September TEKONOLOGI INFROMASI KOMUNIKASI 28, 2010

Makalah TIK

Di Susun Oleh : 1. 2. Dewi Sartika Dellina Rizki Azhari
Bab 1 : Apa Itu Jarkom? Bab 2 : Komponen – Komponen Jarkom Bab 3 : Terminologi LAN, WAN dan Internet

SMA NEGRI 2 BANJARMASIN

Jaringan Komputer 4 Dimensi

1

September TEKONOLOGI INFROMASI KOMUNIKASI 28, 2010

DAFTAR ISI [2]

Bab 1 : Apa itu JarKom? ….. [3] Bab 2 : Komponen – Komponen Jaringan Komputer …. [7] Bab 3 : LAN, WAN, dan Internet …. [10]

Sumber – sumber ….. [20]

Jaringan Komputer 4 Dimensi

2

4. yaitu node. Terdapat 6 jenis topologi yaitu : 1. hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan. CPU. instant messaging. dimana sepanjang kabel terdapat node-node umum digunakan karena sederhana dalam instalasi Jaringan Komputer 4 Dimensi 3 . Topologi tidak tergantung kepada medianya dan setiap topologi biasanya menggunakan media sebagai berikut : Jenis-jenis Media yaitu : 1. Jenis-jenis Physical Topology : • Topologi Bus Topologi ini memiliki karakteristik sebagai berikut: • • merupakan satu kabel yang kedua ujung nya ditutup. chatting Akses informasi: contohnya web browsing Topologi Jaringan Topologi jaringan adalah. dan station. 2. link.September TEKONOLOGI INFROMASI KOMUNIKASI 28. Tujuan dari jaringan komputer adalah: • • • Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer. Dibawah ini adalah jenis-jenis Physical Topologi. Bus Ring Star Extended Star hierarchical topology Mesh Setiap topologi memuliki karakteristik yang berdeda-beda dan masing-masing juga memiliki keuntungan dan kerugian. 4. 5. 3. 6. harddisk Komunikasi: contohnya surat elektronik. Twisted Pair Coaxial Cable Optical Cable Wireless Topologi dibagi menjadi dua jenis yaitu Physical Topology dan Logical Topologi. memori. 3. 2010 Apa Itu Jarkom?? JarKom atau Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas computer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. 2.

2010 • • signal melewati kabel dalam dua arah dan mungkin terjadi collision problem terbesar pada saat kabel putus. maka seluruh jaringan akan terhenti. mudah dikembangkan. sehingga memungkinkan pergerakan data yang cepat dan collision detection yang lebih sederhana problem: sama dengan topologi bus biasanya topologi ring tidak dibuat secara fisik melainkan direalisasikan dengan sebuah consentrator dan kelihatan seperti topologi star • Topolog Star Topologi ini mempunyai karakteristik sebagai berikut: • • • • setiap node berkomunikasi langsung dengan central node. karena setiap node hanya memiliki kabel yang langsung terhubung ke central node keunggulannya adalah jika satu kabel node terputus yang lainnya tidak terganggu dapat digunakan kabel yang “lower grade” karena hanya menghandel satu traffic node. Digunakan pada jaringan yang besar dan membutuhkan penghubung yang banyak atau melebihi dari kapasitas maksimal penghubung. biasanya digunakan kabel UTP • Topologi Extended Star Topologi Extended Star merupakan perkembangan lanjutan dari topologi star dimana karakteristiknya tidak jauh berbeda dengan topologi star yaitu : • • • • setiap node berkomunikasi langsung dengan sub node. keunggulan : jika satu kabel sub node terputus maka sub node yang lainnya tidak terganggu. Jika salah satu segmen kabel putus. traffic data mengalir dari node ke central node dan kembali lagi. • Topologi hierarchical Jaringan Komputer 4 Dimensi 4 . karena untuk berkomunikasi antara satu node ke node lainnya membutuhkan beberapa kali hops. traffic data mengalir dari node ke sub node lalu diteruskan ke central node dan kembali lagi. tetapi apabila central node terputus maka semua node disetiap sub node akan terputus tidak dapat digunakan kabel yang “lower grade” karena hanya menghandel satu traffic node. • Topologi Ring Topologi ini mempuyai karakteristik sebagai berikut: • • • • • lingkaran tertutup yang berisi node-node sederhana dalam layout signal mengalir dalam satu arah. sehingga dapat menghindarkan terjadinya collision (dua paket data bercampur). sedangkan sub node berkomunikasi dengan central node.September TEKONOLOGI INFROMASI KOMUNIKASI 28.

Biasanya digunakan pada jaringan komputer kecil. Mesh topologi memiliki tingkat redundancy yang tinggi. Ada tiga tipe pengembangan dari Token Ring dasar: Token Ring Full Duplex. • Topologi Mesh MESH topologi dibangun dengan memasang link diantara atation-station. Topologi ini dapat mensupport baik baseband maupun broadband signaling dan juga mensupport baik contention maupun token bus access. Switched Token Ring menggunakan switch yang mentransmisikan data di antara segmen LAN (tidak dalam devais LAN tunggal). Sehingga jika terdapat satu link yang rusak maka suatu station dapat mencari link yang lainnya. Perusahaan IBM selanjutnya membeli hak cipta dari Token Ring dan memakai akses Token Ring dalam produk IBM pada tahun 1984. • Token Ring Token Ring adalah sebuah cara akses jaringan berbasis teknologi ring yang pada awalnya dikembangkan dan diusulkan oleh Olaf Soderblum pada tahun 1969. Sementara. dengan menggunakan kabel twisted pair. Sebuah ‘fully-connected mesh’ adalah sebauh jaringan dimana setiap terminal terhubung secara langsung ke semua terminal-terminal yang lain. dan memasang hub aktif yang berada di dalam sebuah jaringan komputer. switched Token Ring. Elemen kunci dari desain Token Ring milik IBM ini adalah penggunaan konektor buatan IBM sendiri (proprietary). dan 100VG-AnyLAN. Topologi ini secara teori memungkinkan akan tetapi tidak praktis dan biayanya cukup tinggi untuk di-implementasikan. • Ethernet. yang satu ring -nya berfungsi sebagai ring backup jika seandainya ada ring dari dua ring tersebut yang putus atau mengalami kegagalan dalam bekerja. Jaringan Komputer 4 Dimensi 5 . Jenis-jenis Logical Topology adalah • FDDI FDDI ( Fiber Distributed-Data Interface ) adalah standar komunikasi data menggunakan fiber optic pada LAN dengan panjang sampai 200 km. Sebuah ring FDDI memiliki kecepatan 100 Mbps. Token Ring Full Duplex menggunakan bandwidth dua arah pada jaringan komputer. FDDI terdiri dari dua Token Ring . standar 100VG-AnyLAN dapat mendukung baik format Ethernet maupun Token Ring pada kecepatan 100 Mbps. 2010 Topologi ini biasa disebut sebagai topolodi tree.September TEKONOLOGI INFROMASI KOMUNIKASI 28. Dibangun oleh seperti halnya topologi extended star yang dihubungkan melalui sub node dalam satu central node. Protokol FDDI berbasis pada protokol Token Ring.

Untuk mengatasinya.3 (atau dikenal sebagai Raw 802.3/802. Komponen – Komponen JarKom Jaringan Komputer tersusun dari beberapa elemen dasar yang meliputi komponen hardware dan software.12 dan selanjutnya) Ethernet SNAP (juga dikenal sebagai Ethernet 802.2 with SNAP.2 without Subnetwork Access Protocol. setiap format frame Ethernet di atas tidak saling cocok/kompatibel satu dengan lainnya. Ethernet menggunakan beberapa metode untuk melakukan enkapsulasi paket data menjadi Ethernet frame. dan digunakan untuk konektivitas dengan Novell NetWare 3. dan dibuat sebagai kompatibilitas dengan sistem Macintosh yang menjalankan TCP/IP) Sayangnya. Komponen Hardware Jaringan Komputer 4 Dimensi 6 . sehingga menyulitkan instalasi jaringan yang bersifat heterogen.September TEKONOLOGI INFROMASI KOMUNIKASI 28.2 (juga dikenal sebagai Ethernet 802. yakni sebagai berikut: • o o o o Ethernet II (yang digunakan untuk TCP/IP) Ethernet 802. dan digunakan untuk berkomunikasi dengan Novell NetWare versi 3.11 atau yang sebelumnya) Ethernet 802. yaitu : 1. 2010 Ethernet merupakan jenis skenario perkabelan dan pemrosesan sinyal untuk data jaringan komputer yang dikembangkan oleh Robert Metcalfe dan David Boggs di Xerox Palo Alto Research Center (PARC) pada tahun 1972 .3/802.3 dalam sistem jaringan Novell. lakukan konfigurasi terhadap protokol yang digunakan via sistem operasi.

Tetapi bridge dan switch tidak dapat meneruskan paket IP yang ditujukan komputer lain yang secara logic berbeda jaringan. Hub Fungsinya sama dengan repeater hanya hub terdiri dari beberapa port. Meskipun hub memiliki beberapa port tetapi tetap menggunaka metode broadcast dalam mengirimkan sinyal. 2. Kabel dan topologi jaringan. Thin Ethernet (Thinnet) Thin Ethernet atau Thinnet memiliki keunggulan dalam hal biaya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan tipe pengkabelan lain. sinyal dari suatu komputer dapat komputer lain yang letaknya berjauhan. sehingga hub disebut juga multiport repeter. Bridge Berfungsi seperti repeater atau hub tetapi lebih pintar karena bekerja pada lapisan data link sehingga mempunyai kemampuan untuk menggunakan MAC address dalam proses pengiriman frame ke alamat yang dituju. Type . Dengan adanya repeter. Repeater dan hub bekerja di physical layer sehingga tidak mempunyai pengetahuan mengenai alamat yang dituju.September TEKONOLOGI INFROMASI KOMUNIKASI 28. oleh karena itu dibuatlah pengenalan tipe kabel. coaxial cable dan fiber optic. A. Network Adapter Driver. Dengan kemampuannya tersebut jika salah satu port pada switch sibuk maka port-port lain masih tetap dapat berfungsi. Panjang kabel thin coaxial/RG-58 antara 0. serta pemasangan komponennya lebih mudah. 2. Protokol Jaringan. 4. Ada beberapa jenis kabel yang dikenal secara umum.5 – Jaringan Komputer 4 Dimensi 7 . Komponen Software Sistem Operasi Jaringan. 1. Switch Fungsinya sama dengan bridge hanya switch terdiri dari beberapa port sehingga switch disebut multiport bridge. B. yaitu twisted pair (UTPunshielded twisted pair dan STP shielded twisted pair). 3. Network Interface Card (NIC). 2010 Personal Computer (PC). sehingga bila salah satu port sibuk maka port yang lain harus menunggu jika ingin mengirimkan sinyal. Jenis Kabel dan Pengkabelan Setiap jenis kabel mempunyai kemampuan dan spesifikasinya yang berbeda. Perangkat jaringan 1. Repeater Berfungsi untuk menerima sinyal kemudian meneruskan kembali sinyal yang diterima dengan kekuatan yang sama.

• Panjang minimum antar T-Connector adalah 1. dan biasanya diberi warna kuning. • Panjang maksimal kabel adalah 1. dimana kabel ini mempunyai diameter rata-rata 12mm. kecuali untuk repeater. Pada Thicknet digunakan transceiver untuk menghubungkan setiap komputer dengan sistem jaringan dan konektor yang digunakan adalah konektor tipe DIX. Setiap perangkat (device) dihubungkan dengan BNC T-connector.000 feet (185 meter) per segment. harus mengikuti aturan sebagai berikut: • Setiap ujung kabel diberi terminator 50-ohm. tetapi biaya pengadaan pengkabelan ini lebih mahal serta pemasangannya relatif lebih sulit dibandingkan dengan Thinnet. • Setiap segment maksimum terkoneksi sebanyak 30 perangkat jaringan (devices) • Kartu jaringan cukup menggunakan transceiver yang onboard. Kabel coaxial jenis ini.September TEKONOLOGI INFROMASI KOMUNIKASI 28. atau hanya disingkat ThickNet. • Maksimum ada 3 segment terhubung satu sama lain (populated segment). Kabel coaxial jenis ini dispesifikasikan berdasarkan standar IEEE 802. misalnya jenis RG-58 A/U atau C/U.3 10BASE2. kabel jenis ini biasa disebut sebagai standard ethernet atau thick Ethernet.5 feet (0. jumlah komputer yang dapat dihubungkan dalam jaringan akan lebih banyak dan jarak antara komputer dapat diperbesar. terutama untuk transceiver yang tidak memerlukan output daya yang besar. Thick Ethernet (Thicknet) Dengan thick Ethernet atau thicknet. 2010 185 m dan maksimum 30 komputer terhubung. 2. tidak perlu tambahan transceiver. kabel coaxial jenis ini harus memenuhi standar IEEE 802. Kabel jenis ini juga dikenal sebagai thin Ethernet atau ThinNet. panjang kabel Thick Ethernet maksimum 500 m dengan maksimum 100 transceiver terhubung.Kabel coaxial jenis ini banyak dipergunakan di kalangan radio amatir.3 10BASE5. jika diimplementasikan dengan Tconnector dan terminator dalam sebuah jaringan. atau bahkan cuman disebut sebagai yellow cable.5 meter). Untuk digunakan sebagai perangkat jaringan. • Maksimum panjang kabel dalam satu segment adalah 1.Kabel Coaxial ini (RG-6) jika digunakan dalam jaringan mempunyai spesifikasi dan aturan sebagai berikut: Jaringan Komputer 4 Dimensi 8 . • Setiap segment maksimum mempunyai 30 perangkat terkoneksi.818 feet (555 meter). dimana diameter rata-rata berkisar 5mm dan biasanya berwarna hitam atau warna gelap lainnya. • Setiap segment sebaiknya dilengkapi dengan satu ground. Panjang kabel transceiver maksimum 50 m.

• Jarang maksimum antara tap atau pencabang dari kabel utama ke perangkat (device) adalah 16 feet (sekitar 5 meter).Setiap segment maksimum berisi 100 perangkat jaringan.640 feet (atau sekitar 500 meter). • Maksimum panjang kabel per segment adalah 1. bukan menggunakan satu buah resistor 50ohm 1 watt. • Maksimum jarak antar segment adalah 4.920 feet (atau sekitar 1500 meter). Jaringan Komputer 4 Dimensi 9 . 2010 • Setiap ujung harus diterminasi dengan terminator 50-ohm (dianjurkan menggunakan terminator yang sudah dirakit. termasuk dalam hal ini repeaters.September TEKONOLOGI INFROMASI KOMUNIKASI 28.5 meter). sebab resistor mempunyai disipasi tegangan yang lumayan lebar). • Maksimum 3 segment dengan peralatan terhubung (attached devices) atau berupa populated segments. • Setiap kartu jaringan mempunyai pemancar tambahan (external transceiver). • Setiap segment harus diberi ground. Jarang minimum antar tap adalah 8 feet (sekitar 2.

banyak dari teknologi jaringan yang baru tidak cocok satu sama lain. Sebagai konsekuensinya. Ketika file tersebut mengalami perubahan. Satu solusi awal adalah dengan menciptakan Local Area Network (LAN) standar. Teknologi jaringan berkembang dengan sangat pesat ketika pertama kali diperkenalkan sekitar tahun 1980an. Perusahaan menyadari bahwa teknologi jaringan bisa meningkatkan produktivitas dan menghemat biaya. Terminologi jaringan komputer Jaringan data dikembangkan berdasarkan suatu aplikasi bisnis pada mikrokomputer. WAN. Sneakernet menciptakan berbagi salinan data itu. yaitu: • • • Bagaimana cara menghindari duplikasi peralatan dan sumber daya. Pada waktu itu mikrokomputer tidak terhubung satu dengan yang lainnya seperti halnya mainframe. Solusinya adalah dengan menciptakan Metropolitan Area Network (MAN) atau Wide Area Network (WAN).September TEKONOLOGI INFROMASI KOMUNIKASI 28. Ketika jaringan mulai tumbuh dalam perusahaan tersebut. Jaringan Komputer 4 Dimensi 10 . maka tidak ada cara yang efisien untuk berbagi data antar berbagai mikrokomputer. maka akan dikirimkan kembali ke setiap orang yang membutuhkan file tersebut. Internet A. 2010 Terminologi : LAN. Sebab LAN standar menyajikan suatu sistem yang terbuka bagi perangkat keras dan lunak jaringan. peralatan dari perusahaan yang berbeda dapat digunakan dengan baik. Di pertengahan tahun 1980an. Standar individu ini dikembangkan karena kompetisi perusahaan lain. Tiap perusahaan perangkat keras dan lunak jaringan menciptakan sendiri peralatan jaringa tanpa mengikuti standar yang baku. teknologi jaringan diciptakan dengan berbagi implementasi perangkat keras dan lunak berbeda. Berbagi data melalui penggunaan disket bukanlah suatu cara yang efisien untuk sebuah aplikasi bisnis. maka diperlukan suatu jaringan yang lebih besar untuk dapat berkomunikasi dengan bagian yang lain dalam perusahaan tersebut. Tabel di bawah ini memberikan gambaran ukuran LAN dan WAN. Bagaimana cara menyediakan dan mengatur suatu jaringan. Perusahaan membutuhkan suatu solusi dari tiga permasalahan berikut ini. Bagaimana cara berkomunikasi secara efisien.

MAN biasanya dimiliki dan dioperasikan oleh satu organisasi sebagai fasilitas publik. protokol dan topologi. MAN dioptimasikan untuk area geografis yang lebih luas daripada LAN. Contoh teknologi LAN: Ethernet (IEEE 802. disimpan sampai saluran output menjadi bebas. store-and-forward atau packet-switched. Standardisasi IEEE 802. Metropolitan Area Network (MAN) Merupakan versi LAN yang lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN. Jika dalam komunikasi antara router melalui perantara router lain. MAN memiliki tingkat error dan delay yang lebih tinggi daripada LAN. dan kemudian baru diteruskan. yang dikenal dengan nama DQDB (Distributed Queue Dual Bus).6.September TEKONOLOGI INFROMASI KOMUNIKASI 28. 2010 Local Area Network (LAN) Jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. Subnet seperti ini menggunakan prinsip point-to-pont. namun digunakan oleh individu atau organisasi lainnya. LAN dapat dibedakan dari jenis jaringan lainnya berdasar tiga karakteristik: media transmisi. maka paket akan diterima oleh router perantara dalam keadaan lengkap.3) dan Token Ring (IEEE 802. Wide Area Network WAN selain terdiri dari media transmisi juga terdapat sejumlah switching node (router) yang saling terkoneksi. Storage Area Network (SAN) Jaringan Komputer 4 Dimensi 11 . Kemungkinan LAN lainnya menggunakan satelit atau sistem radio.5).

NIC adalah sebuah kartu yang dimasukkan ke dalam komputer. End-user device adalah peralatan jaringan yang langsung berhubungan dengan user/ pengguna seperti komputer.September TEKONOLOGI INFROMASI KOMUNIKASI 28. Jaringan Komputer 4 Dimensi 12 . Dengan VPN. printer. Masingmasing NIC mempunyai kode unik yang disebut Media Access Control (MAC) address. 2010 SAN merupakan jaringa dengan performa tinggi yang digunakan untuk memindahkan data dari server database. NIC adalah alat yang menentukan apakah frame yang dipakai adalah ethernet . Alat-alat Jaringan Peralatan jaringan dapat dipecah menjadi 2 bagian. pengguna dapat mengakses jaringan di perusahaannya dengan menggunakan internet melalui semacam tunnel dengan tingkat security/ keamanan yang tinggi. Database ditempatkan secara terpisah dengan server yang terhubung oleh jaringan internet. Fungsi utama NIC adalah membuat frame dan meneruskan signal biner keluar komputer dan meneruskannya ke kabel jaringan. • NIC (Network Interface Card) Adalah hal yang paling penting pada sebuah jaringan. Virtual Private Network VPN merupakan jaringan pribadi yang dibuat dengan menggunakan jaringan publik atau internet. Alamat ini digunakan untuk mengontrol komunikasi data antar host yang berada di dalam jaringan. Sedangkan network device adalah peralatan yang menghubungkan enduser-devices untuk dapat saling berkomunikasi. yaitu end-user devices dan network devices. scanner atau peralatan lain yang terhubung ke user secara langsung. token ring atau yang lainnya.

Router membuat keputusan berdasarkan pengalamat logika (pengalamatan network layer secara hirarki) dan menentukan jalur terbaik. Tetapi ada sebuah hal yang membuat switch lebih baik dibandingkan hub. Multiport repeater inilah yang dinamakan dengan Hub.September TEKONOLOGI INFROMASI KOMUNIKASI 28. Ide membuat Hub berawal dari munculnya alat yang bernama repeater. Kemudian muncullah ide untuk membuat multiport repater yaitu repeater dengan banyak port. Dengan repeater maka sebuah kabel UTP dapat melebihi jarak 100 m yaitu dengan memasang repeater setiap kelipatan jarak 100 m. kemudian dia meneruskan data tersebut hanya pada port tujuan sehingga alur data bisa lebih effisien. Setelah itu terciptalah switch yang merupakan multiport bridge. Cara kerja hub: jika sebuah data masuk pada sebuah port hub maka data tersebut akan diteruskan ke semua port secara broadcast. Dengan kemampuan ini maka dimungkinkan untuk komputer menghubungkan dirinya dengan komputer lain hanya dengan sebuah kabel yang terhubung ke multiport repeater tersebut dan menciptakan sebuah topologi star. Router mengambil paket data dari sebuah jaringan LAN dan kemudian meneruskan ke LAN yang berbeda sesuai dengan tujuan paket data tersebut. Router melewati paket data berdasarkan informasi network layer. Bridge memiliki fungsi filter berdasarkan MAC address. 2010 • Hub Hub adalah alat distribusi pada sebuah jaringan dan dipakai dalam membuat topologi star. yaitu cara kerjanya yang efisien. Setelah itu dia akan mengecek alamat tujuan. Topologi Jaringan Jaringan Komputer 4 Dimensi 13 . Repeater burfungsi sebagai penguat signal transfer kabel yang terdiri dari dua port yaitu port masuk atau keluar. Fungsinya juga sama dengan hub yaitu sebagai media distributor. Bridge hampir sama dengan repeater yang hanya memiliki 2 buah port tetapi bridge lebih pintar dari repeater. Jadi pada switch jika sebuah data masuk pada sebuah port switch maka dia akan melihat pengenal yang disebut dengan frame. • Router Router adalah internetworking device yang bekerja pada OSI layer 3 (network layer). Ide membuat switch berawal dari munculnya alat yang bernama bridge. Bayangkan betapa tidak efisiennya cara hub bekerja. Router-router tersebut saling menghubungkan segmentsegment jaringan. • Switch Switch hampir sama dengan hub bahkan jika kita lihat secara kasat mata maka bentuknyapun tidak jauh berbeda.

switch). Semua komputer yang akan terhubung pada jaringan harus mnghubungkan dirinya pada backbone (tulang punggung). Topologi ini memiliki bagian inti yang memiliki cabang. • Topologi Extended Star Topologi ini menyerupai topologi star. • Topologi Tree Jaringan Komputer 4 Dimensi 14 . • Topologi Ring Untuk membuat hubungan dari topologi ini setiap komputer harus menghubungkan ke komputer sebelahnya sehingga membentuk sebuah loop. 2010 Topologi Fisik adalah sebuah cara bagaimana kita menyusun atau mengatur komputer-komputer dalam jaringan kita. cabang-cabang dari bagian inti ini kemudian menjadi sumber distribusi dari setiap node di bawahnya.September TEKONOLOGI INFROMASI KOMUNIKASI 28. Berikut ini topologi jaringan yang biasa di pakai: • Topologi Bus Seperti namanya topologi ini menyerupai bus. • Topologi Star Topologi ini berbentuk seperti bintang dimana semua komputer berhubung pada sebuah konsenstrator tunggal (hub.

• Token Ring Pada saat ini teknologi token ring sudah kurang populer sebab teknologi ini kurang fleksibel dibandingkan dengan teknologi ethernet. Ethernet Teknologi ethernet adalah teknologi yang paling umum untuk teknologi jaringan LAN. • FDDI (Fiber Distributed Data Interface) Jaringan Komputer 4 Dimensi 15 . Setiap topologi memiliki cara bagaimana melakukan proses pertukaran data. jaringan komputer dalam ruangan. token ring. maka token tersebut akan membawa data tersebut. Cara kerjanya adalah dengan memutarkan sebuah token pada jaringan secara periodik. dan jaringan yang memerlukan kecepatan tinggi seperti ethernet. Tetapi hanya komputer yang dituju saja yang memproses data tersebut. jaringan dalam ruangan. Jika sebuah komputer menerima token maka ia akan ditanya oleh token tersebut “ Apakah anda ingin mengirim data atau tidak ?” jika ya. Topologi fisik yang didukung ethernet adalah semua topologi yang dibahas sebelumnya kecuali ring dan dual ring. dan FDDI. Topologi Dual Ring Topolgi ini berbentuk terdiri dua lapis jalur cincin untuk satu hubungan. Cara pertukaran data inilah yang disebut dengan logical topologi. Logical topologi untuk LAN yang paling umum adalah ethernet. 2010 Topologi ini memungkinkan dibuatnya tingkatan-tingkatan lapisan dalam sebuah jaringan. Cara kerjanya adalah broadcast (menyebarkan data keseluruh komputer). Hal ini dapat diatasi dengan sebuah mekanisme deteksi tabrakan dan pemulihan yang disebut dengan CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access/Collision Detection). Dengan keadaan seperti ini akan memungkinkan terjadinya tabrakan data saat dua buah host atau lebih mengirimkan data secara bersamaan. Setelah itu token yang membawa data tersebut berputer pada jaringan sampai dia menemukan tujuan data tersebut. Saat sebuah host mengirimkan data kesebuah komputer maka seluruh komputer yang ada dalam jaringan tersebut akan menerima data tersebut. Topologi fisik yang didukung token ring adalah topologi ring.September TEKONOLOGI INFROMASI KOMUNIKASI 28. • Topologi Mesh Topologi ini memungkinkan semua node berhubung langsung pada semua node pada jaringan. berjarak dekat. Ethernet dirancang untuk jaringan yang tidak membutuhkan kecepatan tinggi. Token ring juga dirancang untuk jaringan yang berjarak dekat. Kabel yang digunakan adalah fiber optic.

Pada sebuah LAN. kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch. sekolah atau yang lebih kecil. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot. Local Area Network Jaringan wilayah lokal (bahasa Inggris: local area network biasa disingkat LAN) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi 2. 2010 Teknologi ini adalah teknologi yang paling mahal dan canggih dibandingkan dua teknologi sebelumnya. kantor. Pada LAN. A. setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri. maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut : 1. Biasanya FDDI ditaruh pada jaringan backbone untuk menangani arus data yang sibuk. Saat ini. Wide Area Network [WAN] WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah. 100. seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai. yang mempunyai kecepatan transfer data 10.September TEKONOLOGI INFROMASI KOMUNIKASI 28. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Topologi fisik yang didukung FDDI adalah topologi dual ring. Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN). Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. FDDI dirancang untuk jaringan yang berkecepatan sangat tinggi. berbeda dengan konsep dump terminal. kota atau Jaringan Komputer 4 Dimensi 16 . atau 1000 Mbit/s. Cara kerjanya hampir sama dengan token ring tetapi kelebihannya FDDI memiliki jalur cadangan seandainya jalur utama putus. gedung. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit 3. Selain teknologi Ethernet. B. seperti jaringan komputer kampus. dalam rumah. saat ini teknologi 802.

yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). dan SSL. SMTP. Telnet. Badan ini mengeluarkan dokumen yang dikenali sebagai RFC (Request for Comments). Protokol-protokol ini dibentuk berdasarkan perbincangan Internet Engineering Task Force (IETF). SSH. Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain. SLIP. Internet pada saat ini Representasi grafis dari jaringan WWW (hanya 0. 2010 bahkan negara. Internet dijaga oleh perjanjian bi.0001% saja). PPP. IMAP. Protokol-protokol Internet yang sering digunakan adalah seperti. DNS. oleh Badan Arsitektur Internet (Internet Architecture Board . internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian.atau multilateral dan spesifikasi teknikal (protokol yang menerangkan tentang perpindahan data antara rangkaian). Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking. LDAP.September TEKONOLOGI INFROMASI KOMUNIKASI 28. Sebagian dari RFC dijadikan Standar Internet (Internet Standard). Jaringan Komputer 4 Dimensi 17 . UDP.IAB). Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum. FTP. HTTPS. atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain. ICMP. POP3. Internet Secara harfiah. HTTP. TCP. IP. C. yang terbuka kepada umum.

Perkembangan Internet juga telah mempengaruhi perkembangan ekonomi. Newsgroup. Tata tertib Internet Jaringan Komputer 4 Dimensi 18 . akses sesi (Session Access).September TEKONOLOGI INFROMASI KOMUNIKASI 28. telah mewujudkan budaya Internet. Trilian. 2010 Beberapa layanan populer di Internet yang menggunakan protokol di atas. Internet juga memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan pemerintahan melalui e-government seperti di kabupaten Sragen yang mana ternyata berhasil memberikan peningkatan pemasukan daerah dengan memanfaatkan Internet untuk transparansi pengelolaan dana masyarakat dan pemangkasan jalur birokrasi. Kopete. sehingga warga di daerah terebut sangat di untungkan demikian para pegawai negeri sipil dapat pula di tingkatkan kesejahterannya karena pemasukan daerah meningkat tajam. dan Gnutella. dan MUSH. MSN Messenger dan Windows Live Messenger. Internet melambangkan penyebaran(decentralization) / pengetahuan (knowledge) informasi dan data secara ekstrim. seperti web radio. yang dapat diakses di seluruh dunia. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melalui pos atau telepon). Beberapa servis Internet populer yang berdasarkan sistem tertutup (Proprietary System). Dibanding dengan buku dan perpustakaan. seperti milis (Mailing List) dan Weblog. Di antara semua ini. Internet memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service). Budaya Internet Jumlah pengguna Internet yang besar dan semakin berkembang. dan lebih banyak servis yang dibangun berdasarkannya. ialah email/surat elektronik. Usenet. Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce. MUD. Pidgin (Gaim). Selain itu melalui Internet dimungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan instan seperti Camfrog. AIM. kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet. email/surat elektronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan. WWW (World Wide Web). WAIS. ICQ. finger. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu. Terkait dengan pemerintahan. CDDB. Yahoo! Messenger. Gopher. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google. dan webcast. adalah seperti IRC. dan pandangan dunia. IRC. berbagi berkas (File Sharing). pengguna di seluruh dunia mempunyai akses Internet yang mudah atas bermacam-macam informasi.

dan Swedia. Akses Internet Anak-anak sedang menggunakan komputer untuk mengakses Internet. Hingga tahun 2007. padahal draft akademis RUU Cyberlaw sudah dibahas sejak tahun 2000 oleh Ditjen Postel dan Deperindag. Brandon Vedas meninggal dunia akibat pemakaian narkotik yang melampaui batas dengan semangat dari teman-teman chatting IRCnya. yang dikenal dengan nama Nettiquette atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah netiket. Internet juga mempunyai tata tertib tertentu. lainnya sekitar 42% dari akses Internet melalui fasilitas Public Internet akses seperti warnet . Everquest. pornografi. Indonesia masih belum memiliki Cyberlaw. dan jalurlebar. Jaringan Komputer 4 Dimensi 19 . UU yang masih ada kaitannya dengan teknologi informasi dan telekomunikasi adalah UU Telekomunikasi tahun 1999. Untuk di Indonesia selain tata tertib sosial di Internet juga diberlakukan peraturan (UU ITE). pencurian identitas. Pelanggaran hak cipta. Di Indonesia. hotspot dll. Shawn Woolley bunuh diri karena ketagihan dengan permainan online.September TEKONOLOGI INFROMASI KOMUNIKASI 28. cybercafe. Internet juga disalahkan oleh sebagian orang karena dianggap menjadi sebab kematian. seperti negara berkembang dimana akses Internet dan penetrasi PC sudah cukup tinggi dengan di dukungnya Internet murah dan netbook murah. dan dimakan oleh Armin Meiwes setelah menjawab iklan dalam Internet. Tempat umum lainnya yang sering dipakai untuk akses Internet adalah di kampus dan di kantor. yaitu dial-up. Terdapat dua bentuk akses Internet yang umum. adalah biasa dan sulit dijaga. Brandes ditikam bunuh. hanya saja di Indonesia operator kurang fair dalam menentukan harga dan bahkan ada salah satu operator yang sengaja membuat "perangkap jebakan" agar supaya si pengguna Internet bayar lebih mahal sampai ber juta-juta rupiah!!. dan pernyataan kebencian (hate speech). 2010 Sama seperti halnya sebuah komunitas. Isu moral dan undang-undang Terdapat kebimbangan masyarakat tentang Internet yang berpuncak pada beberapa bahan kontroversi di dalamnya. Negara dengan akses Internet yang terbaik termasuk Korea Selatan (50% daripada penduduknya mempunyai akses jalurlebar Broadband).

dan Internet cafe/warnet (juga disebut Cyber Cafe). 2010 Disamping menggunakan PC (Personal Computer). XL.September TEKONOLOGI INFROMASI KOMUNIKASI 28.co. GPRS merupakan salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel) yang memiliki kecepatan koneksi 115 kbps dan mendukung aplikasi yang lebih luas (grafis dan multimedia). seperti Internet Kiosk. seperti Wifi-cafe.com/jaringan-komputer/ Jaringan Komputer 4 Dimensi 20 .id http://adikristanto. Sumber – Sumber http://id. yang mempunyai kemampuan wifi untuk mendapatkan akses Internet.net/ http://teknik-informatika. Pengguna hanya perlu membawa laptop (notebook). Pensetting-an GPRS pada ponsel Tergantung dari operator (Telkomsel. Teknologi GPRS dapat diakses yang mendukung fasilitas tersebut. Penggunaan Internet di tempat umum Internet juga semakin banyak digunakan di tempat umum. Beberapa tempat umum yang menyediakan layanan Internet termasuk perpustakaan.wikipedia. 3) yang digunakan. kita juga dapat mengakses Internet melalui Handphone (HP) menggunakan Fasilitas yang disebut GPRS (General Packet Radio Service). Indosat. Terdapat juga toko-toko yang menyediakan akses wi-fi. Terdapat juga tempat awam yang menyediakan pusat akses Internet. Biaya akses Internet dihitung melalui besarnya kapasitas (per-kilobite) yang didownload. Public access Terminal. dan Telepon web. atau PDA.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful