Kata Pengantar Segala hidayah sholawat serta salam tetap terlimpahkan kepada sang revolusioner.

Puji bagi Allah yang maha memelihara semesta alam hanya. Hanya dengan curahan rahmat sejati. Beliaulah nabiyullah Muhammad SAW. Dialah niscaya manusia yang mampu memahami dan menafsirkan makna kalamnya yang senantiasa di nantika syafaatnya. Dalam mata kuliah Civic Education ini dengan tema “ Demokrasi, Hubungan Pancasila Dan UUD 1945” yang sangat sederhana ini kami susun dengan tujuan memenuhi tugas makalah serta melatih kemampuan kami selaku mahasiswi INKAFA dalam membuat karya ilmiah dengan hasil yang baik dan benar. Ucapan terimah kasih penulis tertujukan kepada : 1. Bapak Moh. Nadlelah Badaruddin, SP. 2. Teman-teman kami yang telah memotifasi dan membantu kami dalam pembuatan makalah ini. Namun seringkali kita dengarkan pernyataan pepatah yang mengatakan tak ada gading yang tak retak maka diakhir kata pengantar makalah ini, kami selaku pembuat makalah mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari temen-teman khususnya pada dosen demi kebaikan makalah ini. Gresik, 12 November 2009 Pemakalah BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Negara republic indonesia menganut asas demokrasi yang bersumber pada nilai-nilai kehidupan yang berakar pada budaya bangsa indonesia. Perwujudan asas demokrasi itu di artikan sebagai faham kedaulatan rakyat,

Bagaimana pelaksanaan demokrasi di indonesia? f. Apa makna-makna hakikat demokrasi? b. Tujuan Masalah Dalam pembuatan makalah ini kami selaku pemakalah bermaksud untuk mengajak para pembaca agar mempelajari dan memahami tentang demokrasi dan hubungan pancasila karna dengan memahami keduanya. Rumusan Masalah a. Sebutkan unsur-unsur demokrasi? d. D. Apa hubungan pancasila dan UUD 1945? C. kita dapat mengambil manfaat sebagai pegangan dan filter dalam melaksanakan demokrasi di indonesi BAB II PEMBAHASAN 1. kita dapat menambah pengetahuan dan dapat mengerti makna yang terkandung di dalamnya. pandangan hidup tujuan yang hendak dicapai oleh setiap negara indonesia menganut sistem demokrasi yaitu demokrasi pancasila yang berisikan musyawaroh untuk mencapai mufakat berpangkal tolak pada faham kekeluargaan dan kegotong royongan sebagai sumber ajarannya yaitu pancasila dan UUD 1945. Apa saja prinsip-prinsip demokrasi? e. B.kekeluargaan dan kegotong royongan. Pelaksanaan demokrasi pada setiap negara mempunyai perbedaan yang di pengaruhi oleh kebudayaan. Makna Demokrasi Dan Hakekat Demokrasi . Ada berapa model-model demokrasi? c. Manfaat Dalam pembahasan makalah ini.

Sidney Hook. jadi demokrasi adalah keadaan negara dimana didalam sistem pemerintahannya kedaulatan berada ditangan rakyat. Menurut internasional comnision of jurist.Istilah demokrasi berasal dari bahasa yunani yakni “demos” yang berarti rakyat atau penduduk dan “cratein” atau “cratos” yang berarti kekuasaan atau kedaulatan rakyat. Kekuasaan tertinggi berada dalam keputusan bersama rakyat. demokrasi adalah seatu bentuk pemerintahan dimana hak untuk membuat keputusankeputusan politik diselenggarakan oleh warga negara melalui wakilwakil yang dipilih oleh mereka dan bertanggung jawab kepada mereka melalui proses pemilihan yang bebas. Kekuasaan pemerintahan berada di tangan rakyat mengandung pengertian tiga (3) hal. yaitu demokrasi ideal yang hendak dilakukan oleh sebuah negara dan demokrasi empiric. Di bawah ini ada beberapa pengertian demokrasi yang dikemukakan oleh para pakar dalam bidangnya : a. Affan Gaffar (200) memaknai demokrasi dalam dua bentuk yakni demokrasi normative. rakyat berkuasa. demokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana keputusan-keputusan pemerintah yang penting secara langsung atau tidak lansung didasarkan pada kesepakatan mayoritas yang diberikan secara bebas dari rakyat dewasa Dari beberapa pendapat diatas diperoleh kesimpulan bahwa hakikat demokrasi sebagai sistem bermasyarakat dan bernegara serta pemerintahan memberikan penekanan pada keberadaan kekuasaan ditangan rakyat baik dalam penyelenggaraan negara maupun pemerintahan. b. c. pemerintahan rakyat dan kekuasaan oleh rakyat. yaitu demokrasi yang perwujudannya pada dunia politik praktis. yaitu : .

2. 3) Demikrasi Sosial. b. yaitu para pemimpin percaya bahwa semua tindakan mereka dipercaya rakyat. b. 4) Demokrasi Partisipasi. di lihat dari segi pelaksanaan ada dua model demokrasi. Menurt Inu Kencana. Menurut Sklar. Pemerintahan oleh rakyat (Government By People). ada lima corak model demokrasi. 2) Demokrasi Terpimpin. yaitu demokrasi yang menekankan hubungan timbal balik antara penguasa dan yang dikuasai. Pemerintahan untuk rakyat (Government For People). 5) Demikrasi Konsociational. c. yang menekankan proteksi khusus bagi kelompok-kelompok budaya yang menekankan pada kerja sama yang erat diantara elit yang mewakili bagian budaya masyarakat utama. yakni : 1) Demokrasi langsung. tetapi menolak pemilihan umum sebagai kendaran untuk menduduki kekuasaan. yakni : 1) Demokrasi Liberal. Jadi hakikat suatu pemerintahan yang demokratis bila ketiga hal di atas dijalankan dan ditegakkan dalam pemerintahan. Banyak negara di afrika menerapkan model ini tapi hanya sedikit yang bisa bertahan. Model-Model Demokrasi a.a. Pemerintahan dari rakyat (Government of The People). yaitu pemerintahan yang dibatasi UU dan pemilihan umum yang bebas yang di selenggarakan dalam waktu yang ajeg. yaitu demokrasi yang menaruh kepedulian pada keadilan sosila dan egalitarianism bagi persyaratan untuk memperoleh kepercayaan politik. .

3. Unsur-Unsur Penegak Demokrasi Unsure-unsur yang dapat menopang tegaknya demokrasi antara lain : a) Negara hukum Istilah negara hukum sebagai terjemahan dari rechtsstaa dan the rule of law. 1) Adapun ciri-ciri negara hukum adalah :  Adanya jaminan perlindungan HAM.  Adanya pemisahan dan pembagian kekuasaan negara. Masyarakat yang kritis dan berpartisipasi aktif serta masyarakat egaliter.  Adanya supremasi hukum dalam penyelenggaraan pemerintahan.  Negara hukum material. b) Masyarakat madani Masyarakat madani (civil society) dicirikan dengan masyarakat terbuka. c) Infrastuktur Politik (Parpol) Infrastruktur politik terdiri dari liam komponen.  Adanya lembaga peradilan yang bebas dan mandiri. bebas dari pengaruh kekuasaan dan tekanan negara.2) Demokrasi tidak langsung. yaitu :  Partai Politik (Parpol)  Kelompok gerakan  Kelompok penekan dan kelompok kepentingan . 2) Macam-macam negara hukum ada dua :  Negara hukum formal.

Adanya pembagian kekuasaan b. Adanya Pengakuan hak minositas g. Adanya kebebasan individu e. Adanya pers yang bebas i. Adanya persetujuan parlemen l. Adanya ketentuan tentang pendemokrasian n. Adanya pemerintahan yang konstitusional m. Adanya pemelihan umum yang bebas c. Adanya tingkat keahlian . Mendorong partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan politik 4. Adanya pemerintahan yang bersih q. Memberikan pendidikan politik pada rakyat b. Adanya manajemen terbuka d. Sebagai sarana komunikasi timbale balik antara masyarakat dan pemerintah c. Adanya musyawaroh k. Adanya pemerintahan yang berdasarkan hukum h. Adanya perlindungan hak asasi p. Adanya peradilan yang bebas f. yaitu : a. Prinsip-Prinsip Demokrasi Inu kencana lebih memerinu prinsip-prinsip demokrasi.d) Pers yang bebas dan yang bertranggung jawab Media masa memainkan peran yang cukup besar dalam demokrasi seperti : a. Adanya pengawasan terhadap administrasi public o. Adanya beberapa partai politik j.

yaitu : a. Pelaksanaan demokrasi pada periode tahun 1945-1959 Negara indonesia merupakan negara demokrasi dengan sistem cabinet presidensial. 6) Tanggal 14 Nopember 1945 dikeluarkan maklumat . Adanya kebijakan negara t.r. Adanya pemerintahan yang mengutamakan tanggung jawab 5. Pelaksanaan Demokrasi Diindonesia Sejarah pelaksanaan demokrasi di indonesia dapat kita kelompokan menjadi tiga kurun waktu. mengubah KNIP dari pembantu pembantu presiden menjadi sejajar dengannya. Hal ini di buktikan dengan ketentuan UUD sebagai berikut : 1) Pembukaan UUD 1945 alenia ke empat 2) Batang tubuh UUD 1945 a) Pasal 1 ayat (2). 5) Tanggal 3 Nopember 1945 dikeluarkan maklumat pemerintah tentang pembentukan partai sebanyakbanyaknya. Adanya mekanisme politik s. (3) b) Pasal 2 c) Pasal 5 ayat (1) d) Pasal 20 ayat (1) e) Pasal 9 ayat (1) f) Pasal 23 ayat (1) 3) Pasal 4 ayat (1) dan pasal 17 tentang sistem cabinet atau presidensial 4) Tanggal 16 Oktober 1945 dikeluarkan maklumat wakil presiden nomor X.

b. 7) Kurun waktu berlakunya UUD RIS. Pelaksanaan Demokrasi Periode Tahun 1965 – 1998 Periode ini dinamakan pemerintahan orde baru. Kurun waktu berlakunya demokrasi terpimpin Karena kondisi negara dalam keadaan darurat.pemerintah mengubah sistem cabinet presidensial menjadi parlementer. c. d. Salah satu isinya adalah kembali ke UUD 1945 dan tidak berlakunya UUDS 1950. tanggal 17 Agustus 1950 – 05 Juli 1950 pasal 83 ayat (2). ketetapanketetapan MPRS. tanggal 27 Desember 1949 – 17 Agustus 1950 pasal 118 ayat (2). tidak terjadi perubahan sistem cabinet. reformasi adalah suatu gerakan untuk memformat ulang. suatu tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara yang bertekad melaksanakan pancasila dan UUD 1945 secara murni dan lonsekuen. Landasan formal dari periode ini adalah pancasila. atau menata kembali hal-hal yang menyimpang untuk dikembalikan . menata ulang. presiden Soekarno mencanangkan berlakunya demokrasi terpimpin. dimana terjadi pemberontakan di berbagai daerah dan badan konstituante tidak berhasil membuat UUD tetap maka presiden Soekarno menetapkan dekrit. sistem pemerintahan parlementer dikuatkan 8) Kurun waktu berlakunya UUDS. Setelah dekrit tersebut. UUD 1945. Menurut Riswanda Imawan. Tekad ini diawali dengan diadakannya koreksi total terhadap penyelewengan-penyelewengan terhadap pelaksanaan pancasila dan UUD 1945 oleh pemerintahan orde lama. Pelaksanaan demokrasi periode tahun 1998-sekarang Pada masa ini biasa disebut dengan orde reformasi.

Dalam pembukaannya terhadap pokok pikiran yang meliputi suasana keyakinan dari undang-undang negara. . Bergulirnya reformasi yang mengiringi keruntuhan rezim tersebut menandakan tahap awal bagi transisi demokrasi Indonesia. sesuai dengan nilai ideal yang dicitacitakan rakyat. Hubungan Pancasila dan UUD 1945 Pancasila sebagai dasar negara kita berasal dari nilai-nilai kehidupan masyarakat indonesia. Pancasila merupakan kesadaran cita-cita hukum serta cita-cita moral luhur yang mencerminkan watak bangsa Indonesia.pada format atau bentuk semula. Runtuhnya rezim otoriter orde baru dan lahirnya era reformasi telah membawa harapan baru bagi tumbuhnya demokrasi di Indonesia. PPKI telah menetapkan UUD 1945 sebagai dasar hukum tertulis mengikat pemerintah. Sukses atau gagalnya suatu transisi demokrasi sangat bergantung pada 4 faktor yaitu: 1) Komposisi elit politik 2) Desain institusi politik 3) Kultur politik atau perubahan sikap terhadap politik kalangan elite dan non-elite 4) Peran civil society (Masyarakat Madani) 6.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful