Tips Praktis Ternak Lele

Posted on September 22, 2008 by Dony Irawan

Pecel lele ? Pasti makanan ini sudah banyak digemari. Di Pekanbaru dan di kota-kota lainnya, warung pecel lele mudah ditemui. Bagaimana kalo kita diskusi & sharing tentang tips praktis ternak lele ? Kali ini, saya mengajak pembaca blog ini untuk sharing pengalaman praktis ternak lele, mulai dari :
• • • • • • •

persiapan usaha, pemilihan bibit : macam bibit lokal, atau lele dumbo pakan yang baik : pelet, alami, tambahan, nutrisi perawatan air, perawatan kolam, perawatan ikan lele : obat panen dan pasca panen

Nah silakan bagi rekans blogger berbagi pengalamannya dan selamat serta sukses selalu untuk anda yang tengah menjalankannya. terimakasih pemula, on October 9, 2008 at 11:08 AM said: Syarat hidup di kolam 1. Tanah yang baik untuk kolam pemeliharaan adalah jenis tanah liat/lempung, berlumpur, subur, dan tidak porous (melalukan air). 2. Lahan ideal untuk budi daya lele adalah sawah, kecomberan, kolam pekarangan, kolam kebun, dan blumbang. 3. Ikan lele hidup dengan baik di daerah dataran rendah sampai daerah yang tingginya maksimal 700 m dpl. 4. Ketinggian tanah dari permukaan sumber air dan kolam adalah 5-10%. 5. Lokasi untuk pembuatan kolam harus berhubungan langsung atau dekat dengan sumber air dan tidak dekat dengan jalan raya. 6. Lokasi kolam hendaknya di tempat yang teduh tetapi tidak berada di bawah pohon yang daunnya mudah rontok. 7. Pertumbuhan lele optimal pada suhu 20°C atau antara 25-28°C. Anak lele tumbuh baik pada kisaran suhu antara 26-30°C dan suhu ideal untuk pemijahan 24-28°C. 8. Lele dapat hidup dalam perairan agak tenang dan kedalamannya cukup, sekalipun kondisi airnya jelek, keruh, kotor dan miskin oksigen. 9. Perairan tidak boleh tercemar oleh bahan kimia, limbah industri, merkuri, atau mengandung kadar minyak atau bahan yang dapat mematikan ikan. 10. Perairan ideal untuk lele adalah yang banyak mengandung nutrien dan bahan makanan alami, dan bukan perairan yang rawan banjir.

11. Permukaan perairan tidak boleh tertutup rapat oleh sampah atau daun-daunan hidup, seperti enceng gondok. Reply Salam Kenal neh..saya di CIMAHI. saya pemula baru tebar benih lele dumbo, mohon pencerahan nya yach.. saya masih bingung lele masih aja ada yg mati / harinya bisa sampe 1-5 ekor.. nah gimana yach agar lele nya ngak pada mati. saya tebar 260 ekor dikarenakan kolam hanya berukuran 3 x 1.20 x 1 m, dari Tembok. nah mohon pencerahannya nya sedih neh kalo lihat lele pd mati mulu, rencana saya buat usaha neh. kalo emang lancar saya mau perluas buat lele salam kenal juga, boleh tanya, temboknya lama / baru ? kalo baru, sebaiknya di”ademin” dulu, dg mengisi dg air & direndamkan batang pisang utk menyerap sisa racun (semen, kapur dll) lebih kurang 7-10hari, kemudian dikuras & diisi lagi dg air yg didiamkan sekitar 7-10 hr juga. penyebab kematian lele awal juga bisa jadi dari kualitas bibit, cuaca yg lewat ekstrim, atau pemberian pakan yg terlalu kurang, atau kelebihan. kalau sudah berjalan, ada baiknya ditambahkan obat tetes utk anti bakteri/parasit ssi yg ada ditempat. Dan bila ada ikan yg mati segera diambil spy tdk menularkan penyakit-nya kpd yg msh sehat. Semoga sedikit membantu. Tks Eko Prasetiyo, on January 5, 2010 at 9:52 PM said: Salam kenal dari Semanan Jakarta Barat, Saya sudah sekitar 6 bulan budidaya lele. Mulai dari kolam tanah sampe sekarang mulai coba pake kolam terpal ukuran 2 x 1 x 0.6 M. Di kolam tanah kendalanya sulit untuk kontrol atau sortir lele yang besarnya tidak sama, sehingga sebagian menjadi predator bagi yang lain. Alhasil lebih dari setengahnya habis dimakan oleh predator tersebut. Dikolam terpal yang kebetulan baru tebar seminggu dari bibit 10-12 sekarang sudah terlihat penambahan ukurannya. 4 Hari sebelum tebar air saya endapkan dan saya kasih EM4 untuk perikanan. Dihari ke 4 saya isi bibit 500 ekor. Dalam Pemberian pakan saya sangat hati-hati, soalnya dulu pernah karena terlalu senang melihat lele berebut makan, saya berlebihan dalam memberi makan. Akhirnya banyak sekali lele mati. Perutnya kembung karena pelet yang dimakannya mengembang didalam perut. Pemberian pakan saya ukur sehari sebanyak 5% dari total berat ikan. Caranya saya ambil sampel 10 ekor, saya timbang, kemudian saya kalikan jumlah ikan. Setelah itu dikali 5 %. Pelet seberat 5 % dari berat total ikan itu saya bagi 2, pagi dan magrib. Alhamdulillah, dari awal tebar sampai sekarang tidak ada yang mati sama sekali. Sekarang yang jadi kendala adalah bau air. Buat teman-teman mohon informasi agar air kolam lele tidak cepat bau, jadi tidak sering ganti air. Terima Kasih.

kalo ukuran lahan yg ada.trus dengan ukuran tanah seluas itu berapa benih lele yang cukup….mhn diberi tips makanan apa yang membuat lele bisa produktif p. 2010 at 11:18 AM said: Salam kenal kenal. untuk ternak produktif. Baru setelahnya gelarlah terpal disisi dalam bangun tersebut. Semoga ini bisa dibayangkan … (maaf agak ribet menguraikannya…hehehe) oni aulia.. 6. on March 12. Kalo kami lakukan sih di jam warga banyak yg sedang kerja (jam 9-10 siang) 3. karena pasti timbul bau.doni aulia.saya di Kab Semarang . untuk kolam terpal kisarannya perlu ditabur @125 ekor/m3. dimana 1 m di sisi-sisinya digunakan sebagai dinding yang ditopang oleh bangun kotak 4×6 yang bisa dibuat dari bambu atau lembar sisa papan kayu. 2010 at 10:16 PM said: lam kenal………. 2. Misal tersedia ukuran 6x8m. Namun perlu disiapkan juga saluran pembuangan air yang cukup menggali setebal paralon yang digunakan (misal paralon ukuran 3.d. (contoh : Plant/plankton catalys.. sering2lah mencari ilmu ke rekan/sesama petani lele. gunakan dekomposer kotoran / sisa pakan. untuk merebus / membakar pakan tambahan (jeroan ayam / ayam tiren) sebaiknya dicari waktu dimana tidak mencemari “emosi” warga. mohon informasiny membuat kolam terpat. on October 15. tinggal bagaimana mensikapinya. saya luthfi dari karawang bagai mana caranya membuat kolam dari terpal…….luthfi hamim. a. Dengan dekomposer ini diharapkan bisa minimalisasi bau. Maka kolam yg akan dibangun berukuran 4×6. 1. pertama adalah menyedia terpal yg bisa dibeli berdasarkan ukuran yg ada di pasaran. ushakan tercukupi kebutuhan minimal protein dlm kandungan pakan & didukung dg kondisi lainnya.5 inchi) yang cukup dibuat 1 dari sisi dalam kolam. apa bila saya buat kolam lele apakah penduduk yang lain tidak marah…. bisa jangkau dengan serok/tangguk.5 m jarak antar kolam) & luasan kolam terjangkau bila dibersihkan bila ada ada ikan mati/sisa pakan.o bpk sudah tepat. Saran. kalo kolam tanah sekitar 175ekor/m3 5. 4. sebaiknya dibuat dalam beberapa kolam dan diberi area utk perawatan (~0. antisipasi pencemaran udara krn bau. on May 15. tp daerah saya lumayan padat penduduk. Semoga berhasil Sutopo Andreas.. 2010 at 1:00 AM said: saya sudah lama ingin berwira usaha ternak lele……saya punya tanah ukuran 9×10 cm di belakang rumah. media lain – sesuai saran pakai). EM4 peternakan. kadang tips ringan timbul dari perbincangan.

Pemberian pakan sebaiknya berapa kali dalam satu hari. Belakangan ini cuaca hujan terus menerus sehingga kolam saya selalu penuh dengan air hujan. Saya rencana ingin menjalankan usaha pembesaran lele dengan kolam tanah ukuran 3. kemungk.tapi 80% ikan yang saya tebar mati……. namun ada yg ingin saya tanyakan dan mohon penjelasannya : 1.? kemarin saya coba buat pakan sendiri dari tepung pelet saya campur kangkung halus. pak saya mau tananih obat agar lele tidak cepat mati dan kena parasit apaya…. kepadatan bisa mencapai 250 ekor/m3. Saya sudah membaca teori budidaya lele.. Dijemur/dikeringkan biasa. 2010 at 9:29 PM said: selam kenal…. kadar airnya masih cukup banyak utk tenggelam. namun secara umum dapat diberikan 2-4 kali / hari. indra.jam brapa ? kepadatan tebaran bibit tergantung media yg digunakan disesuaikan dg pendekatan pd habitat aslinya.dan udang.1. pak. waktunya kapan . selain itu kolam hrs dijaga sanitasinya. on June 29.?la kalo mang harus diganti berapa hari sekali…? maaf taya terus.satu lagi gimana mensiasati supaya lele yang baru ditebar tidak cepat mati…... Jumlah bibit yg dipesan sebanyak 1000 ekor.lele saya juga susah makan kenapa ya…dan sebaiknya dikasih apaya pak. sore &/ malam. .5 M. media kolam semen 200ekor/m3. on October 11.kemudian saya keringkan namun setelah saya tebar kok pada tenggelam apa tidak apa2 ya pak……. pakan pelet yg bapak buat itu memang jenis pelet tenggelam karena utk mendapatkan pelet apung. harus dikeringkan (di-oven) shg kadar airnya sedikit.5 X 6 M dan kedalaman 1. Apakah dengan kondisi ini saya masih dpt menebar bibit lele ? Mohon penjelasannya.apa karena airnya gak saya ganti ya. kolam terpal/ tong 125-150ekor/m3 pemberian pakan disesuaikan dg umur. bedjo.telur.tidak saya kasih tanah.hanya air jernih…. lele terkena parasit sisa pakan. Saran saya.. Utk media kolam tanah.terimakasih….? kolam saya dari terpal pak…. Padahal dari awal kolam tersebut digali sampai sekarang saya belum pernah memberi pupuk dasar sesuai teori.. 2010 at 6:26 AM said: Salam kenal.dedak. Saya pemula dalam bidang lele. Untuk penebaran bibit idealnya per m3 berapa ekor ? 2. Waktu-nya pagi. sementara tetap gunakan pelet yg ada dipasaran & pemberiannya jangan berlebih.

. Ikan lele dumbo ini merupakan ikan air tawar yang menyenangi air tenang. selain bisa juga menjadi pakan alami ikan 2.Pi A. Kolam terpal dapat mengatasi resiko-resiko yang terjadi pada kolam gali maupun kolam semen. 2002). B. Pendahuluan Ikan lele dumbo (Clarias gariepinus) merupakan jenis ikan yang termasuk dalam famili Claridae dan genus Clarias. di pasar-pasar lokal selalu terdapat penjual lele dumbo yang kapasitas penjualannya lebih banyak disbanding ikan-ikan lain (hasil pengamatan di pasar RS). Pakan jenis apakah yg sesuai dengan bibit 5-7 Cm untuk tahap awal dan lanjutan sampai panen? Berapa dosis yg digunakan ? Mohon Penjelasannya. >>Bedjo<< salam p. on October 10. 2008 at 6:51 PM said: dikutip dari web STIETN : PEMBESARAN IKAN LELE DUMBO (Clarias gariepinus) DI KOLAM TERPAL Oleh : Ahmaddin Margolang. (Khairuman dan Amri. Spesies ini merupakan saudara dekat lele lokal (Clarias batrachus) yang selama ini dikenal. dipercikkan merata ke kolam setelah hujan). Kolam Terpal Kolam terpal adalah kolam yang dasarnya maupun sisi-sisi dindingnya dibuat dari terpal. Kalau saya gunakan produk plankton catalys CNI utk antisipasi pertumbuhan bakteri yg ektrim. Pembuatan kolam terpal dapat dilakukan di pekarangan ataupun di halaman rumah. S. pakan utk ukuran 5/7 silakan pilih jenis pakan udang (pelet halus) / pelet 99 dmk. smoga sukses… donyirawan. hal ini ditandai dengan semakin banyaknya penjaja pecel lele di pinggir jalan. Ikan lele dumbo memiliki kecepatan tumbuh yang relative cepat yaitu umur 3 bulan pemeliharaan sudah layak panen. Ukuran terpal yang di sediakan oleh pabrik bermacam ukuran sesuai dengan besar kolam yang kita inginkan. Kolam karpet pertama kali dicoba dan diciptakan oleh Bapak Mujarob. Ikan lele dumbo memiliki prospek yang cukup baik. Ikan ini merupakan hasil perkawinan silang antara lele afrika dan lele Taiwan. Karpet yang dibutuhkan untuk membuat kolam ini adalah jenis terpal yang dibuat oleh pabrik dimana setiap sambungan terpal dipres sehingga tidak terjadi kebocoran. seorang petani di pedesaan wilayah Kabupaten Bekasi. Jawa Barat pada tahun 1999. sehingga ciri-ciri marfologinya hampir sama. Utk cuaca panas. 1. selain utk minimalisasi dampak hujan asam akibat hujan ( 2 sdm/5ltr air ember diaduk/dilarutkan. atau ada juga yang menggunakan larutan air garam (ini hanya utk mencegah bakteri saja). silakan diberi tanaman air (kangkung/enceng gondok/maskumambang). Terima kasih atas perhatiannya. antisipasi hujan & cuaca ektrim ini adalah memantau kondisi airnya.2.bedjo.

Dapat dijadikan peluang usaha skala mikro dan makro.Penambahan air dan Pergantian air Bila air dalam kolam terpal berkurang karena proses penguapan maka tambahkan air hingga tinggi air kembali pada posisi normal. Beberapa perawatan lele yang perlu diperhatikan dalam kolam terpal adalah sebagai berikut : 1. Pegantian air sampai umur 2 bulan biasanya dilakukan 2 kali. Bila setelah pergantian air dilakukan beberapa hari kemudian air kelihatan coklat dan berbau anyir maka perlu dilakukan penambahan dan pengurangan air (sirkulasi air masuk dan keluar). Pada saat pergantian air biasanya dilakukan penyortiran dengan memisahkan ikan yang pertumbuhan sangat cepat. tetapi kurang produktif. D. Kedalaman tersebut sangat ideal bagi bibit yang sewaktu-waktu bergerak kepermukaan air. Hal ini untuk mempermudah dalam pemeliharaan dan pemberian makan. 2. barulah kolam diisi dengan air setinggi 30 cm. Air yang telah diisi dibiarkan selama seminggu. Untuk ukuran kolam 3 m x 4 m x 1 m. penambahan air tersebut dilakukan hingga 3 kali. Kemudian di bulan ketiga dilakukan 2 minggu sekali (hal ini dilakukan karena pada bulan ketiga pemberian makan semakin banyak dan populasi ikan semakin padat). Penambahan air dilakukan dari tinggi air 30 cm hingga menjadi 80 cm. 1.Pemberian Pakan Pemberian pakan lele dumbo harus disesuaikan dengan besar mulut ikan. Pakan yang .Lahan yang digunakan untuk kegiatan ini dapat berupa lahan yang belum dimanfaatkan atau lahan yang telah dimanfaatkan. 3. Pemakaian bibit sebaiknya ukuran yang telah memakan pellet butiran (F 999).Langkah Pertama Bagian dalam kolam terpal dicuci dengan kain atau sikat untuk menghilangkan bau lem atau zat kimia yang dapat mematikan bibit ikan. lele terlihat tampak bersih.. agar tidak terjadi banyak kematian. Bibit yang baru dibeli (baru tiba) jangan langsung dimasukkan kedalam kolam Bibit yang ada dalam bungkusan plastic dimsukkan ke dalam ember kemudian ditambahkan air kolam sedikit demi sedikit. Petunjuk Cara Awal Pengisian Air dan Bibit Untuk mendapatkan lele yang berkualitas dan hasil yang memuaskan maka kondisi kolam harus disesuaikan dengan habitat yang disukai lele. Agar bibit lele dapat beradaptasi dengan suhu air di dalam kolam. Keuntungan lain dari kolam terpal adalah : 1. Selain itu untuk mempermudah penyesuaian ketinggian air sesuai dengan usia ikan. dan seragam. secara bertahap setiap bulannya (dalam sebulan air perlu ditambah 15 – 20 cm). Pergantian air dilakukan saat air mulai tampak kotor (hal ini ditandai dengan ikan mulai menggantung). 2.Langkah kedua Selanjutnya disiapkan bibit sebanyak 2000 ekor ukuran 3 – 5 cm. Pergantian air dengan cara membuka saluran pengeluaran (paralon) hingga air tinggal sedikit (hamper kering).Dilengkapi pengatur volume air yang bermanfaat untuk memudahkan pergantian air maupun panen. 4. Setelah itu kolam dikeringkan selam satu hari.Lele yang dihasilkan lebih berkualitas. Perawatan Lele dumbo dalam Kolam Terpal Perawatan ikan lele di kolam terpal pada umumnya tidak berbeda dengan perawatan di kolam lainnya. C.Terhindar dari pemangsaan ikan liar 2.

Berapa jumlah pakan yang harus diberikan setiap harinya? 3. Perbandingan hasil panen dengan pakan yang diberikan adalah 1 : 1 (konfersi pakan 1 kg menghasilkan 1 kg daging ikan). Untuk memenuhi kebutuhan pakan lele dalam usaha makro. butuh berapa lama dan jumlah pakan yang diberikan? 4.5 x 3. maka saya gunakan 781-2.8 : 1 artinya 0.8 kg pakan menghasilkan 1 kg daging ikan. Panen sekaligus biasanya dengan menambah umur ikan agar ikan dapat dipanen semua dengan ukuran yang sesuai keinginan pasar. cukup kecil saja debit alirnya 2. Panen sortir adalah dengan memilih ikan yang sudah layak untuk dikonsumsi (dipasarkan) biasanya ukuran 5 samapai 10 ekor per kg. Untuk pemberian keong yang direbut/dimasak.5 meter. pakannya disesuaikan dengan besar mulut ikan (hebat juga bisa dapat bibit 1:80. Pemberian bangkai ayam atau usus ayam haruslah yang masih segar kemudian direbus lalu diberikan ikan . kemudian 781-2 sampai umur ikan 2 bulan dan 781 sampai umur ikan siap panen yaitu 3 bulan. Penekanan biaya pakan yang diberikan dapat dilakukan dengan cara memberikan pakan tambahan berupa usus ayam dan keong mas saat ikan berusia 1 bulan samapai 3 bulan. Pertanyaan saya: 1.. Jumlah pakan cukup. Apakah sangat baik bagi pertumbuhan lele jika air di kolam tersebut selalu mengalir (kebetulan di area sawah) 2. Heru Kristiawan. berarti sudah cukup. Akhirnya dari uraian tentang pakan lele perlu digaris bawahi upaya yang harus dilakukan yaitu menekan pengeluaran biaya pembelian pakan untuk memaksimalkan perolehan hasil usaha. kemudian ukuran yang kecil dipelihara kembali. Karena bibit cukup besar (1 kilo = 80 ekor). on June 12. Bahkan ada petani yang konfersi pakannya 0. air mengalir tidak menjadi masalah asal arusnya tidak keras. 1. E.diberikan adalah pakan dari pabrik Untuk kegiatan pembesaran ikan maka pemberian pakan awal adalah f 999 sampai umur ikan 2 minggu.). sebaiknya pakan pellet tersebut harus dibuat sendiri . atau sesuai dengan keinginan pasar. Sedangkan pemberian pakan keong mas dilakukan dengan cara merebus keong mas didinginkan dan kemudian dicungkil daging keong mas dengan lidi atau paku lalu diberikan pada ikan sesuai dengan kebutuhan. ya Pak. Untuk penjualan 1 kg/10 ekor. . Tandanya bila pakan yang diberikan mulai tidak cepat diserapnya. pakah bisa langsung diberikan di antara pemberian pakan ternak pabrik atau menunggu sampai satu sak habis baru diberikan keong? Terima kasih atas bantuannya Salam jumpa Pak Heru. 2009 at 10:14 AM said: Saya baru hari ini memulai memasukkan bibit sebenyak 6000 untuk kolam tanah dengan ukuran 6. Panen Panen ikan lele dikolam terpal dapat dilakukan dengan cara panen sortir atau dengan panen sekaligus (semua).

semoga berhasil Bang Hary. on November 1.banyak untungnya dari ruginya.blogspot. on October 28. kisaran waktu (dari bibit 1:80) antara 7-8 minggu 4. 2. Saya cuplik dari web juga : . so keuntungan juga lebih. 2008 at 1:28 PM said: Mas Pemula. yg lebih baik dimasak terlebih dahulu kemudian dinginkan jika sudah kelaurkan dalam cangkangnya baru bisa diberikan ke lele tersebut armin.khawatirnya lele yg masih kecil akan sulit beradaptasi dengan air mengalir 2. pemberian pakan selingan (keong tanpa cangkang) bisa langsung / bisa dimasak dulu. Misal: di sore hari. klo tertarik teknologi EM4 bisa kunjungi ini: http://emforum-koranpakoles2007. pelet tenggelam baru diberikan sampai panen (60hr) . tks anda rutin berkunjung di blog saya & tips/pertanyaannya bagus-bagus. pakan berasal dari kotoran ayam broiler yang difermentasi pake EM4.com/2008/02/menakar-komposisikandungan-em4. . Lumayan kan .html Reply donyirawan.3. pada waktu lele masih kecil (bibit) dikasih makan pake telur dan dilatih makan dedaunan (kangkung. 2009 at 6:42 PM said: Salam kenal Pak heru 1. bapakku juga memelihara lele dumbo. pagi & malamnya tetap pelet silakan. 2008 at 3:14 PM said: perihal pakan lele: mas doni. relatif. tp belum tahu hasilnya karena blm panen.bobot panen ikan lebih menjanjikan 45% lebih dibanding pelet apung. dmk.d. hasilnya daging lebih enak dari pada pakan dari pabrik kalo temanku pernah ngajari secara teori. asal tdk terlalu lama disimpan di gudang .diberikan setelah 20hr utk ukuran 5/7 yg masih pakai pelet apung (pelet 99/ 22L2). sebaiknya jangan terlalu deras karena lele lebih suka dengan air yg menggenang. Kebetulan minggu ini saya baru/sedang pakai pelet tenggelam.banyaknya relatif tergantung berapa x dalam sehari memberi pakan…yg penting jika lele sudah ga semanagatt makan jangan diberikan lagi 3. daun pepaya).5-3rb/kg-nya (harga riau) dbdg pelet apung (781-2).dari harga lebih hemat s.7-8 minggu 4. Pemberiannya bisa diantara pemberian pakan pelet/pabrik.. on October 23.

. dst sesuai luas yg tersedia.hee. misal jeroan ayam (direbus &/ dicacah). maaf baru ingat. Yang lebih tinggi kualitasnya. Tks@donyirawan” anto.. Beberapa saran utk berhemat dg pelet tenggelam (ukuran disesuaikan). misal untuk terpal 6×8. on November 5. cacahan daun keladi air.dijamin tidak ada pakan tersisa…. Semisal utk terpal dg harga diatas juga sdh cukup dg umur bahan s. 6×8.5 m2 dengan ketinggian 0.75-1 m dari tepi terpal. Untuk pakan. berati lelenya sehat.. tks attensi-nya terpal dipilih sebagai salah satu media kolam dg beberapa alasan.. ya. kondisi tanah setempat yg kurang mendukung ketersediaan unsur hara. diantaranya : mudah pembuatannya... beberapa terpal yg digunakan bisa seperti yg disebut diatas ada yg ukuran 4×6. saya tambahkan CNI Plankton Catalyst 1sdm/10m2 (diencerkan) krn efektif mengurangi tingkat keasaman. kalo saya untuk atasi keasaman: saya kuras 1/3 atau 1/2 air-nya ganti yang baru.5 x 6. “Pak. hee… tks @DonyIrawan armin. kita sesuaikan dg umur.. kangkung air yg selain utk “kanopi kolam” juga bisa untuk “lalapan” yg disukai lele juga …. tomy. praktis dan cepat. Dg pemilihan ukuran terpal ini maka. Semoga tidak terganggu panennya. dll.d. karena saya khawatir akibat hujan pertama sedang terjadi yg kemungkinan hujan asam -coba ditengok padi di sawah banyak/ tidak yang terkena asem-aseman / sabuk kuning-. +. Untuk jenis dan kualitas. maka kolam yg akan terbentuk menjadi sekitar 4.. 2008 at 3:06 PM said: mas doni saya di bandar lampung saya baru mo usaha lele mas?! mas klo kita make terpal harus yang terpal tambak atau terpal biasa yang harga 180 ribu ukuran 6 x 8 m mas untuk pakan sendiri mas yang digunkan mesti pelet y mas kan biaya produksinya bisa tinggi mas alternatif pakan klo make roti sisa pabrik gmna mas Mas Anto. meminimalisasi adanya musuh (predator) alami. berbagi ilmu . monggo. kalo masih “balita” dg pelet 99. on December 13. on November 24. Bisa juga ditambahkan alternatif. Itu untuk jenis pelet yang apung.2 thn. coba dicek pH air. flexible saja.amin Catatan : kerapatan maks 525 ekor per m2 untuk efisiensi penyerapan pakan Semoga sukses ayoo kita perbanyak sharing the way . Nah. karena lelenya super doyan makan. 2008 at 1:55 PM said: mas dony leleku skr lagi banyak yang mati… adakah obat untuk mengatasi lele mati. 2008 at 7:12 PM said: . kmudian dg 781-2.

7 x4. makan 2 x sehari dengan ceroan ayam. coba perbanyak sirkulasi air atau taburkan tanaman air seperti kangkung air. saya tidak punya tanak yang lebar. karena kemungkinan ikan lele kepanasan akibat terlalu dangkal. keladi/daun kelor. on December 26. on January 8. sirami kolam dengan EM4. Halo salam kenal juga. saya taruh di lantai II rumah saya. Beberapa hal yg saya lakukan adalah dengan mengganti sebagian air & memercikkan larutan Plankton Catalys CNI (10gr dilarutkan dlm 1 ember air dipercikkan ke kolam 1x1minggu) kedua.com Reply ardi.blogspot. air bersih. kemudian saya menggunakan drum plastik 200 ltr. ketinggian air minimal 50cm. enceng gondok yang selain untuk peneduh juga untuk menyerap ion logam berat (bukan tank atau pipa lho hhee hhee…) Semoga panennya berhasil.5m dengan kolam tambak. 2008 at 10:17 AM said: Ada cara bertenak lele untuk tempat yang sempit.ini ada cara praktis untuk menyehatkan kolam lele. coba diperiksa beberapa hal : keasaman akibat banyaknya sisa pakan yg berpotensi menyembabkan bertumpuknya amoniak.7 kira2 mengingat skarang musim hujan sebaiknya ukuran lele brapa y baik?dan langkah2x apa aj yg harus dipersiapkan mengingat byak tmen2 yg tnya diatas ktya bnyak lele yang mati alias susah hidup di msim hujan. kurangi air pada kolam lele sampai tidak ada air yang keluar. utk case Anda. sya minggu dpan mo cba beli bibit lele untuk klam terpal 2. saya sangat bertrimaksih atas bantuannya. ternyata hemat tempat juga . 2009 at 2:53 PM said: salam kenal mas Dony boleh minta saran ya mas. btw. Sukses buat anda bowok. jika penanganan menggunakan bahan kimia. tapi saya sangat ingin saya beternak lele. bisa diuji coba pada septitang. dosis yang digunakan brapa? dan apakah perlu pada permukaan terpal saya beri kotoran sapi agar terdapat plankon2x? trims atas jwabannya . kotorannya terfermentasi Reply Bacthfile.! ternaklele. jauh dari jln raya. TK saya sudah 2 bln tebar bibit dengan ukuran 5-10 cm sebanyak 2300 dengan ukuran kolam 3x3x1. kalo bisa 1m ya lebih baik. hampir dipastikan airnya jadi sehat. 2009 at 1:21 PM said: mas mo nanya. ni ak msih awam mengenai budidaya lele. semenjak di tabur ke kolam hampir setiap hari 10 ekor yang mati hingga saat ini. tapi kalo kedalaman kolam sdh dangkal. on January 19.

Kebetulan saya menggunakan treatment penyediaan plankton dengan mengisi ketinggian air kolam 10-20 cm dulu dan saya taburi larutan Plankton Catalys CNI 1 sendok (10gr) diaduk rata dalam ember dan disiramkan ke kolam. kebetulan saya belum pernah coba. 2. lakukan penggantian dan sirkulasi air dengan penambahan anti asam. bisa mulai dengan ukuran korek api (3-5cm). Kalo pakan setempat harga relatif murah.com . Penggunaan Plankton Catalys CNI bisa menaikkan kadar pH agar tidak menjadi terlalu asam. Memasukkan benih juga perlu hati-hati. Membenamkan kantong benih dikolam untuk menyamakan temperatur kolam dengan air kantong (sekitar setengah jam). amin reni. Silakan menggunakan bahan organik untuk menumbuhkan plankton yang tentunya juga perlu didukung dengan pemberian pupuk. Menurutnya selama ini memakai produk herbal untuk supplemennya. Soal ukuran. tapi saya punya kolam lele yang saya percayakan ke salah satu rekan. Kemudian air saya tambahkan sampai 75cm dan didiamkan 2-3 hari baru benih dimasukkan. belinya juga lewat internet katanya. Langkah ini bisa dilakukan bisa juga tidak. seperti beberapa peternak di daerah Madiun dsk. Semoga sukses usahanya. 3.pradiptaparamitha. Persiapan kolam memang perlu & penting : a. Hasil panen dan kualitas kolam saya lihat sendiri memang bagus. Dalam musim hujan ini yang perlu diwaspadai adalah : a. Bila air hujan banyak mengandung asam (hujan asam dengan penanda daun padi atau daun-daunan menjadi semburat kuning). langsung aja beli ukuran yg lebih besar. Didiamkan 57hari untuk masa perkembangan bakal plankton.Mas Bowok. on January 22. Penggunaan Plankton Catalys CNI juga bagus untuk menumbuhkan plankton dan menjaga pH air lebih netral. makanya saya juga ingin membagi tips juga. e. Websitenya ww. namun mungkin yang dimaksud pupuk dari limbah sapi yang tentunya sudah berupa kompos yang matang (sudah dingin). 1. Pilih terpal yang kualitas baik dan periksa jangan sampai bahan ada sambungannya b. Namanya MINARAYA LELE. banyak yang saya bisa ambil pelajarannya. yaitu dengan klimatisasi. Bila hujan deras sering turun dan cenderung suhu udara menjadi lebih dingin. Sebelumnya disemprotkan round-up. Aplikasinya dengan melarutkan 10gr (1sdm) ke dalam 1 ember air dan disiramkan setiap 1x 1 minggu sdh cukup dan tidak perlu berlebih. sisi luar terpal ada yang dilapisi dengan cat mani dengan pertimbangan mendukung kekuatan dan kerapatan terpal c. Saya bukan orang yang langsung terjun ke bidang ternak lele. 2009 at 10:33 AM said: Saya mencoba mengikuti blog ini. NB. ya tergantung keinginan kita. atau dialasi dengan penutup lainnya dan usahakan permukaan rata d. Kalo kotoran sapi. b. Untuk ukuran kolam tsb bisa diisi benih sebanyak 2000-2500ekor. Tanah / dasar lahan sebaiknya bersih dari ranting akar / tonggak liar yang dapat merusak alas terpal. Tapi kalo kepepet waktu. baru kantong dibuka pelan/sedikit untuk penyampuran air kolam sedikit demi sedikit dirasakan oleh benih. Air perlu dibuat “aman & nyaman” bagi bakal penghuni kolam. maka perlu penggantian dan sirkulasi air 4.

menurut saya kemungkinannya : 1. kemudian sya sebar bibitnya mengapa satu hari brikutnya air berbau anyir serta banyak ikan yang bergelantungan tegak lurus. 2009 at 1:20 PM said: salam kenal mas dony. usahakan menebar benih pada sore hari atau pagi demi menghindari pemanasan air kolam. on January 22. yang saya mau tanyakan kenapa sebagian pada mati yah. perhatikan keasaman air yg terlalu ektrem (syukur bisa dlm kondisi netral pH~6. jgan bsen y mas jwabnya.. hal tsb banyak faktornya. sya ingin menayakan beberapa hal 1. tp udah terlanjur ya trus tak tebar benih). urea. tks “ sukari. mas dony tinggal didaerah mana? terima kasih pertama-tama atas nama pribadi dan blogger lele menyampaikan rasa duka yang mendalam atas koitnya penebaran bibit Pak Sukari . cenderung asam pH<6. durasi/waktu pengemasan di wadah bibit yg kurang nyaman shg bibit stres : banyak guncangan.. tsp. kelamaan ( >6 jam transport). 2009 at 11:56 PM said: mas ni ad beberapa yg ingin ku tyakan lagi. on February 3.5 pake kertas ukur lakmus) Saran : lebih baik sewaktu membeli benih diletahkan di tempat teduh. kapus sesuai dosis yang saya campurkan pada sedikit tanah kemudian sya masukkan ke kolam (teknik ini sedikit salah sih sebenernya. cuaca panas 2.wadauu… air gambut/rawa !!. OK btw. dan apa faktor2nya yang membuat lele mati padahal waktu aku tebar bibit pertama dan kedua tidak. saya di Pekanbaru-Riau yg disini airnya …. bagaimana caranya mengatasinya oyah. sya sisakan 3/4 trus sya tambah airnya setiap bau anyir datang? .Silakan dengan senang hati. Kedua.*. klamku dah tak tebar benih 3700 ukuran 5-7 pd kolam terpal 3×5. apakah perlu saya ganti airnya. Perlu tahapan penyesuaian sesaat 3.*.5-77.. Mohon maaf. krn saya juga akan sedih ) btw. karena di blog ini kita juga masih dan banyak belajar bersama – sharing. kurangnya klimatisasi antara wadah dg kolam..… ikutan gabung yah…. (serius lho . saya di jogja saat ini musim kemarau dan mtahari jrang mengenai kolam sya dan kolam sya terbuka tanpa sya beri atap?padahal jga sudah sya upayakan dengan tebar garam kristal sesuai dosis 3. mengapa setelah 1 minggu air hanya berwarna coklat tidak menghijau? 2. mas dony.5 rata-rata " bowok. tgl 11 jan 2009 aku mulai tebar bi2t lele 7000 ekor. Tapi nggak kapok kan ?? Ini pelajaran untuk menjadi sukses untuk Anda. pemupukan tlah sya lakukan dengan kotoran sapi yg sudah jadi.

pelet 99. mmg alhmd. saya coba bantu yang setahu saya. lebih cepat bila ditambhkan catalys. pakan disesuaikan dengan perkembangan bibit. cm skrng yg sy liat skr kok besarnya mulai ngga rat ya? dan lelnya sering berdiri dipermukaan air. beban pompa air. bila memungkinkan (faktornya banyak sih. 2009 at 2:11 PM said: salam kenal mas dony…saya jg pemula nih. 278-2 atau sesuai anjuran. krn lahan terbatas sy coba pelihara lele pke drum plastik (dpt info dr internet juga). air bisa ditinggikan 50-75 cm dan juga dibiarkan dulu. berapa banyak pkan yang hrus sya berikan per hari dan pakan yang baik jenis apa? 5. mhon pencerahan tambahan yang berhubungan dengan pembesaran lele. Ada tips lain ?? benih ditebar biasanya setelah perlakuan point 1 diatas. terlalu sering kadang bisa membuat ikan stres krn kudu menyesuaikan juga dg kondisi baru. silakan rekans yang lain bisa langsung merespon. maaf mungkin masih ada belum memenuhi harapannya. biasanya dilakukan 3 minggu / 1 bulan sekali.? o ya sy jg lokasinya di pekanbaru. namun kita bisa saling belajar dan silakan rekans lain menambahkan. dimulai dari ketinggian air hanya sekitar 10-15 cm dibiarkan 5-7 hari. diantaranya ketersediaan air utk penggantian.. umur +/. idem point 2 4. kita pun masih sama-sama belajar.spengetahuan sy tidak terjadi kemtian bibit yg signifikan.. 3. baru terdeteksi 1 ekor itupun krn mati tersedot waktu kuras air. on February 6. normalkah. begitu mas bowok.. btw. usahakan bila pemberian pakan diberikan sedikit demi sedikit dan dilihat seberapa cepat habisnya. mas doni dimna ? saya daerah panam thx Selamat bergabung & tks sdh mampir.17 hari. memang faktor wadah ternyata sedikit banyak berpengaruh. namun terlebih adalah perhatian kita dalam memelihara tahap awalnya. pembiaran air ini juga bisa untuk klimatisasi air. kalo bau anyir mungkin bisa diserap dengan penambahan pelepah batang pisang. 1. baru kemudian setelah terbentuk. mulai dari dedak halus. sementara itu juga bis ditambahkan pelepah batang pisang untuk penyerapan racun dan media/catalys organik 2.4. terimakasih @donyirawan edi. apakah sering melalukan penggantian air tu gak baik? 5. perlakuan untuk pembentukan plankton biasanya memerlukan waktu inkubasi terlebih dahulu sekitar 7-10 hari. saat ini sya msih bingung mas. Trimakasih banyak mas atas jwabannya nanti Salam ketemu lagi Mas Bowo. 22L2. Hebatlah sudah siap nyemplung kolam… apapun hasilnya. . dll) bisa menjadi pertimbangan 5.

sekedar share aja. Achmad.782. Salam kenal juga mas achmad. jd bisa belajar banyak juga nantinya. dimana kesalahan saya dalam memilihara lele sehingga pembesarannya menjadi lama. ndadak blusukan.. makasih ya mas.. Selain itu.. beberapa temen2 banyak yang menggunakan pakan tambahan. saya senang ada master lele di pkb. susah kali dapetnya.5 – 6. tebar benih kemaren 1000 ekor mas. duh senengnya dpt banyak teman . plastik tong atau bak. untuk peletnya saya gunakan 781. senang aja sih bisa dekat dengan master. Kebetulan kolam kami ada di Taman Arengka Pekanbaru . Gimana caranya supaya pertumbuhannya dapat dipercepat mas.masing – masing kolam saya isi 400 ekor mas.untuk lokasi yg berlahan asam seperti tanah gambut yg banyak ditemui di Sumatera. kebanyakan sih jeroan ayam.diman ya mas.. atas share infonya.. keasaman yg berlebih dari tanah gambut yang bersifat asam pH 4.(untuk pkb). Keasaman air kolam : Penggunaan media terpal. . lho. saya juga masih harus banyak belajar (kayak mau ulangan aja).Soalnya saya di pkb juga nie. bener. kalo pakai bekicot sawah. on February 8. saya pelihara di pekarangan dengan kolam terpal mas. tapi secara ekonomis bagusnya kombinasi 30:70 pakan kw1 dg pakan second/third grade + extra fooding tentunya akan sejalan dengan keinginan . mohon pencerahannya mas saya juga sedang memelihara lele dumbo(baru 4 bulan) (masih pemula. Buat mas Edi. bahkan di jawa juga.. Mohon maaf.hee. atau juga kolam semen lebih banyak dijadikan pilihan terhadap kondisi media tanah bermasalah.. salam kenal. hee. pelet tenggelam untuk lele apa ya mas(yang bagus). 2009 at 1:26 PM said: salam kenal mas dony. kalimantan. kolam 2 kali 1 m (3 kolam). Tetapi untuk mencapai ukuran seperti itu saya membutuhkan waktu 4 bulan mas(dari pembelian awal benih ukuran 5 cm mas). koreksi dari saya hanya bahwa saya bukan master. penambahan keasaman juga bis berasal dari curah hujan yang mengandung asam (polusi/pencemaran) yang turun dalam intensitas yang tinggi. memang bener juga yang mengatakan bahwa faktor kandungan protein dari pakan menentukan pertumbuhan si-lele.. selain pemberian pakan yang berlebih atau suhu atau ketinggian air yang kurang. Apa pertumbuhan lelenya kelamaan mas? saya ganti airnya tiap minggu dengan makanan pelet . tp sepertinya pada rebutan cari kontrak pasokan. heee —————————————————————————mas dony ada jual bibit juga ngak? kalau ada alamat mas dimana? atau tempat penjualan bibit lele yang bagus .. pemberian makannannya 3 kali sehari. mohon korekksinya. sekarang sih sudah mau panen ukurannya sekarang 1 ons 1 ekor. sementara untuk lele lebih suka pada air yang rata-rata bila diukur antara pH 7-8.

alhamdulillah ikan sehat dan hasil panen sangat memuaskan sekali.. kalo dapet info buyer yg harga tinggi bagi-bagi info ya. on February 11. bisa sharing info ?? katanya di PKU arah daerah Taluk Kuantan ada yg buat.tuk mengatasi hal tersebut di atas saya menggunakan produk 3 serangkai yakni ziton. sore ~j17/18. sipp juga nih Mas Havit. memang dari umur harusnya sudah bongsor kalau untuk ternak lho ya.. tapi 1:10 juga sudah bagus.. Apakah untuk lele yang tidak tumbuh besar karena salah dalam pemberian pakan. terus baiknya diberikan berapa kali untuk sebagai pakan alami ikan dan penetralisir pH air (pemberian dimulai sejak bibit lele ditebar) ? Terimakasih Mas Didit yang lagi nyantap lumpia . Saya ingin bertanya?. on February 17. malam ~j22/23) atau seperti kebiasaan indukannya (tiap daerah beda-beda lho).. kalo kesedikitan kasihan ga panen-panen…. bagi donk. tks ya didit di Semarang. 2009 at 1:40 PM said: s alam kenal mas. biasanya temen2 memberikannya 3x sehari (pagi ~j7...hee… Salam @ dony Havit. beberapa dugaan saya mungkin bibitnya tdk begitu bagus. oya untuk kolam terpal kalo bisa juga dibersihkan bila telah digunakan untuk membuang sisa parasit/jamur yg nempel… kasihan penghuni kolam berikutnya .tp belum nemu @ saya masih mbesarin (kan bener bukan master.. utk pemakaian Plankton Catalys.dapetin 1:7/8.gostres dan fitfish. Terus untuk pakan sebaiknya diberikan lebih rutin. Juga penggunaan pakan yg kurang kadar proteinnya. berpengaruh terhadap pertumbuhan. umur 6 bulan kalo masih 8-12cm. Penggunaan pakan tambahan (jeroan ayam yg direbus & didinginkan) bisa diaplikasikan utk menaikkan bobot. 2009 at 11:40 PM said: Saya ada petunjuk praktis dalam hal pemijahan lele.. @ untuk pelet tenggelam memang dari harga ekonomis tp pasokan yg cocok saya belum dapetkan. hee..biasanya setelah benih berukuran 2-3 atau kira2 setelah lepas cacing tuk beralih ke pakan serbuk banyak sekali kendala seperti ikan tiba2 ngegantung atau muter2 di dasar kolam.. ok. Kalo kebanyakan kasihan kantongnya. mode ngiler : ON Maaf Mas. Saya sudah membeli CNI Plankton Katalyst. hananging demikian. . nb. masih belajar) @ iya. cukup 1 sdk (10gr) / ember diaduk-dilarutkan dulu. apakah bisa dibesarkan lagi mas? kira2 umurnya sudah 6 bulan tapi ya itu tadi masih kecil2 ukuran 8-12cm akibat salah pengaturan pemberian pakan.

Setelah saya amati terhadap air kolamnya. kenapa yah mas mohon informasinya ? . Mendapatkannya bisa dibeli di toko CNI atau distributornya.. Meski hanya dg pancuran air yg kecil tadi. Dolomite/kapur utk kolam tanah. Tapi memang saya tidak mengetahui kadar Oksigennya secara pasti. on December 22. diberikan 1 minggu sekali Saya senang karena juga bisa memperhatikan kembali pertumbuhan bibit tsb. salam kenal. lalu diberi kapur dolomite. apa perlu lagi nambah makanan yang lainnya.saya mau tanya. see you. pada dasar semen perlu gak di kasih tanah dulu. keliatan lebih segar dan relatif lebih jernih. sukses selalu & mhn bisa sharing pengalaman2 bro tutu lainnya & saya yakin juga pasti masih banyak yg hebat2.. Reply abadi. tapi memang betul dg sistem aerasi (sirkulasi air & udara) bisa membantu kesehatan kolam. jika saya setiap hari kasih usus ayam. satu lagi setelah selesai pembuatan kolam terpal. bisa juga via saya (asal jumlahnya mencukupi) tutu. yakin saya. lalu kalau dapat penyakit kulit kata orang bisa diobati dengan daun kalikih( pepaya ). Utk menjaga kualitas air memang saya menggunakan Plankton Catalyst. itu adalah serbuk bahan yg harus dicampur air dg takaran larutan 20gr/10 ltr air di ember dg pemberian 7hr sekali dipercikkan merata. saya tak mengerti dengan obat-obatan. 2009 at 9:53 AM said: Assalamu’alaikum.siramkan untuk luas kolam 4×6. untuk membuat plankton. apa yang saya lakukan selanjutnya. apalagi ditambah nutrisi u/ olah mikroorganism. on February 19. 2009 at 3:13 PM said: salam kenal mas doni. mas doni pernah coba pake EM4(ikan) atau BIOTAMA(ikan) untuk air kolamnya? saya masih belajar2 ternak lele dan gurame di pekarangan rumah. benar gak pak ? sekarang saya sudaht erlanjur buat kolam bak semen dengan ukuran 2 x 3 meter. 2009 at 8:01 AM said: pak…. mungkin hanya sebesar debit tudor spray). Utk kolam semen tidak perlu diberi tanah & dolomite. luar biasa… kebetulan saya belum pernah pake em4 atau biotama. on February 25. tetap diberi pakan pelet sbg sumber protein yg dijaga kualitasnya karena ini ikan budidaya yg harus dijaga kecukupan pakannya. kolam saya aliri terus dg air mancur (tapi kecil sekali debitnya. Ngapunten kalo belum pas. saya mau tanya nih lele saya ko pada terapung di atas permukaan air. Matur nu budi.

on March 7.5 bulan. terapung koit ato ngambil udara nih ?? kalo sudah pada besar & pada koit. Nb. biar ga kagok panen duitnye.2 Aq/kg dengan alat suntik 1 cm dimana diameter jarum kecil. on March 23.2 Aq/kg dan betina 0. arah suntikan ke arah ekor (belakang)..5 bulan nih)… kirim2 berita panen & tik-suntik lelenya nya’. ok… mas doni bisa dibantu apa obatnya? maksihhh… wahhh ini mah sudah master.abdi mah ges belajar lele. Jadi deh duit… Buat abah ipung yg sudah siap-siap panen (sudah 2. lumayan hasilnya bagus karena umur1. kira2 dah 2. bandung) saya banyak industri ayam pedaging..3 Ova + 0. Didiamkan dulu diember berair sedikit saja. bisa di kiri atau kanan tubuh lele. ijuk yang disembur telur dipindah di kolam penangkaran yg sudah disiapkan kondisinya 3 hari sebelumnya. Atau juga. Untuk yang jantan 0.5 bulan udah sebesar ibu jari tangan itu dah doyan bangkai ayam boiler di daerah (cikalong wetan. bila udah disiapkan indukannya. setelah 1 jam baru dicemplungkan di kolam pemijahan yg sudah disiapkan + ijuknya.Salam kenal juga P.. nuhun pisan @donyirawan Prima.1 Ovaprim + 0. maka ada baiknya dilakukan contingensi/pemindahan ke kolam lainnya dan ada baiknya diberi larutan anti jamur. kolam terjangkit jamur/parasit. Baru setelah 8-10jaman. sekarang belum aman cuacanya mau pemijahan. Ada pendatang baru didunia perlelean nich heehehe saya mau tanya kok lele saya banyak yang mati dengan luka putih di lelenya ya?? dan sebagian besar mati seperti itu Apa gara2 diserang lele yang lain atau ada hal lain??? Apa juga faktor penyemplungan bibit ke kolam berpengaruh?? Dan juga untuk penangkaran lele di terpal itu yang perlu diperhatikan apa aja ya?? Terima kasih (tolong dijawab ya???) . 2009 at 1:26 AM said: salam kenal semua… sy lagi ternak lele pake palstik 2x4m&terpal 4x6m. dmk. mohon diwaspadai curah hujan yg banyak turun dimana suhu & kondisi air hujan juga berpengaruh. Obatna mawi Ovaprim nu dicampur aquabes. btw busway. mohon para suhu lainnya silakan turun gunung… ipunk. Disuntikan di sirip pangkal atas. jadi yang tewas dibakar dulu lalu dimaem lele. tolong ada yang bisa bantu yang punya obat perangsang keluar telur. Bila itu terjadi massal. abah.Abadi. jadi irit pakan dech… saya dah punya 8 empang mau tambah lagi jadi 20 empang. 2009 at 10:41 PM said: Hallow. Sebaiknya penyuntikan dilakukan setelah magrib atau isya. sedikit yang saya tahu. pemijahan dg suntik biasanya digunakan hormon hepofise (tulisannya bener ga ?).

beberapa penyebab kematian lele tahap awal dari beberapa diskusi bisa di-klik berikut : http://donyirawan.com/2008/09/22/tips-praktis-ternak-lele/#comment-122 http://donyirawan. karena pola makannya yang mengarah ke atas (beda dengan ikan mas atau patin. bisa sobek. klo bikin sendiri apa aja bahannya trus gmn cr bikinnya…. misal protein. dan waktu pemakaian yang cenderung segera (<10 hari dari pembuatan) alias tidak bisa disimpan dlm waktu yang lebih lama. yang bisa memakan dalam kondisi makanan tenggelam. apa kabar ? baik. Pak Ossa. vitamin. bahannya lebih sederhana : dedak.. Untuk lele memang banyak yang menyukai pelet apung. langsung dari mesin/pabrik.sy mo cb2 ternak lele…. misalnya.com/2008/09/22/tips-praktis-ternak-lele/#comment-126 Untuk ternak terpal yg perlu diperhatikan juga adalah mohon diperiksa ada tidaknya sambungan dari terpal (dibuka byak). ikan rucah (sisa) ini komposisi dasar sederhana. semoga bisa memberi gambaran singkatnya. 2009 at 1:48 AM said: KOLAM SAYA D JADI BOS. dari yang saya alami. takutnya permukaan dasar tanah turun. Kedua. kurang lebihnya semoga dapat membantu Salam @dony ossa.wordpress. atau jamur/parasit. 2009 at 1:51 AM said: mas sy tamu baru. pelet tenggelam itu dinamakan sesuai sifat pelet-nya yang memang mudah tenggelam dan tidak terapung begitu ditaburkan di air. bisa juga diberikan manakala kita tahu waktu makan yang dapat segera di”sikat habis” Pelet tenggelam cenderung lebih murah krn proses produksinya yg hanya dikeringkan biasa (dijemur).pelet tenggelam itu apa sih…?ada gak d toko pakan. Bisa ditambahkan material lain yang mendukung. on April 13.wordpress. tp yakinlah . eh kolamnya jadi yg dari semen ?? Nah sebelumnya diisi. perlu dilakukan naturalisasi : isi bertahap sp penuh (bertahap utk memastikan kuat daya tahan material. TAHAP BERIKUTNYA APA YG HARUS KULAKUKAN SEBELUM SIAP DIISI AIR DAN BIBIT? TQ BRO selamat bro. mohon di-cek dulu. soal terikan/regangan jangan terlalu kuat.Mb. kalo luka putih bisa jadi infeksi akibat serangan. ada baiknya diikat dengan tali tampar yang rada ada span-nya (dijelujur di lubang mata itiknya / kolongan tepi) Demikian.wordpress. malah membuat terpal tertarik kuat oleh berat air.wordpress. Penggunaan pelet tenggelam ini.com/2008/09/22/tips-praktis-ternak-lele/#comment-124 http://donyirawan. Prima yg tetep semangat. berikut sedikit yg saya tahu. on April 10. dll Dmk. Tks RISKY. saya kok curiga airnya terlalu asam pH-nya shg penghuninya pada buas.com/2008/09/22/tips-praktis-ternak-lele/#comment-95 http://donyirawan.

ajak2 nek panen… deniero. sukses ya. Penanganannya dg Kalium Permanganat (PK) Prosedur Perlakuan PK (untuk jamur. Penyesuaian kondisi air dilakukan dengan membuka sedikit demi sedikit & membiarkan air kolam & air plastik bercampur sedikit demi sedikit dan benih yang siap akan keluar sendiri dari kantong plastik. PK dapat membunuh bakteri dalam filter biologi. bro. lakukan klimatisasi 3-4jam plastik bibit ke dlm air kolam. cara sederhana adlh memasukkan potongan batang pisang (debog) selama 10hari. karena pada saat molekul-molekul oragnik teroksidasi. Bisa dibantu dengan aerasi (gelembung udara) siapkan bibitnya. tambahkan air bertahap s. terimakasih. kenapa di lele saya tu kena penyakit kayak bisul ya? merah di sirip dan dekat insangnya. klimatisasi diperlukan untuk penyesuaian temperatur & kondisi air dari wadah penampungan (plastik bibit) dengan air kolam supaya benih yg masih rentan tidak syok/stress (kayak caleg aja. Cara ini juga bisa dilakukan benih utk melihat-lihat situasi dengan masih terlindung.campurannya 1:2 ) utk menyerap racun/sisa material yg berbahaya.. dan algae mati maka air akan cenderung keruh dan oksigen terlarut menurun. bilas bersih. Penyesuaian temperatur dilakukan dg merendam plastik berisi benih tersebut di kolam sampai didapat temperatur air kolam & plastik menjadi sama. lambang. Dmk utk tahap awalnya. 2jam. on April 20. masukkan air bertahap 10-20cm. kuras. on April 16. baru lepaskan bibit perlahan.. parasit. pencegahannya gimana ya mas?? Maaf. Dmk. kalo yang kena mesti langsung gantung di pinggir kolam. Jo lali rek. 2009 at 12:47 AM said: bagaimana sih proses klimatisasi yang baik ? mhon jawabannya… Salam P. Kedua pastikan bahwa aliran air dan aerasi bekerja optimal. saya terpaksa cari info dari sebelah.Deniero. 2009 at 3:46 AM said: salam kenal… langsung aja.d. proses klimatisasi ini berdasar pengalaman saja. tambahkan zat perangsang biota air ( Plankton Catalys. biasanya dilakukan sekitar 30menit s. .d...) & menekan tingkat kematian benih. biarkan 5-7hari. 75-120cm (ssi kondisi kolam). percikkan 2-3 sdm per kolam (untuk 3x5m). dan bakteri) Pertama by pass filter biologi. diamkan dahulu 2-3 hari. Pastikan sisa material dapat terbuang/terserap. Ketiga berikan dosis sebanyak 2-4 ppm.

maka hal ini dapat dijadikan pertanda untuk menghentikan perlakuan. Apabila pada perlakuan ketiga atau keempat air bertahan berwarna ungu selama lebih dari 8 jam (warna tidak berubah menjadi coklat). dengan pemberian PK dilakukan setiap pagi hari. sehingga biasa digunakan untuk mensterilkan tanaman dari hama dan penyakit. Hal ini dapat dijadikan patokan untuk mendapatkan dosis yang diinginkan apabila timbangan tidak tersedia. . Sebagai gambaran umum satu sendok teh peres (jangan dipadatkan) kurang lebih setara dengan 6 gram. terutama dari gangguan siput dan telurnya. Perlakuan biasanya dilakukan 4 kali berturut dalam waktu 4 hari.Dosis 2 ppm diberikan pada ikan-ikan muda atau ikan-ikan yang tidak bersisik (seperti lele). atau dengan kata lain sudah tidak ada lagi bahan yang dioksidasi. Sedangkan dosis 4 ppm diberlakukan pada ikan-ikan bersisik. Selang dosis tersebut tidak akan merusak tanaman. Setelah perlakuan dihentikan lakukan penggantian air sebanyak 40 % untuk segera membantu pemulihan warna air. Karena hal ini menunjukkan bahwa PK sudah tidak bereaksi lagi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful