Nama Kelas No

: M. Adam Akbar .L : 9A : 33

SMPN 1 TAMAN TAHUN AJARAN 2010/2011
1

Saya menyelesaikan masalah ini dengan bersungguh-sungguh dengan cara mencari sumber-sumber yang terdapat pada buku-buku dan internet yang telah kami cari. Saya telah menyelesaikan makalah atau laporan tentang “Bioteknologi”. sudah mencakup bagian-bagian proklamasi. Saya selaku kelompok tiga mohon maaf apabila makalah yang telah kami buat ini mempunyai kekurangan.Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Semoga makalah ini dapat banar-benar bermanfaat bagi para pembaca. Hal-hal yang saya rangkum ini sudah menjadi makalah. Akhir kata saya penyusun makalah ini menerima kritik dan saran dengan tangan terbuka. 9 Desember 2010 Pembuat Makalah 2 . Saya mengharapkan agar pembaca dapat membaca dan menilai informasi-informasi yang telah kami rangkumkan ini. Sidoarjo.

.. Tempe 2.................................... Kultur Jaringan 3............................................... Kawin Silang 2..................... 12 Daftar Pusataka................................................................ 11 Bab 3 Penutup......... Dampak Teknologi Reproduksi.................................................... Kloning C..........................5 1.................. Fertilisasi In Vitro 5........................ Insemnisasi buatan (kawin suntik) 4....................... Alkohol untuk Bahan Bakar B...................................................................... 5 A................ 4 Bab 2 BIOTEKNOLOGI.......... Bioteknologi Modern......................................Kata Pengantar.. 3 Bab 1 Pendahuluan........................................................... Yoghurt 3.... 8 1................. 2 Daftar Isi........................................................................................................... Antibiotik 4.................. Bioteknologi Konvensional.......................................................................................................... 13 3 ..................................

Setelah itu. sumber dari buku sangat sedikit. Menjelaskan manfaat-manfaat Bioteknologi konvensional dan modern. Dapat menjelaskan perbedaan Bioteknologi Konvensional dan Modern. Latar Belakang Dalam pembuatan makalah singkat ini. Kompetensi Dasar     Mencari informasi tentang Bioteknologi konvensional dan modern. saya kumpulkan data-data tersebut dan saya susun dan kemas sedemikian rupa hingga terbentuklah makalah ini. Mampu menyebutkan produk-produk penerapan Bioteknologi konvensional dan modern. Namun. Tetapi itu membuat saya lebih semangat untuk mencari lebih banyak informasi di internet atau referensi lainnya. Memberi contoh produk-produk Bioteknologi konvensional dan modern. D. saya memiliki beberapa alasan untuk melatar belakanginya. C.A. Tujuan • • • Untuk menambah wawasan tentang Bioteknologi. Yaitu. 4 . Standar Kompetensi Memahami penerapan rekayasa genetika dan bioteknologi bagi kelangsungan hidup manusia. saya mendapatkan tugas untuk mencari tahu tentang Bioteknologi. Mendeskripsikan perbedaan Bioteknologi konvensional dan modern. B.

Istilah fermentasi awalnya digunakan untuk menyatakan peristiwa perubahan sari buah menjadi minuman beralkohol. Kemudian istilah itu mempunyai arti sebagai suatu proses pembentukan alcohol dari gula tanpa memperhatikan apakah proses tersebut merupakan proses biologi atau bukan. Misalnya pada pembuatan Tempe. yang berupa buah-buahan. Berdasarkan tingkat kompleksitasnya. minuman. Sedangkan genetika adalah ilmu tentang keturunan. yaitu : • Adanya agen biologi. maupun peranannya untuk manusia. bioteknologi di bagi menjadi dua macam. Bioteknologi sudah dikenal manusia sejak 6000 tahun SM di Babilonia. Ditinjau dari segi biokimia. Mikroorganisme yang sering dipakai yaitu jamur atau bakteri. antibiotic dan sebagainya. A. Penerapan bioteknologi membutuhkan kerja sama dari beberapa bidang ilmu. Dalam kehidupan sehari-hari. Bioteknologi mempunyai tiga ciri. kecap dan sebagainya. Biotekologi diawali dengan pembuatan makanan dan minuman secara fermentasi oleh masyarakat Babilonia. minuman. proses bioteknologi sederhana juga sudah dikenal. seperti Biokimia. obat-obatan. bahan bakar dan 5 . penerapan bioteknologi konvensional dapat kita lihat pada proses pembuatan makanan. Tahu. Semakin pesat penemuan Bioteknologi dengan adanya ilmu teknologi dan penemuanpenemuan penelitian dalam berbagai keilmuan. Penerapan genetika dalam bioteknologi disebut Rekayasa Genetika. Mikrobiologi adalah ilmu tentang berbagai mikrobiologi baik struktur. Sedangkan di Indonesia. yaitu Bioteknologi Konvensional dan Bioteknologi Modern. Salah satu pemanfaatn bioteknologi dalam bidang pertanian didapatkan pada jagung yang berasal dari bibit unggul. seperti mikroorganisme. fermentsi merupakan aktivitas mikroorganisme untuk memperoleh energi yang diperlukan bagi proses metabolisme dan pertumbuhannya melaui pemecahan terhadap senyawa-senyawa organic secara anaerob. Oncom. • Produk yang diperoleh adalah hasil dari ekstraksi dan pemurnian. sel tumbuhan dan sel hewan. sifat. Mikrobiologi dan Genetika. enzim. BIOTEKNOLOGI KONVENSIONAL Bioteknologi Konvensioan sudah dikenal lama yaitu pada pengolahan makanan dan minuman secara fermentasi. • Terjadi pendayagunaan secara teknologi dan industri. Biokimia yaitu suatu ilmu tentang susuanan kimia tubuh organisme. Bioteknologi Konvensional umumnya ditandai dengan penggunaan mikroorganisme secara langsung serta pengerjaannya secara mudah dan sederhana.Bioteknologi adalah suatu proses pemanfaatan mikrobiologi dan agen biologi lain untuk membuat produk yang dibutuhkan oleh manusia.

Proses perendaman ini mengakibatkan terjadinya fermentasi alami. maka akan terbentuk tempe yang kompak. Apabila jalinan-jalinan benang sudah rapat. putih. Proses pembuatan tempe : a. Rebus kacang kedelai selama 30 menit sehingga timbul rasa maupun bau sedap. sebagai berikut : 6 . ada dua tahap fermentasi. Kacang kedelai akan berkembang dan kupas kulitnya karena sulit untuk dilapukkan oleh kapang tempe. serta jenis kacang kedelai yang digunakan. 1. Kacang kedelai diangkat dan ditiriskan pada tampah agar kacang kedelai menjadi kering dan dingin. dan mempunyai aroma khas. g. minuman. Bungkus dengan plastik yang diberi lubang-lubang terlebih dahulu. tahan lama. yaitu : a. Adapun cara pembuatan yoghurt. Hifa akan tumbuh memanjang membalut dan menembus biji kedelai. Yoghurt Yoghurt merupakan minuman yang terbuat dari air susu yang difermentasikan oleh bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus termhophillius sebagai bibit yoghurt. h. Berikut akan saya jelaskan produk-produk makan. sehingga tempe yang dihasilkan berwarna putih. Taburkan ‘ragi tempe’ secara merata. Spora kapang berkecambah dengan membentuk benang-benang hifa.. Pada proses pembuatan tempe. jadilah tempe. obat-obatan dan bahan baker yang dihasilkan melalui bioteknologi konvensional. c.lainnya. f. bias juga disimpan di suhu kamar. Setelah 2 hari. Simpan dalam oven dengan suhu 30-35 derajat celcius. kemurnia bibit (ragi tempe) yang digunakan. dan tak terium bau amoniak. e. Tempe yang baik yaitu tempe yang selama prosesnya memperhatikan sanitasi pada tempat pembuatannya. b. d. Tempe terbuat dari kacang kedelai dengan bantuan bakteri Rhizopus sp. b. bersih. Jika tak ada oven. Kacang kedelai direndam dalam air selama 20-24 jam pada suhu kamar (25 derajat Celcius). Fermentasi Utama yang dilakukan oleh kapang Rhizopus sp. Tempe Tempe merupakan makanan asli Indonesia yang sudah dikenal secara luas oleh penduduk Indonesia. Fermentasi Awal dengan merendam kacang kedelai di dalam air. terutama di Pulau Jawa.

dapat ditambah gula merah. Namun. sebaliknya jika terlalu masam. masukkan bibit yoghurt. Pemanasan dilakukan untuk mematikan bakteri yang ada di dalam susu. Ia menemukan antibiotik penisilin yang dihasilkan jamur Penicillium notatum. Langkah Kerja: 1) Bersihkan alat-alat yang digunakan 2) Masukka susu ke dalam bejana. dapat ditambah jeruk nipis sedikit. 3. Antibiotik hanya dapat menyembuhkan penyakit tertentu. Misalnya. penyakitb infeksi yang selama ini sulit disembuhkan.a. tambahkan buah-buahan yang telah dikupas dan diblender. Setelah dingin. 5) Apabila menginginkan rasa lain. dalam penggunaannya harus dalam resep dokter. karena hal-hal berikut: a. sekarang ini mudah disembuhkan. 3) Dinginkan. zat antibiotik ini dapat ditemukan. Sekarang ini. penisilin mencegah 7 . Antibiotik Alat dan Bahan: Bejana yang tak terbuat dari Aluminium Susu yang bebas dari kontaminasi bakteri Antibiotik adalah suatu zat kimia yang didapatkan dan diproduksi oleh mikroorganisme (jamur) untuk menghambat pertumbuhan bahan mematikan mikroorganisme lainnya. kemudian simpan di tempat gelap tak terkena sinar matahari satu malam pada suhu kamar. 4) Apabila kurang asam. Dengan adanya antibiotik ini. panaskan sampai mendidih (85-95 derajat celcius) sekitar 15-30 menit. Antibiotik ditemukan oleh Alexander Fleming pada tahun 1929. 6) Lebih nikmat disajikan dengan dingin.   Patogen  Bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus termhophillius (bibit yoghurt)  Jeruk Nipis  Gula Merah  Buah-buahan sebagai tambahan rasa atau penyedap rasaa  Blender b.

diantaranya: a. 4. seperti mikrobiologi. Alkohol yang digunakan di bahan baker mempunyai banyak kelebihan. Selanjutnya. namun bioteknologi modern pengerjaannya agak rumit. kita harus mengetahui sifat kedua individu yang akan dikawinsilangkan tersebut terlebih dahulu. . Jenis-jenis reprodusi yang sudah dikembangbiakan yaitu : Kawin Silang Kawin silang merupakan cara sederhana dan paling mudah untuk mendapatkan bibit unggul karena kita hanya tinggal mengawinkan dua individu yang sejenis tetapi berbeda varietas. Pada bioteknologi konvensional. biokimia dan biologi molekuler. Pemakaian antibiotik yang kurang tepat (misalnya tak dihabiskan). penanaman tumbuhan dengan cara hidroponik dan aeroponik. akan mengakibatkan kekebalan dari kuman penyakit. 8 a. c. Namun. BIOTEKNOLOGI MODERN Bioteknologi berkembang semakin pesat sejalan dengan perkembangan dan penemuan dalam berbagai bidang keilmuan. radiasi dan teknik rekomendasi gen. serta mempunyai sifat dan karakter yang lebih baik dari induknya. biologi sel. 1. Mesin menyala lebih lama b.terbentuknya dinding sel bakteri sehingga antibiotik ini tak bermanfaat untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh jamur atau virus. Tidak meningkatkan kadar CO2 di atmosfer c. Bioteknologi modern berbeda dengan bioteknologi konvensional dalam hal pengejarannya. Bioteknologi Modern diterapkan pada teknologi reproduksi. Alkohol untuk Bahan Bakar Alkohol dihasilkan melalui proses fermentasi dengan cara mengubah karbohidrat menjadi gula sederhana oleh khamir Saccharomyces cereviciae. Teknologi Reproduksi Teknologi reproduksi merupakan cara perbanyakan tumbuhan dan hewan dengan menggunakan prosedur dan peralatan tertentu untuk mendapatkan keturunan dan individu baru secara cepat. Antibiotik mempunyai kemampuan yang berbeda-beda untuk melawan kuman penyakit. Tidak menimbulkan polusi udara B. pengerjaannya mudah. fisika. genetika. gula sederhana akan diubah menjadi alcohol dan karbon dioksida. b.

pengertian kultur jaringan harus membutuhkan pengetahuan dasar biologi dan kimia. Namun. kambing. Kultur Jaringan Kultur jaringan adalah kegiatan membudidayakan suatu jaringan tanaman atau hewan secara vegetatif menjadi tanaman atau hewan yang memiliki sifat sama dengan induknya dalam waktu singkat. ruang dan tenaga. dan d) penanaman dalam tanah. b) organogenesis. Kalaupun bisa akan membutuhkan waktu yang sangat lama. Bahkan inseminasi dapat dilakukan pada hewan langka yang bersifat unggul. c) pembesaran atau pengembangan anakan. kultur jaringan sering dipakai pada tumbuhan. sehingga memberikan bahan genetis yang stabil. Oleh karena itu untuk mendapatkan tanaman unggul harus membeli bibit unggul. tidak semua hewan dan tumbuhan dapat dikawinsilangkan untuk mendapatkan bibit unggul. Itu sebabnya. Di samping itu. pada inseminasi buatan ini. kita harus tahu masa kawin dari hewan yang akan diinseminasi. Kultur jaringan didasarkan pada metode tertentu. Teknik ini dilakukan pada hewan seperti sapi. 9 . Selain itu. seperti kita melakukan perkawinan silang pada pohon mangga atau durian. Selain itu. biaya. Ada empat tahap dalam Kultur Jaringan. Manfaat-manfaat kultur jaringan : o Mendapatkan bibit dalam jumlah banyak dan waktu yang singkat dengan sifat yang persis dengan induknya o Membuat tumbuhan dengan sifat-sifat yang kita kehendaki. c. yaitu : a) penanaman dalam kultur. Sifat totipotensi pada tumbuhan sangat tinggi. Dapat juga digunakan untuk penyimpanan jangka panjang palsama nutfah. mengurangi ruang simpan. namun pada hewan sangat rendah. Inseminasi buatan (Kawin Suntik) Inseminasi buatan merupakan salah satu teknologi reproduksi melalui perkembangbiakan secara generatif. dan menurunkan biaya pemeliharaan. o Kultur jaringan hemat dari segi waktu.Kawin silang merupakan salah satu teknologi reproduksi yang paling mudah dan praktis untuk dilakukan. Pemanfaatan kultur jaringan tanaman secara komersial ditujukan untuk perkembangbiakan tanaman secara cepat. tanaman unggul yang dihasilkan tidak akan menghasilkan keturunan yang unggul juga. dan kerbau. Proses ini dilakukan dengan cara menyuntikkan semen (inseminasi) dari hewan jantan pada hewan betina yang b. Kultur jaringan didasarkan pada sifat totipotensi yaitu kemampuan yang dimiliki oleh suatu sel untuk berkembang menjadi suatu individu.

Contoh cloning yang sederhana yaitu pencangkokan tumbuhan. Pada tahun 1978. tetapi cukup dengan sperma dari hewan jantan unggul tersebut. Sardjito Yogyakarta dengan menghasilkan bayi tabung kembar tiga (triplet) yang lahir pada tanggal 10 Februari 1998 melalui bedah Caesar. lahir seorang bayi tabung pertama bernama Louis Brown. e. Di samping untuk memperbanyak keturunan. 10 .mengandung sel telur matang yang berada pada kandung telur dengan menggunakan alat inseminasi. berhasil dikembangkan pada tanggal 26 Agustus 1997 di Rumah Sakit Umut Dr. Alat-alat yang digunakan pada teknik inseminasi:  Spekulum yang terbuat dari pipa gelas pyrex ukuran panjang 18cm dan diameter 2 cm  Pipet inseminasi yang terbuat dari gelas berukuran 1 ml dan berskala. Fertilisasi ini sudah dilakukan sejak lama pada hewan mamalia namun pada manusia pada tahun 1974. Kloning d. sehingga individu baru ini mempunyai sifat yang sama dengan induknya. yang pada salah satu ujungnya disambung dengan selang karet  Spuit yang disambung pada pipet inseminasi Keuntungan dari Inseminasi buatan ini yaitu sperma hewan yang belum dibutuhkan dapat dibekukan. Semen diambil dari hewan jantan yang banyak mengandung sperma. teknik kloning ini sebenarnya sudah dikenal sejak lama. Selain itu. inseminasi buatan lebih memudahkan peternak untuk mendapat hewan unggul tanpa harus mendatangkan induk jantannya. kloning juga dibuat terapi dan pengobatan. Kloning merupakan salah satu teknologi reproduksi untuk menghasilkan individu baru secara vegetatif (aseksual).Steptue. Dengan demikian. Bayi tabung kembar tiga itu terdiri dari satu laki-laki dan dua perempuan. Fertilisasi ini terjadi di dalam tabung sehingga teknologi reproduksi ini banyak dikenal dengan sebutan Bayi Tabung. sperma tersebut dapat dicairkan jika ingin digunakan. Fertilisasi In Vitro Fertilisasi In Vitro pada prinsipnya sama dengan proses pembuahan di luar tubuh (fertilisasi eksternal) yang terjadi pada ikan dan katak. Kultur jaringan yang sudah saya sampaikan merupakan contoh dari kloning. Di Indonesia. Sebaliknya. Ilmuwan yang berhasil melakukan percobaan bayi tabung pertama pada manusia adalah seorang ilmuwan dari Inggris bernama Dr.

Semua umat menyambutnya karena banyak sekali manfaat dari hasil penelitian ini. Dari keberhasilan biologiwan inilah.Kloning pada tumbuhan sudah sejak lama digunakan oleh manusia dan berhasil. selanjutnya para biologiwan ingin mengembangkan teknik kloning ini pada hewan bahkan pada manusia. 11 .

Para ilmuwan. b. Itu juga ada dampaknya. sempurna dan sesuai dengan apa yang kita kehendaki untuk kesejahteraan umat manusia. Namun. ketika kloning berajak pada kloning manusia. 2. Teknologi reproduksi secara Fertilisasi In Vitro (bayi tabung) bisa menjadi solusi bagi pasangan suami-istri yang kesulitan memperoleh keturunan dan merupakan usaha pelestarian pada berbagai jenis hewan langka. Dampak Negatif Teknologi Repoduksi a. adapun dampaknya yaitu : Dampak Positif Teknologi Reproduksi a. moral. menghasilkan susu lebih banyak serta tahan terhadap bibit penyakit. hokum. proses bayi tabung merupakan proses tidak sah jika sel telur dan sperma bukan berasal dari pasangan suami istri yang resmi.C. Apabila ditinjau dari aspek agama. menghasilkan telur yang besar dan lebih banyak. Tumbuhan dan hewan bersifat unggul tersebut jumlahnya akan terus bertambah dan kelangsungan hidupnya akan terjaga. c. dan etika. inseminasi buatan dan kultur jaringan dihasilkan tumbuhan dan hewan bersifat unggul. inseminasi buatan dan kultur jaringan mempunyai keturunan yang mempunyai sifat0sifat yang baik yang unggul. Teknologi reproduksi secara kawin silang. dan dapat ditanam pada kondisi tanah dan iklim sesuai kebutuhan. tahan terhadap bibit penyakit. Teknologi Produksi Kloning dapat meningkatkan produksi dengan menyediakan bibit unggul secara cepat dan sesuai dengan apa yang diinginkan. c. Dengan demikian. Pada teknologi reproduksi secara kawin silang. menghasilkan daging lebih banyak dalam waktu yang cepat. Sedangkan tumbuhan dan hewan yang tak bersifat unggul akan tersisih bahkan jika dibiarkan tumbuhan dan hewan yang bersifat tak unggul akan punah. keanekaragaman tumbuhan dan hewan akan berkurang. politisi dan masyarakat ada yang mendukung dan tak mndukung pengklonan manusia. Sifat baik dan unggul pada tanaman antara lain. b. Kemajuan teknologi kloning disambut bai oleh manusia. Sedangkan pada hewan antara lain. maka muncul perdebatan diantara llmuwan. politisi dan masyarakat. 12 . Dampak Teknologi Reproduksi Teknologi reproduksi yang dikembangkan bertujuan untuk memperoleh individu baru yang mempunyai sifat lebih baik. cepat menghasilkan buah dengan jumlah yang banyak dan enak rasanya.

Alhamdulillah.Assalmu’alaikum Wr. makalah Bioteknologi pun terselesaikan dengan baik. Wb Setelah saya mengumpulkan beberapa data dan informasi yang saya dapatkan. Adapun kesalahan kata atau kata-kata yang kurang enak dihati mohon dimaafkan. semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua. Sekian dari saya. Wassalamualaikum Wr. KRITIK dan SARAN : 13 . Saya bersyukur makalah ini dapat selesai dan dapat dikumpulkan pada waktu yang tepat. Wb.

google. Bandung : Yrama Widya INTERNET : • www. 2008. 2008.yahoo. Nunung. Mari Belajar IPA untuk SMP/MTS kelas 9.BUKU : • Sudibyo. Pelajaran IPA-BIOLOGI Bilingual untuk SMP/MTS kelas 9. Adi Perkasa.com 14 . Buku BSE. • Nurhayati. Elok dkk.com • www. Sidoarjo : CV.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful