TUMBUHAN

Tembelekan Lantana camara Linn. Diskripsi : Berupa tumbuhan Perdu tegak atau setengah merambat, bercabang banyak, ranting bentuk segi empat, ada varietas berduri dan ada varietas yang tidak berduri tinggi + 2 m. Terdapat sampai 1.700 m di atas permukaan laut, di tempat panas Pemanfaatan : BAGIAN YANG DIPAKAI: Daun, bunga, akar, kering. KEGUNAAN: 1. Akar: Influenza, TBC kelenjar, rheumatik, fluor albus (keputihan). 2. Bunga: TBC dengan batuk darah, asthmatis. 3. Daun: Obat sakit kulit, bisul, bengkak, gatal-gatal, panas tinggi, rheumatik, memar. PEMAKAIAN LUAR: Daun segar dilumatkan untuk ditempelkan ke tempat yang sakit atau direbus secukupnya untuk cuci pada penyakit kulit, bisul, luka berdarah, memar, keputihan. CARA PEMAKAIAN: - TBC paru dengan batuk darah: 6 10 gr. bunga kering direbus. - Rheumatik: rebusan akar secukupnya untuk mandi.

PERHATIAN : - Kelebihan dosis menyebabkan pusing dan muntah-muntah. - Wanita hamil: tidak boleh, kematian janin! KAMBOJA

Kandungan dan Manfaat : Getah putihnya mengandung damar dan karet, yang mampu mengontraksikan kulit tanpa menimbulkan rasa sakit. Tumbuhan ini juga mengandung fuvoplumierin yang mencegah pertumbuhan bakteri. Bunganya berkhasiat menurunkan panas, menghentikan batuk, meluruhkan air seni. Batangnya melancarkan buang air besar. Kulit batang kamboja mengandung senyawa plumerid yang bersifat racun dan bisa digunakan untuk menyembuhkan tumit yang pecah-pecah. Catatan : Jangan sampai getah pohon kamboja masuk ke mulut atau kena mata karena dapat merontokkan gigi dan membutakan mata. Kegunaan : 1. Bengkak Sepotong kulit pohon kamboja ditumbuk halus, direbus dengan 6 gelas air sampai mendidih. Hangathangat rendam bagian tubuh yang bengkak. 2. Borok Oleskan getah kamboja pada borok yang sudah dicuci dengan air hangat 3. Kutil Oleskan 1 sendok teh getah pohon kamboja pada kulit beberapa kali selama beberapa hari sampai kutil hilang 5. Mengeluarkan Duri / Beling Oleskan getah kamboja pada bagian yang sakit, maka benda yang masuk akan keluar. 6. Tumit pecah-pecah Sepotong kulit kamboja direbus dengan 3 liter air sampai mendidih. Hangat-hangat rendamkan kaki yang sakit.

SEREH

Kandungan & Manfaat : Minyak atsiri yang terkandung pada sereh berkhasiat antiradang dan menghilangkan rasa sakit. Sereh yang dibuat minyak bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah. Kegunaan :

1. Nyeri Sendi Minyak sereh (bisa dibeli di toko obat) diborehkan pada sendi yang nyeri. 2. Terkilir 2 batang sereh, 3 kemiri ditumbuk sambil diberi sedikit air. Lalu, panaskan ramuan tersebut diatas api. Setelah ramuan itu panas, oleskan ke bagian yang terkilir. 3. Gusi Bengkak, Sakit Gigi 40 g sereh segar direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Gunakan ramuan ini untuk kumur. 4. Batuk : 50 g sereh kering direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Minumramuan ini 3x sehari. 5. Sakit Maag, Melancarkan Haid Resep sama dengan No. 3. Minum ramuan ini 2x sehari, sesudah makan. WARU

Kandungan & Manfaat : Batang tanaman waru mengandung zat musilago yang sifatnya melapisi dinding saluran cerna, saluran kencing, dan tenggorokan. Zat emolient-nya bermanfaat sebagai antiseptik (pembasmi kuman). Selain itu, juga mengandung protein dan zat tanin. Kegunaan : 1. Batuk 11 helai daun waru muda diiris-iris, direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Saat akan diminum, beri sedikit gula batu. Minum ramuan ini 2x sehari. 2. Melancarkan Air Seni Daun waru diremas-remas lalu beri sedikit adas dan pulosari. Balurkan ramuan ini di daerah perut sebelah bawah. 3. Menyuburkan Rambut Beberapa lembar daun waru diremas-remas, lalu diperas untuk diambil airnya. Embunkan air itu, lalu oleskan ke kulit kepala dan diamkan selama 5 - 10 menit. Setelah itu, bilas rambut anda. 4. Demam

Cara I : 200 g daun waru, 3 akar tapak liman direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Minum ramuan ini sedikit-sedikit. Cara II : Kulit akar waru direbus dengan 1 gelas air. Minum ramuan ini sedikit demi sedikit.

BROTOWALI

1) Antiseptik pada Koreng, Kudis, atau Luka Bagian yang sakit dapat dibersihkan dengan air rebusan batangnya. Selain itu, daun Brotowali yang ditumbuk halus dapat ditempelkan pada luka dan diganti 2 kali sehari untuk menyembuhkannya.

2) Kudis pada Anak-Anak Dianjurkan anak-anak mandi dengan air rebusan Brotowali. Caranya ambil batang Brotowali sekitar 1 m. Rajang atau potong kecil-kecil, lalu rebus dengan 4 l air hingga mendidih. Masukkan air rebusan ke dalam ember atau baskom besar lalu tambahkan air dingin. Mandikan anak sambil merendam tubuhnya di dalam air Brotowali ini. 3) Demam Ambillah 2 jari batang Brotowali. Rebus dengan 2 gelas air hingga tinggal 1 gelas. Tambahkan sedikit madu. Minumlah setengah gelas air rebusan ini 2 kali sehari. 4) Penambah Nafsu Makan Siapkan daun Brotowali 3 helai, batangnya 30 g, dan air 2000 cc. Mula-mula daun dan batang dibersihkan, setelah itu direbus dengan air. Minumlah air rebusannya 1 gelas per hari. 5) Penyakit lain Air rebusan dari batang Brotowali juga dipercaya dapat menyembuhkan rematik, memar, demam kuning, dan sebagai obat kencing manis.

BAYAM

lalu diperas. Demam nifas Beberapa helai daun muda dadap serep ditumbuk.Disentri. Demam Kulit dan cabang muda dadap serep diremas.Kandungan dan Manfaat : Bayam. Anemia. Selain itu.Ambien.Melancarkan ASI. C. dan K.Menguatkan lever Makan bayam merah yang direbus. sedikit adas dan pulosari diseduh dengan 1 gelas air. Kena Ulat Bulu Beberapa batang bayam ditumbuk. DADAP SEREP Kandungan dan Manfaat : Daun dadap serep mengandung zat alkaloida yang sifatnya mendinginkan dan antiradang. bayam juga mengandung vitamin A. 2. terutama bayam merah. . 3x sehari.Mengencerkan Dahak. B. Lakukan ini 2x sehari. 3. Digigit Serangga Beberapa lembar daun bayam ditumbuk. Minum ramuan ini 2x sehari. Minum airnya. Kegunaan : 1. Kulit kayunya berkhasiat mengencerkan dahak.Demam. terkenal mengandung zat besi yang tinggi yang berkhasiat menambah darah. lalu ditempelkan ke bagian yang disengat. 2. Kegunaan : 1. lalu borehkan ke perut. kalium serta fosfor.

Kangkung mengandung protein. Mengurangi Haid 0. hentriakontan. beri air secukupnya. Minum habis 1x sehari sekaligus. KANGKUNG Kandungan dan Manfaat : Kangkung bersifat. antiracun. borehkan ramuan ini ke perut. beberapa lembar daun sosor bebek ditumbuk sambil diberi sedikit air. Mencegah Keguguran Beberapa helai daun dadap serep ditumbuk.5 kg daun kangkung segar cuci. 4. Ganti ramuan ini 3x sehari. Lalu. lalu borehkan ke bagian yang bengkak. peluruh kencing. fosfor. besi. karoten. Saring. lalu diborehkan ke dahi 6. tumbuk halus. 7. Lalu diseduh dengan 1 gelas air. lalu diborehkan tebal-tebal pada perut. menghentikan perdarahan. 2. Kangkung juga besifat menyejukkan dan menenangkan. Bengkak Beberapa helai daun dadap serep ditumbuk. Perut Mulas Cara I : Daun dadap serep dilayukan di atas api.3. sedatif ( obat tidur ). Sakit Kepala Beberapa helai daun dadap serep diremas. Mimisan . Lakukan sesering mungkin. dan sitosterol Kegunaan : 1. antiradang. Cara II : Beberapa helai daun dadap serep. Minum ramuan ini 1x sehari 5. Melancarkan ASI Beberapa helai daun dadap serep diremas. beri 1 sendok makan madu. kalsium. taruh di atas perut.

Setelah dingin. PALA . beri sedikit garam dan air secukupnya. Lakukan ini setiap keramas. Ambeien Segenggam kecil akar kangkung cuci bersih. Insomnia Sering-sering makan sayur dan kangkung. tanpa batang. Saring.Mual Bagi Ibu Hamil Makan masakan sayur kangkung dengan ditumis. 5. minum air rebusannya. Keramas dengan air itu. 10. Sembelit. 9.Seikat kecil daun kangkung segar. Sakit Gigi Segenggam akar kangkung. cuci. 7. beri 1 gelas air. saring. 3. Ketombe Kangkung segar secukupnya direndam dalam air semalam sampai airnya berwarna kebiruan. Gunakan airnya untuk kumur. Gunakan air rebusannya sekaligus 1x sehari. rebus dengan 3 gelas air sampai airnya tinggal ½ . 4. lumatkan. Sariawan. Minum air rebusannya sekaligus 1x sehari 8. direbus dengan 1 gelas air.Gusi Bengkak Seikat daun kangkung ( tanpa batang ) cuci bersih. ½ sendok teh cuka. 6. Minum 1x sehari sekaligus Cara II : Seikat daun dan batang kangkung segar rebus. Sakit Kepala Cara I : Segenggam daun kangkung tumbuk halus. peras dan saring ( boleh beri sedikit garam ). seduh dengan air panas. Melancarkan Air Seni Segenggam akar kangkung direbus dengan 2 gelas air sampai tinggal menjadi 1 gelas. tumbuk halus. beri madu. minum sehari 2x ½ gelas. minum 2x sehari. beri sedikit gula. Setelah dingin.

pala juga mengandung minyak atsiri. Insomnia Cara I : Sedikit bubuk biji pala dicampur dengan 1-2 tetes air. Selain itu. Lakukan ini 2x sehari TEH . Minumkan setiap kali habis muntah. Perut Mulas ( tapi tidak diare ) Sedikit bubuk biji pala ditaruh di bawah lidah. lalu oleskan pada kening Cara II : ½ biji pala ditumbuk lalu diseduh dengan 1 gelas air. 5. Minum ramuan ini 2x sehari.Masuk Angin. Minum ramuan ini sekaligus selagi hangat-hangat 8. dan zat pati yang berkhasiat untuk menambah nafsu makan. 7.Cegukan 1 sendok teh bubuk biji pala diseduh dengan sedikit air. 2. Sariawan Getah buah pala dicampur dengan sedikit air. Gunakan ramuan ini untuk kumur 4.Kandungan dan Manfaat : Daun mudanya banyak mengandung protein yang terasa menyejukkan. Hipertensi Beberapa buah pala segar diparut. tapi ramuan ini dikumur sampai ke batang tenggorokan. lalu diperas untuk diambil airnya. Batuk Berlendir Sama dengan resep no. 5. Nyeri Haid Sedikit bubuk biji pala. sepotong kunyit. masing-masing 1 gelas 6. Muntah. zat samak. 1 cengkih direbus dengan 1 gelas air sampai airnya tinggal setengah. dan menenangkan syaraf. biarkan larut bersam air liur. 3. Sabun dan balsam pala dijual di apotek dan toko-toko obat. Kegunaan : 1. 7 butir ketumbar. Saat akan diminum beri sedikit madu / gula batu.Sakit Maag. mengeluarkan gas dari perut. Rematik Mandi dengan sabun pala atau gosok bagian tubuh yang sakit dengan balsem pala.

Migrain Minum teh 2x sehari. masing-masing 1 cangkir 4. cukup ½ cangkir. kandungan vitamin C paa daun teh segar cukup tinggi bahkan lebih tinggi daripada tomat dan jeruk sehingga baik untuk mencegah flu. masing-masing 1 cangkir 9. Minum ramuan ini 3x sehari. yakni teh hitam dan teh hijau. masing-maing 1 cangkir 5. masing-masing 1 cangkir. Kegunaan : 1. Pilek Buatlah teh kental lalu beri sedikit perasan jeruk nipis dan sedikit gula batu. Untuk anak-anak. 2. Diare Buatlah teh yang kental.memacu kerja jantung sehingga mencegah penyakit jantung dan stroke memperbaiki pencernaan makanan dan mampu membakar lemak. Hipertensi Minum teh 2x sehari. masing-masing 1 cangkir 7. Kandungan fluor dan flavonoidnya berguna untuk menguatkan gigi. Menurunkan Kolesterol Minum teh hijau 2x sehari. Mencegah Sakit Jantung . Sakit Kepala . Mencegah Plak dan Menguatkan Gigi Minum teh 1cangkir. masing-masing 1 cangkir 8. zat epigallocatechin-galat dalam taninnya berkhasiat mencegah kanker. melancarkan peredaran darah . Kandungan teina pada teh berkhasiat menyegarkan tubuh dan pikiran. Selain itu. 1x sehari 6. Mencegah Kanker Minum teh hijau 2x sehari.Kandungan & Manfaat : Teh yang umum kita kenal ada 2 macam. lalu minum selagi hangat. Hanya saja pada teh hijau. 3. Melancarkan Air Seni Minum teh hijau 2x sehari. Secara umum kedua daun teh ini mengandung zat teina (sejenis alkaloid seperti kafein) dan tanin.

keramas. Tubuhnya bulat panjang. Kaki seribu. Semuanya mempunyai manfaat dan kegunaan.Mulutnya terdiri dari dua pasang maksila dan bibir bawah. masing-masing 1 cangkir 10. Ambillah minyak tersebut dengan kapas yang bersih lalu tempelkan pada gigi yang berlubang atau sakit. HEWAN Kaki Seribu Obat Ajaib Tuhan tidak pernah sia-sia menciptakan sesuatu. Adapun kegunaannya adalah sebagai obat sakit gigi. Sedikit aneh memang cara penyajiannya namun bagi masyarakat pedesaan cara seperti itu . meskipun jumlah kakinya bukan berjumlah seribu. Hanya manusia saja yang terkadang mengingkari dan menganggap bahwa Tuhan telah salah menciptakan sesuatu. insya Alloh sakit gigi akan hilang. Pemberian lain yang sangat indah dari Tuhan untuk manusia adalah akal pikiran. penelitian hewan. Kemudian panggang diatas penggorengan sampai nanti keluar sedikit minyak dari tubuhnya. diamkan beberapa menit. Merawat Wajah Teh yang sudha basi (jangan teh manis) dibasuhkan ke wajah. Begitulah banyak orang menyebutnya. Sumber daya alam nabati dan sumber daya alam hewani semua diciptakan untuk manusia. Menyuburkan Rambut Teh yang sudah basi (jangan teh manis) diborehkan ke kulit kepala lalu diamkan selama 1 jam. Bila terganggu hewan ini akan menggulungkan tubuhnya dan pura-pura mati. Penelitian tumbuhan. Ambillah satu ekor diplopoda atau keluwing. Diplopoda tidak memiliki cakar beracun karenanya hewan ini bersifat hebivora atau pemakan sisa organisme. Gerakkan hewan ini lambat dengan kaki yang bergerak seperti gelombang. kemudian bilas dengan air bersih. 11. Bunuhlah agar tidak menyiksa binatang tersebut. Salah satunya adalah penelitian tentang obat ajaib yang penulis temukan dari berbagai pengalaman di sekitar kehidupan penulis. Hewan yang bernama latin diplopoda ini biasa dikenal dengan kaki seribu. Ada yang menyebutkan nama lain seperti keluwing (bahasa jawa). Setelah itu. Dalam satu atau dua kali terapi.Minum teh 2x sehari. dan lain sebagainya. Pada tiap segmen tubuhnya terdapat dua pasang kaki dan dua pasang spirakel. Dengan akal itulah manusia melakukan penelitian.

kelelawar dapat dikonsumsi. Banyak juga orang mengenal kelelawar sebagai binatang nocturnal. Kepala RT daerah Bomo. . atau kampret. Sudah sering banyak handai taulannya. kusing atau tayo. Sampai saat ini kabar yang terdengar setelah saya memberikan Musuk itu untuk pengobatan. yang paling menarik mungkin bila kita melihat kelompok hewan malam ini bergantungan di pepohonan Kebon Raya Bogor. lawa. Menurutnya keampuhan kelelawar jenis musuk sudah tidak perlu diragukan lagi. niki atau lawa sebutan khusus bagi orang-orang di kawasan timur Indonesia terhadap satwa ini. Obat Hal itu juga dibenarkan oleh Pak Suyud. atau pernah melihatnya terbang keluar berbondong-bondong dari dalam gua. Sedangkan orang Sunda menyebutnya lalay. Kelelawar ternyata juga dipercaya bisa menyembuhkan "asma". Yang mana berarti terdapat sekitar 20 persen dari total populasi kelelawar yang ada di seluruh dunia. Kegunaan dari hewan kelelawar kelelawar sangat la berguna jika kita tau apa fungsi dari hewan ini. Ini terbukti dari terdapat lebih dari 200 jenis kelelawar di negeri ini. Salah satunya adalah upaya pemanfaatan satwa jenis ini untuk pengobatan. dan baru kembali saat dini hari. bisa dikatakan amat mendukung keberadaan satwa jenis ini sebagai kekayaan alam. Indonesia sendiri yang terdiri dari ribuan pulau. Mungkin karena pernah mendengar suaranya yang mencericit. prok. yang kebetulan menjadi tempat tinggal sementara penulis beberapa waktu lalu. Selain kebiasaannya begadang itu. codot.selain dikonsumsi bisa sebagai lauk untuk teman makan nasi sehari-hari. banyak orang percaya kalau kelelawar jenis Musuk bisa menyembuhkan penyakit yang disebabkan penyempitan saluran pernapasan tersebut. Paniki. kalong atau kampret. Sedangkan suku Dayak malah menyebutnya sebagai hawa. maka satwa ini banyak dikenal dengan berbagai macam nama. meminta khusus kepadanya agar mau menangkapkan kelelawar jenis ini untuk pengobatan salah seorang kerabat mereka. Karena menarik secara fisik dan perilaku. cecadu. ternyata banyak manfaat yang bisa diambil dari kelelawar bila kita mengetahuinya. Lantaran kebiasaannya keluar kandang menjelang malam.tidaklah aneh. Pacitan Jawa Timur. Orang Jawa Tengah menyebutnya lowo. Seperti di Pacitan sana. Pasti banyak dari kita yang mengenal kelelawar.

Asma. ukuran yang diberikan Pak Suyud saat menjelaskan porsi badan kelelawar jenis Musuk. Suhu yang disarankan untuk memasak daging ini. daging penghasil senyawa kitotefin ini berfungsi untuk menstabilkan membran sel mastosit. Sebab kalau sembarangan mengolah bisa mengakibatkan hilangnya kadar kotitefin yang ada. yang terjadi lantaran alergi bisa dicegah dengan adanya daging bersenyawa kitotefin itu di dalam tubuh. Jadi disarankan tidak mengolah daging dalam kondisi terlalu panas. Sebab daging tersebut merangsang terbentuknya antibodi pada tubuh. Secara teknis. Musuk menurut Pak Suyud agak berbeda dengan jenis kelelawar yang biasa mereka makan. Musuk bisa langsung di konsumsi oleh penderita asma. Hal itu bisa dilakukan karena daging kelinci ternyata mengandung satu zat yang disebut senyawa kitotefin. dan sepertinya agak berkurang khasiatnya. Lebih baik tak perlu digoreng. ceritanya menambahkan. penyakit akan terasa berkurang. mungkin kelelawar Musuk yang dikeringkan hingga menjadi bubuk. disinyalir bisa sebagai penyembuh penyakit asma. Hanya sebesar ibu jari. Karena daging kelelawar akan bercampur dengan minyak. Salah satunya adalah penelitian MJ Naya yang pernah terbit dalam sebuah jurnal kesehatan terbitan pemerintah Spanyol. Selain itu Pak Suyud juga menjelaskan bagaimana proses pemanfaatan Musuk tersebut untuk pengobatan. saluran napas menyempit hingga terjadi asma. didapat kemungkinan bahwa kelelawar juga memiliki senyawa jenis serupa. Setelah dibakar. Yang paling baik. Pecahnya membran bisa membentuk otot-otot polos saluran napas berkontraksi. Kitotefin Masalah penggunaan daging kelelawar sebagai obat ternyata bisa dianggap benar berdasarkan beberapa penelitian. tambahnya. Badannya lebih kecil dan tipis. Hampir tidak pernah saya mendengar ada penderita asma yang tidak cocok dengan obat dari Musuk ini. Senyawa tersebut apabila digabungkan dengan berbagai senyawa lain seperti lemak omega tiga dan sembilan. Dan apabila antibodi tersebut melekat pada sel mastorit. ungkapnya kemudian. . Menurutnya kebanyakan Musuk dibakar saja dahulu sebelum dikonsumsi. Biasanya lowo Musuk banyak di daerah ini pada musim hujan. bisa menyebabkan pecahnya membran. Lelaki beranak tiga ini juga menjelaskan kalau Musuk bisa didapat seharinya sampai 100 ekor. Yang perlu diperhatikan mungkin hanya masalah pengolahan daging sebelum dimakan. jangan sampai melebihi 150 derajat Celcius. Berdasarkan data itulah beberapa mahasiswa dari Universitas Brawijaya tahun lalu mempublikasikan hasil penelitian mereka mengenai pengobatan asma menggunakan daging kelinci.kebanyakan sembuh saja. Hasilnya. bila memang musimnya. Dan pasti beberapa waktu setelahnya. Dan menurut hasil penelitian mereka juga. Menurut Naya ada jenis daging yang bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan radang tenggorokan. ucap Pak Suyud.

.

lalu oleskan pada kening Cara II : ½ biji pala ditumbuk lalu diseduh dengan 1 gelas air. 7 butir ketumbar. 2. 1 cengkih direbus dengan 1 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Muntah. 5. pala juga mengandung minyak atsiri. Nyeri Haid Sedikit bubuk biji pala. lalu diperas untuk diambil airnya. Sariawan Getah buah pala dicampur dengan sedikit air. Kegunaan : 1. Selain itu. Batuk Berlendir Sama dengan resep no. Sabun dan balsam pala dijual di apotek dan toko-toko obat. Lakukan ini 2x sehari . Rematik Mandi dengan sabun pala atau gosok bagian tubuh yang sakit dengan balsem pala. Minum ramuan ini sekaligus selagi hangat-hangat 8. tapi ramuan ini dikumur sampai ke batang tenggorokan. Perut Mulas ( tapi tidak diare ) Sedikit bubuk biji pala ditaruh di bawah lidah. 7.PALA Kandungan dan Manfaat : Daun mudanya banyak mengandung protein yang terasa menyejukkan. 5. masing-masing 1 gelas 6. Insomnia Cara I : Sedikit bubuk biji pala dicampur dengan 1-2 tetes air. Gunakan ramuan ini untuk kumur 4. Minumkan setiap kali habis muntah. 3.Masuk Angin. mengeluarkan gas dari perut. dan menenangkan syaraf. dan zat pati yang berkhasiat untuk menambah nafsu makan. zat samak. Hipertensi Beberapa buah pala segar diparut.Sakit Maag. Saat akan diminum beri sedikit madu / gula batu. sepotong kunyit. biarkan larut bersam air liur.Cegukan 1 sendok teh bubuk biji pala diseduh dengan sedikit air. Minum ramuan ini 2x sehari.

kalsium. Saring. besi. Saring. karoten. tanpa batang. Sakit Kepala Cara I : Segenggam daun kangkung tumbuk halus. Kangkung juga besifat menyejukkan dan menenangkan. tumbuk halus. Setelah dingin. saring.5 kg daun kangkung segar cuci. minum air rebusannya. fosfor. Mengurangi Haid 0. cuci. hentriakontan. beri air secukupnya. beri sedikit gula.PETAI CINA Kandungan dan Manfaat : Kangkung bersifat. dan sitosterol Kegunaan : 1. peluruh kencing. 5. sedatif ( obat tidur ). rebus dengan 3 gelas air sampai airnya tinggal ½ . tumbuk halus. Minum habis 1x sehari sekaligus. 2. seduh dengan air panas. beri madu. 6. beri 1 sendok makan madu. Kangkung mengandung protein. Sakit Gigi . menghentikan perdarahan. Minum 1x sehari sekaligus Cara II : Seikat daun dan batang kangkung segar rebus. 3. 4. antiracun. Mimisan Seikat kecil daun kangkung segar. antiradang. beri sedikit garam dan air secukupnya. minum sehari 2x ½ gelas. Ambeien Segenggam kecil akar kangkung cuci bersih. minum 2x sehari. Insomnia Sering-sering makan sayur dan kangkung. Setelah dingin.

peras dan saring ( boleh beri sedikit garam ). dan zat tepung. Ketombe Kangkung segar secukupnya direndam dalam air semalam sampai airnya berwarna kebiruan. Luka Cara I : Ambil getah anak pisang lalu oleskan pada bagian luka yang sudah dibersihkan Cara II : Ambil bonggot pisang. beri 1 gelas air. 10. Kegunaan : 1.Gusi Bengkak Seikat daun kangkung ( tanpa batang ) cuci bersih. Minum air rebusannya sekaligus 1x sehari 8. Luka Bakar . B. sedangkan zat saponin berkhasiat mengencerkan dahak. terutama pisang raja. direbus dengan 1 gelas air. mengandung kaliun yang bermanfaat melancarkan air seni. Gunakan airnya untuk kumur. ½ sendok teh cuka. zat gula. air. Selain itu. 2. lumatkan. Oleskan ramuan ini pada tempat yang terluka. Keramas dengan air itu. PISANG Kandungan dan manfaat : Pisang bersifat mendinginkan. Zat tanin pada pisang bersifat antiseptik. Gunakan air rebusannya sekaligus 1x sehari.Mual Bagi Ibu Hamil Makan masakan sayur kangkung dengan ditumis. cuci lalu ditumbuk.Segenggam akar kangkung. Sembelit. juga mengandung vitamin A. Melancarkan Air Seni Segenggam akar kangkung direbus dengan 2 gelas air sampai tinggal menjadi 1 gelas. 9. Sariawan. C. Lakukan ini setiap keramas. 7. Pisang.

. Minum ramuan ini 2x sehari. Hepatitis Makan banyak pisang emas 7. Kalau belum sembuh juga. ulangi sampai 3x 4. lalu dioleskan pada luka bakar 3. Sariawan Usus 4 pisang batu mentah bersam-sama kulit dan buahnya diiris tipis-tipis. kemudian ditumbuk. minum 2x sehari 8.Pisang yang sudah masak dilumatkan. 11. kulitpun akan mengelupas. Kutil Kulit pisang klutuk dikerokkan dengan agak keras pada kulit. masing-masing ½ gelas. Ambeien Cara I : 3 . Setelah disaring. Keesokan harinya minum begitu bangun tidur 9. lalu diparut dan diperas untuk diambil airnya. Gunakan air tersebut. Digigit Serangga Hati pisang yang ada di dalam batang pisang diparut. untuk berkumur. 5. Beberapa jam kemudian. Minum ramuan ini 2x sehari Cara II : Minum cairan dari bonggol pisang kepok 6. berikan sedikit pulosari dan gula aren. Radang Tenggorokan / Amandel Bonggol pisang kepok diparut dan diperas untuk diambil airnya. setelah itu ambil bagian dalamnya dan makan. Ramuan ini untuk diminum 3x Cara II : 2 bunga pisang kepok setelah dicuci bersih. Airnya taruh dalam gelas lalu embunkan selama 1 malam. lalu diperas. ampasnya dipakai untuk mengompres luka karena gigitan serangga. Ambil airnya kira-kira 1 gelas. Peras dan saring. Lalu.5 pisang batu dicuci bersih. Setelah disaring. Mencegah Demam Nifas sehabis Melahirkan Batang pohon pisang diparut dan diperas untuk diambil airnya. Lakukan hal ini 3x sehari 10. Disentri Cara I : Bonggol pisang batu diparut dan diperas untuk diambil airnya sebanyak ½ gelas. lalu dikunyah dan ditelan airnya. Diare Cara I : 2 bunga pisang kepok dibakar sampai hitam.

Sakit maag 1 pisang batu mentah beserta kulitnya. Cara II : Hirup cairan dari bonggol pisang kepok 13. 2 pisang batu mentah yang sudah dikupas kulitnya. keramaskan tambut Anda. Setelah beberapa jam. minum sekaligus selama 2 minggu. 19. lalu diperas untuk diambil airnya. 17. Menghaluskan Telapak Tangan Gosokkan kulit pisang emas ketangan anda. Minum ramuan ini 2x sehari 15. Minum ramuan ini 3x sehari. Basahkan kulit kepala dengan ramuan ini sambil mengurut kepala Anda. lalu peras. lalu dicampurkan dengan 3 pisang batu masak. Menyuburkan Rambut : Cara I : Cairan dari bonggol pisang dioleskan ke kulit kepala. Semuanya ini diremas-remas dengan sedikit air. Radang Ginjal Minum cairan dari batang pisang yang dicampur dengan sedikit gula batu. Cara II : Bonggol pisang ditumbuk dan diperas untuk dimabil airnya. Setelah disaring. embunkan 1 malam. Minum ramuan ini 2x sehari. . Beri 1 sendok makan garam. sekaligus. 1 buah mengkudu ditumbuk sampai halus. 16. minum 1x sehari. beri 2 sendok makan madu. masing-masing 1 gelas anggur Catatan : Cara III jangan digunakan bila kotoran berupa lendir berwarna hijau. Anemia Anak pisang kepok yang baru 1 jengkal dicuci bersih lalu diparut. Sembelit Makan pisang ambon lumut dan pisang emas. Sariawan 2 pisang batu masak. 3 pisang batu mentah ditumbuk. ditumbuk sampai halus. Llau. 18. Minum ramuan ini 3x sehari. 12. Setelah disaring. Lakukan beberapa kali sehari 14. Mimisan Cara I : Akar atau batang pisang kepok ditumbuk halus. Campurkan air itu dengan minyak urang aring secukupnya. lalu diseduh dengan ½ gelas air panas.Cara II : minum 1 gelas anggur cairan dari bonggol pisang kepok Cara III : 3 pisang batu masak. masing-masing 3 sendok makan. Lalu.

Setelah ramuan itu panas. Kegunaan : 1. Nyeri Sendi Minyak sereh (bisa dibeli di toko obat) diborehkan pada sendi yang nyeri. yakni teh hitam dan teh hijau. oleskan ke bagian yang terkilir. 3. Sakit Gigi 40 g sereh segar direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Batuk : 50 g sereh kering direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. 4. 3 kemiri ditumbuk sambil diberi sedikit air. 2. Hanya saja pada teh hijau. zat epigallocatechin-galat dalam taninnya berkhasiat mencegah kanker. 3. Sakit Maag. Gunakan ramuan ini untuk kumur. Lalu. . TEH Kandungan & Manfaat : Teh yang umum kita kenal ada 2 macam. Sereh yang dibuat minyak bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah. Gusi Bengkak.SEREH Kandungan & Manfaat : Minyak atsiri yang terkandung pada sereh berkhasiat antiradang dan menghilangkan rasa sakit. Minumramuan ini 3x sehari. Kandungan teina pada teh berkhasiat menyegarkan tubuh dan pikiran. Terkilir 2 batang sereh. Melancarkan Haid Resep sama dengan No. panaskan ramuan tersebut diatas api. 5. Minum ramuan ini 2x sehari. sesudah makan. Secara umum kedua daun teh ini mengandung zat teina (sejenis alkaloid seperti kafein) dan tanin.

Migrain Minum teh 2x sehari. Pilek Buatlah teh kental lalu beri sedikit perasan jeruk nipis dan sedikit gula batu. masing-masing 1 cangkir 8. Sakit Kepala . Menyuburkan Rambut . Diare Buatlah teh yang kental. 2.melancarkan peredaran darah . 1x sehari 6. Hipertensi Minum teh 2x sehari. Mencegah Kanker Minum teh hijau 2x sehari. Mencegah Sakit Jantung Minum teh 2x sehari. lalu minum selagi hangat. cukup ½ cangkir. Menurunkan Kolesterol Minum teh hijau 2x sehari. Selain itu.memacu kerja jantung sehingga mencegah penyakit jantung dan stroke memperbaiki pencernaan makanan dan mampu membakar lemak. Melancarkan Air Seni Minum teh hijau 2x sehari. kandungan vitamin C paa daun teh segar cukup tinggi bahkan lebih tinggi daripada tomat dan jeruk sehingga baik untuk mencegah flu. masing-maing 1 cangkir 5. Minum ramuan ini 3x sehari. masing-masing 1 cangkir 7. Kandungan fluor dan flavonoidnya berguna untuk menguatkan gigi. masing-masing 1 cangkir 10. 3. masing-masing 1 cangkir 9. Kegunaan : 1. masing-masing 1 cangkir 4. Mencegah Plak dan Menguatkan Gigi Minum teh 1cangkir. masing-masing 1 cangkir. Untuk anak-anak.

2.10 menit. diamkan beberapa menit. Zat emolient-nya bermanfaat sebagai antiseptik (pembasmi kuman). 3 akar tapak liman direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Menyuburkan Rambut Beberapa lembar daun waru diremas-remas. Minum ramuan ini sedikit demi sedikit. saluran kencing. 4. lalu diperas untuk diambil airnya. Cara II : Kulit akar waru direbus dengan 1 gelas air. Batuk 11 helai daun waru muda diiris-iris. Melancarkan Air Seni Daun waru diremas-remas lalu beri sedikit adas dan pulosari. bilas rambut anda. Embunkan air itu. Kegunaan : 1. 11. Setelah itu. Balurkan ramuan ini di daerah perut sebelah bawah. Saat akan diminum. . lalu oleskan ke kulit kepala dan diamkan selama 5 . Minum ramuan ini sedikit-sedikit. keramas.Teh yang sudah basi (jangan teh manis) diborehkan ke kulit kepala lalu diamkan selama 1 jam. dan tenggorokan. beri sedikit gula batu. juga mengandung protein dan zat tanin. Minum ramuan ini 2x sehari. Demam Cara I : 200 g daun waru. Merawat Wajah Teh yang sudha basi (jangan teh manis) dibasuhkan ke wajah. Setelah itu. WARU Kandungan & Manfaat : Batang tanaman waru mengandung zat musilago yang sifatnya melapisi dinding saluran cerna. kemudian bilas dengan air bersih. direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. 3. Selain itu.

3) Demam .BLIMBING WULUH 1) Gusi Berdarah Mengkonsumsi buah belimbing wuluh baik segar maupun manisannya secara rutin setiap hari 2) Jerawat Siapkan 3 buah belimbing wuluh segar. buah diparut dan diberi sedikt garam. Masukkan air rebusan ke dalam ember atau baskom besar lalu tambahkan air dingin. Rajang atau potong kecil-kecil. Masukkan ke dalam panci berisi 4 gelas air dan rebuslah bersama belimbing wuluh. Mandikan anak sambil merendam tubuhnya di dalam air Brotowali ini. Cuci hingga bersih. 2) Kudis pada Anak-Anak Dianjurkan anak-anak mandi dengan air rebusan Brotowali. atau Luka Bagian yang sakit dapat dibersihkan dengan air rebusan batangnya. Selain itu. lalu rebus dengan 4 l air hingga mendidih. Caranya ambil batang Brotowali sekitar 1 m. Ramuan ini cukup diminum satu gelas sehari. Tempelkan ramuan ini pada kulit yang berjerawat. Biji srigading ditumbuk halus. Dinginkan lalu saring sebelum diminum. daun Brotowali yang ditumbuk halus dapat ditempelkan pada luka dan diganti 2 kali sehari untuk menyembuhkannya. Lakukan 2 kali sehari 3) Darah Tinggi Siapkan 3 buah belimbing wuluh dan biji srigading 25 g yang sudah dicuci bersih. Kudis. BROTOWALI 1) Antiseptik pada Koreng. Selanjutnya.

demam kuning. Demam sehabis melahirkan. dan air 2000 cc. Menguatkan Paru-Paru. batangnya 30 g. Tumbuk hingga halus. JABE JAWA 1) Obat Kuat atau Membersihkan Rahim sehabis Melahirkan Siapkan 3 g akar cabe jawa kering.Ambillah 2 jari batang Brotowali. Pencernaan Terganggu. Rebus dengan 2 gelas air hingga tinggal 1 gelas. 2) Batuk. memar. Ayan. setelah itu direbus dengan air. Minumlah air rebusannya 1 gelas per hari. 4) Penambah Nafsu Makan Siapkan daun Brotowali 3 helai. Tambahkan sedikit air dan diminum dengan dicampur madu. Bronkhitis. 3) Liver yang Menderita Urus-urus. dan sebagai obat kencing manis. Seduh dengan air panas dan dinginkan. Minumlah setengah gelas air rebusan ini 2 kali sehari. Tumbuk halus. Mula-mula daun dan batang dibersihkan. . Lambung dan Jantung. Tambahkan sedikit madu. Rimpang lempuyang ditumbuk dan diperas airnya. Ramuan ini akan lebih berkhasiat bila dicampur dengan maksimal 3 buah cabe jawa. 5) Penyakit lain Air rebusan dari batang Brotowali juga dipercaya dapat menyembuhkan rematik. Keringkan 6 buah cabe jawa yang masih mentah. Diminum 1 kali sehari.

memperkuat lambung. Panaskan rimpang tersebut di atas api atau bara dan kemudian ditumbuk. Gigitan Ular. Lakukan hingga penyakit sembuh. dapat untuk mengobati sakit ulu hati. 2) Luka karena Lecet. Caranya. diare. 5) Khasiat lain Buah cabe jawa yang dikeringkan dan dijadikan bubuk. dan sakit kepala. disentri. Tempelkan pada bagian muka yang sakit. JAMBU BIJI . Hal ini dimungkinkan karena terangsangnya selaput lendir perut besar dan usus oleh minyak yang dikeluarkan rimpang jahe. tepung terigu. muntah. kentang diparut. Jatuh.4) Sakit Gigi Buah yang dikeringkan dan dijadikan bubuk dapat disumbatkan ke gigi yang berlubang atau sakit. Tambahkan sedikit air hangat. dan memperbaiki pencernaan. JAHE 1) Rematik Siapkan 1 atau 2 buah rimpang jahe. tambahkan tepung terigu dan bubuk jahe. 4) Khasiat lain Jahe yang digunakan sebagai bumbu masak juga mampu berkhasiat untuk menambah nafsu makan. dan jahe. Terkena duri. Rimpang jahe merah ditumbuk dan ditambahkan sedikit garam. bila dicampur dengan air matang dan diminum. hidung berlendir. Letakkan pada bagian tubuh yang terluka. 3) Syaraf Muka yang Sakit Dahan terdiri dari campuran kentang. Ditikam Benda Tajam. Tempel tumbukan jahe pada bagian tubuh yang sakit rematik.

Tumbuk keduanya.1) Diare Daun jambu biji segar seberat 30 g.2 gelas direbus. ditambah sebuah pisang batu. 6) Kembung pada Anak-Anak Petik 3 lembar daun jambu biji yang masih muda dan segar. 4) Kencing Manis Ambil 1 buah jambu biji yang masih mengkal dan dipotong-potong. Lakukan sehari 2 kali. Saring dan minum air rebusan ini 2 kali sehari. Tempelkan lumatan daun ini di tempat yang sakit. ditambah segenggam tepung beras dan air 1 . 3) Luka Berdarah atau Borok di sekitar Tulang Lumatkan daun jambu biji segar. Kemudian direbus dengan 3 gelas air hingga tinggal 1 gelas. Rebus dengan 2 cangkir air bersama ½ jari kulit batang pulosari dan 5 butir adas. anak yang lebih tua diberi sehari 1 cangkir. 5) Ambeien Ambillah beberapa lembar daun jambu batu muda atau pucuknya. Kedua bahan dicuci bersih. Walaupun rasa sakit sudah hilang tetap minum air tersebut supaya benar-benar sembuh. Air perasannya ditampung lalu diminum. Sebelum diminum sebaiknya air disaring. 2) Sariawan Rebus 1 genggam daun jambu biji segar ditambah 1 jari kulit batangnya dengan 1 l air. Cairan ini diminum 2 kali sehari. Lakukan setiap hari secara teratur. Saring terlebih dahulu sebelum diminum 2 kali sehari. ALPUKAT . Pisang batu tak perlu dikupas. Dapat juga 3 lembar daun jambu biji muda yang segar dikunyah dengan sedikit garam lalu ditelan. Anak berumur 3 tahun dapat diberi cairan ini sehari 3 kali sebanyak 2 sendok makan. Lakukan beberapa kali sehari. Perebusan dilakukan hingga air tinggal 1 cangkir saja.

Hipertensi 3 .2 buah alpukat dilumatkan. Bengkak 1 . Sariawan aduk sebuah alpukat matang dengan 2 sendok makan madu murni.5 helai daun alpukat cuci bersih. Batu Ginjal 7 helai daun alpukat segar. pagi dan sore. Minumlah 2x setiap hari. 5. sampai batunya keluar. Kegunaan : 1. balurkan pada wajah dan tangan yang sudah dibersihkan dengan air hangat selama sekitar 30 menit. Borehkan pada bagian tubuh yang sakit. Lalu. Setelah diangkat. seduh dengan ½ gelas air panas. oleskan wajah dengan es batu. . 4. Setelah kering cuci wajah dengan air hangat. beri sedikit air sampai seperti bubur. Makan 3x sehari. Lakukan ini selama seminggu. 2. Kulit Kering Sebuah alpukat dilumatkan sampai halus. embunkan air itu semalam. Minum 1x sehari sekaligus kalau sudah dingin. 7. 6. seduh dengan 1 gelas air panas. balurkan merata pada wajah.Kandungan dan Manfaat : Alpukat bersifat melancarkan air seni dan antibakteri. 3. Menghaluskan Kulit buah alpukat dilumatkan. Sakit Pinggang 5 helai daun alpukat dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal 1 gelas. Berturut-turut. Esok pagi baru diminum.

Selain itu. terutama bayam merah. Ngompol 7 biji jamblang ditumbuk halus lalu direbus dengan 1 ½ gelas air dan sedikit gula aren. B.Ambien. Selain itu. Minum ramuan ini sekaligus pada sore hari sampai ngompolnya sembuh. dan K. kandungan glukosida phytomelin mempercepat penyembuhan luka. lalu direbus dengan 2 gelas air. Diabetes 15 biji jamblang ditumbuk halus. terkenal mengandung zat besi yang tinggi yang berkhasiat menambah darah. C. Rebus terus sampai tinggal setengah. diminum 3x sehari BAYAM Kandungan dan Manfaat : Bayam. Catatan : Jangan terlalu banyak makan buah jamblang karena akan susah buang air seni.Mengencerkan Dahak. Kegunaan : 1. .Melancarkan ASI. Setelah disaring. Kegunaan : 1.Disentri.JAMBLANG Kandungan dan Manfaat : Jamblang mengandung asam galat yang mampu mengerutkan saluran kencing. Diare Karena Masuk Angin 6 cm kulit pohon jamblang yang sudah dikeringkan direbus dengan 1 gelas air selama ½ jam.Demam. 2. Ramuan ini untuk diminum 3x sehari. kalium serta fosfor. 3. Zat tanin pada biji jamblang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol.Menguatkan lever Makan bayam merah yang direbus. bayam juga mengandung vitamin A. Anemia.

2. Kulit kayunya berkhasiat mengencerkan dahak. Lakukan sesering mungkin. Digigit Serangga Beberapa lembar daun bayam ditumbuk. lalu borehkan ke perut. 3. Minum ramuan ini 1x sehari 5. sedikit adas dan pulosari diseduh dengan 1 gelas air. 3x sehari. Kena Ulat Bulu Beberapa batang bayam ditumbuk. Demam nifas Beberapa helai daun muda dadap serep ditumbuk.2. lalu diborehkan ke dahi . Kegunaan : 1. Lakukan ini 2x sehari. Minum airnya. Bengkak Beberapa helai daun dadap serep ditumbuk. lalu ditempelkan ke bagian yang disengat. Sakit Kepala Beberapa helai daun dadap serep diremas. 4. 3. Minum ramuan ini 2x sehari. lalu diperas. lalu borehkan ke bagian yang bengkak. DADAP SEREP Kandungan dan Manfaat : Daun dadap serep mengandung zat alkaloida yang sifatnya mendinginkan dan antiradang. Melancarkan ASI Beberapa helai daun dadap serep diremas. Demam Kulit dan cabang muda dadap serep diremas. Lalu diseduh dengan 1 gelas air.

borehkan ramuan ini ke perut. Mengurangi Haid 0. tumbuk halus. beri sedikit gula. antiradang. besi. hentriakontan. rebus dengan 3 gelas air sampai airnya tinggal ½ . tumbuk halus. Ambeien Segenggam kecil akar kangkung cuci bersih. Kangkung mengandung protein. Saring. sedatif ( obat tidur ). Perut Mulas Cara I : Daun dadap serep dilayukan di atas api. Setelah dingin. Cara II : Beberapa helai daun dadap serep. minum sehari 2x ½ gelas. beri sedikit garam dan air secukupnya. 7. fosfor. Mencegah Keguguran Beberapa helai daun dadap serep ditumbuk. 2. cuci. antiracun.6. karoten. Ganti ramuan ini 3x sehari. minum air rebusannya. Minum habis 1x sehari sekaligus. Sakit Kepala Cara I : Segenggam daun kangkung tumbuk halus. Lalu. . Setelah dingin. beri 1 sendok makan madu. saring. Mimisan Seikat kecil daun kangkung segar. Minum 1x sehari sekaligus Cara II : Seikat daun dan batang kangkung segar rebus. 3.5 kg daun kangkung segar cuci. beri madu. dan sitosterol Kegunaan : 1. lalu diborehkan tebal-tebal pada perut. menghentikan perdarahan. beberapa lembar daun sosor bebek ditumbuk sambil diberi sedikit air. 4. minum 2x sehari. peluruh kencing. Kangkung juga besifat menyejukkan dan menenangkan. seduh dengan air panas. beri air secukupnya. KANGKUNG Kandungan dan Manfaat : Kangkung bersifat. taruh di atas perut. kalsium. Saring.

menghentikan batuk. Insomnia Sering-sering makan sayur dan kangkung. 7. meluruhkan air seni. beri 1 gelas air. tanpa batang. direbus dengan 1 gelas air. Bunganya berkhasiat menurunkan panas. 6. Kulit batang kamboja mengandung senyawa plumerid yang bersifat racun dan bisa digunakan untuk menyembuhkan tumit yang pecah-pecah. Keramas dengan air itu. Batangnya melancarkan buang air besar. Minum air rebusannya sekaligus 1x sehari 8. peras dan saring ( boleh beri sedikit garam ). 9.Gusi Bengkak Seikat daun kangkung ( tanpa batang ) cuci bersih. Lakukan ini setiap keramas. yang mampu mengontraksikan kulit tanpa menimbulkan rasa sakit. 10. Sakit Gigi Segenggam akar kangkung.5. Sariawan. Melancarkan Air Seni Segenggam akar kangkung direbus dengan 2 gelas air sampai tinggal menjadi 1 gelas. lumatkan. Tumbuhan ini juga mengandung fuvoplumierin yang mencegah pertumbuhan bakteri. Gunakan airnya untuk kumur. Sembelit. KAMBOJA Kandungan dan Manfaat : Getah putihnya mengandung damar dan karet. Gunakan air rebusannya sekaligus 1x sehari. Ketombe Kangkung segar secukupnya direndam dalam air semalam sampai airnya berwarna kebiruan. .Mual Bagi Ibu Hamil Makan masakan sayur kangkung dengan ditumis. ½ sendok teh cuka.

Kegunaan : 1. 2. Sembelit 8 . 2. maka benda yang masuk akan keluar. Bengkak Sepotong kulit pohon kamboja ditumbuk halus. JARAK Kandungan dan Manfaat : Biji jarak mengandung ricine yang beracun tapi kadar racunnya akan berkurang bila dipanaskan. Kutil Oleskan 1 sendok teh getah pohon kamboja pada kulit beberapa kali selama beberapa hari sampai kutil hilang 5. Kegunaan : 1. Akarnya bisa digunakan sebagai obat penenang dan rematik. 6.Catatan : Jangan sampai getah pohon kamboja masuk ke mulut atau kena mata karena dapat merontokkan gigi dan membutakan mata. Minum air perasan ini sekaligus. Sembelit pada Anak . Tumit pecah-pecah Sepotong kulit kamboja direbus dengan 3 liter air sampai mendidih. Hangat-hangat rendamkan kaki yang sakit. direbus dengan 6 gelas air sampai mendidih. Mengeluarkan Duri / Beling Oleskan getah kamboja pada bagian yang sakit. lalu diberi sedikit air dan peras. Hangathangat rendam bagian tubuh yang bengkak. Biji jarak sebaiknya hanya digunakan sebagai obat luar. Borok Oleskan getah kamboja pada borok yang sudah dicuci dengan air hangat 3.10 biji jarak ditumbuk.

lalu dilayukan di atas api. . Setelah itu. 1 sendok teh garam ditumbuk sambil diberi ½ gelas air. Rematik Cara I : Segenggam daun jarak ditumbuk sambil diberi sedikit air. 6. Sakit Gigi Teteskan getah jarak pada gigi yang berlubang. 8. Ketombe Tumbuk halus beberapa lembar daun jarak. sineol. menghilangkan rasa sakit. gunakan air tersebut untuk kumur. Tempelkan daun ini ke tempat yang sakit 5. 1 ibu jari jahe. 3. Cara II : 25 g akar jarak segar direbus dengan 1 l air sampai airnya tinggal setengah. melaleucin dan buahnya mengandung zat tanin. membunuh kuman. Lalu oleskan ke tempat yang sakit. Bersifat diaforetik. Setelah dilayukan di atas api. 7. Gusi Bengkak 5 lembar daun jarak. cuci payudara dengan air hangat. Minum ramuan ini 2x sehari Cara III : Beberapa helai daun jarak diolesi minyak kelapa. Setelah disaring. dan antikejang.30 biji jarak ditumbuk. letakkan daun tersebut ke perut anak Anda. lalu oleskan ke kulit kepala. lalu diperas untuk diambil minyaknya. Lakukan ini sebelum keramas 4.Olesi beberapa lembar daun jarak dengan minyak kelapa. 1 sendok kapur sirih direbus dengan 4 gelas air. Balurkan ramuan ini ke payudara Anda dan diamkan sampai kering. KAYU PUTIH Kandungan dan Manfaat : Daunnya mengandung minyak atsiri. Oleskan minyak itu ke kulit kepala. Mengencangkan Payudara 3 helai daun jarak. Menyuburkan Rambut 20 . 2 buah pinang. mengencerkan dahak.

dada. 3 tetes minyak kayu putih. dan punggung 2x sehari. Masuk Angin 10 tetes minyak kayu putih. hangathangat minum ½ gelas 1 . selama 3 hari. 3. 3 sendok makan minyak kelapa. sebaiknya carilah minyak kayu putih yang asli. 4. Karena di pasaran banyak merek minyak kayu putih yang sudah dicampur-campur dengan berbagai bahan pewarna dan bahan kimia lainnya. Flu 2 sendok teh minyak kayu putih. dicampur jadi satu. kaki. Gosokkan pada punggung dan dada penderita. dan ketiak. Keriput pada Kulit Perut ( Bagi wanita sehabis melahirkan ) 20 tetes minyak kayu putih. Oleskan pada perut setiap hari selama beberapa minggu. dan 3 siung bawang merah yang sudah ditumbuk halus. perut. parutlah ¼ biji pala. 2 sendok teh minyak gandapura. 7. Lakukan 1x sehari sebanyak yang diperlukan.Catatan : Bila akan digunakan untuk obat dalam. . dicampur jadi satu. 5. beri 1 sendok makan madu. dicampur jadi satu. 6. Kegunaan : 1.air perasan ½ jeruk nipis. dan 1 sendok teh air jeruk nipis. diaduk rata. Gosokkan ramuan ini pada leher. diaduk rata. 3 sendok teh minyak kelapa. Perut Kembung 1 sendok teh minyak kayu putih. diseduh dengan ½ gelas air panas.3 air jeruk nipis. Lakukan ini 2x sehari. Oleskan ramuan itu ke seluruh tubuh penderita. terutama pergelangan tangan.2 x sehari. Selimuti tubuhnya sampai keluar keringat. Kejang ( Pada bayi ) Gosokkan minyak kayu putih pada hidung dan pada perut anak yang bersangkutan. Demam / Mencegah Stuip ( Pada anak ) Perasan 2 . 3 sendok air jeruk nipis. Minum sekaligus 2. 1 sendok teh kapur sirih. Batuk 1 sendok teh minyak kayu putih. ½ gelas air gua batu.

5. Panu Segenggam daun kemangi cuci.KEMANGI Kandungan dan Manfaat : Daun kemangi mempunyai daya penenang dan mengeluarkan gas-gas dari tubuh. 2. KEMBANG SEPATU . belerang. Lakukan ini 2x sehari. fosfor. Bau Mulut Sering-sering makan lalapan daun kemangi. Telan. Daunnya juga sering dipakai untuk bumbu hidangan daging ataupun ikan. daun kunir. Sariawan 50 helai daun kemangi dicuci bersih. Bau Keringat Kemangi secukupnya dimakan sebagai lalapan santap malam selama 1 minggu. kalsium. Gosokkan ramuan ini pada kulit yang berpanu. Diare dan Muntah Daun kemangi secukupnya dimakan sebagai lalapan. Minum air hangat. kunyah sampai halus selama 2 .3 menit. 3. dan daun beluntas. 4. tumbuk halus. besi. Kegunaan : 1. dan lain-lain. Kemangi mengandung zat minyak atsiri. Beri sedikit air kapur sirih. Lakukan ini 3x sehari. protein. Bau Nafas.

Peras dan saring. Basahkan kulit kepala dan rambut dengan lendir tersebut. Sakit Kepala Segenggam daun kembang sepatu dicuci. 2 sendok makan 3. 5. Cara II : 3 kuntum bunga kembang sepatu dicuci. Saring.3x sehari. Saring. rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit. dan rebus 3 kuncup bunga kembang sepatu selama 15 menit. ½ gelas bersama 1 sendok makan madu. remas-remas sampai keluar lendirnya. beri 1 gelas air matang dan sedikit garam. Gunakan airnya untuk mengompres kepala yang sakit. Bronkhitis Cara I : Cuci. masing-masing ½ gelas 7.Kandungan dan Manfaat : Seluruh bagian tumbuhan kembang sepatu mengandung zat lemdir atau mucin dan bunganya berkhasiat memberi rasa sejuk pada kerongkongan dan rongga pernafasan agar keluar lebih banyak.15 helai daun kembang sepatu. Saring. Mencegah Uban 10 . Beri 1 gelas air matang dan sedikit cuka. Diamkan sampai kering. Minum 2x sehari. lumatkan. Rebus selama + 30 menit. baru dicuci. dilumatkan. 2. dilumatkan. . Minum airnya 6. Sariawan Segenggam daun kembang sepatu dicuci bersih. lalu remas-remas. Minum 2 . Minum 1x sehari. dicuci bersih. 4. Gunakan untuk mengompres gondok. Seduh dengan segelas air. Haid Tidak Teratur 3 kuntum bunga kembang sepatu dicuci. dicuci. Kegunaan : 1. direbus selama 30 menit. Minum airnya. Gondok Akar kembang sepatu dicuci. dilumatkan. Biarkan semalam di dalam tempat tertutup. Batuk disertai Sesak Nafas 3 bunga kembang sepatu. Peras. Lakukan ini 2x seminggu.

kupas. pembangkit chlor. karena zat gula pada kentang lebih sedikit dibandingkan dengan nasi. 6. Diabetes Nasi yang kita makan sehari-hari diganti dengan kentang rebus. Bersihkan dengan air bersih yang dingin 3. Lakukan ini sampai bisul kelihatan mengecil. Bisul akan hilang tanpa meninggalkan noda 4. kalsium. lemak. Remas parutan kentang bersama 2 sendok makan minyak kelapa. Borehkan pada bagian luka bakar. protein. amilopektin ). Namun dalam konsentrasi yang peka. KOPI Kandungan dan Manfaat : Selain protein. biarkan sampai kering dan lepas sendiri. Biarkan sampai kentang menjadi kering dan berwarna keabuan 5. tempelkan ke seluruh wajah. B. Oleskan parutan kentang pada wajah hingga rata. Kegunaan : 1. belerang. Luka Bakar 1 buah kentang. Jerawat Sebuah kentang diiris tipis-tipis. dicuci. parut. 2.KENTANG Kandungan dan Manfaat : Umbi kentang mengandung zat pati ( amilosa. besi. yang bisa memacu peredaran darah. biarkan selama ½ jam. Juga kandungan kafein. parut. . lalu balut dengan kain bersih. Borehkan parutan kentang pada bisul. yang merangsang keluarnya asam chlorida dalam lambung. Wajah Berminyak 2 buah kentang dikupas. vitamin A. Anemia Untuk anak-anak yang kurang darah sebaiknya lebih sering diberi berbagai masakan kentang. C. larutan kopi mengandung asam chiorogen. Bisul di Kepala Anak Sebuah kentang cuci bersih. kafein murni bisa menjadi racun. parut. fosfar.

karenanya baik sekali dimakan oleh penderita demam Kegunaan : 1. Lakukan ini setiap hari.2x sehari 1 gelas.Tifus . Minum setiap pagi dan sore sebanyak 1 gelas 3.Kegunaan : 1. Minum air rebusannya. Setelah itu minum air putih dingin 7. Insomnia Segenggam daun kopi muda dicuci. Menghaluskan Telapak Tangan 1 sendok makan bubuk kopi. Aduk sampai larut. diseduh dengan 1 gelas air mendidih. Minum 1 . 2. 6. Hangat-hangat minum 1x sehari ½ gelas 4. diberi sedikit air panas. Disentri 10 g bubuk kopi murni diseduh dengan ½ gelas air. dan vitamin C. zat besi. Migrain 2 sendok teh bubuk kopi murni. Minum sekaligus. Keracunan Tempe Bongkrek 1 sendok makan bubuk kopi murni diseduh deengan ½ gelas air panas. Demam. Ulangi ini selama beberapa hari LABU AIR Kandungan dan Manfaat : Mengandung kalsium. Pemulihan Tubuh Sehabis Bersalin 2 sendok makan bubuk kopi yang sudah diseduh. Bau Mulut karena Petai / Jengkol Kunyah bubuk kopi sedikit selama beberapa menit. lalu rebus dengan 2 gelas air. Beri air perasan 1 tangkai daun pepaya. 2 sendok makan gula pasir. Labu air terkenal bersifat mendinginkan. Beri 1 sendok makan madu. Gosokkan pada telapak tangan. 5. campur dengan ½ gelas air yang dicampur 2 kuning telur ayam kampung.

lalu diparut. Sariawan Makan buah labu siam sebagai lauk atau bisa juga dimakan mentah sebagai lalapan 3. Peras. besi Kegunaan : 1. Peras dan saring. sambil diberi ½ gelas air. tapi dipakai untuk kumur-kumur dahulu LABU SIAM Kandungan dan manfaat : Buah labu siam yang bersifat menyejukkan itu bayak mengandung getah serta zat-zat seperti protein. Tapi jangan anda lalu merasa ini jelek. Sariawan Sama dengan resep no. dicuci.1. Garis Hitam di Tumit Getah labu siam dioleskan pada tumit yang bergarishitam itu. Flu 4 jari labu. masingmasing sebanyak ½ gelas Cara II : Makan rebusan buah labu 2. Akar Dandelion: Keuntungan dan Efek Sampingnya Seorang pembaca AkuBugar pernah bertanya tentang akar dandelion ketika membaca tentang diuretik dan kami menyediakan informasi yang diperlukan untuk memulai mengerti akan kegunaannya dan juga efek sampingnya jika penggunaannya salah. saring. 1/3 genggam bayam ditumbuk. Beri 2 sendok makan air matang dan 1 sendok makan madu. .Cara I : Labu air diparut. Minum ramuan ini 2x sehari. Gusi Berdarah ½ buah labu siam. lalu diperas untuk diambil airnya. fosfor. lemak. Minum 3x sehari sebanyak yang diperlukan 2. Airnya jangan langsung diteguk. Minum air ramuan ini 3x sehari. kalsium. Yang diperlukan adalah kita mengetahui pada titik mana itu jelek dan pada titik mana itu baik. masing-masing 3 sendok makan 3. lalu beri sedikit jeruk nipis. Setelah itu buka perlahan-lahan. karena setiap hal tentunya akan mempunyai sisi buruknya. Biarkan sampai kering.

Akar dandelion mengandung cairan seperti susu yang pahit dan dianggap bisa meningkatkan energi tubuh. Kandungannya yang kaya akan zat besi mempunyai kemampuan mengatasi anemia. Efek Samping Dandelion Dandelion pada umumnya aman digunakan. dalam ekstrak cairan dan teh. dalam kapsul. tetapi beberapa orang mempunyai reaksi alergi terhadap cairannya. 250 mg tiga atau empat kali per hari dalam bentuk kapsul. Akar dandelion mengandung banyak mineral berguna. Akar dandelion juga membantu pencernaan dan merupakan tonik yang bagus untuk sistem endokrin. Orang yang sedang dalam pengobatan diabetes sebaiknya berhati-hati dalam penggunakan dandelion karena bisa membuat pengaruh obat diabetes semakin kuat. akar dan ujungnya berguna untuk tujuan pengobatan. Karena rasanya yang pahit. akar dandelion digunakan sebagai pengobatan untuk masalah hati. . Cairan pada batang dan akarnya bisa digunakan juga sebagai penciut dan pengering kutil. Kegunaan Dandelion Masa Lalu Di India. Manfaat Dandelion Sekarang Dandelion digunakan sebagai diuretik yang mempunyai kemampuan menarik air dan garam dari tubuh. Kandungannya yang besar akan potassium membuat dandelion mempunyai fungsi tersebut. Nama dandelion berarti gigi singa karena ujung-ujungnya tajam seperti gigi taring.Asal Dandelion Ini adalah jenis rumput yang tumbuh banyak di daerah utara dengan suhu sedang. kulit melepuh dan jerawat. Diuretik akan membuat seseorang bisa buang air kecil lebih sering karena air ditubuh yang biasa disimpan dibawah kulit mengalami pembuangan. Selain itu dandelion juga banyak digunakan untuk menetralkan asam di darah dan banyak digunakan sebagai laksatif (membantu buang air besar). Bentuk Konsumsi Dandelion Akar dandelion bisa ditemukan dalam bentuk akar yang sudah dikeringkan. Selain itu juga mampu mendetoksifikasi tubuh dan memurnikan darah. Seorang yang mempunyai masalah seperti sirosis atau pengerasan hati bisa menggunakan akar dandelion ntuk membantu memacu aliran empedu dari hati sehingga membantu detoksifikasi tubuh. Sebagai tambahan. Sebaiknya dandelion tidak digunakan bersamaan dengan obat diuretik lainnya atau obat yang mempunyai kemampuan diuretik lainnya. Dosis umumnya dari akar dandelion adalah 2 sampai 8 gram tiga kali sehari untuk akar kering. dandelion sering dikombinasikan dengan tanaman lain seperti licorice atau jahe untuk membuat teh yang rasanya mirip dengan root beer. dandelion digunakan untuk menurunkan kolesterol dan asam urat ditubuh. Walaupun disebut rumput.

Hanya manusia saja yang terkadang mengingkari dan menganggap bahwa Tuhan telah salah menciptakan sesuatu. Salah satunya adalah penelitian tentang obat ajaib yang penulis temukan dari berbagai pengalaman di sekitar kehidupan penulis.HEWAN Kaki Seribu Obat Ajaib Tuhan tidak pernah sia-sia menciptakan sesuatu. Penelitian tumbuhan. . Semuanya mempunyai manfaat dan kegunaan. Pemberian lain yang sangat indah dari Tuhan untuk manusia adalah akal pikiran. dan lain sebagainya. Sumber daya alam nabati dan sumber daya alam hewani semua diciptakan untuk manusia. Dengan akal itulah manusia melakukan penelitian. penelitian hewan.

Sedikit aneh memang cara penyajiannya namun bagi masyarakat pedesaan cara seperti itu tidaklah aneh. Paniki. kalong atau kampret. cecadu. Bunuhlah agar tidak menyiksa binatang tersebut. . Kegunaan dari hewan kelelawar kelelawar sangat la berguna jika kita tau apa fungsi dari hewan ini. Sedangkan suku Dayak malah menyebutnya sebagai hawa. Sedangkan orang Sunda menyebutnya lalay. kusing atau tayo. banyak orang percaya kalau kelelawar jenis Musuk bisa menyembuhkan penyakit yang disebabkan penyempitan saluran pernapasan tersebut. Gerakkan hewan ini lambat dengan kaki yang bergerak seperti gelombang. Pasti banyak dari kita yang mengenal kelelawar. bisa dikatakan amat mendukung keberadaan satwa jenis ini sebagai kekayaan alam. meskipun jumlah kakinya bukan berjumlah seribu. Ambillah minyak tersebut dengan kapas yang bersih lalu tempelkan pada gigi yang berlubang atau sakit. Bila terganggu hewan ini akan menggulungkan tubuhnya dan pura-pura mati. Mungkin karena pernah mendengar suaranya yang mencericit. Hewan yang bernama latin diplopoda ini biasa dikenal dengan kaki seribu. Orang Jawa Tengah menyebutnya lowo. atau pernah melihatnya terbang keluar berbondong-bondong dari dalam gua. prok. Dalam satu atau dua kali terapi. atau kampret. Kelelawar ternyata juga dipercaya bisa menyembuhkan "asma". lawa. Diplopoda tidak memiliki cakar beracun karenanya hewan ini bersifat hebivora atau pemakan sisa organisme. maka satwa ini banyak dikenal dengan berbagai macam nama.Kaki seribu.selain dikonsumsi bisa sebagai lauk untuk teman makan nasi sehari-hari. Seperti di Pacitan sana. Pada tiap segmen tubuhnya terdapat dua pasang kaki dan dua pasang spirakel. Indonesia sendiri yang terdiri dari ribuan pulau. Ada yang menyebutkan nama lain seperti keluwing (bahasa jawa). Ini terbukti dari terdapat lebih dari 200 jenis kelelawar di negeri ini. insya Alloh sakit gigi akan hilang. Adapun kegunaannya adalah sebagai obat sakit gigi. Tubuhnya bulat panjang. yang paling menarik mungkin bila kita melihat kelompok hewan malam ini bergantungan di pepohonan Kebon Raya Bogor. Ambillah satu ekor diplopoda atau keluwing. Kemudian panggang diatas penggorengan sampai nanti keluar sedikit minyak dari tubuhnya. niki atau lawa sebutan khusus bagi orang-orang di kawasan timur Indonesia terhadap satwa ini. Karena menarik secara fisik dan perilaku. codot. Yang mana berarti terdapat sekitar 20 persen dari total populasi kelelawar yang ada di seluruh dunia. Begitulah banyak orang menyebutnya.Mulutnya terdiri dari dua pasang maksila dan bibir bawah.kelelawar dapat dikonsumsi.

Setelah dibakar. ukuran yang diberikan Pak Suyud saat menjelaskan porsi badan kelelawar jenis Musuk. Menurut Naya ada jenis daging yang bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan radang tenggorokan. disinyalir . Sudah sering banyak handai taulannya. bila memang musimnya. tambahnya. Kitotefin Masalah penggunaan daging kelelawar sebagai obat ternyata bisa dianggap benar berdasarkan beberapa penelitian. ungkapnya kemudian. Lantaran kebiasaannya keluar kandang menjelang malam. meminta khusus kepadanya agar mau menangkapkan kelelawar jenis ini untuk pengobatan salah seorang kerabat mereka. Yang paling baik. penyakit akan terasa berkurang. ucap Pak Suyud. Hanya sebesar ibu jari. Senyawa tersebut apabila digabungkan dengan berbagai senyawa lain seperti lemak omega tiga dan sembilan. Pacitan Jawa Timur. Musuk menurut Pak Suyud agak berbeda dengan jenis kelelawar yang biasa mereka makan. Dan pasti beberapa waktu setelahnya. ceritanya menambahkan. Hampir tidak pernah saya mendengar ada penderita asma yang tidak cocok dengan obat dari Musuk ini. mungkin kelelawar Musuk yang dikeringkan hingga menjadi bubuk. Karena daging kelelawar akan bercampur dengan minyak. Salah satunya adalah penelitian MJ Naya yang pernah terbit dalam sebuah jurnal kesehatan terbitan pemerintah Spanyol.Banyak juga orang mengenal kelelawar sebagai binatang nocturnal. Berdasarkan data itulah beberapa mahasiswa dari Universitas Brawijaya tahun lalu mempublikasikan hasil penelitian mereka mengenai pengobatan asma menggunakan daging kelinci. Kepala RT daerah Bomo. Lelaki beranak tiga ini juga menjelaskan kalau Musuk bisa didapat seharinya sampai 100 ekor. Musuk bisa langsung di konsumsi oleh penderita asma. Badannya lebih kecil dan tipis. Selain kebiasaannya begadang itu. dan baru kembali saat dini hari. Sampai saat ini kabar yang terdengar setelah saya memberikan Musuk itu untuk pengobatan. yang kebetulan menjadi tempat tinggal sementara penulis beberapa waktu lalu. Menurutnya kebanyakan Musuk dibakar saja dahulu sebelum dikonsumsi. Hal itu bisa dilakukan karena daging kelinci ternyata mengandung satu zat yang disebut senyawa kitotefin. Menurutnya keampuhan kelelawar jenis musuk sudah tidak perlu diragukan lagi. Selain itu Pak Suyud juga menjelaskan bagaimana proses pemanfaatan Musuk tersebut untuk pengobatan. Lebih baik tak perlu digoreng. kebanyakan sembuh saja. ternyata banyak manfaat yang bisa diambil dari kelelawar bila kita mengetahuinya. Obat Hal itu juga dibenarkan oleh Pak Suyud. dan sepertinya agak berkurang khasiatnya. Salah satunya adalah upaya pemanfaatan satwa jenis ini untuk pengobatan. Biasanya lowo Musuk banyak di daerah ini pada musim hujan.

bisa sebagai penyembuh penyakit asma. bisa menyebabkan pecahnya membran. Secara teknis. saluran napas menyempit hingga terjadi asma. Dan menurut hasil penelitian mereka juga. Suhu yang disarankan untuk memasak daging ini. Sebab kalau sembarangan mengolah bisa mengakibatkan hilangnya kadar kotitefin yang ada. Yang perlu diperhatikan mungkin hanya masalah pengolahan daging sebelum dimakan. didapat kemungkinan bahwa kelelawar juga memiliki senyawa jenis serupa. Sebab daging tersebut merangsang terbentuknya antibodi pada tubuh. Jadi disarankan tidak mengolah daging dalam kondisi terlalu panas. Asma. jangan sampai melebihi 150 derajat Celcius. . Hasilnya. Dan apabila antibodi tersebut melekat pada sel mastorit. daging penghasil senyawa kitotefin ini berfungsi untuk menstabilkan membran sel mastosit. yang terjadi lantaran alergi bisa dicegah dengan adanya daging bersenyawa kitotefin itu di dalam tubuh. Pecahnya membran bisa membentuk otot-otot polos saluran napas berkontraksi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful