Pengelolaan usaha

Kunci sukses suatu usaha, apapun itu baik skala besar meupun kecil adalah di pengelolaannya. Jika ingin sukses dijasa laundry dan mencapai tujuan yang diharapkan maka sudah barang tentu pengelolaan suatu usaha terus baik. Untuk mengelola usaha laundry dengan baik, maka dalam hal ini adalah anda harus tahu dan seluk beluk usaha laundry secara detail, mulai dari aspek teknis sampai manajemen. Ini penting agar anda ketika menjumpai suatu masalah minimal mengerti dan tahu bagai mana mengatasinya. Aspek taknis meliputi pengetahuan dasar laundry, pengetahuan dasar serat tekstil, dan pengetahuan dasar noda. Sedangkan aspek manajemen meliiputi manajemen SDM, manajeman produksi dan manajemen pemasaran. Agar anda paham aspek teknis dan aspek manajemen, bisa anda lakukan dengan banyak membaca literature dibuku-buku atau diinternet serta ikut kursus-kursus yang sekarang ini banyak diadaka. Khusus mengenal aspek manajemen SDM, dalam hal ini adalah tindakan menghimpun dan memberdayakan SDM (buka kurung) agar memiliki keterampilan yang dibutuhkan dalam pengelolaan usaha laundry dan mengkombinasikannya dengan penggunaan modal secara efisien. Yang pelu anda ingat, bisnis laundry adalah bisnis jasa. Oleh karena itu mas alah pemilihan SDM yang tepat sangat penting. Kerena kaitannya nanti ke service quality atau pelayanan kepada konsumen. Ingat ! Pelayanan adalah nafas kehidupan dalam usaha laundry anda. Sehingga pelayanan terhadap pelanggan terhadap pelanggan mau tidak mau, harus anda nomor satukan. Dalam merekrut SDM sebaiknya hindari factor nepotisme. Calon karyawan sebaiknya berasal dari luar kekerabatan atau persahabatan sehingga anda bisa lebih tegas terhadap mereka menyangkut target-target, disiplin dan pelayan an kepada konsumen. Lebih dari itu, kelebihan merekrut karyawan dari luar kekerabatan adalah mereka akan lebih punya tanggung jawab jika disbanding dari kerabat atau persahabatan. Karyawan yang anda rekrus cukup brpendidikan setara SD samai SMA yang penting mereka memiliki sikap jujur,ramah,tanggung jawab,teliti,,cekatan serta telaten.Lalu untuk meningkatkan pelayanan karyawan,Anda harus membuat standar oprasionalkerja (SOP) yang rician untuk setiap tahap perkerjaan, penting juga anda memiliki karyawan yang loyal.Untu itu sebaiknya anda dalam pemperlakukan karyawan,perlakukan sebagai mitra kerja agar mereka nyaman dan merasa dihargai.kemudian juga penting membina mereka meliputi kedisiplinan, target kerja,aturan-aturan kerja dll. Selain itu,untuk lebih memacu produktivitas mereka,jika berprestasi sebaik nya anda memberikan rewords sebagai penghargaan.

Dibeberapa laundry modern. Untuk bulu hewan.jangan menggunakan mesin pengering karena akan rusat serat kainya. gaji karyawan sehendaknya tidak lebih dri 10% dari total omset usaha laundry anda dalam satu bulan. Dibutuhkan 1 orang kerja ditempat penerima cucian.agar kinerja SDM anda tetap tinggi sekaligus untuk motipasi dan mengevaluasi kerja.Brefing bisa anda pimpin sendiri atau oleh supervisor anda. Lalu.wol sebaiknya menggunakan air.Lalu.sebaiknya dipisahkan dari pakaian laihyang hendak dicuci.tingkat kekerasan air menentukan beberapa banyak deterjen yang anda butuhkan untuk mendapatkan hasil cucian optimal.rayon. Sebaiknya dalam pengeringan menggunakan mesin pengering agar hasilnya lebih cepat dan optimal. Untuk diketahui.chashmere.sebaiknya disaring terlebih dahulu karena air yang kotor bisa merusak pakaian.jika suhu lebih tinggi dari itu menyebabkan kelunturan pada pakaian.Mesin laundry khusus ini kapasitasnya antara 6.5 kg hingga 40 kg atau lebih.2 orang pekerja di tempat pencucian.masing-masing pakaian.Sebaiknya setiap seminggu sekali anda perlu melakukan briefing kepada seluruh karyawan. Kemudian soal pencucian ini juga penting karena menyangkut air.memang bisa di gunakan dengan mesin pengering laundry .pakaian bernoda. Sebaiknya dalam pencucian.Tetapi juga yang harus anda ingat. Jika Anda menggunakan air tanah.Untuk mesin pengering bisa di gunakan dengan mesin pengering uap.sutra. Beberapa laundry modrn yang lebih mewah dan mahal menggunakan air minum mineral untuk mencuci pakaian pelanggan.kondisi air dirumah atau usaha laundry anda memiliki pengaruh secara hasil cucian pakaian.sutra.biasanya menggunakan mesin pengering air sebelum diunakan atau daur ulang air.pakaian bernoda biasanya disemprotkan dengan obat anti noda kemudian direndam berapa saat sebelum dicuci dengan deterjen. Ini penting agar kondisi financial usaha anda sehat. baik itu karyawan bagian produksi atau adminitrasi sebaik nya pengupah nya sesuai UPM. Untuk jenis pakaian yang terbuat dari bahan kaos yang mudah melar sebaiknya dimasukan kedalam kantong kain saat hendak cuci ini agar tidak cpat rusak karena molor. Pengoprasian Laundry Untuk usaha laundry seharusnya menggunakan mesin khusus laundry. Kemudian terkait soal gaji.kemudian soal cara peneringan nya masing-masing juga berbeda.1 orang lagi untuk strika pakaian.Sebaiknya dalam pencucian menggunakan air dingin atau air hangat tidak lebih dari 30 drajat calcius.sesuai dengan tipe serat nya di pisahkan alias jangan dicampur.Lebih bagus kalau di beri insentif jika memenuhi target.kaos dll.1 orang untuk mencuci.misalnya antara pakaian bulu hewan. Setelah dicuci adalah dikeringkan.

jika strika maupun mesin laundryyang anda gunakan. Bagus lagi. ini dimaksudkan untuk menggaet pelanggan baru. Agar lebih menarik dan terlihat lebih profesinal.) Cuci merah putih discount 20% dll.Untuk alat strikanya anda bisa menggunaka strika uap.website. Strategi Marketing Agar layanan jasa Anda bisa lebih dikenal konsumen maka anda harus melakukan strategi marketing yang diliputu promosi dan customer service.konsumen tidak rewel dan akan kembali dan kembali mempercayakan pakaian nya untuk dicuci jasa laundry Anda.Strika bersih.gimmick. Seharus nya anda harus giat sebar brosur setiap 3 bulan sekali.energinya menggunakan gas bukan listrik. . dalam pengemasan ini termasuk didalamnya adalah pembungkusan pakaian dengan plastik. Anda bisa membuat spanduk atau brosur kekonsumen potensial Anda .akhir tahun.bungkus plastik yang digunakan sebaiknya ada merkusaha laundry Anda. Misalnya: a.tepat waktu serta pelayanan yang ramah. Even-even yang biasanya cukup mendorong omset Adalah : Tahun masuk ajaran sekolah/liburan sekolah.bila itu semua bisa dipenuhi.hari raya.pemasangan spanduk/rotek ditempat-tempat strategis.) PAKET 45 yakni : cuci 4 dapat 5.dan bbentuk dari promo tersebut bisa bervariasi mulai dari pemberian garansi cash back 100% jika konsumen tidak puas/complain (Syarat tertentu).hadiah.wangi. Setelah di strika adalah pengemasan.radio.rapi. Boiler atau yang lain tergantung kemampuan financial Anda. Ingat!! Dibisnis jasa laundry adalah kualitas hasil cuci.diskon.ulang tahun perusahaan.gift dll.memerlukan biaya yang lebih tinggi karena insventasi dan biaya mentenencenya.kemudian sms/tlp pelanggan.langkah awal.kenapa tidak?? Kemudian setelah dikeringkan adalah di strika.internet dll.Untuk penyetrikaan harus diperhatikan teknik nya serta karakter serta kain. b. Kemudian jika ada momen-momen penting misalnya menyambut kemerdekaan atau baiknya buat program marketing.Tetapi kalau itu disbanding dengan peningkatkan income karena kapasitas meningkat dan memuaskan pelanggan.dalam pengemasan harus dikelompokan berdasarkan kepemilikan konsumen. bagus sekali jika anda membuat dengan gratis pencucian setiap kali pengumpulan nota 10x cuci atau setiap nominal tertentu.sehingga bisaa menghemat biaya listrik. Selain brosur cara lain adalah bisa iklan dimedia surat kabar local.

550.biaya deterjen. Kemudian jika target nya 100kg per hari dan ansumsi orang adalah satu kilo berarti harus adna 100 konsumen perhari?mungkin kah?? Kalo memang mungkin.Sedang biaya variable. Jika anda melakukan usaha laundrydengan sungguh-sungguh.sisanya untuk yang lain maka dalam sebulan dalam amsumsi 100kg/hari dengan total penghasilan Rp.yaitu biaya promosi usaha kita missal 6 bulan sekali.500.40 juta.maka pelanggan anda akan mendapatkan hak istimewah. sudah siapkah anda mulai berbisnis.?? Usaha Menguntungkan Salah satu keuntungan adanya pesaing adalah konsumen akan adanya harga yang semakin murah. sekali lagi usaha laundry ini potensial dan tidak akan mati.5.per kg.biaya air (jika air pam).untuk 2 mesin cuci dan 1 mesin pengering yang harga nya 10-12 juta.lambat tahun anda akan menambah armada mesin cuci anda akan banyaknya pelanggan yang dating.sedang biaya besar kecilnya sebanding dengan naiknya/penurunan jumlah konsumen atau penjualan.misalnya dari rumah sakit/hotel.kalau dulu.. Selain itu harus dipertimbangkan juga diluarbiaya oprasional adalah : Biaya marketing/promosi.spa/salon dll.setiap amsumsinya setiap seminggu orang mencuci pakaian nya ditempat kita ada minimal 700 orang/calon konsumen ( 100x7 hari) yang berbeda.oke.inilah yang terjadi pada bisnis laundry.dengan brosur atau .biaya keamanan.000 berarti harga yang ditawarkan oleh konsumen kita adalah Rp.biaya perawatan.diantaranya adalah memproses pakaian lebih diutamakan.pada umumnya adalah biaya sewa per bulan.biaya pegawai.5000 per kilo (dimana per kilobisa bisa sampai 3-4 patong kemeja/kaus biasa ) maka masyarakat umum dan mahasiswa/anak kos menjadi konsumen utama dalam bisnis laundry ini.Pada umumnya jumlah pembiayaan listrik. Lalu dari biaya operasional itu di bagi biaya tetap dan biaya variable.maka target konsumen di atas semakin cepat cepat tercapai jika kita biasa mendapatkan konsumen.mungkin masyarakat menengah keatas yang bisa menggunakan jasa laundry.serta diskon sepanjang tahun berlaku dll.biaya penyusutan.Program lain yang bisa anda lakukan adalah membuat program member card ini anda tawarkan kepada para pelanggan.biaya telepon.karena dengan keuleetan anda bisa meraup rupiah hanya bermodal mesin cuci.Biaya tetap.yaitu biaya yang jumlah tetap setiap bulan dan tidak terpengaruh naik turunnya jumlah konsumen/penjualan.namun yang semakin menjamurnya usaha laundry dengan harga mulai dari Rp.dan biaya kebersihan.lalu dari segi bisnis seberapa menguntungkan? Contoh anda menginvestasikan Rp.Dengan menggunakan member card.jangan anggap usaha bisnis anda ini di anggap usaha rendahan.

jangan lupa beri logo/alama t usaha laundry anda ( Promosi terselubung ) .000 Kesimpulan: BOP sudah kembali pada 6 bulan pertama.dan tepat waktu dalam pengerjaan order ( Hal-hal inilah yang menjadi standar layanan laundry waralaba ) Buatlah system pembukuan sederhana.untuk tenaga adminitrasi bisa anda tangani sendiri Terlebih dahulu.75 % per bulan.7.500.000.sesuaikan pula dengan harga sewa tempat.500. Analisis Usaha Insvestasi usaha Rp.biaya listrik.9.5.x30 hari Rp. Biaya operasional untuk biaya deterjen.pemberian hadiah/ cendramata.16. mesin cuci dan pengering pakian biayanya menyesuaikan budget anda. Biaya operasional Rp. Kesimpulan y y y y y y y Beberapa persiapan jika anda ingin menjalankam bisnis laundry : Lokasi yang strategis.40. Alat strika/listrik uap Pgawai/karyawan. Buatlah nota order cucian.Biaya lain-lain.rak/almari untuk menempatkan pakaian yang siap kirim.missal sumbangan dan biaya service kerusakan. y Beberapa tips yang diterapkan dalam bisnis : y y y y y Rekrut tenaga pencucian dan training mereka untuk selalu ramah terhadap pelanggan.5 bagi 40 juta adalah 18.000.Sementara itu.plastic pembungkus.gantungan baju. Penghasilan ( Amsumsi 100kg cucian/hari) Rp.000-. pewangi dan pelembut pakaian.000 -.sedang ROI menurut analisis diatas adalah 7.timbangan (untuk laundry kiloan).Keuntungan bersih per bulan Rp.000.keranjang pakaian koator.500. Armada untuk antar jemput pesanan. memahami standar pencucian yang baik.000. Peralatan pendukung seperti : mesin.

Pelajari dengan resiko kerusakan pakaian karena perubahan warna saat dicuci.losmen. Jangan sampai anda mengecewakan pelanggan terhada kesalahan pencucian.y y Pelajari standar pencucian yang bersih.pengeringan dan tahap dengan baik sesuai jenis kain.perumahan. Terima kasih.perkantoran. y y Buat spanduk di tempat anda dan sebar brosur Laundry Anda kelokasi kostkosan.rumah sakit dan setidaknya anda harus giat sebar brosur setiap 3 bulan sekali dll.luntur atau kusut.Baddin MLC . karena bisa membuat anda kehilangkan pelanggan. Buat promosi dengan gratis pencucian setiap pengumpulan nota 10x cuci atau setiap nominal tertentu.Ini dimasudkan untuk menggaet pelanggan baru.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful