free glitter text and family website at FamilyLobby.

com

A TUJUAN PENULISAN

1. Tujuan Umum

Adapun tujuan dari penulisan makalah ini untuk mengetahui asuhan kebidanan pada neonatus dengan BBLR.

2. Tujuan Khusus

a. Mengetahui pengertian BBLR

b. Mengetahui etiologi/penyebab bayi BBLR

c. Mengetahui patofisiologi bayi BBLR

d. Dapat melakukan pengkajian dan pengumpulan data pada bayi BBLR

e. Dapat mengidentifikasi dan merumuskan diagnosa keperawatan bayi dengan BBLR berdasarkan prioritas masalah

f. Dapat menentukan intervensi, melakukan tindakan dan evaluasi pada bayi dengan BBLR

g. Mengetahui kesenjangan antara konsep dasar teori dengan penerapan nyata di lapangan.

B BATASAN MASALAH

Pada makalah ini masalah kami batasi pada asuhan kebidanan pada neonatus dengan BBLR.

BAB II

TINJAUAN PUSTAKA (I)

A PENGERTIAN

BBLR adalah bayi baru lahir dengan berat badan kurang dari 2500 gram, terjadi gangguan pertumbuhan dan pematangan (maturitas) organ yang dapat menimbulkan kematian.

B ETIOLOGI

1. Berkaitan dengan bayi baru lahir kurang bulan

a. Toxemia Gravidarum.

b. Penyakit sistemik akut pada ibu (pneumonia, pyelonefritis, typus, appendiksitis akut).

c. Kehamilan kembar

d. Tidak diketahui penyebabnya (50 %)

2. Berkaitan dengan bayi KMK (Kecil Masa Kehamilan), ibu dengan:

Bayi Kecil Masa Kehamilan (KMK) a. Bayi kurang bulan murni (Prematur) a. Berat badan tidak sesuai masa gestasi . Diabetes Melitus b.a. Malnutrisi f. Obat-obatan C PEMBAGIAN BBLR 1. Hipertensi c. Berat bdan sesuai dengan berat badan masa gestasi c. Infeksi e. Lahir masa gestasi kurang dari 37 minggu b. Imaturitas sistem organ 2. Pre Eklamsia d.

D PENYAKITPENYERTA PADA BBLR 1. Asfiksia. Perdarahan Intra Ventrikuler c. BB badan . hipotermi. infeksi E MANIFESTASI KLINIK Bayi kurang bulan murni (Prematur) 1. Hipoglikemi d. Hiperbilirubinemia d. Aspirasi mekonium diikuti dengan Pneumotorak b. Bayi Kecil Masa Kehamilan (KMK) a. Hb meningkat akibat hipoksia kronis c. Bayi kurang bulan murni (Prematur) a. Aspirasi pneumonia b. perdarahan paru masif. Gangguan pernafasan idiopatik 2.

putting susu belum terbentuk dengan baik. batuk. transparan. lanugo banyak. Genetalia imatur. menelan. Reflek moro (+). elastisitas daun telinga kurang 4. Kulit tipis. rambut tipis halus teranyam. aktifitas bertambah 7. reflek menghisap. Tidak tampak bayi menderita infeksi/perdarahan intrakranial 8. Tangis lemah. belum sempurna. Pembuluh darah kulit diperut terlihat banyak 10. Nafas belum teratur 9. 6. Jaringan mamae belum sempurna. tonus otot leher lemah.2. Bila lapar menangis. 5. ubun-ubun dan sutura lebar 3. BAB II TINJAUAN PUSTAKA (II) A DEFINISI . gelisah.

Faktor Ibu 1) Riwayat kelahiran prematur sebelumnya 2) Gizi saat hamil kurang .Bayi berat lahir rendah ialah bayi baru lahir yang berat badannya saat lahir kurang dari 2500 gram ( WHO. Berat badan pada kehamilan khusus apapun sangat berfariasi dan harus digambarkan pada grafik presentil. Bayi berat lahir eksterem. Faktor Faktor yang Mempengaruhi Terjadinya Persalinan Prematur atau BBLR adalah a. Bayi yang berat badannya kurang dari 2500 gr pada saat lahir dinamakan berat badan lahir rendah Berkaitan dengan penanganan dan harapan hidupnya bayi berat badan lahir rendah dibedak an: 1. Bayi yang berat badannya diatas presentil 90 dinamakan besar untuk umur kehamilan dan yang di bawa presentil 10 dinamakan ringan untuk umur keham ilan. PREMATUR MURNI Prematur murni adalah neonatus dengan usia kehamilan kurang dari 37 minggu dan mempunyai berat badan yang sesuai dengan masa kehamillan atau disebut juga neonatus preterm / BBLR /SMK. Bayi berat lahir rendah. berat lahir 1500 2500 gram 2. Berat lahir kurang dari 1000 gram B ETIOLOGI Bayi berat lahir rendah mungkin prematur ( kurang bulan ) mungkin juga cukup bulan (dismatur). berat lahir kurang dari 1500 gram 3. 1961 ). 1. Bayi berat lahir sangat rendah. Berdasarkan itu bahwa 10 % semua bayi ringan untuk umur kehamilan.

eklamsi. Faktor yang masih belum diketahui. komplikasi hamil seperti pre eklamsia. Faktor kehamilan Hamil dengan hidramnion. Hidramnion 7) Faktor pekerja terlalu berat 8) Primigravida 9) Ibu muda ( b. Faktor Janin Cacat bawaan. kelainan uterus. ketuban pecah dini c. merokok e. gangguan pembuluh darah (perokok) 6) Perdarahan antepartum. jantung.. hatnil ganda. Faktor Kebiasaan : Pekerjaan yang melelahkan.3) Umur kurang dari 20 tahun atau diatas 35 tahun 4) Jarak hamil dan bersalin terlalu dekat 5) Penyakit menahun ibu : hipertensi. anomali kongenital d. infeksi dalam rahim dan kehamilan ganda. Karakteristik yang dapat ditemukan pada prematur murni adalah . perdarahan antepartum.

panjang badan kurang dari 45 cm.1) Berat badan kurang dari 2500 gram. Oleh karena itu tindakan . lingkar kepala kurang dari 33 cm lingkar dada kurang dari 30 cm 2) Gerakan kurang aktif otot masih hipotonis 3) Umur kehamilan kurang dari 37 minggu 4) Kepala lebih besar dari badan rambut tipis dan halus 5) Tulang-tulang tengkorak lunak. Bayi prematur mudah sekali mengalami infeksi karena daya tahan tubuh masih lemah. kemampuan leukosit masih kurang dan pembentukan antibodi belum sempurna. fontanela besar dan sutura besar 6) Telinga sedikit tulang rawannya dan berbentuk sederhana 7) Jaringan payudara tidak ada dan puting susu kecil 8) Pernapasan belum teratur dan sering mengalami serangan apneu 9) Kulit tipis dan transparan. lanugo (bulu halus) banyak terutama pada dahi dan pelipis dahi dan lengan 10) Lemak subkutan kurang 11) Genetalia belum sempurna. pada wanita labia minora belum tertutup oleh labia mayora 12) Reflek menghisap dan menelan serta reflek batuk masih lemah.

DISMATUR Dismatur (IUGR) adalah bayi lahir dengan berat badan kurang dari berat badan seharusnya untuk masa kehamilan dikarenakan mengalami gangguan pertumbuhan dalam kandungan. Bayi tampak Wasted dengan tanda-tanda sedikitnya jaringan lemak di bawah kulit. infak plasenta.prefentif sudah dilakukan sejak antenatal sehingga tidak terjadi persalinan dengan prematuritas (BBLR). pendrita penyakit diabetes militus yang berat. Proportionate IUGR Janin yang menderita distress yang lama dimana gangguan pertumbuhan terjadi berminggu-minggu sampai berbulan-bulan sebelum bayi lahir sehingga berat. Faktor ibu : Hipertensi dan penyakit ginjal kronik. kulit kering keriput dan mudah diangkat bayi kelihatan kurus dan lebih panjang. hemoglobinopati. akan tetapi keseluruhannya masih dibawah masa gestasi yang sebenarnya. b. sebagian plasenta lepas . peminum alkohol b. uterus bicornis. 2. Menurut Renfield (1975) IUGR dibedakan menjadi dua. perokok. tranfusi dari kembar yang satu kekembar yang lain. Pada keadaan ini panjang dan lingkar kepala normal akan tetapi berat tidak sesuai dengan masa gestasi. Faktor utery dan plasenta : Kelainan pembuluh darah. penyakit paru kronik) gizi buruk. lingkaran kepala dalam proporsi yang seimbang. toksemia. (tinggal didaerah pegunungan. Drug abbuse. (hemangioma) insersi tali pusat yang tidak normal. hipoksia ibu. panjang dada. Bayi ini tidak menunjukkan adanya Wasted oleh karena retardasi pada janin terjadi sebelum terbentuknya adipose tissue. Disporpotionate IUGR Trejadi karena distress subakut gangguan terjadi beberapa minggu sampai beberapa hari sampai janin lahir. Faktor Faktor yang mempengaruhi BBLR pada Dismatur a. yaitu : a.

ASI merupakan makanan yasng paling utama sehingga ASI-lah yang paling dahulu diberikan.c. pemberian makanan bayi. herpez. hipoglikemi dan menghindari infeksi 1. reflek masih lemah sehingga pemberian minum sebaiknya sedikit demi sedikit dengan frekwensi yang lebih sering. Permulaan cairan yang diberikan 50 60 cc/kgBB/hari terus dinaikan sampai mencapai sekitar 200 cc/kgBB/hari. Ikterus . Pemberian minum bayi sekitar 3 jam setelah lahir dan didahului derngan menghisap cairan lambung . Faktor janin : Gemelli. Bayi prematur dengan cepat akan kehilangan panas badan dan menjadi hipotermi karena pusat pengaturan panas belum berfungsi dengan baik. 3. kelainan kromosom. lambung kecil enzim peneernaan belum matang. sedangkan kebutuhan protein 3-5 gr/kg BB dan kalori 110 kal. apabila tidak ada inkubator bayi dapat dibungkus dengan kain dan disampingnya ditaruh botol berisi air panas sehingga panas badannya dapat dipertahankan. Ikterus. (toxoplasmosis. infeksi dalam kandungan. cacat bawaan. pernapasan. rubella. bila faktor menghisapnya kurang maka ASI dapat diperas dan dibe rikan dengan sendok perlahan-lahan atau dengan memasang sonde. metabolisme rendah dan permukaan badan relatif luas. Pengaturan suhu badan bayi prematuritas /BBLR./kgBB sehingga pertumbuhan dapat meningkat. sifillis) d. tidak diketahui C PENATALAKSANAN Dengan memperhatikan gambaran klinik dan berbagai kemungkinanan yang dapat terjadi pada bayi prematuritas maka perawatan dan pengawasan ditujukan pada pengaturan suhu. Makanan bayi prematur. sitomegalo virus. Alat pencernaan bayi belum sempurna. 2. Oleh karena itu bayi prematuritas harus dirawat dalam inkubator sehingga panas badannya mendekati dalam rahim . Penyebab lain iKeadaan sosial ekonomi yang rendah.

makin tinggi angka kematian). resusitasi. 5. . dada abdomen harus dipaparkan untuk mengobserfasi usalia pernapasan. kemampuan leukosit masih kurang dan pembentukan antibodi belum sempurna . mencegah infeksi. Menghindari Infeksi Bayi prematuritas mudah sekali mengalami infeksi karena daya tahan tubuh masih lemah. Bayi haras dirawat terlentang atau tengkurap dalam incubator. bila ikterus muncul dini atau lebih cepat bertambah coklat. 4. Ikterus dapat diperberat oleh polisetemia. asfiksia hiperbilirubinemia. perdarahan intrafentrikuler . hipoglikemia dan lain lain). Prognosis ini juga tergantung dari keadaan sosial ekonomi. Pernapasan Bayi prematur mungkin menderita penyakit membran hialin. Oleh karena itu tindakan prefentif sudah dilakukan sejak antenatal sehingga tidak terjadi persalinan dengan prematuritas (BBLR) D PROGNOSA Prognosis bayi berat lahir rendah ini tergantung dari berat ringannya masalah perinatal misalnya masa gestasi ( makin muda masa gestasi / makin rendah berat bayi. gangguan metabolik (asidosis. infeksi. Pada penyakit ini tanda-tanda gawat pernafasan selalu ada dalam 4 jam. nutrisi. memar hemolisias dan infeksi karena hperbilirubinemia dapat menyebabkan kernikterus maka wama bayi harus sering dicatat dan bilirubin diperiksa. displasia bronkopulmonal. Hipoglikemi Mungkin paling timbul pada bayi prematur yang sakit bayi berberat badan lahir rendah. 6.Semua bayi prematur menjadi ikterus karena sistem enzim hatinya belum matur dan bilirubin tak berkonjugasi tidak dikonjugasikan secara efisien sampai 4-5 hari berlalu . hipoglikemi. retrolental fibroplasia. pendidikan orang tua dan perawatan pada saat kehamilan persalinan dan post natal (pengaturan suhu lingkungan. asfiksia/iskemia otak . harus diantisipasi sebelum gejala timbul dengan pemeriksaan gula darah secara teratur. sindroma gangguan pernapasan . hiperbilirubinemia). mengatasi gangguan pernapasan.

Cerebral palsy dan sebagainya E ASUHAN KEPERAWATAN PADA NEONATUS DENGAN BBLR 1. 1997: 6). Pengkajian a.Pengamatan Lebih Lanjut Bila bayi berat lahir rendah dapat mengatasi problematik yang dideritanya perlu diamati selanjutnya oleh karena kemungkinan bayi ini akan mengalami gangguan pendengaran. (Talbott Laura A. agama. dan alamat). umur. 1993:28). fungsi motor susunan saraf pusat dan penyakit penyakit seperti Hidrosefalus. 2) Riwayat kesehatan Riwayat antenatal yang perlu dikaji atau diketahui dari riwayat antenatal pada kasus BBLR yaitu: . k ognitif. penglihatan. pendidikan. penghasilan pekerjaan. Data subyektif terdiri dari 1) Biodata atau identitas pasien : Bayi meliputi nama tempat tanggal lahir jenis kelamin Orangtua meliputi : nama (ayah dan ibu. suku atau kebangsaan. Data Subyektif Data subyektif adalah persepsi dan sensasi klien tentang masalah kesehatan (Alien Carol V.

A. Riwayat Natal komplikasi persalinan juga mempunyai kaitan yang sangat erat dengan permasalahan pada bayi baru lahir. merokok ketergantungan obatobatan atau dengan penyakit seperti diabetes mellitus. · Berat badan lahir : Preterm/BBLR 2500 gram lingkar kepala kurang atau lebih dari normal (34-36 cm). karena pemakaian obat penenang (narkose)yang dapat menekan sistem pusat pernafasan.· Keadaan ibu selama hamil dengan anemia. . hipertensi.S (4-6) asfiksia sedang. Yang perlu dikaji: Kala I : Perdarahan antepartum baik solusio plasenta maupun plasenta previa. Riwayat Post Natal Yang perlu dikaji antara lain: · Apgar score bayi baru lahir 1 menit pertama dan 5 menit kedua A. A.S (0-3) asfiksia berat. · Kehamilan dengan resiko persalinan preterm misalnya kelahiran multiple. riwayat persalinan preterm.S (7-10) asfiksia ringan. · Hari pertama haid terakhir tidak sesuai dengan usia kehamilan (kehamilan postdate atau preterm). kardioyaskuler dan paru. gizi buruk. · Pemeriksaan kehamilan yang tidak kontinyuitas atau periksa tetapi tidak teratur dan periksa kehamilan tidak pada petugas kesehatan. Kala II : Persalinan dengan tindakan bedah caesar. kelainan kongenital.

kelemahan menghisap sehingga perlu diberikan cairan parentral atau personde sesuai dengan kondisi bayi untuk mencukupi kebutuhan elektrolit. Pola Nutrisi Yang perlu dikaji pada bayi dengan BBLR gangguan absorbsi gastrointentinal. anetrecial aesofagal.= 12 kali per 24 jam Ø BB > 2000 gram = 8 kali per 24 jam · Kebutuhan minum pada neonatus : Ø Hari ke 1 = 50-60 cc/kg BB/hari Ø Hari ke 2 = 90 cc/kg BB/hari .· Adanya kelainan kongenital: Anencephal. hidrocephalus. muntah aspirasi. kalori dan juga untuk mengoreksi dehidrasi. cairan. · Kebutuhan parenteral Ø Bayi BBLR D5 % Ø Bayi BBLR > 1500 gram menggunakan D10 % · Kebutuhan nutrisi enteral Ø BB = 24 kali per 24 jam Ø BB 1250. asidosis metabolik. hipoglikemi disamping untuk pemberian obat intravena.

Ø Hari ke 3 = 120 cc/kg BB/hari Ø Hari ke 4 = 150 cc/kg BB/hari Dan untuk tiap harinya sampai mencapai 180 200 cc/kg BB/hari (Iskandar Wahidiyat. jumlah. misalnya infeksi vagina pada ibu hamil. Bayi berat lahir rendah bisa disebabkan karena adanya infeksi penyakit atau masalah kesehatan semasa kehamilan. adanya masalah kesehatan gigi pada wanita hamil yang bisa menimbulkan infeksi. alcohol. dan obat-obatan saat masih dalam kandungan. kecemasan. dan rasa tidak bahagia. konsistensi. rokok. Selain itu. jumlah informasitips. · BAK : frekwensi. 1991:l) Pola Eliminasi Yang perlu dikaji pada neonatus adalah : · BAB : frekwensi. dan berat badan ibu saat hamil (kelebihan atau kekurangan berat badan). Kondisi kejiwaan ibu saat hamil juga amat berpengaruh pada kesehatan janin. misalnya adanya tekanan (stress). kegelisahan.com Bayi berat lahir rendah adalah bayi yang memiliki berat badan kurang dari 2.5 kg ketika lahir. Bayi dengan kondisi seperti ini biasanya memiliki berbagai resiko komplikasi kesehatan dan kemungkinan untuk bertahan hidup lebih kecil. resiko melahirkan bayi berat lahir rendah akan meningkat akibat adanya faktor lingkungan seperti banyak terpapar karbon monoksida. Kasus bayi berat lahir rendah bisa . usia kehamilan yang kurang pas (kurang dari 18 tahun dan lebih dari 44 tahun).

Bayangkan begitu banyaknya zat kimia yang masuk ke dalam tubuh bayi yang dikandung. serta tetap rutin menjaga dan memantau kondisi kesehatan semasa kehamilan. obat-obatan. Untuk ibu yang pernah melahirkan bayi premature. Menurunkan resiko kelahiran prematur berarti juga menurunkan kasus kelahiran bayi berat lahir rendah. Bayi masih memiliki kemungkinan untuk lahir dengan kondisi cukup sehat jika si ibu berhenti merokok pada trimester kedua. Ibu hamil hendaknya memerhatikan asupan nutrisi untuk ibu dan janin. (ST) . banyak bayi yang terlahir dalam kondisi yang kurang sehat seperti pada kasus bayi berat lahir rendah. pertumbuhan tubuh kerdil. Dalam satu batang rokok misalnya terkandung lebih dari 2500 zat kimia yang bisa meracuni bayi. upaya untuk memberikan kesadaran kepada ibu-ibu hamil dalam menjaga kesehatan janin dan kehamilannya merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kemungkinan terjadinya kasus bayi lahir dengan berat badan rendah. atau bisa juga dengan menggunakan obat-obatan untuk menyelamatkan paru-paru bayi agar bisa bernafas lebih baik. diabetes. alcohol. berbagai masalah perilaku.juga terjadi pada kasus kelahiran bayi kembar (kasus kehamilan dengan jumlah janin lebih dari satu) dan kasus bayi lahir premature (tidak cukup bulan. Sungguh amat disayangkan jika akibat kurangnya kesadaran ibu-ibu dalam menjaga kesehatannya semasa hamil. kerusakan saraf. ibu yang merokok saat hamil biasanya memiliki kemungkinan dua kali lipat untuk melahirkan bayi dengan berat lahir rendah. dan bahagia. Misalnya dengan bantuan ventilator untuk mengeluarkan karbondioksida dari paru-paru. maka akan memiliki resiko lebih besar untuk melahirkan bayi berat lahir rendah pada kehamilan berikutnya. jangan sampai kekurangan gizi. Karena berbagai komplikasi yang mungkin timbul tersebut. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menghindari rokok. dan resiko kematian. Bahkan menurut hasil riset lain juga disebutkan bahwa wanita hamil yang banyak mengkonsumsi buah dan sayuran berwarna merah atau oranye yang mengandung beta karoten akan lebih rendah kemungkinannya menghadapi kelahiran prematur. Bayi adalah manusia-manusia yang lahir sebagai generasi penerus kehidupan. Untuk masalah merokok selama hamil. yaitu kurang dari 37 minggu). maka bayi yang lahir dengan berat badan rendah akan mengalami kesulitan untuk bernafas sehingga memerlukan bantuan pernafasan untuk bisa bertahan hidup. mengatur dan mengolah kondisi emosi kejiwaan agar lebih tenang. Untuk itu. Penelitian terbaru menyebutkan bahwa konsumsi vitamin C sebesar 100 mg per hari dapat menurunkan resiko kelahiran prematur sebesar 74 %. Berbagai masalah komplikasi kesehatan yang mungkin terjadi pada kasus bayi berat lahir rendah diantaranya adalah adanya gangguan pada hati. Resiko kelahiran prematur dapat diturunkan apabila ibu hamil banyak mengkonsumsi buah dan sayuran semasa kehamilan.

com Setiap pasangan suami-istri tentu mendambakan bayi mereka lahir normal. Karena itu. Hal itu diakibatkan faktor paru yang belum matang. infeksi. ada kalanya keinginan tersebut tidak terwujud.500-4. dan kedua. Namun. edukasi kepada masyarakat awam dalam rangka. Kenyataan ini sebetulnya jangan menjadikan orang tua patah semangat. Hari Anak Nasional dan Ulang Tahun Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). yaitu asfiksia atau gagal untuk bernapas secara spontan dan teratur saat atau beberapa menit setelah lahir.000 gram. Pada saat persalinan. faktor plasenta. perhatian dan pelayanan atau perawatan BBLR dimulai sejak lahir dan sebaiknya persalinannya ditolong oleh tenaga kesehatan dan dilakukan di puskesmas. gangguan pertumbuhan dalam kandungan (janin tumbuh lambat).501-2.5 167 C). BBLR bila berat lahir antara 1.500 gram. Tulisan ini dimaksudkan untuk memberi informasi. lahir langsung menangis. Risiko lainnya adalah hiportemia (suhu tubuh 6.com/bayi-berat-lahir-rendah#ixzz1967zau3D http://informasitips. BBLR mempunyai risiko kurang menyenangka. kelainan rahim ibu. yaitu berat lahir antara 2.500 gram. cukup bulan. BBLR adalah bayi yang lahir dengan berat kurang dari 2. dan tidak ada kelainan kongenital (cacat bawaan) yang berat. karena kemajuan teknologi kedokteran dan didukung kemauan keras orang tua yang memiliki BBLR. tanpa memandang usia kehamilan.Read more: http://informasitips.499 gram Penyebab BBLR sangatlah multifaktorial. BBL sangat rendah bila kahir berat lahir kurang dari 1. dan lainnya. antara lain asupan gizi ibu sangat kurang pada masa kehamilan. rumah sakit. BBLR dibedakan menjadi dua bagian: pertama. maka bayi itu dapat bertahan hidup. trauma. misalnya bayi lahir kurang bulan atau bayi berat lahir rendah (BBLR). atau rumah sakit bersalin) Perawatan BBLR .

Karena itu. dan pencegahan infeksi. Kekurangan minum pada BBLR akan mengakibatkan ikterus (bayi kuning) BBLR sangat rentan terhadap terjadinya infeksi sesudah lahir. lemak. dan pemberian imunisasi sesuai dengan jadwal. Bayi dengan BBLR juga sangat rentan terjadinya hiportemia. Biasanya BBLR dapat mengejar ketinggalannya paling lambat dalam enam bulan pertama. segera membersihkan bayi bila kencing atau buang air besar. BBLR harus mendapat asupan nutrien berupa minuman mengandung karbohidrat.Prinsip penting dalam perawatan BBLR setelah lahir adalah mempertahankan suhu bayi agar tetap normal. Penting dipertahikan agar zat tersebut betul-betul dapat digunakan hanya untuk tumbuh. tidak dipakai untuk melawan infeksi. karena tipisnya cadangan lemak di bawah kulit dan masih belum matangnya pusat pengatur panas di otak. Untuk itu. tangan harus dicuci bersih sebelum dan sesudah memegang bayi. yaitu bayi selalu didekap ibu atau orang lain dengan kontak langsung kulit bayi dengan kulit ibu atau pengasuhnya dengan cara selalu menggendongnya. tidak mengizinkan menjenguk bayi bila sedang menderita sakit. . Ada suatu cara yang disebut metode kangguru atau perawatan bayi lekat. Cara lain. untuk itu diperlukan pemberian ASI peras yang disendokkan ke mulutnya atau bila sangat terpaksa dengan pipa lambung. Minuman utama dan pertama adalah air susu ibu (ASI) yang sudah tidak diragukan lagi keuntungan atau kelebihannya. Minum sangat diperlukan BBLR. ASI ibu memang paling cocok untuknya. bayi selalu diselimuti dan ditutup kepalanya. Cara paling efektif mempertahankan suhu tubuh normal adalah sering memeluk dan menggendong bayi. Disarankan bayi menyusu ASI ibunya sendiri. refleks menghisap dan menelan BBLR biasanya masih sangat lemah. pemberian minum. Untuk tumbuh. karena di dalamnya terkandung kalori dan protein tinggi serat elektrolit minimal. serta menggunakan lampu penghangat atau alat pemancar panas.id Askeb na Bayi Baru lahir adalah bayi yang mengalami proses kelahiran dan harus menyesuaikan diri dari kehidupan intra uterin ke kehidupan ekstra uterin. selain untuk pertumbuhan juga harus ada cadangan kalori untuk mengejar ketinggalan beratnya. protein. terutama infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). bayi jangan segera dimandikan sebelum berusia enam jam sesudah lahir . serta vitamin yang lebih dari bayi bukan BBLR. BBLR harus selalu dijaga kehangatan tubuhnya. terutama untuk bayi prematur.or. Sumber IDAI. Susu formula khusus BBLR bisa diberikan bila ASI tidak dapat diberikan karena berbagai sebab. Namun.

ASI pertama ini memberikan zat perlindungan terhadap infeksi dan membantu pengeluaran mekonium. kering dan bersih. h b. Tujuan Penanganan langsung pada BBL adalah mengetahui derajat vitalitas dan mengukur reaksi bayi terhadap tindakan resusitasi. Menutupi bagian kepala bayi. Lakukan pemeriksaan fisik yang lengkap. Menganjurkan kepada ibu untuk memeluk dan menyusui bayinya. 2. Pastikan bahwa setelah bayi lahir segera dikeringkan sebagai upaya untuk mencegah kehilangan panas akibat evaporasi cairan ketuban pada permukaan tubu bayi. Pada waktu bayi lahir. Kemudian selimuti bayi denagn selimut atau kain hangat. . ganti handuk atau kain basah. Segera setelah mengeringkan tubuh bayi dan memotong tali pusat. bayi belum mampu mengatur tetap suhu tubuhnya. B. Pemeriksaan Fisik Bayi. Pastikan bagian kepala diselimuti setiap saat. Selimuti bayi dengan selimut atau kain bersih dan hangat. Menyusui secara bergantian dari payudara yang satu ke sebelahnya setiap kali menyusui atau hanya satu payudara pada satu kali meyusui. lakukan hal sebagai berikut : a. Mengeringkan bayi secara seksama.Asuhan segera pada bayi baru lahir adalah asuhan yang diberikan pada bayi tersebut selama jam pertama kelahiran. sebaikya pemberian ASI dimulai dalam waktu satu jam setelah bayi lahir. c. Menjaga dan mempertahankan suhu tubuh. biasanya bayi baru minta makan 2 3 jam. Asuhan Langsung Pada Bayi Baru Lahir 1. dan membutuhkan pengaturan dari luar untuk membuatnya tetap hangat. ketika memeriksa bayi baru lahir. Derajat vitalitas bayi adalah kemampuan sejumlah fungsi tubuh yang bersifat esensial dan kompleks untuk berlangsungnya kehidupan bayi. pastikan bahwa bayi menysusu paling tidak setiap 4 jam. Gunakan tempat yang bersih dan hangat untuk pemeriksaan. Anjurkan kepada ibu untuk sesegera mungkin menyusukan bayinya setelah lahir.pastikan bahwa bayi mendapat cukup kolosterum selama 24 jam pertama. Memeluk bayi akan membuat bayi tetap hangat dan merupakan upaya pencegahan kehilangan panas yang sangat baik. Bagian kepala bayi memiliki luas permukaan yang cukup besar sehingga bayi akan dengan cepat kehilangan panas tubuh jika bagian kepalanya tidak tertutup. d. a. berikan ASI saja sampai bayi berumur 6 bulan.

b. b. Mencegah infeksi a. dimulai dari kepala dan berlanjut secara sistemik menuju jari kaki. K parenteral dengan dosis 0.Ibu perlu menjaga kebersihan diri dan terutama payudaranya dengan mandi setiap hari.Seluruh badan dan tali pusat bayi perlu dibersihkan dengan air bersih. Semua bayi baru lahir normal dan cukup bulan perlu diberi Vit. hangat dan sabun setiap hari. jangan memberikan apapun pada pusar. 3. Bayi resiko tinggi diberikan Vit.5 1 ml (IM). 4. c. . Lihat. . Jika tali pusat kotor cuci dengan air bersih dan sabun. b. . K peroral 1 mg/hari selama tiga hari. dengar dan rasakan tiao-tiap daerah. Jaga tali pusat bayi agar selalu dalam keadaan bersih dan letakkan popok dibawah tali pusat. Cuci tangan sebelum dan setelah pemeriksaan.Jaga bayi dari orang-orang yang menderita infeksi dan pastikan siapapun yang memegang bayi harus mencuci tangannya terlebih dahulu. gunakan sarung tangan dan bertindak lembut pada saat menangani bayi. Cuci tangan selalu sebelum memegang bayi. K pada bayi baru lahir lakukan hal hal berikut: a. . Untuk mencegah terjadinya perdarahan karena defisiensi vit.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful