MAKALAH

KONSEP MANAJEMEN STRATEGIK SEBAGAI PARADIGMA BARU DI LINGKUNGAN ORGANISASI PENDIDIKAN

DISUSUN OLEH : RENDY RIYANTO , Fiskal.

SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI MANDALA INDONESIA JAKARTA 2010

Demikian sejemput harapan dari penyusun. sumber informasi serta alat pengawasan yang sangat diperlukan dalam setiap organisasi dalam rangka melaksanakan segala kegiatan-kegiatan. Penyusun. Swasta dan Perguruan Tinggi. Dalam proses penyajian informasi agar pimpinan dapat membuat keputusan dan merencanakan kebijakan.KATA PENGANTAR Kearsipan atau pembimbing mempunyai peranan sebagai pusat ingatan. sanggup dan mampu memberikan data informasi yang baik. sambil mengharapkan tegur sapa dari pembaca seandainya ada kekurangan-kekurangan dan kekhilafan dalam penyusunan makalah ini untuk perbaikan berikutnya. jika kantor tersebut tidak memelihara kearsipan yang baik dan teratur sesuai dengan ketentuan-ketentuan kearsipan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah. baik pada kantor-kantor Lembaga Negara. lengkap dan akurat. Rendy Riyanto. .menyuguhkan bahan-bahan pelajaran kearsipan untuk para pembaca yang membutuhkan dengan makalah ini.menyajikan tata cara penyelenggaraan kearsipan yang valid bagi organisasi-organisasi . Berdasarkan ketentuan-ketentuan tersebut di atas maka penyusun memberikan judul Makalah ini dengan “Manajemen Pembimbing” yang bertujuan: . Fiskal. maka harus ada system dan prosedur kerja yang baik dibidang manajemen Adalah mustahil suatu kantor dapat.

. Pertolongan Pertama Arsip-Arsip Yang ……………………………… Rusak Dan Perbaikan Kecil ……………………………………………… BAB V Penyusutan Arsip ………………………………………………. Tugas Pemerintah di bidang kearsipan ………………………………… 6... Penjagaan ……………………………………………………………… 15.... Penanganan Surat …………………………………………………….. Beberapa Jenis Musuh Kertas ………………………………………. Pemindahan Arsip ……………………………………………………. Ruangan Penyimpanan Arsip ………………………………………… 14. 18.. Jadwal Retensi Arsip ………………………………………………… 19.. BAB II Permasalahan …………………………… 3.. 8. 4..... 1... 20... 12... II . Tata Cara Mengarsip Surat (filling) …………………………………. Beberapa Pengertian dalam Kearsipan ………………………………. 13. 10. Ketentuan lain-lain …………………………………………………… 23. Arsip Nasional Republik Indonesia …………………………………….. 2.. BAB I Pendahuluan ……………………………………………………….. 21. Pemusnahan Arsip …………………………………………………….. Penyerahan Arsip ………………………………………………………........ Konsep Manajemen strategic …………………. 16. Ketentuan Pidana ……………………………………………………. Kewajiban Kearsipan …………………………………………………. Ketentuan Peralihan …………………………………………………... Beberapa Istilah di Dalam Kearsipan …………………………………... Dasar Hukum dan Dasar Pertimbangan ……………………………… 17... 7. 9. Pengertian .. Fungsi dan tujuan arsip …………………………………… 5. 22... Organisasi Kearsipan …………………………………………………..DAFTAR ISI Halaman KATA PENGANTAR ……………………………………………………. 11. BAB III Penanganan Dan Cara Mengarsip Surat …………………………. BAB IV Pemeliharaan Dan Penjagaan Arsip ……………………………... Dasar Hukum dan Dasar Pertimbangan ……………………………….....

DAFTAR PUSTAKA …………………………………………………………. .

PENDAHULUAN Dalam bidang ekonomi khususnya di lingkungan bisnis yang mengembangkan manajemen secara teoritis dan praktis. organisasi ini diatur dengan manajemen umum oleh pemerintah Pusat ataupunn daerah. kehadiran Manajemen Strategik pada dasarnya merupakan suatu paradigma baru. Manajemen Strategik telah cukup lama dikenal dan dikembangkan. Pengimplementasian Manajemen Strategik di lingkungan organisasi bidang bisnis didasari oleh falsafah yang berisi nilai – nilai persaingan bebas antar organisasi bisnis sejenis. melalui kemampuan meraih laba kompetitif secara berkelanjutan. Di organisasi non profit khususnya bidang pendidikan. khususnya bidang pendidikan. berupa kebebasan mewujudkan pengembangan organisasinya antara lain dengan memilih pengimplementasian Manejemen Strategik atau manajemen lainnya yang dinilai terbaik. Setiap organisasi profit memiliki otonomi dalam menjalankan manajemennya.I. Sedang organisasi pendidikan didasari oleh filsafat yang berisi nilai – nilai pengabdian dan kemanusiaan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. jika diimplementasikan pada lingkungan organisasi pendidikan. terutama dari segi filsafat yang mendasarinya dan tujuan yang hendak dicapai. melalui pendayagunaan semua sumber yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang bersifat strategik. Perbedaan lain terletak pada pengorganisasian masing – masing. tidak mungkin dilakukan sebagai kegiatan pengambilalihan seluruh kegiatannya sebagaimana dilaksanakan di lingkungan organisasi profit (bisnis). Sebagai paradigma baru. Tujuan tersebut adalah mempertahankan dan mengembangkan eksistensi masing –masing untuk jangka waktu panjang. yang secara berencana dan sistematis telah menetapkan berbagai pengaturan yang mengikat dalam memilih dan mengimplementasikan manajemennya . karena kedua organisasi tersebut satu dengan yang lain berbeda dalam banyak aspek. Berbeda dengan di lingkungan organisasi non profit.

yaitu : Apa manfaat dan keunggulan Manajemen Strategik bagi Organisasi Non Profit (Pendidikan) ? .II. penulis mengambil suatu permasalahan mendasar. PERMASALAHAN Untuk mempertajam telaah dalam makalah ini.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful