PEMERINTAHAN

Pemerintah adalah organisasi yang memiliki kekuasaan untuk membuat dan menerapkan hukum serta undang-undang di wilayah tertentu. Ada beberapa definisi mengenai sistem pemerintahan. Sama halnya, terdapat bermacam-macam jenis pemerintahan di dunia. Sebagai contoh: Republik, Monarki / Kerajaan, Persemakmuran (Commonwealth). Dari bentukbentuk utama tersebut, terdapat beragam cabang, seperti: Monarki Konstitusional, Demokrasi, dan Monarki Absolut / Mutlak.

BAB I BENTUK PEMERINTAHAN
Bentuk pemerintahan adalah suatu istilah yang digunakan untuk merujuk pada rangkaian institusi politik yang digunakan untuk mengorganisasikan suatu negara untuk menegakkan kekuasaannya atas suatu komunitas politik. Definisi ini tetap berlaku bahkan untuk pemerintahan yang tidak sah atau tidak berhasil menegakkan kekuasaannya. Tak tergantung dari kualitasnya, pemerintahan yang gagalpun tetap merupakan suatu bentuk pemerintahan. 1. REPUBLIK Dalam pengertian dasar, sebuah republik adalah sebuah negara di mana tampuk pemerintahan akhirnya bercabang dari rakyat, bukan dari prinsip keturunan bangsawan. Istilah ini berasal dari bahasa Latin res publica, atau "urusan awam", yang artinya kerajaan dimilik serta dikawal oleh rakyat. Namun republik berbeda dengan konsep demokrasi. Terdapat kasus dimana negara republik diperintah secara totaliter. Misalnya, Afrika
Disusun oleh; Hendri dari http://wikipedia.org

1

Selatan yang telah menjadi republik sejak 1961, tetapi disebabkan dasar apartheid sekitar 80% penduduk kulit hitamnya dilarang untuk mengikuti pemilu. Tentu saja terdapat juga negara republik yang melakukan perwakilan secara demokrasi. Konsep republik telah digunakan sejak berabad lamanya dengan republik yang paling terkenal yaitu Republik Roma, yang bertahan dari 509 SM hingga 44 SM. Di dalam Republik tersebut, prinsip-prinsip seperti anualiti (memegang pemerintah selama satu tahun saja) dan "collegiality" (dua orang memegang jabatan ketua negara) telah dipraktekkan. Dalam zaman modern ini, ketua negara suatu republik biasanya seorang saja, yaitu Presiden, tetapi ada juga beberapa pengecualian misalnya di Swiss, terdapat majelis tujuh pemimpin yang merangkap sebagai ketua negara, dipanggil Bundesrat, dan di San Marino, jabatan ketua negara dipegang oleh dua orang. Republikanisme adalah pandangan bahwa sebuah republik merupakan bentuk pemerintahan terbaik. Republikanisme juga dapat mengarah pada ideologi dari banyak partai politik yang menamakan diri mereka Partai Republikan. Beberapa dari antaranya adalah, atau mempunyai akarnya dari antimonarkisme. Untuk kebanyakan partai republikan hanyalah sebuah nama dan partai-partai ini, serta pihak yang berhubungan dengan mereka, mempunyai sedikit keserupaan selain dari nama mereka.

Disusun oleh; Hendri dari http://wikipedia.org

2

Republik dan konsep demokrasi Banyak yang berpendapat negara republik adalah lebih demokratik dari negara monarki. Namun itu semuanya sebenarnya bergantung kepada siapa yang memegang kuasa eksekutif. Pada hampir setengah negara-negara monarki, raja hanyalah sekedar lambang kedaulatan negara, dan perdana menteri lebih berkuasa dari raja. Monarki biasanya bertakhta seumur hidup dan kuasanya akan diberi kepada saudara atau anak, atau dipilih mengikut peraturan yang ditetapkan. Banyak negara monarki adalah demokratik. Dari segi mana yang lebih demokratik, memang tak ada perbedaan yang jelas antara republik dan monarki. Di negara monarki, sering Perdana Menteri mempunyai kuasa eksekutif lebih besar dibanding rajanya, yang berkuasa dari segi adat istiadat saja. Dan ada juga kasus di beberapa republik dimana Presidennya memerintah secara totaliter. Misalnya, negara di bawah pimpinan Bokassa di Republik Afrika Tengah. Walau begitu, biasanya republik sering disamakan dengan demokrasi. Amerika Serikat misalnya dianggap sebagai simbol demokrasi. 2. DEMOKRASI Demokrasi adalah sebuah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Begitulah pemahaman yang paling sederhana tentang demokrasi, yang diketahui oleh hampir semua orang. Demokrasi juga adalah adalah bentuk pemerintahan politik dimana kekuasaan pemerintahan berasal dari rakyat, baik secara langsung (demokrasi langsung) atau melalui perwakilan (demokrasi perwakilan). Istilah ini berasal dari bahasa Yunani
Disusun oleh; Hendri dari http://wikipedia.org

3

δημοκρατία – (dēmokratía) "kekuasaan rakyat". Jadi masalah keadilan menjadi penting. Pelaku utama demokrasi adalah kita semua. landasan demokrasi adalah keadilan. merujuk pada sistem politik yang muncul pada pertengahan abad ke-5 dan ke-4 SM di negara kota Yunani Kuno. pergerakan nasional juga mencita-citakan pembentukan negara demokrasi yang berwatak anti-feodalisme dan anti-imperialisme.Demokrasi pada dasarnya adalah aturan orang (people rule). menyusul revolusi rakyat pada tahun 508 SM. melawan siapapun yang berusaha melanggar hak-hak itu. dan berarti juga otonomi atau kemandirian dari orang yang bersangkutan untuk mengatur hidupnya. sesuai dengan apa yang dia ingini. Menjaga proses demokratisasi adalah memahami secara benar hak-hak yang kita miliki. Bagi Gus Dur. atau lebih tepatnya pengelolaan kekuasaan secara beradab. Hendri dari http://wikipedia. kesempatan dan suara yang sama di dalam mengatur pemerintahan di dunia publik. Sedang demokrasi adalah keputusan berdasarkan suara terbanyak. menjaga hak-hak itu agar siapapun menghormatinya. tetapi harus dihormati haknya dan harus diberi peluang dan kemudahan serta pertolongan untuk mencapai itu. dengan tujuan membentuk masyarakat sosialis.org 4 . Disusun oleh. dalam arti terbukanya peluang kepada semua orang. setiap orang yang selama ini selalu diatasnamakan namun tak pernah ikut menentukan. khususnya Athena.yang dibentuk dari kata δῆμος (dêmos) "rakyat" dan κράτος (Kratos) "kekuasaan". Berbicara mengenai demokrasi adalah memburaskan (memperbincangkan) tentang kekuasaan. Di Indonesia. dalam arti dia mempunyai hak untuk menentukan sendiri jalan hidupnya.Ia adalah sistem manajemen kekuasaan yang dilandasi oleh nilai-nilai dan etika serta peradaban yang menghargai martabat manusia. dan di dalam sistem politik yang demokratis warga mempunyai hak.

Hendri dari http://wikipedia. Persamaan di depan hukum. Proses hukum yang wajar. Pembatasan pemerintah secara konstitusional. pragmatisme. Pemerintahan berdasarkan persetujuan dari yang diperintah. 1. 4. Pemilihan yang bebas dan jujur. Kekuasaan mayoritas. Hak-hak minoritas. dapat ditinjau dari pendapat Almadudi yang kemudian dikenal dengan "soko guru demokrasi. yaitu: 1. • Asas Pokok Demokrasi Gagasan pokok atau gagasan dasar suatu pemerintahan demokrasi adalah pengakuan hakikat manusia. 6. 3.• Prinsip-Prinsip Demokrasi Setiap prinsip demokrasi dan prasyarat dari berdirinya negara demokrasi telah terakomodasi dalam suatu konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia. prinsip-prinsip demokrasi adalah: Kedaulatan rakyat. ekonomi. Nilai-nilai tolerensi. 5. dan mufakat. yaitu pada dasarnya manusia mempunyai kemampuan yang sama dalam hubungan sosial. 10. dan politik. 9. Pengakuan partisipasi rakyat dalam pemerintahan. 2. Prinsip-prinsip demokrasi. kerja sama.org 5 . Jaminan hak asasi manusia. 7." Menurutnya. misalnya pemilihan wakil-wakil rakyat untuk lembaga Disusun oleh. Berdasarkan gagasan dasar tersebut terdapat 2 (dua) asas pokok demokrasi. 8. Pluralisme sosial.

Adanya persamaan hak bagi seluruh warga negara dalam segala bidang.perwakilan rakyat secara langsung. 2. demokrasi menjadi suatu tatanan yang diterima dan dipakai oleh hampir seluruh negara di dunia. yaitu suatu pemerintahan yang menggariskan bahwa kekuasaan berada di tangan banyak orang (rakyat). Adanya keterlibatan warga negara (rakyat) dalam pengambilan keputusan politik. umum. PANCASILA Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Disusun oleh. 1. misalnya adanya tindakan pemerintah untuk melindungi hak-hak asasi manusia demi kepentingan bersama. 3. baik langsung maupun tidak langsung (perwakilan). Adanya pemilihan umum untuk memilih wakil rakyat yang duduk di lembaga perwakilan rakyat. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Ciri-ciri suatu pemerintahan demokrasi adalah sebagai berikut. bebas.org 6 . Pengakuan hakikat dan martabat manusia. • Ciri-Ciri Pemerintahan Yang Demokrasi Istilah demokrasi diperkenalkan kali pertama oleh Aristoteles sebagai suatu bentuk pemerintahan. 3. Dalam perkembangannya. dan rahasia serta jurdil. Nama ini terdiri dari dua kata dari Sansekerta: pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas. Adanya kebebasan dan kemerdekaan bagi seluruh warga negara. dan 2. Hendri dari http://wikipedia.

dan tercantum pada paragraf ke-4 Preambule (Pembukaan) Undang-undang Dasar 1945. dasar permusyawaratan. Sukarno mengemukakan dasar-dasar sebagai berikut: Kebangsaan. dasar perwakilan. kemanusiaan yang adil dan beradab. Peri Kerakyatan. Ketuhanan. Dia menyatakan bahwa kelima sila yang dirumuskan itu berakar pada sejarah. kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.Lima sendi utama penyusun Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa. Kesejahteraan. yang berpidato pada tanggal 29 Mei 1945. Sejarah Perumusan Dalam upaya merumuskan Pancasila sebagai dasar negara yang resmi. katanya: Disusun oleh. Internasionalisme. terdapat usulan-usulan pribadi yang dikemukakan dalam Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia yaitu : • • Lima Dasar oleh Muhammad Yamin. Hendri dari http://wikipedia. Peri Kemanusiaan. agama. Nama Pancasila itu diucapkan oleh Soekarno dalam pidatonya pada tanggal 1 Juni itu.org 7 . dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. dan hidup ketatanegaraan yang telah lama berkembang di Indonesia. persatuan Indonesia. Mohammad Hatta dalam memoarnya meragukan pidato Yamin tersebut. peradaban. dan Kesejahteraan Rakyat. Yamin merumuskan lima dasar sebagai berikut: Peri Kebangsaan. Peri Ketuhanan. Mufakat. Panca Sila oleh Soekarno yang dikemukakan pada tanggal 1 Juni 1945.

Namun berkat kesadaran untuk mempertahankan Pancasila maka upaya tersebut mengalami Disusun oleh. internasionalisme.tanggal 22 Juni 1945 Rumusan Kedua : Pembukaan Undang-undang Dasar . adalah awal dari Gerakan 30 September (G30SPKI). Hari itu. Pemberontakan ini merupakan wujud usaha mengubah unsur Pancasila menjadi ideologi komunis.org 8 . Hendri dari http://wikipedia. lima bilangannya. dan diatas kelima dasar itulah kita mendirikan negara Indonesia. Namanya bukan Panca Dharma.tanggal 15 Agustus 1950 Rumusan Kelima : Rumusan Kedua yang dijiwai oleh Rumusan Pertama (merujuk Dekrit Presiden 5 Juli 1959) Hari Kesaktian Pancasila Pada tanggal 30 September 1965. dan ketuhanan.Sekarang banyaknya prinsip: kebangsaan. enam Jendral dan berberapa orang lainnya dibunuh sebagai upaya kudeta.tanggal 18 Agustus 1945 Rumusan Ketiga : Mukaddimah Konstitusi Republik Indonesia Serikat . tetapi saya namakan ini dengan petunjuk seorang teman kita ahli bahasa namanya ialah Pancasila. kesejahteraan. Setelah Rumusan Pancasila diterima sebagai dasar negara secara resmi beberapa dokumen penetapannya ialah : • • • • • Rumusan Pertama : Piagam Jakarta (Jakarta Charter) . mufakat. Sila artinya azas atau dasar.tanggal 27 Desember 1949 Rumusan Keempat : Mukaddimah Undangundang Dasar Sementara . kekal dan abadi.

Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama antara pemeluk agama dengan Disusun oleh. Maka 30 September diperingati sebagai Hari Peringatan Gerakan 30 September dan tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Pancasila. Hendri dari http://wikipedia. 1. Tidak pernah dipublikasikan kajian mengenai apakah butir-butir ini benar-benar diamalkan dalam keseharian warga Indonesia. 3. 2. sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. Manusia Indonesia percaya dan takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Sila pertama Bintang. memperingati bahwa dasar Indonesia. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaannya dan ketakwaannya terhadap Tuhan Yang Maha Esa. tak tergantikan. II/MPR/1978 tentang Ekaprasetia Pancakarsa menjabarkan kelima asas dalam Pancasila menjadi 45 butir pengamalan sebagai pedoman praktis bagi pelaksanaan Pancasila. Butir-butir pengamalan Pancasila Ketetapan MPR no. adalah sakti.org 9 .kegagalan.

1. Mengembangkan sikap saling mencintai sesama manusia. jenis kelamin. dan kewajiban asasi setiap manusia. Agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa adalah masalah yang menyangkut hubungan pribadi manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa. 6. 5. kedudukan sosial. Sila kedua Rantai. persamaan hak. Hendri dari http://wikipedia. Membina kerukunan hidup di antara sesama umat beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. agama. penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa.org 10 . Mengakui dan memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa. Mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing. tanpa membeda-bedakan suku. Mengakui persamaan derajat. kepercayaan.4. 2. Disusun oleh. keturunan. warna kulit dan sebagainya. 7. 3. Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa kepada orang lain.

Berani membela kebenaran dan keadilan. 7. Mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa. 8. Mengembangkan sikap tidak semena-mena terhadap orang lain.4.Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama dengan bangsa lain. Sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan negara dan bangsa apabila diperlukan. 6. dan keadilan sosial. 6. serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara sebagai kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan. 10. perdamaian abadi. Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Mengembangkan rasa kebanggaan berkebangsaan dan bertanah air Indonesia. 2. Mengembangkan sikap saling tenggang rasa dan tepa selira. Disusun oleh. 5. kesatuan. 5. Memelihara ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan. Hendri dari http://wikipedia. 9. Mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhinneka Tunggal Ika. Mampu menempatkan persatuan. 4.org 11 . Bangsa Indonesia merasa dirinya sebagai bagian dari seluruh umat manusia. Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan. Sila ketiga Pohon Beringin. 1. 3.

Di dalam musyawarah diutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan. Musyawarah untuk mencapai mufakat diliputi oleh semangat kekeluargaan. Menghormati dan menjunjung tinggi setiap keputusan yang dicapai sebagai hasil musyawarah. 2. Musyawarah dilakukan dengan akal sehat dan sesuai dengan hati nurani yang luhur. Keputusan yang diambil harus dapat dipertanggungjawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa. 9. Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama. dan kewajiban yang sama. Sila keempat demi persatuan dan Kepala Banteng 1. menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia. 3. Memajukan pergaulan kesatuan bangsa. 5.7. setiap manusia Indonesia mempunyai kedudukan. Sebagai warga negara dan warga masyarakat. 7. 6. nilai-nilai kebenaran dan Disusun oleh. hak. Tidak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain. 8. Dengan iktikad baik dan rasa tanggung jawab menerima dan melaksanakan hasil keputusan musyawarah. Hendri dari http://wikipedia. 4.org 12 .

6. yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan. Tidak menggunakan hak milik untuk usahausaha yang bersifat pemerasan terhadap orang lain. 2. 7.keadilan mengutamakan persatuan dan kesatuan demi kepentingan bersama. 9. 5. Mengembangkan sikap adil terhadap sesama. Tidak menggunakan hak milik untuk hal-hal yang bersifat pemborosan dan gaya hidup mewah. Mengembangkan perbuatan yang luhur. 1. 8. 4.org 13 . Sila kelima Padi Dan Kapas. Suka memberi pertolongan kepada orang lain agar dapat berdiri sendiri. Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban. 10. 3. Suka bekerja keras.Memberikan kepercayaan kepada wakil-wakil yang dipercayai untuk melaksanakan pemusyawaratan. Disusun oleh.Suka menghargai hasil karya orang lain yang bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan bersama. Menghormati hak orang lain. Hendri dari http://wikipedia. Tidak menggunakan hak milik untuk bertentangan dengan atau merugikan kepentingan umum. 10.

Makna Lambang Garuda Pancasila • • Burung Garuda melambangkan kekuatan o Warna emas pada burung Garuda melambangkan kejayaan Perisai di tengah melambangkan pertahanan bangsa Indonesia o Simbol-simbol di dalam perisai masing-masing melambangkan sila-sila dalam Pancasila. Lambang ini dirancang oleh Sultan Hamid II dari Pontianak. Garuda Pancasila merupakan lambang negara Indonesia dan nama sebuah lagu nasional Indonesia. Garuda merupakan burung dalam mitologi Hindu. yaitu: Bintang melambangkan sila Ketuhanan Yang Maha Esa (sila ke-1) Rantai melambangkan sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab (sila ke-2) Pohon Beringin melambangkan sila Persatuan Indonesia (sila ke-3) Kepala banteng melambangkan sila Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan (sila ke-4) Padi dan Kapas melambangkan sila Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia (sila ke-5) Disusun oleh.Suka melakukan kegiatan dalam rangka mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial. yang kemudian disempurnakan oleh Presiden Soekarno. sedangkan Pancasila merupakan dasar filosofi negara Indonesia. Hendri dari http://wikipedia.11.org 14 .

Merah berarti berani dan putih berarti suci o Garis hitam tebal yang melintang di dalam perisai melambangkan wilayah Indonesia yang dilintasi Garis Khatulistiwa Jumlah bulu melambangkan hari proklamasi kemerdekaan Indonesia (17 Agustus 1945). Hendri dari http://wikipedia. tetapi tetap satu". o Lagu: Garuda Pancasila Pencipta / Pengarang Lirik dan Lagu Garuda Pancasila: Sudharnoto Garuda pancasila Akulah pendukungmu Patriot proklamasi Sedia berkorban untukmu Pancasila dasar negara Rakyat adil makmur sentosa Pribadi bangsaku Disusun oleh.org 15 .• • Warna merah-putih melambangkan warna bendera nasional Indonesia. yaitu Bhinneka Tunggal Ika yang berarti "walaupun berbeda beda. antara lain: o Jumlah bulu pada masing-masing sayap berjumlah 17 o Jumlah bulu pada ekor berjumlah 8 o Jumlah bulu di bawah perisai/pangkal ekor berjumlah 19 o Jumlah bulu di leher berjumlah 45 Pita yg dicengkeram oleh burung garuda bertuliskan semboyan negara Indonesia.

dengan sejumlah orang yang menerima keberadaan organisasi ini. Hal lain adalah apa yang disebut sebagai kedaulatan. yakni bahwa negara diakui oleh warganya sebagai pemegang kekuasaan tertinggi atas diri mereka pada wilayah tempat negara itu berada. Terdapat Rakyat 2. Memiliki Pemerintahan yang Berdaulat Syarat Sekunder : • 1. Syarat-syarat sebuah negara terbagi menjadi dua. sosial maupun budayanya diatur oleh pemerintahan yang berada di wilayah tersebut. militer. Hendri dari http://wikipedia.org 16 . Syarat lain keberadaan negara adalah adanya suatu wilayah tertentu tempat negara itu berada. ekonomi. yaitu : Syarat Primer : • • • 1. Memiliki Wilayah 3.Ayo maju maju Ayo maju maju Ayo maju maju BAB 2 NEGARA Negara adalah suatu wilayah di permukaan bumi yang kekuasaannya baik politik. Disusun oleh. Mendapat pengakuan Negara lain Negara adalah pengorganisasian masyarakat yang mempunyai rakyat dalam suatu wilayah tersebut.

maksud didirikannya negara Konstitusi merupakan dokumen hukum tertinggi pada suatu negara. yakni pelayanan yang diberikan negara pada rakyat. Dalam bentuk modern negara terkait erat dengan keinginan rakyat untuk mencapai kesejahteraan bersama dengan cara-cara yang demokratis. Karenanya dia juga mengatur bagaimana negara dikelola.org 17 . Berbagai keputusan harus dilakukan untuk mengikat seluruh warga negara. Sebagai dokumen yang mencantumkan cita-cita bersama. atau hukum. adalah untuk memudahkan anggotanya (rakyat) mencapai tujuan bersama atau cita-citanya. Hendri dari http://wikipedia. Terutama sesungguhnya adalah bagaimana negara memberi pelayanan kepada rakyat secara keseluruhan. termasuk didalamnya nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh rakyat sebagai anggota negara. baik yang merupakan penjabaran atas hal-hal yang tidak jelas dalam Konstitusi maupun untuk menyesuaikan terhadap perkembangan zaman atau keinginan masyarakat. seperti organisasi secara umum. fungsi pelayanan paling dasar adalah pemberian rasa aman.Keberadaan negara Keberadaan negara. Negara menjalankan fungsi pelayanan keamanan bagi seluruh rakyat bila semua rakyat merasa bahwa tidak ada ancaman dalam kehidupannya. Konstitusi di Indonesia disebut sebagai UndangUndang Dasar. Pengambilan keputusan dalam proses Disusun oleh. Keinginan bersama ini dirumuskan dalam suatu dokumen yang disebut sebagai Konstitusi. semua kebijakan ini tercantum dalam suatu Undang-Undang. Dalam perkembangannya banyak negara memiliki kerajang layanan yang berbeda bagi warganya. Bentuk paling kongkrit pertemuan negara dengan rakyat adalah pelayanan publik.

akan ada orang yang mengurusi kepentingan rakyat banyak. Prof. Roger H.org . Pengertian Negara menurut para ahli • • • • • • • Prof. Prof. Georg Jellinek Negara adalah organisasi kekuasaan dari sekelompok manusia yang telah berkediaman di wilayah tertentu. Georg Wilhelm Friedrich Hegel Negara merupakan organisasi kesusilaan yang muncul sebagai sintesis dari kemerdekaan individual dan kemerdekaan universal Roelof Krannenburg Negara adalah suatu organisasi yang timbul karena kehendak dari suatu golongan atau bangsanya sendiri. Dalam suatu negara modern. Seperti juga dalam organisasi biasa. Soltau Negara adalah alat atau wewenang yang mengatur atau mengendalikan persoalan bersama atas nama masyarakat. Mr. Djokosoetono Negara adalah suatu organisasi manusia atau kumpulan manusia yang berada di bawah suatu pemerintahan yang sama. Soenarko Negara ialah organisasi manyarakat yang mempunyai 18 Disusun oleh. orang-orang yang mengurusi kehidupan rakyat banyak ini dipilih secara demokratis pula. R.pembentukan Undang-Undang haruslah dilakukan secara demokratis. Hendri dari http://wikipedia. yakni menghormati hak tiap orang untuk terlibat dalam pembuatan keputusan yang akan mengikat mereka itu. Negara adalah Suatu wilayah merdeka yang mendapat pengakuan negara lain serta memiliki kedaulatan. Farid S.

Misalnya.Misalnya terbentuknya Federasi Jerman tahun 1871. • Peleburan (Fusi) Hal ini terjadi ketika negara-negara kecil yang mendiami suatu wilayah mengadakan perjanjian untuk saling melebur atau bersatu menjadi Negara yang baru.Misalnya.org 19 . dimana kekuasaan negara berlaku sepenuhnya sebagai sebuah kedaulatan. Asal Mula Terjadinya Negara Berdasarkan fakta sejarah • Pendudukan (Occupatie) Hal ini terjadi ketika suatu wilayah yang tidak bertuan dan belum dikuasai.• daerah tertentu.Liberia yang diduduki budak-budak Negro yang dimerdekakan tahun 1847. Hendri dari http://wikipedia. hingga pada akhirnya dapat berdiri sendiri sepenuhnya. kemudian diduduki dan dikuasai. • Penyerahan (Cessie) Hal ini terjadi Ketika suatu Wilayah diserahkan kepada negara lain berdasarkan suatu perjanjian tertentu. Aristoteles Negara adalah perpaduan beberapa keluarga mencakupi beberapa desa.Wilayah Disusun oleh. dengan tujuan kesenangan dan kehormatan bersama.

Indonesia yang pernah di tinggalkan Jepang karena pada saat itu jepang dibom oleh Amerika di daerah Hiroshima dan Nagasaki. Istilah konstitusi dapat diterapkan kepada seluruh hukum yang mendefinisikan fungsi pemerintahan Disusun oleh. istilah ini merujuk secara khusus untuk menetapkan konstitusi nasional sebagai prinsip-prinsip dasar politik. Contahnya.Kemudian di wilayah tersebut dihuni oleh sekelompok orang sehingga terbentuklah Negara.biasanya dikodifikasikan sebagai dokumen tertulis Dalam kasus bentukan negara. • Penaikan (Accesie) Hal ini terjadi ketika suatu wilayah terbentuk akibat penaikan Lumpur Sungai atau dari dasar Laut (Delta). Sehingga penduduk daerah tersebut bisa mengumumkan kemerdekaannya. konstitusi memuat aturan dan prinsip-prinsip entitas politik dan hukum.wilayah negara Mesir yang terbentuk dari Delta Sungai Nil.org 20 .Misalnya. wewenang dan kewajiban pemerintahan negara pada umumnya.(Jerman). Hendri dari http://wikipedia. prosedur. Konstitusi Konstitusi (Latin constitutio) dalam negara adalah sebuah norma sistem politik dan hukum bentukan pada pemerintahan negara . prinsip-prinsip dasar hukum termasuk dalam bentukan struktur. Konstitusi umumnya merujuk pada penjaminan hak kepada warga masyarakatnya.Sleeswijk pada Perang Dunia I diserahkan oleh Austria kepada Prusia. • Pengumuman (Proklamasi) Hal ini terjadi karena suatu daerah yang pernah menjadi daerah jajahan ditinggalkan begitu saja.

nasional atau regional) organisasi sukarela persatuan dagang partai politik perusahaan Sejarah Konstitusi dapat menunjuk ke hukum penting. biasanya dikeluarkan oleh kaisar atau raja dan digunakan secara luas dalam hukum kanon untuk menandakan keputusan subsitusi tertentu terutama dari Paus. Jenis organisasi yang menggunakan konsep Konstitusi termasuk: • • • • • Organisasi pemerintahan (transnasional. Dalam bentukan organisasi konstitusi menjelaskan bentuk. aktivitas. Hendri dari http://wikipedia. karakter. lihat daftar konstitusi nasional. dan aturan dasar organisasi tersebut.org 21 .negara. Untuk melihat konstitusi pemerintahan negara tertentu. struktur. konstitusi adalah mengatur hak2 dasar Pengertian Konstitusi pada umumnya bersikat kodifikasi yaitu sebuah dokumen yang berisian aturan-aturan untuk menjalankan suatu Disusun oleh.

Konstitusi bagi organisasi pemerintahan negara yang dimaksud terdapat beragam bentuk dan kompleksitas strukturnya. namun menurut para ahli ilmu hukum maupun ilmu politik konstitusi harus diterjemahkan termasuk kesepakatan politik. Wheare. terdapat konstitusi politik atau hukum akan tetapi mengandung pula arti konstitusi ekonomi Dewasa ini. C.org 22 . Konstitusi adalah keseluruhan peraturan baik yang tertulis maupun tidak tertulis yang mengatur secara mengikat cara suatu pemerintahan diselenggarakan dalam suatu masyarakata negara A. kebijakan dan distibusi maupun alokasi. namun dalam pengertian ini. Hendri dari http://wikipedia. konstitusi adalah keseluruhan sistem ketaatanegaraaan suatu negara yang berupa kumpulan peraturan yang mmbentuk mengatur /memerintah dalam pemerintahan suatu negara.constituere) dalam bahasa prancis yaitu “constiture” dalam bahsa jerman “vertassung” dalam ketatanegaraan RI diartikan sama dengan Undang – undang dasar. pengertian konstitusi menurut para ahli . Konstitusi / UUD dapat diartikan peraturan dasar dan yang memuat ketentuan – ketentuan pokok dan menjadi satu sumber perundang.undangan. konstitusi harus diartikan dalam artian tidak semuanya berupa dokumen tertulis (formal). istilah konstitusi sering di identikkan dengan suatu kodifikasi atas dokumen yang tertulis dan di Inggris memiliki konstitusi tidak dalam bentuk kodifikasi akan tetapi berdasarkan pada yurisprudensi dalam ketatanegaraan negara Inggris dan mana pula juga Konstitusi Istilah konstitusi berasal dari bahasa inggris yaitu “Constitution” dan berasal dari bahasa belanda “constitue” dalam bahasa latin (contitutio.organisasi pemerintahan negara. Disusun oleh. pengambilan keputusan. 1) K. negara. kekuasaan.

o Konstitusi sebagai bentuk negara o Konstitusi sebagai faktor integrasi o Konstitusi sebagai sistem tertutup dari norma hukum yang tertinggi didalam negara b) Konstitusi dalam artoi relatif dibagi menjadi 2 pengertian yaitu konstitusi sebagai tuntyutan dari golongan borjuis agar haknya dapat dijamin oleh penguasa dan konstitusi sebagai sebuah konstitusi dalam arti formil (konstitrusi dapat berupa terttulis) dan konstitusi dalam arti materiil (konstitusi yang dilihat dari segi isinya) Disusun oleh. 6) Carl schmitt membagi konstitusi dalam 4 pengertian yaitu: a) Konstitusi dalam arti absolut mempunyai 4 sub pengertian yaitu. istilah konstitusi berasal dari bahasa latin cisme yang berarati bewrsama dengan dan statute yang berarti membuat sesuatu agar berdiri. Jadi konstitusi berarti menetapkan secara bersama. konstitusi mempunyai arti luas daripada uud. partai politik dsb 4) L. Konstitusi tidak hanya bersifat yuridis tettapi juga sosiologis dan politis 3) Lasalle.2) Herman heller. Hendri dari http://wikipedia.j Van Apeldoorn. konstitusi memuat baik peraturan tertulis maupun peraturan tak tertulis 5) Koernimanto soetopawiro. konstitusi adalah hubungan antara kekuasaaan yang terdapat didalam masyarakat seperti golongan yang mempunyai kedudukan nyata didalam masyarakat misalnya kepala negara angkatan perang.org 23 . o Konstitusi sebagai kesatuan organisasi yang mencakup hukum dan semua organisasi yang ada didalam negara.

tujuan konstitusi yaitu: 1) Membatasi kekuasaan penguasa agar tidak bertindak sewenang – wenang maksudnya tanpa membatasi kekuasaan penguasa. Nilai nominal adalah suatu konstitusi yang menurut hukum berlaku. Dalam memobilisasi kekuasaan. tetapi juga nyata berlaku dalam masyarakat dalam arti berlaku efgektif dan dilaksanakan secara murni dan konsekuen. Nilai semantik adalah suatu konstitusi yang berlaku hanya untuk kepentingan penguasa saja. Hendri dari http://wikipedia.org 24 . Ketidak sempurnaan itu disebabkan pasal – pasal tertentu tidak berlaku / tidsak seluruh pasal – pasal yang terdapat dalam UUD itu berlaku bagi seluruh wilayah negara. konstitusi tidak akan berjalan dengan baik dan bisa saja kekuasaan penguasa akan merajalela Dan bisa merugikan rakyat banyak 2) Melindungi Ham maksudnya setiap penguasa berhak menghormati Ham orang lain dan hak memperoleh perlindungan hukum dalam hal melaksanakan haknya. penguasa menggunakan Disusun oleh. Nilai konstitusi yaitu: 1.c) konstitusi dalam arti positif adalah sebagai sebuah keputusan politik yang tertinggi sehingga mampu merubah tatanan kehidupan kenegaraan d) konstitusi dalam arti ideal yaitu konstitusi yang memuat adanya jaminan atas hak asasi serta perlindungannya B. tetrapi tidak sempurna. C. 3) Pedoman penyelengaraan negara maksudnya tanpa adanya pedoman konstitusi negara kita tidak akan berdiri dengan kokoh. Nilai normatif adalah suatu konstitusi yang resmi diterima oleh suatu bangsa dan bagi mereka konstitusi itu tidak hanya berlaku dalam arti hukum (legal). 3. 2.

Strong konstitusi terdiri dari: constiutution / writen constitution) adalah aturan – aturan pokok dasar negara . 2) secara teoritis konstitusi dibedakan menjadi: a) konstitusi politik adalah berisi tentang normanorma dalam penyelenggaraan negara. Adapun syarat – syarat konvensi adalah: 1) Diakui dan dipergunakan berulang – ulang dalam praktik penyelenggaraan negara. bangunan negara dan tata negara.konstitusi sebagai alat untuk melaksanakan kekuasaan politik. hubuyngan antar lembaga negara. demikian juga aturan dasar lainnya yang mengatur perikehidupan suatu bangsa didalam persekutuan Konstitusi tidak tertulis / konvensi(nondokumentary¬hukum negara. sistem ekonomi. Hendri dari http://wikipedia. D. b) Konstitusi sosial adalah konstitusi yang mengandung cita – cita sosial bangsa. 2) Tidak bertentangan dengan UUD 1945 3) Memperhatikan pelaksanaan UUD 1945. Macam – macam konstitusi 1) Menurut Konstitusi tertulis (dokumentary¬CF. dan sistem politik yang ingin dikembangkan bangsa itu. 3) bedasarkan sifat dari konstitusi yaitu: 1) Flexible / luwes apabila konstitusi / undang undang dasar memungkinkan untuk berubah sesuai dengan perkembangan. rumusan filosofis negara. Disusun oleh.org 25 . constitution) adalah berupa kebiasaan ketatanegaraan yang sering timbul. hubungan rakyat dengan pemerintah. sistem sosial.

Syarat terjadinya konstitusi yaitu: Agar suatu bentuk pemerintahan dapat dijalankan secara demokrasi dengan memperhatikan kepentingan rakyat. Melinmdungi asas demokrasi Menciptakan kedaulatan tertinggi yang berada ditangan rakyat Untuk melaksanakan dasar negara Menentukan suatu hukum yang bersifat adil F.org 26 . konstitusi berisi tentang: 1) Pernyataan ideologis 2) Pembagian kekuasaan negara 3) Jaminan HAM (hak asasi manusia) 4) Perubahan konstitusi 5) Larangan perubahan konstitusi E. Sebagai hukum dasar Sebagai hukum yang tertinggi Disusun oleh. 4) unsur /substansi sebuah konstitusi yaitu: a) Menurut sri sumantri konstitusi berisi 3 hal pokok yaitu: 1) Jaminan terhadap Ham dan warga negara 2) Susunan ketatanegaraan yang bersdifat fundamental 3) Pembagian dan poembatasan tugas ketatanegaraan b) Menurut Miriam budiarjo. c) Menurut koerniatmanto soetopawiro. Kedudukan konstitusi (UUD) Dengan adanya UUD baik penguasa dapat mengetahui aturan / ketentuan pokok mendasar mengenai ketatanegaraan .2) Rigid / kaku apabila konstitusi / undang undang dasar jika sulit untuk diubah. Hendri dari http://wikipedia. konstitusi memuat tentang: Organisasi negara HAM Prosedur penyelesaian masalah pelanggaran hukum Cara perubahan konstitusi.

dan hubungan diantara keduanya.org 27 . UUD/konstitusi berubah secara berangsur – angsur yang dapat menimbulkan suatu UUD. Secara evolusi. cita – cita dan tujuan negara yang tertuang dalam pembukaan UUD suatu negara. Disusun oleh. perubahan konstitusi / UUD yaitu: Secara revolusi. pemerintahan baru terbentuk sebagai hasil revolusi ini yang kadang – kadang membuat sesuatu UUD yang kemudian mendapat persetujuan rakyat. Uud memiliki sifat mengikat oleh karenanya makin elastik sifatnya aturan itui makin baik. Dasar negara sebagai pedoaman penyelenggaraan negara secara tertulis termuat dalam konstitusi suatu negara I. Hendri dari http://wikipedia. secara otomatis UUD yang sama tidak berlaku lagi. H. Undang-undang dapat pula dikatakan sebagai kumpulan-kumpulan prinsip yang mengatur kekuasaan pemerintah. hak rakyat. Keterkaitan konstitusi dengan UUD yaitu: Konstitusi adalah hukum dasar tertulis dan tidak ter tulis sedangkan UUD adalah hukum dasar tertulis. untuk mengatur kehidupan bersama dalam rangka mewujudkan tujuan dalam bentuk Negara. konstitusi menyangkut cara suatu pemeritahan diselenggarakan Undang-undang Undang-undang (atau disingkat UU) adalah Peraturan Perundang-undangan yang dibentuk oleh Dewan Perwakilan Rakyat dengan persetujuan bersama Presiden. keterkaitan antara dasar negara dengan konstitusi yaitu: keterkaitan antara dasar negara dengan konstitusi nampak pada gagasan dasar.G. Undang-undang memiliki kedudukan sebagai aturan main bagi rakyat untuk konsolidasi posisi politik dan hukum.

) Dari segi bentuknya. semua dokumen yang dikeluarkan oleh otoritas yang lebih tinggi. oleh Parlemen.. kasus hukum. Pandangan Umum Hukum termasuk dalam serangkaian peraturan dan standar dalam suatu masyarakat tertentu.org 28 . sementara undang-undang adalah karya legislatif. "Piagam Besar". Hendri dari http://wikipedia. Hukum sering istilah generik untuk semua kegiatan. dan peraturan-peraturan dan tindakan tertulis lainnya dari eksekutif. legis yang berarti hukum) berarti sumber hukum.Sejarah Undang-undang (bahasa Inggris: Legislation . dsb. hukum atau pengertian formal peraturan ketat . dengan rakyat sendiri melalui referendum. sering diwujudkan dalam parlemen yang mewakili rakyat. di mana pun mereka berada dalam hirarki standar (konstitusi.. biasanya DPR.).dari bahasa Latin lex. Kekuasaan legislatif biasanya dilaksanakan: • • • dengan Kepala Negara hanya dalam rezim otoriter tertentu. kediktatoran atau kekuasaan mutlak. yang dibuat dengan mengikuti prosedur tertulis. undang-undang dasar (Konstitusi. hukum adalah perbuatan hukum oleh otoritas tertentu. yang sah dan memiliki Disusun oleh. kedua dalam hubungan dengan sumbersumber hukum lainnya: tradisi (dan kebiasaan). Konsep hukum yang didefinisikan oleh sebuah laporan dari kontrak dan Perjanjian (yang hasil dari negosiasi antara sama (dalam hal hukum)).

Penerapannya kemudian dapat ditentukan oleh teks yang dikeluarkan oleh eksekutif. pelaksanaan dan penegakan kedaulatan negara serta pembagian kekuasaan negara. atau tanggung jawab. sebagai pelaksanaan Keputusan. wilayah dan pembagian daerah. Mekanisme Pembentukan Undang-undang Persiapan Rancangan Undang-Undang (RUU) dapat diajukan oleh DPR atau Presiden. 29 Disusun oleh. hak dan kewajiban warga negara. kewarganegaraan dan kependudukan. Materi Undang-Undang • • Mengatur lebih lanjut ketentuan UUD 1945 yang meliputi: hak-hak asasi manusia. hukum adalah sebuah standar hukum yang diadopsi oleh badan legislatif dalam bentuk dan prosedur yang ditentukan oleh hukum konstitusional setempat. dan juga akan dijelaskan lebih lanjut oleh penafsiran di pengadilan. harus dilaksanakan sepenuhnya. Diperintahkan oleh suatu Undang-Undang untuk diatur dengan Undang-Undang. serta keuangan negara. Setiap kebebasan atau hak pasti menyatakan. kewajiban toleransi dan hormat.org .kapasitas untuk memimpin. Hendri dari http://wikipedia. Aturan hukum adalah alat yang tersedia bagi para pengacara yang memungkinkan untuk bekerja sesuai dengan cita-cita keadilan. Di negara-negara yang mengenal suatu bentuk pemisahan kekuasaan.

dengan ditegaskan menteri yang ditugaskan mewakili Presiden dalam melakukan pembahasan RUU di DPR. RUU yang diajukan oleh DPR RUU yang telah disiapkan oleh DPR disampaikan dengan surat pimpinan DPR kepada Presiden. dalam rapat komisi/panitia/alat kelengkapan DPR yang khusus menangani legislasi. dan dalam rapat paripurna. RUU ini kemudian diajukan dengan surat Presiden kepada DPR. Peran DPD dalam Persiapan Undang-Undang Pembentukan DPD dapat mengajukan RUU kepada DPR mengenai hal yang berkaitan dengan otonomi daerah.RUU yang diajukan oleh Presiden RUU yang diajukan oleh Presiden disiapkan oleh menteri atau pimpinan LPND sesuai dengan lingkup tugas dan tanggung jawabnya. hubungan pusat dan daerah. Presiden kemudian menugasi menteri yang mewakili untuk membahas RUU bersama DPR dalam jangka waktu 60 hari sejak surat Pimpinan DPR diterima. Hendri dari http://wikipedia. serta yang berkaitan dengan perimbangan keuangan pusat dan daerah. melalui tingkat-tingkat pembicaraan.org 30 . Disusun oleh. Pembahasan Pembahasan RUU di DPR dilakukan oleh DPR bersama Presiden atau menteri yang ditugasi. DPR kemudian mulai membahas RUU dalam jangka waktu paling lambat 60 hari sejak surat Presiden diterima. pembentukan dan pemekaran serta penggabungan daerah. pengelolaan sumber daya alam dan sumber daya ekonomi lainnya.

RUU tersebut disahkan oleh Presiden dengan menandatangani dalam jangka waktu 30 hari sejak RUU tersebut disetujui oleh DPR dan Presiden. DPD juga memberikan pertimbangan kepada DPR atas RUU tentang APBN dan RUU yang berkaitan dengan pajak. pendidikan. dalam jangka waktu paling lambat 7 hari sejak tanggal persetujuan bersama. Disusun oleh.DPD diikutsertakan dalam Pembahasan RUU yang sesuai dengan kewenangannya pada rapat komisi/panitia/alat kelengkapan DPR yang khusus menangani bidang legislasi. Hendri dari http://wikipedia.org 31 . Pengesahan Apabila RUU tidak mendapat persetujuan bersama. Jika dalam waktu 30 hari sejak RUU tersebut disetujui bersama tidak ditandatangani oleh Presiden. RUU yang telah disetujui bersama oleh DPR dan Presiden disampaikan oleh pimpinan DPR kepada Presiden untuk disahkan menjadi UU. maka RUU tersebut sah menjadi UU dan wajib diundangkan. dan agama. diperlukan proses yang panjang dan persetujuan dari banyak pihak. Hukum ini tidak mengatur hal-hal yang terperinci. Apabila suatu UUD akan diubah. melainkan hanya menjabarkan prinsip-prinsip yang menjadi dasar bagi peraturan-peraturan lainnya. RUU tersebut tidak boleh diajukanlagi dalam persidangan masa itu. Selain itu UUD juga dapat diamandemen dan ditambah dengan pasal-pasal baru. Undang-Undang Dasar Undang-Undang Dasar (UUD) adalah hukum dasar yang berlaku di suatu negara.

adalah hukum dasar tertulis (basic law). Hendri dari http://wikipedia. 37 pasal. 65 ayat (16 ayat berasal dari 16 pasal yang hanya terdiri dari 1 ayat dan 49 ayat berasal dari 21 pasal yang terdiri dari 2 ayat atau lebih). 37 pasal. dan sejak tanggal 17 Agustus 1950 di Indonesia berlaku UUDS 1950. yang mengubah susunan lembaga-lembaga dalam sistem ketatanegaraan Republik Indonesia. di Indonesia berlaku Konstitusi RIS. konstitusi pemerintahan negara Republik Indonesia saat ini. Pada kurun waktu tahun 1999-2002. Setelah dilakukan 4 kali perubahan. dan 2 pasal Aturan Tambahan. Naskah Undang-Undang Dasar 1945 Sebelum dilakukan Perubahan. 4 pasal Aturan Peralihan. dan 2 ayat Aturan Tambahan). UUD 1945 terdiri atas Pembukaan. Disusun oleh. serta Penjelasan.org 32 . Dekrit Presiden 5 Juli 1959 kembali memberlakukan UUD 1945. 194 ayat. UUD 1945 disahkan sebagai undang-undang dasar negara oleh PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945. Sejak tanggal 27 Desember 1949. 3 pasal Aturan Peralihan. UUD 1945 mengalami 4 kali perubahan (amandemen). atau disingkat UUD 1945 atau UUD '45. UUD 1945 memiliki 20 bab. dengan dikukuhkan secara aklamasi oleh DPR pada tanggal 22 Juli 1959.Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Batang Tubuh (16 bab.

Pada tanggal 22 Juni 1945. Masa Sidang Kedua tanggal 10-17 Juli 1945. Naskah rancangan UUD 1945 Indonesia disusun pada masa Sidang Kedua Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).org 33 . Nama Badan ini tanpa kata "Indonesia" karena hanya diperuntukkan untuk tanah Jawa saja. 38 anggota BPUPKI membentuk Panitia Sembilan yang terdiri dari 9 orang untuk merancang Piagam Jakarta yang akan menjadi naskah Pembukaan UUD 1945. Setelah dihilangkannya anak kalimat "dengan kewajiban menjalankan syariah Islam bagi pemeluk-pemeluknya" maka naskah Piagam Jakarta menjadi naskah Pembukaan UUD 1945 yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Di Sumatera ada BPUPK untuk Sumatera. Disusun oleh.Dalam Risalah Sidang Tahunan MPR Tahun 2002. Hendri dari http://wikipedia. Pada masa sidang pertama yang berlangsung dari tanggal 28 Mei hingga 1 Juni 1945. Tanggal 18 Agustus 1945. Soekarno menyampaikan gagasan tentang "Dasar Negara" yang diberi nama Pancasila. Pengesahan UUD 1945 dikukuhkan oleh Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) yang bersidang pada tanggal 29 Agustus 1945. Ir. Sejarah Sejarah Awal Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang dibentuk pada tanggal 29 April 1945 adalah badan yang menyusun rancangan UUD 1945. PPKI mengesahkan UUD 1945 sebagai Undang-Undang Dasar Republik Indonesia. Sebagai Naskah Perbantuan dan Kompilasi Tanpa Ada Opini. diterbitkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Dalam Satu Naskah.

Periode UUDS 1950 17 Agustus 1950 . Maklumat Wakil Presiden Nomor X pada tanggal 16 Oktober 1945 memutuskan bahwa KNIP diserahi kekuasaan legislatif. Tanggal 14 November 1945 dibentuk Kabinet Semi-Presidensiel ("Semi-Parlementer") yang pertama. Hendri dari http://wikipedia. ini sistem pemerintahan indonesia adalah Disusun oleh. sehingga peristiwa ini merupakan perubahan sistem pemerintahan agar dianggap lebih demokratis. Periode berlakunya Konstitusi RIS 1949 Desember 1949 .5 Juli 1959 Pada masa parlementer.17 Agustus 1950 27 Pada masa parlementer.org 34 . UUD 1945 tidak dapat dilaksanakan sepenuhnya karena Indonesia sedang disibukkan dengan perjuangan mempertahankan kemerdekaan. karena MPR dan DPR belum terbentuk. ini sistem pemerintahan indonesia adalah bentuk pemerintahan dan bentuk negaranya federasi yaitu negara yang didalamnya terdiri dari negara-negara bagian yang masing masing negara bagian memiliki kedaulatan sendiri untuk mengurus urusan dalam negerinya.Periode berlakunya UUD 1945 18 Agustus 194527 Desember 1949 Dalam kurun waktu 1945-1950.

Hendri dari http://wikipedia. maka pada tanggal 5 Juli 1959. Pemerintah menyatakan akan menjalankan UUD 1945 dan Pancasila secara murni dan konsekuen.terutama pelanggaran pasal 23 (hutang Konglomerat/private debt dijadikan beban rakyat Indonesia/public debt) dan 33 UUD 1945 yang memberi kekuasaan pada pihak swasta untuk menghancur hutan dan sumberalam kita. Pada masa ini.21 Mei 1998 Pada masa Orde Baru (1966-1998). Presiden Sukarno mengeluarkan Dekrit Presiden yang salah satu isinya memberlakukan kembali UUD 1945 sebagai undang-undang dasar. terdapat berbagai penyimpangan UUD 1945. Namun pelaksanaannya ternyata menyimpang dari Pancasila dan UUD 1945 yang murni.Periode kembalinya ke UUD 1945 5 Juli 19591966 Karena situasi politik pada Sidang Konstituante 1959 dimana banyak saling tarik ulur kepentingan partai politik sehingga gagal menghasilkan UUD baru.org 35 . Disusun oleh. diantaranya: • • • Presiden mengangkat Ketua dan Wakil Ketua MPR/DPR dan MA serta Wakil Ketua DPA menjadi Menteri Negara MPRS menetapkan Soekarno sebagai presiden seumur hidup Pemberontakan Partai Komunis Indonesia melalui Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia Periode UUD 1945 masa orde baru 11 Maret 1966. menggantikan Undang-Undang Dasar Sementara 1950 yang berlaku pada waktu itu.

kekuasaan yang sangat besar pada Presiden.J. Hendri dari http://wikipedia.Habibie sampai dengan lepasnya Provinsi Timor Timur dari NKRI. Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1985 tentang Referendum. yang merupakan pelaksanaan TAP MPR Nomor IV/MPR/1983. adanya pasal-pasal yang terlalu "luwes" (sehingga dapat menimbulkan multitafsir).org 36 . tidak berkehendak akan melakukan perubahan terhadapnya Ketetapan MPR Nomor IV/MPR/1983 tentang Referendum yang antara lain menyatakan bahwa bila MPR berkehendak mengubah UUD 1945.Pada masa Orde Baru. Latar belakang tuntutan perubahan UUD 1945 antara lain karena pada masa Orde Baru. serta kenyataan rumusan UUD 1945 tentang semangat penyelenggara negara yang belum cukup didukung ketentuan konstitusi. UUD 1945 juga menjadi konstitusi yang sangat "sakral". Periode UUD 1945 Amandemen Salah satu tuntutan Reformasi 1998 adalah dilakukannya perubahan (amandemen) terhadap UUD 1945. Periode 21 Mei 1998. Disusun oleh. kekuasaan tertinggi di tangan MPR (dan pada kenyataannya bukan di tangan rakyat). terlebih dahulu harus minta pendapat rakyat melalui referendum. Yaitu masa sejak Presiden Soeharto digantikan oleh B. diantara melalui sejumlah peraturan: • • • Ketetapan MPR Nomor I/MPR/1983 yang menyatakan bahwa MPR berketetapan untuk mempertahankan UUD 1945.19 Oktober 1999 Pada masa ini dikenal masa transisi.

serta hal-hal lain yang sesuai dengan perkembangan aspirasi dan kebutuhan bangsa.org 37 . HAM. kedaulatan rakyat. Hendri dari http://wikipedia. tanggal 1-9 November 2001 → Perubahan Ketiga UUD 1945 Sidang Tahunan MPR 2002. Perubahan UUD 1945 dengan kesepakatan diantaranya tidak mengubah Pembukaan UUD 1945.Tujuan perubahan UUD 1945 waktu itu adalah menyempurnakan aturan dasar seperti tatanan negara. tetap mempertahankan susunan kenegaraan (staat structuur) kesatuan atau selanjutnya lebih dikenal sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). eksistensi negara demokrasi dan negara hukum. serta mempertegas sistem pemerintahan presidensiil. Dalam kurun waktu 1999-2002. tanggal 14-21 Oktober 1999 → Perubahan Pertama UUD 1945 Sidang Tahunan MPR 2000. tanggal 1-11 Agustus 2002 → Perubahan Keempat UUD 1945 Peraturan pemerintah undang-undang pengganti Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (atau disingkat Perpu) adalah Peraturan Perundang-undangan yang ditetapkan oleh Presiden dalam hal ikhwal kegentingan yang memaksa. UUD 1945 mengalami 4 kali perubahan (amandemen) yang ditetapkan dalam Sidang Umum dan Sidang Tahunan MPR: • • • • Sidang Umum MPR 1999. pembagian kekuasaan. tanggal 7-18 Agustus 2000 → Perubahan Kedua UUD 1945 Sidang Tahunan MPR 2001. Materi muatan Peraturan Pemerintah Pengganti Disusun oleh.

maka Perpu tersebut tidak berlaku.Undang-Undang adalah sama dengan materi muatan UndangUndang. DPR hanya dapat menerima atau menolak Perpu. Perpu ditandatangani oleh Presiden. Jika Perpu ditolak DPR. Hendri dari http://wikipedia. Perpu harus diajukan ke DPR dalam persidangan yang berikut. Setelah diundangkan.10 Tahun 2004 tentang teknik pembuatan undang-undang. Pembahasan RUU tentang penetapan Perpu menjadi Undang-Undang dilaksanakan melalui mekanisme yang sama dengan pembahasan RUU. bahwa Peraturan Pemrintah sebagai aturan organik daripada Undang-Undang menururt hirarkinya tidak boleh tumpangtindih atau bertolak belakang Peraturan Pemerintah ditandatangani oleh Presiden.org 38 .didalam UU No. dan Presiden mengajukan RUU tentang Pencabutan Perpu tersebut. yang dapat pula mengatur segala akibat dari penolakan tersebut. dalam bentuk pengajuan RUU tentang Penetapan Perpu Menjadi Undang-Undang. Peraturan pemerintah Peraturan Pemerintah (disingkat PP) adalah Peraturan Perundang-undangan di Indonesia yang ditetapkan oleh Presiden untuk menjalankan Undang-Undang sebagaimana mestinya. Disusun oleh. Materi muatan Peraturan Pemerintah adalah materi untuk menjalankan Undang-Undang sebagaimana mestinya.

Peraturan presiden Peraturan Presiden (disingkat Perpres adalah Peraturan Perundang-undangan yang dibuat oleh Presiden. Materi muatan Peraturan Presiden adalah materi yang diperintahkan oleh Undang-Undang atau materi untuk melaksanakan Peraturan Pemerintah.org 39 . dan menampung kondisi khusus daerah serta penjabaran lebih lanjut Peraturan Perundang-undangan yang lebih tinggi. Peraturan Daerah Provinsi dibentuk oleh DPRD Provinsi dengan persetujuan bersama Gubernur. Peraturan daerah Peraturan Daerah adalah Peraturan Perundang-undangan yang dibentuk oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dengan persetujuan bersama Kepala Daerah (gubernur atau bupati/walikota). Hendri dari http://wikipedia. Disusun oleh. Peraturan Daerah terdiri atas: • Peraturan Daerah Provinsi. yakni sejak diberlakukannya UndangUndang Nomor 10 Tahun 2004. Materi muatan Peraturan Daerah adalah seluruh materi muatan dalam rangka penyelenggaraan otonomi daerah dan tugas pembantuan. Perpres merupakan jenis Peraturan Perundang-undangan yang baru di Indonesia. yang berlaku di provinsi tersebut.

bupati. Hendri dari http://wikipedia.• Peraturan Daerah Kabupaten/Kota. Pembahasan Raperda di DPRD dilakukan oleh DPRD bersama gubernur atau bupati/walikota. dalam jangka waktu palinglambat 7 hari sejak tanggal persetujuan bersama. dan dalam rapat paripurna. dalam rapat komisi/panitia/alat kelengkapan DPRD yang khusus menangani legislasi. yang berlaku di kabupaten/kota tersebut. Di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Sedangkan Raperda yang disiapkan oleh DPRD disampaikan oleh pimpinan DPRD kepada Kepala Daerah.org 40 . Raperda tersebut disahkan oleh Gubernur atau Bupati/Walikota dengan menandatangani dalam jangka waktu 30 hari sejak Raperda tersebut disetujui oleh DPRD dan Disusun oleh. Raperda yang disiapkan oleh Kepala Daerah disampaikan kepada DPRD. Peraturan Daerah dikenal dengan istilah Qanun. Pembahasan bersama tersebut melalui tingkat-tingkat pembicaraan. Raperda yang telah disetujui bersama oleh DPRD dan Gubernur atau Bupati/Walikota disampaikan oleh Pimpinan DPRD kepada Gubernur atau Bupati/Walikota untuk disahkan menjadi Perda. Peraturan Daerah Kabupaten/Kota tidak subordinat terhadap Peraturan Daerah Provinsi. dikenal istilah Peraturan Daerah Khusus dan Peraturan Daerah Provinsi. Peraturan Daerah Kabupaten/Kota dibentuk oleh DPRD Kabupaten/Kota dengan persetujuan bersama Bupati/Walikota. atau walikota). Sementara di Provinsi Papua. Mekanisme Pembentukan Peraturan Daerah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) dapat berasal dari DPRD atau kepala daerah (gubernur.

yang dibentuk pada era Republik Kedua Perancis pada 1848. Sedangkan presiden pertama yang diakui secara internasional adalah Presiden Amerika Serikat sewaktu revolusi Amerika. istilah ini dipergunakan untuk seseorang yang memimpin suatu acara atau rapat (ketua). baik dipilih secara langsung. Pertama Presiden pertama di Eropa adalah Presiden Perancis. Lebih spesifiknya. perguruan tinggi. Presiden merupakan kepala pemerintah presidensial. tapi kemudian secara umum berkembang menjadi istilah untuk seseorang yang memiliki kekuasaan eksekutif. Biasanya dalam urutan suksesi. Disusun oleh. PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN Presiden (Latin: prae-sebelum dan sedere-menduduki) adalah suatu nama jabatan yang digunakan untuk pimpinan suatu organisasi. Jika dalam waktu 30 hari sejak Raperda tersebut disetujui bersama tidak ditandangani oleh Gubernur atau Bupati/Walikota. istilah "Presiden" terutama dipergunakan untuk kepala negara suatu republik. perusahaan. atau negara.Gubernur atau Bupati/Walikota. Hendri dari http://wikipedia. Pada awalnya. Wakil Presiden adalah jabatan pemerintahan yang berada satu tingkat lebih rendah daripada Presiden. wakil presiden akan mengambil alih jabatan presiden bila ia berhalangan sementara atau tetap.org 41 . maka Raperda tersebut sah menjadi Perda dan wajib diundangkan. ataupun tak langsung.

Wakil Presiden umumnya ditetapkan oleh konstitusi oleh suatu negara untuk mendampingi sang presiden jika presiden menjalankan tugas-tugas kenegaraan di negara lain atau jika presiden menyerahkan jabatan kepresidenan baik pengunduran diri atau halangan dalam menjalankan tugas seperti misalnya mengalami kematian saat menjabat presiden. Kementerian dipimpin oleh seorang menteri yang dapat memiliki tanggung jawab untuk satu atau lebih dalam menjalankan fungsi dan tugas kementerian. beberapa yang umum antara lain Kementerian Pertahanan.Di Indonesia dan negara-negara Amerika Latin. Kementerian sangat bervariasi antar negara. pejabat senior pelayanan publik. dan Kementerian Kesehatan. atau badan eksekutif lainnya yang lebih kecil. atau kanselir. Hendri dari http://wikipedia. biro. atau ditunjuk langsung oleh presiden. wakil presiden dipilih langsung oleh warga negara dan merupakan satu paket dengan presiden. Suatu pemerintahan biasanya memiliki banyak kementerian. komisi. Disusun oleh. Dalam sistem pemilihan umum lain. manajerial atau organisasi administratif.org 42 . Kementerian Keuangan. Kementerian Luar Negeri. jabatan wakil presiden dapat juga diserahkan pada kandidat yang memperoleh suara kedua terbanyak. masingmasing menangani urusan pemerintahan tertentu. Kementerian biasanya berada dalam suatu kabinet yang dipimpin oleh perdana menteri. presiden. penasihat. badan. Kementerian (bahasa Inggris: Ministry dalam bahasa Indonesia berarti pelayanan) adalah suatu organisasi khusus yang bertanggung jawab untuk sebuah bidang administrasi umum pemerintahan.

Hong Kong menggunakan istilah "biro". Fungsi dan tugas Menjalankan pemerintahan kekuasaan eksekutif sesuai dengan perundang-undang yang telah ada serta isu-isu telah diputuskan oleh presiden. Fungsi penting lainnya melibatkan kementerian mengarahkan dan mengawasi lembaga dan institusi yang beroperasi di bawah tanggung jawab mereka. pekerjaan di kementerian dilakukan yang masing-masing menyiapkan hal-hal yang yang berkaitan dalam mandat pemberian presiden. kementerian melakukan pengawasan langsung pada daerah dan administrasi lokal di dalam sektor administratif lingkup tugasnya. dan Amerika Serikat tidak menggunakan istilah "kementerian" untuk bagian dalam pemerintahan dan hanya menggunakan istilah "departemen". dalam hal kementerian harus dapat bekerja dalam kerangka kerjasama yang erat dengan pemerintah daerah dan lokal. Termasuk menjalankan pelayanan administrasi dan berfungsi sebagai penjabat yang termasuk harus mempersiapkan keputusan kebijakan politik pemerintahan sesuai dengan mandat ikut pula mewakili sektor administratif yang relevan baik di dalam negeri serta dalam rangka kerjasama internasional.Beberapa negara seperti Swedia. biasanya mewakili cabang eksekutif. Kabinet dapat pula disebut sebagai Dewan Menteri. Filipina. daerah khusus dengan kerjasama melibatkan pengembangan perundang-undangan dan pelayanan publik. seperti otoritas lokal. Hendri dari http://wikipedia.org 43 . Disusun oleh. Kabinet (pemerintahan) Kabinet adalah suatu badan yang terdiri dari penjabat pemerintah senior/berlevel tinggi. dalam praktek.

Di banyak pemerintahan. gelar sekretaris juga Disusun oleh. atau Komite Eksekutif. Di negara-negara lain. Di banyak negara." dan lain-lain). termasuk yang menggunakan sistem Westminster. khususnya negara dengan sistem presidensial. kabinet tidak berfungsi sebagai pengaruh legislatif kolektif. menteri-menteri kabinet ditunjuk dari sebagian anggota legislatur dan tetap bekerja di legislatur sambil bekerja pula di kabinet.org 44 . Di beberapa negara. seperti Amerika Serikat. misalnya di Amerika Serikat. Peran kedua petugas kabinet adalah untuk mengurusi badan-badan atau departemendepartemen pemerintah (di Amerika Serikat dikenal dengan departemen eksekutif federal). oposisi dimungkinkan: anggota kabinet tidak boleh merangkap sebagai legislator. terutama yang menggunakan sistem Westminster. melainkan lebih kepada dewan penasihat resmi bagi kepala pemerintahan. Di negara-negara yang menganut sistem presidensial. kabinet secara kolektif menentukan kebijakan dan arah taktis pemerintah terkhusus mengenai legislasi yang disetujui parlemen. Filipina. dan legislator yang ditunjuk untuk menjadi anggota kabinet harus berhenti dari legislatur bila mereka berkenan diangkat menjadi menteri. presiden memperoleh pendapat dan nasihat untuk digunakan dalam menentukan keputusan mendatang.Dewan Eksekutif. Menurut cara ini. Hendri dari http://wikipedia. dan masing-masing memegang portofolio yang berbeda-beda yang ditugaskan pemerintah (misalnya "Menteri Kesehatan. dan Britania Raya. anggota kabinet diberi gelar menteri. penyebutan ini tergantung pada sistim pemerintahannya dan diketuai oleh presiden atau perdana menteri sebagai pimpinan kabinet Tinjauan singkat Di beberapa negara.

dan. muncul pada akhir abad ke-16. Banyak penelitian menemukan korelasi balikan di antara tingkatan pembangunan negara itu dan ukuran kabinetnya: rata-rata. sebagai kepala pegawai negeri kepada mana semua pegawai lainnya di departemen itu melapor. atau "private council" (dewan pribadi).[4] Charles I memulakan "Cabinet Council" (Dewan Kabinet) yang formal dari kekuasaannya pada 1625. ukuran kabinetnya lebih kecil. yang tidak disetujuinya: "Untuk mana ketidakmudahan. di mana hal itu dijelaskan kebiasaan asing.digunakan untuk beberapa anggota kabinet (misalnya "Sekretaris Pendidikan. Hendri dari http://wikipedia. Peran harian sebagian besar anggota kabinet adalah sebagai kepala satu ruas birokrasi nasional. kendati sebagian di antaranya berisi sepuluh sampai dua puluh menteri. Jaksa Agung juga duduk di kabinet. seringkali sulit untuk membedakan apakah council atau counsel yang digunakan. berarti nasihat yang diberikan secara pribadi kepada raja/ratu Inggris. Asal mula kabinet Menurut sejarahnya. Ukuran kabinet berbeda-beda. Istilah ini berasal dari nama sebuah Kabinet (ruang) yang digunakan untuk mengkaji suatu masalah. cara untuk memulihkan lebih buruk daripada penyakitnya itu sendiri. hath memperkenalkan cabinet counsel. negara yang lebih maju. memberikan ejaan yang tidak baku pada masa kini. di beberapa zaman raja-raja." dan lain-lain). Frase cabinet counsel. terbukti tidaklah cukup Disusun oleh. sebagai Dewan Penasihat Pribadi. diktrin Italia. kabinet bermula sebagai sub-kelompok yang lebih kecil dari Dewan Penasihat Monarki Inggris.[3] Oxford English Dictionary mengutip pernyataan Francis Bacon di dalam Essays-nya (1605) dengan penggunaan pertama Cabinet council. dan praktik Perancis.org 45 .

yang melapor kepada dewan menteri tentang segala temuan dan rekomendasi mereka. dan penggunaan pertama yang tercatat dari "cabinet" (kabinet) itu sendiri untuk suatu badan yang berasal dari tahun 1644. harus mendukung kebijakan pemerintah.org 46 . perdana menteri atau menteri utama adalah yang pertama atau paling senior di antara sekumpulan orang dengan jabatan setara. para anggota kabinet bertanggung jawab kepada semua kebijakan pemerintah. tidak memandang kepentingan pribadi. baik itu senior maupun junior di dalam kabinet. Karena rekomendasi ini telah disetujui oleh dewan menteri yang memegang portofolio. karena para pemimpin merasa harus memiliki Kabinet Dapur. Sebagian besar dokumentasi yang berserikat dengan deliberasi kabinet hanya akan diumumkan ke masyarakat pada periode yang dipandang cukup pantas setelah pembubaran kabinet. tiga puluh tahun setelah deliberasi dibuat. semua keputusan kabinet diambil oleh kabinet secara kolektif. maka rekomendasi ini biasanya disetujui oleh semua anggota kabinet dengan sedikit pembahasan lanjutan. Hendri dari http://wikipedia. Semua menteri. secara teoretis. perdana menteri adalah orang yang mana Disusun oleh. Kabinet Westminster Di bawah sistem Westminster. Kendati. dan lagi-lagi bermusuhan dan berserikat dengan istilah yang menunjukkan praktik asing. misalnya.pribadi. pada praktiknya ada banyak keputusan didelegasikan kepada berbagai subkomisi di kabinet (di Indonesia: deputi kementerian). Deliberasi kabinet adalah semua dokumen dan rahasia yang berkenaan dengan urusan kabinet. Proses ini berulang baru-baru ini. Tetapi. Teorinya.

sekurang-kurangnya. Kabinet bayangan terdiri dari anggota-anggota terkemuka. negaranegara persemakmuran lainnya yang model parlemennya didasarkan pada parlemen Britania Raya.kepala negara (raja atau presiden) pada akhirnya akan menerima nasihat dari/tentang pelaksanaan kekuasaan eksekutif. mempertanyakan keputusan mereka dan mengajukan kebijakan alternatif. perdana menteri memiliki derajat yang tinggi untuk mengendalikan kabinet: rentang tanggung jawab yang lebar untuk semua pengarahan pemerintah biasanya dilakukan sebagai hal preferensi (penentuan prioritas) oleh perdana menteri – baik itu karena mereka kurang merakyat dengan backbencher mereka. Hendri dari http://wikipedia. menggunakan senjata nuklir. yang mungkin saja meliputi kekuasaan untuk menyatakan perang. Australia. pada praktiknya. India. atau karena mereka yakin bahwa kabinet harus secara kolektif memutuskan segala hal. dan menentukan portofolio para menteri di dalam perombakan kabinet. atau frontbencher. Selandia Baru. Sistem kabinet Westminster adalah dasar dari kabinet-kabinet yang ada di jurisdiksi federal atau negara bagian (mungkin juga provinsi) di Kanada. mereka lebih pada menjalankan kebijakan daripada membuatnya. Kabinet presidensial Amerika Serikat Di bawah doktrin pemisahan kekuasaan. Selain Disusun oleh. memberhentikan menteri dari kabinet. kabinet di bawah sistem presidensial pemerintah adalah bagian dari cabang eksekutif. yang pada umumnya memegang portofolio kritisi yang "membayangi" kementerian di kabinet. Kedudukan ini berkaitan dengan kekuasaan eksekutif berarti bahwa. Secara teori.org 47 . dari sepihak partai oposisi.

mengadministrasi ruas cabang eksekutifnya masing-masing, seorang anggota kabinet bertanggung jawab untuk menasihati kepala pemerintahan di wilayah di lingkungan kerjanya. Mereka ditunjuk oleh dan bekerja atas dasar kehendak kepala pemerintahan; mereka adalah secara mutlak sub-ordinat eksekutif dan dapat diganti kapanpun. Normalnya, karena mereka ditunjuk oleh eksekutif, mereka adalah anggota partai politik yang sama, tetapi eksekutif bebas memilih siapa saja, bahkan dari anggota partai politik oposisi, menurut konfirmasi Kongres. Normalnya, legislatur atau ruas-ruas di dalamnya haruslah mengonfirmasi penunjukan anggota kabinet; ini adalah salah satu dari banyak penyetimbangan yang dibangun di dalam sistem presidensial. Legislator juga dapat mengenyahkan anggota kabinet melalui proses pemakzulan yang biasanya sulit. Di dalam Kabinet Amerika Serikat, anggota kabinet tidak bekerja untuk memengaruhi kebijakan legislatif menurut kaidah di dalam sistem Westminster; namun, tiap-tiap anggota menggunakan pengaruh yang besar menyangkut departemen eksekutif mereka. Sejak administrasi Franklin Roosevelt, Presiden Amerika Serikat seringkali bertindak melalui kantorkantor eksekutif atau Dewan Keamanan Nasional lebih daripada melalui kabinet seperti pada kasus administrasi Amerika Serikat di masa silam. Uni Eropa Di beberapa negara Eropa dan di dalam lembaga-lembaga Uni Eropa, sebuah cabinet (ejaan Perancis: [kabiˈne]) memiliki makna yang berbeda; ia adalah kantor pribadi para konsultan dan

Disusun oleh; Hendri dari http://wikipedia.org

48

asisten yang bekerja secara langsung untuk menteri atau eksekutif senior.

Kabinet Indonesia Bersatu II
Kabinet Indonesia Bersatu II (Inggris: Second United Indonesia Cabinet) adalah kabinet pemerintahan Indonesia pimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono. Susunan kabinet ini berasal dari usulan partai politik pengusul pasangan SBY-Boediono pada Pilpres 2009 yang mendapatkan kursi di DPR (Partai Demokrat, PKS, PAN, PPP, dan PKB) ditambah Partai Golkar yang bergabung setelahnya[1], tim sukses pasangan SBY-Boediono pada Pilpres 2009, serta kalangan profesional. Susunan Kabinet Indonesia Bersatu II diumumkan oleh Presiden SBY pada 21 Oktober 2009 dan dilantik sehari setelahnya.[2][3] Pada 19 Mei 2010, Presiden SBY mengumumkan pergantian Menteri Keuangan.

Proses penyusunan Mirip seperti proses penyusunan Kabinet Indonesia Bersatu, SBY kembali memanggil calon-calon anggota kabinet ke kediaman pribadinya di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, untuk melakukan uji kepatutan dan kelayakan serta penandatanganan pakta integritas dan kontrak politik. Yang menjadi tambahan dalam proses penyusunan Kabinet Indonesia Bersatu II ini adalah adanya tes kesehatan sebagai salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh para calon. Tes kesehatan dilakukan di RSPAD Gatot Soebroto. Proses pemanggilan dan tes kesehatan
Disusun oleh; Hendri dari http://wikipedia.org

49

berlangsung pada 17-21 Oktober 2009. Seluruh calon yang dipanggil dan mengikuti tes kesehatan akhirnya menjadi anggota kabinet, kecuali Nila Djuwita Anfasa Moeloek yang awalnya disebut-sebut sebagai calon Menteri Kesehatan. Anggota kabinet
Menteri

Berikut adalah menteri Kabinet Indonesia Bersatu II.
No . Jabatan Pejabat Foto

Menteri Koordinator 1 Bidang Politik, Hukum, dan Djoko Suyanto Keamanan

2

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian

Hatta Rajasa

Disusun oleh; Hendri dari http://wikipedia.org

50

Hendri dari http://wikipedia.org 51 .3 Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono 4 Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi 5 Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi 6 Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa 7 Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro 8 Menteri Hukum dan Hak Patrialis Akbar Asasi Manusia Disusun oleh.

Hendri dari http://wikipedia.org 52 .9 Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Sampai dengan 20 Mei 2010) Agus Martowardojo (Sejak 20 Mei 2010)[4] 10 Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Darwin Zahedy Saleh 11 Menteri Perindustrian M. Hidayat 12 Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu Disusun oleh. S.

org 53 . Hendri dari http://wikipedia.13 Menteri Pertanian Suswono 14 Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan 15 Menteri Perhubungan Freddy Numberi 16 Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad 17 Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar Disusun oleh.

org 54 . Hendri dari http://wikipedia.18 Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto 19 Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih 20 Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh 21 Menteri Sosial Salim Segaf Al-Jufri 22 Menteri Agama Suryadharma Ali Disusun oleh.

org 55 .23 Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik 24 Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring 25 Menteri Riset dan Teknologi Suharna Surapranata 26 Menteri Koperasi dan Syarief Hasan Usaha Kecil dan Menengah 27 Menteri Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta Disusun oleh. Hendri dari http://wikipedia.

org 56 . Hendri dari http://wikipedia.28 Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari 29 Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Evert Ernest Mangindaan 30 Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal Helmy Faishal Zaini 31 Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Armida Alisjahbana 32 Menteri Badan Usaha Milik Negara Mustafa Abubakar Disusun oleh.

Hendri dari http://wikipedia.33 Menteri Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa 34 Menteri Pemuda dan Olah Andi Raga Mallarangeng [sunting] Pejabat setingkat menteri Berikut adalah pejabat setingkat menteri pada Kabinet Indonesia Bersatu II.org 57 . 1 Jabatan Jaksa Agung Pejabat Hendarman Supandji (9 Mei 2007 – 24 September 2010) [8] Foto Darmono (Sejak 24 September 2010) [9] Disusun oleh.[7] No .

Hendri dari http://wikipedia.org 58 .2 Panglima Tentara Nasional Indonesia Djoko Santoso (28 Desember 2007 – 28 September 2010) Agus Suhartono (Sejak 28 September 2010) [10] 3 Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Bambang Hendarso Danuri (30 September 2007 – 22 Oktober 2010) Timur Pradopo (Sejak 22 Oktober 2010)[11] 4 Kepala Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan[12] Kuntoro Mangkusubroto[13] Pejabat lain terkait kabinet Disusun oleh.

[16] Selain Kepala Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan yang berkedudukan setingkat menteri. Jabatan Pejabat Foto 1 Kepala Badan Intelijen Negara Sutanto[17] 2 Kepala Badan Gita Wirjawan[18] [19][20] Koordinasi Penanaman Modal Disusun oleh. Hendri dari http://wikipedia. [14][15] Kepala lembaga pemerintah nonkementerian yang diumumkan bersamaan Pada saat pengumuman susunan Kabinet Indonesia Bersatu II. SBY juga mengumumkan penunjukan 3 pejabat lain yang ia sebut sebagai "pejabat negara yang memiliki peran penting dalam penyuksesan program kerja Kabinet Indonesia Bersatu II lima tahun mendatang".org 59 . yaitu: No .Sekretaris Kabinet Sekretaris Kabinet dijabat oleh Dipo Alam sejak 7 Januari 2010. 2 pejabat lain yang diumumkan adalah kepala lembaga pemerintah nonkementerian.

Wakil menteri Berikut adalah wakil menteri yang mendampingi beberapa menteri pada Kabinet Indonesia Bersatu II. No . Wakil menteri merupakan pejabat karier dan bukan anggota kabinet. Jabatan Pejabat Triyono Wibowo Foto 1 Wakil Menteri Luar Negeri 2 Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin 3 4 5 6 7 Wakil Menteri Perindustrian Wakil Menteri Perdagangan Wakil Menteri Pertanian Wakil Menteri Perhubungan Wakil Menteri Pekerjaan Alex Retraubun Mahendra Siregar Bayu Krisnamurthi Bambang Susantono Hermanto 60 Disusun oleh.org . Hendri dari http://wikipedia.

2. Daftar 1. dikepalai oleh M.Umum 8 Wakil Menteri Pendidikan Nasional Wakil Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Dardak Fasli Djalal Lukita Dinarsyah Tuwo Anny Ratnawati (Sejak 20 Mei 2010) 9 10 Wakil Menteri Keuangan Lembaga pemerintah nonkementerian Lembaga pemerintah nonkementerian (dahulu lembaga pemerintah nondepartemen. disingkat LPND) adalah lembaga negara di Indonesia yang dibentuk untuk melaksanakan tugas pemerintahan tertentu dari presiden. dikepalai oleh Jenderal Polisi (Purn. Kepala LPND berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada presiden melalui menteri atau pejabat setingkat menteri yang mengoordinasikan. Disusun oleh.Asichin. Badan Kepegawaian Negara (BKN). Badan Intelijen Negara (BIN). Hendri dari http://wikipedia.) Sutanto. dikepalai oleh Prapto Hadi. Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).org 61 . 3.

6. Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI). dikepalai oleh Syamsul Ma'arif. Badan Pusat Statistik (BPS). dikepalai oleh Sugiri Syarief. Badan Narkotika Nasional (BNN) 9. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). 10. 17. dikepalai oleh Dr. dikepalai oleh A. 13.4. Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) 11. dikepalai oleh Dr. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). 20. 19. S. dan Geofisika (BMKG). Badan Meteorologi. Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). 5. Natio Lasman. Badan Standardisasi Nasional (BSN). Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) 16. Sri B. Bambang Setiadi. 14. Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) 15. 8. Husniah Rubiana Thamrin Akib. dikepalai oleh Joyo Winoto. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten). Badan SAR Nasional (Basarnas). 12. dikepalai oleh Gita Wirjawan. dikepalai oleh Marsekal Madya TNI Ida Bagus Sanubari.Ir. Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal) 7. Disusun oleh. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Klimatologi. dikepalai oleh Dr. 18. dikepalai oleh Armida Alisjahbana. Harjono.org 62 . dikepalai oleh Jumhur Hidayat. Hendri dari http://wikipedia. dikepalai oleh Rusman Heriawan. Badan Pertanahan Nasional (BPN).

23. dipimpin oleh Gubernur Muladi. 25. Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg). dikepalai oleh Dr. 22.21. "badan". LNS bersifat nonstruktural. "tim".Wirjono Budiharso. dan lain-lain.[1] LNS bertugas memberi pertimbangan kepada presiden atau menteri. Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas). tetapi LNS dapat juga dikepalai oleh menteri. Daftar lembaga nonstruktural Disusun oleh. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) 26. Lembaga Administrasi Negara (LAN). dalam arti tidak termasuk dalam struktur organisasi kementerian ataupun lembaga pemerintah nonkementerian. "lembaga". dikepalai oleh Umar Anggara Jenie. 24. dikepalai oleh Asmawi Riawansyah. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) Lembaga nonstruktural Lembaga nonstruktural (disingkat LNS) adalah lembaga negara di Indonesia yang dibentuk untuk melaksanakan fungsi sektoral dari lembaga pemerintahan yang sudah ada. Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN). Kepala LNS umumnya ditetapkan oleh presiden. Hendri dari http://wikipedia.org 63 . atau dalam rangka koordinasi atau pelaksanaan kegiatan tertentu atau membantu tugas tertentu dari suatu kementerian. Hudi Hastowo. 27.dikepalai oleh Mayjen. bahkan wakil presiden atau presiden sendiri. Sedangkan nomenklatur yang digunakan antara lain adalah "dewan". Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

• • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • Badan Narkotika Nasional (BNN) Badan Pelaksana APEC Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Badan Pengembangan Ekspor Nasional Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Badan Pengkajian Ekonomi.org 64 . karena memang belum terdapat definisi secara formal mengenai LNS yang dapat dijadikan pedoman dalam mendefinisikan suatu lembaga sebagai LNS atau bukan. Daftar ini mungkin belum mencakup keseluruhan. Keuangan dan Kerjasama Internasional Badan Pertimbangan Jabatan Nasional (Baperjanas) Badan Pertimbangan Kepegawaian (Bapek) Badan Pertimbangan Perfilman Nasional Badan Reintegrasi Aceh (BRA) Dewan Buku Nasional Dewan Ekonomi Nasional (DEN) Dewan Gula Indonesia Dewan Kelautan Indonesia Dewan Ketahanan Pangan Dewan Pembina Industri Strategis Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah (DPOD) Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Dewan TIK Nasional (Detiknas) Komisi Hukum Nasional (KHN) Disusun oleh.Berikut adalah daftar LNS di Indonesia. LAN [2] mengindentifikasikan jumlah LNS mencapai 92 lembaga. Pertengahan tahun 2009. Hendri dari http://wikipedia.

Berikut adalah daftar beberapa lembaga independen: • • • • • • • • • • Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) Badan Arbitrase Pasar Modal Indonesia (BAPMI) Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Dewan Pers Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Komisi Penanggulan Aids 65 Disusun oleh. Hendri dari http://wikipedia. Lembaga-lembaga ini dibentuk oleh pemerintah pusat.org .• • • • • • • • • • • Komisi Independen Pengusutan Tindak Kekerasan di Aceh Komisi Kebenaran dan Persahabatan (KKP) Komisi Kejaksaan Republik Indonesia Komisi Kepolisian Nasional Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) Lembaga Sensor Film (LSF) Tim Bakorlak Inpres 6 Tim Pengembangan Industri Hankam Unit Kerja Presiden untuk Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) Lembaga independen Lembaga independen juga sering diklasifikasikan sebagai LNS. namun bekerja secara independen.

tidak adanya definisi secara formal mengenai LNS mempersulit para pakar maupun lembaga dalam mengidentifikasikan LNS. perpres. LAN mengindentifikasikan jumlah LNS mencapai 92 lembaga. Peningkatan jumlah LNS setiap tahunnya dapat menyebabkan tugas dan fungsi tumpang tindih dengan lembaga yang sudah ada dan dapat menambah pengeluaran anggaran belanja negara. Akibatnya. Pertengahan tahun 2009. ataupun keppres. Ada yang dibentuk melalui UU.org 66 .• • • • • • • Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Komisi Yudisial (KY) Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Bekas lembaga nonstruktural • • • Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi untuk Aceh dan Nias (BRR Aceh-Nias) Unit Kerja Presiden untuk Pengelolaan Program Kebijakan dan Reformasi (UPK3KR) Kontroversi Pembentukan LNS mulai marak pasca reformasi. Selain itu. walau ada beberapa LNS yang tidak memerlukan anggaran besar.[2] Disusun oleh. PP. Hendri dari http://wikipedia. terjadi perbedaan opini tentang jumlah LNS yang ada di Indonesia.

Lembaga yang akan dihapus dan digabungkan tersebut hanyalah lembaga yang dibentuk dengan keppres dan perpres. sedangkan yang dibentuk dengan UU akan dilakukan penelaahan lebih komprehensif. audit kinerja dan audit keuangan akan kesulitan untuk menilai akuntabilitas LNS bersangkutan. Karena tidak adanya laporan kinerja dan laporan keuangan yang mandiri. Penataan ini akan dilakukan dalam waktu 5 tahun. Dari 92 lembaga.[2] Penataan Berdasarkan hasil kajian yang dilakukan oleh Setneg bekerjasama dengan 14 perguruan tinggi dan melibatkan beberapa pakar melalui kegiatan penelitian. Sepertiga dari jumlah LNS dibiayai oleh APBN.[1][3] 13 LNS yang akan dihapus adalah sebagai berikut:[4] • • • • Komite Standar untuk Satuan Ukuran Komite antar Departemen Bidang Kehutanan Badan Pengembangan Kehidupan Beragama Badan Pembina BUMN 67 Disusun oleh. muncul rekomendasi untuk menata ulang keberadaan LNS. Pendanaan kegiatannya bergabung dengan pendanaan kegiatan kementerian/lembaga. diskusi dan seminar. sedangkan 39 lainnya akan digabungkan.org . baik untuk laporan keuangan maupun laporan kinerja yang berada di kementerian/lembaga. bukan sebagai satuan kerja tersendiri. Pertanggungjawaban pelaksanaan APBN. Hendri dari http://wikipedia. Hal ini dapat berimplikasi pada tumpang tindihnya tugas dan wewenang antara kementerian/lembaga dengan LNS yang nantinya dapat menyebabkan inefisiensi anggaran.Posisi LNS dalam konteks keuangan negara juga menjadi sorotan. 13 diusulkan dihapus. bukan dilakukan oleh LNS sebagai lembaga.

maupun Perwakilan RI tertentu yang bersifat sementara. Hendri dari http://wikipedia.org 68 .• • • • • • • • • Badan Pertimbangan Kepegawaian Badan Kebijaksanaan dan Pengendalian Pembangunan Perumahan dan Permukiman Nasional Dewan Koperasi Indonesia Komite Nasional Pengendalian Flu Burung dan Kesiapsiagaan Menghadapi Pandemi Influenza Badan Pengembangan Pariwisata dan Kesenian Badan Koordinasi Energi Nasional Komite Kebijakan Percepatan Penyediaan Infrastruktur Komite Privatisasi Perusahaan Perseroan Komisi Independen Pengusutan Tindak Kekerasan di Aceh Perwakilan Indonesia di luar negeri Perwakilan Indonesia di luar negeri (nama resmi: Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri) adalah lembaga negara yang mewakili kepentingan Indonesia secara keseluruhan di negara lain atau pada organisasi internasional. Perwakilan Indonesia di luar negeri terdiri atas: • Perwakilan diplomatik. kegiatannya mencakup semua kepentingan negara RI dan wilayah kerjanya meliputi seluruh wilayah negara penerima atau yang bidang Disusun oleh. Perutusan Tetap RI pada PBB. Konsulat Jenderal Republik Indonesia (Konjen RI). Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri dapat berupa Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI). Konsulat RI.

Majelis Permusyawaratan Rakyat Majelis Permusyawaratan Rakyat (disingkat MPR) adalah lembaga legislatif bikameral yang merupakan salah satu lembaga tinggi negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia. MPR bersidang sedikitnya sekali dalam lima tahun di ibukota negara. Perwakilan konsuler.• kegiatannya meliputi bidang kegiatan suatu organisasi internasional. dan Utusan Golongan. Hendri dari http://wikipedia. yang terdiri atas anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan anggota Dewan Perwakilan Daerah. Utusan Daerah. Sejarah Disusun oleh. Jumlah anggota MPR periode 2009–2014 adalah 692 orang yang terdiri atas 560 Anggota DPR dan 132 anggota DPD.org 69 . Anggota MPR tidak dipilih secara langsung oleh rakyat melainkan berasal dari anggota DPR dan DPD yang dipilih melalui pemilihan umum secara langsung oleh rakyat atau anggota DPR dan anggota DPD ex officio anggota MPR. Dahulu sebelum Reformasi MPR merupakan Lembaga Tertinggi Negara. dan berakhir bersamaan pada saat anggota MPR yang baru mengucapkan sumpah/janji. Masa jabatan anggota MPR adalah 5 tahun. kegiatannya mencakup semua kepentingan negara RI di bidang konsuler dan mempunyai wilayah kerja tertentu dalam wilayah negara penerima. yang terdiri dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat.

DPR dan MPR ketika itu. dibentuk Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP).org 70 . Mengingat fungsi dan kewenangan MPR yang tinggi seperti mengubah Undang-Undang Dasar. ditambah dengan utusan dari daerah-daerah dan golongan-golongan. dianggap sebagai penjelmaan seluruh rakyat. Sejarah mencatat. Atas dasar itulah MPR melaksanakan kedaulatan rakyat. KNIP kemudian berubah menjadi semacam parlemen. tidak terlepas dari keinginan para pendiri negara bahwa negara yang didirikan adalah negara yang demokratis. KNIP bertugas membantu Presiden dalam menjalankan kekuasaan negara. Dalam perkembangan sejarahnya. Hal ini. Hendri dari http://wikipedia. Keberadaan badan-badan perwakilan. mengangkat dan memberhentikan Presiden/Wakil Presiden. yang oleh Undang-Undang Dasar 1945 diwujudkan ke dalam Dewan Perwakilan Rakyat dan Majelis Permusyawaratan Rakyat. sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Dasar.Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) lahir seiring dengan berdirinya negara Indonesia sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat. sejalan dengan perubahan sistem pemerintahan dari sistem Presidensial ke sistem Parlementer. MPR yang anggota-anggotanya terdiri atas anggota DPR. tempat Perdana Menteri dan anggota kabinet bertanggung jawab. maka para ahli hukum tata negara menyebut MPR sebagai lembaga tertinggi Disusun oleh. Sesuai ketentuan Pasal IV Aturan Peralihan UndangUndang Dasar 1945. sebelum terbentuknya lembagalembaga negara. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pada tanggal 29 Agustus 1945 sesaat setelah proklamasi kemerdekaan. pada pertengahan Oktober 1945. bahwa KNIP adalah cikal bakal (embrio) dari badan perwakilan di Indonesia.

Sebagai sebuah lembaga. Meskipun demikian. Bergulirnya reformasi yang menghasilkan reformasi konstitusi telah mendorong para pengambil keputusan untuk tidak menempatkan MPR dalam posisi sebagai lembaga tertinggi.” . Pasal 1 ayat (2) yang semula berbunyi: “Kedaulatan adalah di tangan rakyat. sejarah menunjukkan bahwa negara Indonesia baru membentuk MPR yang bersifat sementara setelah Dekrit Presiden tanggal 5 Juli 1959. MPR begitu kuat posisinya. Hendri dari http://wikipedia. baik MPRS maupun MPR telah memberikan sumbangan yang besar bagi pembangunan bangsa dan negara. sebagai pelaksana sepenuhnya kedaulatan rakyat. MPR juga tidak luput dari pasang surut seiring dengan perjalanan sistem ketatanegaraan. sedangkan MPR yang dibentuk berdasarkan hasil Pemilihan Umum baru terlaksana pada tahun 1971. Setelah reformasi. Perubahan Undang-Undang Dasar telah mendorong penataan ulang posisi lembaga-lembaga negara terutama mengubah kedudukan. fungsi dan kewenangan MPR yang dianggap tidak selaras dengan pelaksanaan prinsip demokrasi dan kedaulatan rakyat sehingga sistem ketatanegaraan dapat berjalan optimal. Pandangan ini kemudian dikukuhkan dalam Ketetapan MPR Nomor VI/MPR/1973 tentang Kedudukan dan Hubungan Tata Kerja Lembaga Tertinggi Negara dengan atau Lembagalembaga Tinggi Negara. bukan lagi penjelmaan seluruh rakyat Indonesia yang melaksanakan kedaulatan rakyat. MPR menjadi lembaga negara yang sejajar kedudukannya dengan lembaga-lembaga negara lainnya.org 71 .negara. setelah perubahan Undang-Undang Disusun oleh. Sejak terbentuknya. dan dilakukan sepenuhnya oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat. Di masa lalu. begitu besar tugas dan kewenangannya bahkan disebut sebagai Lembaga Tertinggi Negara.

Dasar diubah menjadi “Kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar. Tugas. Tugas. diberhentikan. Memutuskan usul DPR berdasarkan putusan (Mahkamah Konstitusi) untuk memberhentikan Presiden/Wakil Presiden dalam masa jabatannya. yang sebelum maupun setelah perubahan salah satunya mempunyai tugas mengubah dan menetapkan Undang-Undang Dasar sebagai hukum dasar negara yang mengatur hal-hal penting dan mendasar. wewenang. dan wewenang MPR secara konstitusional diatur dalam Pasal 3 UUD 1945. Hendri dari http://wikipedia.org 72 . berhenti. (UndangUndang Dasar) Melantik Presiden dan Wakil Presiden berdasarkan hasil pemilihan umum. Disusun oleh.” Dengan demikian pelaksanaan kedaulatan rakyat tidak lagi dijalankan sepenuhnya oleh sebuah lembaga negara. yaitu MPR. Oleh karena itu dalam perkembangan sejarahnya MPR dan konstitusi yaitu UndangUndang Dasar mempunyai keterkaitan yang erat seiring dengan perkembangan ketatanegaraan Indonesia. dan hak Tugas dan wewenang MPR antara lain: • • • • Mengubah dan menetapkan (Undang-Undang Dasar Republik Indonesia 1945). atau tidak dapat melaksanakan kewajibannya dalam masa jabatannya. tetapi melalui cara-cara dan oleh berbagai lembaga negara yang ditentukan oleh UUD 1945. Melantik Wakil Presiden menjadi Presiden apabila Presiden mangkat.

Sidang MPR sah apabila dihadiri: • • • sekurang-kurangnya 3/4 dari jumlah Anggota MPR untuk memutus usul DPR untuk memberhentikan Presiden/Wakil Presiden sekurang-kurangnya 2/3 dari jumlah Anggota MPR untuk mengubah dan menetapkan UUD sekurang-kurangnya 50%+1 dari jumlah Anggota MPR sidang-sidang lainnya Putusan MPR sah apabila disetujui: • sekurang-kurangnya 2/3 dari jumlah Anggota MPR yang hadir untuk memutus usul DPR untuk memberhentikan Presiden/Wakil Presiden 73 Disusun oleh. menentukan sikap dan pilihan dalam pengambilan putusan.• • Memilih Wakil Presiden dari 2 calon yang diajukan Presiden apabila terjadi kekosongan jabatan Wakil Presiden dalam masa jabatannya. Presiden dan wakil presiden dipilih langsung oleh rakyat tidak lagi oleh MPR. dan hak protokoler. Sidang MPR bersidang sedikitnya sekali dalam lima tahun di ibukota negara. Anggota MPR memiliki hak mengajukan usul perubahan pasalpasal UUD. hak imunitas. Hendri dari http://wikipedia. Setelah Sidang MPR 2003.org . Memilih Presiden dan Wakil Presiden apabila keduanya berhenti secara bersamaan dalam masa jabatannya.

Thohari (F-PG) Wakil Ketua: Melani Leimena Suharli (F-PD) Wakil Ketua: Lukman Hakim Saifudin (F-PPP) Wakil Ketua: Ahmad Farhan Hamid (Kelompok DPD) Kedudukan Sebelum perubahan UUD 1945 Berdasarkan UUD 1945 (sebelum perubahan). Panitia Ad Hoc. terlebih dahulu diupayakan pengambilan putusan dengan musyawarah untuk mencapai mufakat. dan Badan Kehormatan.org 74 . Pimpinan MPR periode 2009–2014 adalah: • • • • • Ketua: Taufiq Kiemas (F-PDIP) Wakil Ketua: Hajriyanto Y. Sebelum mengambil putusan dengan suara yang terbanyak. Alat kelengkapan Alat kelengkapan MPR terdiri atas: Pimpinan. Pimpinan MPR terdiri atas seorang ketua dan 4 orang wakil ketua yang dipilih dari dan oleh Anggota MPR dalam Sidang Paripurna MPR.• sekurang-kurangnya 50%+1 dari seluruh jumlah Anggota MPR untuk memutus perkara lainnya. Hendri dari http://wikipedia. MPR merupakan lembaga tertinggi negara sebagai pemegang dan pelaksana sepenuhnya kedaulatan rakyat. Disusun oleh.

Setelah perubahan UUD 1945

Perubahan UUD 1945 membawa implikasi terhadap kedudukan, tugas, dan wewenang MPR. Kini MPR berkedudukan sebagai lembaga tinggi negara yang setara dengan lembaga tinggi negara lainnya seperti Lembaga Kepresidenan, DPR, DPD, BPK, MA, dan MK. MPR juga tidak lagi memiliki kewenangan untuk menetapkan GBHN. Selain itu, MPR tidak lagi mengeluarkan Ketetapan MPR (TAP MPR), kecuali yang berkenaan dengan menetapkan Wapres menjadi Presiden, memilih Wapres apabila terjadi kekosongan Wapres, atau memilih Presiden dan Wakil Presiden apabila Presiden dan Wakil Presiden mangkat, berhenti, diberhentikan, atau tidak dapat melakukan kewajibannya dalam masa jabatannya secara bersama-sama. Hal ini berimplikasi pada materi dan status hukum Ketetapan MPRS/MPR yang telah dihasilkan sejak tahun 1960 sampai dengan tahun 2002. Saat ini Ketetapan MPR (TAP MPR) tidak lagi menjadi bagian dari hierarki Peraturan Perundang-undangan.

Dewan Perwakilan Rakyat
Dewan Perwakilan Rakyat (disingkat DPR) adalah lembaga tinggi negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia yang merupakan lembaga perwakilan rakyat dan memegang kekuasaan membentuk Undang-Undang. DPR memiliki fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan. DPR terdiri atas anggota partai politik peserta pemilihan umum, yang dipilih berdasarkan hasil Pemilihan Umum. Anggota DPR
Disusun oleh; Hendri dari http://wikipedia.org

75

periode 2009–2014 berjumlah 560 orang. Masa jabatan anggota DPR adalah 5 tahun, dan berakhir bersamaan pada saat anggota DPR yang baru mengucapkan sumpah/janji. DPR dianggap sebagai institusi paling korup di Indonesia Sejarah Sejarah DPR RI dimulai sejak dibentuknya Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) oleh Presiden pada tanggal 29 Agustus 1945 di Gedung Kesenian, Pasar Baru Jakarta. Tanggal peresmian KNIP ini (29 agustus 1945) dijadikan sebagai hari lahir DPR RI. Dalam Sidang KNIP yang pertama dipilih pimpinan sebagai berikut:
• • • •

Ketua : Mr. Kasman Singodimedjo Wakil Ketua I : Mr. Sutardjo Kartohadikusumo Wakil Ketua II : Mr. J. Latuharhary Wakil Ketua III : Adam Malik

Adapun pimpinan saat ini (2010) sebagai berikut:
• • • • •

Ketua: H. Marzuki Alie, SE., MM. (Fraksi Partai Demokrat) Wakil Ketua: Ir. Taufik Kurniawan, MM. (Fraksi Partai Amanat Nasional) Wakil Ketua: Drs. H. Priyo Budi Santoso (Fraksi Partai Golongan Karya) Wakil Ketua: Ir. H. Pramono Anung Wibowo, MM. (Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan) Wakil Ketua: H.M. Anis Matta, Lc. (Fraksi Partai Keadilan Sejahtera) 76

Disusun oleh; Hendri dari http://wikipedia.org

Jika dihitung sejak Proklamasi 17 Agustus 1945, DPR RI saat (2010) ini adalah dewan yang ketujuhbelas[3]. Dewan-dewan selengkapnya sebagai berikut:
• • • • • • • •

• • • • • • •

Dewan Pertama: Komite Nasional Indonesia Pusat (29 Agustus 1945 - 15 Agustus 1950) Dewan Kedua: DPR Republik Indonesia Serikat (15 Februari 1950 - 15 Agustus 1950) Dewan Ketiga: DPR Sementara (16 Agustus 1950 - 26 Maret 1956) Dewan Keempat: DPR Pemilu 1955 (26 Maret 1956 - 22 Juli 1959) Dewan Kelima: DPR Peralihan (22 Juli 1959 - 26 Juni 1960) Dewan Keenam: DPR Gotong Royong (26 Juni 1960 - 15 November 1965) Dewan Ketujuh: DPR Gotong-Royong tanpa PKI (15 November 1965 - 19 November 1966) Dewan Kedelapan: DPR Gotong Royong - DPR Orde Baru (19 November 1966 - 28 Oktober 1971) Dewan Kesembilan: DPR Pemilu 1971 (28 Oktober 1971 - 1 Oktober 1977) Dewan Kesepuluh: DPR Pemilu 1977 (1 Oktober 1977 - 1 Oktober 1982} Dewan Kesebelas: DPR Pemilu 1982 (1 Oktober 1982 - 1 Oktober 1987) Dewan Keduabelas: DPR Pemilu 1987 (1 Oktober 1987 - 1 Oktober 1992) Dewan Ketigabelas: DPR Pemilu 1992 (1 Oktober 1992 - 1 Oktober 1997) Dewan Keempatbelas: DPR Pemilu 1997 (1 Oktober 1997 - 1 Oktober 1999) Dewan Kelimabelas: DPR Pemilu 1999 (1 Oktober 1999 - 1 Oktober 2004) 77

Disusun oleh; Hendri dari http://wikipedia.org

org .• • Dewan Keenambelas: DPR Pemilu 2004 (1 Oktober 2004 . Memberikan persetujuan kepada Presiden atas pengangkatan dan pemberhentian anggota Komisi Yudisial Memberikan persetujuan calon hakim agung yang diusulkan Komisi Yudisial untuk ditetapkan sebagai hakim agung oleh Presiden 78 Disusun oleh. Hendri dari http://wikipedia. APBN. serta kebijakan pemerintah Memilih anggota Badan Pemeriksa Keuangan dengan memperhatikan pertimbangan DPD Membahas dan menindaklanjuti hasil pemeriksaan atas pertanggungjawaban keuangan negara yang disampaikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan.1 Oktober 2009) Dewan Ketujuhbelas: DPR Pemilu 2009 (mulai 1 Oktober 2009) Tugas dan wewenang Tugas dan wewenang DPR antara lain: • • • • • • • • • Membentuk Undang-Undang yang dibahas dengan Presiden untuk mendapat persetujuan bersama Membahas dan memberikan persetujuan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Menerima dan membahas usulan RUU yang diajukan DPD yang berkaitan dengan bidang tertentu dan mengikutsertakannya dalam pembahasan Menetapkan APBN bersama Presiden dengan memperhatikan pertimbangan DPD Melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan UU.

menghimpun. hak imunitas. dan DPRD. mengajukan pertanyaan. menyampaikan usul dan pendapat. hak angket. pemekaran dan penggabungan daerah. DPD. Memberikan pertimbangan kepada Presiden untuk mengangkat duta. pembentukan. dan agama. menampung dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat Memperhatikan pertimbangan DPD atas rancangan undang-undang APBN dan rancangan undang-undang yang berkaitan dengan pajak. dan hak menyatakan pendapat. serta hak protokoler. pendidikan. pendidikan. Hendri dari http://wikipedia. DPR. hubungan pusat dan daerah. dalam melaksanakan tugas dan Disusun oleh. membela diri. pajak. Hak Pada anggota DPR melekat hak ajudikasi dan legislasi yakni berupa hak interpelasi. dan agama. dan memberikan pertimbangan dalam pemberian amnesti dan abolisi Memberikan persetujuan kepada Presiden untuk menyatakan perang. Menurut Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2009 tentang MPR.org 79 . Membahas dan menindaklanjuti hasil pengawasan yang diajukan oleh DPD terhadap pelaksanaan undang-undang mengenai otonomi daerah. sumber daya alam dan sumber daya ekonomi lainnya. Anggota DPR juga memiliki hak mengajukan RUU. pelaksanaan APBN.• • • • • • Memilih tiga orang calon anggota hakim konstitusi dan mengajukannya kepada Presiden untuk ditetapkan. menerima penempatan duta negara lain. membuat perdamaian. dan perjanjian dengan negara lain Menyerap.

termasuk memimpin rapat-rapat paripurna dan menetapkan sanksi atau rehabilitasi. Badan Anggaran. lembaga-lembaga tinggi negara lain. Jika permintaan ini tidak dipatuhi. Badan Urusan Rumah Tangga. yang bersangkutan dapat disandera paling lama 15 hari (sesuai dengan peraturan perundang-undangan). pejabat pemerintah. dan alat kelengkapan lain yang diperlukan.org 80 . serta memimpin jalannya administratif kelembagaan secara umum. Disusun oleh. terdiri dari seorang ketua dan 4 orang wakil ketua yang dipilih dari dan oleh Anggota DPR dalam Sidang Paripurna DPR. Fungsi pokoknya secara umum adalah mewakili DPR secara simbolis dalam berhubungan dengan lembaga eksekutif.wewenangnya. atau warga masyarakat untuk memberikan keterangan. Alat kelengkapan Alat kelengkapan DPR terdiri atas: Pimpinan. Badan Musyawarah. Badan Legislasi. Jika panggilan paksa ini tidak dipenuhi tanpa alasan yang sah. Panitia Anggaran. maka dapat dikenakan panggilan paksa (sesuai dengan peraturan perundang-undangan). Pimpinan DPR bersifat kolektif kolegial. Pimpinan Kedudukan Pimpinan dalam DPR dapat dikatakan sebagai Juru Bicara Parlemen. dan lembaga-lembaga internasional. Komisi. badan hukum. Hendri dari http://wikipedia. Badan Kerjasama Antar-Parlemen. DPR berhak meminta pejabat negara.

dan pangan. dan informasi. usaha kecil dan menengah). Hendri dari http://wikipedia. dan keamanan. DPR mempunyai 11 komisi dengan ruang lingkup tugas dan pasangan kerja masing-masing: • • • • • • • • Komisi I.Komisi Komisi adalah unit kerja utama di dalam DPR. perumahan rakyat. membidangi pemerintahan dalam negeri. koperasi. dan agraria. Komisi II. membidangi energi. substansinya dikerjakan di dalam komisi. pembangunan pedesaan dan kawasan tertinggal. otonomi daerah. membidangi perhubungan. membidangi pertahanan. aparatur negara. investasi. perindustrian. pekerjaan umum. dan badan usaha milik negara. membidangi hukum dan perundangundangan. perikanan. perkebunan.org . kehutanan. Pada periode 2009-2014. pengisian keanggotan komisi terkait erat dengan latar belakang keilmuan atau penguasaan anggota terhadap masalah dan substansi pokok yang digeluti oleh komisi. Komisi III. dan lingkungan. Komisi V. telekomunikasi. Komisi VII. kelautan. membidangi pertanian. hak asasi manusia. riset dan teknologi. sumber daya mineral. Komisi IV. membidangi perdagangan. Hampir seluruh aktivitas yang berkaitan dengan fungsi-fungsi DPR. Pada umumnya. Setiap anggota DPR (kecuali pimpinan) harus menjadi anggota salah satu komisi. membidangi agama. Komisi VIII. luar negeri. 81 Disusun oleh. Komisi VI. sosial dan pemberdayaan perempuan.

Anggota Bamus berjumlah sebanyak-banyaknya sepersepuluh dari anggota DPR. perencanaan pembangunan nasional. Pimpinan Bamus langsung dipegang oleh Pimpinan DPR. Badan Anggaran Badan Anggaran DPR dibentuk oleh DPR dan merupakan alat kelengkapan DPR yang bersifat tetap yang memiliki tugas pokok melakukan pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. membidangi kependudukan. pariwisata. tenaga kerja dan transmigrasi. pemuda. perbankan. sebelum dibahas dalam Rapat Paripurna sebagai forum tertinggi di DPR yang dapat mengubah putusan Bamus. Bamus antara lain memiliki tugas menetapkan acara DPR. Komisi X. Susunan keanggotaan Badan Anggaran ditetapkan pada permulaan masa keanggotaan DPR. dan lembaga keuangan bukan bank. Komisi XI.org 82 . berdasarkan perimbangan jumlah anggota tiaptiap Fraksi. Susunan keanggotaan Badan Anggaran terdiri atas anggota-anggota Disusun oleh. Badan Musyawarah Bamus merupakan miniatur DPR. membidangi pendidikan.• • • Komisi IX. Hendri dari http://wikipedia. kesenian. membidangi keuangan. olahraga. Pembentukan Bamus sendiri dilakukan oleh DPR melalui Rapat Paripurna pada permulaan masa keanggotaan DPR. serta jangka waktu penyelesaian dan prioritas RUU). termasuk mengenai perkiraan waktu penyelesaian suatu masalah. dan kebudayaan. Sebagian besar keputusan penting DPR digodok terlebih dahulu di Bamus. kesehatan.

seluruh unsur Komisi dengan memperhatikan perimbangan jumlah anggota Fraksi. BK merupakan salah satu alat kelengkapan yang bersifat sementara. Tugas pokok Baleg antara lain: merencanakan dan menyusun program serta urutan prioritas pembahasan RUU untuk satu masa keanggotaan DPR dan setiap tahun anggaran. dan dibentuk pada tahun 2000. dan susunan keanggotaannya ditetapkan pada permulaan masa Disusun oleh. Hendri dari http://wikipedia. Baleg juga melakukan evaluasi dan penyempurnaan tata tertib DPR dan kode etik anggota DPR. Badan Legislasi dibentuk DPR dalam Rapat paripurna. Badan Kehormatan Badan Kehormatan (BK) DPR merupakan alat kelengkapan paling muda saat ini di DPR. dan pada akhirnya memberikan laporan akhir berupa rekomendasi kepada Pimpinan DPR sebagai bahan pertimbangan untuk menjatuhkan sanksi atau merehabilitasi nama baik Anggota. misalnya dalam hal rendahnya tingkat kehadiran dan konflik kepentingan. BK DPR melakukan penelitian dan pemeriksaan terhadap dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh Anggota DPR. Pembentukan DK di DPR merupakan respon atas sorotan publik terhadap kinerja sebagian anggota dewan yang buruk.org 83 . Tugas Dewan Kehormatan dianggap selesai setelah menyampaikan rekomendasi kepada Pimpinan DPR. Badan Legislasi Badan Legislasi (Baleg) merupakan alat kelengkapan DPR yang lahir pasca Perubahan Pertama UUD 1945. Rapat-rapat Dewan Kehormatan bersifat tertutup.

termasuk kesejahteraan Anggota dan Pegawai Sekretariat Jenderal DPR berdasarkan hasil rapat Badan Musyawarah. DPR menetapkan susunan dan keanggotaan BKSAP pada permulaan masa keanggotaan DPR dan permulaan tahun sidang. Hendri dari http://wikipedia.keanggotaan DPR berdasarkan perimbangan jumlah anggota tiap-tiap Fraksi. Badan Urusan Rumah Tangga Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR bertugas menentukan kebijakan kerumahtanggaan DPR. yang dipilih dari dan oleh anggota BKSAP berdasarkan prinsip musyawarah untuk mufakat dan proporsional dengan memperhatikan keterwakilan perempuan menurut perimbangan jumlah anggota tiap-tiap fraksi. dibentuk oleh DPR dan merupakan alat kelengkapan DPR yang bersifat tetap. yang selanjutnya disingkat BKSAP. Keanggotaan Badan Legislasi tidak dapat dirangkap dengan keanggotaan Pimpinan Komisi. Pimpinan BKSAP merupakan satu kesatuan pimpinan yang bersifat kolektif dan kolegial.org 84 . dan keanggotaan Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP). Jumlah anggota BKSAP ditetapkan dalam rapat paripurna menurut perimbangan dan pemerataan jumlah anggota tiap-tiap fraksi pada permulaan masa keanggotaan DPR dan pada permulaan tahun sidang. keanggotaan Badan Urusan Rumah Tangga (BURT). yang terdiri atas 1 (satu) orang ketua dan paling banyak 3 (tiga) orang wakil ketua. Salah satu tugasnya yang berkaitan bidang keuangan/administratif anggota dewan adalah membantu pimpinan DPR dalam menentukan kebijakan kerumahtanggaan DPR. Disusun oleh. Badan Kerja Sama Antar-Parlemen Badan Kerja Sama Antar-Parlemen.

org 85 . Hendri dari http://wikipedia. dan dibubarkan setelah jangka waktu penugasannya berakhir atau karena tugasnya dinyatakan selesai. Pansus mempertanggungjawabkan kinerjanya untuk selanjutnya dibahas dalam rapat paripurna. 3. termasuk organisasi internasional yang menghimpun parlemen dan/atau anggota parlemen negara lain. dan 4.BKSAP bertugas: 1. 2. memberikan saran atau usul kepada pimpinan DPR tentang masalah kerja sama antarparlemen. mengoordinasikan kunjungan kerja alat kelengkapan DPR ke luar negeri. dan meningkatkan hubungan persahabatan dan kerja sama antara DPR dan parlemen negara lain. baik secara bilateral maupun multilateral. menerima kunjungan delegasi parlemen negara lain yang menjadi tamu DPR. Pansus bertugas melaksanakan tugas tertentu yang ditetapkan oleh rapat paripurna. mengembangkan. DPR (atau alat kelengkapan DPR) dapat membentuk panitia yang bersifat sementara yang disebut Panitia Khusus (Pansus). Panitia Khusus Jika dipandang perlu. Komposisi keanggotaan Pansus ditetapkan oleh rapat paripurna berdasarkan perimbangan jumlah anggota tiap-tiap fraksi. membina. Disusun oleh.

Badan Akuntabilitas Keuangan Negara DPR dalam permulaan masa keanggotaan dan permulaan tahun sidang DPR membuat susunan dan keanggotaan Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) yang beranggotakan paling sedikit tujuh orang dan paling banyak sembilan orang atas usul dari fraksi-fraksi DPR yang selanjutnya akan ditetapkan dalam rapat paripurna dengan tugas untuk penelaahan setiap temuan hasil pemeriksaan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK). anggota TNI/Polri. Ketentuan tersebut tidak berlaku jika anggota yang bersangkutan mengumumkan materi yang telah disepakati dalam rapat tertutup untuk dirahasiakan atau hal-hal mengenai pengumuman rahasia negara.org 86 . pegawai pada BUMN/BUMD atau badan lain yang anggarannya bersumber dari APBN/APBD. pertanyaan/pendapat yang dikemukakan secara lisan ataupun tertulis dalam rapat-rapat DPR. pegawai negeri sipil. Anggota Kekebalan hukum Anggota DPR tidak dapat dituntut di hadapan pengadilan karena pernyataan. hakim pada badan peradilan. sepanjang tidak bertentangan dengan Peraturan Tata Tertib dan kode etik masing-masing lembaga. Disusun oleh. Hendri dari http://wikipedia. Larangan Anggota DPR tidak boleh merangkap jabatan sebagai pejabat negara lainnya.

pemanggilan. wewenang. Anggota-anggota DPR yang terpilih berdasarkan Pemilu tersebut mengelompokkan diri kedalam fraksi-fraksi. advokat/pengacara. Penyidikan Jika anggota DPR diduga melakukan perbuatan pidana. permintaan keterangan. dan hak sebagai anggota DPR. Fraksi Fraksi Partai Demokrat (FPD) Fraksi Partai Golongan Karya (F-PG) Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (FPDIP) Fraksi Partai Keadilan Jumlah Anggota 148 107 Ketua Mohammad Jafar Hafsah[4][5] Setya Novanto 94 57 Tjahjo Kumolo Mustafa Kamal 87 Disusun oleh.Anggota DPR juga tidak boleh melakukan pekerjaan sebagai pejabat struktural pada lembaga pendidikan swasta. akuntan publik. konsultan. Komposisi anggota Komposisi DPR saat ini adalah komposisi yang berdasarkan Pemilu 2009. Hendri dari http://wikipedia. dan penyidikannya harus mendapat persetujuan tertulis dari Presiden.org . notaris. Ketentuan ini tidak berlaku apabila anggota DPR melakukan tindak pidana korupsi dan terorisme serta tertangkap tangan. dokter praktek dan pekerjaan lain yang ada hubungannya dengan tugas.

Hendri dari http://wikipedia.org 88 . dapat diangkat sejumlah pakar/ahli sesuai dengan kebutuhan. Disusun oleh. Sekretariat Jenderal DPR dipimpin seorang Sekretaris Jenderal yang diangkat dan diberhentikan dengan Keputusan Presiden atas usul Pimpinan DPR. dan personelnya terdiri atas Pegawai Negeri Sipil. Para pakar/ahli tersebut berada di bawah koordinasi Sekretariat Jenderal DPR. dibentuk Sekretariat Jenderal DPR yang ditetapkan dengan Keputusan Presiden.Sejahtera (F-PKS) Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN) Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) 46 37 28 Asman Abnur Hasrul Azwar Marwan Ja'far Mujiyono Haryanto Ahmad Fauzi Fraksi Partai Gerakan 26 Indonesia Raya (F-Gerindra) Fraksi Partai Hati Nurani Rakyat (F-Hanura) 17 Sekretariat Jenderal Untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas DPR. Untuk meningkatkan kinerja lembaga dan membantu pelaksanaan fungsi dan tugas DPR secara profesional.

Dewan Perwakilan Daerah

Dewan Perwakilan Daerah (disingkat DPD) adalah lembaga tinggi negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia yang anggotanya merupakan perwakilan dari setiap provinsi yang dipilih melalui Pemilihan Umum. DPD memiliki fungsi:

Pengajuan usul, ikut dalam pembahasan dan memberikan pertimbangan yang berkaitan dengan bidang legislasi tertentu Pengawasan atas pelaksanaan Undang-Undang tertentu.

Anggota DPD dari setiap provinsi adalah 4 orang. Dengan demikian jumlah anggota DPD saat ini adalah 132 orang. Masa jabatan anggota DPD adalah 5 tahun, dan berakhir bersamaan pada saat anggota DPD yang baru mengucapkan sumpah/janji Tugas, wewenang, dan hak Tugas dan wewenang DPD antara lain:

Mengajukan kepada DPR Rancangan UndangUndang yang berkaitan dengan otonomi daerah, hubungan pusat dan daerah, pembentukan dan pemekaran, dan penggabungan daerah, pengelolaan sumber daya alam, dan sumber 89

Disusun oleh; Hendri dari http://wikipedia.org

• •

daya ekonomi lainnya serta yang berkaitan dengan perimbangan keuangan pusat dan daerah. DPR kemudian mengundang DPD untuk membahas RUU tersebut. Memberikan pertimbangan kepada DPR atas RUU APBN dan RUU yang berkaitan dengan pajak, pendidikan, dan agama. Memberikan pertimbangan kepada DPR dalam pemilihan anggota Badan Pemeriksa Keuangan. Melakukan pengawasan atas pelaksanaan undang-undang mengenai otonomi daerah, pembentukan, pemekaran, dan penggabungan daerah, hubungan pusat dan daerah, pengelolaan sumber daya alam, dan sumber daya ekonomi lainnya, pelaksanaan APBN, pajak, pendidikan, dan agama. Menerima hasil pemeriksaan keuangan negara dari BPK untuk dijadikan bahan membuat pertimbangan bagi DPR tentang RUU yang berkaitan dengan APBN.

Anggota DPD juga memiliki hak menyampaikan usul dan pendapat, membela diri, hak imunitas, serta hak protokoler. Alat kelengkapan Alat kelengkapan DPD terdiri atas: Pimpinan, Panitia Ad Hoc, Badan Kehormatan dan Panitia-panitia lain yang diperlukan.
Pimpinan

Pimpinan DPD terdiri atas seorang ketua dan dua wakil ketua. Selain bertugas memimpin sidang, pimpinan DPD juga sebagai juru bicara DPD. Ketua DPD periode 2009–2014 adalah Irman Gusman.
Disusun oleh; Hendri dari http://wikipedia.org

90

Pimpinan DPD periode 2009–2014 adalah:
• • •

Ketua: Irman Gusman (Sumatera Barat) Wakil Ketua: Gusti Kanjeng Ratu Hemas (DI Yogyakarta) Wakil Ketua: La Ode Ida (Sulawesi Tenggara)

Sekretariat Jenderal

Untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas DPD, dibentuk Sekretariat Jenderal DPD yang ditetapkan dengan Keputusan Presiden, dan personelnya terdiri atas Pegawai Negeri Sipil. Sekretariat Jenderal DPD dipimpin seorang Sekretaris Jenderal yang diangkat dan diberhentikan dengan Keputusan Presiden atas usul Pimpinan DPD. Anggota
Kekebalan hukum

Anggota DPD tidak dapat dituntut di hadapan pengadilan karena pernyataan, pertanyaan/pendapat yang dikemukakan secara lisan ataupun tertulis dalam rapat-rapat DPD, sepanjang tidak bertentangan dengan Peraturan Tata Tertib dan kode etik masing-masing lembaga. Ketentuan tersebut tidak berlaku jika anggota yang bersangkutan mengumumkan materi yang telah disepakati dalam rapat tertutup untuk dirahasiakan atau hal-hal mengenai pengumuman rahasia negara.

Disusun oleh; Hendri dari http://wikipedia.org

91

Mahkamah Agung membawahi badan peradilan dalam lingkungan peradilan umum. pada tingkat banding dilakukan oleh Pengadilan Tinggi Militer dan pada tingkat kasasi dilakukan oleh Mahkamah Agung 92 Disusun oleh. lingkungan peradilan tata usaha negara. • • • Peradilan Umum pada tingkat pertama dilakukan oleh Pengadilan Negeri.org . pada tingkat banding dilakukan oleh Pengadilan Tinggi Agama dan pada tingkat kasasi dilakukan oleh Mahkamah Agung Peradilan Militer pada tingkat pertama dilakukan oleh Pengadilan Militer. lingkungan peradilan agama. Hendri dari http://wikipedia. lingkungan peradilan militer.Mahkamah Agung Indonesia Mahkamah Agung (disingkat MA) adalah lembaga tinggi negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia yang merupakan pemegang kekuasaan kehakiman bersama-sama dengan Mahkamah Konstitusi. pada tingkat banding dilakukan oleh Pengadilan Tinggi dan pada tingkat kasasi dilakukan oleh Mahkamah Agung Peradilan Agama pada tingkat pertama dilakukan oleh Pengadilan Agama.

Ketua Mahkamah Agung dipilih dari dan oleh hakim agung. Tumpa. pada tingkat banding dilakukan oleh Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara dan pada tingkat kasasi dilakukan oleh Mahkamah Agung Kewajiban dan wewenang Menurut Undang-Undang wewenang MA adalah: • Dasar 1945. dan diangkat oleh Presiden.org 93 . Ketuanya sejak 15 Januari 2009 adalah Harifin A. menguji peraturan perundang-undangan di bawah UndangUndang. Hendri dari http://wikipedia. Hakim agung dapat berasal dari sistem Disusun oleh.• Peradilan Tata Usaha negara pada tingkat pertama dilakukan oleh Pengadilan Tata Usaha negara. dan mempunyai wewenang lainnya yang diberikan oleh Undang-Undang Mengajukan 3 orang anggota Hakim Konstitusi Memberikan pertimbangan dalam hal Presiden member grasi dan rehabilitasi Ketua Mahkamah Agung dipimpin oleh seorang ketua. kewajiban dan • • Berwenang mengadili pada tingkat kasasi. profesional atau akademisi Hakim Agung Pada Mahkamah Agung terdapat hakim agung sebanyak maksimal 60 orang. Hakim Agung dipilih dari hakim karier dan Non karier.

org 94 . Pasal 24C. Calon hakim agung diusulkan oleh Komisi Yudisial kepada Dewan Perwakilan Rakyat. Setelah disahkannya Perubahan Ketiga UUD 1945. untuk kemudian mendapat persetujuan dan ditetapkan sebagai hakim agung oleh Presiden. DPR dan Pemerintah kemudian membuat Rancangan UndangUndang tentang Mahkamah Konstitusi. MPR menetapkan Mahkamah Agung menjalankan fungsi MK untuk sementara sebagaimana diatur dalam Pasal III Aturan Peralihan UUD 1945 hasil Perubahan Keempat. dan Pasal 7B yang disahkan pada 9 November 2001. maka dalam rangka menunggu pembentukan Mahkamah Konstitusi. Setelah melalui pembahasan mendalam. DPR dan Pemerintah menyetujui secara bersama Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2003 tentang Disusun oleh. Hendri dari http://wikipedia. Tugas Hakim Agung adalah Mengadili dan memutus perkara pada tingkat Kasasi. Sejarah Sejarah berdirinya MK diawali dengan Perubahan Ketiga UUD 1945 dalam Pasal 24 ayat (2).karier (hakim). atau tidak berdasarkan sistem karier dari kalangan profesi atau akademisi. Mahkamah Konstitusi Indonesia Mahkamah Konstitusi (disingkat MK) adalah lembaga tinggi negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia yang merupakan pemegang kekuasaan kehakiman bersama-sama dengan Mahkamah Agung.

pada tanggal 15 Agustus 2003. Guru besar hukum tata negara Universitas Indonesia Disusun oleh. Ketua Ketua Mahkamah Konstitusi dipilih dari dan oleh Hakim Konstitusi untuk masa jabatan 3 tahun. Dr. Presiden mengambil sumpah jabatan para hakim konstitusi di Istana Negara pada tanggal 16 Agustus 2003.Mahkamah Konstitusi pada 13 Agustus 2003 dan disahkan oleh Presiden pada hari itu. Masa jabatan Ketua MK selama 3 tahun yang diatur dalam UU 24/2003 ini sedikit aneh. Hendri dari http://wikipedia. karena masa jabatan Hakim Konstitusi sendiri adalah 5 tahun. memutus pembubaran partai politik. Dua hari kemudian. sehingga berarti untuk masa jabatan kedua Ketua MK dalam satu masa jabatan Hakim Konstitusi berakhir sebelum waktunya (hanya 2 tahun).. memutus sengketa kewenangan lembaga negara yang kewenangannya diberikan oleh UUD 1945.org 95 . dan memutus perselisihan tentang hasil Pemilihan Umum Wajib memberi putusan atas pendapat Dewan Perwakilan Rakyat mengenai dugaan pelanggaran oleh Presiden dan/atau Wakil Presiden menurut UUD 1945. Jimly Asshiddiqie. kewajiban dan • Berwenang mengadili pada tingkat pertama dan terakhir yang putusannya bersifat final untuk menguji UndangUndang terhadap Undang-Undang Dasar. Ketua MK yang pertama adalah Prof.H. Kewajiban dan wewenang Menurut Undang-Undang wewenang MK adalah: • Dasar 1945. S.

Hakim Konstitusi diajukan masingmasing 3 orang oleh Mahkamah Agung. M. Di akhir masa jabatan Prof. MK berhasil dipandang sebagai salah satu icon keberhasilan reformasi Indonesia. Dr. M. Jimly sebagai Ketua. Dr. SH. pada bulan Oktober 2009. Laica Maerzuki. Hendri dari http://wikipedia. Prof.kelahiran 17 April 1956 ini terpilih pada rapat internal antar anggota hakim Mahkamah Konstitusi tanggal 19 Agustus 2003. SH dan Prof. Bersama tujuh anggota hakim pendiri lainnya dari generasi pertama MK. Pada 19 Agustus 2008. SH mengunduran diri dari anggota MK dan kembali menjadi guru besar tetap hukum tata negara Universitas Indonesia. Laica Marzuki berhasil memimpin lembaga baru ini sehingga dengan cepat berkembang menjadi model bagi pengadilan modern dan tepercaya di Indonesia. Selama 5 tahun sejak berdirinya. Hakim Konstitusi Mahkamah Konstitusi mempunyai 9 Hakim Konstitusi yang ditetapkan oleh Presiden. Prof. Sesudah beberapa waktu sesudah itu. sistem kelembagaan mahkamah ini terbentuk dengan sangat baik dan bahkan gedungnya juga berhasil dibangun dengan megah dan oleh banyak sekolah dan perguruan tinggi dijadikan gedung kebanggaan tempat mengadakan studi tour. Dr. Hakim Konstitusi yang baru diangkat untuk periode (2008-2013). yaitu 2008-2011 dan menghasilkan Mohammad Mahfud MD sebagai ketua serta Abdul Mukthie Fadjar sebagai wakil ketua. dan 3 orang oleh Presiden. Masa jabatan Disusun oleh. Jimly terpilih lagi sebagai ketua untuk masa bakti 2006-2009 pada 18 Agustus 2006 dan disumpah pada 22 Agustus 2006 dengan Wakil Ketua Prof. Jimly Asshiddiqie. 3 orang oleh Dewan Perwakilan Rakyat. Jimly Asshiddiqie.org 96 . melakukan voting untuk memilih Ketua dan Wakil Ketua MK masa bakti 3 tahun berikutnya.

pada akhir 2009. Jimly Asshiddiqie (2008-2009). Abdul Mukthie Fajar (2008-2009).Hamdan Zoelva (2009-) 6. Muhammad Alim 7. 6.org 97 . 5. Jimly Asshiddiqie (Ketua) Mohammad Laica Marzuki Abdul Mukthie Fadjar Achmad Roestandi H. 4. Hendri dari http://wikipedia. 2. 8. Maria Farida Indrati 4. Mereka kemudian digantikan oleh 2 hakim baru. 9. Natabaya Harjono I Dewa Gede Palguna Maruarar Siahaan Soedarsono Hakim Konstitusi periode 2008-2013 adalah: 1. dan dapat dipilih kembali untuk 1 kali masa jabatan berikutnya. Mohammad Mahfud MD (Ketua) 2. Achmad Sodiki 8. 7.Harjono (2009-) 3. Maruarar Siahaan (2008-2009). Arsyad Sanusi 9. S. Disusun oleh.Fadlil Sumadi (2009-) 5.Hakim Konstitusi adalah 5 tahun. Maruarar Siahaan dan Abdul Mukthie Fajar memasuki masa pensiun. yakni Hamdan Zoelva yang menggantikan Abdul Mukthie Fajar dan Fadlil Sumadi yang menggantikan Maruarar Siahaan. Hakim Konstitusi periode 2003-2008 adalah: 1. A. Akil Mochtar Namun. 3.

Hasil pemeriksaan itu disampaikan kepada Dewan Perwakilan Rakyat. DPD. Soerasno. Berdasarkan amanat UUD Tahun 1945 tersebut telah dikeluarkan Surat Penetapan Pemerintah No.94-1 telah mengumumkan kepada semua instansi di Wilayah Republik Indonesia Disusun oleh.Badan Pemeriksa Keuangan Badan Pemeriksa Keuangan (disingkat BPK) adalah lembaga tinggi negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia yang memiliki wewenang memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara. BPK merupakan lembaga yang bebas dan mandiri. Untuk memulai tugasnya. Badan Pemeriksa Keuangan dengan suratnya tanggal 12 April 1947 No. Anggota BPK dipilih oleh Dewan Perwakilan Rakyat dengan memperhatikan pertimbangan Dewan Perwakilan Daerah. Pada waktu itu Badan Pemeriksa Keuangan hanya mempunyai 9 orang pegawai dan sebagai Ketua Badan Pemeriksa Keuangan pertama adalah R. Hasil pemeriksaan keuangan negara diserahkan kepada DPR. Sejarah Pasal 23 ayat (5) UUD Tahun 1945 menetapkan bahwa untuk memeriksa tanggung jawab tentang Keuangan Negara diadakan suatu Badan Pemeriksa Keuangan yang peraturannya ditetapkan dengan Undang-Undang.11/OEM tanggal 28 Desember 1946 tentang pembentukan Badan Pemeriksa Keuangan. dan diresmikan oleh Presiden. dan DPRD (sesuai dengan kewenangannya). Hendri dari http://wikipedia. pada tanggal 1 Januari 1947 yang berkedudukan sementara di kota Magelang. Menurut UUD 1945.org 98 .

Soerasno mulai tanggal 31 Desember 1949.org 99 . Dengan terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1950. Personalia Dewan Pengawas Keuangan RIS diambil dari unsur Badan Pemeriksa Disusun oleh. maka Dewan Pengawas Keuangan RIS yang berada di Bogor sejak tanggal 1 Oktober 1950 digabung dengan Badan Pemeriksa Keuangan berdasarkan UUDS 1950 dan berkedudukan di Bogor menempati bekas kantor Dewan Pengawas Keuangan RIS. Dewan Pengawas Keuangan RIS berkantor di Bogor menempati bekas kantor Algemene Rekenkamer pada masa pemerintah Nederlandsch Indië Civil Administratie (NICA). Dalam Penetapan Pemerintah No. Hendri dari http://wikipedia. untuk sementara masih menggunakan peraturan perundang-undangan yang dulu berlaku bagi pelaksanaan tugas Algemene Rekenkamer (Badan Pemeriksa Keuangan Hindia Belanda). Dengan dibentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia Serikat (RIS) berdasarkan Piagam Konstitusi RIS tanggal 14 Desember 1949.mengenai tugas dan kewajibannya dalam memeriksa tanggung jawab tentang Keuangan Negara.6/1948 tanggal 6 Nopember 1948 tempat kedudukan Badan Pemeriksa Keuangan dipindahkan dari Magelang ke Yogyakarta. Kasirman yang diangkat berdasarkan SK Presiden RI tanggal 31 Januari 1950 No. sebagai Ketua diangkat R. Negara Republik Indonesia yang ibukotanya di Yogyakarta tetap mempunyai Badan Pemeriksa Keuangan sesuai pasal 23 ayat (5) UUD Tahun 1945. yaitu ICW dan IAR. yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Badan Pemeriksa Keuangan di Yogyakarta. Ketuanya diwakili oleh R.13/A/1950 terhitung mulai 1 Agustus 1949. maka dibentuk Dewan Pengawas Keuangan (berkedudukan di Bogor) yang merupakan salah satu alat perlengkapan negara RIS.

dan di dalam Ketetapan MPRS No. kemudian kembali menjadi Badan Pemeriksa Keuangan berdasarkan UUD Tahun 1945. Dengan demikian Dewan Pengawas Keuangan berdasarkan UUD 1950 kembali menjadi Badan Pemeriksa Keuangan berdasarkan Pasal 23 (5) UUD Tahun 1945. 1/Res/MPRS/1963 telah dikemukakan keinginan-keinginan untuk menyempurnakan Badan Pemeriksa Keuangan. 6 Tahun 1964 tentang Badan Pemeriksa Keuangan Gaya Baru. Untuk mengganti PERPU tersebut. Dalam amanat-amanat Presiden yaitu Deklarasi Ekonomi dan Ambeg Parama Arta. Meskipun Badan Pemeriksa Keuangan berubah-ubah menjadi Dewan Pengawas Keuangan RIS berdasarkan konstitusi RIS Dewan Pengawas Keuangan RI (UUDS 1950). 17 Tahun 1965 yang antara lain menetapkan bahwa Presiden. Untuk mencapai tujuan itu maka pada tanggal 12 Oktober 1963. Ketua dan Wakil Ketua BPK RI Disusun oleh. Hendri dari http://wikipedia. Pada Tanggal 5 Juli 1959 dikeluarkan Dekrit Presiden RI yang menyatakan berlakunya kembali UUD Tahun 1945.org 100 . dikeluarkanlah UU No.Keuangan di Yogyakarta dan dari Algemene Rekenkamer di Bogor. namun landasan pelaksanaan kegiatannya masih tetap menggunakan ICW dan IAR. sebagai Pemimpin Besar Revolusi pemegang kekuasaan pemeriksaan dan penelitian tertinggi atas penyusunan dan pengurusan Keuangan Negara. Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang No. 7 Tahun 1963 (LN No. 11/MPRS/1960 serta resolusi MPRS No. sehingga dapat menjadi alat kontrol yang efektif. 195 Tahun 1963) yang kemudian diganti dengan Undang-Undang (PERPU) No.

Akhirnya oleh MPRS dengan Ketetapan No.VI/MPR/2002 yang antara lain menegaskan kembali kedudukan Badan Pemeriksa Keuangan sebagai satu-satunya lembaga pemeriksa eksternal keuangan negara dan peranannya perlu lebih dimantapkan sebagai lembaga yang independen dan profesional. Dalam era Reformasi sekarang ini. Disusun oleh. yaitu dengan dikeluarkannya TAP MPR No. Sebelum amandemen BPK RI hanya diatur dalam satu ayat (pasal 23 ayat 5) kemudian dalam Perubahan Ketiga UUD 1945 dikembangkan menjadi satu bab tersendiri (Bab VIII A) dengan tiga pasal (23E.X/MPRS/1966 Kedudukan BPK RI dikembalikan pada posisi dan fungsi semula sebagai Lembaga Tinggi Negara. Hendri dari http://wikipedia. yaitu.berkedudukan masing-masing sebagai Menteri Koordinator dan Menteri. Untuk lebih memantapkan tugas BPK RI. ketentuan yang mengatur BPK RI dalam UUD Tahun 1945 telah diamandemen. Untuk menunjang tugasnya. Sehingga UU yang mendasari tugas BPK RI perlu diubah dan akhirnya baru direalisasikan pada Tahun 1973 dengan UU No.org 101 . Badan Pemeriksa Keuangan telah mendapatkan dukungan konstitusional dari MPR RI dalam Sidang Tahunan Tahun 2002 yang memperkuat kedudukan BPK RI sebagai lembaga pemeriksa eksternal di bidang Keuangan Negara. BPK RI didukung dengan seperangkat Undang-Undang di bidang Keuangan Negara. 5 Tahun 1973 Tentang Badan Pemeriksa Keuangan. dan 23G) dan tujuh ayat. 23F.

SE. Hadi Poernomo.17 Tahun 2003 Tentang keuangan Negara UU No. Sapto Amal Damandari. Prof. M. SE. Hasan Bisri. Drs. Ak (Ketua) 2.P. Ir. SH (Anggota II) 5. M. (ketua) 2. dan sesudahnya dapat dipilih kembali untuk satu kali masa jabatan. SE. Dr. Udju Djuhaeri Anggota BPK periode 2009-2014: 1. Drs. S. I Gusti Agung Rai. Hum (Anggota IV) 7. Drs.E.A. H. Baharuddin Aritonang Irjen Pol. MM (Anggota III) 6. Drs. Ak. Ak.H.A.E. Anggota BPK memegang jabatan selama 5 tahun. Dr. Moermahadi Soerja Djanegara. 3. dengan susunan 1 orang Ketua merangkap anggota. 15 Tahun 2004 Tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara Anggota BPK mempunyai 9 orang anggota. M. 4. H. 7. Abdullah Zainie. S. serta 7 orang anggota. Hendri dari http://wikipedia.Si (Wakil Ketua) 3. M. Ak. MM. Hasan Bisri. S. Anwar Nasution. Drs. Herman Widyananda.UU No. Taufiequrachman Ruki. Drs.1 Tahun 2004 Tentang Perbendaharaan Negara UU No.org 102 . Dr. CPA (Anggota I) 4. Berikut adalah daftar anggota BPK periode 2004-2009: 1. H. Dr. Ali Masykur Musa. 1 orang Wakil Ketua merangkap anggota. 5.Si. Imran. 6. Ak (Anggota V) Disusun oleh. M.

Hendri dari http://wikipedia. daerah kabupaten. Rizal Djalil (Anggota VI) 9. kabupaten. Pemerintahan daerah provinsi. daerah kabupaten. dan kota memiliki Dewan Perwakilan Rakyat Daerah yang anggotaanggotanya dipilih melalui pemilihan umum. Bupati.org 103 . Hubungan keuangan. Kabupaten dan Kota dipilih secara demokratis. H. kecuali urusan pemerintahan yang oleh undang-undang ditentukan sebagai urusan Pemerintah Pusat. Dr. Susunan dan tata cara penyelenggaraan pemerintahan daerah diatur dalam undang-undang. Setiap daerah provinsi. diatur dengan undang-undang dengan memperhatikan kekhususan dan keragaman daerah. dan Walikota masing-masing sebagai Kepala Pemerintah Daerah Provinsi. Pemerintah daerah menjalankan otonomi seluas-luasnya. Daerah provinsi itu dibagi lagi atas daerah kabupaten dan daerah kota. Pemerintahan daerah berhak menetapkan peraturan daerah dan peraturanperaturan lain untuk melaksanakan otonomi dan tugas pembantuan. Muhammad Nurlif (Anggota VII) Pemerintahan daerah di Indonesia Negara Kesatuan Republik Indonesia dibagi atas daerah-daerah provinsi. dan kota atau antara provinsi dan kabupaten dan kota. Hubungan wewenang antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah provinsi. pelayanan umum. Gubernur. Drs. daerah kabupaten.8. T. dan daerah kota mempunyai pemerintahan daerah yang diatur dengan undang-undang. Pemerintahan daerah provinsi. pemanfatan sumber daya alam dan Disusun oleh. dan kota mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan menurut asas otonomi dan tugas pembantuan.

yang diatur dalam undang-undang. Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kotaterdiri atas Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dan DPRD Kabupaten/Kota Pembentukan dan Penghapusan Pembentukan daerah provinsi. Penghapusan dan Disusun oleh. Negara mengakui dan menghormati satuan-satuan pemerintahan daerah yang bersifat khusus atau bersifat istimewa yang diatur dengan undang-undang. Daerah dapat dihapus dan digabung dengan daerah lain apabila daerah yang bersangkutan tidak mampu menyelenggarakan otonomi daerah. Pembentukan daerah dapat berupa penggabungan beberapa daerah atau bagian daerah yang bersandingan atau pemekaran dari satu daerah menjadi dua daerah atau lebih. • • Pemerintahan Daerah Provinsi terdiri atas Pemerintah Daerah Provinsi dan DPRD Provinsi. Pemerintahan Daerah adalah penyelenggaraan urusan pemerintahan oleh Pemerintah Daerah dan DPRD menurut asas otonomi dan tugas pembantuan dengan prinsip otonomi seluasluasnya dalam sistem dan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam UUD 1945. Negara mengakui dan menghormati kesatuan-kesatuan masyarakat hukum adat serta hak-hak tradisonalnya sepanjang masih hidup dan sesuai dengan perkembangan masyarakat dan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia. daerah kabupaten. dan daerah kota ditetapkan dengan undang-undang. Hendri dari http://wikipedia.org 104 .sumber daya lainnya antara pemerintah pusat dan pemerintahan daerah diatur dan dilaksanakan secara adil dan selaras berdasarkan undang-undang.

moneter dan fiskal nasional. dan agama Urusan Pemerintahan Daerah Penyelenggaraan urusan pemerintahan dibagi berdasarkan kriteria eksternalitas.penggabungan daerah beserta akibatnya ditetapkan dengan undang-undang. keamanan.org 105 . dan efisiensi dengan memperhatikan keserasian hubungan antar susunan pemerintahan. yustisi. Pembagian Urusan Pemerintahan Urusan Pemerintahan Pusat Pemerintahan daerah menyelenggarakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangannya. 3. pertahanan. Hendri dari http://wikipedia. 2. akuntabilitas. Urusan pemerintahan provinsi yang bersifat Disusun oleh. 4. Urusan wajib yang menjadi kewenangan pemerintahan daerah provinsi merupakan urusan dalam skala provinsi yang meliputi 16 buah urusan. Pemerintah dapat menetapkan kawasan khusus dalam wilayah provinsi dan/atau kabupaten/kota. kecuali urusan pemerintahan yang oleh Undang-undang ditentukan menjadi urusan pemerintah pusat. politik luar negeri. Untuk menyelenggarakan fungsi pemerintahan tertentu yang bersifat khusus bagi kepentingan nasional. Urusan pemerintahan yang menjadi urusan Pemerintah Pusat meliputi: 1. yang diselenggarakan berdasarkan kriteria di atas terdiri atas urusan wajib dan urusan pilihan. 5. 6. Urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan pemerintahan daerah.

dan potensi unggulan daerah yang bersangkutan. Hubungan keuangan. keuangan. pelayanan umum. dan sumber daya lainnya dilaksanakan secara adil dan selaras. kekhasan. Urusan wajib yang menjadi kewenangan pemerintahan daerah kabupaten atau daerah kota merupakan urusan yang berskala kabupaten atau kota meliputi 16 buah urusan.org 106 . pemerintahan daerah menjalankan otonomi seluas-luasnya untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan. Hubungan wewenang. pemanfaatan sumber daya alam. Urusan pemerintahan kabupaten atau kota yang bersifat pilihan meliputi urusan pemerintahan yang secara nyata ada dan berpotensi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan kondisi. pelayanan umum. Pemerintahan daerah dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan memiliki hubungan dengan pemerintah pusat dan dengan pemerintahan daerah lainnya. dan potensi unggulan daerah yang bersangkutan. Disusun oleh.pilihan meliputi urusan pemerintahan yang secara nyata ada dan berpotensi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan kondisi. Hendri dari http://wikipedia. kekhasan. pelayanan umum. Hubungan tersebut meliputi hubungan wewenang. pemanfaatan sumber daya alam. pemanfaatan sumber daya alam dan sumber daya lainnya menimbulkan hubungan administrasi dan kewilayahan antarsusunan pemerintahan. keuangan. Dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah. dan sumber daya lainnya.

dan oleh menteri negara. Dalam menyelenggarakan pemerintahan. pemerintah pusat menggunakan asas desentralisasi. wewenang. Desentralisasi adalah penyerahan wewenang pemerintahan oleh Pemerintah kepada daerah otonom untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dekonsentrasi adalah pelimpahan wewenang pemerintahan oleh Pemerintah kepada Gubernur sebagai wakil pemerintah dan/atau kepada instansi vertikal di wilayah tertentu. Hendri dari http://wikipedia. dan dekonsentrasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan. dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat sesuai dengan peraturan perundangundangan.Penyelenggara pemerintahan daerah adalah pemerintah daerah dan DPRD. tugas pembantuan. pemerintahan daerah menggunakan asas otonomi dan tugas pembantuan. Disusun oleh. Otonomi daerah adalah hak. Dalam menyelenggarakan pemerintahan daerah. Untuk pemerintahan daerah provinsi yang terdiri atas pemerintah daerah provinsi dan DPRD provinsi.Penyelenggara Pemerintahan Penyelenggara pemerintahan adalah Presiden dibantu oleh wakil presiden. Tugas pembantuan adalah penugasan dari Pemerintah kepada daerah dan/atau desa dari pemerintah provinsi kepada kabupaten/kota dan/atau desa serta dari pemerintah kabupaten/kota kepada desa untuk melaksanakan tugas tertentu. Untuk pemerintahan daerah kabupaten atau daerah kota yang terdiri atas pemerintah daerah kabupaten atau kota dan DPRD kabupaten atau kota.org 107 .

org 108 . efektif. Hendri dari http://wikipedia. Pengelolaan keuangan daerah dimaksud dilakukan secara efisien. Kepala daerah dibantu oleh satu orang wakil kepala daerah. untuk kabupaten disebut bupati dan untuk kota adalah walikota. Kepala daerah juga mempunyai kewajiban untuk memberikan laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah kepada Pemerintah. untuk kabupaten disebut wakil bupati dan untuk kota disebut wakil walikota.Dalam menyelenggarakan otonomi. serta menginformasikan laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah kepada masyarakat. tertib. transparan. Hak dan kewajiban tersebut diwujudkan dalam bentuk rencana kerja pemerintahan daerah dan dijabarkan dalam bentuk pendapatan. dan memberikan laporan keterangan pertanggungjawaban kepada DPRD. patut. belanja. wewenang dan kewajiban serta larangan. dalam pengertian untuk menjembatani dan memperpendek rentang kendali pelaksanaan tugas dan fungsi Pemerintah termasuk dalam pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan urusan pemerintahan pada strata pemerintahan kabupaten dan kota. adil. Gubernur yang karena jabatannya berkedudukan juga sebagai wakil pemerintah pusat di wilayah provinsi yang bersangkutan. Kepala daerah untuk provinsi disebut gubernur. daerah mempunyai hak dan kewajiban. untuk provinsi disebut wakil Gubernur. akuntabel. Kepala dan wakil kepala daerah memiliki tugas. dan pembiayaan daerah yang dikelola dalam sistem pengelolaan keuangan daerah. dan taat pada peraturan perundang-undangan.Dalam kedudukannya sebagai wakil Disusun oleh. Pemerintah Daerah Setiap daerah dipimpin oleh kepala pemerintah daerah yang disebut kepala daerah.

Susunan organisasi perangkat daerah ditetapkan dalam Perda dengan memperhatikan faktor-faktor tertentu dan berpedoman pada Peraturan Pemerintah. Gubernur Dasar utama penyusunan perangkat daerah dalam bentuk suatu organisasi adalah adanya urusan pemerintahan yang perlu ditangani. dan lembaga teknis daerah. lembaga teknis daerah. Perangkat daerah kabupaten/kota terdiri atas sekretariat daerah. dinas daerah. luas wilayah kerja dan kondisi geografis.pemerintah pusat sebagaimana bertanggung jawab kepada Presiden. Namun tidak berarti bahwa setiap penanganan urusan pemerintahan harus dibentuk ke dalam organisasi tersendiri. sekretariat DPRD. kecamatan. Sekretariat daerah dipimpin oleh Sekretaris Daerah. Hendri dari http://wikipedia. kebutuhan daerah. sarana dan prasarana penunjang tugas. Sekretaris daerah mempunyai tugas dan kewajiban membantu kepala daerah dalam menyusun kebijakan dan mengkoordinasikan dinas daerah dan lembaga teknis daerah. potensi daerah yang bertalian dengan urusan yang akan ditangani. dinas daerah. Perangkat daerah provinsi terdiri atas sekretariat daerah. menyelenggarakan administrasi kesekretariatan Disusun oleh. Perangkat Daerah dimaksud. Oleh karena itu kebutuhan akan organisasi perangkat daerah bagi masingmasing daerah tidak senantiasa sama atau seragam. dan kelurahan. Besaran organisasi perangkat daerah sekurang-kurangnya mempertimbangkan faktor kemampuan keuangan. cakupan tugas yang meliputi sasaran tugas yang harus diwujudkan. jenis dan banyaknya tugas. sekretariat DPRD.org 109 . Sekretaris DPRD mempunyai tugas: (a). Sekretariat DPRD dipimpin oleh Sekretaris DPRD. jumlah dan kepadatan penduduk.

DPRD mempunyai tugas dan wewenang. menyelenggarakan administrasi keuangan DPRD. dan (c). DPRD memiliki fungsi legislasi. Kelurahan dibentuk di wilayah kecamatan dengan Perda berpedoman pada Peraturan Pemerintah. dan (d). anggaran. kantor. DPRD mempunyai hak: (a). (b). menyatakan pendapat. menyediakan dan mengkoordinasi tenaga ahli yang diperlukan oleh DPRD dalam melaksanakan fungsinya sesuai dengan kemampuan keuangan daerah. interpelasi. mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD. atau rumah sakit umum daerah. dan pengawasan. Hendri dari http://wikipedia. angket.DPRD. atau rumah sakit umum daerah tersebut bertanggung jawab kepada kepala daerah melalui Sekretaris Daerah. DPRD DPRD merupakan lembaga perwakilan rakyat daerah dan berkedudukan sebagai unsur penyelenggaraan pemerintahan daerah.org 110 . Kepala badan. Disusun oleh. Lembaga teknis daerah merupakan unsur pendukung tugas kepala daerah dalam penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah yang bersifat spesifik berbentuk badan. Dinas daerah merupakan unsur pelaksana otonomi daerah. Kecamatan dipimpin oleh camat yang dalam pelaksanaan tugasnya memperoleh pelimpahan sebagian wewenang bupati atau walikota untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah. Kelurahan dipimpin oleh lurah yang dalam pelaksanaan tugasnya memperoleh pelimpahan dari Bupati/Walikota. (c). Kepala dinas daerah bertanggung jawab kepada kepala daerah melalui Sekretaris Daerah. kantor. (b). Kecamatan dibentuk di wilayah kabupaten/kota dengan Perda berpedoman pada Peraturan Pemerintah.

rahasia. panitia musyawarah. artinya tidak saling membawahi. Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah adalah warga negara Republik Indonesia yang memenuhi syarat tertentu. Anggota DPRD mempunyai hak dan kewajiban. Hubungan kemitraan bermakna bahwa antara Pemerintah Daerah dan DPRD adalah sama-sama mitra sekerja dalam membuat kebijakan daerah untuk melaksanakan otonomi daerah sesuai dengan fungsi masing-masing sehingga antar kedua lembaga itu membangun suatu hubungan kerja yang sifatnya saling mendukung bukan merupakan lawan ataupun pesaing satu sama lain dalam melaksanakan fungsi masingmasing. Hubungan antara pemerintah daerah dan DPRD merupakan hubungan kerja yang kedudukannya setara dan bersifat kemitraan. DPR. Ketentuan tentang DPRD sepanjang tidak diatur dalam UndangUndang mengenai pemerintahan daerah berlaku ketentuan Undang-Undang yang mengatur Susunan dan Kedudukan MPR. Hendri dari http://wikipedia. dan (f). (d). panitia anggaran. alat kelengkapan lain yang diperlukan. (b). Badan Kehormatan. Kedudukan yang setara bermakna bahwa diantara lembaga pemerintahan daerah itu memiliki kedudukan yang sama dan sejajar. umum. Pilkada Kepala daerah dan wakil kepala daerah dipilih dalam satu pasangan calon yang dilaksanakan secara demokratis berdasarkan asas langsung. bebas. jujur. Anggota DPRD mempunyai larangan dan dapat diganti antar waktu. dan DPRD. dan adil. (e). pimpinan. Hal ini tercermin dalam membuat kebijakan daerah berupa Peraturan Daerah. Disusun oleh. DPD.org 111 . (c).Alat kelengkapan DPRD terdiri atas: (a). komisi.

Apabila tidak ada yang mencapai 25 % (dua puluh lima persen) dari jumlah suara sah. pemindahan. dilakukan pemilihan putaran kedua yang diikuti oleh pemenang pertama dan pemenang kedua. tunjangan. pengadaan. Kepegawaian Daerah Pemerintah pusat melaksanakan pembinaan manajemen pegawai negeri sipil daerah dalam satu kesatuan penyelenggaraan manajemen pegawai negeri sipil secara nasional. hak dan kewajiban kedudukan hukum. kesejahteraan. pemberhentian. dan pengendalian jumlah.pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang memperoleh suara lebih dari 25% (dua puluh lima persen) dari jumlah suara sah. pasangan calon yang perolehan suaranya terbesar dinyatakan sebagai pasangan calon terpilih. Manajemen pegawai negeri sipil daerah meliputi penetapan formasi. pengangkatan. Hendri dari http://wikipedia.org 112 .Pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang memperoleh suara lebih dari 50 % (lima puluh persen) jumlah suara sah ditetapkan sebagai pasangan calon terpilih. gaji. Bupati dan wakil bupati atau walikota dan wakil walikota dilantik oleh Gubernur atas nama Presiden dalam sebuah sidang DPRD Kabupaten atau Kota. Gubernur dan wakil Gubernur dilantik oleh Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden dalam sebuah sidang DPRD Provinsi. Pembinaan dan pengawasan manajemen pegawai negeri sipil Disusun oleh. pengembangan kompetensi. Apabila ketentuan tersebut tidak terpenuhi. penetapan pensiun. Pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang memperoleh suara terbanyak pada putaran kedua dinyatakan sebagai pasangan calon terpilih.

Perda dibentuk berdasarkan pada asas pembentukan peraturan perundangundangan.org 113 . Hendri dari http://wikipedia. Perda yang bertentangan dengan kepentingan umum dan/atau peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi dapat dibatalkan oleh Pemerintah pusat. Perda berlaku setelah diundangkan dalam lembaran daerah. Perda dibentuk dalam rangka penyelenggaraan otonomi daerah provinsi/ kabupaten/kota dan tugas pembantuan. Perda tidak boleh bertentangan dengan kepentingan umum dan/atau peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi. Untuk melaksanakan Perda dan atas kuasa peraturan perundang-undangan. dan pengesahan rancangan Perda berpedoman kepada peraturan perundang-undangan. Peraturan kepala daerah dan atau keputusan kepala daerah tidak boleh Disusun oleh.daerah dikoordinasikan pada tingkat nasional oleh Menteri Dalam Negeri dan pada tingkat daerah oleh Gubernur. Masyarakat berhak memberikan masukan secara lisan atau tertulis dalam rangka penyiapan atau pembahasan rancangan Perda. Perda disampaikan kepada Pemerintah pusat paling lama 7 (tujuh) hari setelah ditetapkan. kepala daerah menetapkan peraturan kepala daerah dan atau keputusan kepala daerah. Perda merupakan penjabaran lebih lanjut dari peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi dengan memperhatikan ciri khas masingmasing daerah. Perda dan Perkada Peraturan daerah ditetapkan oleh kepala daerah setelah mendapat persetujuan bersama DPRD. pembahasan. Persiapan pembentukan.

daerah kabupaten atau daerah kota sesuai dengan kewenangannya yang dilaksanakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah. Rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJM Daerah) untuk jangka waktu 5 (lima) tahun yang ditetapkan dengan Perda 3. dan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi. Hendri dari http://wikipedia. Rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) merupakan penjabaran dari RPJM daerah untuk jangka waktu 1 (satu) tahun dengan mengacu kepada rencana kerja Pemerintah pusat. Disusun oleh.org 114 . Untuk membantu kepala daerah dalam menegakkan Perda dan penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat dibentuk . Perencanaan Pembangunan Dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan daerah disusun perencanaan pembangunan daerah sebagai satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional. Perda. 2. Pengundangan Perda dalam Lembaran Daerah dan Peraturan Kepala Daerah dalam Berita Daerah dilakukan oleh Sekretaris Daerah.bertentangan dengan kepentingan umum. Perencanaan pembangunan daerah disusun oleh pemerintahan daerah provinsi. Perda diundangkan dalam Lembaran Daerah dan Peraturan Kepala Daerah diundangkan dalam Berita Daerah. Rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJP Daerah) untuk jangka waktu 20 (dua puluh) tahun yang ditetapkan dengan Perda. 1.

dalam hal ini pada dasarnya Pemerintah menerapkan prinsip uang mengikuti fungsi.org 115 . Di dalam Undang-Undang yang mengatur Keuangan Negara. Daerah diberikan hak untuk mendapatkan sumber keuangan yang antara lain berupa : kepastian tersedianya pendanaan dari Pemerintah sesuai dengan urusan pemerintah yang diserahkan.Keuangan Daerah Penyelenggaraan fungsi pemerintahan daerah akan terlaksana secara optimal apabila penyelenggaraan urusan pemerintahan diikuti dengan pemberian sumber-sumber penerimaan yang cukup kepada daerah. dengan mengacu kepada Undang-Undang yang mengatur Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah. hak untuk mengelola kekayaan Daerah dan mendapatkan sumber-sumber pendapatan lain yang sah serta sumber-sumber pembiayaan. kewenangan memungut dan mendayagunakan pajak dan retribusi daerah dan hak untuk mendapatkan bagi hasil dari sumber-sumber daya nasional yang berada di daerah dan dana perimbangan lainnya. Dengan pengaturan tersebut. dan kekuasaan pengelolaan keuangan negara dari presiden sebagian diserahkan kepada gubernur/bupati/walikota selaku kepala pemerintah daerah untuk mengelola keuangan daerah dan mewakili Disusun oleh. terdapat penegasan di bidang pengelolaan keuangan. Hendri dari http://wikipedia. yaitu bahwa kekuasaan pengelolaan keuangan negara adalah sebagai bagian dari kekuasaan pemerintahan. dimana besarnya disesuaikan dan diselaraskan dengan pembagian kewenangan antara Pemerintah dan Daerah. Semua sumber keuangan yang melekat pada setiap urusan pemerintah yang diserahkan kepada daerah menjadi sumber keuangan daerah.

Dana Alokasi Khusus. (b) hasil retribusi daerah. 2. Dana Bagi Hasil. Dalam melaksanakan kekuasaannya. kepala daerah melimpahkan sebagian atau seluruh kekuasaan keuangan daerah kepada para pejabat perangkat daerah. Dana Alokasi Umum. lain-lain pendapatan daerah yang sah. Dengan demikian pengaturan pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah melekat dan menjadi satu dengan pengaturan pemerintahan daerah. Sumber pendapatan daerah terdiri atas: 1. pendapatan asli daerah ( PAD). (b). yaitu dalam Undang-Undang mengenai Pemerintahan Daerah. Hendri dari http://wikipedia. dan (d) lain-lain PAD yang sah.pemerintah daerah dalam kepemilikan kekayaan daerah yang dipisahkan. yaitu bahwa Kepala daerah (gubernur/bupati/walikota) adalah pemegang kekuasaan pengelolaan keuangan daerah dan bertanggungjawab atas pengelolaan keuangan daerah sebagai bagian dari kekuasaan pemerintahan daerah. Ketentuan tersebut berimplikasi pada pengaturan pengelolaan keuangan daerah. yang meliputi: (a) hasil pajak daerah. dan 3. dana perimbangan yang meliputi: (a). dan (c). Pemerintah daerah dapat melakukan pinjaman yang berasal dari penerusan pinjaman hutang luar negeri dari Menteri Keuangan atas nama Pemerintah pusat setelah memperoleh pertimbangan Menteri Dalam Negeri. Pemerintah daerah dapat melakukan penyertaan modal pada suatu Badan Usaha Milik Pemerintah Disusun oleh. (c) hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan.org 116 .

pengawasan dan pertanggungjawaban keuangan daerah diatur lebih lanjut dengan Perda yang berpedoman pada Peraturan Pemerintah. pelepasan kepemilikan. Hendri dari http://wikipedia. penggabungan. Kerjasama dan Perselisihan Disusun oleh. Rancangan Perda provinsi tentang APBD yang telah disetujui bersama dan rancangan Peraturan Gubernur tentang penjabaran APBD sebelum ditetapkan oleh Gubernur paling lambat 3 (tiga) hari disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri untuk dievaluasi. penatausahaan. Semua penerimaan dan pengeluaran pemerintahan daerah dianggarkan dalam APBD dan dilakukan melalui rekening kas daerah yang dikelola oleh Bendahara Umum Daerah. Penyusunan.dan/atau milik swasta. Rancangan Perda kabupaten/kota tentang APBD yang telah disetujui bersama dan rancangan Peraturan Bupati/Walikota tentang Penjabaran APBD sebelum ditetapkan oleh Bupati/Walikota paling lama 3 (tiga) hari disampaikan kepada Gubernur untuk dievaluasi. Pemerintah daerah dapat memiliki BUMD yang pembentukan.org 117 . pelaporan. pelaksanaan. dan/atau pembubarannya ditetapkan dengan Perda yang berpedoman pada peraturan perundangundangan. Anggaran pendapatan dan belanja daerah ( APBD) adalah rencana keuangan tahunan pemerintahan daerah yang ditetapkan dengan peraturan daerah. Kepala daerah mengajukan rancangan Perda tentang APBD disertai penjelasan dan dokumen-dokumen pendukungnya kepada DPRD untuk memperoleh persetujuan bersama. APBD merupakan dasar pengelolaan keuangan daerah dalam masa 1 (satu) tahun anggaran terhitung mulai 1 Januari sampai dengan tanggal 31 Desember.

Disusun oleh. 2. daerah dapat mengadakan kerja sama dengan daerah lain yang didasarkan pada pertimbangan efisiensi dan efektifitas pelayanan publik. Dalam penyediaan pelayanan publik. Gubernur menyelesaikan perselisihan dimaksud. antara provinsi dan kabupaten/kota di wilayahnya. serta antara provinsi dan kabupaten/kota di luar wilayahnya. Kawasan Perkotaan Kawasan perkotaan dapat berbentuk : 1. Kerja sama yang membebani masyarakat dan daerah harus mendapatkan persetujuan DPRD. Keputusan Guberneur atau Menteri Dalam Negeri sebagaimana dimaksud bersifat final.org 118 . Kerja sama tersebut dapat diwujudkan dalam bentuk badan kerjasama antar daerah yang diatur dengan keputusan bersama. sinergi dan saling menguntungkan. bagian daerah kabupaten yang memiliki ciri perkotaan yang dikelola oleh daerah atau lembaga pengelola yang dibentuk dan bertanggungjawab kepada pemerintah kabupaten.. Hendri dari http://wikipedia. 3. Kota sebagai daerah otonom yang dikelola oleh pemerintah kota.Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat. bagian dari dua atau lebih daerah yang berbatasan langsung dan memiliki ciri perkotaan yang dikelola bersama oleh daerah terkait. Apabila terjadi perselisihan antarprovinsi. daerah dapat bekerja sama dengan pihak ketiga. Apabila terjadi perselisihan dalam penyelenggaraan fungsi pemerintahan antar kabupaten/kota dalam satu provinsi. Menteri Dalam Negeri menyelesaikan perselisihan dimaksud.

Perangkat desa terdiri dari sekretaris desa dan perangkat desa lainnya. majemuk. Pembentukan. Lembang di Sulawesi Selatan. maka otonomi desa akan diberikan kesempatan untuk tumbuh dan berkembang mengikuti perkembangan dari desa itu sendiri.Dalam perencanaan. Negeri di Maluku. Desa atau nama lain Dalam pemerintahan daerah kabupaten/kota dibentuk pemerintahan desa yang terdiri dari pemerintah desa dan badan permusyawaratan desa. demokratisasi dan pemberdayaan masyarakat. Pemerintah desa terdiri atas kepala desa dan perangkat desa. Desa yang dimaksud dalam ketentuan ini termasuk antara lain Nagari di Sumatera Barat. Pemerintah mengakui otonomi yang dimiliki oleh desa ataupun dengan sebutan lainnya dan kepada desa melalui pemerintah desa dapat diberikan penugasan ataupun pendelegasian dari Pemerintah ataupun pemerintah daerah untuk melaksanakan urusan pemerintah tertentu. dan/atau penggabungan Desa dengan memperhatikan asal usulnya atas prakarsa masyarakat.org 119 . Landasan pemikiran dalam pengaturan mengenai desa adalah keanekaragaman. dan pengelolaan kawasan perkotaan. ataupun heterogen. Kampung di Kalimantan Selatan dan Papua. Sedang terhadap desa di luar desa geneologis yaitu desa yang bersifat administratif seperti desa yang dibentuk karena pemekaran desa ataupun karena transmigrasi ataupun karena alasan lain yang warganya pluralistis. Hendri dari http://wikipedia. pemerintah daerah mengikutsertakan masyarakat sebagai upaya pemberdayaan masyarakat. otonomi asli. Gampong di provinsi NAD. partisipasi. pelaksanaan pembangunan. Yang dimaksud dengan Perangkat Desa lainnya dalam ketentuan ini adalah Disusun oleh. penghapusan.

Masa jabatan kepala desa dalam ketentuan ini dapat dikecualikan bagi kesatuan masyarakat hukum adat yang keberadaannya masih hidup dan diakui yang ditetapkan dengan Perda. Masa jabatan kepala desa adalah 6 (enam) tahun dan dapat dipilih kembali hanya untuk 1 (satu) kali masa jabatan berikutnya. Di desa dapat dibentuk lembaga kemasyarakatan yang ditetapkan dengan peraturan desa dengan berpedoman pada peraturan perundangundangan. Badan Permusyawaratan Desa berfungsi menetapkan peraturan desa bersama kepala desa.perangkat pembantu Kepala Desa yang terdiri dari Sekretariat Desa. Hendri dari http://wikipedia. Calon kepala desa yang memperoleh suara terbanyak dalam pemilihan kepala desa sebagaimana dimaksud. Kepala desa dipilih langsung oleh dan dari penduduk desa warga negara Republik Indonesia yang syarat selanjutnya dan tata cara pemilihannya diatur dengan Perda yang berpedoman kepada Peraturan Pemerintah. Rukun Warga. urusan pemerintahan yang berdasarkan hak asal-usul desa. dan unsur kewilayahan seperti kepala dusun atau dengan sebutan lain. PKK. ditetapkan sebagai kepala desa. lembaga pemberdayaan masyarakat. karang taruna. menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat. Yang dimaksud dengan lembaga kemasyarakatan desa dalam ketentuan ini seperti: Rukun Tetangga. Disusun oleh. Urusan pemerintahan mencakup: yang menjadi kewenangan sudah desa ada 1.org 120 . pelaksana teknis lapangan seperti kepala urusan.

2. urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan kabupaten/kota yang diserahkan pengaturannya kepada desa; 3. tugas pembantuan dari Pemerintah, pemerintah provinsi, dan/atau pemerintah kabupaten/kota; 4. urusan pemerintahan lainnya yang oleh peraturan perundang-perundangan diserahkan kepada desa.

Keuangan desa adalah semua hak dan kewajiban desa yang dapat dinilai dengan uang, serta segala sesuatu baik berupa uang maupun berupa barang yang dapat dijadikan milik desa berhubung dengan pelaksanaan hak dan kewajiban. Desa dapat mendirikan badan usaha milik desa sesuai dengan kebutuhan dan potensi desa. Desa dapat mengadakan kerja sama untuk kepentingan desa yang diatur dengan keputusan bersama dan dilaporkan kepada Bupati/Walikota melalui camat. Pembinaan dan Pengawasan Pembinaan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah adalah upaya yang dilakukan untuk mewujudkan tercapainya tujuan penyelenggaraan otonomi daerah. Pembinaan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah dilaksanakan oleh Pemerintah dan atau Gubernur selaku Wakil Pemerintah di Daerah. Koordinasi pembinaan dilaksanakan secara berkala pada tingkat nasional, regional, atau provinsi. Pembinaan tersebut meliputi
1. koordinasi pemerintahan antarsusunan pemerintahan; 2. pemberian pedoman dan standar pelaksanaan urusan pemerintahan;
Disusun oleh; Hendri dari http://wikipedia.org

121

3. pemberian bimbingan, supervisi, dan konsultasi pelaksanaan urusan pemerintahan; 4. pendidikan dan pelatihan; dan 5. perencanaan, penelitian, pengembangan, pemantauan, dan evaluasi pelaksanaan urusan pemerintahan.

Pengawasan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah adalah proses kegiatan yang ditujukan untuk menjamin agar pemerintah daerah berjalan sesuai dengan rencana dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pengawasan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah dilaksanakan oleh Pemerintah yang meliputi:
1. Pengawasan atas pelaksanaan urusan pemerintahan di daerah; 2. Pengawasan terhadap peraturan daerah dan peraturan kepala daerah.

Pemerintah memberikan penghargaan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Sanksi diberikan oleh Pemerintah dalam rangka pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah apabila diketemukan adanya penyimpangan dan pelanggaran oleh penyelenggara pemerintahan daerah tersebut. Sanksi dimaksud antara lain dapat berupa penataan kembali suatu daerah otonom, pembatalan pengangkatan pejabat, penangguhan dan pembatalan berlakunya suatu kebijakan daerah baik peraturan daerah, keputusan kepala daerah, dan ketentuan lain yang ditetapkan daerah serta dapat memberikan sanksi pidana yang diproses sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah tersebut secara nasional dikoordinasikan oleh Menteri
Disusun oleh; Hendri dari http://wikipedia.org

122

Dalam Negeri. Pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah untuk kabupaten/kota dikoordinasikan oleh Gubernur. Pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan desa dikoordinasikan oleh Bupati/Walikota. Pertimbangan Otonomi Dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan daerah, Presiden dapat membentuk suatu dewan yang bertugas memberikan saran dan pertimbangan terhadap kebijakan otonomi daerah. Dewan ini dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri yang susunan organisasi keanggotaan dan tata laksananya diatur lebih lanjut dengan Peraturan Presiden. Dewan tersebut bertugas memberikan saran dan pertimbangan kepada Presiden antara lain mengenai rancangan kebijakan:
1. pembentukan, penghapusan dan penggabungan daerah serta pembentukan kawasan khusus; 2. perimbangan keuangan antara Pemerintah dan pemerintahan daerah,

Ketentuan Lain-lain Daerah-daerah yang memiliki status istimewa dan diberikan otonomi khusus selain diatur dengan Undang-Undang ini diberlakukan pula ketentuan khusus yang diatur dalam undangundang lain. Ketentuan dalam Undang-Undang ini berlaku bagi Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Provinsi Papua termasuk provinsi hasil pemekarannya, dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sepanjang tidak diatur secara khusus dalam Undang-Undang tersendiri.

Disusun oleh; Hendri dari http://wikipedia.org

123

Instansi vertikal tersebut jumlah. dan UndangUndang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua (LN Tahun 2001 Nomor 135. susunan dan luas wilayah kerjanya ditetapkan Pemerintah. maka keistimewaan untuk Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999.undangan dengan memperhatikan hukum internasional yang pelaksanaannya ditetapkan oleh Pemerintah. TLN 3893) dan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh (LN Tahun 2006 Nomor 62.org 124 . Batas daerah provinsi atau kabupaten/kota yang berbatasan dengan wilayah negara lain. Penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi wewenang Pemerintah yang didekonsentrasikan. kekayaannya dialihkan menjadi milik daerah.Yang dimaksud dengan Undang-Undang tersendiri adalah Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2007 tentang Pemerintahan Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta sebagai Ibukota Negara Kesatuan Republik Indonesia (LN Tahun 2007 Nomor 93. Anggota Tentara Nasional Indonesia dan anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia tidak menggunakan hak memilihnya Disusun oleh. adalah tetap dengan ketentuan bahwa penyelenggaraan pemerintahan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta didasarkan pada Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004. Undang-Undang Nomor 44 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Keistimewaan Provinsi Daerah Istimewa Aceh (LN Tahun 1999 Nomor 172. TLN 4151). Hendri dari http://wikipedia. TLN 4633). dilaksanakan oleh instansi vertikal di daerah. diatur berdasarkan peraturan perundang. TLN 4744). Karena Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta belum memiliki Undang-Undang tersendiri. Semua instansi vertikal yang diserahkan dan menjadi perangkat daerah.

Umum. Di tengah masyarakat.dalam pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah sepanjang belum diatur dalam undang-undang. yaitu DPR. Langsung berarti pemilih diharuskan memberikan suaranya secara langsung dan tidak boleh diwakilkan. Bebas berarti pemilih diharuskan memberikan suaranya tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Umum berarti pemilihan umum dapat diikuti seluruh warga negara yang sudah memiliki hak menggunakan suara. Asas Pemilihan umum di Indonesia menganut asas "Luber" yang merupakan singkatan dari "Langsung. istilah "pemilu" lebih sering merujuk kepada pemilu legislatif dan pemilu presiden dan wakil presiden yang diadakan setiap 5 tahun sekali. Bebas dan Rahasia". berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2007. pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah (pilkada) juga dimasukkan sebagai bagian dari rezim pemilu. DPRD Provinsi. Asal "Luber" sudah ada sejak zaman Orde Baru. disepakati untuk dilakukan langsung oleh rakyat sehingga pilpres pun dimasukkan ke dalam rezim pemilu. Pemilihan umum di Indonesia Pemilihan umum (pemilu) di Indonesia pada awalnya ditujukan untuk memilih anggota lembaga perwakilan. kemudian Rahasia berarti suara yang diberikan oleh Disusun oleh.org 125 . Setelah amandemen keempat UUD 1945 pada 2002. Hendri dari http://wikipedia. Pada 2007. Pilpres sebagai bagian dari pemilu diadakan pertama kali pada Pemilu 2004. dan DPRD Kabupaten/Kota. pemilihan presiden dan wakil presiden (pilpres). yang semula dilakukan oleh MPR.

1999. dan 2009. telah diselenggarakan 10 kali pemilu anggota DPR. 1992.org 126 . Pemilu ini seringkali disebut dengan Pemilu 1955. 2004. tanpa ada pengistimewaan ataupun diskriminasi terhadap peserta atau pemilih tertentu. 1982. 1997. tetapi juga penyelenggara pemilu. 1977. Pemilihan Umum Anggota DPR. 1971. Asas jujur mengandung arti bahwa pemilihan umum harus dilaksanakan sesuai dengan aturan untuk memastikan bahwa setiap warga negara yang memiliki hak dapat memilih sesuai dengan kehendaknya dan setiap suara pemilih memiliki nilai yang sama untuk menentukan wakil rakyat yang akan terpilih. DPD. yaitu pada tahun 1955. dan DPRD. DPD. dan dipersiapkan di bawah pemerintahan Perdana Menteri Ali Sastroamidjojo. Asas jujur dan adil mengikat tidak hanya kepada pemilih ataupun peserta pemilu.pemilih bersifat rahasia hanya diketahui oleh si pemilih itu sendiri. 1987. Hendri dari http://wikipedia. Ali Sastroamidjojo mengundurkan diri dan pada saat Disusun oleh. Asas adil adalah perlakuan yang sama terhadap peserta pemilu dan pemilih. Kemudian di era reformasi berkembang pula asas "Jurdil" yang merupakan singkatan dari "Jujur dan Adil". dan DPRD Sepanjang sejarah Indonesia. Pemilu 1955 Pemilu pertama dilangsungkan pada tahun 1955 dan bertujuan untuk memilih anggota-anggota DPR dan Konstituante. Namun.

Pemilu 1955 ini dibagi menjadi dua tahap. melalui Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1975 tentang Partai Politik dan Golkar.pemungutan suara. Pemilu 1971 Pemilu berikutnya diselenggarakan pada tahun 1971. Pemilu ini adalah Pemilu pertama setelah orde baru. dan diikuti oleh 29 partai politik dan individu. Lima besar dalam Pemilu ini adalah Golongan Karya. Hendri dari http://wikipedia. dan diikuti oleh 10 partai politik. Nahdlatul Ulama. Disusun oleh.org 127 . Tahap ini diselenggarakan pada tanggal 15 Desember 1955. Masyumi. yaitu: • • Tahap pertama adalah Pemilu untuk memilih anggota DPR. Tahap kedua adalah Pemilu untuk memilih anggota Konstituante. Sesuai tujuannya. dan Partai Syarikat Islam Indonesia. tepatnya pada tanggal 5 Juli 1971. menjadi hanya dua partai politik (yaitu Partai Persatuan Pembangunan dan Partai Demokrasi Indonesia) dan satu Golongan Karya. kepala pemerintahan telah dipegang oleh Perdana Menteri Burhanuddin Harahap. Tahap ini diselenggarakan pada tanggal 29 September 1955. Parmusi. Partai Komunis Indonesia. diadakanlah fusi (penggabungan) partai-partai politik. Nahdlatul Ulama. dan Partai Syarikat Islam Indonesia. Lima besar dalam Pemilu ini adalah Partai Nasional Indonesia. Pada tahun 1975. Partai Nasional Indonesia.

sementara pemilihan presiden dan wakilnya dilakukan oleh anggota MPR. Partai Persatuan Pembangunan. Partai Golkar. yaitu Abdurrahman Wahid (Pada saat itu. Walaupun Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan meraih suara terbanyak (dengan perolehan suara sekitar 35 persen).Pemilu 1977-1997 Pemilu-Pemilu berikutnya dilangsungkan pada tahun 1977. yaitu Pemilu 1999 dilangsungkan pada tahun 1999 (tepatnya pada tanggal 7 Juni 1999) di bawah pemerintahan Presiden BJ Habibie dan diikuti oleh 48 partai politik. Pemilu-Pemilu ini seringkali disebut dengan "Pemilu Orde Baru". yang diangkat menjadi presiden bukanlah calon dari partai itu. 1982. sekaligus Pemilu pertama setelah runtuhnya orde baru. melainkan dari Partai Kebangkitan Bangsa. Hal ini dimungkinkan untuk terjadi karena Pemilu 1999 hanya bertujuan untuk memilih anggota MPR. dan Partai Amanat Nasional. Pemilu-Pemilu tersebut hanya diikuti dua partai politik dan satu Golongan Karya. Lima besar Pemilu 1999 adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. megawati soekarno Disusun oleh. dan DPRD. Pemilu-Pemilu ini diselenggarakan dibawah pemerintahan Presiden Soeharto. yaitu Megawati Soekarnoputri. DPR. Pemilu 1999 Pemilu berikutnya. Hendri dari http://wikipedia. dan 1997. Partai Kebangkitan Bangsa. Sesuai peraturan Fusi Partai Politik tahun 1975. 1992. PemiluPemilu tersebut kesemuanya dimenangkan oleh Golongan Karya. 1987.org 128 . Megawati hanya menjadi calon presiden).

Pilpres ini dilangsungkan dalam dua putaran.wati telah campur tangan dalam pemilu di indonesia maka dari itu harus kita cegah Pemilu 2004 Pada Pemilu 2004.org 129 . Hendri dari http://wikipedia. Putaran kedua digunakan untuk memilih presiden yang diwarnai persaingan antara Yudhoyono dan Megawati yang akhirnya dimenangi oleh pasangan YudhoyonoJusuf Kalla. Pemenang Pilpres 2004 adalah Susilo Bambang Yudhoyono. selain memilih anggota DPR. rakyat juga dapat memilih anggota DPD. DPRD Provinsi. Pergantian kekuasaan berlangsung mulus dan merupakan sejarah bagi Indonesia yang belum pernah mengalami pergantian kekuasaan tanpa huru-hara. Pemilu 2004 Pemilu 2004 merupakan pemilu pertama di mana para peserta dapat memilih langsung presiden dan wakil presiden pilihan mereka. Satu-satunya cacat pada Disusun oleh. Pemilu 2009 Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Pemilihan umum presiden dan wakil presiden (pilpres) pertama kali diadakan dalam Pemilu 2004. karena tidak ada pasangan calon yang berhasil mendapatkan suara lebih dari 50%. suatu lembaga perwakilan baru yang ditujukan untuk mewakili kepentingan daerah. dan DPRD Kabupaten/Kota.

Pemilu 2009 Pilpres 2009 diselenggarakan pada 8 Juli 2009. Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Pemilihan umum kepala daerah dan wakil kepala daerah (pilkada) menjadi bagian dari rezim pemilu sejak 2007.80%. Pilkada pertama di Indonesia adalah Pilkada Kabupaten Kutai Kartanegara pada 1 Juni 2005. Disusun oleh. Pasangan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono berhasil menjadi pemenang dalam satu putaran langsung dengan memperoleh suara 60.pergantian kekuasaan ini adalah tidak hadirnya Megawati pada upacara pelantikan Yudhoyono sebagai presiden. mengalahkan pasangan Megawati Soekarnoputri-Prabowo Subianto dan Muhammad Jusuf Kalla-Wiranto.org 130 . Hendri dari http://wikipedia.

Kemungkinan besar ini terdiri dari kata-kata "pro" (di depan) dan "vincia" (dihubungkan). Masing-masing provinsi dibagi atas kabupaten dan kota.BAB III PEMBAGIAN ADMINISTRATIF Provinsi Provinsi adalah nama sebuah pembagian wilayah administratif di bawah wilayah nasional. yang dikepalai oleh seorang gubernur. Indonesia terdiri atas provinsi.org 131 . Saat ini di Indonesia terdapat 33 Disusun oleh. Kata ini merupakan kata pungutan dari bahasa Belanda "provincie" yang berasal dari bahasa Latin dan pertama kalinya digunakan di Kekaisaran Romawi. Hendri dari http://wikipedia. Mereka membagi wilayah kekuasaan mereka atas (peringkat kedua dari seluruh ke presidensial setelah kekkuasaan presiden)"provinciae". Provinsi di Indonesia Dalam pembagian administratif. Kemungkinan kata ini berasal dari kata "provincia". yang berarti daerah kekuasaan.

sehingga dalam hal ini gubernur bertanggung jawab kepada rakyat. Bentuk Belanda ini mirip dengan bentuk bahasa Perancis dan arti harafiahnya adalah "pemimpin". adalah jabatan politik di Indonesia. "penguasa". Dan kewenangan gubernur diatur dalam UU No 32 Tahun 2004 dan PP No 19 Tahun 2010.org 132 . Gubernur Gubernur. bahasa Spanyol "gobernador". Kata "gubernur" bisa berasal dari bahasa Portugis "governador". Pada dasarnya. Selain itu. atau bahasa Belanda "gouverneur". Gubernur merupakan kepala daerah untuk wilayah provinsi. atau "yang memerintah". gubernur bertanggung jawab kepada presiden. Disusun oleh. banyak provinsi yang dimekarkan menjadi dua bagian yang rata-rata provinsi dengan luas daerah yang cukup besar. Namun setelah pada masa Reformasi. sehingga dalam hal ini. dan dapat juga dilantik oleh Mendagri atas nama Presiden. Gubernur dipilih bersama wakilnya dalam satu paket pasangan yang dipilih secara langsung oleh rakyat di provinsi setempat untuk masa jabatan 5 tahun. gubernur juga berkedudukan sebagai wakil pemerintah pusat di wilayah provinsi bersangkutan. Gubernur terpilih kemudian dilantik oleh Presiden. Pemekaran yang dilakukan dimaksud agar mendapatkan efisiensi dalam penerapan pemerataan pembangunan. Hendri dari http://wikipedia. Sebelum tahun 2000 Indonesia memiliki 27 provinsi. gubernur memiliki tugas dan wewenang memimpin penyelenggaraan pemerintahan daerah berdasarkan kebijakan yang ditetapkan bersama DPRD provinsi.provinsi.

karena itu bupati atau walikota tidak bertanggung jawab kepada gubernur. Dahulu istilah kabupaten dikenal dengan Daerah Tingkat II Kabupaten. Hendri dari http://wikipedia. mengawasi.org 133 . Hubungan pemerintah provinsi dengan pemerintah kabupaten dan kota bukan subordinat. Sejak diberlakukannya Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah. dimana masing-masing pemerintahan daerah tersebut mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan menurut asas otonomi dan tugas pembantuan. Meski istilah kabupaten saat ini digunakan di seluruh wilayah Indonesia.Gubernur bukanlah atasan bupati atau wali kota. baik kabupaten dan kota memiliki wewenang yang sama. yang secara harafiah artinya adalah daerah seorang regent atau wakil penguasa. pembagian wilayah administratif setelah provinsi adalah kota. Selain kabupaten. istilah Daerah Disusun oleh. Kabupaten Kabupaten adalah pembagian wilayah administratif di Indonesia setelah provinsi. istilah ini dahulu hanya digunakan di pulau Jawa dan Madura saja. namun hanya sebatas membina. Secara umum. Pada era Hindia Belanda. yang dipimpin oleh seorang bupati. istilah kabupaten dikenal dengan regentschap. dan mengkoordinasi penyelenggaraan pemerintahan daerah kabupaten/kota. Kabupaten maupun kota merupakan daerah otonom yang diberi wewenang mengatur dan mengurus urusan pemerintahannya sendiri. Kabupaten bukanlah bawahan dari provinsi. Pembagian wilayah kabupaten di Indonesia saat ini merupakan warisan dari era pemerintahan Hindia Belanda.

Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Hendri dari http://wikipedia. Berbeda dengan kabupaten-kabupaten lain di Indonesia. Perangkat daerah kabupaten administrasi terdiri atas Sekretariat Kabupaten Administrasi. Kota Kota merupakan kawasan pemukiman yang secara fisik ditunjukkan oleh kumpulan rumah-rumah yang mendominasi tata ruangnya dan memiliki berbagai fasilitas untuk mendukung kehidupan warganya secara mandiri. Istilah "Kabupaten" di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam disebut juga dengan "Sagoe" Kabupaten administrasi Kabupaten administrasi adalah pembagian wilayah administrasi di Indonesia di bawah provinsi.Tingkat II dihapus. Kabupaten administrasi dipimpin oleh seorang bupati dan dibantu oleh wakil bupati yang diangkat oleh gubernur dari kalangan pegawai negeri sipil. Suku Dinas. yakni Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu. lembaga teknis lain. dan kelurahan. terdapat pula kapitonim "Kota" yang merupakan satuan administrasi negara di bawah provinsi. kecamatan. Artikel ini Disusun oleh. Saat ini hanya terdapat satu kabupaten administrasi di Indonesia. Selain itu. sehingga Daerah Tingkat II Kabupaten disebut Kabupaten saja. kabupaten administrasi bukanlah daerah otonom. Pengertian "kota" sebagaimana yang diterapkan di Indonesia mencakup pengertian "town" dan "city" dalam bahasa Inggris.org 134 .

Saat ini terdapat 5 kota administrasi yang hanya berada di Provinsi DKI Jakarta. lembaga teknis lain. kecamatan. kepentingan. Kota otonom Kota otonom adalah istilah untuk kota yang berdiri sendiri dan dipimpin oleh seorang walikota. dan kelurahan.membahas "kota" dalam pengertian umum (nama jenis. Hendri dari http://wikipedia. common name). Kota administrasi dipimpin oleh seorang walikota dan dibantu oleh wakil walikota yang diangkat oleh gubernur dari kalangan Pegawai Negeri Sipil. Perangkat daerah kota administrasi terdiri atas Sekretariat Kota Administrasi.org 135 . kota administrasi bukanlah daerah otonom. Berbeda dengan kota-kota lain di Indonesia. Disusun oleh. Suku Dinas. atau status hukum. Kota dibedakan secara kontras dari desa ataupun kampung berdasarkan ukurannya. Kota otonom berkedudukan sejajar dengan kabupaten dan kedudukan walikotanya sejajar dengan bupati. Kota administrasi Kota administrasi adalah pembagian wilayah administrasi di Indonesia di bawah provinsi. kepadatan penduduk.[rujukan?] Desa atau kampung didominasi oleh lahan terbuka bukan pemukiman. Dalam konteks Indonesia istilah ini digunakan untuk membedakan dengan kota yang secara administratif di bawah sebuah kabupaten.

Selain kota. Pada sebuah ibukota kabupaten terdapat Kantor Bupati beserta Perangkat Daerah. Secara legal. Hendri dari http://wikipedia. karena itu bupati atau walikota tidak bertanggung jawab kepada gubernur. istilah kota dikenal dengan Daerah Tingkat II Kotamadya. Kejaksaan Negeri. Kabupaten bukanlah bawahan dari provinsi. BPS. Gedung DPRD Kabupaten. Secara umum. adalah ibukota atau tempat kedudukan pusat pemerintahan dari sebuah kabupaten. dan infrastruktur perkotaan pada umumnya. Bagaimanapun pembagian administratif dari kabupaten adalah kecamatan. yang dipimpin oleh seorang walikota. pembagian wilayah administratif setelah provinsi adalah kabupaten. istilah Daerah Tingkat II Kotamadya pun diganti dengan kota saja. baik kabupaten dan kota memiliki wewenang yang sama.org 136 . Instansi Vertikal (instansi pusat di daerah. BPN). seperti Pengadilan Negeri. Sejak diberlakukannya Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah. Disusun oleh. kota adalah pembagian wilayah administratif di Indonesia setelah provinsi. Mapolres.Kota sebagai unit administrasi Dalam konteks administrasi pemerintahan di Indonesia. Dahulu di Indonesia. Istilah "Kota" di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam disebut juga dengan banda Ibu kota kabupaten Ibukota kabupaten. Kabupaten maupun kota merupakan daerah otonom yang diberi wewenang mengatur dan mengurus urusan pemerintahannya sendiri. ibukota kabupaten bukanlah bagian dari pembagian administratif sebuah kabupaten.

Sarilamak. dalam konteks otonomi Daerah di Indonesia adalah kepala daerah untuk daerah kabupaten. banyak ibukota kabupaten yang dimekarkan menjadi Kota (otonom). sehingga kabupaten induk seolah-olah masih memiliki ibukota kabupaten di wilayah lain. yang secara yuridis terpisah dari kabupaten induk. atau dapat pula menempati lebih dari satu kecamatan (misalnya. ibukota Kabupaten Lima Puluh Kota. ibukota Kabupaten Semarang. bertahap dilakukan pemindahan ibukota kabupaten ke wilayah Kabupaten Kediri. Ke depan. banyak terdapat fasilitas gedung perkantoran Pemerintah Daerah yang berada di luar wilayah kabupaten. Ungaran. Dalam perkembangannya. Misalnya. seringkali pemekaran ini tidak selalu diikuti dengan pemindahan fasilitas dan gedung perkantoran pemerintah ke wilayah kabupaten. Namun demikian. ibukota kabupaten harus berada di wilayah kabupaten itu sendiri. Seorang bupati sejajar dengan walikota. yakni kepala daerah untuk daerah kota. bupati memiliki tugas dan wewenang memimpin penyelenggaraan daerah berdasarkan kebijakan yang ditetapkan Disusun oleh. Hendri dari http://wikipedia. yakni di wilayah Kota Kediri. "raja dunia"). Pada dasarnya.Wilayah ibukota kabupaten dapat menempati sebagian dari wilayah kecamatan (misalnya.org 137 . dan memiliki Pemerintahan Daerah sendiri. menempati sebagian wilayah Kecamatan Harau). Untuk itu. menempati sebagian wilayah Kecamatan Ungaran Barat dan Kecamatan Ungaran Timur. di Kabupaten Kediri. yakni di Pare Bupati Bupati (dari bahasa Sansekerta: bhûpati.

yang sebelumnya digunakan seperti halnya di provinsi-provinsi lain di Indonesia. istilah bupati dipakai untuk menggantikan regent seluruh wilayah Indonesia. Kecamatan terdiri atas desa-desa atau kelurahan-kelurahan. Sebelum tahun 1945 gelar bupati sebenarnya hanya dipakai di pulau Jawa. Penetapan ini adalah menyusul diterapkannya Undang-undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua. Semenjak kemerdekaan.org 138 . Dalam bahasa Belanda. Madura. Bupati merupakan jabatan politis (karena diusulkan oleh partai politik). dan bukan Pegawai Negeri Sipil. bupati disebut sebagai regent. dan Bali. adalah pembagian wilayah administratif di Provinsi Papua dan Papua Barat. Bupati dipilih dalam satu pasangan secara langsung oleh rakyat di kabupaten setempat. bahasa administrasi resmi di masa Hindia Belanda. Distrik. Hendri dari http://wikipedia. Istilah "Kecamatan" di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam disebut juga dengan "Sagoe Cut" sedangkan di Papua disebut dengan istilah "Distrik". Distrik merupakan Perangkat Disusun oleh. Istilah "Distrik" menggantikan "kecamatan".bersama DPRD kabupaten. Kecamatan merupakan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten atau Kota yang mempunyai wilayah kerja tertentu yang dipimpin oleh seorang Camat. Indonesia di bawah kabupaten atau kota. Dalam konteks otonomi daerah di Indonesia. Kecamatan Kecamatan adalah pembagian wilayah administratif di Indonesia di bawah kabupaten atau kota. dan terjemahan inilah yang dipakai sebagai padanan bupati sekarang.

Hendri dari http://wikipedia.Daerah Kabupaten atau Kota di Papua yang mempunyai wilayah kerja tertentu yang dipimpin oleh seorang Kepala Distrik. Camat Camat merupakan pemimpin kecamatan sebagai perangkat daerah kabupaten atau kota. berada di bawah dan bertanggung jawab kepada bupati melalui sekretaris daerah kabupaten atau kota. Di Indonesia istilah mukim digunakan di provinsi Aceh. Kewewenangan Disusun oleh. Di Malaysia beberapa mukim membentuk satu distrik yang disebut daerah (setara dengan kabupaten). Di dalam konteks Provinsi Aceh. mukim berada di bawah kecamatan. atau penggabungan Distrik ditetapkan dengan Peraturan Daerah Kabupaten/Kota Mukim adalah sebuah tingkatan dalam pembagian daerah administratif di Malaysia dan Brunei. sebuah mukim terdiri dari beberapa kampung. Pembentukan. penghapusan. Camat berkedudukan sebagai koordinator penyelenggaraan pemerintahan di wilayah kecamatan.org 139 . tetapi di atas gampong. Camat diangkat oleh bupati atau walikota atas usul sekretaris daerah kabupaten atau kota terhadap Pegawai Negeri Sipil yang memenuhi syarat. Distrik dibagi lagi menjadi sejumlah kampung. atau dengan nama lain sesuai dengan adat istiadat setempat. Di Brunei. pemekaran.

Tugas camat adalah melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh bupati sesuai karakteristik wilayah kebutuhan daerah dan menyelenggarakan kegiatan pemerintahan lainnya berdasarkan peraturan perundangundangan. Kelurahan merupakan wilayah kerja Lurah sebagai Perangkat Daerah Kabupaten atau kota. kelurahan tidak memiliki hak mengatur wilayahnya lebih terbatas. Tugas Lurah adalah melaksanakan Kewenangan Pemerintah yang dilimpahkan oleh Camat sesuai karakteristik wilayah dan kebutuhan Daerah serta melaksanakan Pemerintahan lainnya berdasarkan ketentuan Peraturan perundang-undangan. Dalam perkembangannya. Kelurahan dipimpin oleh seorang Lurah. namun tidak bagi kepala desa.org 140 . Seorang camat membawahi lurah. Kelurahan Kelurahan adalah pembagian Indonesia di bawah kecamatan. Kelurahan merupakan unit pemerintahan terkecil setingkat dengan desa. Berbeda dengan desa. Seorang Lurah berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Camat. Disusun oleh. Lurah merupakan pimpinan dari Kelurahan sebagai Perangkat Daerah Kabupaten atau Kota. wilayah administratif di Dalam konteks otonomi daerah di Indonesia. sebuah desa dapat ditingkatkan statusnya menjadi kelurahan. Hendri dari http://wikipedia.

misalnya di Sumatera Barat disebut dengan istilah nagari. istilah desa adalah pembagian wilayah administratif di Indonesia di bawah kecamatan. Memang. dan di Papua dan Kutai Barat. Hendri dari http://wikipedia.Istilah Lurah seringkali rancu dengan jabatan Kepala Desa.org 141 . di Jawa pada umumnya. Tentu saja keduanya berbeda. Di Indonesia. Kalimantan Timur disebut Kepala Kampung atau Petinggi. karena Lurah adalah Pegawai Negeri Sipil yang bertanggung jawab kepada Camat. atau udik. sedangkan di Kutai Barat. adalah sebuah aglomerasi permukiman di area perdesaan (rural). Kalimantan Timur disebut dengan istilah kampung. Namun dalam konteks Pemerintahan Indonesia. Sejak diberlakukannya otonomi daerah Istilah desa dapat disebut dengan nama lain. Hal ini merupakan salah satu pengakuan dan penghormatan Pemerintah terhadap asal usul dan adat istiadat setempat Desa di Indonesia Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2005 tentang Desa. sedang Kepala Desa bisa dijabat siapa saja yang memenuhi syarat. secara historis pemimpin dari sebuah desa dikenal dengan istilah Lurah. sedang Desa dipimpin oleh Kepala Desa. Begitu pula segala istilah dan institusi di desa dapat disebut dengan nama lain sesuai dengan karakteristik adat istiadat desa tersebut. menurut definisi universal. sebuah Kelurahan dipimpin oleh Lurah. disebut bahwa Desa adalah kesatuan masyarakat hukum Disusun oleh. dan dipilih langsung oleh rakyat melalui Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). yang dipimpin oleh Kepala Desa. Desa Desa.

org 142 .yang memiliki batas-batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat. yakni urusan pemerintahan yang secara langsung dapat meningkatkan pelayanan masyarakat. Berbeda dengan Kelurahan. Kewenangan desa adalah: • • • • Menyelenggarakan urusan pemerintahan yang sudah ada berdasarkan hak asal usul desa Menyelenggarakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan kabupaten/kota yang diserahkan pengaturannya kepada desa. Desa memiliki hak mengatur wilayahnya lebih luas. karena kecamatan merupakan bagian dari perangkat daerah kabupaten/kota. Pemerintah Provinsi. berdasarkan asal-usul dan adat istiadat setempat yang diakui dan dihormati dalam sistem Pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Desa bukanlah bawahan kecamatan. dan Pemerintah Kabupaten/Kota Urusan pemerintahan lainnya yang diserahkan kepada desa. Tugas pembantuan dari Pemerintah. Pemerintahan Desa terdiri atas Pemerintah Desa (yang meliputi Kepala Desa dan Perangkat Desa) dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Disusun oleh. Namun dalam perkembangannya. sebuah desa dapat dirubah statusnya menjadi kelurahan. Pemerintahan Desa Desa memiliki pemerintahan sendiri. dan desa bukan merupakan bagian dari perangkat daerah. Hendri dari http://wikipedia.

BPD merupakan lembaga baru di desa pada era otonomi daerah di Indonesia. golongan profesi. Ketua BPD dipilih dari dan oleh anggota BPD secara langsung dalam Rapat BPD yang diadakan secara khusus. BPD berfungsi menetapkan Peraturan Desa bersama Kepala Desa. Anggota BPD terdiri dari Ketua Rukun Warga. Pimpinan dan Anggota BPD tidak diperbolehkan merangkap jabatan sebagai Kepala Desa dan Perangkat Desa.org 143 . BPD dapat dianggap sebagai "parlemen"-nya desa. Wewenang BPD antara lain: • Membahas rancangan peraturan desa bersama Kepala Desa Disusun oleh. Peresmian anggota BPD ditetapkan dengan Keputusan Bupati/Walikota. menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat. pemuka agama dan tokoh atau pemuka masyarakat lainnya. Anggota BPD adalah wakil dari penduduk desa bersangkutan berdasarkan keterwakilan wilayah yang ditetapkan dengan cara musyawarah dan mufakat. Hendri dari http://wikipedia. dimana sebelum memangku jabatannya mengucapkan sumpah/janji secara bersama-sama dihadapan masyarakat dan dipandu oleh Bupati/ Walikota. pemangku adat. Masa jabatan anggota BPD adalah 6 tahun dan dapat diangkat/diusulkan kembali untuk 1 kali masa jabatan berikutnya.Badan Permusyawaratan Desa Badan Permusyawaratan Desa (BPD) merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.

Untuk melaksanakan Peraturan Desa. Peraturan ini berlaku di wilayah desa tertentu.• • • • Melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan Peraturan Desa dan Peraturan Kepala Desa Mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian Kepala Desa Membentuk panitia pemilihan Kepala Desa Menggali. dan dapat diperpanjang lagi Disusun oleh. Nama istilah Peraturan Desa dapat bervariasi di Indonesia. Hendri dari http://wikipedia. Kepala Desa menetapkan Peraturan Kepala Desa dan Keputusan Kepala Desa. Peraturan Desa adalah peraturan perundang-undangan yang ditetapkan oleh Kepala Desa bersama Badan Permusyawaratan Desa.org 144 . dan Penggunaan nama/istilah BPD tidak harus seragam pada seluruh desa di Indonesia. adalah pemimpin dari desa di Indonesia. merumuskan dan menyalurkan aspirasi masyarakat. Kepala desa Kepala Desa. menghimpun. Kepala Desa merupakan pimpinan dari pemerintah desa. Peraturan Desa merupakan penjabaran lebih lanjut dari peraturan perundangundangan yang lebih tinggi dengan memperhatikan kondisi sosial budaya masyarakat desa setempat.menampung. Masa jabatan kepala desa adalah 6 (enam) tahun. Masyarakat berhak memberikan masukan secara lisan atau tertulis dalam rangka penyiapan atau pembahasan Rancangan Peraturan Desa. Peraturan Desa dilarang bertentangan dengan kepentingan umum dan/atau peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi. dan dapat disebut dengan nama lain.

dan Pemilihan Kepala Daerah. berdasarkan keputusan musyawarah BPD. Istilah Lurah seringkali rancu dengan jabatan Kepala Desa. di Jawa pada umumnya.org 145 . Kepala Desa dapat diberhentikan atas usul Pimpinan BPD kepada Bupati/Walikota melalui Camat. Pambakal (Kalimantan Selatan). Pemilihan Presiden.untuk satu kali masa jabatan berikutnya. dan lembaga kemasyarakatan. merangkap jabatan sebagai Ketua atau Anggota BPD. Namun dalam Disusun oleh. merangkap jabatan sebagai Anggota DPRD. misalnya wali nagari (Sumatera Barat) . terlibat dalam kampanye Pemilihan Umum. Memang. namun hanya dikoordinasikan saja oleh Camat. secara historis pemimpin dari sebuah Desa dikenal dengan istilah Lurah. Jabatan Kepala Desa dapat disebut dengan nama lain. Hendri dari http://wikipedia. Kepala desa tidak bertanggung jawab kepada Camat. Wewenang kepala desa antara lain: • • • • Memimpin penyelenggaraan pemerintahan desa berdasarkan kebijakan yang ditetapkan bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Mengajukan rancangan peraturan desa Menetapkan Peraturan Desa yang telah mendapat persetujuan bersama BPD Menyusun dan mengajukan rancangan peraturan desa mengenai Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa) untuk dibahas dan ditetapkan bersama BPD Kepala Desa dilarang menjadi pengurus partai politik (namun boleh menjadi anggota partai politik). Hukum Tua (Sulawesi Utara).

org 146 . Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa dilakukan oleh Panitian Pemilihan. dimana dibentuk oleh BPD. Usia minimal Kepala Desa adalah 25 tahun. Berusia paling rendah 25 tahun 5. karena Lurah adalah Pegawai Negeri Sipil yang bertanggung jawab kepada Camat. Cara pemilihan Kepala Desa dapat bervariasi antara desa satu dengan lainnya. Pemilihan Kepala Desa Kepala Desa dipilih langsung melalui Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) oleh penduduk desa setempat. dan Kepala Desa haruslah berpendidikan paling rendah SLTP. Berpendidikan paling rendah SLTP atau sederajat 4. sedang Kepala Desa bisa dijabat siapa saja yang memenuhi syarat (bisa berbedabeda antar Desa) yang dipilih langsung oleh rakyat melalui Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). dan anggotanya terdiri dari unsur perangkat desa. UUD 1945 dan kepada NKRI. Tentu saja keduanya berbeda. sedang Desa dipimpin oleh Kepala Desa. pengurus lembaga kemasyarakatan. Hendri dari http://wikipedia. serta Pemerintah 3. Bersedia dicalonkan menjadi Kepala Desa Disusun oleh. dan tokoh masyarakat.konteks Pemerintahan Indonesia. sebuah Kelurahan dipimpin oleh Lurah. 72 Tahun 2005 sbb: 1. penduduk desa setempat. Bertakwa kepada Tuhan YME 2. Pemilihan Kepala Desa dan masa jabatan kepala desa dalam kesatuan masyarakat hukum adat beserta hak tradisionalnya sepanjang masih hidup dan yang diakui keberadaannya berlaku ketentuan hukum adat setempat Syarat-syarat menjadi calon Kepala Desa sesuai Peraturan Pemerintah No. Setia kepada Pacasila sebagai dasar negara.

Salah satu perangkat desa adalah Sekretaris Desa. golongan profesi. pemangku adat. Hendri dari http://wikipedia. Sekretaris Desa diangkat oleh Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota atas nama Bupati/Walikota. pemuka agama dan tokoh atau pemuka masyarakat lainnya. yang ditetapkan dengan Keputusan Kepala Desa. Penduduk desa setempat 7. Tidak pernah dihukum karena melakukan pidana kejahatan dengan hukuman singkat 5 tahun 8.6. Masa jabatan anggota BPD adalah 6 tahun dan dapat diangkat/diusulkan kembali untuk 1 kali masa jabatan berikutnya. Belum pernah menjabat Kepala Desa lama 10 tahun atau 2 kali masa jabatan 10.Memenuhi syarat lain yang diatur Kab/Kota Perangkat Desa tindak paling paling Perda Perangkat Desa bertugas membantu Kepala Desa dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya. Perangkat Desa lainnya diangkat oleh Kepala Desa dari penduduk desa. Pimpinan dan Anggota BPD tidak diperbolehkan merangkap jabatan sebagai Kepala Desa dan Perangkat Desa. Disusun oleh. Anggota BPD terdiri dari Ketua Rukun Warga. Tidak dicabut hak pilihnya 9.org 147 . Anggota BPD adalah wakil dari penduduk desa bersangkutan berdasarkan keterwakilan wilayah. Badan Permusyawaratan Desa Badan Permusyawaratan Desa (BPD) merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. yang diisi dari Pegawai Negeri Sipil.

Sumber pendapatan desa terdiri atas: • • • • • • Pendapatan Asli Desa. hasil swadaya dan partisipasi.BPD berfungsi menetapkan Peraturan Desa bersama Kepala Desa. Penyelenggaraan urusan pemerintah yang diselenggarakan oleh pemerintah desa. dan Pemerintah Kabupaten/Kota dalam rangka pelaksanaan urusan pemerintahan. hasil gotong royong Bagi hasil Pajak Daerah Kabupaten/Kota bagian dari Dana Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah bantuan keuangan dari Pemerintah. hasil kekayaan desa (seperti tanah kas desa. Keuangan desa Penyelenggaraan urusan pemerintahan desa yang menjadi kewenangan desa didanai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa). bangunan desa). hibah dan sumbangan dari pihak ketiga yang tidak mengikat. pasar desa. Pinjaman desa APB Desa terdiri atas bagian Pendapatan Desa. Belanja Desa dan Pembiayaan. Pemerintah Provinsi. Penyelenggaraan urusan pemerintah daerah yang diselenggarakan oleh pemerintah desa didanai dari APBD. bantuan pemerintah dan bantuan pemerintah daerah. Rancangan APB Desa dibahas dalam Disusun oleh. Hendri dari http://wikipedia.org 148 . antara lain terdiri dari hasil usaha desa. menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

Disusun oleh. atau pembentukan desa di luar desa yang telah ada. Desa dapat diubah atau disesuaikan statusnya menjadi kelurahan berdasarkan prakarsa Pemerintah Desa bersama BPD dengan memperhatikan saran dan pendapat masyarakat setempat. Salah satu fungsi lembaga kemasyarakatan adalah sebagai penampungan dan penyaluran aspirasi masyarakat dalam pembangunan. Pembentukan Desa ( Pembagian Administratif Desa) Desa dibentuk atas prakarsa masyarakat dengan memperhatikan asal-usul desa dan kondisi sosial budaya masyarakat setempat. Lembaga kemasyarakatan Di desa dapat dibentuk lembaga kemasyarakatan. Hubungan kerja antara lembaga kemasyarakatan dengan Pemerintahan Desa bersifat kemitraan.org 149 .musyawarah perencanaan pembangunan desa. Pembentukan desa dapat berupa penggabungan beberapa desa. Desa yang berubah menjadi Kelurahan. Kepala Desa bersama BPD menetapkan APB Desa setiap tahun dengan Peraturan Desa. Hendri dari http://wikipedia. konsultatif dan koordinatif. Lembaga kemasyarakatan ditetapkan dengan Peraturan Desa. Lurah dan Perangkatnya diisi dari pegawai negeri sipil. atau pemekaran dari satu desa menjadi dua desa atau lebih. atau bagian desa yang bersandingan. yakni lembaga yang dibentuk oleh masyarakat sesuai dengan kebutuhan dan merupakan mitra pemerintah desa dalam memberdayakan masyarakat.

atau hutan. persawahan. Desa mempunyai ciri budaya khas atau adat istiadat lokal yang sangat urgen. Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Timur. Dukuh adalah sekumpulan pemukiman yang berdekatan dan tidak dibatasi oleh suatu lahan bukan pemukiman. Desa mencakup semua wilayah ini. Orang yang memimpin padukuhan disebut sebagai kepala dukuh. Istilah ini kembali digunakan di Provinsi Jawa Tengah. ladang. setelah pada masa Orde Baru padukuhan diganti dengan istilah seragam dusun.Desa yang berubah statusnya menjadi Kelurahan. kekayaannya menjadi kekayaan daerah dan dikelola oleh kelurahan yang bersangkutan untuk kepentingan masyarakat setempat. yang merupakan bagian wilayah kerja pemerintahan desa dan ditetapkan dengan peraturan desa Pedukuhan Padukuhan atau Pedukuhan adalah pembagian wilayah administratif di Indonesia yang berada di bawah Kelurahan atau Desa.org 150 . Pada beberapa kabupaten. desa di Jawa merupakan sekumpulan pemukiman (dusun) yang dipisahkan oleh sungai. Hendri dari http://wikipedia. Pembagian Administratif Padukuhan (Dusun) Dalam wilayah desa dapat dibagi atas dusun atau padukuhan . Secara umum. pedukuhan masih harus membawahi Rukun Warga (RW) yang membawahi beberapa Rukun Disusun oleh.

Hendri dari http://wikipedia. Rukun Tetangga (RT) adalah pembagian wilayah di Indonesia di bawah Rukun Warga. Rukun Warga dipimpin oleh Ketua RW yang dipilih oleh warganya. dan pembentukannya adalah melalui musyawarah masyarakat setempat dalam rangka pelayanan kemasyarakatan yang ditetapkan oleh Desa atau Kelurahan.Tetangga (RT).org 151 . Dewasa ini banyak Pemilihan Ketua RW di Indonesia yang dimodel mirip dengan Pemilihan Presiden atau Pemilihan Kepala Daerah. Rukun Warga bukanlah termasuk pembagian administrasi pemerintahan. Sebuah RW terdiri atas sejumlah Rukun Tetangga. Sebuah RT terdiri atas sejumlah rumah (kepala keluarga). Disusun oleh. dan pembentukannya adalah melalui musyawarah masyarakat setempat dalam rangka pelayanan kemasyarakatan yang ditetapkan oleh Desa atau Kelurahan. namun di Kabupaten Bantul (DIY) pedukuhan langsung membawahi RT (tanpa ada RW Rukun Warga (RW) adalah pembagian wilayah di Indonesia di bawah Dusun atau Lingkungan. Rukun Tetangga bukanlah termasuk pembagian administrasi pemerintahan. dimana terdapat kampanye dan pemungutan suara. Rukun Tetangga dipimpin oleh Ketua RT yang dipilih oleh warganya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful