Aplikasi teknik shading dan highlight.

Sesudah membuat garis dengan pensil, maka penyempurnaannya menggunakan eye shadow. Caranya adalah dengan menambah shadow pada bagian wajah yang akan dicekungkan dan memberi highlight pada bagian yang akan ditonjolkan. Dalam gambar 176 diperlihatkan garis kerut pada kening, wajah, dan leher pemain. Garis kerut ini menunjukkan ketuaan. Untuk memberi penekanan pada bagian mata yang mencekung maka shadow ditambahkan (Gb.177). Dengan mengolah shadow dan hightlight maka akan diperoleh gambaran ketuaan wajah seperti yang dikehendaki (Gb.178).

.

Rambut merupakan unsur penting yang dapat dijadikan tanda untuk usia seseorang. Hal ini sebenarnya bersifat relatif. Wool relatif sulit didapatkan di Indonesia.Memutihkan rambut. baik dari wool atau bahan sintetis. Rambut tiruan yang ideal adalah yang terbuat dari wool. Perubahan warna rambut pada usia 30-an belum tampak secara menyeluruh. Rambut yang normal akan mengalami perubahan warna pada usia 30-an tahun. Pemutihan warna rambut dapat menggunakan body painting atau rambut yang sesungguhnya. Setiap manusia mengalami perubahan warna rambut yang berbeda. . pemutihan warna rambut untuk mengubah usia menjadi cara yang efektif. Walaupun begitu. Pada usia 50-an tahun ke atas perubahan rambut baru merata.

Sebelum memutuskan untuk memutihkan rambut dengan rambut palsu. Pengaplikasian dilakukan dengan penambahan pada bagian tertentu. membutuhkan kecermatan dan waktu. Mengubah ras bisa dilakukan dengan menyamarkan wajah asli dengan mengaplikasikan karakteristik lain. Mengubah Ras. Kemudian disisir agar body painting merata. Memutihkan rambut dengan rambut palsu. Dalam satu ras pun sering memiliki karakteristik yang berbeda.Teknik: Memutihkan rambut dengan body painting relatif sederhana dan mudah. idealnya dilihat bentuk pertumbuhan rambut terlebih dahulu untuk memutuskan pengaplikasian. Kemudian penambahan dilakukan dengan membagi rambut pada bagian tertentu. Pemain yang berasal dari rumpun Melayu . Terutama pada bagian depan. Pementasan teater sering terdapat tokoh yang berbeda jenis ras. Alat yang digunakan adalah sikat dan sisir. Penggunaan rambut pasangan ini akan menghasilkan rambut putih yang lebih natural. Orang-orang Asia yang digolongkan sebagai oriental memiliki karakter yang berbedabeda pula. Body painting warna putih dioleskan dengan rambut dengan sikat secara merata.

Proses pengubahan dilakukan dengan mengaplikasikan karakteristik anatomi yang penting. Gb. seperti mata. .181). alis. dan kumis. memperlihatkan hasil akhir pengubahan ras dengan beberapa perubahan pada kepala alis.180).182.diubah menjadi tokoh berbangsa Cina (Gb. tarikan mata. dan kumis (Gb.

.

.

h. 275 – 309.Sumber : Santosa. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Seni Teater Jilid 2 untuk SMK. Eko dkk. . 2008.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful