Pengertian Wirausaha, Entrepreneur, dan Kewirausahaan y Wirausaha adalah orang yang mempunyai kemampuan melihat dan menilai kesempatan

bisnis serta mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan dann tindakan yang tepat guna meraih kesuksesan. Para wirausaha adalah individu-individuyang berorientasi pada tindakan, bermotivasi tinggi, dan bersedia mengambil resiko dalam mengejar tujuannya.

Dari segi karakteristik perilaku, wirausaha adalah mereka yang mendirikan, mengelola, mengembangkan, dan melembagakan perusahaan miliknya sendiri. Wirausaha adalah mereka yang bisa menciptakan kerja bagi orang lain. Definisi ini mengandung asumsi bahwa setiap orang yang mempunyai kemampuan normal dapat menjadi wirausaha dengan syarat mau dan mempunyai kesempatan untuk belajar dan berusaha. Berwirausaha melibatkan dua unsur pokok, yaitu peluang dan kemampuan menanggapi peluang y Istilah lain wirausaha adalah entrepreneur. Entrepreneur merupakan sebutan untuk pelaku entrepreneurship. Entrepreneurship adalah perilaku dinamis, berani mengambil resiko, reaktif, dan selalu berkembang. Beberapa ciri entrepreneur, yaitu berorientasi kerja, percaya diri, toleran, serta adanya motivasi untuk berprestasi. Pandangan umum tentang entrepreneur adalah penemu bisnis yang benar-benar baru dan mampu mengembangkan perusahaan sehingga mencapai sukses secara luas. Microsoft, WalMart, dan Aqua Golden Mississipi contoh dari pandangan di atas. Entrepreneur tidak terbatas pada perusahaan besar, tetapi juga pada perusahaan-perusahaan kecil. Seorang yang berani mengambil resiko membuka toko kelontong atau bisnis lain yang dijalankan juga merupakan entrepreneur. Berdasarkan definisi wirausaha di atas maka kewirausahaan adalah tanggapan terhadap peluang usaha yang terungkap dalam seperangkat tindakan serta membuahkan hasil berupa organisasi usaha yang melembaga, produktif, dan inovatif. Kewirausahaan berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk menciptakan lapangan pekerjaan bagi dirinya sendiri dan orang lain dengan berswadana. Kewirausahaan adalah semangat perilaku dan kemampuan memberikan tanggapan yang pisitif terhadap peluang untuk memperoleh keuntungan bagi dirinya sendiri dan atau pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kewirausahaan adalah sikap dan tindakan wirausaha. Wirausaha adalah orang yang mempunyai sikap kewirausahaan.

y

Tujuan Kewirausahaan dan Manfaat Adanya Wirausaha Suatu Negara akan makmur jika di Negara tersebut banyak terdapat wirausaha. Dengan adanya kewirausahaan di suatu Negara, berarti roda perekonomian di Negara tersebut akan terus berputar. 1. Tujuan Kewirausahaan Kewirausahaan yang dicanangkan dan didorong perkembangannya di setiap Negara memiliki beberapa tujuan, antara lain sebagai berikut. a. Mewujudkan kemampuan dan kemantapan para wirausaha untuk menghasilkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat; b. Membudayakan semangat, sikap, perilaku dan kemampuan kewirausahaan yang andal dan unggul di kalangan masyarakat;

Mendidik masyarakat agar hidup secara efisien. Memberi contoh anggota masyarakat sebagai pribadi yang unggul dan patut diteladani. wirausaha harus bekerja dengan waktu yang lama karena terlalu sibuk. pribadi. Menambah daya tamping tenaga kerja sehingga dapat mengurangi pengangguran. Berperan sebagai generator pembangunan lingkungan. a. tetapi tidak melupakan perintah agama. f. Kerugian Kewirausahaan Selain beberapa keuntungan. Membantu orang lain dalam pembangunan sosial dengan sesuai dengan kemampuannya. Otonomi Pengelolaan yang bebas dan tidak terikat membuat wirausaha menjadi seorang bos yang penuh kepuasan. disiplin. Manfaat Adanya Wirausaha adanya wirausaha ulet dan tangguh yang banyak terdapat di suatu Negara dapat memberikan beberapa manfaat. c. Peluang untuk mengembangkan konsep usaha yang dapat menghasilkan keuntungan sangat memotivasi wirausaha. dan jujur dalam menghadapi pekerjaan. personalia. . tekun. c. e. antara lain sebagai berikut. antara lain sebagai berikut. 1. kegiatan kewirausahaan yang dilakukan oleh seseorang juga memiliki beberapa kerugian. a. Beban Tanggung Jawab Wirausaha harus mengelola semua fungsi bisnis. Menumbuhkankembangkan kesadaran dan orientasi kewirausahaan yang tangguh dan kuat terhadap masyarakat. Sedikit sekali waktu untuk kepentingan keluarga. Bebas dalam mengelola keuangan dan merasa kekayaan sebagai milik sendiri. keuangan. dan kesejahteraan. 2. Memberi contoh cara bekerja keras. 2. logistic.c. c. dan pelatihan. b. Tantangan Awal dan Motif Berprestasi. Hampir semua waktu dihabiskan untuk kegiatan bisnis. Mendidik para karyawan agar menjadi orang yang mandiri. tekun. b. d. pemeliharaan lingkungan. Kecilnya Margin Keuntungan dan Kemungkinan Gagal Karena wirausaha menggunakan keuntungan yang kecil dan menggunakan modal milik sendiri. Pengorbanan Personal Pada awalnya. Kontrol Finansial. Keuntungan dan Kerugian Kewirausahaan Bagi seseorang yang melakukan kegiatan kewirausahaan memiliki keuntungan dan kerugian yang dapat dirasakan orang tersebut. margin laba/keuntungan yang akan diperoleh juga kecil dan adanya kemungkinan gagal. Keuntungan Kewirausahaan Beberapa keuntungan yang dapat dinikmati oleh seseorang yang melakukan kegiatan kewirausahaan. antara lain sebagai berikut: a. g. seperti fungsi pemasaran. b.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful