BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah Jumlah penduduk bumi yang semakin bertambah berbanding lurus dengan tingkat kebutuhannya pula. Ketika hanya mengandalkan pada sumber daya alam yang ada dapat diperkirakan kurang mencukupi, karena antara tingkat peningkatan kebutuhan dengan tingkat pemuas kebutuhan tersebut tidak seimbang. Oleh karena itu diperlukan suatu terobosan untuk dapat mencukupi dan meningkatkan kesejahteraan manusia. Salah satu caranya adalah dengan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui bioteknologi. Didasari atau tidak sebenarnya manusia telah mengenal sejak dulu bahkan telah menerapkan bioteknologi dalam kehidupa sehari-hari. Ketika orang dulu telah mampu membuat tempe, tape, serta minuman beralkohol, itu semua sebenarnya adalah penerapan dari bioteknologi. Orang dulu mendapatkan ilmu cara membuat tempe dan tape secara turun-temurun dan tanpa melalui pengkajian ilmiah. Itu dikenal dengan bioteknologi tradisional, sedangkan sekarang telah dikenal istilah bioteknologi modern seiring dengan perkembangan teknologi. B. Tujuan Penulisan Adapun tujuan dalam penulisan makalah ini adalah : 1. 2. 3. 4. Untuk mengetahui pengertian bioteknologi Untuk mengetahui apa saja yang menjadi dasar dalam bioteknologi. Mengetahui perkembangan bioteknologi di dunia. Mengetahui penerapan atau aplikasi bioteknologi dalam kehidupan.

1

yaitu bersumber dari media cetak berupa buku. literatur dan media lainnya.C. Metode Penulisan Dalam penulisan makalah ini kami sebagai penulis menggunakan teknik kepustakaan . 2 .

Oleh karena itu bioteknologi disebut juga sebagai ilmu terapan. biologi molekuler. Menurut Muladno (2002). Dari kedua pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa bioteknologi adalah suatu bidang penerapan biosains dan teknologi yang menyangkut penerapan praktis organisme hidup atau komponen subselulernya untuk menghasilkan barang dan jasa untuk meningkatkan kesejahteraan manusia. bioteknologi merupakan teknologi pemanfaatan organisme atau produk organisme yang bertujuan untuk menghasilkan barang atau jasa. serta rekayasa proses dan teknik kimia. kimia. Dalam jangka panjang. bioteknologi diterjemahkan sebagai teknologi yang memanfaatkan makhluk hidup sebagai salah satu komponen utamanya. dan pengembangan sumber energi baru. Ruang Lingkup Bioteknologi Menurut Shiva (1994). Bioteknologi bukan suatu cabang ilmu khusus. 3 .BAB II PEMBAHASAN PENGANTAR BIOTEKNOLOGI A. bahwa dalam arti sempit bioteknologi diartikan sebagai teknologi rekayasa genetika yang bermain pada level molekuler khususnya DNA. Sebagian besar teknik yang diterapkan dalam bioteknologi cenderung lebih ekonomis. Di samping itu. lebih sedikit dalam pemakaian energi dan lebih aman. bioteknologi memberikan suatu harapan atas pemecahan berbagai persoalan utama dunia. khususnya yang berhubungan dengan obat-obatan. genetika. produksi pangan. namun merupakan suatu cabang ilmu yang berintegrasi dengan berbagai disiplin ilmu pengetahuan alam dan teknologi seperti mikrobiologi. biokimia. pengendalian polusi. Sedangkan daam arti luas. sebagian besar proses bioteknologi menghasilkan residu yang dapat terurai secara biologis serta tidak beracun.

ada empat fase perkembangan utama yang dapat diidentifikasi sehingga mencapai sistem bioteknologi modern seperti sekarang ini. Bioteknologi tradisional (konvensional) menggunakan mikroorganisme bakteri dan jamur untuk memproduksi alkohol. Dalam prekteknya. Produksi Bioteknologi Makanan dan Minuman berdasarkan 4 . Orang dulu mendapatkan ilmu cara membuat tempe dan tape secara turuntemurun dan tanpa melalui pengkajian secara ilmiah. terapi gen. Belum ada pengkajian prinsip-prinsip ilmiah 2. Ilmu yang didapatkan merupakan warisan turun-temurun dan kebiasaan semata b. Ciri-ciri bioteknologi tradisional diantaranya : a. Sekarang telah ditemukan bagaimana cara kloning. Untuk menemukan itu semua memerlukan proses panjang yaitu melalui pengkajian prinsipprinsip ilmiah yang mendalam. 1. Umumnya mereka membuat itu semua hanya untuk mencukupi kebutuhan mereka sendiri tanpa ada pemikiran untuk memperjualbelikan atau memproduksi dalam jumlah yang banyak. rekayasa genetika.Bioteknologi dapat dibedakan menjadi bioteknologi tradisional (konvensional) dan bioteknologi modern. tempe dan tape. Hanya diproduksi dalam skala kecil untuk mencukupi kebutuhan masing-masing c. Semua itu merupakan bagian dari bioteknologi modern yang sekarang. bioteknologi juga mengalami perkembangan yang pesat dan semakin canggih. dan bahan makanan seperti kecap. Bioteknologi modern Seiring dengan perkembangan IPTEK. Sejarah Evolusi Bioteknologi Bioteknologi bukan suatu hal yang baru dalam peradaban manusia. bayi tabung dan juga kultur jaringan. asam asetat. B.

konstribusinya pun terhadap perekonomian dunia sudah meningkat cepat. Terjadinya berbagai proses tersebut dikarenakan aktivitas organisme hidup. Pengolahan air secara bioteknologi sejauh ini merupakan pemanfaatan terbesar tetapi kurang diperhatikan dari kapasitas fermentasi di seluruh dunia. Beberapa tahun terakhir ini proses tersebut menjadi lebih dipercaya penerapannya pada teknologi canggih. Hal tersebut belum dijabarkan hingga abad ke-17 oleh Antony van Leeuwenhoek. Akibatnya banyak produk yang dihasilkan dalam skala yang relatif 5 . dan cocok hanya untuk produk bernilai tinggi. mahal. Proses Bioteknologi Semula Dikembangkan pada Kondisi Tidak Steril Contoh dari bioteknologi dengan kondisi tidak steril adalah pengolahan air buangan dan pengomposan padatan dari sampah kota. adonan kue asam sudah diketahui sejak beberapa ribu tahun yang lalu. Sehingga Pasteur dianggap sebagai bapak bioteknologi. anggur. Sehingga hanya biokatalis yang diinginkan saja yang ada dalam reaktor. Dari studi permulaan Pasteur antara tahun 1857 dan 1876 dibuktikan kesanggupan mikroorganisme melakukan fermentasi. Mikroorganisme sudah lama dieksploitasi untuk tjuan dekomposisi dan detoksifikasi air selokan untuk pengolahan buangan industri beracun seperti dari industri kimia . Proses-proses tersebut semakin dikembangkan dan itu merupakan suatu contoh dari kemampuan manusia menggunakan aktivitas penting dari mikroorganisme untuk kebutuhannya sendiri.Banyak kegiatan seperti membuat bir. Pengenalan Sterilisasi dalam Proses Bioteknologi Sesuatu yang baru dalam bioteknologi muncul pada tahun 1940 melalui pengenalan teknik rekayasa yang rumit pada kultivasi massa mikroorganisme untuk menjamin bahwa proses biologis tertentu dapat berlangsung tanpa kontaminasi mikroorganisme lain. Tetapi sebagian besar proses ini sangat rumit.

memonitor suatu proses industri. tetapi volume dan pemasukan uang untuk produk tersebut masih kecil dibandingkan dengan sistem lama yang digunakan pada bioteknologi makanan dan minuman. Dimensi Baru dan Kemungkinannya untuk Industri Bioteknologi Pada tahun-tahun terakhir. Teknologi-Teknologi yang Mendasari Bioteknologi 1. Teknologi Bioproses Teknologi ini menggunakan sel-sel hidup. TAM digunakan untuk deteksi kehamilan. Rekayasa Genetika 6 .besar. yang menciptakan ini juga Perkembangan meningkatkan efisiensi dan ekonomi industri bioteknologi yang sudah ada. Sebagian besar penemuan tersebut mengakibatkan adanya pernyataan optimis tentang peran bioteknologi di masa depan. Teknologi Sel dan Kultur Jaringan Teknologi ini dapat dilakukan pada tanaman maupun hewan. Contoh teknologi bioproses adalah fermentasi dan biodegradasi. Teknologi Biosensor Teknologi ini dapat digunakan dalam berbagai bidang seperti pengukuran derajat kesegaran suatu bahan pangan. 3. muncul beberapa perkembangan terkenal dalam biologi molekuler dan pengendalian proses kesempatan baru dan mencengangkan. 2. 5. atau mendeteksi senyawa yang terdapat dalam jumlah kecil di daam darah. alat diagnosis berbagai penyakit infeksi dan deteksi sel-sel kanker . Teknologi Antibodi Monoklonal (TAM) Teknologi ini menggunakan sel-sel antibodi. C. 4.

Teknologi Rekayasa Protein Teknologi rekayasa protein dapat meningkatkan daya katalisis suatu enzim. 6. BAB III 7 . sehingga dapat lebih produktif pada kondisi proses-proses industri.Rekayasa genetika dilakukan dengan cara membuat DNA rekombinan (DNA yang urutannya telah direkomendasi sesuai keinginan ) melalui penyisipan gen dengan plasmid sebagai vektornya.

org 1. Adanya tanaman yanga tahan hama d.wikipedia. Gambar 1. Dihasilkannya bioinsektisida dari mikroba 2. hampir semua bidang kehidupan telah mampu merasakan penerapan dari bioteknologi. Bidang Pertanian Aplikasi bioteknologi dalam bidang pertanian antara lain adalah : a. Perhatikan tabel berikut No 1 Kecap Produk Mikroorganisme Aspergilus wenti 8 .1 Aplikasi bioteknologi dalam kehidupan Sumber : www.APLIKASI BIOTEKNOLOGI DALAM KEHIDUPAN Dalam kehidupan. Bidang Pangan Disekitar kita banyak sekali dijumpai jenis makanan dan minuman yang prosesnya dibantu oleh mikroorganisme. Adanya pola tanam hidroponik b. Adanya tanaman yang dapat memfiksasi nitrogen c.

misalnya Thiobacillus axidans dan Thiobacillus ferroxidans.Streptococcus cremoris 3. Terapi gen. yaitu mikroorganisme yang telah atau bagian dari suatu tidak mikroorganisme membahayakan.Sreptococcus lactis . yaitu senyawa yang dihasilkan suatu organisme yang mampu menghambat pertumbuhan organisme lain. vaksin. c.2 3 4 5 6 7 Tempe Oncom Tape Yogurt Nata de coco Keju dan Mentega Rhizopus oryzae Neurospora sitopila Saccharomyces cerevicae . dilemahkan sehingga 9 . merupakan jenis antibodi yang digunakan untuk melawan virus. Bidang Pertambangan Pemanfaatan mikroorganisme daam bidang pertambangan dapat dilakukan dalam pemisahan logam dri bijihnya. yaitu suatu cara pengobatan penyakit dengan cara menyisipkan gen normal dalam sel yang memiliki gen penyebab sakit tersebut.Lactobaccilus bulgarius Acetobacter xylinum . b.Streptococcus thermophylus . e. Antibodi monoklonal. Bidang Kesehatan Majunya dunia kedokteran juga tidak lepas dari peran bioteknologi. Antibiotik. Interferon. d. merupakan antibodi sejenis yang dihasilkan oleh plasma klon sel-sel yang sejenis. Contohnya adalah ditemukannya : a. Reaksinya : CuFeS2 + 2Fe2(SO4)3 + 2H2O + 3O2 → CuSO4 + 5FeSO4 + 2H2SO4 + Energi CuSO4 + 2Fe+ + H2SO4 + Energi → 2FeSO4 + Cu2+ + 2H+ + Energi 4.

Bidang Pelestarian Lingkungan a. 2) Kloning gen merupakan teknik rekayasa genetika yang digunakan untuk menyisipkan gen dari suatu organisme ke organisme lain sehingga organisme tersebut membawa sifatsifat tertentu dari gen yang disisipkan. 10 . Bidang Reproduksi a. Produksi enzim. dilakukan dengan cara pembelahan sel dan menghasilkan klon. Produksi asam organik dilakukan secara mikrobiologis. misalnya sirup jagung (molase) b. kemudian inti sel tersebut dimasukkan ke dalam sel telur manusia atau hewan lain yang telah dibuang intinya. melalui proses fermentasi komersial dengan menggunakan bahan-bahan makanan yang tersedia. Bioremidasi.5. Limbah batang dan daun tebu difermentasi menjadi etanol (alkohol) untuk menggantikan minyak bumi. b. c. yaitu proses pembersihan lingkungan tercemar dengan menggunakan mikroorganisme seperti jamur dan bakteri. 7. Organisme hasil kloning akan memiliki salinan genetika yang sama persis dengan makhluk hidup lain. Kloning. 1) Kloning individu dilakukan dengan cara mengambil inti sel manusia atau hewan. Kultur jaringan merupakan salah satu bentuk kloning pada tumbuhan. Produksi Bahan Organik a. 6. Produksi biogas limbah petenakan (kotoran ternak) yang dapat mengurangi pencemaran lingkungan akibat limbah peternakan tersebut.

11 .org b.2 Proses kloning gen Sumber : www.wikipedia. Bayi tabung.Gambar 1. merupakan bayi hasil konsepsi atau pertemuan antara sel telur dan sel sel sperma yang terjadi dalam sebuah tabung yang kondisinya menyerupai oviduk (saluran telur).

Bidang Pertambangan d. Penerapan atau aplikasi bioteknologi dapat dilakukan dalam berbagai bidang. Bidang Pelestarian Lingkungan f. Bidang Pangan c. Ketidaksterilan dalam proses bioteknologi c. Teknologi yang menjadi dasar adanya bioteknologi yaitu a. Bidang Kesehatan e. Bidang Reproduksi 12 . Bidang Pertanian b. Teknologi Biosensor e. Kesimpulan Kesimpulan dari penulisan makalah ini adalah 1. Bioteknologi adalah suatu bidang penerapan biosains dan teknologi yang menyangkut penerapan praktis organisme hidup atau komponen subselulernya 2. Teknologi Antibodi Monoklonal (TAM) b. diantaranya a. untuk menghasilkan barang dan jasa untuk meningkatkan kesejahteraan manusia. Produksi bioteknologi makanan dan minuman b.BAB IV PENUTUP A. Teknologi Sel dan Kultur Jaringan d. Rekayasa Genetika f. Ada empat fase perkembangan bioteknologi a. Produksi Bahan Organik g. Teknologi Rekayasa Protein 3. Teknologi Bioproses c. Dimensi baru dalam industri bioteknologi 4. Pengenalan sterilisasi dalam proses bioteknologi d.

B. Untuk mahasiswa agar dapat lebih giat belajar dalam mempelajari ilmuilmu pengetahuan khususnya bioteknologi. 3. Masyarakat dapat menjaga dan melestarikan sumber daya alam dan plasma nutfah untuk perkembangan bioteknologi. Oleh karena itu bagi kita dan generasi yang akan datang agar selalu melakukan perkembangan terhadap bioteknologi agar dapat terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat di dunia. Dengan adanya makalah ini. 1. 2. 13 . Saran-saran Manusia selalu berupaya agar terpuaskan dengan terpenuhinya kebutuhan hidupnya. khususnya Indonesia. diharapkan pemerinyah dapat menyediakan lebih banyak sarana dan prasarana pengembangan bioteknologi di Indonesia.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful