Peran Dan Fungsi Kepala Ruang Dalam Mpkp

PERAN DAN FUNGSI KEPALA RUANG DALAM MPKP

A. Pendahuluan Keperawatan adalah salah satu bentuk pelayanan profesional yang dilakukan oleh seorang perawat untuk menyelesaikan masalah kesehatan klien dengan melaksanakan asuhan keperawatan. Menurut University of South Alabama Medical Center dalam Swansburg and Swansburg (1999), menyebutkan bahwa asuhan keperawatan adalah tindakan yang diterima oleh klien yang dilakukan oleh perawat untuk membantu klien/keluarga untuk meningkatkan derajat kesehatannya. Asuhan keperawatan yang professional haruslah diorganisir dengan pendekatan professional pula. Pengelolaan asuhan keperawatan yang selanjutnya disebut sebagai metode penugasan mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Metode penugasan yang memungkikan dilaksanakan asuhan keperawatan secara professional adalah: Metode tim dan metode primary nurse seperti yang dilkaksanakan pada MPKP (model praktek keperawatan professional) di ruang rawat RSCM. Pada makalah ini akan dibahas pelaksanaan 2 metode penugasan tersebut berdasarkan peran dari masing-masing komponen dalam organisasi tersebut. B. Pembahasan Metode Tim Peran Kepakla Ruang dalam tahap: 1. Pengkajian : Mengidentifikasi masalah terkait fungsi manajamen 2. Perencanaan : Fungsi perencanaan dan fungsi ketenagaan ‡ Menunjuk ka Tim ‡ Mengikuti serah terima klien ‡ Mengidentifikasi tingkat ketergantungan ‡ Mengidentifikasi jumlah perawat yang dibutuhkan berdasarkan aktifitas dan kebutuhan klien ‡ Merencanakan strategi pelaksanaan keeperawatan ‡ Merencanakan lgistik ruangan/failitas ruangan ‡ Melakukan pendokumentasian 3. Implementasi : Fungsi pengorganisasian ‡ Merumuskan system penugasan ‡ Menjelaskan rincian tugas ketua Tim ‡ Menjelaskan rentang kendali di ruang rawat ‡ Mengatur dan mengendalikan tenaga keperawatan diruang rawat ‡ Mengatur dan mengendalikan logistik ruangan/fsilitas ruangan ‡ Mengatur dan mengendalikan situasi lahan praktik ‡ Mendelegasikan tugas kepada ketua Tim Fungsi pengarahan: ‡ Mmebrikan pengarahan kepada ketua Tim ‡ Memberikan motivasi dalam meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap anggota Tim ‡ Memberi pujian kepada anggota Tim yang melaksanakan tugas dengan baik ‡ Membimbing bawahan ‡ Meningkatkan kolaborasi dengan anggota tim ‡ Melakukan supervisi ‡ Memberikan informasi tentang hal-hal yang berhubungan dengan yankep diruangan ‡ Melakukan pelaporan dan pendokumentasian 4. Evaluasi

Pengkajian : mengkaji kesiapan klien dan diri sendiri untuk melaksanakan suhan keperawatan. Evaluasi: Fungsi pengendalian: ‡ Mengevaluasi asuhan keperawatan ‡ Memberikan umpan balik pada pelaksana ‡ Memperhatikan aspek legal dan etik ‡ Melakukan pelaporan dan pendokumantasian Peran pelaksana dalam tahap 1. Perencanaan : Fungsi perencanaan dan ketenagaan: ‡ Bersama Karu melaksanakan serah terima tugas ‡ Bersama karu melaksanakan pembagian tugas ‡ Menyusun rencana asuhan keperawatan ‡ Menyiapkan keperluan untuk melaksanakan asuhan keperawatan ‡ Melakukan ronde keperawatan bersama kepala ruangan ‡ Mengorientasikan klien baru pada lingkungan ‡ Melakukan pelaporan dan pendokumantasian 3.Fungsi pengendalian: ‡ Mengevaluasi kinerja katim ‡ Memberikan umpan balik pada kinserja katim ‡ Mengatasi masalah di ruang rawat dan menetapkan tidak lanjut ‡ Memperhatikan aspek legal dan etik keperawatan ‡ Melakukan pelaporan dan pendokumentasian Peran Ketua Tim dalam tahap 1 Pengkajian : mengumpukan data kesehatan klien 2. Perencanaan: Fungsi perebncanaan dan ketenagaan: ‡ Bersama Karu mengadakan serah terima tugas ‡ Menerima pembagian tugas dari katim ‡ Bersama katim menyiapkan keperluan untuk melaksanakan asuhan keperawatan . Implementasi Fungsi pengorganisasian: ‡ Menjelaskan tujuan pengorganisasian tim keperawatan ‡ Membagi pekerjaan sesuai tingkat ketergantungan pasien ‡ Membuat rincian tugas anggota tim dalam keperawatan ‡ Mampu mengkoordinir pekerjaan yang harus dilakukan bersama tim kesehatan lain ‡ Mengatur waktu istirahat anggota tim ‡ Mendelegasikan proses asuhan keperawatan pada anggota tim ‡ Melakukan pelaporan dan pendokumentasian Fungsi pengarahan: ‡ Memberikan pengarahan kepada anggota tim ‡ Memberikan bimbingan pada anggota tim ‡ Memberikan infromasi yang berhubungan dengan askep ‡ Mengawasi proses pemberian askep ‡ Melibat anggota tim sampai awal dan akhir kegiatan ‡ Memberikan pujian/motivasi kepada anggota tim ‡ Melakukan pelaporan dan pendokumentasian 4. 1.

Peran Kepala Ruang Sebagai konsultan dan pengendalian mutu perawatan primeri Orientasi dan merencanakan karyawan barui Menyusun jadual dinasi Memberi penugasan pada perawat asisten/asosiat (PA)i Evaluasi kerjai Merencanakan /menyelenggarakan pengembangan stafi Peran Perawat Primer Menerima pasieni Mengkaji kebutuhan pasien untuk asuhani Membuat tujuani Membuat rencana keperawatani Melakukan konferens untuk menjelaskan rencana asuhan kepada PA yang menjadi anggota timnya.i Memantau PA dalam melaksanakan rencana asuhan keperawatan.i Melaksanakan rencana yang telah dibuat selama dinas bersama PA yang menjadi anggota timnya.i Melakukan kolaborasi dengan t9im kesehatan lainnya.i Mengkoordinasi pelayanan yang diberikan oleh disiplin lain maupun perawat laini Mengevaluasi keberhasilan yang dicapaii Menerima dan menyesuaikan rencanai Menyiapkan penyuluhan untuk pulangi Melakukan pendokumentasian (catatan perkembangan. mencatat tindakan keperawatan yang dilaksanakan Fungsi pengarahan: ‡ Menerima pengarahan dan bimbingan dari katim ‡ Menerima informasi yang berkaitan dengan askep dan melaksanakan askep dengan etik dan legal ‡ Memehami pemahaman yang telah dicapai ‡ Menunjang pelaporan dan pendokumentasian 3. Perawat primer dan perawat asosiat dalam MPKP (metode primary team) yang dilaksanakan di ruangan. Peran Karu. Evaluasi Fungsi pengendalian: ‡ Menyiapkan menunjukkan bahan yang diperlukan untuk proses evaluasi serta ikut mengevaluasi kondisi pasien. Implementasi Fungsi pengorganisasian: ‡ Menerima penjelasan tujuan pengorganisasian tim ‡ Menerima pembagian tugas ‡ Melaksanakan tugas yang diberikan oleh katim ‡ Melaksanakan program kolaborasi dengan tim kesehatan lain ‡ Menyesuiakn waktu istirahat dengan anggota tim lainnya ‡ Melaksanakan asuhan keperawatan ‡ Menunjang pelaporan. catatan tindakan keperawatan)i Peran Perawat Asosiat .‡ Mengikuti ronde keperawatan ‡ Menerima klien baru 2.

3. . Nursing managament a system approach. (2000). (2000). W. Dalam pengorganisasiannya agar tujuan pelayanan keperawatan dapat tercapai dibutuhkan uraian tugas. (1989). Penutup Pelayanan keperawatan professional adalah pemberian asuhan keperawatan dengan pendekatan proses keperawatan. Saunders: Philadelphia 2. tidak dipublikasikan.i Melaksanakan asuhan keperawatan yang telah dibuat oleh PPi Memberi informasi/masukan yang diperlukan kepada PP tentang klien untuk keperluan asuahan keperawatan selanjutnya. sementara di Indonesia (utamanya RSCM) belum ada maka dalam MPKP digunakan metode PN dimodifikasi dengan pendekatan Tim (Primary team). Huston. Leadership roles and management functions in nursing theory & application. Metode asuhan keperawatan. 4. Marquis.i Mencatat tindakan keperawatan yang telah dilakukan dalam catatain tindakan keperawatan. Metode penugasan yang memungkinkan terlaksananya asuhan keperawatan secara professional diantaranya adalah metode Tim dan metode Perawat Primer. Pengembangan model praktik keperawatan professional (MPKP) sebagai suatu upaya meningkatkan mutu asuhan keperawatan di rumah sakit. 3rd edition. Ratna Sitorus (makalah). tanggung jawab dan peran yang jelas dari masing-masing klasifikasi tenaga perawat yang ada yaitu sebagai kepala ruang.Mengikuti konferens untuk menerima penjelasan tentang asuhan yang direncanakan oleh PP. makalah dipresentasikan dalam lokakarya manajemen bidang keperawatan tgl. 2nd edition.B. Lippincott Williams & Wilkins:Philadelphia. Pusat Pengembangan Keperawatan Carolus. 1 mei ± 11 mei. perawat primer dan perawat asosiat (MPKP). Gillies. dan pelaksana (metode Tim) dan Kepala ruang. Jakarta. 2000. Mengingat metode perawatan primer diperlukan perawat yang mempunyai kompetensi yang tinggi (tingkat spesialis) dan jumlah yang cukup. ketua tim. Referensi: 1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful