SEKILAS TENTANG SOFTWARE SIPBOS

Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) adalah pelaksanaan Program Kompensasi Pengurangan Subsidi Bahan Bakar Minyak (PKPS-BBM) yang di relokasikan di bidang pendidikan sejak bulan Juli tahun 2005. Program ini merupakan program pemerintah untuk meningkatkan perluasan dan pemerataan pendidikan terutama dalam penuntasan Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 tahun yang bersumber dari APBN. Pengelolaan program BOS baik untuk SD dan SMP sederajat dikelola oleh masing-masing direktorat: Direktorat Pembinaan TK/SD dan SMP/SMPLB/SMPT. Sedangkan pada tingkat sekolah ditangani oleh sebuah tim manajemen yang mengatur seluruh penggunaan dana BOS. Pembuatan laporan SPJ BOS adalah kegiatan rutin yang dilakukan oleh lembaga pendidikan penerima dana BOS. Dalam pelaksanaannya, sering terjadi kesalahan, tidak akurat dan kurang efisien antara lain disebabkan oleh beberapa hal: 1. Banyak format pelaporan yang salah menerapkannya dan tidak sesuai dengan format standar pelaporan SPJ BOS di Buku Panduan BOS. 2. Banyaknya jumlah laporan SPJ yang harus dibuat dengan cara manual, sehingga mengakibatkan keterlambatan pelaporan. 3. Kegiatan pelaporan yang sangat komplek tersebut ditambah kelambatan-kelambatan dalam proses pembuatannya, mengakibatkan pelaporan ke jenjang yang lebih tuinggi menjadi tidak tepat waktu sesuai jadwal penerimaan Dana BOS. Oleh kondisi tersebut, pemanfaatan teknologi informasi dalam bentuk komputerisasi system pelaporan SPJ BOS menjadi solusi tepat dalam mengelola operasional pengelolaan pembelanjaan dana BOS yang efektif dan efisien. MANFAAT DAN KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE SIPBOS Lebih cepat • Sistem pengolah data secara komputerisasi, dipastikan akan mempercepat kinerja pembuatan lapran SPJ BOS. • Rekapitulasi penggunaan dana sekolah secara otomatis terakumulasi oleh system sehingga Dispendik maupun instansi terkait tidak perlu merekap ulang (dikirim via email atau softcopy) Lebih akurat • Data perhitungan angka dalam pembelanjaan SPJ BOS, secara otomatis masuk ke dalam Buku Kas (SPJTJB, Umum, Tunai, Bank, Pajak, Kwitansi, dll) Lebih valid dan akuntabel • Konversi angka rupiah otomatis menjadikan rupiah dalam bentuk huruf (terbilang). • Perhitungan Pajak dihitung secara otomatis oleh system. • Dan masih banyak lagi fasilitas yang lain yang akan membantu sekolah dalam melakukan system pelaporan Dana BOS.

Page 2 of 48 pages Buku Manual SI SPJ BOS Copyright © 2009 – F4R15 Software House, Indonesia

MAPPING PROGRAM SOFTWARE SIPBOS

Keterangan Menu: Maintenace Transkasi Cetak Laporan

Data Bank

Data Penerima Tunjangan Jabatan Data POS

Data GTT (Guru Tidak Tetap)

Data Pajak

Data Trans Bank

Penerimaan Dana BOS

Talangan Dana BOS

Tunjangan Honorariu m Jabatan GTT/PTT

Belanja Berfaktur

Belanja Non Faktur

Belanja Buku

Trans. HR Lain

Kas Umum SPTJB

Rinci Pos Kwitansi

Kas Tunai [Form K4]

Kas Bank [Form K5]

Kas Pajak [Form K6]

Page 3 of 48 pages Buku Manual SI SPJ BOS Copyright © 2009 – F4R15 Software House, Indonesia

MEMBUKA DAN MENGAKTIFKAN PROGRAM APLIKASI

Membuka dan Mengaktifkan Program Aplikasi Untuk membuka aplikasi bisa dengan cara klik tombol Start – Programs – Sistem Informasi Pembuatan SPJ BOS – SIP BOS Depag Kab. Malang.

Gambar 1: Mengaktifkan SI. Pembuatan SPJ BOS Malang Selain itu juga bisa menggunakan cara dobel klik tombol Short Cut

Gambar 2: Dobel klik shortcut SIP BOS Depag Kab. Malang Login Sistem Langkah berikutnya adalah melakukan login dengan meng-entri-kan/ memasukkan kode petugas dan password yang telah diset sebelumnya dan klik tombol login. Apabila kode petugas dan password benar maka form utama aplikasi SPJ BOS akan aktif, jika tidak maka anda akan diminta untuk memasukkan kode petugas dan password kembali, sehingga benar. Kode petugas: 11, password: f4r15 atau F4R15

Page 4 of 48 pages Buku Manual SI SPJ BOS Copyright © 2009 – F4R15 Software House, Indonesia

Tampilan Depan Sistem Apabila kode petugas dan password anda benar maka login sistem berhasil. masukkan kode petugas dan password dengan benar Selain itu anda juga bisa melakukan pembatalan sistem.Gambar 3: Form login. Indonesia . maka akan muncul form seperti berikut ini – tampilan depan sistem –. Kumpulan menu Kumpulan toolbar View cek saldo kas bank (Jatim) View cek saldo kas (sekolah) View cek saldo pajak View identitas user aktif Gambar 4: Form utama (tampilan awal) sistem Page 5 of 48 pages Buku Manual SI SPJ BOS Copyright © 2009 – F4R15 Software House. dengan cara mengklik tombol keluar. maka anda akan keluar dari sistem.

Data Pajak. Untuk menampilkan form Data GTT bisa dilakukan dengan cara klik menu Maintenance – Data PTY/ GTY Gambar 5: Langkah untuk menampilkan form GTT # Mengisi Data GTT Untuk mengisi data baru ikutilah langkah-langkah berikut: • Klik tombol Tambah • Isilah Id GTT tekan Enter. Data POS.MAINTENANCE DATA MASTER Yang dimaksud dengan Maintenance Data Master adalah suatu pengelolaan data yang hanya dilakukan 1 kali (satu kali). Indonesia . Hapus Data. Data Bank. 1. Ubah Password. • Apabila data sudah valid klik tombol Simpan untuk menyimpan atau klik tombol Batal untuk membatalkan penambahan data baru Klik tombol Tambah untuk menambah data baru Gambar 6: Form GTT. Yang termasuk Data Master dalam program aplikasi ini adalah Data PTY/ GTY. Nama Guru tekan Enter. Data GTT (Guru Tidak Tetap) # Mengisi Data Guru Tidak Tetap (GTT) Data GTT ini berfungsi untuk membuat transaksi penggajian. data baru ada di area sebelah kanan Page 6 of 48 pages Buku Manual SI SPJ BOS Copyright © 2009 – F4R15 Software House. Data Petugas. Selanjutnya isilah jumlah jam mengajar (max)/ JTM tekan Enter. Data Jabatan.

# Mengedit (merubah) Data GTT Selain menambah data baru. Untuk merubah data ikutilah langkah-langkah berikut: • Klik salah satu data yang akan dirubah/ edit pada tabel di sebelah kanan (warna putih) • Klik tombol Edit. untuk meyakinkan perhatikan pada tabel di sebelah kanan # Keluar dari Form GTT Page 7 of 48 pages Buku Manual SI SPJ BOS Copyright © 2009 – F4R15 Software House. Dalam aplikasi ini kami berikan fasilitas untuk menghapus data yang tidak dikehendaki. anda ingin menghapus data bisa jadi karena memasukkan untuk coba-coba/ latihan atau GTT yang bersangkutan sudah tidak aktif lagi. atau No untuk membatalkan perintah hapus data Gambar 8: Klik Yes untuk menghapus data atau No untuk membatalkan perintah • Data akan terhapus. Indonesia . dan editlah data yang diperlukan • Klik tombol Yes pada konfirmasi penghapusan data. Ikutilah langkah-langkah berikut ini: • Klik data yang akan dihapus pada tabel di sebelah kanan (warna putih) • Klik tombol Hapus. dan editlah data yang diperlukan • Apabila data sudah valid klik tombol Simpan untuk menyimpan atau klik tombol Batal untuk membatalkan perubahan data Gambar 7: Melakukan perubahan data GTT # Menghapus Data GTT Kadang. anda juga bisa merubah data yang sudah dimasukkan (misalnya ada kesalahan data).

Data Bank # Mengisi Data Bank Yang dimaksud dengan data bank adalah suatu aktifitas dalalm memasukkan kode-kode bank sesuai dengan buku rekening (Bank Jatim). Untuk menampilkan form Data Bank dengan cara meng-klik menu Maintenance – Data Bank Page 8 of 48 pages Buku Manual SI SPJ BOS Copyright © 2009 – F4R15 Software House. Akan tetapi pada aplikasi ini kami sudah memasukkan kode-kode bank sesuai dengan kode rekening di buku tabungan Bank Jatim. Yang membedakan hanyalah statusnya Debet atau Credit. Seperti penambahan data pada data guru dan karyawan. Jadi anda tidak perlu menambahkan maupun merubah data lagi. Untuk menampilkan form Data Data Penerima Tunjangan Jabatan bisa dilakukan dengan cara klik menu Maintenance – Data Data Penerima Tunjangan Jabatan Gambar 9: Langkah untuk menampilkan form Data Penerima Tunjangan Jabatan Kemudian akan muncul form Data Penerima Tunjangan Jabatan. Indonesia . Debet berarti penambahan nominal uang pada rekening sementara Credit berarti pengurangan nominal uang pada rekening. Data Penerima Tunjangan Jabatan # Mengisi Data Penerima Tunjangan Jabatan Data Data Penerima Tunjangan Jabatan ini berfungsi untuk membuat tunjangan jabatan. anda juga bisa menambah data. 2. isilah sesuai dengan kebutuhan Gambar 10: Mengisi Data Form Penerima Tunjangan Jabatan 3. maka anda akan form tersebut akan ditutup.Untuk keluar dari form Guru dan karyawan klik tombol Keluar tekan tombol Escape [Esc] pada keyboard.

bahwa besaran pajak bertambah atau berkurang. Kecuali ada kebijakan baru dari pemerintah. dan tentukan Status kode bank. Credit jika suatu proses pengurangan nominal pada buku rekening. Debet jika suatu proses penambahan nominal pada buku rekening. dalam program aplikasi ini sudah kami sertakan kode-kode bank sesuai kode buku bank Jatim (BOS) 2. Indonesia . Form data pajak berfungsi untuk memasukkan jenis pajak apa saja dan besaran nominalnya berapa yang akan digunakan dalam transaksi BOS. Secara default. Data Pajak # Mengisi Data Pajak Untuk membuka form data pajak. jadi anda tidak perlu menambah data baru lagi.Gambar 11: Menampilkan form Data Bank menggunakan menubar Gambar 12: Mengisi Data Kode Bank Untuk mengisi data baru ikutilah langkah-langkah berikut: • Klik tombol Tambah • Isilah Kode Transaksi tekan Enter. klik menu Maintenance – Data Pajak. Secara default kami sudah menyertakan data pajak yang berlaku saat ini. Untuk menentukan status ini harus sesuai dengan petunjuk buku rekening. Gambar 13: Menampilkan form Data Pajak menggunakan menubar Page 9 of 48 pages Buku Manual SI SPJ BOS Copyright © 2009 – F4R15 Software House. Nama Transaksi tekan Enter.

Akan tetapi dalam program aplikasi ini setiap data transaksi yang dimasukkan ke dalam program maka komputer secara otomatis akan mengelempokkan sesuai dengan pos-pos pembelanjaan. Namun sering terjadi kesalahan dalam menempatkan transaksi tertentu ke dalam Pos Pembelanjaan. Gunakan garis batang (scroll bar) untuk melihat data secara lengkap Page 10 of 48 pages Buku Manual SI SPJ BOS Copyright © 2009 – F4R15 Software House. Setiap transaksi yang dilakukan harus sesuai dengan POS pembelanjaan. apabila pada saat-saat tertentu anda harus menambahkan pos baru ikutilah langkah-langkah berikut: • Klik tombol Tambah • Masukkan Kode Pos dan Nama Pos • Tekan tombol Enter pada keyboard untuk mengaktifkan tombol Simpan • Klik tombol Simpan.Gambar 14: Tampilan form data pajak Isilah Data Pajak sesuai dengan kebutuhan 3. Namun. Indonesia . Untuk menampilkan Form Rincian Pos Pembelanjaan klik menu Maintenance – Data POS Gambar 15: Menampilkan data pos pembelanjaan menggunakan menubar # Mengisi Data Baru Pos Pembelanjaan Pada saat program aplikasi ini diinstal/ terpasang di komputer anda Pos Pembelanjaan ini secara otomatis sudah terisi. lihatlah data yang baru data dimasukkan pada tabel sebelahnya. jadi anda tidak perlu menambahkan Pos baru. Data Pos (Pembelanjaan) Dalam pembuatan SPJ BOS lembaga harus menyertakan Data Pos Pembelanjaan.

lakukan langkah-langkah berikut ini: • Klik data yang akan di-edit pada tabel sebelah kanan dan secara otomatis tombol Edit akan aktif • Klik tombol Edit dan editlah data yang diperlukan • Klik tombol Simpan untuk menyimpan atau Batal untuk membatalkan perubahan • Untuk keluar dari form ini klik tombol Keluar atau tekan tombol [Esc] pada keyboard # Menghapus Data Pos Pembelanjaan Untuk melakukan penghapusan data. Indonesia . lakukan langkah-langkah berikut ini: • Klik data yang akan di-hapus pada tabel sebelah kanan dan secara otomatis tombol Hapus akan aktif • Klik tombol Hapus dan editlah data yang diperlukan • Pada konfirmasi penghapusan pilih Yes untuk menghapus atau No untuk membatalkan penghapusan Gambar 17.Gambar 16: Menambah data baru pos pembelanjaan • Untuk keluar dari form ini klik tombol Keluar atau tekan tombol Escape [Esc] pada keyboard Note: Dalam program aplikasi ini kami sudah menyertakan pos pembelanjaan berdasarkan sesuai dengan buku panduan BOS terbaru # Merubah/ Edit Data Pos Pembelanjaan Untuk melakukan perubahan data. Pilih Yes untuk melakukan penghapusan atau No untuk membatalkan perintah Page 11 of 48 pages Buku Manual SI SPJ BOS Copyright © 2009 – F4R15 Software House.

Akhiri dengan klik tombol Keluar Gambar 19: Form setting register lembaga Page 12 of 48 pages Buku Manual SI SPJ BOS Copyright © 2009 – F4R15 Software House. Juga identitas Kepala Sekolah (nama dan nip) dan identitas Bendahara BOS (nama dan nip). kabupaten. Serta jumlah siswa dan nilai BOS. klik menu Utility – Setting Lembaga [Register] Gambar 18. kecamatan. alamat (desa/ kelurahan. Nilai BOS adalah besaran angka rupiah yang diterima oleh setiap siswa per tahun.MEMBUAT LAPORAN SPJ BOS # Langkah 1 – Setting Lembaga [Register] Untuk melakukan setting register/ lembaga. Apabila data yang dimasukkan sudah valid anda bisa menyimpan dengan klik tombol Simpan atau klik tombol Batal untuk membatalkan setting lembaga. Indonesia . Menampilkan form setting lembaga [register] menggunakan menubar Pada Setting Register Lembaga ini. anda bisa mengatur nama lembaga. propinsi).

Kode Transaksi Bank (9996). • Isilah Jumlah (Rp) sebesar jumlah uang sesuai dengan buku tabungan (mis. Data ini harus benar-benar sesuai dengan buku rekening per periode pengambilan BOS. Indonesia . ikutilah langkah-langkah berikut: Kode 9996 .800. Kemudian tekan Enter pada keyboard untuk mengaktifkan text box Jumlah (Rp). klik tombol Simpan • Klik OK pada konfirmasi penyimpanan Page 13 of 48 pages Buku Manual SI SPJ BOS Copyright © 2009 – F4R15 Software House. Untuk menampilkan form Data Transaksi Bank klik menu Transaksi – Bank [Data Buku Tab] Gambar 20: Menampilkan data bank menggunakan menu bar Anda juga bisa menggunakan toolbar Data Bank pada halaman depan Gambar 21: Menampilkan data bank menggunakan toolbar Pada form ini. 19.# Langkah 2 – Memasukkan Data Transaksi Bank Langkah berikutnya adalah memasukkan data Transaksi Bank yang ada di buku tabungan Bank Jatim (khusus untuk BOS) sesuai dengan Tanggal Transaksi dan Kode Bank. Thn). Dalam manual book ini.(Pembayaran Gaji UPL) Untuk memasukkan kode 9996 ikutilah langkah-langkah berikut: • Klik tombol Tambah • Isilah Tanggal Transaksi (tgl. Pada teks di bawahnya akan muncul keterangan dari kode 9996 yaitu Pembayaran Gaji UPL.000) lalu tekan Enter untuk mengaktifkan tombol Simpan • Apabila data sudah valid. Bln. kami memberi contoh untuk memasukkan transaksi kode 9996 (pembayaran gaji UPL) dan 5000 (penarikan tunai). terutama tanggal transaksi. anda harus memasukkan semua kode pada transaksi bank/ buku rekening bank jatim.

Untuk memasukkan kode 5000 ikutilah langkah-langkah berikut: • Klik tombol Tambah • Isilah Tanggal Transaksi (tgl. 19.Gambar 22: Memasukkan kode-kode bank Gambar 23: Konfirmasi penyimpanan.(Penarikan Tunai) Kode ini dimasukkan apabila uang sudah ditangan. klik tombol Simpan • Klik OK pada konfirmasi penyimpanan Page 14 of 48 pages Buku Manual SI SPJ BOS Copyright © 2009 – F4R15 Software House. klik OK untuk menyimpan data Kode 5000 . Pada teks di bawahnya akan muncul keterangan dari kode 5000 yaitu Penarikan Tunai. Indonesia .000) lalu tekan Enter untuk mengaktifkan tombol Simpan • Apabila data sudah valid. • Isilah Jumlah (Rp) sebesar jumlah uang sesuai dengan buku tabungan (mis. Kode Transaksi Bank (5000). Bln. Artinya anda sudah melakukan penarikan tunai di Bank. Thn).800. Kemudian tekan Enter pada keyboard untuk mengaktifkan text box Jumlah (Rp).

klik OK untuk menyimpan data # Langkah 4 – Memasukkan Dana BOS Klik menu Transaksi . Indonesia .Gambar 24: Memasukkan kode 5000 Gambar 25: Konfirmasi penyimpanan.Pencairan Dana BOS Gambar 26: Menampilkan form Dana Bos menggunakan menubar Page 15 of 48 pages Buku Manual SI SPJ BOS Copyright © 2009 – F4R15 Software House.

Namun jika tidak tampil berarti berarti ada kesalahan penginputan data pada Transaksi Bank. Lakukan kembali sehingga sehingga sesuai dengan harapan. Juli – September 2009) • Terakhir simpanlah dengan mengklik tombol Simpan Page 16 of 48 pages Buku Manual SI SPJ BOS Copyright © 2009 – F4R15 Software House.Anda juga bisa menggunakan toolbar Dana BOS pada halaman depan sistem Gambar 27: Klik Dana BOS untuk memasukkan Dana BOS Akan muncul form berikut ini: 1 Klik dulu di sini Tentukan periode BOS di sini 2 Gambar 28: Klik Dana BOS untuk memasukkan Dana BOS Apabila anda sudah memasukkan kode 5000 pada data transaksi bank maka secara otomatis data akan tampil pada tabel kas bank (dalam lingkaran pada gambar 10) sesuai dengan kode transaksi. seperti langkah-langkah berikut: • Klik data transaksi pada Kas Bank (no. Langkah selanjutnya adalah memasukkan ke dalam data BOS agar uang yang ada bisa dibelanjakan. Indonesia . 2 • Tentukan periode sesuai kebutuhan (mis. 1) • Secara otomatis akan muncul seperti pada no.

• Setelah anda simpan. perhatikan gambar berikut: Saldo kas akan terisi otomatis setelah transaksi dari kas bank di pindah ke kas masuk dan siap Saldo bank. Indonesia . saldo yang ada di bank Gambar 30: Dana BOS sudah masuk ke dalam program dan siap dibelanjakan Page 17 of 48 pages Buku Manual SI SPJ BOS Copyright © 2009 – F4R15 Software House. maka data transaksi akan berpindah ke tabel di sebelah kanan (Kas Masuk) Data akan berpindah ke sini (tabel kas masuk) Gambar 29: Dana BOS siap dibelanjakan • Dan secara otomatis Saldo Kas akan terisi.

Gambar 36: Klik Belanja Faktur untuk memasukkan transaksi berfaktur Belanja berfaktur adalah suatu pembelanjaan yang mempunyai detail pembelian. Transaksi (jangan dirubah) • Tentukan Tanggal Transaksi dengan mengklik tanda panah-nya Ke bulan sebelumnya Ke bulan berikutnya Klik di sini untuk memilih bulan Tentukan tanggalnya dengan mengklik salah satu tanggal di sini Gambar 37: Memasukkan dan mengatur tanggal • Isilah Belanja Untuk dengan pembelanjaan (mis. detailnya adalah spidol. Indonesia . bulpoint. Contoh Pembelian barang ATK. dan pensil. ikutilah langkah-langkah berikut ini: • No. Belanja Berfaktur Klik menu Transaksi – Pembelian – Faktur Gambar 35: Menampilkan Belanja Berfaktur menggunakan menubar Selain itu anda juga bisa menggunakan dengan meng-klik tombol Belanja Faktur pada halaman depan untuk menampilkan form Transaksi Belanja (berfaktur). Pembelian Barang Habis Pakai) lalu Enter Page 18 of 48 pages Buku Manual SI SPJ BOS Copyright © 2009 – F4R15 Software House. penggaris.# Langkah 5 – Memasukkan Data Pembelanjaan 1. # Memasukkan Data dari Nota Pembelian ke dalam Program Untuk memasukkan dari nota pembelian.

Lalu tekan Enter Isilah Satuan dengan satuan barang yang dibeli (mis.000) lalu tekan Enter Isilah Byk dengan jumlah pembelian barang tersebut (mis. 2). Rim) lalu tekan Enter untuk memasukkan ke dalam tabel. Rudi) lalu Enter Isilah Instansi/ Toko dengan nama toko tempat belanja (mis. 35.• • • Isilah Nama Penerima dengan nama petugas toko yang di tulis di dalam nota (mis. Kode POS ini harus sesuai dengan pembelanjaan Isi dari Kode POS yang dipilih Klik salah satu Kode POS ini untuk memilih Gambar 38: Menyesuaikan dengan Kode POS pembelanjaan • • • • • • Lalu tekan Enter untuk aktif di Nama Barang pada ”Input Data Detail Pembelian” Isilah Nama Barang (mis. Indonesia . Kuning Jaya) lalu Enter Tentukan Kode POS Belanja dengan meng-klik tanda panah arah bawah. Kertas HVS 70 gr) lalu tekan Enter Isilah Harga (mis. Total Harga akan terisi otomatis begitu Harga dan Byk diisi. Juga bisa menggunakan tanda panah ke bawah Lakukanlah sampai barang yang ada di nota dimasukkan semua Pointer akan aktif di sini begitu ditekan Enter pada kode POS Pembelanjaan Gambar 39: Memasukkan detail pembelian/ pembelanjaan ATK Page 19 of 48 pages Buku Manual SI SPJ BOS Copyright © 2009 – F4R15 Software House.

klik Simpan untuk menyimpan Gambar 40: Detail belanja ATK setelah diisi secara lengkap • Akan muncul konfirmasi penyimpanan.• Apabila barang yang ada di nota sudah di inputkan (dimasukkan) semua. klik OK Gambar 42: Konfirmasi penyimpanan – klik OK 2. Indonesia . klik Yes untuk menyimpan atau No untuk membatalkan penyimpanan Gambar 41: Klik Yes untuk menyimpan atau No untuk membatalkan perintah • Konfirmasi jika penyimpanan sukses. Belanja non Faktur Untuk menampilkan form belanja non faktur klik menu Transaksi – Pembelian – Non Faktur Gambar 43: Menampilkan Belanja Nonfaktur menggunakan menubar Page 20 of 48 pages Buku Manual SI SPJ BOS Copyright © 2009 – F4R15 Software House.

September 2009) lalu Enter Isilah Nama Penerima dengan nama petugas yang di tulis di dalam nota (mis. Gambar 44: Klik tombol Belanja non Faktur untuk menampilkan form Belanja non Faktur Form Belanja non Faktur ini digunakan untuk memasukkan transaksi belanja yang tidak memiliki detail transaksi. Indonesia . ikutilah langkah-langkah berikut ini: • No.Anda juga bisa menggunakan toolbar Belanja non Faktur pada halaman depan. Membayar tagihan listrik bln. dan PDAM. Misalnya pembayaran tagihan telepon. Maka akan tampil seperti berikut ini: Gambar 45: Tampilan form Data Transaksi Belanja non Faktur # Memasukkan Data dari Nota Pembelian ke dalam Program Untuk memasukkan dari nota pembelian. tagihan listrik. Rudi) lalu Enter Page 21 of 48 pages Buku Manual SI SPJ BOS Copyright © 2009 – F4R15 Software House. Transaksi (jangan dirubah) • Tentukan Tanggal Transaksi dengan mengklik tanda panah-nya Ke bulan sebelumnya Ke bulan berikutnya Klik di sini untuk memilih bulan Tentukan tanggalnya dengan mengklik salah satu tanggal di sini Gambar46: Pengaturan tanggal • • Isilah Belanja Untuk dengan pembelanjaan (mis.

• • • • Isilah Instansi/ Toko dengan counter PLN (mis. PLN) lalu Enter Isilah Jumlah [Rupiah] dengan besar pembayaran sesuai dengan nota (mis. Pembelian Khusus Buku Klik menu Transaksi – Pembelian – [Khusus Buku] untuk menampilkan form transaksi pembelian buku Gambar 49: Menampilkan transaksi pembelian buku Page 22 of 48 pages Buku Manual SI SPJ BOS Copyright © 2009 – F4R15 Software House.3. Indonesia . Kode POS ini harus sesuai dengan pembelanjaan (2.000) lalu Enter Tentukan Kode POS Belanja dengan meng-klik tanda panah arah bawah. Langganan Listrik) lalu Enter Klik tombol Simpan akan muncul konfirmasi penyimpanan. klik Yes untuk menyimpan atau No untuk membatalkan Gambar 47: Mengisi dan menyimpan transaksi Belanja non Faktur Setelah diklik tombol Simpan akan muncul konfirmasi penyimpanan seperti berikut ini Gambar 48: Konfirmasi penyimpanan – klik tombol Yes untuk menyimpan 3.1. 50.

Gambar 50: Menampilkan transaksi pembelian buku 4. Transaksi/ HR Lain Klik menu Transaksi – Transport Lain untuk menampilkan Transaksi/ HR Lain Gambar 51: Menampilkan transaksi/ HR lain Anda juga bisa meng-klik tombol Transaksi/ HR Lain pada halaman depan Gambar 52: Perintah untuk menampilkan Transaksi/ HR Lain Page 23 of 48 pages Buku Manual SI SPJ BOS Copyright © 2009 – F4R15 Software House. Indonesia .

maka secara otomatis data akan masuk ke tabel • Simpanlah dengan mengklik tombol Simpan Gambar 54: Mengisi dan menyimpan transaksi/ HR Lain Page 24 of 48 pages Buku Manual SI SPJ BOS Copyright © 2009 – F4R15 Software House. Tukang bekerja selama 2 hari dengan dengan ongkos perharinya 20. 10. Jika tidak.000 dan volume diisi dengan 2 • Kemudian tekan Enter pada keyboard. abaikan saja • Isilah Untuk Pembiayaan dengan tujuan pengeluaran (mis. maka pada satuan diisi 20.000. Indonesia . misalnya ongkos tukang. 000 • Apabila ada pajak. Rp.Form Transaksi/ HR Lain digunakan untuk memasukkan pembayaran HR selain guru/ karyawan. Akan muncul seperti berikut: Gambar 53: Tampilan form Transaksi/ HR Lain # Memasukkan Data Transaksi/ HR Lain • Nomor Transaksi (jangan dirubah) • Isi Tanggal Transaksi dengan mengklik tanda panah • Isilah Satuan (Rp) dengan nominal Honorarium (HR). mis. Ongkos tukang perbaikan atap) • Sesuaikanlah pembelanjaan dengan Kode POS Belanja • Isilah Nama Penerima dengan nama orang yang menerima HR • Volume diisi dengan jumlah harian HR (mis. tentukan jenis pajaknya.

centang ( ) pada PPH 21. Indonesia . misalany 10. GTT yang diikuti oleh nama dan Jml Jam Page 25 of 48 pages Buku Manual SI SPJ BOS Copyright © 2009 – F4R15 Software House. Honorarium GTT/ PTT Klik tombol Honorarium GTT/ PTT pada halaman depan Gambar 56: Perintah untuk menampilkan form Honorarium GTT Maka akan muncul form seperti berikut: Gambar 57: Tampilan form Honorarium GTT/ PTT # Memasukkan Data Transaksi Honorarium GTT/ PTT • Nomor Transaksi (jangan dirubah) • Isi Tanggal Transaksi dengan mengklik tanda panah • Isilah Satuan (Rp) dengan nominal Honorarium (HR). Untuk menentukan ID Guru klik tanda panah dalam lingkaran Gambar 58: Menentukan ID. PPH 21 adalah pajak penghasilan sebesar 5% • Pada ID GTT tentukan ID Guru yang akan menjelaskan tentang nama guru dan jumlah jam.000 • Apabila ada pajak.5.

Indonesia . Tunjangan Jabatan Klik tombol Tunjangan Jabatan pada halaman depan sistem Gambar 60: Perintah untuk menampilkan form Tunjangan GTY/ PTY Maka akan muncul form seperti berikut: Gambar 61: Tampilan form Tunjangan Guru (GTY/ PTY) Secara otomatis besar tunjangan akan tampil sesuai dengan pengaturan besar tunjangan pada Data Jabatan. Page 26 of 48 pages Buku Manual SI SPJ BOS Copyright © 2009 – F4R15 Software House. Apabila ada pajak. centanglah ( ) pada PPH 21 (dalam lingkaran) dan program akan menghitung pajak dengan sendirinya.• • Kemudian klik tanda maka secara otomatis Honorarium guru akan terbuat Simpanlah dengan mengklik tombol Simpan 6.

pilih Buku Kas Umum dan tentukan Tanggal Penutupan (biasanya tanggal terakhir pada bulan terakhir periode tertentu) karena periode yang dijadikan contoh adalah Juli – September 2009 maka tanggal yang dipilih adalah 30 September 2009. Honorarium Guru (GTY/ PTY) maupun Tunjangan Guru (GTY/ PTY) maka secara otomatis akan membentuk Kas Umum. Surat Pernyataan Tanggung Jawab Belanja (SPTJB). Transaksi/ HR Lain. Kas Bank. 1. Indonesia . Rincian Belanja Per Jenis Anggaran. dan Kas Pajak. Kas Umum Klik menu Cetak [Laporan] – Kas Umum dan SPTJB untuk menampilkan form cetak Kas Umum dan SPTJB Gambar 65: Menampilkan form cetak Kas Umum dan SPTJB Anda juga bisa meng-klik tombol Kas Umum SPTJB pada halaman depan Gambar 66: Klik tombol Kas Umum SPTJB pada halaman depan sistem Akan muncul form Laporan SPJ BOS.# Langkah 6 – Pelaporan Setelah anda melakukan penyimpanan pada Belanja Faktur. Kas Tunai. Gambar 67: Memilih Buku Kas Umum Page 27 of 48 pages Buku Manual SI SPJ BOS Copyright © 2009 – F4R15 Software House. Belanja non Faktur. Kwitansi Pembelanjaan.

Gambar 69: Tampilan Kas Umum setelah diperbesar (Zoom) Perintah-perintah dalam Laporan Buku Kas Umum: • Mencetak Buku Kas Umum Untuk mencetak Buku Kas Umum. klik lah tanda (icon) printer pada form Print dan klik tombol OK Gambar 70: Mencetak Kas Umum Page 28 of 48 pages Buku Manual SI SPJ BOS Copyright © 2009 – F4R15 Software House.Kemudian klik tombol Cetak maka Buku Kas Umum akan ditampilkan Gambar 68: Tampilan Kas Umum Zoom.. Indonesia .

pilih Surat Pernyataan Tanggung Jawab Belanja (SPTJB) dan tentukan Tanggal Penutupan (biasanya tanggal terakhir pada bulan terakhir periode tertentu) karena periode yang dijadikan contoh adalah Juli – September 2009 maka tanggal yang dipilih adalah 30 September 2009. Surat Pernyataan Tanggung Jawab Belanja (SPTJB) Klik tombol Kas Umum SPTJB pada halaman depan Gambar 72: Klik tombol Kas Umum SPTJB pada halaman depan sistem Akan muncul form Laporan SPJ BOS. Indonesia .Memperbesar tampilan Buku Kas Umum Gambar 71: Memperbesar Tampilan Kas Umum • Menutup Buku Kas Umum Untuk menutup Buku Kas Umum klik tombol Close (x) atau tekan tombol Esc pada keyboard 2. Pilih SPTJB ini kemudian klik Cetak Gambar 73: Memilih laporan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Belanja Page 29 of 48 pages Buku Manual SI SPJ BOS Copyright © 2009 – F4R15 Software House.

Indonesia .. Gambar 75: Tampilan laporan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Belanja (SPTJB)setelah diperbesar (Zoom) Page 30 of 48 pages Buku Manual SI SPJ BOS Copyright © 2009 – F4R15 Software House..Kemudian klik tombol Cetak maka Surat Pernyataan Tanggung Jawab Belanja akan ditampilkan Gambar 74: Tampilan laporan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Belanja (SPTJB) Zoom..

Bukti dan Rincian Pos Belanja a. Kwitansi Klik menu Cetak [Laporan] – Kwitansi.Perintah-perintah dalam Laporan SPTJB: • Mencetak SPTJB Untuk mencetak SPTJB. klik lah tanda (icon) printer Print dan klik tombol OK pada form Gambar 76: Mencetak SPTJB Memperbesar tampilan SPTJB Gambar 77: Memperbesar tampilan SPTJB • Menutup SPTJB Untuk menutup Buku Kas Umum klik tombol Close (x) atau tekan tombol Esc pada keyboard 3. Indonesia . Bukti dan Rincian Pos Belanja Gambar 78: Menampilkan form kwitansi. Kwitansi. bukti dan rincian pos belanja menggunakan menubar Page 31 of 48 pages Buku Manual SI SPJ BOS Copyright © 2009 – F4R15 Software House.

Indonesia . pilih Kwitansi Pembelanjaan pada area Pilih Form Laporan. Kemudian klik tombol Cetak Pilih Kwitansi Pembelanjaan ini kemudian klik Cetak Gambar 80: Memilih Kwitansi Pembelanjaan Maka akan tampil form Kwitansi Pembelanjaan Gambar 81: Tampilan Kwitansi Pembelanjaan Page 32 of 48 pages Buku Manual SI SPJ BOS Copyright © 2009 – F4R15 Software House. klik tombol Rinci Pos Kwitansi pada halaman depan Gambar 79: Klik tombol Rinci Pos Kwitansi pada halaman depan sistem Akan muncul form Laporan SPJ BOS.Anda juga bisa menggunakan cara.

Bukti Fisik Kwitansi Pilih Bukti Fisik Kwitansi dan akan muncul frame Khusus Bukti Fisik Kwitansi 1 2 Gambar 84: Form Laporan SPJ BOS Tentukan jenis pengeluaran 1 Gambar 85: Memilih Jenis Pengeluaran Page 33 of 48 pages Buku Manual SI SPJ BOS Copyright © 2009 – F4R15 Software House. Panel navigator ini terletak pada bagian atas laporan kwitansi.# Cara Berpindah ke Kwitansi Berikutnya Untuk berpindah ke kwitansi berikutnya anda cukup mengklik tanda panah ke kakan atau ke kiri pada panel navigator. Indonesia . Klik di sini untuk pindah ke kwitansi berikutnya Klik di sini untuk pindah ke kwitansi sebelumnya Gambar 83: Panel navigator untuk berpindah ke kwitansi berikutnya dan sebelumnya b.

Tentukan No. Indonesia . Transaksi Akan muncul Gambar 87: Laporan daftar penerimaan tunjangan jabatan Page 34 of 48 pages Buku Manual SI SPJ BOS Copyright © 2009 – F4R15 Software House. Transaksi 2 Gambar 86: Memilih No.

Indonesia . pilih Rinciaan Belanja Per Jenis pada area Pilih Form Laporan. Rincian Belanja Per Jenis Anggaran Akan muncul form Laporan SPJ BOS. Kemudian klik tombol Cetak Pilih SPTJB ini kemudian klik Cetak Gambar 88: Memilih Rincian Belanja Per Jenis Anggaran Maka akan tampil laporan Rincian Penggunaan Per Jenis Anggaran Drag batang penggulung ini untuk melihat laporan ini Gambar 89: Tampilan laporan Rincian Penggunaan Per Jenis Anggaran Page 35 of 48 pages Buku Manual SI SPJ BOS Copyright © 2009 – F4R15 Software House.c.

Gambar 90: Secara otomatis program akan mengelompokkan pembelajaan sesuai dengan pos anggaran Sekarang perhatikan URAIAN KEGIATAN/ PENGGUNAAN pada Bahan Habis Pakai akan langsung tampil otomatis terhadap semua pembelanjaan yang termasuk barang habis pakai 4. Indonesia . Kas Tunai Klik menu Cetak [Laporan] – Kas Tunai untuk menampilkan form laporan Kas Tunai Gambar 91: Menampilkan form Laporan Kas Tunai menggunakan menubar Juga bisa dengan meng-klik tombol Kas Tunai pada halaman depan Gambar 92: Klik tombol Kas Tunai pada halaman depan sistem Page 36 of 48 pages Buku Manual SI SPJ BOS Copyright © 2009 – F4R15 Software House.Zoom..

Akan muncul form Laporan Kas Tunai Gambar 93: Tampilan form Laporan Kas Tunai Tentukan bulan pada Kas Tunai Bulan. kemudian klik tombol Cetak Gambar 94: Menentukan bulan Kas Tunai Page 37 of 48 pages Buku Manual SI SPJ BOS Copyright © 2009 – F4R15 Software House. Indonesia .

anda juga bisa membuka Kas Tunai bulan Mei dan Juni sesuai dengan pilihan. Indonesia .Maka akan tampil laporan Kas Tunai berikut ini: Gambar 95: Laporan Kas Tunai Bln April 2009 Selain bulan April. Kas Bank Klik menu Cetak [Laporan] – Kas Bank untuk menampilkan form Laporan Kas Bank Gambar 96: Menampilkan form Laporan Kas Bank menggunakan menubar Juga bisa dengan meng-klik tombol Kas Bank pada halaman depan sistem Gambar 97: Klik tombol Kas Bank pada halaman depan sistem Page 38 of 48 pages Buku Manual SI SPJ BOS Copyright © 2009 – F4R15 Software House. 5.

Maka akan muncul form Kas Bank seperti berikut ini: Gambar 98: Tampilan form Laporan Kas Bank Tentukan bulan Kas Bank. kemudiak klik tombol Cetak maka akan tampil seperti gambar berikut ini: Gambar 99: Menentukan bulan Kas Bank Gambar 100: Tampilan Buku Kas Bank Page 39 of 48 pages Buku Manual SI SPJ BOS Copyright © 2009 – F4R15 Software House. Indonesia .

6. Indonesia . maka akan muncul form seperti gambar berikut Gambar 102: Toolbar Kas Pajak Gambar 103: Form Laporan Kas Pajak Page 40 of 48 pages Buku Manual SI SPJ BOS Copyright © 2009 – F4R15 Software House.Selain bulan April. anda juga bisa membuka Kas Bank bulan Mei dan Juni sesuai dengan pilihan. Kas Pajak Klik menu Cetak [Laporan] – Kas Pajak untuk menampilkan form Laporan Kas Pajak Gambar 101: Menampilkan Form Laporan Kas Pajak menggunakan menubar Juga bisa dengan meng-klik tombol Kas Pajak pada halaman depan sistem.

Tentukan Bulan Kas Pajak Gambar 104: Menentukan bulan Kas Pajak Maka akan tampil Gambar 105: Buku Kas Pembantu Pajak Jika data pajak pada bulan yang dipilih tidak ada. Indonesia . maka akan muncul laporan seperti berikut Gambar 106: Buku Kas Pembantu Pajak Page 41 of 48 pages Buku Manual SI SPJ BOS Copyright © 2009 – F4R15 Software House.

dengan cara klik tombol Bayar Pajak pada halaman depan sistem Gambar 107: Toolbar untuk menampilkan form Pembayaran Pajak Gambar 108: Tampilan form Pembayaran Pajak Untuk memasukkan data form pembayaran pajak ke dalam program aplikasi. klik tombol Yes pada konfirmasi ini Page 42 of 48 pages Buku Manual SI SPJ BOS Copyright © 2009 – F4R15 Software House. Rudi) kemudian klik tombol Bayar. Indonesia . Kemudian isilah Penerima/ Petugas yang membayar pajak (mis. Maka secara otomatis data tadi akan berpindah ke tabel di bawahnya (gambar 111) setelah ada konfirmasi seperti berikut ini Gambar 109: Jika data benar. langkah selanjutnya adalah memasukkan pada pada program aplikasi melalui form Pembayaran Pajak. klik salah satu data pajak pada tabel sebelah kiri (pajak yang sudah dibayar) dan perhatikan display di samping kanan.TAMBAHAN PENTING 1. Pembayaran Pajak Apabila beban pajak yang terdapat pada SPJ BOS sudah terbayarkan.

Gambar 110: Memasukkan data pajak ke dalam program aplikasi Data pajak yang sudah dimasukkan ke dalam program Gambar 111: Data pajak yang sudah dimasukkan ke dalam program akan pindah Secara otomatis Saldo Pajak akan berkurang Saldo pajak akan berkurang otomatis Gambar 112: Saldo pajak akan berkurang jika data pajak sudah dimasukkan ke dalam program Page 43 of 48 pages Buku Manual SI SPJ BOS Copyright © 2009 – F4R15 Software House. Indonesia .

Indonesia . Dengan tutup buku maka database akan kosong dan membentuk file database baru dengan susunan yyyymmdd[periode]. contoh 20090406[Apr-Jun2009] Gambar 113: Saldo pajak akan berkurang jika data pajak sudah dimasukkan ke dalam program Untuk melakukan proses tutup buku ini klik menu Transaksi – Tutup buku..2. Gambar 114: Menampilkan form Tutup Buku menggunakan menubar Gambar 115: Tampilan form Tutub Buku Kas Page 44 of 48 pages Buku Manual SI SPJ BOS Copyright © 2009 – F4R15 Software House. langkah selanjutnya adalah melakukan proses tutup buku. Tutup Buku Apabila rekomendasi pengambilan dana BOS sudah turun dari Mapenda dan uang sudah ditangan.

Tanggal tutup. SETUJU DITUTUP Kemudian klik tombol Tutup Buku. Indonesia . dan kas pajak terakhir .Masukkanlah key atau kata kunci untuk tutup buku berikut ini: KAMI SUDAH MENDAPATKAN REKOM.Kondisi Kas akan otomatis berdasarkan kondisi kas tunai. Jika key/ kata kunci yang dimasukkan salah maka akan muncul konfirmasi seperti berikut ini: Gambar 117: Konfirmasi jika kata kunci salah KETERANGAN: . kas bank. untuk menentukan tanggal tutup buku Page 45 of 48 pages Buku Manual SI SPJ BOS Copyright © 2009 – F4R15 Software House. akan muncul konfirmasi klik Yes Gambar 116: Klik yes pada konfirmasi ini Tutup buku berhasil.

Akan muncul form Selamat Datang. Klik Next terus. Dobel klik pada file setup SI SPJ BOS Gambar 118: Cara Instalasi program aplikasi 2. klik Next Gambar 119: Form selamat datang 3. ikutilah langkah-langkah berikut ini: 1. sehingga muncul form Installing Files seperti berikut ini: Gambar 120: Proses copying data instalasi Page 46 of 48 pages Buku Manual SI SPJ BOS Copyright © 2009 – F4R15 Software House.CARA INSTALASI PROGRAM APLIKASI Untuk melakukan instalasi program. Indonesia .

dan program siap dijalankan.4. Pada form Notice berikut ini. ------------------------------------------000------------------------------------------ Page 47 of 48 pages Buku Manual SI SPJ BOS Copyright © 2009 – F4R15 Software House. Indonesia . klik OK untuk restart agar komputer bisa membaca program dengan baik Gambar 121: Klik OK pada Notice Tunggu beberapa saat.

pilih Yes.UTILITAS Back Up Data Back up data berfungsi untuk memindahkan database untuk dikerjakan di komputer atau laptop lain. Indonesia . Selanjutnya akan muncul letak file back up database berada. Drive D) kemudian klik tombol Back Up Data.F45. Akan muncul konfirmasi Back Up data. Fasilitas ini memungkinkan dalam memberikan kemudahan bagi anda yang mobile. Untuk membuka form Back Up data klik menu Utility – Back up data Akan muncul Pilih Drive yang dimaksud untuk menempatkan file Back up database (mis. Dengan fasilitas ini anda tidak perlu memasukkan data dari awal. DataBOSBackp. cukup melanjutkan data yang sudah disimpan. Klik ok Page 48 of 48 pages Buku Manual SI SPJ BOS Copyright © 2009 – F4R15 Software House.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful