Dampak Krisis Perekonomian Global Indonesia

Mengatasi Penyebab dan Dampak Krisis Ekonomi Global masih menjadi berita hangat tanpa melewati 1 (satu) hari pun dalam bulan-bulan terakhir ini. Berbicara krisis ekonomi adalah bukan berbicara tentang nasib 1 (satu) orang bahkan lebih dari itu semua karena ini menyangkut nasib sebuah bangsa. Berbagai argument dan komentar pun dilontarkan di berbagai media yang selalu memojokkan pemerintahan Yudhoyono dan BI (Bank Indonesia) Di salah satu media menyatakan bahwa Presiden Yudhoyono menyampaikan 10 langkah untuk menghadapi masalah tersebut. Empat di antaranya: 1. Meningkatkan penggunaan produksi dalam negeri 2. Memanfaatkan peluang perdagangan internasional 3. Menyatukan langkah strategis Pemerintah dengan Bank Indonesia (BI) 4. Menghindari politik non partisan untuk menghadapi krisis. Kedengarannya memang masuk akal tapi untuk menghadapi krisis itu bukanlah semata adalah tugas pemerintah dan Bank Indonesia tapi badai krisis ini perlu dihadapi bersama jangan sampai kejadian Krisis Ekonomi Global Part II ini lebih dahsyat meluluh-lantakkan Perekonomian Indonesia seperti yang telah terladi pada Badai Krisis Moneter Part I di Era Soeharto. Sadar atau pun tidak sadar Akibat Krisis Ekonomi Global kali in sudah sangat jauh merambah dalam berbagai strata masyarakat. Dimana-mana pengangguran semakin bertambah Income perkapita drastis menurun karena beberapa industri mulai merampingkan tenaga-kerja atau mulai meliburkan tenaga kerja tanpa batas waktu. Senada dengan hal itu investor-investor lokal dan Asing pun mulai menarik saham dalam industri-industri di Indonesia. Dari kejadian kejadian itu akan menjadikan peluang untuk Angka Kriminalitas akan melonjak naik Grafiknya di tanah air belum lagi kasus-kasus korupsi terbaikan karena bangsa ini telah disibukkan dengan masalah yang lebih di prioritaskan sehingga dengan bebasnya para koruptor meneruskan aksinya ditiap jenjang. ³Selamat buat para koruptor Anda bisa keluar dari persembunyain untuk sementara Waktu. How pity a Country !´ Memang sangat Ironis di satu sisi Indonesia yang dikenal sebagai negara Agraris tapi disisi lain beberapa item bahan pokok masih mengandalkan hasil import dari negara tetangga. Yah ini mungkin salah satu kelemahan dari bangsa kita bahkan diri kita yang sebagai rakyat yang kurang berusaha secara profesional dalam mengelola asset-asset yang ada dalam lahan-lahan indonesia. Lihat saja kekayaan Alam Indonesia mulai dari hasil laut belum dapat dikelola dengan baik karena Fasilitas-fasilitas nelayan kurang memadai sehingga negara-negara lain meraup keuntungan dari hasil menangkap hasil laut dengan cara yang tidak fair. Belum lagi persediaan minyak yang semakin lama semakin menipis serta Tambang-tambang Emas yang masih dikuasai negara asing. Jadi sangat disayangkan Punya Harta yang sangat berlimpah ruah tapi tidak dapat dinikmati secara maksimal oleh bangsa ini.

Ir. Berkaitan dengan Pemilu. pukul 10. Dan kesimpulannya Indonesia belum siap menghadapi Dampak Krisis Ekonomi Global yang di motori oleh Negara Super itu. Demikian paparan Menneg PPN/Kepala Bappenas yang disampaikan oleh Deputi Bidang Evaluasi Kinerja Pembangunan. pembangunan SDM.Jadi memanglah pas ketika Ketua Presidium Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI ) menyatakan bahwa Krisis ekonomi global telah terjebak pada sistem kapitalisme internasional sehingga sampai saat ini sepertinya tak ada persiapan jelas menghadapi krisis keuangan global yang berawal dari runtuhnya industri keuangan di Amerika Serikat. Sehingga upaya untuk perbaikan iklim investasi yang memberi kepastian berusaha.com/dampak-krisis-ekonomi-global/ Antisipasi Krisis Ekonomi Global Melalui Peningkatan Investasi Krisis ekonomi global yang berimbas pada kelangkaan likuiditas akan mempengaruhi perekonomian. serta penerapan prinsip-prinsip good governance harus diutamakan. Bambang Widianto.. saat ini yang menarik adalah bidang usaha yang berdimensi jangka panjang yang pengembaliannya kurang terpengaruhi oleh situasi perlambatan ekonomi global. MA. Deputi Bidang Evaluasi Kinerja Pembangunan juga menyampaikan bahwa tantangan tahun mendatang yang harus dihadapi adalah meyakinkan calon investor agar tetap mau melakukan investasi atau melakukan ekspansi di Indonesia. Mereka yang krisis kita yang ´hancur-hancuran´ seperti pada bursa saham sehingga menghentikan operasionalnya. telekomunikasi dan lainnya. Mungkin dari beberapa uraian diatas dapat memberi gambaran bahwa kita punya potensi menghadapi krisis ini jika kita meningkatkan kesadaran sebagai masyarakat indonesia termasuk element pemerintah berikut departement terkait untuk meningkat pengelolaan sumber daya secara profesional sehingga bangsa ini menjadi produktif dalam penyediaan hasil bumi dan dapat mandiri serta terbebas sebagai negara importir bahan pangan dan minyak bumi terbesar yang akan membalikkan keadaan menjadi negara ³Pengekspor Terbesar´. penguatan kelembagaan dan pemantapan koordinasi antar instansi pemerintah dan pusat-daerah. http://www.metris-community. Untuk investasi sektor riil (Foreign Direct Investment/ FDI). sebagai narasumber dalam Musyawarah Provinsi Kelima Kadin Jawa Barat yang mengambil tema Kadin Jawa Barat Menjawab Tantangan Pembangunan Perekonomian Provinsi Jawa Barat 2008-2013. Dr.00 WIB di Bandung. peningkatan infrastruktur. tambah Deputi Bidang Evaluasi Kinerja . karena itu investasi perlu terus didorong dan ditingkatkan guna mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan serta dapat menyerap lebih banyak tenaga kerja. Namun. pada Rabu (10/12). data dari BKPM menunjukkan cukup banyak proyek yang akan dilaksanakan pada tahun 2009. infrastruktur. seperti sumber daya alam termasuk energi. Jawa Barat. akan sangat dimengerti kecenderungan para investor untuk bersikap hatihati dalam melakukan investasi atau ekspansi.

http://www. India. Hal ini nampaknya akan berlangsung hingga tahun 2012 dimana ekonomi Amerika Serikat akan tetap memasuki masa stagnan hingga nantinya akan kembali pulih mulai tahun 2012 nanti.id/node/152/1637/antisipasi-krisis-ekonomi-global-melalui-peningkataninvestasi/ Cara mengatasi krisis ekonomi global? Krisis ekonomi global yang berlangsung dari tahun 2007 lalu di Amerika Serikat dan mencapai puncaknya tahun 2008 yang lalu saat ini tengah mengalami kondisi yang mengambang di Amerika Serikat dan semakin menunjukkan resesi di Benua Eropa. Italy. Sedangkan untuk menahan laju perlambatan ekonomi dan bahkan mengarahkannya pada peningkatan pertumbuhan ekonomi.Pembangunan.bappenas. pemberian insentif untuk peningkatan ekspor dalam bentuk pengurangan pajak ekspor. Acara yang dibuka oleh Gubernur Jawa Barat.go. Hal ini membuat Asia sebagai benua yang beberapa negara besarnya seperti China. percepatan proses harmonisasi dan penyederhanaan prosedur ekspor. penguatan ekspor dan pengendalian impor diupayakan melalui upaya-upaya seperti diversifikasi pasar dan tujuan ekspor. Negara-negara yang terjalin dalam PIIIGGS (Portugal. Iceland. Kita bisa melihat bahwasanya Amerika Serikat yang merupakan kekuatan ekonomi nomor satu dunia dihadapkan dengan krisis terbesar mereka selama 80 tahun terakhir. Vietnam. Ireland. Dan sebagai buktinya Yunani merupakan negara Eropa . Indonesia. Ahmad Heryawan tersebut kemudian dilanjutkan dengan pemilihan Ketua Kadin Jabar. pemberian bantuan pembiayaan ekspor melalui pembelian Wesel Ekspor Berjangka (WEB) melalui skema rediskonto. Solusi umum untuk menghadapi krisis ekonomi global dapat dilihat di General Solution for The Economy of United States of America Tetapi kita bisa melihat bahwasanya Benua Eropa ternyata terkena kontaminasi yang serius dari krisis Amerika Serikat ini. Langkah diatas hanya satu dari beberapa langkah kebijakan pemerintah dalam pembangunan dan antisipasi krisis ekonomi global. dll menunjukkan pertumbuhan ekonomi positif menjadi jangkar pertumbuhan dunia. serta percepatan perbaikan infrastruktur pendukung ekspor yang belum optimal juga harus terus dilakukan. Great Britain & Spain) yang notabene negara-negara yang pada umumnya menderita defisiti anggaran yang lumayan sehingga menyebabkan hutang mereka membengkak menjadi beban utama Benua Eropa dalam menangani krisis ekonomi global ini. dan dihadiri juga oleh Menneg PPN/Kepala Bappenas sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Jabar. Langkah lainnya adalah mengefektivitaskan pengeluaran pemerintah pada tahun 2009 dan pemanfaatannya diarahkan pada kegiatan-kegiatan produktif yang mendorong berkembangnya peran masyarakat. Greece.

Dan Spanyol saat ini berada di tepi ancaman yang sama yaitu krisis hutang. Banyak juga hal-hal yang perlu kita waspadai dalam krisis ekonomi global itu yaitu ancaman dari negaranegara yang bersifat fasisme seperti Korea Utara. maka bank-bank di Amerika Serikat banyak mengucurkan kredit perumahan terutama bagi kalangan berpenghasilan rendah yang tidak memiliki kapasitas keuangan yang memadai (ninja loan yaitu pinjaman terhadap nasabah yang no income. yang antara lain menyebabkan kebangkrutan ratusan bank. krisis kemudian menggelembung merusak sistem perbankan bukan hanya di AS namun meluas hingga ke Eropa lalu ke Asia. & no asset). dana pensiun dan asuransi. Ada banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan oleh berbagai bangsa di dunia untuk bisa bersamasama bangkit melewati krisis ekonomi global ini.com/bisnis-keuangan/30206-cara-mengatasi-krisis-ekonomi-global. Singapura. no job. dll. Amerika Serikat juga dapat dipandang sebagai potensi krisis hutang nomor satu di dunia karena di tengah-tengah rasio hutang terhadap PDB Amerika Serikat yang sudah mencapai 85% dan dengan Reformasi Kesehatan Amerika Serikat yang menelan dana triliunan dolar AS akan menyebabkan rasio hutang terhadap PDB Amerika Serikat akan meningkat menjadi 110% tahun 2016 yang akan datang. dll. Thailand termasuk Indonesia yang kebetulan sudah lama memiliki suratsurat beharga perusahaan-perusahaan tersebut. Korea. bahwa problem tersebut dipicu maraknya penggelembungan harga perumahan di AS yang didorong kebijakan-kebijakan Bank Sentral Amerika (the Fed) yang kurang pruden untuk menstabilkan sistem keuangan sejak bertahun-tahun. Hongkong. Kredit perumahan ini kemudian disekuritisasi secara hibrid agar lebih . Negara-negara ini terkena dampak krisis ekonomi global sehingga politik di negara ini menjadi tidak stabil tetapi dampaknya bukanlah kepada pemecahan masalah krisis di dalam negeri sendiri akan tetapi menjadi ancaman untuk negara-negara lain seperti Korea Utara yang semakin mengintimidasi Korea Selatan. Secara beruntun menyebabkan effect domino terhadap solvabilitas dan likuiditas lembaga-lembaga keuangan di negara negara tersebut. reksadana. http://forum. Malaysia. Krisis kemudian merambat ke belahan Asia terutama negara-negara seperti Jepang. perusahaan sekuritas. Kondisi ini didorong oleh keinginan untuk memelihara permintaan properti perumahan agar tetap tinggi. Iran.kesekian yang jatuh dalam krisis akibat potensi default hutang yang dijamin oleh pemerintahnya. Hal ini akan mendatangkan potensi penurunan rating hutang Amerika Serikat yang akan menjatuhkan pasar hutang Amerika Serikat dan otomatis dunia karena Amerika Serikat merupakan kekuatan ekonomi nomor satu dunia. Iran yang semakin mengintimidasi dunia.kompas.html Krisis Ekonomi Global dan Kondisi Perekonomian Domestik KRISIS EKONOMI GLOBAL Berawal dari permasalahan kegagalan pembayaran kredit perumahan (subprime mortgage default) di Amerika Serikat (AS). China. Dari berbagai kritik para ahli.

Penarikan dana besar-besaran yang dilakukan oleh para nasabah memicu sentimen negatif pasar. Antrian panjang nasabah yang ingin menarik dananya dari bank ini disiarkan oleh berbagai stasiun TV di dunia. Namun. Itu merupakan tingkat pemutusan hubungan kerja (PHK) terbesar dalam 34 tahun terakhir. banyak kredit tak terbayar dalam jumlah besar dan merata. Citigroup. pada 30 November 2008. dana pensiun dan asuransi. Dilanjutkan dengan kerugian sebesar 3. Northern Rock akhirnya di-nasionalisasi pada 17 Februari 2008 untuk mencegah dampak sistemik perekonmian di Inggris. krisis perbankan di Eropa ditandai dengan permasalahan di sebuah bank kecil di Inggris. Seiring dengan itu. perusahan itu mengumumkan kerugian senilai 2. Jepang. dan Chrysler sehingga mengancam kelangsungan kerja ribuan karyawannya. dan India sebagai ikon pertumbuhan ekonomi di Asia juga tak luput dari hantaman krisis. Ini berimbas ke pelemahan sektor riil dengan kebangkrutan berbagai perusahan besar di AS seperti General Motors. Sejak kejadian itu. Berdasarkan prediksi IMF pada 6 November 2008. Meskipun sudah diberi pinjaman darurat pada 13 September 2007 oleh Bank Sentral Inggris (Bank of England). Akibatnya.menarik bagi investor yang terdiri dari bank. tingkat pengangguran di AS meningkat mencapai 6.3%. empat negara di Eropa (-0. Keguncangan serupa juga dialami secara hampir bersamaan oleh Merryl Linch.3) untuk tahun 2009. Pada 16 Juni 2008. Ford. pada pertengahan 2007 lalu. Celakanya. Tercatat 533. Untuk negara Asia seperti China.9 miliar dolar AS pada paruh ke-tiga 2008 (10 September) dan berujung pada pengumuman kepailitannya pada 15 September 2008. pemerintah AS juga mengumumkan penurunan nilai real PDB untuk paruh III 2008 sebesar 0. Pemerintah mengambil sebagian porsi saham di bank-bank swasta tersebut sebagai bagian dari program rekapitalisasi. Jepang mengalami . ketika terjadi gonjang-ganjing krisis pada Agustus 2007 lalu bank ini jadi sorotan publik. perusahaan sekuritas. AIG dan berbagai lembaga keuangan besar lain. (sumber: departemen tenaga kerja AS). Inggris mengalami kekacauan perbankan. Lehman Brothers mengumumkan kerugian bertahap sebelum akhirnya bangkrut.7).5) dan Inggris (-1. bank-bank kesulitan untuk membayar dan investor dengan cepat menarik dananya dari produk-produk perbankan disaat harga masih tinggi sehingga hal ini memacetkan perputaran uang di pasar hipotik. Hal ini menyebabkan pula struktur pasar uang yang produknya saling terkait satu sama lain menjadi terganggu. Termasuk juga jaminan obligasi utang (collaterlaised debt obligation/CDO) sebagai bentuk investasi kolektif dari sub-prime mortgage. Kasus Bank Northern Rock ini menjadi satu kasus pelajaran penting bahwa bank berskala kecil pun dapat menimbulkan dampak psikologis negatif di masyarakat.8 miliar dolar AS untuk paruh ke-dua 2008. beberapa bank di Inggris juga di-nasionalisasi. yaitu Bank Northen Rock. Tampak pula tren penurunan pertumbuhan negara-negara tersebut sejak 2007 hingga 2009.91 juta orang pada tahun 2008. reksadana. Benar saja. Northern Rock sejatinya adalah sebuah bank swasta berskala kecil di Inggris. Demikian halnya juga di Eropa.7% seiring dengan peningkatan pesimisme di kalangan konsumen dan investor sepanjang kurun September November 2008.000 karyawan di-PHK dan mencapai total 1. Kondisi buruknya perekonomian dunia diperjelas dengan rilis dari Lembaga Moneter Internasional (IMF) pada 6 November 2008 yang memprediksi pertumbuhan ekonomi negatif untuk Amerika Serikat (-0. Untuk pertama kalinya dalam 140 tahun terakhir.

Gambaran dan fakta-fakta tersebut di atas. 2.pertumbuhan ekonomi negatif (-0. 7. Credit Default Swap (CDS) Indonesia mengalami peningkatan secara tajam yakni dari sekitar 250 bps awal tahun 2008 menjadi diatas 980 bps pada bulan November 2008. Semakin tinggi nilai BPI (positif).9 atau lebih tinggi dari ambang normal 0. 5. Banking Pressure Index per Oktober 2008 sebesar 0. Psikologis pasar saat itu menusuk dan menekan karena nilai investasi .840 per Jan 2008 menjadi Rp 12.45 milyar per Juni 2008 menjadi 51. Hal ini menunjukkan bahwa pasar menilai country risk Indonesia yang tinggi pada saat itu. (catatan: setiap 1% kenaikan yield SUN akan menambah beban biaya bunga SUN sebesar Rp1. Sementara China mengalami penurunan dari 11. 3.3% pada 2007 menjadi 7.9% dari Rp 9.1% pada tanggal 20 November 2008. Singapura.0. Pasar SUN mengalami tekanan hebat tercermin dari penurunan harga SUN atau kenaikan yield SUN secara tajam yakni dari rata-rata sekitar 10% sebelum krisis menjadi 17. Asuransi.100 per Nopember 2008 dengan volatilitas yang tinggi. Hong Kong. Ini menunjukkan bahwa sistem perbankan dan sistem keuangan domestik dalam keadaan genting. semakin vulnerable sistem perbankan negara yang bersangkutan. 6. Terdapat potensi terjadi capital flight yang lebih besar lagi dari para deposan bank karena tidak adanya sistem penjaminan penuh (full guarantee) di Indonesia seperti yang sudah diterapkan di Australia. Malaysia. KONDISI PEREKONOMIAN DOMESTIK Sebagai salah satu pelaku pasar dunia. Sementara itu. 4. dan Reksa Dana termasuk masyarakat biasa. Demikian juga dengan India yang berturut-turut mengalami tren penurunan pertumbuhan ekonomi yaitu 9. Banking Pressure Index (dikeluarkan oleh Danareksa Research Institute) dan Financial Stability Index (dikeluarkan oleh BI) yang sudah memasuki dalam ambang batas kritis.3% pada 2009.7% pada 2008 dan diprediksi terus turun menjadi 8. Rupiah terdepresiasi 30. Cadangan Devisa mengalami penurunan 13% dari USD 59. Indonesia tentu juga tak luput dari hantaman krisis. ketegangan dan kecemasan terjadi di mana-mana. Thailand. Financial Stability Index per November 2008 sebesar 2. yang pada akhirnya mengakibatkan terjadi capital flight.5. investor besar di pasar modal seperti Dana Pensiun.2) pada 2009. sejak pertengahan tahun 2008.4 Triliun di APBN).9% pada 2007 menjadi 9.64 milyar per Desember 2008 yang mengindikasikan terjadi capital flight. Terdapat gangguan likuiditas di pasar karena peningkatan liquidity premium akibat pelebaran bid-ask spread dalam perdagangan di pasar saham.8% pada 2008 dan dipredikisi terus turun menjadi 6.43 atau di atas angka indikatif maksimum 2. Taiwan dan Korea.5% pada 2009. disamping Uni Eropa. Indikasi krisis di Indonesia ditunjukkan oleh berbagai indikator yaitu: 1.

untuk melepas dana investasi jangka panjang. Proses konsolidasi internal melalui pendekatan moneter terkadang kurang lazim dan terlalu berhati-hati. adakah rasa optimisme membumbung setinggi harapan. Akibatnya. Masih dalam ingatan kita semua bahwa hampir semua industri dan para pengamat termasuk perseorangan baik dalam negri maupun luar negeri menyambut respon Pemerintah tersebut. sangat dipengaruhi faktor permintaan hasil industri. Lebih dasyat lagi. Ekspektasi terhadap pemulihan ekonomi dunia masih rendah. beberapa negara merevisi kembali target-target ekonomi yang telah dicanangkan sebelumnya.terkuras tajam hampir rata-rata 40 %.com/read/2010/01/13/083906/1277194/10/krisis-ekonomi-global-dan-kondisiperekonomian-domestik Oleh COKI AHMAD SYAHWIER KRISIS ekonomi global memang belum selesai secara tuntas. Berdasarkan analisis sejumlah institusi. Drajad Wibowo sempat menanggapi ancaman krisis global. Keadaan ini mendorong Pemerintah melakukan penyesuaian kebijakan secara cepat dan tepat waktu dengan melakukan perubahan-perubahan penilaian aktiva. belum menunjukkan perubahan yang drastis.detiknews. sebenarnya ekonomi dunia terkonsentrasi di kawasan pasar Eropa dan sebagian kawasan Asia. Kita bisa ambil contoh bagaimana negara bagian Florida bergerak cepat mengungsikan warganya ketika badai Katarina menerjang daerah tersebut. Para investor cenderung menahan aktivitas. Inikah pertanda krisis ekonomi dunia masih terus berlanjut? Atau sebaliknya." (asy/nrl) http://www. Pergerakan pasar. Sejumlah indikator ekonomi dunia termasuk pertumbuhan. "Pemerintah harus menentukan manuver-manuver politiknya dan segera melakukan tindakan untuk meredam krisis yang sedang melanda Indonesia. turut memperparah lini produksi dalam soal . Sementara itu sektor keuangan dan perbankan mengalami pelemahan daya untuk menyalurkan dana investasi. terhadap pergerakan indeksekonomi dunia ke depan. Akibatnya. sektor keuangan merupakan biang keladi terciptanya kemunduran ekonomi dunia. Mereka cenderung menunggu dan melihat (wait and see). seperti memberlakukan tingkat suku bunga 0 persen dan pembatasan penyaluran kredit. Melihat perkembangan kondisi makro ekonomi pada saat itu. denyut dinamika pasar dunia berdetak lemah di tengah kepanikan yang tak kunjung juga reda. Pemerintah sebaiknya mengambil langkah nyata selagi Indonesia belum merasakan benar jalaran badai krisis AS. Bahkan. Berkurangnya kontribusi sektor keuangan. sedangkan persediaan dan distribusi barang mengalami stagnasi yang berlebihan. satu bulan sebelum Bank Cetury masuk ke KSSK. Sektor ini berupaya keluar dari cengkraman kesulitan likuididasi dan kemacetan kredit bermasalah. pinjaman antar Bank telah berhenti sama sekali dan dapat dikatakan likuiditas di pasar perbankan tidak ada sama sekali. kapasitasekonomi menyusut dari potensi ekonomi yang sebenarnya. atas kembali bertumbuhnya ekonomi dunia? Apabila ditengok ke belakang.

terutama dalam pemanfaatan faktor-faktor produksi yang menganggur. Pertumbuhan industri masih di bawah bayang-bayang pertumbuhan industri periode 2005-2006. mencerminkan kapitalisasi sektor riil berlangsung lambat dan menjemukan. Padahal. Oleh karena itu. sebenarnya menginginkan adanya kesepakatan yang kongkret yang mengandung tujuan bersama. sulit untuk menyeimbangkanpasar dunia. yang mampu meleburkan semua kepentingan perekonomian setiap negara. Namun. Pasar yang tidak seimbang akan berpotensi menurunkan permintaan dan penawaran produksi. Dengan demikian. telah berada pada lintasan yang optimistis. proses pendinginan sektor keuangan dan perbankan yang sempat panas di Amerika Serikat dan bank-bank terkemuka di Eropa sudah berjalan dua tahun. konsetelasi ekonomi dunia harus benar-benar terpelihara melalui seperangkat landasan berupa kesepakatan-kesepakatan hitam di atas putih. yang memengaruhi seluruh kawasan perdagangan dunia. Oleh karena itu. untuk menghapus ketimpangan perdagangan dunia. Penurunan produksi. isu-isu pemanasan global dan perubahan iklim setiap saat. Apalagi. stabilitas nilai tukar negara-negara .kapitalisasi bahan baku dan energi. terutama pada pemanfaatan faktor-faktor produksi. terus mengintai dan mengancam kelangsungan persediaan dan distribusi produksi. Penurunan produksi juga merupakan dampak semburan balik pendapatan penduduk dunia yang turun drastis akibat pemutusan hubungan kerja (PHK) berlebihan. pertumbuhan produksi industri dunia belum beranjak dari terpaan krisis. pemulihan ekonomi dunia sudah menunjukkan sinyal pergerakan yang positif. banyak negara melakukan sejumlah kebijakanekonomi dalam rangka melakukan counter cyclical dan program stimulus. Para pemimpin kelompok G-20 yang menguasai 80 persen dari Gross Domestic Product (GDP) menatap ekonomi 2010. pada kenyataannya efektivitas kebijakan belum mampu mengangkat perekonomian global untuk bertumbuh dan berkembang. Namun. perekonomian dunia mampu menciptakan suatu mainstream yang kokoh dan kuat . Tanpa semua itu. Pemulihan Berdasarkan sumber-sumber pemberitaan internasional. sebagaimana dikumandangkan oleh pertemuan pemimpin negara berpengaruh G-20 di Pittsburgh AS 24-25 September 2009. Keadaan ini pertanda pengangguran besar-besaran telah terjadi. penguatan indeks harga saham. Kebijakan semacam ini dimaksudkan. khususnya dalam mengantisipasi gejolakpasar . agarpasar mampu mendinamisasi sektor industri hingga mencapai performans yang menciptakan efek sebar terhadap tumbuhnya sektor-sektor bisnis dunia. Selanjutnya. Sektor bisnis internasional ini. Terbersit para pemimpin kelompok negara G-20. Keseimbangan ekonomi diartikan sebagai wahana perekonomian. Cara lain adalah memperkuat komitmen bersama. Tampaknya. diharapkan dapat menjadi motor penggerak pertumbuhan (engine of growth). Dampak sistemik tersebut membuat perekonomian dunia benar-benar berada di titik terendah. untuk mencapai pertumbuhan sebaik tiga hingga empat tahun lalu diperlukan suatu big push policy. Pertumbuhan masih berada di kisaran 2 persen-3 persen. Pemulihan ekonomi terlihat pada meningkatnya intensitas transaksi ekspor dan impor antarnegara. sektor bisnis internasional dapat menjadi batu loncatan dalam membentuk keseimbanganekonomi dunia.

Keadaan ini berpeluang besar menciptakan kondisi crowding out. kenaikan harga minyak mentah dunia akan memengaruhi alokasi pengeluaran dan transfer of payment berupa subsidi. perekonomian setiap negara dipersyaratkan untuk mampu mengimbangi perubahan dengan kebijakanekonomi berdaya counter cyclical. sinergitas kebijakan yang mendorong perekonomian global bertumbuh (global growth). Faktor risiko lain yang perlu diwaspadai adalah meningkatnya penawaran surat utang negara (SUN). Sinergitas ditopang dengan keterikatan regulasi dengan dukungan sektor keuangan. Diperkirakan perubahan juga menyebabkan perekonomian berada pada performa stabilitasnya. Akan tetapi. Sebab. seperti penghapusan pajak. Kewaspadaan Di tengah pergerakan ke arah pemulihan. Sedangkan di sektor moneter. tentu akan menerima pil pahit berupa menurunnya produksi.berpengaruh. Dibutuhkan kejelian dalam mengikuti pergerakan dan perubahan perekonomian 2010. bukan berarti risiko terhadap perekonomian setiap negara akan menurun. Setiap waktu perubahan bisa saja terjadi. penerbitan SUN yang tidak rasional dan realistis juga berpotensi meningkatnya kewajiban negara. . Sebab. Banyak negara memberikan insentif besar-besaran kepada pelaku industrinya. para pemimpin G-20 akan membangun suatu aliansi kebijakanekonomi. para pemimpin G-20 menyadari perlunya setiap negara menjaga bersama-sama momentum pemulihan tersebut. mempromosikan produk unggulan. Fenomena ekonomi dunia memperlihatkan betapa perubahan kerap terjadi mengikuti arah pasar yang dinamis. Faktor risiko dari segi fiskal ini akan semakin menguat. Pemulihan ekonomi dunia juga terlihat dari segi volume produksi. Terutama. Ekspansi swasta pun mulai merambat naik. masing-masing negara di dunia cenderung menurunkan suku bunga dan menciptakan likuiditas yang lebih besar. karena adanya goncangan. dan kemudahan dalam aksesibilitas permodalan. yang ketat dan berhati-hati ( financial sector prudently). Meskipun G-20 memberi sinyal ekonomi global membaik. jika harga minyak mentah dunia mengalami kenaikan berfluktuatif. dan indeks kepercayaan konsumen yang masih positif. setiap negara tidak boleh lengah. Banyak negara berlomba-lomba meningkatkan pengeluaran anggaran negaranya. Sejalan dengan keinginan bersama itu. Ancaman yang tidak kecil pengaruhnya juga datang dari dampak pemberlakuan Free Trade Area (FTA). Kebijakankebijakan tersebut secara teoritis. yang tumbuh signifikan terutama produksi bagi kebutuhan pangan dan industri. Untuk itu. kemudahan perizinan. yang terkuras oleh kebijakan stimulus fiskal. Penerapan tarif impor 0 persen menjadi penghambat yang sangat mampu menohok industri dalam negeri. Akan tetapi. Penerbitan SUN merupakan langkah dalam menutupi defisit anggaran negara. tentu berpotensi menaikkan inflasi terutama dalam jangka menengah pada 2010. meskipun dalam kapasitas ruang terbatas. bagi negara-negara berkembang yang pemerintahnya kurang atraktif dan proaktif melindungi industri dalam negerinya. peningkatan penggunaan teknologi/inovasi. guna menghadapi kemerosotan kualitas dan kapasitasekonomi .

jika menumpuk kekayaan dengan jalan minta/mengambil riba. Dalam bukunya. Thomas Aquinas mengemukakan tentang konsep keadilan yang dibagi dua menjadi keadilan distributife dan keadilan konvensasi. karena tidak seorang pun yang dapat memenuhi sendiri berbagai kebutuhannya. selalu ada bagianbagian tertentu yang masih tersisa untuk dibuka dan dipahami. Konsep-konsep ekonomi dari kaum perintis ditemukan terutama dalam ajaran-ajaran agama. memiliki cerita sejarah yang panjang. dia mengakui adanya sistem . Adam Smith. upah yang adil dan harga yang layak ini merupakan masalah yang terus-menerus diperdebatkan dlm ilmu ekonomi. dosen teori ekonomi dan bisnis internasional. masyarakat Yunani telah menjelaskan tentang rincian petunjuk-petunjuk tentang cara-cara berekonomi. pemerintah bertugas melindungi rakyat. Misalnya dalam kitab Hammurabi dari Babilonia tahun 1. maka uang menjadi mandul atau tidak produktif. Wakil Ketua DPE Kota Bandung. Sebab. etika atau aturan-aturan moral. pemulihan ekonomi dunia benar-benar berkontribusi bagi bertumbuhnya perekonomian global. penggagas sistem ekonomi kapitalis. Smith berpendapat bahwa pembagian kerja sangat berguna dalam usaha meningkatkan produktivitas dan mengembangkan spesialisasi. Tetapi masalah riba.Kebijakan ekspansi fiskal dan moneter merupakan rangkaian utama dalam rangka menstimulasi pasar bisnis internasional. Dengan demikian. menyisipkan catatan juga bahwa dunia yang paling baik adalah dunia tanpa bunga .html Sekilas Sejarah Ekonomi dan Krisis Keuangan Global Perekonomian dunia yang sangat mempengaruhi kehidupan manusia. Deretan-deretan tulisan yang menerangkannya pun tak akan habis dibaca. salah seorang Ketua Bidang ISEI Bandung Koordinator Jabar .700 sM.blogspot. kaidahkaidah hukum. optimisme itu memang masih ada!*** Penulis. Ia memandang rendah terhadap para pekerja kasar dan mereka yang mengejar kekayaan. Ia menolak kehadiran uang dan pinjam-meminjam uang dengan bunga. dengan menegakkan hukum Tuhan maka dalam jual-beli harus dilakukan dengan harga yang adil sedang bunga uang adalah riba. yaitu nilai guna dan nilai tukar. uang hanya sebagai alat tukar-menukar saja. Plato hidup pada abad keempat sebelum Masehi mencerminkan pola pikir tradisi kaum ningrat. http://artikel-media. Aristoteles membedakan dua macam nilai barang. menegakkan keadilan dan menyiapkan sarana dan prasarana kelembagaan umum.com/2010/01/ekonomi-global-2010-melangkah. The Wealth of Nation. Dampak sistemik yang diharapkan adalah intensitas volume produksi meningkat dan pengangguran diharapkan menurun. Inilah awal dasar pemikiran Prinsip Spesialisasi kemudian dikembangkan oleh Adam Smith. Plato menyadari bahwa produksi merupakan basis suatu negara dan penganekaragaman (diversivikasi) pekerjaan dalam masyarakat merupakan keharusan. Sekretaris LP3E Kadin Jabar. Adam Smith Gagasannya adalah sistem ekonomi yang mengoperasionalkan dasar-dasar ekonomi persaingan bebas yang diatur oleh invisible hand.

yang miskin semakin miskin. Kelemahan Terjadinya persaingan bebas yang tidak sehat. yang menggambarkan pendukungan kebebasan individu. yang cateris paribus. karena setiap tindakan ekonomi didasarkan motif mencari keuntungan. atau dengan kata lain. Masyarakat diberi kebebasan dalam memiliki sumber-sumber produksi. pasar lah yang mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi barang dan jasa melalui penawaran dan permintaan. Banyak terjadinya monopoli masyarakat. Mula-mula ditemukan pada suatu tradisi yang bersifat membatasi batas-batas dari kekuasaan dan tenaga politis. Dalam beberapa sistem. karena persaingan bebas tersebut. Ciri ekonomi liberal Semua sumber produksi adalah milik masyarakat individu. Sementara dalam sistem lainnya. semua faktor tersebut di pegang oleh pemerintah. Masyarakat terbagi menjadi golongan pemilik sumber daya produksi dan pekerja (buruh). yaitu perekonomian di era masyarakat madani pada abad ke 6 M silam. seorang individu boleh memiliki semua faktor produksi. Keuntungan Menumbuhkan inisiatif dan kreasi masyarakat dalam mengatur kegiatan ekonomi. sistem ekonomi juga dapat dibedakan dari cara sistem tersebut mengatur produksi dan alokasi. terutama dalam mencari keuntungan. Setiap individu bebas memiliki untuk sumber-sumber daya produksi. Perbedaan mendasar antara sebuah sistem sosialis dengan sistem kapitalis adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya. Sistem perkonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. Masyarakat yang kaya semakin kaya.Teori itu juga bersifat membebaskan individu untuk bertindak sesuka hati sesuai kepentingan dirinya sendiri dan membiarkan semua individu untuk melakukan pekerjaan tanpa pembatasan yang nantinya dituntut untuk menghasilkan suatu hasil yang terbaik. Pemerintah tidak ikut campur tangan secara langsung dalam kegiatan ekonomi. Pasar merupakan dasar setiap tindakan ekonomi. yang nantinya akan mendorong partisipasi masyarakat dalam perekonomian. Timbul persaingan semangat untuk maju dari masyarakat. Timbul persaingan dalam masyarakat. Banyak terjadinya gejolak karena kesalahan alokasi sumber daya oleh individu. menyajikan suatu benda dengan batas minimum dapat diminati dan disukai oleh masyarakat (konsumen). Pemerataan pendapatan sulit dilakukan. Efisiensi dan efektivitas tinggi. Sementara pada perekonomian pasar (market economic). Selain faktor produksi. karena masyarakat tidak perlu lagi menunggu perintah/komando dari pemerintah. karena adanya persaingan semangat antar masyarakat. Kebanyakan sistem ekonomi di dunia berada di antara dua sistem ekstrim tersebut. Sebuah perekonomian terencana (planned economies) memberikan hak kepada pemerintah untuk mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi hasil produksi. Ekonomi syariah .ekonomi yang sukses membawa masyarakat pada kemakmuran. Kegiatan selalu mempertimbangkan keadaan pasar. Menghasilkan barang-barang bermutu tinggi. Sistem ekonomi liberal klasik Sistem ekonomi liberal klasik adalah suatu filosofi ekonomi dan politis.

Keseimbangan (equilibrium). yang dari segi bahasa berarti kelebihan.. begitu juga peranan koperasi dan swasta yang posisinya penting namun tidak mendominasi. Sistem ekonomi Pancasila adalah middle way antara ekstrem kiri dan ekstrem kanan. Didalam menjalankan kegiatan ekonominya. untuk mencapai Al-falah (makmur dan success) dan Sa ada Haqiqiyah (kebahagian yang abadi baik di dunia dan akhirat. Yang sangat penting dalam transaksi Ekonomi Islam adalah tidak ada nya unsur Riba (interest) Maisir (judi) dan Gharar (ke tidak pastian). cabe keriting dsb.Ekonomi dalam Islam harus mampu memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada setiap pelaku usaha. Kalau dilihat sistem ekonomi di dunia baik kapitalisme dan sosialisme belum berhasil mensejahterakan rakyat. Ekonomi Pancasila adalah keseimbangan (equilibrium) dan mencegah terjadinya over sentralistik ekonomi terpusat dan mencegah semua harga komoditas diatur pasar. Gharar adalah melakukan transaksi yang tidak pasti seperti membeli ikan yang masih berenang di laut. dan manusia adalah kepercayaannya di bumi. . Maka ada baiknya kita Indonesia dengan dasar negara Pancasila mencoba mengkaji kembali sistim ekonomi Pancasila yaitu bukan sosialisme dan bukan kapitalisme. Dalam Al Qur'an surat Al Baqarah ayat 275 disebutkan bahwa Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila. Peran negara adalah penting namun tidak dominan. Manusia sebagai wakil (khalifah) Tuhan di dunia tidak mungkin bersifat individualistik. Tidak pasti berapa banyak ikan yang bisa di tangkap untuk di beli dan tidak ada kepastian berapa harga nya. kalau jumlah ikan nya saja tidak dapat di pastikan. adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat). Dalam Islam yang ingin punya property atau perusahaan harus mendapat kan nya dengan usaha yang keras untuk mencapai yang nama nya Islamic Legal Maxim. Dua dekade lalu semua orang menyaksikan runtuhnya tembok Berlin dan sosialisme di Uni Sovyet sekarang kita dapat menyaksikan dan merasakan runtuhnya kapitalisme barat akibat krisis keuangan multi kompleks selain subprime morgagenya. yaitu mencari keuntungan yang sebanyak banyak nya yang sesuai dengan ketentuan dari prinsip prinsip syariah. (interest). sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba. Tanggungjawab (responsibility). Kalau pada jaman orde baru dulu boleh dikatakan tidak semua harga barang diserahkan ke harga pasar contohnya harga sembako diawasi ketat bahkan sampai siaran TVRI/radio RRI selalu dibacakan harga sayur mayur. Riba juga bisa di dapat dari cara meminjam kan uang yang di kenakan bunga. Yang menguasai hajat hidup orang banyak adalah negara pemerintah.. Dan pemerintah selalu mengintervensi harga barang yang terlalu melambung dengan menetapkan batas harga tertinggi dsb. Keadaan mereka yang demikian itu. Maisir (judi) semua pasti tahu judi itu adalah taruhan. karena semua (kekayaan) yang ada di bumi adalah milik Allah semata. ekonomi syariah menekankan empat sifat. semua kekayaan di dunia adalah milik dari Allah SWT yang di titipkan kepada kita. Kebebasan (free will). hasil bumi dll. Selain itu. seperti air. padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Sehingga tidak terjadi kondisi sistem ekonomi liberal maupun sistem ekonomi komando. pertambangan. Sistem Ekonomi Indonesia. antara lain: Kesatuan (unity). dan kekayaan yang kita miliki harus di peroleh dengan cara cara yang halal. Sistem Ekonomi Pancasila memiliki empat ciri yang menonjol. yaitu : 1. Islam sangat mengharamkan kegiatan riba. Jangan menyerahkan segala harga barang kepada pasar. Islam mempunyai suatu konsep yang berbeda mengenai kekayaan. BBM. 2. spekulasi atau zero sum game transaksi jenis ini juga di larang.

Kejatuhan perusahaan sekuritas keempat terbesar AS. Melalui kebijakan moneter dan keuangan yang ketat. Rupiah masih belum stabil dalam jangka waktu yang cukup lama. subsidi domestik. termasuk batas peminjaman. Setelah krisis finansial Asia yang dimulai pada pertengahan 1997. Selama lebih dari 30 tahun pemerintahan Orde Baru. Kepanikan itu tercermin pada kekacauan bursa saham. para pialang . Persaingan usaha pun harus selalu terus-menerus diawasi pemerintah agar tidak merugikan pihak-pihak yang lemah. Transaksi finansial lintas batas negara juga terganggu. Sistem legal sangat lemah. memengaruhi banyak sekali simpul-simpul finansial di berbagai negara. Respon pertama Indonesia terhadap masalah ini adalah menaikkan tingkat suku bunga domestik untuk mengendalikan naiknya inflasi dan melemahnya nilai tukar rupiah. dan banyak analisis mengakui Indonesia sebagai ekonomi industri dan pasar utama yang berkembang. Krisis finansial Asia Tenggara yang melanda Indonesia pada akhir 1997 dengan cepat berubah menjadi sebuah krisis ekonomi dan politik. GDP nyata tahunan tumbuh rata-rata mendekati 7% dari 1987-1997. Pemerintah memiliki lebih dari 164 BUMN dan menetapkan harga beberapa barang pokok. hambatan ke perdagangan domestik. mengumpulkan hutang. Indonesia memiliki ekonomi berbasis-pasar di mana pemerintah memainkan peranan penting. Masyarakat adalah bagian yang penting di mana kegiatan produksi dilakukan oleh semua untuk semua serta dipimpin dan diawasi oleh anggota masyarakat. pemerintah menjaga banyak porsi dari aset sektor swasta melalui pengambilalihan pinjaman bank tak berjalan dan asset perusahaan melalui proses penstrukturan hutang. rupiah stabil dan dapat diterka. dan hambatan ekspor seluruhnya menciptakan gangguan ekonomi. Pada Oktober 1997. beras. Kejatuhan Lehman Brothers yang berusia 158 tahun itu membuat risiko investasi tersebar dengan sangat cepat. Lehman Brothers. dan memperketat kebijakan fiskalnya. Indonesia dan International Monetary Fund (IMF) mencapai kesepakatan tentang program reformasi ekonomi yang diarahkan pada penstabilan ekonomi makro dan penghapusan beberapa kebijakan ekonomi yang dinilai merusak.3. tetapi menimbulkan kepanikan global. harga saham bertumbangan. hingga pada akhirnya Presiden Suharto terpaksa mengundurkan diri pada Mei 1998. dan tidak ada cara efektif untuk menjalankan kontrak. penyewaan oleh perusahaan milik negara. dan listrik. Krisis Keuangan Global. Tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi dari 1987-1997 menutupi beberapa kelemahan struktural dalam ekonomi Indonesia. 4. dengan peminjaman berdasarkan-collateral menyebabkan perluasan dan pelanggaran peraturan. dan pemerintah menerapkan sistem anggaran berimbang.000 pada 1996. antara lain Program Permobilan Nasional dan monopoli. termasuk bahan bakar. Dalam sistem ekonomi pancasila perekonomian liberal maupun komando harus dijauhkan karena terbukti hanya menyengsarakan kaum yang lemah serta mematikan kreatifitas yang potensial. atau menuntut atas kebangkrutan. inflasi ditahan sekitar 5%-10%. Hambatan non-tarif. Banyak dari anggaran pembangunan dibiayai melalui bantuan asing. Gejolak moneter yang melanda Amerika Serikat tidak saja mengguncang sendi-sendi ekonomi AS. ekonomi Indonesia tumbuh dari GDP per kapita $70 menjadi lebih dari $1. Aktivitas bank sangat sederhana. Modal atau pun buruh tidak mendominasi perekonomian karena didasari atas asas kekeluargaan antar sesama manusia.

transaksi perdagangan dihentikan. moral. otoritas pemerintah kehilangan akal. nasabah menyerbu bank.700 poin pada awal tahun jatuh menembus kisaran angka 1.com/mod. Krisis keuangan global menampar golongan menengah-atas. ujar Fauzi dalam seminar Economic Outlook 2009 bertajuk Prospek Investasi pada Tahun Politik yang diselenggarakan Bisnis Indonesia. Sistem Ekonomi global sedang bermetamorfosa mencari bentuk keseimbangan baru antara sosialis. nilai tukar mata uang anjlok. Gejolak moneter di AS dan mengguncang dunia merupakan konsekuensi logis sistem perekonomian pasar bebas dan ideologi (neo)liberalisme.php?mod=publisher&op=viewarticle&artid=411 . fondasi perbankan masih baik untuk mendorong tumbuhnya ekonomi sektor riil. Bila terlalu bertumpu pada pasar bebas. yang terbiasa hidup di surga moneter : barang mewah. tamparan juga akan dirasakan kelas menengah dan kaum miskin. hati nurani. Namun. tidak fair dan perilaku manusia mendewakan profit dan uang yang ada di benak pemikirannya.pitoyo. sementara disisi lain orang bisa sangat miskin karena struktur dan sistem membuat tak berdaya mengubah kehidupannya. apa ini hal yang baik ?.mengalami shock. karena gejolak moneter diramalkan akan lama. kucuran dana pembangunan tersendat. Itu disebabkan oleh kebutuhan dolar AS dari perbankan internasional yang masih sangat tinggi. Wajah persaingan bisnis menjadi kejam dan bisnis akan menjadi bunuh-bunuhan antar kompetitor. Namun. kejujuran dan kesejahteraan bersama yang proporsional. investor dilanda kepanikan. Suhu politik menjelang pemilu 2009 juga berpengaruh terhadap para investor dan cenderung menunggu meskipun situasi politik global diperkirakan akan kondusif dengan hasil pemilu di AS yang lebih memprioritaskan perbaikan ekonomi dari pada perang. http://www. globalisasi pasar modal dengan segala permainan derivatifnya maka seperti yang kita lihat akhir-akhir ini akan membuat fondasi ekonomi rapuh.100 pada medio Oktober. Tak terkecuali di BEI. dan urat nadi perekonomian global terancam bangkrut. IHSG dari 2. kapitalis dan konsep konsep ideologi pemikiran lain yang lebih mengedepankan keadilan. Paling cepat ekonomi dunia akan tumbuh pada 2010 dan yang akan rebound terlebih dahulu adalah AS. hingga pertengahan 2009 rupiah dan mata uang negara-negara di Asia masih tertekan oleh dolar AS. Demikian sumbang saran pemikiran selayang pandang tentang ekonomi dan krisis semoga bermanfaat sebagai bahan diskusi lebih lanjut. Bisa di bayangkan kalau dengan segala kemajuan teknologi termasuk teknologi informasi orang bisa bermain saham dan derivatifnya akan mendapatkan uang seminggu 100juta didepan komputer sementara para pekerja atau petani yang menggerakan sektor riil sebulan banyak yang berpenghasilan kurang dari 1/2juta. Diperkirakan kondisi resesi global ini masih akan berlangsung pada tahun 2009 sehingga pertumbuhan ekonomi rendah namun demikian fundamental ekonomi Indonesi bisa bertahan meskipun kondisi pasar modal kurang bergairah. karena sistem ekonomi dan struktur korporasi mereka yang sangat fleksibel. Senior Vice President. Penutup. Orang bisa sangat kaya dan bebas melakukan apa saja karena semua bisa di beli. gaya hidup berkilau. Economist & Head of Government Relations Standard Chartered Bank Fauzi Ichsan menjelaskan pemulihan ekonomi dunia itu akan didahului oleh menguatnya perekonomian AS dan aktivitas pasar saham dunia yang pulih 6 atau 9 bulan sebelumnya. Mereka gampang sekali melakukan PHK [pemutusan hubungan kerja] atau rekrutmen. yang hidupnya bergantung pada fluktuasi moneter.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful