CONTOH INSTRUMEN

IDENTITAS RESPONDEN
NAMA NIP UNIT KERJA ALAMAT : : : :

Petunjuk Penggunaan Instrumen
Instrumen ini digunakan sebagai acuan didalam menilai kinerja Kepala Sekolah sebagai salah satu intrumen penilaian kinerja kepala sekolah. Teknik penilaian dengan cara memberikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sesuai

(Luar Biasa = LB) (Melebihi Harapan = MH) (Sesuai Harapan – SH) (Di bawah harapan = DH) ( Jauh dari Harapan= JH)

program 7 Melibatkan Guru menentukan target SKL pada tiap mata .INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH NO PERNYATAAN Kepala Sekolah : 1 Menyusun program relevan dengan visi dan misi sekolah . 1 Berusaha menciptakan budaya organisasi yang kondusif melalui 3 peningkatan budaya bersih. nasional pendidikan (SNP) 6 Meenggunakan hasil evaluasi kinerja sebagai dasar penyusunan . 1 Berusaha menciptakan iklim organisasi yang kondusif melalui 4 pengembangan kerja sama antar sekolah. . kompetitif. 1 Memanfaatkan internet sebagai pengembangan sekolah 2 . dan rindang. Anggaran Sekolah (RKAS) 5 Menyusun target yang menantang dalam memenuhi 8 standar . 9 Melibatkan Guru pengembangan daya kompetisi sekolah . 1 Berusaha meningkatkan mutu pendidik dan tenaga 0 kependidikan . indah. 1 Meningkatkan penguasaan Teknologi Informasi dan 1 Komunikasi warga sekolah dengan arah pengembangan yang . 2 Melibatkan Guru dalam penyusunan Rencana Kerja Jangka . pelajaran 8 Menggerakan warga sekolah untuk mencapai target mutu yang . . Tahunan) 4 Melibatkan Guru dalam menyusun Rencana Kegiatan dan . Menengah (RKJM) dalam jangka waktu 4 tahun 3 Melibatkan Guru dalam penyusunan RKT (Rencana Kerja . SKALA PENILAIAN LB =5 MH =4 SH =3 DH =2 JdH =1 . jelas.

2 Menerapkan komputer dalam pelaksanaan tata usahasekolah 4 . 2 . 1 Mendayagunakan sarana dan prasarana untuk pengembangan 6 hasil belajar siswa. . 1 Melibatkan guru dalam mengelola perpustakaan sekolah 7 . . 2 Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi untuk 7 meningkatkan mutu sumber belajar siswa. 1 Melibatkan Guru dalam Penerimaan siswa baru secara 9 transparan . 2 Pengambilan keputusan didukung dengan sistem informasi 6 sekolah yang berbasis Teknologi Informasasi dan Komunikasi. 2 Mempertanggung jawabkan pengelolaan keuangan berdasarkan 1 produk kinerja belajar siswa. 2 Melakukan kerja sama dengan para pakar dalam mendukung 5 kegiatan pembelajaran . 2 Melakukan Pengelolaan keuangan untuk kompetisi siswa. 1 Mempersiapkan Penerimaan siswa baru melalui upaya 8 pencitraan sekolah agar mendapat input siswa yang lebih baik . . . . 2 Menyusun progran pengelolaan anggaran secara terbuka pada 0 forum musyawarah pendidik .1 Memberdayakan Guru dan staf secara dalam mendukung daya 5 kompetitif siswa pada internal sekolah. . 2 Mengelola tatausaha sekolah sesuai dengan program tata usaha 3 sekolah .

3 Menyusun data hasil evaluasi kinerja pembelajaran. 3 Memiliki data hasil evaluasi kinerja pengelolaan sekolah 0 . Jumlah TOTAL PEROLEHAN KETERANGAN KdH DH SH MH LB : Jauh dari Harapan : Di bawah harapan : Sesuai Harapan : Melebihi Harapan : Luar Biasa :1 :2 :3 :4 :5 . 3 Merayakan peningkatan mutu yang dapat sekolah wujudkan 4 . 2 Melakukan monitoring pelaksanaan program kegiatan sekolah 9 dengan instrumen yang dijabarkan dari SNP . 1 . 3 Memiliki data hasil evaluasi kinerja dalam penerapan 8 SNP 2 . 3 Menggunakan hasil evaluasi kinerja untuk melalukan perbaikan 3 berkelanjutan .2 Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan 8 kerja sama dengan lembaga eksternal sekolah .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful