atau bisa juga dengan mentransfer sejumlah uang ke rekening tertentu. beserta bunganya. mengupdate dan menyerahkan buku tabungan nasabah. Transaksi akan berhasil apabila PIN yang dimasukkan benar. Setelah itu masukkan transaksi yang diinginkan. nasabah menyerahkan uang beserta buku tabungan. Kemudian nasabah mengambil nomer urut yang disediakan. Bila disetujui. caranya pertama-tama nasabah mengisi formulir penarikan tabungan yang berisi mengenai informasi sekitar pengambilan tabungan. Caranya. 3> Bagaimana cara nasabah meminjam uang Untuk meminjam uang. pihak bank akan menindaklanjuti surat tersebut. nasabah hanya perlu datang ke mesin-mesin ATM yang disediakan oleh pihak bank. Setelah mengisi formulir pendaftaran. Setelah mengambil nomor urut. Kemudian nasabah diwajibkan untuk menabung dengan jumlah minimal tertentu. pertama . Untuk mengambil tabungan lewat kantor BRI. Kemudian dia mengisi formulir pendaftaran. Kemudian BRI akan meminta sejumlah uang untuk biaya penutupan rekenig.Transaksi selesai.

Layanan ini dilakukan setelah pembukaan layanan internet banking. 4> BRI Mobile Banking Pembukaan layanan mobile banking. Dengan adanya program BRI syariah. Misalnya dengan saldo seratus ribu rupiah atau kelipatannya. 2> Bank memberikan hadiah langsung kepada nasabah baru Untuk menarik pelanggan baru. semakin banyak orang yang mempunyai ideology membangun perekonomian secara syariah.juga dengan menyisakan saldo minimal untuk beaya penutupan rekening. 6> Database error Kesalahan ini sangat fatal karena berpengaruh pada record-record nasabah yang telah menjadi pelanggan beberapa tahun mungkin.souvenir tertentu. atau souvenir . Kesalahan pengentrian data dapat mengakibatkan kerugian yang besar dan berpengaruh pada vialid tidaknya suatu data. nasabah bisa mengambil uang melalui ATM dan menyisakan saldo minimal. Dan program ini diharapkan bisa menyedot semakin banyak nasabah. layanan yang diberikan mirip dengan internet banking. Salah satu informasi yang paling penting adalah data-data akun nasabah. namun berbasiskan aplikasi mobile. maka bank memberikan hadiah langsung kepada pelanggan berupa payung. 5> Kesalahan pengentrian data nasabah oleh petugas maupun oleh nasabah. tentu menjadi pilihan bagi penanam modal yang tertarik membangun perekonomian berasaskan syariah. semakin besar kesempatan menang. Selain itu biasanya souvenir berisi tulisan atau gambar dan logo BRI. tentu saja tabungan dari nasabah. yang berisi data-data nilai uang. Atau kalau nasabah malas untuk mengurus. 3> Membuka program BRI syariah Dengan semakin majunya perkembangan jaman. pelanggan mendapatkan poin. 7> System crash . Dan surplusnya. Pertimbangannya. maka Bank memberikan reward kepada pelanggan. bisa sekalian promosi. Nasabah melakukan transaksi melalui sms. dan nasabah mengikhlaskan saldo tersebut. Semakin banyak poin. beaya yang dikeluarkan masih bisa ditutupi dengan beaya pembukaan dan penutupan rekening. PROBLEM 1> Bank memberikan penghargaan kepada customer Untuk menarik minat pelanggan.

Resiko tambahan pun dapat terjadi. antara lain diikuti dengan kerusakan alat-alat maupun error pada database. transaksi pembayaran melalui internet. 8> Interface dengan system lain Untuk memberikan pelayanan lebih kepada nasabah. Oleh karena itu harus ada interface yang tangguh dan error free. menjamin keleluasaan dan kepuasan Anda dalam mendapatkan segala informasi dan melakukan transaksi perbankan tanpa harus beranjak dari tempat dengan jaminan privasi yang tinggi. Nasabah dapat menikmati layanan transfer. Maksimal kredit yang diberikan Rp. Untuk segala pertanyaan atau bantuan secara pribadi. transaksi pembelian dan penjualan.bank BRI harus dapat berhubungan dengan system lain(perusahaan). Nasabah bisa mendapatkan akses layanan yang lebih luas. 2> BRI PhonePlus BRI PhonePlus adalah layanan perbankan melalui telepon selama 24 jam. akan menghentikan hampir seluruh kegiatan di bank. 50 juta per anggota koperasi.Jika system mengalami crash. REQUIREMENT : 1> BRI Internet Banking Pembukaan layanan internet banking. lebih mudah dan lebih nyaman karena dapat diakses dari berbagai tempat yang mendukung internet. 4> Kredit Koperasi Primer KKPA (Kredit kepada Koperasi Primer untuk Anggotanya) adalah layanan kredit investasi dan/atau kredit modal kerja kepada koperasi primer untuk diteruskan guna membiayai usaha produktif anggotanya. diberikan kepada perusahaan perorangan maupun badan usaha yang memiliki Gross Annual Sales (GAS) sampai dengan Rp 5 Miliar. Anda dapat langsung berbicara dengan Customer 3> BRI Smallbusiness & MicroBanking Kredit untuk tujuan usaha yang bersifat produktif. 5> Penabungan uang cash melalui ATM . serta tidak dibatasi ruang waktu dan gerak.

kesehatan. . Karena bank secara tidak langsung menerapkan system debit 7> BRI Life Insurance Merupakan semcam salah satu anak perusahaan dari Bank BRI yang fokus pada penyediaan jasa asuransi baik untuk jiwa. dan barang elektronik dalam jangka waktu yang tidak lama dan angsuran ringan setiap bulannya. motor. maupun pensiun baik untuk individu maupun perusahaan.Penggunaan ATM untuk menabung dapat menghemat waktu nasabah bagi yang ingin menabung cash. 6> Penerbitan BRI flashcard Dengan adanya BRI flash card diharapkan akan menambah keuntungan bank. 8> Produk BRI Multifinance Produk fasilitas yang memudahkan nasabah dalam pembiayaan mobil.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful