KUESIONER PENGARUH HUBUNGAN KLIEN DENGAN KAP, JASA NON-AUDIT YANG DIBERIKAN OLEH KAP DAN KOMPLEKSITAS

TUGAS TERHADAP AUDIT JUDGMENT (dikembangkan dari Iyer dan Rama, 2004)

A.

DATA DEMOGRAFI

1. Jenis Kelamin : Pria Wanita

□ □

2. Jabatan pekerjaan Bapak/Ibu sekarang sebagai : Direktur Manager

□ □ □ □ □ □

3. Perusahaan tempat Bapak/Ibu bekerja merupakan industri : Pabrikasi Keuangan Kontraktor Jasa lain

Lainnya…………………………………………………………….……………

HUBUNGAN KLIEN DENGAN KAP 4. Jika lamanya penugasan audit pada suatu KAP kepada klien tertentu sudah lebih dari 5 tahun, apakah informasi yang disajikan di dalam laporan pemeriksaan bermanfaat? Ya Tidak

□ □

apakah hubungan perusahaan Bapak/Ibu dengan KAP tersebut baik- baik saja hingga saat ini ? Ya Tidak 8. Apakah pelayanan yang diberikan oleh KAP sesuai dengan harapan? Ya Tidak . Apakah audit yang dilakukan oleh KAP dapat meningkatkan kepercayaan pihak-pihak pengguna terhadap laporan keuangan? Ya Tidak □ □ □ □ 9. Apakah Bapak/Ibu mempunyai hubungan dengan salah satu orang yang terlibat dalam audit diperusahaan Bapak/Ibu ? Ya Tidak □ □ □ □ □ □ 6. Apabila ya. Apakah sebelumnya perusahaan Bapak/Ibu pernah diaudit oleh KAP lain selain KAP yang sedang mengaudit perusahaan Bapak/Ibu saat ini ? Ya Tidak 7.5.

1 2 3 4 5 Tidak berpengaruh Sangat berpengaruh . apabila auditor yang mengaudit perusahaan Bapak/Ibu tersebut mempunyai pemahaman yang cukup baik mengenai informasi yang diterimanya dalam proses judgment yang akan dikeluarkan untuk perusahaan Bapak/Ibu? Skala 1 = tidak berpengaruh. KOMPLEKSITAS TUGAS AUDITOR 13.JASA NON-AUDIT YANG DIBERIKAN OLEH KAP 10. Bagaimana Pengaruhnya terhadap Auditor yang mengaudit perusahaan Bapak/Ibu saat ini. Apakah KAP yang sedang mengaudit perusahaan Bapak/Ibu. menyediakan jasa nonaudit ? Ya Tidak □ □ □ □ □ □ 11. apakah perusahaan Bapak/Ibu memanfaatkan jasa non-audit yang disediakan oleh KAP tersebut ? Ya Tidak 12. Apakah pemberian jasa lain selain jasa audit dapat meningkatkan manfaat informasi yang disajikan di dalam laporan pemeriksaan akuntan publik? Ya Tidak D. 5 = sangat berpengaruh. Apabila ya.

5 = sangat berpengaruh. 1 2 3 4 5 Tidak berpengaruh Sangat berpengaruh 15. apabila auditor yang mengaudit perusahaan Bapak/Ibu tersebut mempunyai struktur tugas(kejelasan informasi) yang kuat dalam proses audit judgment ? Skala 1 = tidak berpengaruh. apabila adanya pembagian tugas yang dilakukan oleh auditor yang mengaudit perusahaan Bapak/Ibu? Skala 1 = tidak berpengaruh. Bagaimana Pengaruhnya terhadap Auditor yang mengaudit perusahaan Bapak/Ibu saat ini. 1 2 3 4 5 Tidak berpengaruh Sangat berpengaruh . 5 = sangat berpengaruh. apabila auditor yang mengaudit perusahaan Bapak/Ibu tersebut mempunyai tingkat keterkaitan tugas-tugas yang diauditnya ? Skala 1 = tidak berpengaruh. 5 = sangat berpengaruh. Bagaimana Pengaruhnya terhadap Auditor yang mengaudit perusahaan Bapak/Ibu saat ini. 1 2 3 4 5 Tidak berpengaruh Sangat berpengaruh 16. Bagaimana Pengaruhnya terhadap Auditor yang mengaudit perusahaan Bapak/Ibu saat ini.14.

1 2 3 4 5 Tidak berpengaruh Sangat berpengaruh KASUS PENDEK 18. Saya menyadari bahwa biasanya Bapak/Ibu akan memerlukan lebih banyak informasi. Panduan profesi dan perusahaan tidak memberikan jawaban yang pasti mengenai materialitas dari jumlah yang ada. jumlahnya tidak material. Meskipun demikian. Pada audit tahun ini. Menurut pendapat Bapak/Ibu. Mohon dijawab kasus pendek berikut ini. auditor tidak sepakat dan menyatakan bahwa jumlah total dari kewajiban (liabilities) yang tidak tercatat adalah material dan oleh karenanya perlu dibuat jurnal koreksi (audit adjustments) terhadap laporan keuangan. Bagaimana kemungkinan bahwa Bapak/Ibu dapat mendesak kepada auditor untuk tidak memaksakan kewajiban (liabilities) ini dicatat? Silahkan indikasikan jawaban Bapak/Ibu dengan menandai tanda X (silang) pada salah satu point pada skala berikut ini : 1 2 3 4 5 Sangat rendah kemungkinannya Sangat tinggi kemungkinannya .17. Bagaimana Pengaruhnya terhadap Auditor yang mengaudit perusahaan Bapak/Ibu saat ini. apabila auditor yang mengaudit perusahaan Bapak/Ibu tersebut mempunyai tingkat ketergantungan penyelesaian tugas yang dilakukannya pada perusahaan Bapak/Ibu? Skala 1 = tidak berpengaruh. 5 = sangat berpengaruh. saya mengharapkan Bapak/Ibu dapat menjawab pertanyaan walaupun hanya berdasarkan pada informasi yang terbatas. Meskipun demikian. untuk tujuan penelitian ini. yang ditemukan selama audit. perselisihan muncul antara Bapak/Ibu dengan auditor eksternal perusahaan Bapak/Ibu mengenai materialitas kewajiban (liabilities) tertentu yang tidak tercatat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful