BAB I PENDAHULUAN

Sebagaimana didefinisikan oleh American Association of Advertising Agencies, Integrated Marketing Communication (IMC) adalah konsep perencanaan komunikasi pemasaran yang mengakui nilai tambah suatu rencana yang komprehensif. Rencana semacam itu mengevaluasi peran strategis berbagai disiplin komunikasi -misalnya iklan umum, tanggapan langs ung, pr omos i penjuala n da n hubunga n mas yarakat - s ert a menggabungkan disiplin-disiplin ini untuk memberikan kejelasan, konsistensi dan pengaruh maksimum melalui integrasi pesanpesan yang saling berlainan secara mulus. Sayangnya masih banyak perusahaan yang mengandalkan satu atau dua alat komunikasi untuk mencapai tujuan-tujuan komunikasinya. Praktik ini masih dipertahankan meski pasar massal telah terpecah-pecah menjadi begitu banyak pasar kecil, yang masing-masing memerlukan pendekatan tersendiri, jenis-jenis media baru telah tumbuh, dan konsumen sudah makin canggih. Begitu luasnya jenis alat komunikasi, pesan dan pendengar telah membawa keharusan agar perusahaan beralih ke arah komunikasi pemasaran terpadu/Integrated Marketing Communication(I MC). Saat ini agen periklanan sudah ada yang menyediakan penawaran one stop shopping, dimana tersedia pula agen untuk promosi, perusahaan public relation, konsultasi rancangan kemasan, pembuat web site, dan untuk direct mail. Banyak perusahaan internasional yang megalihkan komunikasi pemasarannya melalui satu agen. Misalnya IBM, mengalihkan komunikasi pemasarannya ke Ogilvy untuk mempertahankan branding yang seragam. Hasilnya adalah komunikasi pemasaran yang terintegrasi/terpadu dan lebih efektif serta biaya yang lebih rendah. Komunikasi pemasaran terpadu (IMC) dapat membuat konsistensi pesan lebih kuat dan dampak penjualan yang lebih besar. Ia memaksa manajeme untuk n memikirkan setiap cara konsumen mulai kontak dengan perusahaan, bagaimana perusahaan mengkomunikasikan positioningnya, sisi-sisi penting, dan timing issues. IMC dapat meningkatkan kemampuan perusahaan untuk meraih konsumen yang tepat dengan pesan yang tepat pada waktu dan tempat yang tepat.

Maka peranan promosi berguna untuk: 1. komunikasi umum. sedangkan promosi adalah salah satu faktor yang diperlukan bagi keberhasilan dan strategi pemasaran yang diterapkan suatu perusahaan terutama pada saat ini ketika era informasi berkembang pesat. Suatu produk tidak akan dibeli bahkan dikenal apabila konsumen tidak mengetahui kegunaannya. dalam hal ini komunikasi bisnis lebih diarahkan kepada komunikasi pemasaran atau lebih tepatnya komunikasi pemasaran eksternal atau promosi. Dimana harus diperhitungkan jumlah dana yang tersedia dengan besarnya manfaat yang diperoleh kegiatan promosi yang dijalankan perusahaan. Untuk itulah konsumen yang menjadi sasaran produk atau jasa perusahaan perlu diberikan informasi yang jelas. komunikasi pemasaran terpadu merupakan konsep perencanaan komunikasi pemasaran yang menyadari nilai tambah dari suatu rencana komprehensif yang mengevaluasi peran strategis dari berbagai disiplin komunikasi misalnya. · Memberitahukan kegunaan dari barang atau jasa tersebut kepada masyarakat serta cara penggunaanya. tanggapan langsung.BAB II PEMBAHASAN INTEGRATED MARKETING COMMUNICATIONS Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa komunikasi bisnis sangat diperlukan ditengah persaingan usaha yang semakin hari semakin kompetitif. . keunggulannya. Promosi yang dilakukan harus sesuai dengan keadaan perusahaan. Memperkenalkan produk atau jasa serta mutunya kepada masyarakat. 2. dimana produk dapat diperoJeh dan berapa harganya. maka promosi merupakan salah satu senjata ampuh bagi perusahaan dalam mengembangkan dan mempertahankan usaha. Komunikasi Pemasaran Terpadu Menurut Kotler (1997:228). promosi penjualan dan hubungan masyarakat serta menggabungkan berbagai disiplin ini untuk memberikan kejelasan. Memperkenalkan barang atau jasa baru Oleh karenanya adalah menjadi keharusan bagi perusahaan untuk melaksanakan promosi dengan strategi yang tepat agar dapat memenuhi sasaran yang efektif.

Sedangkan MPR merupakan salah satu fungsi . Pemasaran Langsung (Direct Marketing) Pada saat perusahaan ingin berhubungan langsung dengan konsumen tanpa melalui retailer. misal : penawaran harga khusus. Komunikasi Pemasaran Terpadu adalah sebuah konsep pemasaran dengan menerapkan 5 (lima) trategi pemasaran secara bersama. garansi. produk ekstra (seperti ³isi teh kotak 30% lebih banyak´). Hubungan Masyarakat (Public Relations) PR dalam konsepsi IMC melakukanpekerjaan yang sangat luas dan beragam. tidak hanya bertugas mengumpulkan opini publik saja. Promosi Penjualan (Sales Promotion) Sales promotion merupakan istilah singkat dari penawaran nilai tambah yang dirancang untuk menggerakkan dan mempercepat respons dari kosumen. mencakup fulfillment (yakni membuat produk atau informasi yang diminta oleh konsumen cocok. yaitu: 1. maka digunakanlah direct-response marketing. dsb.). database-driven messaging system yang menggunakan banyak jenis media untuk menciptakan respon behavioral. the database (mendapatkan data konsumennya dan menggunakan data itu untuk penawaran selanjutnya) dan the response (memberikan respon yang baik terhadap konsumen. dll).konsistensi. potongan harga (seperti diskon 20 %. Front-end menyusun harapanharapan dari konsumen yang mencakup the offer (yakni segala sesuatu yang nyata maupun tidak dijanjikan oleh perusahaan guna mencapai perilaku konsumen yang diinginkan perusahaan. Pada konsepnya. efektif dan tepat waktu) 2. sale 50 % off. Direct marketing merupakan salah satu fungsi IMC yang terdiri dari front-end dan back end operations. 3. misal : dengan membuat toll-free-line untuk layanan konsumen) sedangkan backend berusaha mempertemukan harapan konsumen dengan produk. tetapi juga bertugas mengatur corporatebrand dan menjaga reputasinya. interactive. sales promotion digunakan untuk memotivasi kosumen agar melakukan aksi dengan membeli produk yang dipicu dengan adanya penawaran produk dalam jangka waktu terbatas. sampel gratis dan hadiah tambahan (misalnya beli rinso dapat piring cantik). dan pengaruh komunikasi yang maksimum melalui integrasi menyeluruh dari pesan-pesan yang berlainan. Contoh dari nilai tambah itu sendiri adalah ³kesempatan untuk memenangkan hadiah´. seperti: close-loop.

melibatkan customer dan stakeholder lainnya pada even spesial. etnik atau khalayak secararegional. dan bertujuan untuk mengubah sikap dan perilaku. perusahaan yang dijembatani sales person berinteraksi secara tatap muka dengan customer.com Konsep ini makin dipahami dan dikembangkan. berusaha menciptakan sinergi dan menjalin hubungan. Contoh yang mampu . Lebih dari itu. meningkatkan kredibilitas brand message. C. menyampaikan message sesuai targetnya berdasarkan aspek demografis. menjadi aware terhadap suatu brand. seorang sales person harus memahami konsumennya dengan baik. B. dilibatkan komunikasi yang sifatnya tatap muka dan kegiatannya pada sekarang ini terfokus pada pemecahan masalah dan penciptaan nilai bagi customer (lebih dikenal sebagai partnership). Dalam Personal Selling. D. namun perbedaan dasarnya adalah dalam personal selling. psikografis. Tidak berhenti dengan meramu kegiatan-kegiatan komunikasi agar akhirnya mempengaruhi persepsi khalayak. IMC menggunakan seluruh kontak. Dimensi dari partnership ini adalah. Karakteristik dari iklan sendiri adalah bersifat nonpersonal. www. mempengaruhi opinion leader atau trendsetter yang berpengaruhi. barang atau jasa yang tidak gratis (berbayar) dan dilakukan oleh sponsor (perusahaan) yang teridentifikasi. Penjualan Personal (Personal Selling) Personal Selling adalah komunikasi dua arah dimana seorang penjual menjelaskan fitur dari suatu brand untuk kepentingan pembeli. komunikasi satu arah.multiply. Personal selling sendirimerupakan bagian dari direct marketing. 5. Periklanan (Advertising) Advertising merupakan suatu bentuk dari presentasi non-personal dan promosi dari suatu ide. ada sponsor (khalayak yang peduli).PR yang digunakan sebagai media tanpa bayar untuk menyampaikan brand information guna mempengaruhi calon konsumen (customer). Jadi. 4. Biasanya advertising itu dipakai ketika suatu perusahaan ingin mengubah customer dari unaware. MPR sendiri lebih fokus kepada customer dan melengkapi strategi marketing yang lain dengan 4 cara : A.kili. IMC dikembangkan dengan melibatkan stake holder untuk ikut berperan atau mempengaruhi pesan dan mendorong dialog.

melatih frontliner. IMC bisa dipakai oleh perusahaan berskala apapun. desain kemasan. Semuanya mempengaruhi brand image. seragam mereka. Dalam kenyataannya.perusahaan besarlah yang menerapkan IMC ini. Mereka mengundang target untuk ikut memecahkan masalah rambutnya. Kelebihan lain dari IMC ini adalah cara atau strategi yang digunakan sudah tidak asing lagi dalam istilah pemasaran. Kita perlu menggunakan paradigma baru. Konsep ini pada dasarnya juga cocok untuk usaha kecil menengah. se muanya punya bobot komunikasi. Hanya saja. Konsumen seakan-akan ikut merasakan sebagai pengambil keputusan. yang paling cocok untuk Maia?´ dan khalayak diundang untuk menjawab lewat SMS. Namun bukan berarti bahwa IMC tidak cocok diterapkan untuk usaha kecil menengah.menggambarkan hal tersebut bisa kita lihat pada TVC Dove. memilih tempat usaha. Hal inilah yang menyebabkan strategi ini disebut sebagai Komunikasi Pemasaran Teradu atau Integrated Marketing Comunication (IMC). termasuk yang diluar promosi. Paling tidak sebagai sebuah konsep. membangun ruangan yang mencerminkan positioning kita. Hal-hal seperti inilah yang memuat perusahaan dekat dengan konsumennya. dengan talent Wynne Prakusa dan Maia Ahmad. hanya perusahaan. logo. semua hal menyandang fungsi komunikasi. . ³kira-kira shampoo Dove apa ya. Bagaimana sebuah perusahaan memberi beban komunikasi kepada ³semua´ hal. Karena IMC tidak otomatis berujung pada membengkaknya anggaran. menetapkan harga. Memilih nama merek. IMC menggabungkan ke lima strategi diatas secara terpadu untuk menguatkan pemasarannya.

Ada tiga tugas penting dalam hal ini: . berita di media massa. Ada lima premis dasar yang mendasari upaya ini: 1. pemasaran. sumber daya manusia. Perusahaan perlu mendengar masukan dari semua pihak (stakeholder) termasuk pelanggan. distribusi. litbang. menjaga keterpaduan atau integrasi berbagai fungsi tersebut untuk mewujudkan tiga hal: konsistensi positioning untuk meraih reputasi yang diharapkan. Bila dikupas satu persatu. atau general manager hingga vice president untuk bidang itu. yakni operasi. iklan. Setiap titik kontak dengan publik menyebarkan pesan komunikasi. 2. aspek filosofis. sampai rumor yang mampu menyebar secara berantai. 5. memantapkan jalinan hubungan untuk membina loyalitas dan memperkuat ekuitas merek (produk dan korporat) terhadap stakeholder. Semua pihak yang terkait dengan perusahaan (stakeholder) penting untuk ditangani secara proporsional. Ketiga. Keempat. pengalaman menggunakan produk. IMC bukan pekerjaan satu fungsi. tidak lagi terfokus hanya pada pelanggan semata. situs dan blog perusahaan. hingga dirumuskan menjadi sasaran korporat yang jadi pedoman semua fungsi dalam perusahaan. logo perusahaan. manajer komunikasi dan pemasaran. penjualan. karena mencakup berbagai jenjang. 3. mulai dari kemasan produk. IMC mencakup empat jenjang: Pertama. melainkan lintas-fungsi. Menjaga keterpaduan antar fungsi dalam perusahaan merupakan tahapan yang paling menyita waktu dan energi. 4. menjadi lebih komprehensif dan menyentuh berbagai aspek terkait perusahaan. Konsep IMC telah diperluas dari sekedar untuk kepentingan pemasaran secara sempit. manajer komunikasi pemasaran. layanan pelanggan. Kedua. Keterpaduan (integrasi) adalah proses tak berbatas dan berujung. menyangkut keterkaitan kerja antar fungsi. mulai dari visi yang dijabarkan jadi misi. memelihara interaksi sehingga terjalin ikatan hubungan yang kokoh dengan.BAB III KESIMPULAN Berkat penerapan konsep baru komunikasi pemasaran terpadu (integrated marketing communications atau IMC) di Indonesia kini dikenal jabatan baru: manajer promosi dan kehumasan. dan menerapkan pemasaran berbasis misi untuk mendongkrak nilai tambah di mata stakeholder.

Himpun data pelanggan dan stakeholder. dan dialog berkesinambungan. Misi perusahaan diwujudkan dengan program pemasaran dan kehumasan simpatik. Memelihara interaksi komunikasi sehingga terjalin hubungan kokoh dengan stakeholder. Menerapkan pemasaran berbasis misi untuk mendongkrak nilai tambah. media luar ruang. . 2. dan komunikasi getok tular. pupuk dialog intens untuk memperoleh manfaat timbal balik. pemanfaatan basis data. interaktif. digital. elektronik. Ini bisa dicapai melalui keterkaitan media.1. Upayakan keterkaitan antara media cetak. Menjaga konsistensi positioning supaya mengarah pada reputasi yang diharapkan.

Phillip Kotler. J. Pengendalian Mutu terpadu.com . MBA.L. Gitosudanno. LPPM.google. Penerbit P. William. Indriyo.Lifenoreply@blogger. J.T. dan David. Stanton. Erlangga. 1990. Liberty:Yogyakarta. Manajemen pemasaran Modern.H. Manajemen Pemasaran. 1981. K. Marketing Management.BAB IV DAFTAR PUSTAKA Basu Swastha D. 1994. Kerangka Dasar Manajemen Pemasaran. Ishikawa. Sutojo Siswanto.Prinsip Pemasaran. Remaja Rosdakarya:Bandung 14Mr. Prentice Hall: New Jersey. BPFE Yogyakarta. 2000.com www. 1992. 1986.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful