Analisis Regresi Linier Sederhana Dengan Menggunakan SPSS

Analisis regresi digunakan untuk memprediksi pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Analisis regresi juga dapat dilakukan untuk mengetahui kelinieritas variabel terikat dengan varibel bebasnya, selain itu juga dapat menunjukkan ada atau tidaknya data yang outlier atau data yang ekstrim. Analisis regresi linear sederhana terdiri dari satu variabel dependen dan satu variabel independen. Misalnya dalam suatu kegiatan penelitian ingin mengetahui apakah variabel X (nilai bahasa arab) berpengaruh terhadap variabel Y (nilai tafsir). Data penelitian adalah sebagai berikut : NILAI BAHASA ARAB DAN NILAI TAFSIR SISWA SMPN W KELAS 2. NO NAMA NILAI BHS ARAB NILAI TAFSIR 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10 11. 12. 13. 14. A B C D E F G H I J K L M N 80 65 75 85 60 65 60 75 70 55 80 50 65 85 80 70 70 80 65 60 60 70 70 55 85 55 70 80

15 O 60 65 Proses analisis regresi dengan program SPSS (SPSS 11,5) adalah sebagai berikut :
1.

Entri data

5).Mengentri data di atas ke dalam program SPSS (SPSS 11. Seperti tampilan di bawah ini . Analisis regresi dengan program SPSS (SPSS 11.5) Analisis dimulai dengan melakukan pengaturan analisis. lalu klik Linear. Klik Analyzekemudian klik Regression. Setelah entri data selesai.5. caranya dengan memasukkan data ke dalam program SPSS 11. tampilannya adalah sebagai berikut : 2.

yakni : .Setelah itu. akan keluar tampilan berikut : Selanjutnya lakukan pengaturan analisis.

yaitu variabel bahasa arab. isilah kotak menu Dependen dengan variabel terikat. Pada kotak menu yang lain klik Descriptives dan model fit. Sehingga muncul tampilan berikut : .1. pada kotak menu Regression Coefficients pilih (klik) kotak estimasi dan confidence intervals. yaitu variabel tafsir dan kotak menu independen dengan variabel bebas. Sehingga muncul tamoilan berikut : 1. Selanjutnya klik kotak menu Statistics.

Kemudian blok DEPENDEN pada kotak menu sebelah kiri.. masukkan ke kotak menu sebelah huruf Y dengan cara meng-klik tanda panahnya. Tampilannya adalah sebagai berikut : . Kotak menu Plots. Selanjutnya klikContinue. berfungsi untuk menampilkan grafik pada analisis regresi. Dengan cara yang sama blok ZRESID pada kotak menu sebelah kiri. masukkan ke kotak menu sebelah huruf X.Kemudian klik Continue 1. kemudian klik Histogram dan Normal probanility plot yang terletak pada kotak menu Standardized Residual plots. maka klik kotak menu Plots. Misalnya pada analisis ini kita ingin menampilkan grafik.

Nilai entry adalah 0.10 artinya jika nilai probabilitas variabel lebih dari 0.sebuah variabel dapat masuk atau tidak dalm persamaan. Klik inclide constant in equation.05 artinya jika nilai probabilitas suatu variabel kurang dari 0. Nilai removal 0. yakni untuk menampilkan konstanta persamaan garis regresi. Tampilannya adalah sebagai berikut : y .05 maka variabel tersebut akan masuk dalam persamaan. Klik kotak menu Options y Use probability of F menunjukkan nilai probabilitas.1.10 maka variabel tersebut akan dikeluarkan dari persamaan.

Beberapa saat kemudian akan keluar outputnya. sebagai berikut : Regression . Untuk melakukan analisis kliklah OK.Selanjutnya klik Continue.

.

Chats Normal P-P Plot of Regression Standardized Residual .

05. Dengan demikian H0 ditolak yang berarti ada pengaruh .530 sedangkan besarnya signifikansi = 0.000 lebih kecil dari 0.Scatterplot Berdasarkan tabel Coefficients. diketahui bahwa besarnya nilai t test = 6.

2010 irun89 .776X.variabel bahasa arab terhadap nilai tafsir. Dan dari tabel Coefficients di atas. kolom B pada Constant (a) adalah 16. Sehingga persamaan regresinya adalah : Y = a + bX Y = 16. April 15. Untuk intepretasi selanjutnya dapat dilihat/dikaji dari output di atas.234 + 0.776.234 sedangkan nilai bahasa arab (b) adalah 0.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful