Pengobatan Ruqyah Diposting oleh HeNdRa pada Dec 26, '07 5:19 AM untuk semuanya DEFINISI: Ruqyah Syar'iyah adalah sebuah

terapi syar'i dengan cara pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an dan do'a-do'a perlindungan yang bersumber dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, yang dilakukan seorang muslim, baik dengan tujuan untuk penjagaan dan perlindungan diri sendiri atau orang lain dari pengaruh jahat pandangan mata (al-'ain) manusia dan jin, kerasukan, pengaruh sihir, gangguan kejiwaan, berbagai penyakit fisik dan lain-lain; Maupun dengan tujuan untuk pengobatan dan penyembuhan bagi orang yang terkena salah satu diantara jenis-jenis gangguan dan penyakit tersebut. PENTING: Istilah Ruqyah disertai kata Syar'iyah dimaksudkan bahwa, terapi ini dalam pelaksanaannya harus murni semurni-murninya sesuai dengan batasan-batasan Syari'ah Islam yang berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah. Dan hal itu baik dalam kemurnian Aqidah, niat dan tujuan, muatan dan isi, maupun tata cara pelaksanaan. Jadi harus bersih sebersih-bersihnya dari unsur-unsur campuran yang tidak berdasar (bid'ah) dan yang melanggar hukum Syara'.

URGENSI RUQYAH SYAR'IYAH: 1. Menghidupkan sunnah Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam dalam hal penjagaan dan perlindungan diri serta terapi pengobatan penyakit jiwa maupun fisik. 2. Minimnya pembentengan diri dengan wirid - wirid dan dzikir- dzikir syar'i, sehingga banyak kalangan yang berpeluang terkena pengaruh buruk pandangan mata kedengkian manusia dan jin. Disamping banyaknya korban kejahatan dunia sihir dan perdukunan. 3. Beragamnya faktor penyebab campur tangan dan gangguan jin di alam manusia melalui berbagai pintu, antara lain : a. Pintu kelemahan kondisi psikologis (kejiwaan) seperti : Perasaan takut sekali, sedih sekali, marah sekali, kelalaian hati dari zikrudllah dan semacamnya b. Pintu memperturutkan hawa nafsu di tengah maraknya berbagai kemaksiatan. c. Pintu bid'ah dengan segala macam dan tingkatannya yang tersebar di tengah - tengah masyarakat. d. Pintu dunia perdukunan, peramalan dan sejenisnya. e. Pintu dunia beladiri dan olah kanoragan dengan menggunakan tenaga dalam. f. Pintu dunia olah pernafasan, meditasi dan semacamnya. g. Pintu dunia pengobatan alternatif supranatural. h. Kencederungan umum masyarakat kepada dunia klenik, mistik dan misteri. i. Dan lain - lain.

4. Ruqyah syar'iyah adalah sarana da'wah yang sangat efektif untuk menyelamatkan aqidah masyarakat dari bahaya kesesatan dan kesyirikan yang diakibatkan oleh maraknya dunia klenik dan perdukunan yang semakin merajalela di tengah masyarakat akhir - akhir ini. Apalagi hal itu didukung oleh kebebasan media massa cetak maupun elektronik yang mengekspos dan mempromosikannya secara besar - besaran. 5. Ruqyah syar'iyah merupakan sarana dan faktor yang sangat efektif dalam penjagaan dan peningkatan kondisi ruhani dan keimanan khususnya bagi aktifis da'wah Islam.

A. Petunjuk Al-Qur’an Tentang Pengobatan Banyak ayat Al Qur’an yang mengisyaratkan tentang pengobatan karena Al Qur’an itu sendiri diturunkan sebagai penawar dan Rahmat bagi orang –orang yang mukmin . “ Dan kami menurunkan Al Qur’an sebagai penawar dan Rahmat untuk orang-orang yang mu’min “( Al-Isra : 82 ). Menurut para ahli tafsir bahwa nama lain dari Al Qur’an yaitu “ Asysyifa “ yang artinya secara Terminologi adalah Obat Penyembuh.” Hai manusia , telah datang kepadamu kitab yang berisi pelajaran dari tuhanmu dan sebagai obat penyembuh jiwa ,sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman ” ( Yunus : 57 ). Disamping Al Qur’an mengisyaratkan tentang pengobatan juga menceritakan tentang keindahan alam semesta yang dapat kita jadikan sebagai sumber dari pembuat obat-obatan .” Dia menumbuhkan tanaman-tanaman untukmu, seperti zaitun, korma, anggur dan buah-buahan lain selengkapnya . sesungguhnya pada hal-hal yang demikian terdapat tanda-tanda Kekuasaan Allah bagi orang-orang yang mau memikirkan ( An-Nahl : 11 ) Dan makanlah oleh kamu bermacam-macam sari buah-buahan, serta tempuhlah jalan– jalan yang telah digariskan Tuhanmu dengan lancar. Dari perut lebah itu keluar minuman madu yang bermacam-macam jenisnya dijadikan sebagai obat untuk manusia. Di alamnya terdapat tanda-tanda Kekuasaan Allah bagi orang-orang yang mau memikirkan “ ( An-Nahl : 69 )

B. Metoda Pengobatan Para Rasul Sebelumnya. 1. Nabi Isa. As “ Dan akan dijadikan-Nya sebagai Rasul untuk Bani Israil .Katanya : Aku ini datang kepadamu membawa tanda Mukjizat dari tuhanmu yaitu aku dapat membuat dari tanah liat ini rangka burung untuk kalian, kemudian aku tiup lalu menjadi seekor dengan izin Allah. Dan aku sanggup menyembuhkan orang buta, penyakit sopak dan menghidupkan orang mati dengan izin Allah “ ( QS.Ali Imran : 49 ). Menurut para Mufassir, Nabi Isa mengobati penyakit buta dan sopak dengan cara diusap dengan tangan-Nya mata yang buta dan anggota tubuh yang terkena sopak dengan izin Allah melalui mukjizatnya maka seketika itu sembuh.

2. Nabi Musa. As

C. . karena sangat kuasanya sampai –sampai dia mengaku dirinya tuhan dari segala makhluk. Air liur yang ditempelkan pada tangan kanannya. Ada tiga cara yang dilakukan Nabi dalam Ruqyah: 1. Metoda Pengobatan Nabi Muhammad SAW Nabi Muhammad SAW sebagai Rasul yang diperintahkan oleh Allah untuk menyampaikan wahyu kepada umat-Nya tidak lepas tingkah lakunya dari Al Qur’an karena beliau dijadikan sebagai suri tauladan yang baik untuk semua manusia. seketika itu Beliau sembuh.bagi orang-orang yang mengharapkan Rahmat dan hari kemudian dan yang banyak yang memuja Allah “ ( Al Ahzab : 21) . Kata Imam Ali :“ Sesungguhnya semua tingkah laku Nabi Muhammad SAW adalah Al Qur’an ”. 1. 3. Dalam satu riwayat bahwasanya Nabi Muhammmad SAW apabila beliau sakit maka membaca “Almuawwidzat” yaitu tiga surat Al Qur’an yang diawali dengan kata “ A’udzu ” Yaitu : surat An Nas. Dan kedua kalinya beliau sakit kemudian memetik sehelai daun secara spontanitas tanpa diniatkan sebagai obat yang hakikatnya Allah Sang Penyembuh maka ketika itu sakitnya tidak sembuh .”ALLAHUMMA ROBBINNAS ADZHABILBAS ISYFI ANTASY-SYAFII LAA SYIFA-A ILLA SYIFA-UKA LAA YUGODIRU SAQOMAN ". Di riwayatkan oleh Bukhari-Muslim : Bahwasanya Nabi Muhammad SAW apabila ada manusia tergores kemudian luka . Nafats. Al Falaq dan Al Ikhlas kemudian ditiupkan pada dua telapak tangannya lalu diusapkan keseluruh badan. 1. Nafats yaitu membaca ayat Al Qur’an atau doa kemudian ditiupkan pada kedua telapak tangan kemudian diusapkan keseluruh badan pasien yang sakit. 1. 2. Nabi Musa tidak terlepas dari sifat kemanusiannya yang merupakan Sunnatulloh yaitu sakit. Ruqyah Ruqyah atau yang kita kenal dengan jampi–jampi merupakan salah satu cara pengobatan yang pernah diajarkan Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammmad SAW. karena Mukjizatnya seketika itu sembuh.inilah doanya “ BismIlahi arqiika minkulli syai-in yu’dziika minsyarri kulli nafsin au-ainiasadin Alloohu yasyfiika bismIlahi arqiika ”. Beliau pernah sakit lalu memetik sehelai daun yang diniatkan sebagai obat yang hakikatnya Allah yang menyembuhkan kemudian ditempelkan pada anggota yang sakit.maka beliau membaca doa kemudian air liurnya ditempelkan pada tangan kanannya.Inilah doanya. Firman Allah :“ Sesungguhnya pada diri Rasul itu ada terdapat suri tauladan yang baik untuk kamu . Ketika Rasullulloh sakit maka datang Malaikat Jibril mendekati tubuh beliau yang sangat indah kemudian Jibril membacakan salah satu doa sambil ditiupkan ketubuh Nabi. lalu diusapkan pada luka orang itu.” Maka berkata Fira'un : “ Akulah Tuhan yang maha tinggi “ ( An-Naziat : 24). Meletakkan tangan pada salah satu anggota badan.Sebagai seorang Rasul yang sangat dalam ilmunya dan sanggup melumpuhkan Fira’un sang raja kafir yang sangat kuat dan menguasai sebagian besar alam. 1.

Barangsiapa yang diberinya Al-Hikmah maka ia mendapat banyak kebaikkan. Dengan Memakai Madu. Wafaq Wafaq ialah ayat Al Qur’an. ” Allah SWT memberikan Al-Hikmah (kebijaksanaan) kepada orang yang dikehendaki ”. tetapi doa yang mereka gunakan pengertiannya sama. kemudian membaca doa untuk kesembuhan . Salah satu contoh bacaan ruqyah Hukama : Membaca AlFatihah untuk Nabi.Nabi Muhammad SAW pernah memerintahkan Utsman bin Abil Ash yang sedang sakit dengan sabdanya: “ Letakkanlah tanganmu pada anggota badan yang sakit kemudian bacalah “Basmalah 3x dan A’udzu bi-izzatillah waqudrotihi minsyarrima ajidu wa uhajiru 7x” 2. Asy-Syuara : 28). C. ada shahabat datang kepada Nabi SAW memberitahukan anaknya sedang sakit. 3. Sebagaimana Ayat diatas bahwa madu Allah jadikan sebagai obat maka Rasululloh menggunakan madu untuk mengobati salah satu keluarga shahabat yang sedanga sakit . kain yang dijadikan sebagai media pengobatan atau lainnya oleh para Ahli hikmah. Ruqyah ( Jampi-jampi ) Ruqyah yang diajarkan malaikat Jibril kepada Nabi dan yang dilakukan oleh Nabi. Para Ahli Hikmah umumnya dijadikan sebagai Thabib ( Dokter ) atau Paranormal oleh kebanyakan orang karena mereka mendapat bimbingan langsung dari Allah. dan Dialah Maha Pelindung lagi Maha Terpuji” (QS. Hanya orang-orang yang mau berfikir yang dapat mengambil pelajaran” ( Al-Baqarah :269 ) 1.Antara lain :” Allahumma isyfi abdaka yan-ulaka aduwwan aw yamsyi laka ila sholaah ” . Firman Allah: ”Dan Dialah yang menurunkan hujan setelah mereka putus asa. . kemudian Nabi menyuruh orang itu meminumkan anaknya madu asli sambil membaca doa. 2.Dalam satu riwayat. shahabat dan para wali seperti Syeikh Abdul Qodir Jailani. Lain dengan ruqyah yang dilakukan oleh Hukama. zikir atau doa yang ditulis diatas benda seperti kertas. Para ahli Hikmah apabila mengobati seseorang dengan cara ruqyah dengan membaca ayat Al Qur’an atau doa kemudian ditiupkan kedalam air yang nantinya air itu diminum oleh si Pasien. Asma Allah. An-Nusyroh adalah bentuk mahsdar dari kata “Nasyaro” yang artinya menebarkan. dan Dia tebarkan RahmatNya. Definisi. Salah satu contoh : Wafaq untuk orang yang sakit hati (Liver) ditulis pada gelas putih kemudian diisi air lalu diminumkan. (Tulis huruf Ha besar 2 kali dan huruf Ain 6 kali). keluarga. Insya Allah sembuh. Doa Mukjizat Banyak do’a-do’a untuk kesembuhan yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada umat-Nya. Metoda Pengobatan Hukama ( Ahli Hikmah ) Ahli Hikmah adalah orang-orang shalih yang diberikan oleh Allah ilmu dan Karomah sehingga dia tahu rahasia Allah.

Methoda Pengobatan dengan An-Nusyroh.Ø Lois Ma’lu : An-Nusyroh adalah Ruqyah yang mengobati orang yang sakit jiwa (gila) atau sakit-fisik. Ø Ibnu Jauzi : Annusyroh adalah melepaskan pengaruh sihir pada orang yang terkena sihir. An-Nahl : 69) Susu Murni. Pengobatan dengan cara medis dengan menggunakan ilmu kedokteran atau dengan ramuan yang mengandung obat untuk menyembuhkan penyakit. Korma adalah salah satu buah yang sering nabi anjurkan untuk mengkonsumsinya terutama bagi orang yang berbuka puasa. Madu dan Buah-buhan. Nabi saw bersabda: ”Korma Ajwa adalah obat dari segala penyakit” . didalamnya ada obat yang menyembuhkan bagi manusia. “Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagimu. Dan dari perut lebah itu keluar minuman (Madu) yang bermacam-macam warnanya. Dasar Hukum. Tidaklah seorang mampu melepaskan pengaruh sihir melainkan orang yang mengerti tentang sihir. Kami memberimu minum dari apa yang berada dalam perutnya berupa susu yang bersih antara kotoran dan darah yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya” (QS. Semula Nabi saw melarang mengobati dengan cara AnNusyroh karena mengandung unsur syirik dan bersekutu dengan Jin dan Syaitan. tetapi kemudian beliau membolehkan jika An-Nusyroh dengan menggunakan ayat Al-Qur'an dan doa. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda kebesaran tuhan bagi orang yang memikirkan” (QS. Ø Abu Sa’adat : An-Nusyroh adalah bagian dari pengobatan Medis dan Ruqyah yang mengobati orang yang terkena sentuhan Jin. Berdasarkan definisi diatas dapat kita rangkum An-Nusyroh adalah pengobatan dengan cara medis dan Ruqyah yang mengobati orang yang terkena pengaruh sihir dan sentuhan Jin dan Syaitan yang mempengaruhi fisik dan mental. AnNahl : 66) Korma Ajwa ( Korma Nabi ). “Kemudian makanlah dari tiap-tiap macam buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan bagimu. Pengobatan dengan Cara Medis. Nabi saw ditanya tentang An-Nusyroh? Beliau menjawab: “ An-Nusyroh adalah perbuatan Syaitan ”. ( HR. ada korma khusus untuk pengobatan yaitu Korma Ajwa. Abu Daud ). Jadi mengobatan dengan cara AnNusyroh ada dua cara: 1. karena korma mengandung zat gula yang baik untuk pertumbuhan badan.

Ayat Al-Qur'an. “Dan jika kamu ditimpa sesuatu godaan syaitan maka berlindunglah kepada Allah. “Tidak ada Ruqyah kecuali untuk melepaskan pengaruh mata (sihir) dan sengatan hewan berbisa” (HR. Istia’dzah (Mohon perlindungan). Pada hakikatnya semua ayat Al-Qur'an dapat dijadikan sebagai pelindung orang-orang yang beriman dari segala godaan syaitan dan sebagai obat dari segala penyakit akan tetapi ada beberapa ayat atau surat tertentu yang diajarkan Nabi yang dapat dijadikan sebagai Ruqyah untuk menangkal penyakit yang disebabkan oleh pengaruh sihir atau godaan Syaitan dan Jin. Tidaklah mengapa Ruqyah yang tidak ada unsur syirik” (HR. Al Isra : 45). Secara langsung Al-Qur'an tidak menjelaskan lafadz-lafadz yang dipakai untuk perlindungan kepada Allah dari godaan syaitan tetapi kemudian Nabi mengajarkan beberapa lafadz yang dibaca untuk berlindung kepada Allah dari godaan syaitan antara lain : · · · · A’udzu bIlahi minasysyaithonir-rojim A’udzu bIlahis-sami’il alim minasysyaithonir-rojiim A’udzu bikalimatIlahit-taammaati minsyarrimaa kholaq A’udzu bikalimaatIlahit-taammaati min godhobihi waI’qobihi wasyarri ibadihi wamin hamazaatisy-syayaathini wa-ayyahdhuurun A’udzu biIzzatIlahi waqudrotihi min syarrimaa ajidu wa-uhajiru A’udzu bIlahi minasyyaithonir-rojim min hamzihi wanafkhihi wanaftsihi · · 2. Ruqyah adalah bentuk tunggal dari kata Ruqo artinya jampi-jampi maksudnya jampi-jampi dengan menggunakan bacaan atau mantra untuk menolak pengaruh sihir dan godaan Syaitan dan Jin yang mempengaruhi fisik dan mental manusia. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui” (QS.2. “Dan apabila kamu membaca Al-Qur'an niscaya kami adakan antara kamu dan antara orang–orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat suatu dinding (pelindung) yang tertutup” (QS. Al A’rof : 200). Ahmad. Al Isra : 82) . Abu Daud dan Attirmizi) “Dari Auf bin Malik berkata : Kami pernah me-Ruqyah seorang pada zaman Jahiliyah. ”Dan kami turunkan dari Al-Qur'an itu sebagai Penyembuh dan Rahmat bagi orang-orang yang Mukmin. kemudian kami bertanya: Wahai Rosullulloh bagaimana menurut pendapatMu tentang yang demikian? Maka Nabi bersabda: Jelaskan kepadaKu tentang Ruqyah kalian. Muslim) Bacaan untuk Me-Ruqyah : 1. dan ia (Al-Qur'an) tidak menambah bagi orangorang yang zhalim melainkan kerugian” (QS. Pengobatan dengan Cara Ruqyah.

Shoffat 3 ayat diakhir surat Al Hijr Yunus : 81 Al Anbiya : 70 Al Furqon : 23 Al A’rof : 118-119 3. Banyak sekali doa untuk perlindungan dari syaitan dan kesembuhan penyakit yang ada didalam Al-Qur'an atau yang diajarkan oleh Nabi. Muslim).· · · · · · · · · · · · · · · · · Al Muawwidzatain (An-Naas dan Al Falaq) Al Fatihah 4 ayat diawal surat Al Baqarah Al Baqarah ayat 163 dan 164 Ayat Kursi (Al Baqarah : 255) 3 ayat diakhir surat Al Baqarah Ayat pertama surat Ali Imran Ali Imran ayat 18 Al A’raf ayat 54 Al Mu’min ayat 116 Al Jin ayat 3 10 ayat diawal surat Ash. Firman Allah : ”Jikalau Allah menimpakan . disini kami ungkapkan beberapa doa yang diajarkan oleh Nabi: · · BismIlahi turbatu ardhinaa biriiqoti ba’dhina yasyfibihi saqiimana bi-izni robbina Allahumma Robban-naas Azhibilbaas Isyfi antasysyaafii Laa syifaa-a Illaa syifaauka Syifaa-an laayugoodiru saqoman. ”Setiap penyakit itu ada obatnya. Doa Mohon Kesembuhan. jika tepat obatnya maka penyakit akan sembuh dengan izin Allah ‘Azza wa Jalla” (HR. Amsahil baas Robbannaas Biyadikasy-syifaa Laa kaasyifalahu Illaa anta · Tata-cara Me-Ruqyah.

Bukhari dan Muslim) > Mengusapkan tangan pada anggota yang sakit sambil membaca Ruqyah.bahaya (penyakit) kepadamu maka tidak ada yang dapat menghalanginya selain Dia dan jikalau Allah menghendaki kebaikan untukmu maka tidak ada yang dapat menghalangiNya. “Hadits dari A’isyah. Ia pernah membawa air zamzam kemudian ia memberitahu (kepada para shahabat) bahwasanya Rosululloh saw membacakan doa pada air zamzam yang ada dalam bejana dari kulit lalu beliau menuangkan air itu pada gelas dan meminumkannya kepada orang-orang yang sakit” (HR. apabila jiwanya tidak diisi dengan ke-yaqin-nan dan penuh pasrah kepada Allah serta tidak menyimpang dari ketentuan Ruqyah. > Dibacakan dan ditiupkan pada kedua telapak tangan kemudian diusapkan pada anggota badan mulai dari kepala. bagian muka dan bagian depan badan hingga tubuh yang dapat dijangkau . Beliau kerjakan tiga kali. “Hadits dari A’isyah: Bahwasanya Nabi saw pernah mendoakan salah satu kelarganya yang sakit dengan meletakkan tangan kanannaya (pada tubuh yang sakit) sambil membaca: ”Allahumma robbannaas Azhibil baas Isyfi antasysyafii Laa syifaa-a illaa syifaauka Syifaaan laa yugoodiru saqoman” (HR. “Dan Allah menurunkan kepadamu air hujan dari langit untuk menyucikan kamu dengan hujan itu menghilangkan dari kamu gangguan-gangguan Syaitan dan untuk menguatkan hatimu dan mempertaguh dengannya telapak kakimu (pendirianmu) “ (QS. bagian depan badan dada dan seterusnya. Bukhari dan Muslim) > Dibacakan Ruqyah pada bejana yang berisi air dan ditiupkan ke-dalamnya kemudian menyuruh penderita untuk meminumnya atau mandi dengan air tersebut. Al Anfal : 11) Didalam Islam bersuci ada dua bagian: pertama bersuci yang bersifat lahiriyah yaitu bersuci badan dari hadats dan najis dengan air muthlak dan kedua bersuci yang bersifat bathiniyah yaitu menjauhkan diri dari sifat-sifat yang buruk yang disebabkan oleh pengaruh Syaitan. kebaikan itu diberikan olehNya kepada orang yang dikehendaki dari hamba-hambaNya. A’isyah berkata: ”Tatkala aku merasa sakit maka beliau menyuruh aku mengerjakan seperti ini” (HR. “Hadits dari A’isyah: Bahwasanya Nabi saw apabila ada seorang merasa tubuhnya ada yang sakit maka beliau meletakkan ibu jariNya pada tanah kemudian diangkatnya sambil membacakan doa: ”BismIlahi turbatu ardhinaa Biriiqoti ba’dhinaa Yusqoobihi saqiimunaa Biizni robbinaa” (HR. Al Falaq dan Annas) lalu beliau mengusapkan kedua telapak tangan mulai dari bagian kepala. Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS. Muslim). muka. Bukhari-Muslim) > Dibacakan pada ibu jari kemudian ditempelkan pada bumi lalu ibu jari diletakkan pada anggota tubuh yang sakit. kemudian ditiupkan pada keduanya sambil membaca “Al Muawwidzat” (Al Ikhlas. Cara Meminum air Zamzam atau air Asma : · Meminum air dengan niat untuk kebaikan dunia dan akhirat . Yunus: 107) Tidaklah semua orang dapat disembuhkan dengan Ruqyah Al-Qur'an atau doa-doa yang diajarkan oleh Nabi. “Hadits dari A’isyah: Bahwasanya Nabi saw apabila berbaring ditempat tidur maka Ia gabungkan kedua telapak tanganNya.

Al Baqarah: 195). Al Isra : 84). Al-Hakim) “Berobatlah wahai hamba-hamba Allah karena sesungguhnya Allah tidaklah menurunkan suatu penyakit. baik obat yang telah diketahui oleh orang maupun yang belum diketahuinya. “Allahumma inni as-aluka ilman nafi’an warizqon wasi’an wasyifa’an min kulli da’in” Tiga kali nafas ketika meminum Minum sampai rasa haus hilang Setelah minum kemudian air diusapkan pada kepala. selain penyakit yang satu yaitu penyakit tua (pikun) “ (HR.· · · · · Menghadap kiblat ketika hendak meminum Membaca shalawat untuk Nabi saw Membaca Basmalah Membaca doa. ”Sesungguhnya . Nabi saw bersabda: ”Obat segala kesulitan adalah bertanya (konsultasi) > Larangan dalam Berobat : Berobat kepada yang bukan Ahlinya : “Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu kedalam kebinasaan dan berbuat baiklah karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik” (QS. kecuali telah diturunkan pula obatnya. Nabi saw bersabda: ”Apabila sesuatu perkara diserahkan kepada yang bukan ahlinya maka tunggulah kehancurannya” Berobat dengan Sesuatu yang Dilarang Allah : “Sesungguhnya Allah Ta’ala tidaklah menjadikan obat untuk penyembuhanmu pada hal-hal yang diharamkan atasmu” (HR. > Perintah untuk Berobat : “Sesungguhnya Allah Ta’ala tidaklah menurunkan suatu penyakit. Aththabrani). Meskipun berobat itu diperintahkan agama tetapi penggunaan obat dibatasi pada hal-hal yang halal. An-Nahl : 43) “Katakanlah: Tiap-tiap orang berbuat menurut keadaannya(propesinya) “ (QS. · · · Penyakit yang Dapat Disembuhkan dengan Ruqyah. Ahmad. kecuali mati” (HR. seperti berobat dengan meminum darah atau minuman keras atau berobat dengan memakan makanan yang diharamkan Allah. Jadi tidak dibenarkan menjadikan sesuatu yang haram menjadi obat. muka dan dada tiga kali. kecuali Allah telah menurunkan pula obatnya. > Perintah Konsultasi kepada Ahli Pengobatan : “Maka pertanyalah kepada orang-orang yang mempunyai keahlian jika kamu tidak mengetahui” (QS. Ibnu Hibban dan Al-Hakim).

kena tembak atau terjatuh. seperti keracunan. Syaitan atau Jin. Sebab jasad Renik atau Makro. seperti kesusahan. ketakutan. yudium. Sebab kekurangan unsur tertentu dalam konsumsi. serangga atau cacingcacing. trouma. Penyakit disebabkan Pengaruh Sihir. · · · · · · · · Sihir perceraian Sihir guna-guna Sihir Hipnotis Sihir gila Sihir lesu Sihir suara panggilan Sihir penyakit Sihir pendarahan . seperti terkena api atau benda panas. Sebab-sebab dari luar ialah segala sebab yang asalnya dari luar. Hal ini dapat dibedakan menjadi enam macam: Sebab Mekanis. seperti luka terkena benda tajam atau tumpul. darah. Sebab-sebab Penyakit terdiri dari Dua Golongan : · Sebab-sebab dari dalam ialah kelainan-kelainan dari tubuh sendiri yang pada umumnya tidak diketahui dengan jelas apa sebabnya. daging babi dan binatang yang (ketika disembelih) disebut nama selain Allah” (QS. virus. Al Baqarah : 173) I. Sebab kejiwaan. Ruqyah atau lainnya II. disambar petir Sebab Kimia.Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai. Penyakit Fisik. terkena aliran listrik. Reflexsiologi. seperti vitamin. Sebab Fisik. seperti bakteri. · · · · · · · Mengobati penyakit fisik lebih dominan menggunakan medis atau ilmu kedokteran tetapi tidak menjamin untuk sembuh maka solusinya banyak pasien yang datang untuk berobat Atternatif seperti Terapi. mineral.

buah jambu yang masak ada dua buah. Tiba-tiba tanpa sengaja pikiran saya melayang jauh ke masa lampau. keinginan beribadah... bagaimana upaya seekor cicak menyambut rizkinya. "Dahulukanlah orang lain. Kembali mata saya berkaca-kaca. istilah orang kampung. Karena sang pemilik rumah ingin lebih mengutamakan tamunya dari pada keluarganya. mengingat peristiwa sederhana itu. Walaupun dengan menunggu dalam waktu yang cukup lama. saya mau mengambil buah jambu yang ada di halaman rumah kami. Ceritanya. Tetapi baunya harum dan rasanya manis.. apabila pikiran terbayang pada beliau. Tetapi tetangga depan rumah kita itu.. Tapi mata belum juga bisa terpejamkan. Walaupun hanya setingkat sekolah dasar. Sehingga semua orang yang melihatnya kepingin sekali merasakan bagaimana rasa buah `jambu jepang' tersebut. pada masanya.· · Sihir menghalangi sesuatu ( Rejeki. ) Sihir mandul atau susah hamil [daarut-tauhiid] Rahasia Dzikir firliana putri Mon. Kalau tidak cepat diambil nanti kan membusuk?" Jawab ibu : "Nak. ! Begitulah kira-kira inti pelajaran istimewa yang saya terima dari beliau Mengenang peristiwa itu. Agar hatinya senang. Setelah menyaksikan adegan istimewa yang disuguhkan Allah Swt di dinding kamar saya. Kemarin ibu lihat anaknya pingin sekali mengambil jambu itu. ia memberikan makanan milik . Diantara sekian banyak pelajaran kehidupan yang kami terima. Pada hari itu. Berikan buah jambu itu kepada mereka. Pohon itu sangat langka pada saat itu. Pada sore hari yang cerah.. Atau dalam lingkungan lainnya. 05 Jun 2006 03:07:58 -0700 NASEHAT SANG IBUNDA Jam menunjukkan pukul 23. Ketika sore itu saya mau mengambil buah yang sudah ranum. Sebuah peristiwa yang mungkin setiap orang akan pernah menjumpainya dalam keluarganya masing-masing. Kata saya : '. belum pernah mencicipinya. ibu melarangnya. Tetapi cara-cara beliau mendidik dan memberi pelajaran kepada kami. kita kan sudah pernah makan buah tersebut. tamu. Sehingga saya agak kecewa karenanya. Perlu diketahui bahwa pohon jambu yang kami tanam di depan rumah kami adalah buah 'jambu jepang'. dengan model yang berbeda. Buah jambu itu tampak sudah matang dan begitu menggairahkan. ada satu hal yang terus saya ingat. Waktu itu bertepatan dengan hari ke sebelas bulan ramadhan. Kadang-kadang satu pohon hanya ada satu atau dua buah saja yang masak. dll. Sosok ibu kami. Di kampung tempat kami tinggal hanya ada satu pohon itu saja. Dan memang kadang-kadang kita hanya bisa makan satu atau duah buah saja yang sedang masak. Perlu diketahui pula bahwa buahnya sangat kecil hanya sebesar buah kelengkeng saja. di rumah sahabat tersebut tidak terdapat sesuatu makanan. saya jadi teringat sebuah riwayat yang menceritakan tentang seorang sahabat yang oleh rasulullah disuruh menjamu tamunya. Pohon itu kalau berbuah juga tidak terlalu banyak. beliau tidak pernah merasakan bagaimana menjadi seorang murid. Karena itu janganlah diambil. saya tidak boleh mengambil buah tersebut? Kan itu milik kita. sungguh sangat mengesankan dan membuat kami selalu kagum pada beliau. kecuali makanan milik anaknya.00.mengapa bu. Beliau tidak pernah sekolah.

tiba-tiba saya teringat akan nyamuk yang saya bunuh tadi. Agar bisa mendekati Sang Khaliq. maka lampu di dalam rumahnya dipadamkan. Yaitu ketika waktu makan bersama tamunya. telah menyelinap di hati yang paling dalam. padahal piringnya kosong. Kalaulah sampai Allah Swt. Wahai kaumku. mereka mencintai orang yang berhijrah kepada mereka. Seketika matilah nyamuk tersebut oleh kedua tangan saya yang menepuknya. kambing sadaqah.. Setelah suasana menjadi gelap. Sang tamu makan sungguhan. tidak pernah diminta kecuali selalu memberi. Untuk maksud itu. Tanpa terasa saya terbangun dari tidur. Maka lelaki itu pulang dan ia berkata kepada kaumnya. saya menuju kamar mandi. atas diri mereka sendiri. Agar bisa dicontoh dan diteladani oleh umat manusia. dan saya 'terperangkap' dalam khusyu'nya tahajud malam. sungguh betapa hebatnya kejadian itu sehingga perlu diabadikan dalam kitab suci akhir zaman ini. maka mereka 'makan' bersama-sama. mengambil air wudhu dan kembali ke kamar tidur.30. Setelah terbangun dari gangguan nyamuk tadi. sang pemilik rumah makan pura-pura. Dan tak tertahankan lagi. Demikian pula banyak pelajaran-pelajaran yang diberikan oleh Rasulullah saw. agar kita selalu berbuat baik kepada orang lain. sang pemilik rumah pura-pura makan juga. Berikutnya saya mengambil sajadah. MEMBUNUH NYAMUK DI TENGAH MALAM Jam dinding tepat menunjukkan pukul 02. Saat itu diri ini merasa berdosa. mereka itulah orang-orang yang beruntung. Selesai melakukan shalat. berkata. sebagai penghargaan terhadap peristiwa tersebut. dan mereka mengutamakan (orang-orang Muhajirin). Agar bisa mencintai Sang pengasih. Mengapa pura-pura? Supaya sang tamu tidak mengetahui kalau pemilik rumah sebenarnya tidak ikut makan. bahwa rasulullah saw itu. dzikir yang cukup panjang mewarnai malam itu. Ia memberi dengan pemberian yang sangat banyak. Nyamuk itulah justru yang telah membangunkan saya dari tidur lelap agar bisa tahajud malam. Tetapi 'pahlawan' itu terbunuh dalam 'tugas mulia'nya ketika membangunkan manusia dari kekhilafannya. Maka bertambah . sebab telah membunuh seekor nyamuk yang telah berjasa besar. Ditengah basahnya lidah menyebut asma Allah. Dan mereka tiada menaruh keinginan dalam hati mereka terhadap apa-apa yang diberikan kepada mereka (orang Muhajirin). Pernah datang seorang lelaki kepada Rasulullah untuk meminta. Rasa salah yang begitu besar.. serta memiliki sifat murah hati terhadap orang lain.anaknya tersebut kepada tamunya dengan cara yang sangat luar biasa.. masuk Islamlah kalian semua! Sesungguhnya Muhammad itu amat pemurah. Secara reflek tangan saya bergerak. sehingga turunlah ayat Al-Qur'an surat Al-Hasyr (59) : 9. mata basah oleh penyesalan yang mendalam. Anas bin Malik ra. padahal perutnya sangatlah laparnya. Dan orang-orang yang telah menempati Kota Madinah dan telah beriman (Anshar) sebelum (kedatangan) mereka (Muhajirin). menurunkan sebuah ayat lantaran peristiwa tersebut. maka beliau memberikan kambing-kambing yang banyak yang berada diantara dua gunung. Dan siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya. Pura-pura kehabisan minyak.. Peristiwa itu begitu luar biasanya. Saya dikagetkan oleh dengungan suara seekor nyamuk yang mau hinggap di tubuh. Sekalipun mereka memerlukan (apa yang mereka berikan itu). Dan 'plak'. tidak pernah takut melarat.

Penghuni syurga itu adalah orang-orang yang beruntung. apakah rezekinya. Ataukah orang-orang yang menggunakan waktu malamnya untuk menuju tempat atau melakukan perbuatan yang dilarang Allah. muncul di benak saya. padahal gigitannya mendatangkan rasa sakit. Kenikmatan yang didapatnya tak dapat diutarakan dengan kata-kata. Saya termenung memikirkan kejadian semalam itu. Apa yang menyebabkan saya menjadi menyesal setelah membunuh nyamuk itu? Pertanyaan demi pertanyaan. di tempat lain banyak juga orang-orang yang menggunakan waktu malamnya yang sangat berharga itu. suasana malam hari yang hening akan menyebabkan seseorang bisa berfikir dengan begitu jernihnya tanpa dipengaruhi oleh dunia yang penuh dengan tipu daya. Mengapa? sebab suasana sudah berubah. dengan melakukan dzikrullah. Sementara. Manakah yang benar? Apakah yang terbunuh malam itu.. untuk melakukan perbuatan maksiat yang dilarang oleh Penciptanya. Bahkan dalam bulan ramadhan ada suatu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan.. ataukah justru ia adalah seekor binatang kecil sebagai sosok pahlawan yang rela mati demi kepentingan seorang manusia agar bisa bertemu dengan Tuhannya. dan calon penghuni surga. . Pertanyaan yang mungkin muncul di benak kita adalah.. Padahal semua fasilitas untuk berbuat maksiat itu adalah didapat karena kasih sayang Tuhannya.. tidak sebutir air matapun yang menetes. setelah itu ia asyik tenggelam dalam shalat tahajudnya..berderailah air mata penyesalan. ketika saya berusaha mengulang untuk merekonstruksi kejadian malam itu. Dia bangun tengah malam. atau kesempatannya. Apakah kesehatannya. calon penghuni neraka... Keesokan harinya. atau umurnya. disela-sela dzikir asmaul husna. mari kita melihat dan merenungkan suasana tahajud kita masing-masing. Dan kita pun tinggal memilih. menganjurkan kita agar sering bangun di sepertiga malam terakhir. Semua yang dipakai untuk pergi menuju tempat 'terlarang' itu berasal dari Tuhan sang Penciptanya. agar kita mendapatkan suatu anugerah yang luar biasa. Sungguh sangat masuk akal kalau Rasulullah saw. Tiada sama penghuni neraka dengan penghuni syurga. Manakah yang lebih pintar? Apakah orang-orang yang menggunakan waktu malamnya untuk menuju keridhaan Allah." TAHAJUD CINTA Sebelum memejamkan mata untuk tidur dalam rangka mengakhiri aktifitas 'dua puluh empat jam' ini. dalam Surat Al-Hasyr : 20 "(sungguh). diambilnya air wudhu' untuk mensucikan dirinya. Pertanyaan yang selalu muncul adalah mengapa pada malam itu. Tetapi memang sungguh berbeda. ia adalah seekor binatang jahat yang akan mendatangkan kerugian karena gigitan atau penyakit yang dibawanya. Ada sebagian orang yang menggunakan waktu malamnya untuk mendekatkan diri pada Ilahi. berada pada golongan manakah diri kita? Kata Allah Swt. saya bisa menangisi seekor nyamuk? Padahal ia membawa penyakit.. Yang jelas.

maka semuanya merupakan perilaku istimewa di hadapan Allah. setelah itu selesai dan bangga. lalu kita sekalian mengambil air wudhu' dan kitapun melaksanakan shalat tahajud. mengapa ketika shalat tahajud sendirian saat tidak ada orang yang melihatnya. ketika semua orang lelap dalam tidurnya? Ataukah karena alasan lainnya? Setiap posisi itu tentu mempunyai nilai yang berbeda.. yang bangun malam melakukan shalat tahajud.. Tentang pakaian. Bagaimana kondisi kita? Apakah bacaan kita begitu `mesra' saat kita bertemu dengan Dzat yang kita cintai. Untuk siapa pakaian kita yang bagus dan indah itu? Kalau untuk Allah Swt. agar Allah membangunkan diri kita untuk melakukan shalat tahajud. ataukah sekedar tahajud tanpa makna. apakah kita mengenakan pakaian yang seadanya saja. marilah kita mencoba mengukur diri masing-masing. Kalau kita hitung.. begitu seringnya kita bertemu dengan Allah Swt dalam berbagai macam peristiwa. 1. Ataukah kita mengenakan pakaian yang bagus. anak kita. begitu harum tubuh kita. Yang melakukan shalat hanya sekedarnya. dan kita lanjutkan dengan shalat tahajud. Untuk mengetahui hal itu. Setelah kita melakukan wudhu' di waktu malam yang cukup dingin itu. Demikian juga tentang bacaan dan gerakan shalat yang kita lakukan di malam hari. 2. Ataukah tiba-tiba kita ingin ke kamar mandi. kita justru mengenakan pakaian yang tidak indah? Seorang yang mencintai sesuatu. ataukah pakaian tidur saja. kira-kira ada berapa orang yang bangun untuk melakukan shalat tahajud? Misalnya di sebuah kota? Atau di sebuah kampung? Sungguh amatlah sedikitnya! Tetapi marilah kita melihat diri kita masing-masing! Dimanakah posisi kita? Apa yang menyebabkan kita melakukan shalat tahajud? Apakah demi kecintaan kita kepada Allah Swt. Apakah yang melatarbelakangi kita bangun malam? Apakah kita shalat tahajud karena terpaksa. pada saat di sepertiga malam menjelang pagi. istri / suami kita. karena sudah melaksanakan sebuah 'ritual' shalat tahajud. Ketika suatu saat kita shalat tahajud. Tentang bacaan dan gerakan. Karena kita melakukan sesuatu yang memang istimewa. ataukah bacaan kita terburu-buru agar shalat cepat selesai? Apakah gerakan shalat kita begitu sempurna layaknya seorang prajurit yang sedang berada di hadapan komandannya. Apapun yang menyebabkan kita bangun malam. ketika semua orang tidak ada yang mengetahuinya. Dan kita pun ikut bangun malam lalu kita lakukan shalat tahajud itu.. dan akhirnya kembali lagi ke rumah untuk tidur lagi. atau ada orang dekat kita. yang bersih... maka bandingkanlah dengan ketika kita pergi ke masjid untuk melakukan shalat jum'at. dan waktu itu pakaian yang kita kenakan adalah pakaian yang seadanya saja. tentu ia akan memberikan yang terbaik buat si Dia. dan yang Allah menyenanginya. Mungkin dikarenakan saudara kita. sekitar jam tiga malam wib. selanjutnya melakukan perjalanan seharian di luar rumah. 3. Maka harapan kita tentulah saat ini kita telah .Apakah tahajud kita sebagai tahajudnya seorang hamba yang mencintai penciptanya. sehingga kita begitu rindunya ingin bertemu denganNya. Tentang niat. Begitu indah pakaian kita. ataukah gerakan kita semaunya saja? Setelah kita mengembara mulai saat bangun pagi. Atau kita sebelum tidur sudah berdo'a kepada Allah. ketika kita mengambil pakaian untuk melakukan shalat.

dan terus akan saya ingat untuk selamanya. Selang beberapa saat. ia juga seorang da'i yang sering memberikan petuah di masyarakat sekitarnya. dan juga ke wajah orang tersebut yang masih berjongkok di dekat kaki ayah saya. dimana saat itu ayah sedang berbaring atau bahkan lagi tidur. Tiba-tiba ayah saya berkata perlahan kepada saya :''. saya mulai bisa menyimpulkan bahwa ternyata ia adalah seorang kiai muda." Inilah tanda cinta yang sebenar-benarnya cinta.. tiba-tiba ia mengajukan pertanyaan. RAHASIA DZIKIR Ada sebuah kejadian yang sangat unik. Kecintaan dan kerinduan kepada Allah Swt akan tercermin dalam tahajud kita. dan hati yang tentram. hanya bisa saya jumpai dalam literatur diskusi-diskusi lama.nak. tetapi beliau saat ini agak sakit. tolong ambilkan segelas air putih. tidak berani mengganggu. Apakah ayah lagi haus... Saya tidak tahu apa yang dido'akan oleh orang tersebut. tiba-tiba ayah saya membuka mata. Apakah ia mendo'akan agar ayah saya lekas sembuh atau do'a yang lain.. tidak.. beliau memandang ke arah saya... adalah mereka yang pada akhir hayatnya dipanggil oleh Allah Swt."Jawab saya. Sesampai di rumah. yang cukup disegani didaerahnya. fad khulli fii tibaadii wad khulii jannatii. ada seseorang yang menemui saya. apakah saya masih punya seorang ayah? Saya jawab. ?" Oh. Ini kan ada tamu. saya punya ayah. Akhirnya..menjadi seorang hamba yang begitu dekat dengan Allah Swt. Atau ingin minum obat.. sekitar pukul empat sore saya bersama dengan orang itu menuju rumah. . apakah bisa saya bertemu dengan beliau? Kalau memang itu keinginan bapak. Dimana beliau sekarang? "tanya lelaki itu. kitapun harus berupaya untuk dekat dengan Allah Swt. Tahajud cinta seorang hamba adalah tahajud kerinduan. Pada hari itu.. Kami menunggu di sebelah pembaringannya." jawab ayah saya. "saya bergegas ke belakang sambil bertanya kepada ayah.. untuk menemui ayah yang memang sedang sakit. Sebuah pelajaran istimewa dan sangat berharga. langsung saja ia saya antar ke kamar ayah. Kalaulah ending hidup setiap hari. Beliau ada di rumah. Itulah saat ending yang paling indah dalam hidup kita selama dua puluh empat jam setiap hari." jawab saya. Ia memakai pakaian yang menunjukkan sebagai seorang muslim. yang kejadian semacam itu. Tahajud cinta seorang hamba adalah tahajud yang mencerminkan jiwa yang tenang. Setelah beberapa saat kami terlibat dalam pembicaraan perkenalan. Setelah berbincang-bincang sebentar. ia ke sini mau mencari ilmu..irji’i ilaa rabbiki raadhiyatam mardhiyyah. nanti kita bersama-sama menemui ayah saya. Di samping itu. oh iya. Orang yang berhasil dalam hidupnya. Tetapi saat itu saya betul-betul menjumpai dan sekaligus merasakan dalam kehidupan nyata. Saya lihat orang itu sesekali nampak berdo'a sambil berjongkok di dekat kaki ayah saya yang sedang tertidur. maka demikian pula dengan ending hidup seluruhnya. Saya agak heran karena saya tidak begitu kenal dengan laki-laki yang masih muda tersebut.. Saya heran dengan perkataan ayah. saya ingin sekali bertemu dengan ayah anda.. dengan panggilan yang sangat mesra : "yaa ayyatuhan nafsul muthmainnah. Lelaki muda itu melanjutkan. kita disuruh Rasul untuk dekat dengan Allah dalam tahajud. bukan tahajud paksaan..

sambil beliau berkata チ E. dan ia meminumnya sambil terus berjongkok. Ahmad. Bukan di mulut.. Cukup lama kami menunggu. Ia tetap berjongkok sambil menundukkan kepala. diletakkan di atas kepalanya mahkota dari permata yaqut yang lebih baik dari dunia dan segala yang ada di dalamnya. Setelah saya menerima segelas air putih itu... dan diberikan lagi ke saya. oleh beliau air di gelas itu diberi do'a. dan Ahli Ikhtiar Senin. Sungguh.Setelah saya ambilkan segelas air putih. ia lagi haus.チ E Di kamar itu begitu sunyi.. kasihan. ”Di dalam surga itu ada bidadari-bidadari yang baik-baik lagi cantik-cantik” (QS. akan menjadikan ilmu yang bermanfaat fid dunyaa wal aakhirat. Tetapi ayah tetap tidak bangun." Orang itu bangkit dan bergeser perlahan dari tempatnya. bahkan mata berkedip itu dzikir. ayah juga tidur dengan nyenyaknya. takut mengganggu beliau yang saat ini sedang asyik berdzikir dalam tidurnya.. saya berikan air itu kepada orang tersebut. sambil berjalan pulang. Bidadari-bidadari tersebut sangat baik akhlaknya dan sangat cantik wajahnya. At Turmudzi – hadis hasan. Banyak ayat dan hadits yang melukiskan sosok bidadari. Yang jelas ia tidak beranjak dari tempatnya. Saya lihat di sudut kelopak matanya ada setitik air mata.. Setelah berkata begitu. Tadi adalah pelajaran rahasia yang tidak setiap orang bisa menangkapnya. baru ini saya mendapat ilmu yang sangat berarti bagi hidup saya.. apabila hatinya ingat kepada Allah Swt. Nampaknya beliau tertidur dengan begitu nyenyaknya. sehingga sangat jelasnya suara ayah saya. Saya tidak tahu bagaimana perasaan orang itu mendengarkan dialog kami. sampaikan kepadanya. meskipun hanya satu kalimat. 22 Februari 2010 Bidadari Dan Penjelasannya “Ganjaran yang disediakan di sisi Alloh untuk orang yang mati syahid: Diampuni dosa-dosanya sejak tetes pertama darahnya. diperlihatkan tempatnya di surga dan dijauhkan dari siksa kubur.. tolong sampaikan kepada beliau. Ar Rahmaan: 70). saya tidak berani pamit. orang itupun mohon diri untuk pulang. Setelah beberapa saat kami dalam kebisuan. sambil berkata kepada saya pelajaran yang saya cari sejak dulu.. Setelah agak lama..Tolong.. seolah-olah tidak pernah terjadi sesuatu. ia sangat takut mengganggu ayah yang lagi tidur.” (HR.berikan air putih ini kepadanya. Saya berdzikir hanya sebatas mulut saja. dinikahkan dengan 72 bidadari. diamankan dari guncangan yang dahsyat. memberikan syafaat bagi 70 orang kerabatnya. bahwa dzikir itu letaknya di hati. dan Ibnu Majah dengan sanad yang shahih). Saya akui bahwa saya sering melakukan dzikir tetapi rupanya yang saya lakukan itu salah." Terima kasih. Ahli Fikir. yang dicobanya untuk tidak jatuh. saya masih terkesima dengan kejadian istimewa itu... Dan ia pun mengucap salam. Mereka selalu sopan terhadap suaminya. Sementara kami juga tidak berani mengganggunya. Semoga apa yang disampaikan ayah saya.. Amiin ya rabbal =================================================================== Menuju Ahli Dzikir. “Di sisi mereka ada bidadari-bidadari yang tidak liar pandangannya dan jelita matanya . Di antara sekian ganjaran yang Alloh swt janjikan bagi kaum beriman adalah mendapatkan bidadari surga (huurun ‘ien). ayah saya langsung tidur lagi.

yang tua kembali muda. Perempuan Dunia yang Masuk Surga Lebih Utama daripada Bidadari Sifat dan keindahan bidadari surga akan melekat pula pada perempuan-perempuan shalihah yang memasuki surga. baik laki-laki ataupun perempuan’ (QS. Ayat serupa terdapat pula pada QS. wajahnya bercahaya seperti bintang-bintang yang kemilau di langit. Fushshilat: 31). “… hanya disebutkan istri-istri bagi para lelaki di surga dan tidak disebutkan suami-suami bagi para wanita. Telah disebutkan dalam hadits bahwa wanita dunia mempunyai kelebihan atas bidadari karena ibadah dan ketaatan mereka. Jika wanita pernah menikah beberapa kali. Az-Zukhruf: 71.” (Dinukil dari Fatawal Mar’ah 1/13. Alloh berfirman: ‘Sesungguhnya Aku tidak menyia-nyiakan amal orang-orang yang beramal diantara kamu. 312]. Maka perempuan shalihah tadi. ”Sesungguhnya rombongan yang pertama masuk surga. Alloh menyebutkan bahwa wanita akan diciptakan ulang. Syaikh Muhammad al-’Utsaymin ditanya tentang perempuan shalihah yang belum pernah menikah di dunia atau ia menikah namun suaminya tidak masuk surga. Karena di dalam surga tidak ada yang melajang.” [Fatawa al-'Aqidah. dipingit dalam rumah. Syaikh Abdullah bin Jibrin menjawab: “Kenikmatan Surga sifatnya umum untuk laki-laki dan perempuan.’ (QS. sementara tidak disebutkan bidadara bagi mukminat. yaitu lelaki dari kalangan anak Adam (lelaki dunia yang masuk surga). Ali-Imran: 195). “Jawaban atas pertanyaan ini dapat diambil dari keumuman firman Alloh Ta’ala: ‘… Dan bagi kamu di dalamnya (akhirat) apa yang kamu inginkan dan bagi kamu (pula) di dalamnya apa yang kamu minta. 313]. Nabi saw bersabda: ”Sesungguhnya pergi di jalan Alloh pada pagi hari atau sore hari adalah lebih baik daripada dunia dan seisinya. Maka niscaya perempuan shalihah tersebut akan mendapati bahwa di surga ada pria-pria (yang siap menikah). An-Nahl: 97. wajahnya seperti rembulan saat purnama. putih bersih. Setiap orang dari mereka mempunyai dua istri di mana sumsum tulang betisnya bisa dilihat dari luar. apabila ia ingin menikah maka ia pasti akan mendapatkan apa yang ia inginkan tersebut. Maksudnya mengulangi penciptaan wanita-wanita dunia dan menjadikan mereka perawan kembali. maka mereka akan memperoleh suami/istri dari laki-laki dan perempuan dunia yang masuk ke surga. Mereka menundukkan pandangannya dari melihat pria selain suaminya dan mereka menundukkan kakinya dari keluar rumah. Sungguh kerudung seorang wanita surga lebih baik daripada dunia dan seisinya” (HR Bukhari). yang mana pria-pria (dunia yang masuk surga) tersebut memiliki istri-istri dari kalangan bidadari dan wanita-wanita dunia. ia diberi hak untuk memilih salah satu di antara mereka. Kalau seorang bidadari surga datang ke dunia. An-Nisa’: 124. Rombongan berikutnya. maka ia memilih yang paling baik diantara mereka. ‘Sesungguhnya Kami menciptakan mereka dengan langsung. edisi bahasa Indonesia “Fatwa-fatwa tentang wanita”). Beliau juga berkata.” (QS. Adakah Bidadara bagi Perempuan Penghuni Surga? Syaikh Abdullah bin Jibrin ditanya mengenai ayat Al Quran yang banyak memberi kabar gembira bagi mukminin dengan balasan bidadari. bukan berarti para wanita tersebut tidak memiliki suami (di surga). dan Al-Ahzab: 35. dan bidadari surga. “(Bidadari-bidadari) yang jelita. dan ia masuk Surga bersama mereka. “Sesungguhnya Kami menciptakan mereka dengan langsung. Lelaki dunia penghuni surga memiliki dua jenis istri: yaitu perempuan dunia yang masuk surga. Ar Rahmaan: 72). Juga dalam QS. lalu dengan siapa perempuan shalihah tersebut menikah di surga nanti? Beliau menjawab. Al-Waqi’ah: 3536). hal.(QS. Di surga tidak ada yang melajang. Para wanita yang beriman masuk Surga sebagaimana kaum lelaki. dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan’ (QS. pasti ia menyinari langit dan bumi dan memenuhi antara langit dan bumi aroma yang harum semerbak. Ash Shaaffaat: 48). Wanita-wanita tersebut tetap memiliki suami. hal.” (HR Bukhari dan Muslim).” [Fatawa al-'Aqidah. Sungguh busur panah salah seorang dari kalian di surga lebih baik daripada dunia dan seisinya. Bagi laki-laki dan perempuan beriman yang ditakdirkan tidak menikah di dunia. yang dikutip dalam Al-Fatawa AlJami’ah lil Mar’atil Muslimah. dan Kami jadikan mereka gadis- .

Imam Al-Qurthuby dalam kitab tafsirnya menyebutkan beberapa atsar bahwa wanita dunia saat berada di surga akan jauh lebih cantik melebihi bidadari-bidadari surga.gadis perawan. mereka kekal dan dalam keridhoan. Lalu dia berkata. “Jika kamu menyalurkan pada yang haram. ‘Terangkan padaku tentang firman Alloh: uruban atrooban.” Rasulullah berkata. wanita itu disuruh memilih. Ibnu Abbas berkata.’ Aku bertanya lagi. Sebagaimana Ibnu Katsir saat membahas surat At Tahriim menyebutkan hadits Bukhari dan Muslim mengenai kesempurnaan Asiah istri Firaun. Ibnu Hajar dalam kitab Fath al-Bari (Syarah Shahih Bukhari) berkata. Itulah mengapa para ulama menyatakan tidak ada bidadari lelaki (bidadara) di surga. “Mereka diciptakan sebagai makhluk baru yang belum pernah ada sebelumnya”. dan Khadijah binti Khuwailid.’ Aku bertanya. Seorang wanita tua datang kepada Nabi Muhammad saw meminta didoakan agar masuk surga. Jika dia masuk surga dan keempat suaminya pun masuk surga. Alloh swt akan mengenakan cahaya pada mereka. “Aku bertanya kepada Rasululloh saw. At-Tirmidzi. “Demikian pula halnya jika menyalurkan pada yang halal. namun Alloh swt menjadikan mereka perawan-perawan yang lemah lembut. dia mendapat pahala. Ibnu Katsir saat membahas surat Al Waaqi’ah mengangkat hadits dari Abul Qasim ath Thabrani yang meriwayatkan bahwa Ummu Salamah berkata. penuh cinta lagi sebaya umurnya. meskipun ketika wafat dalam keadaan tua renta. ‘Ya Rasululloh. “Rabbi. lalu diapun memilih siapa di antara mereka yang paling baik akhlaqnya. lantas beliau saw bersabda. mereka lebih cantik. Ibnu Qayyim Al Jauzi berkata bahwa proses penciptaan langsung di surga (tanpa mengalami proses kelahiran) dalam surat Al-Waqi’aah ayat 35. saleh.’ Rasululloh menjawab.” Kemudian terdengar wanita tua itu menangis. Al-Baihaqi. “Beritahu wanita itu. Muslim). serta besar rasa cintanya. ‘Mereka adalah perempuan-perempuan dunia.” Qatadah dan Sa’id bin Jubair berkata. “Wanita-wanita surga adalah wanita-wanita kalian yang dulunya sudah kabur penglihatannya dan kotor bulu alisnya” (HR. Al Waaqi’ah: 35-37).” Sahabat bertanya. “Wahai Rasulullah. Ibnu Katsir juga mengangkat hadits lain bahwa Asiah istri Firaun dan Maryam binti Imron akan menjadi istri Rasululloh saw di surga bersama perempuan-perempuan yang menjadi istri Rasululloh di dunia. apakah ketika kami menyalurkan syahwat kepada isteri akan mendapat pahala?” Rasulullah menjawab. bahwa dia tidak akan memasuki surga dalam keadaan tua.” (Lihat Tafsir Ibnu Katsir dalam pembahasan surat Al-Waqi’aah). Perempuan dunia yang masuk surga lebih mulia daripada para bidadari. ‘Ya Rasululloh. apakah terdapat dosa?” Sahabat menjawab. Sementara perempuan-perempuan dunia yang masuk surga yang akan menjadi permaisuri. akhlaq yang baik itu akan pergi membawa dua kebaikan. Saat itu adalah hari muda. maka siapakah nanti yang akan menjadi pasangannya?’ Rasululloh saw menjawab. “Wanita-wanita yang dimaksud adalah wanita-wanita dunia yang (diantaranya ada yang) tua dan beruban. Maka nikahkanlah aku dengannya” … ‘Wahai Ummu Salamah. Ats Tsauri). Maryam binti Imron. ratu dan istri utama dari laki-laki dunia yang masuk surga. Apabila perempuan masuk surga. Tafsir ini diperkuat hadits Anas bin Malik ra bahwa Rasulullah saw bersabda. terjadi pada dua jenis wanita penghuni surga. Sedangkan bidadari-bidadari surga pada dasarnya hanyalah selir. Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah. Mencari Bidadari Dunia dan Akhirat “Pada kemaluan isteri kalian ada sedekah. dunia dan akhirat.” (HR. ‘perempuan-perempuan dunia (yang beriman) lebih utama dari bidadari surga seperti keutamaan yang tampak dari yang tidak tampak. dan AthThabrani). muda dan sebaya.” Lalu beliau saw membacakan Al Waaqi’ah: 35-37. (Tamasya ke Surga.” (QS. ini karena kesungguhan mereka dalam beribadah kepada Alloh swt (Lihat Tafsir Al-Qurthuby). Darul Falah: 2000 M). hal itu karena ibadah dan ketaatan mereka di dunia. . yaitu: bidadari-bidadari surga dan wanita-wanita dunia yang masuk surga. dayang dan pelayan. sesungguhnya lelaki inilah yang paling baik tatkala hidup bersamaku di dunia. Nabi menjawabnya dengan sedikit bergurau: “Sesungguhnya tidak ada wanita tua yang masuk surga. ada salah seorang dari kami menikah sampai empat kali. siapa yang lebih utama antara perempuan dunia dan bidadari surga?’ Rasululloh menjawab. maka Alloh akan mengembalikan usia muda dan kegadisannya. karena perempuan-perempuan dunia yang masuk surga akan menikahi laki-laki dunia yang masuk surga. dan berakhlak mulia. “Tentu. ‘Wahai Ummu Salamah. (HR.

Istri shalihah akan menjadi bidadari akhirat karena ketakwaannya (pada Alloh swt) dan ketaatannya (pada suami). At-Tirmidzi dan Ibnu Majah). “Takutlah kepada Alloh dalam (memperlakukan) wanita karena kamu mengambil mereka dengan amanat Alloh. jika kamu tidak menerima (lamarannya) niscaya terjadi fitnah di bumi dan kerusakan yang luas” (HR. maka ia masuk surga” (HR. Ahmad dan Hakim). adalah suami yang membimbing dan menafkahi istrinya. dan engkau halalkan kemaluan mereka dengan kalimat Alloh. Muttafaq alaih). oleh karena Alloh telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita). maka itu dapat membantunya terhadap separuh ajaran agamanya. yang menjadi pendamping perempuan penghuni surga.” (HR. Merugilah orang tua atau perempuan yang mengejar lelaki hanya karena kekayaan atau penampilannya. satu Dinar yang kamu nafkahkan kepada budak. dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Ahmad dan lainnya). “Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita. dan aku membawa biji kurma di atas kepalaku sejauh sepertiga farsakh (sekitar satu jam perjalanan kaki) sehingga Abu Bakar pernah mengirimkan seorang khadim. Turmudzi). jihad telah diwajibkan Alloh bagi kaum lelaki (dengan pahalanya yang sangat besar) … . hadits hasan menurut Al-Albani dalam Shahih al-Jami’). maka nikahkanlah (putrimu) dengannya. “Mukmin yang paling sempurna imannya ialah mereka yang paling baik akhlaknya. memberi minum.” Surga akhirat dapat dicapai dengan surga dunia. “Satu Dinar yang kamu nafkahkan pada jalan Alloh. maka akulah yang memberi makan. Agar Menjadi Lelaki Penghuni Surga “Jika datang (melamar) kepadamu orang yang engkau ridha akan agama dan akhlaqnya.” (HR. Hakim). menjaga kemaluannya. Asma binti Abu Bakar berkata: “Ketika Zubeir menikah denganku ia tidak mempunyai harta atau sesuatu yang lain kecuali kuda dan unta. Ath-Thabrani dalam Al-Ausath dan Baihaqi dalam Asy-Sya’b. Bukhari dan Muslim). dan mentaati suaminya. satu Dinar yang kamu sedekahkan kepada orang miskin. Al Bazzar dan Thabrani). “Jika suami memanggil isterinya ke tempat tidur lalu ia enggan mendatanginya sehingga suami marah. “Apa yang kamu nafkahkan terhadap keluargamu.” (HR. maka malaikat akan mengutuknya hingga pagi. merawatnya. Maka bertakwalah kepada Alloh terhadap separuh yang lain. Suami idaman (calon penghuni surga) ialah yang berkarakter kokoh. menjahit timbanya. menumbukkan biji kurma untuk untanya. Maka mengurus kuda adalah menjadi tugasku … ” (HR. “Sampaikanlah pada para wanita bahwa taat kepada suami dan mengakui haknya itu sama dengan jihad di jalan Alloh. dan orang yang paling baik diantara kalian ialah yang paling baik terhadap istrinya” (HR. maka kamu mendapatkan pahala atasnya sekalipun (kamu miskin sehingga) yang dimakan isterimu hanya satu suap. Demikianlah seorang wanita shalihah mampu membuat cemburu para bidadari karena perjuangannya di dunia. “Tidak boleh taat kepada makhluk dalam bermaksiat kepada Khaliq (Alloh)” (HR. “Jika seorang hamba menikah maka ia telah menyempurnakan separuh agamanya. lalu bagaimana dengan pahala kami kaum wanita?” Nabi saw menjawab. satu Dinar yang kamu . dan sedikit sekali diantara kamu yang melakukannya” (HR. dan berakhlak mulia sehingga tidak menyakiti istrinya ketika sedang marah. yaitu dengan menemukan istri shalihah yang memberikan surga dunia sekaligus mengantarkan pada surga akhirat. dan bertakwalah kepada Alloh terhadap separuh sisanya. An Nisaa’: 34). Bukhari dan Muslim). “Apabila wanita melaksanakan (kewajiban) sholat lima waktunya. Muslim). Namun tetap ada batasan ketaatan istri terhadap suami.“Imam Bukhari menujukan Bab man thalab al-walad li al-Jihad agar dalam melakukan hubungan intim hendaknya diiringi niat untuk mendapatkan anak yang berjuang di jalan Alloh sehingga ia mendapatkan pahala kendati tidak terwujud. Suami ideal. pemahaman agama yang baik untuk membimbing keluarganya. membuat adonan tepung. “Wanita adalah rais (pemimpin/pengelola) dalam rumah suaminya dan bertanggungjawab atas pengelolaannya” (HR. Seorang wanita datang pada Rasululloh saw lalu berkata: “Aku adalah utusan para wanita kepada engkau untuk bertanya.” (HR. Dan kewajibanmu adalah memberi nafkah dan pakaian kepada mereka dengan baik” (HR.” (QS. “Barangsiapa yang diberikan Alloh isteri yang shalihah. Bukhari). puasa (Ramadhan).

Ahmad dan Abu Dawud). menambal pakaiannya.” (Pengantin Islam. Sedangkan ujian internal yang dominan ialah adanya sifat-sifat pasangan yang tidak disukai. “Hai orang-orang yang beriman. maka pahala yang paling besar adalah apa yang kamu nafkahkan terhadap keluargamu. “Bermusyawarahlah dengan wanita (istri) dalam urusan lamaran anak mereka” (HR. Dan yang tak ketinggalan ialah suami pun harus dapat membantu pekerjaan istrinya. jika istri enggan ia percikkan air dimukanya. . “Kecintaanku terwujud kepada dua orang yang saling mencintai karenaku. Muslim dan Ahmad). Hari ini (di Padang Mahsyar) Aku memberikan naungan-Ku kepada mereka. siapa yang akan diajak dalam safar tersebut. “ipar itu maut (berbahaya)” (HR. Ar-Ra’d: 23). Alloh juga berfirman (dalam hadits qudsi). janganlah engkau mencari rizki yang haram karena kami mampu menahan lapar. Cinta Sejati: Suami-Isteri Dunia dan Akhirat Alloh swt berfirman. “Dan bergaullah dengan mereka secara patut. Namun ada juga sifat yang merupakan keunikan karakter. At Tahrim: 6). Ibnu Katsir dalam tafsir surat Al Haaqqah menyebutkan hadits shahih dari Ibnu Abi Hatim bahwa penduduk surga tingkat yang atas dapat mengunjungi penduduk surga di tingkat bawahnya namun penduduk surga tingkat yang bawah tidak dapat mengunjungi penduduk surga di tingkat atasnya. Suami pun harus berdiskusi dengan istri dalam proses pengambilan keputusan. Aisyah pernah ditanya apa yang dilakukan Nabi saw di rumah. Al Ishlahy Press. Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka. Bukhari). isteri-isterinya dan anak cucunya.nafkahkan kepada keluargamu. dan ayat di atas menjadikan kesabaran sebagai solusi. Aisyah berkata. Suami juga harus memberikan kesempatan untuk istri berceria dan beraktualisasi. Alloh swt berfirman (dalam hadits qudsi). peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu” (QS. ”Masuklah kamu ke dalam surga. Suami tersebut harus memiliki ghirah dan tidak memberi peluang terjadinya fitnah pada istri. Az-Zukhruf: 70). “Surga ‘Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang saleh dari orangtuanya. Ujian eksternal dapat diatasi jika internal rumah tangganya solid. “Bagaimana kalau saudara ipar?” Nabi menjawab. dan Hakim dari Ubadah bin Shamit dan dishahihkan al-Albani dalam kitab Shahih al-Jami’). Ahmad dan Abu Dawud). Abdullah Nashih Ulwan. karena itu para suami harus dapat memberi hiburan dan rekreasi bagi istrinya. Istri dapat jenuh karena terus menerus berada di rumah. Muslim). jika suami enggan ia percikkan air dimukanya” (HR. “Adalah Nabi saw membantu pekerjaan istrinya.” (QS. dan memerah kambingnya. kamu dan isteri-isteri kamu digembirakan. “Di mana orang-orang yang saling mencintai karena kemuliaan-Ku.” Sahabat bertanya. pada hari ketika tidak ada naungan selain naunganKu. Jika sifat itu merupakan hal buruk maka harus diubah secara hikmah. Nabi saw bersabda: “Semoga Alloh memberikan rahmat kepada seseorang yang bangun malam kemudian sholat dan membangunkan istrinya lalu ia pun sholat. Para istri generasi salaf biasa berkata pada suaminya: “Takutlah pada Alloh.” (QS. Bukhari). tetapi kami tak akan mampu menahan siksa neraka. menyapu rumahnya. Jika tingkat keimanan antara suami dan istri tidak sama maka mereka tidak dapat bersanding karena berada di level surga yang berbeda. Dan semoga Alloh swt memberikan rahmat kepada istri yang bangun malam kemudian sholat dan membangunkan suaminya lalu ia pun sholat.” (HR. maka apabila tiba waktu sholat ia pergi melakukan sholat” (HR. menjahit sandalnya.” (HR. Ath-Thabrani.” (HR.” (An Nisaa’: 19). Nabi saw bersabda: “Janganlah kalian (lelaki) masuk ke tempat wanita. (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu. dan baik suami maupun istri harus mau mengubah kebiasaan buruknya. beliau mengundi di antara para istrinya. sehingga berada dalam keimanan yang sama. Maka cinta sejati diperoleh dengan kerjasama dalam urusan dunia dan akhirat. Ahmad. Imam Bukhari meriwayatkan bahwa Rasulullah saw bila hendak safar. 1993: Jakarta). padahal Alloh menjadikan padanya kebaikan yang banyak.

Nabi Muhammad saw dan keluarganya hidup sangat sederhana. Dia tidak menjadikan harta sebagai ukuran. Jika suaminya tidak ada di sisinya.” (QS. “… Jika mereka miskin Alloh akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya.Dari Aisyah: “Tidak pernah keluarga Muhammad saw makan sampai kenyang dengan roti gandum untuk tiga malam berturut-turut sejak kedatangan mereka di Madinah hingga wafatnya” (HR Muslim). “… wanita yang saleh. oleh karena Alloh telah memelihara (mereka) …” (QS. ego keluarga.” (HR.” (QS.” (QS. “Sesungguhnya sehari di sisi Tuhanmu adalah seperti seribu tahun menurut perhitunganmu. Calon istri idaman ialah yang berkarakter kokoh. dan ejekan orang lain akan dapat ditepis. Calon istri ideal tidak harus cantik atau kaya. karena (kemuliaan) keturunannya. Wallohu A’lam BishShowab . Jika memerintah padanya. “Pada hari mereka melihat hari berbangkit itu. Karena kebahagiaan berada di ketenangan hati (QS. An Nisaa’: 34). Al Hajj: 47). ia mematuhinya. maka masalah ekonomi. Bukhari dan Muslim). Al Fajr: 27 – 30). Dan Alloh Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui. dan dialah yang akan menjadi bidadari tercantik di surga. “Perempuan itu lazimnya dinikahi karena empat hal: karena hartanya. maka pilihlah perempuan yang memiliki agama. karena kecantikannya. “Tidak ada manfaat yang lebih baik bagi seorang Mukmin setelah takwa kepada Alloh selain dari pada isteri yang salehah. Sedangkan akhirat adalah abadi. sholihah sebagaimana disampaikan dalam ayat dan hadits di atas. dan karena agamanya. (jika tidak) maka binasalah engkau” (HR. ialah yang taat kepada Alloh lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada. ia menjaga harta dan dirinya. dia siap untuk berjuang bersama. Karena sesungguhnya dunia itu sementara dan sangat singkat. An Nuur: 32). Jika memandang padanya. mereka merasa seakan-akan tidak tinggal (di dunia) melainkan (sebentar saja) di waktu sore atau pagi hari. Sehingga mendapatkan istri shalihah merupakan faktor utama keberlangsungan pernikahan. namun mereka menjadi qudwah bahwa orang-orang miskin pun bisa bahagia. . Kendala ekonomi bukanlah penghambat menikah. yang satu harinya adalah 1000 tahun waktu dunia. ia menggembirakannya. Ibnu Majah). Ketika kedua pasangan sepakat bahwa tujuan utama mereka adalah mendekatkan diri pada Alloh swt. An Naazi´aat: 46).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful