Definisi Depresi Depresi adalah suatu kondisi yang lebih dari suatu keadaan sedih, bila kondisi depresi

seseorang sampai menyebabkan terganggunya aktivitas sosial sehari-harinya maka hal itu disebut sebagai suatu gangguan depresi. Beberapa gejala gangguan depresi adalah perasaan sedih, rasa lelah yang berlebihan setelah aktivitas rutin yang biasa, hilang minat dan semangat, malas beraktivitas, dan gangguan pola tidur. Depresi merupakan salah satu penyebab utama kejadian bunuh diri. Menurut seorang ilmuwan terkemuka yaitu Rice, P. L. (1992), memberikan definisi depresi adalah gangguan mood, kondisi emosional berkepanjangan yang mewarnai seluruh proses mental (berpikir, berperasaan dan berperilaku) seseorang. Pada umumnya mood yang secara dominan muncul adalah perasaan tidak berdaya dan kehilangan harapan. Depresi ditandai dengan perasaan sedih yang psikopatologis, kehilangan minat dan kegembiraan, berkurangnya energi yang menuju kepada meningkatnya keadaan mudah lelah yang sangat nyata sesudah bekerja sedikit saja, dan berkurangnya aktivitas.

Penyebab Depresi. Penyebab suatu kondisi depresi meliputi:
y

Faktor organobiologis karena ketidakseimbangan neurotransmiter di otak, misalnya: a. Norepinefrin (neurotransmitter yang mengatur inergi interest): hubungan yang dinyatakan oleh penelitian ilmiah dasar antara turunnya regulasi reseptor b-adrenergik dan respon antidepresan secara klinis memungkinkan indikasi peran sistem noradrenergik dalam depresi. Bukti-bukti lainnya yang juga melibatkan presinaptik reseptor adrenergik dalam depresi, sejak reseptor reseptor tersebut diaktifkan mengakibatkan penurunan jumlah norepinefrin yang dilepaskan. Presipnatik reseptor adrenergic juga berlokasi di neuron serotonergik dan mengatur jumlah serotin yang dilepaskan, b. Serotonin (neurotransmitter yang mengatur perasaan): dengan diketahui banyaknya efek spesifik serotin re uptake inhibator (SSRI), contoh;

dampak pembelajaran perilaku terhadap suatu situasi sosial. Menurut Diagnostic and Statistical Manual IV . Dopamine juga sering berhubungan dengan patofisiologi depresi. hampir setiap hari. 2000). Keadaan emosi depresi/tertekan sebagian besar waktu dalam satu hari. Lima (atau lebih) gejala di bawah telah ada selama periode dua minggu dan merupakan perubahan dari keadaan biasa seseorang. sekurangnya salah satu gejala harus (1) emosi depresi atau (2) kehilangan minat atau kemampuan menikmati sesuatu.fluoxetin dalam pengobatan depresi. 1. Perasaan lelah atau kehilangan kekuatan hampir setiap hari . seseorang menderita gangguan depresi jika: A. Kehilangan minat atau rasa nikmat terhadap semua. paska bencana. c. menjadikan serotonin neurotransmitter biogenik amin yang paling sering dihubungkan dengan depresi. Hilangnya berat badan yang signifikan saat tidak melakukan diet atau bertambahnya berat badan secara signifikan (misal: perubahan berat badan lebih dari 5% berat badan sebelumnya dalam satu bulan) 4. y Faktor psikologis karena tekanan beban psikis. 5. dampak situasi kehidupan sehari-hari lainnya. yang ditandai oleh laporan subjektif (misal: rasa sedih atau hampa) atau pengamatan orang lain (misal: terlihat seperti ingin menangis). Gejala Depresi. 2. Insomnia atau hipersomnia hampir setiap hari Kegelisahan atau kelambatan psikomotor hampir setiap hari (dapat diamati oleh orang lain. y Faktor sosio-lingkungan misalnya karena kehilangan pasangan hidup. bukan hanya perasaan subjektif akan kegelisahan atau merasa lambat) 6. atau hampir semua kegiatan sebagian besar waktu dalam satu hari.Text Revision (DSM IVTR) (American Psychiatric Association. Dopamine (neurotransmitter yang mengatur minat): walaupun norepinefrin dan serotonin adalah biogenik amin. hampir setiap hari (ditandai oleh laporan subjektif atau pengamatan orang lain) 3. kehilangan pekerjaan.

Hal ini untuk menghindari konsekuensi bila tidak mencapai kesembuhan. Pada masyarakat atau lingkungan adalah karena mitos. Berkurangnya kemampuan untuk berpikir atau berkonsentrasi. menambah beban pelayanan medis. Perasaan tidak berharga atau perasaan bersalah y ang berlebihan atau tidak wajar (bisa merupakan delusi) hampir setiap hari 8. kepercayaan. dan obat. biasanya menyangkut efektivitas. Sedangkan pada obat. mengurangi risiko kekambuhan. Dokter juga bisa memberi pengaruh yang tidak baik pada hasil terapi. Mengapa SNRI? Sebab. pekerjaan atau area penting dalam kehidupan seseorang. Berulang-kali muncul pikiran akan kematian (bukan hanya takut mati). Penelitian oleh Wyeth Pharmaceutical . yakni pasien. Pada pasien biasanya berupa ketidakpatuhan karena berbagai sebab salah satunya tidak peduli. mengurangi atau menghilangkan gejala. ada faktor yang memengaruhi hasil terapi. serta meningkatnya risiko kekambuhan. efek samping. serta mengurangi risiko kecacatan atau kematian. hampir setiap hari (ditandai oleh laporan subjektif atau pengamatan orang lain) 9. dan harga. meningkatnya risiko bunuh diri dan penyalahgunaan zat. Namun. dan stigma.7. penderita depresi sebaiknya menggunakan obat antidepresan serotonin nor epinefrin reuptake inhibitor (SNRI). atau sulit membuat keputusan. Terapi. berulang-kali muncul pikiran untuk bunuh diri tanpa rencana yang jelas. Tujuan terapi depresi adalah meningkatkan kualitas hidup. obat ini mampu bekerja ganda yakni menghambat reuptake serotonin dan nor epinephrine. memperburuk prognosis. Penderita depresi perlu melakukan terapi secara tepat. misalnya jika dokter kurang mengenali gejala depresi. masyarakat. kemudahan. atau usaha bunuh diri atau rencana yang spesifik untuk mengakhiri nyawa sendiri Gejala-gejala tersebut juga harus menyebabkan gangguan jiwa yang cukup besar dan signifikan sehingga menyebabkan gangguan nyata dalam kehidupan sosial. dokter. Khusus mengenai obat. mengembalikan peran dan fungsi. Konsekuensi yang dimaksud yaitu: kendala psikososial berkepanjangan.

wikipedia. Referensi.com/2009/05/15/apa-itu-depresi/ (26 April 2010 11:45 WIB) http://duniapsikologi.dagdigdug.menunjukkan. Obat ini juga bekerja dengan cepat. Dengan dosis sekali sehari.com/2009/09/11/apa-saja-penyebab-depresi/ (26 April 2010 11:48 WIB) .dagdigdug. Dukungan dari orang-orang terdekat serta dukungan spiritual juga sangat membantu dalam penyembuhan. efeknya telah dapat dirasakan oleh pasien setelah empat hari penggunaan. Cara menanggulangi depresi berbeda-beda sesuai dengan keadaan pasien.shvoong.org/wiki/Depresi (26 April 2010 10:04 WIB) http://id. sehingga mencegah kekambuhan dan dan berulangnya depresi.com/medicine-and-health/neurology/1670144-tanggulangidepresi-secara-tepat/ (26 April 2010 10:05 WIB) http://duniapsikologi. namun biasanya merupakan gabungan dari farmakoterapi dan psikoterapi atau konseling. golongan obat SNRI dapat mempertahankan keseimbangan sejumlah zat kimia dalam otak yakni serotonin dan norepinefrin. http://id.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful