Gaya sentrifugal (lawan dari gaya sentripetal) merupakan efek semu yang ditimbulkan ketika sebuah benda melakukan

gerak melingkar (sentrifugal berarti menjahui pusat putaran. Latar belakang munculnya gagasan mengenai gaya sentrifugal Ketika sebuah benda atau partikel melakukan gerak melingkar, pada benda atau partikel tersebut bekerja gaya sentripetal yang arahnya menuju pusat lingkaran. Banyak sekali orang yang tergoda untuk menambahkan sebuah gaya yang arahnya menjahui pusat lingkaran, di mana peran gaya ini adalah mengimbangi gaya sentripetal. Besar gaya sentrifugal sama dengan besar gaya sentripetal, sedangkan arah gaya sentrifugal berlawanan dengan gaya sentripetal. Hal ini dimaksudkan agar benda yang melakukan gerak melingkar berada dalam keadaan setimbang. Gaya yang arahnya menjahui pusat tersebut dinamakan gaya sentrifugal. Alasan mengenai tidak adanya gaya sentrifugal Jika ada gaya sentrifugal yang bekerja pada benda yang melakukan gerak melingkar, maka hukum I Newton dilanggar. Menurut Hukum I Newton, jika terdapat gaya total pada suatu benda maka benda tersebut berada dalam keadaan diam atau bergerak dengan laju tetap sepanjang garis lurus. Ketika sebuah benda melakukan gerak melingkar, pada benda tersebut bekerja gaya sentripetal yang arahnya menuju pusat lingkaran. Apabila terdapat gaya sentrifugal yang arahnya menjahui pusat, maka akan terdapat gaya total yang menyebabkan benda bergerak sepanjang garis lurus. Kenyataan yang terjadi, benda tetap melakukan gerak melingkar. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa tidak ada gaya sentrifugal.

Gaya sentrifugal Ketika kita menumpang mobil yang sedang bergerak di tikungan, biasanya tubuh kita terhempas atau terlempar ke kiri jika mobil menikung ke kanan atau sebaliknya tubuh kita terhempas atau terlempar ke kanan jika mobil menikung ke kiri. Mengapa tubuh kita bisa terhempas atau terlempar ? dengan kata lain, mengapa tubuh kita dipercepat ? Hukum II newton mengatakan bahwa di mana ada percepatan maka di situ ada gaya Karena tubuh kita terhempas atau terlempar atau dipercepat ke kiri ketika mobil menikung ke kanan, berarti ada gaya berarah ke kiri yang bekerja pada tubuh kita. Demikian juga jika tubuh kita dipercepat ke kanan ketika mobil menikung ke kiri berarti ada gaya berarah ke kanan yang bekerja pada tubuh kita. Benarkah ada gaya yang mempercepat tubuh kita ? Sebelum menyimpulkan apakah ada gaya yang mempercepat tubuh kita, mari kita tinjau gayagaya yang bekerja baik pada penumpang atau pada mobil. Ketika kita duduk dala mobil, hanya ada gaya gravitasi dan gaya normal yang bekerja pada tubuh kita. Kedua gaya gaya ini bekerja pada arah vertikal, bukan horisontal« Gaya yang bekerja pada arah horisontal adalah gaya gesekan, tetapi gaya ini bekerja di roda mobil. Gaya gesekan berperan sebagai gaya sentripetal yang mempercepat mobil ke pusat tikungan sehingga mobil bisa menikung«

Sekali lagi. Arah gaya ini sama dengan arah terhempas atau arah terlemparnya penumpang ketika mobil menikung. Gaya yang bekerja pada penumpang diberi julukan gaya sentrifugal« sentrifugal artinya menjahui pusat lingkaran. jangan dunk. tidak perlu« Kita bisa mengakalinya. Agar dirimu lebih memahami penjelasan gurumuda. Hukum II newton. Gaya sentripetal. kita berpura-pura mengatakan ada gaya yang bekerja pada penumpang yang terhempas atau terlempar atau dipercepat«. alangkah tidak baiknya jika dirimu mempelajari dulu materi percepatan. di mana m = massa benda yang terlempar dalam mobil atau benda apapun yang sedang bergerak melingkar dan ar = besar percepatan sentripetal. yakni menjauhi pusat lingkaran« besar gaya sentrifugal dianggap sama dengan mar. Penumpang yang terlempar dikatakan berada dalam kerangka acuan noninersia. Bagaimana menjelaskan keanehan ini ? Hukum II newton dirombak sajakah ? huft. Sekian ya. Mobil yang sedang menikung atau mobil yang sedang mengalami percepatan setripetal termasuk kerangka acuan noninersia. hukum I newton. gaya berat dan gaya normal. sampai jumpa lagi di episode berikutnya« mohon maaf lahir banting jika dirimu puyeng-puyeng atau bahkan sampai mual-mual bye« . hukum newton tidak berlaku dalam mobil yang sedang menikung. Mau tidak mau.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful